Kalau fikiran manusia ada di otak yang terletak di kepala, dimanakah letak hati manusia? Pada zaman dahulu para pakar Sumerian Asyirian berpendapat bahwa manusia berfikir dan merasa menggunakan organ hati (liver). Hal ini dibantah oleh Aristoteles yang menganggap manusia berfikir dan berperasaan dengan jantung(heart). Kedua pendapat tersebut mempunyai pengikut masing masing, penggunaan istilah liver berkembang didaerah selatan terutama Asia, dan heart berkembang di utara terutama Eropa. Namun didaerah selatan kini pengertian hati (liver) telah menjadi rancu, mereka mengatakan hatiku sangat sakit tapi yang diurut bagian dada (lokasi jantung).

Dalam Al Qur’an A Al Hajj 46 dengan jelas dinyatakan bahwa qalbu itu berada dirongga dada ( mungkin jantung?).

al-hajj_46.png

46- maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah hati yang di dalam dada. ( Al Hajj 46)

Rasulullah mengatakan bahwa didada manusia ada segumpal darah, jika dia baik maka baiklah seluruh tubuh manusia itu jika dia buruk maka manusia itupun menjadi buruk pula.

didalam hati (qolbu)manusia terdapat empat ruangan yaitu:

  1. Yang diinginkan.
  • Ingin senang, kaya, bahagia, sukses, aman , nyaman, nikmat, serba cukup, sehat, kuat.

  1. Yang di takuti
  • Takut mati, miskin., susah, sengsara, melarat, hina, sakit, lemah.

  1. Penyakit hati
  • Musyrik, kafir, dengki, hasud, dendam, ria, sombong, takabur, malas, khianat.

  1. Kekuatan hati
  • Iman, Taqwa, Ikhlas, sabar, jujur, amanah, santun, syukur, ridha, pemaaf, pemurah, penyayang.

kekuatan-kelemahan-hati.jpg

Empat ruang dalam hati yang mempengaruhi jalan hidup Manusia Dan tujuh tingkatan nafsu manusia menurut ajaran tasawuf.

Manusia ingin bahagia, kaya, senang, sejahtera dan takut mati, miskin, sengsara ataupunmelarat. Untuk mencapai yang diinginkan dan menjauh dari yang ditakuti manusia dirongrong oleh penyakit hati yang berupa kemusyrikan, kafir, sombong, dengki, ujub, takabur, ria sifat ini ditiupkan oleh syetan kedalam hati manusia.

Jika sifat buruk yang ditiupkan syetan itu merajalela dalam hati dan hati mejadi busuk penuh penyakit maka manusia akan gagal mencapai yang diingini bahkan sebaliknya akanterjerumus kelembah yang ditakuti tersebut.

Sebaliknya jika hati dipenuhi kekuatan Iman, taqwa, tawakkal sabar, iklas, jujur, amanah dan sifat lainnya yang mendapat ridha Allah niscaya ia akan menemui apa yang diinginkan yaitu bahagia, kaya, senang, amansejahtera.

Hati atau Qolbu adalah bagian penting dari manusia yang tetap berfungsi sejak hidup didunia sampai terus di akhirat kelak. Fungsi hati atau Qalbu tidak berhenti atau putus akibat datangnya kematian. Bagian tubuh lain seperti mata, telinga, otak dan seluruh tubuhtidak berfungsi lagi setelah datangnya kematian. Namun hati akan tetap berperan dialam barzakh, dihari berbangkit sampai dihari berhisab kelak. Hati yang jernih dan bersih akan membawa kita pada kehidupan yang sejahtera dan kekal selamanya di sisi Allah baik didunia maupun diakhirat. Hati yang kotor, busuk dan penuh penyakit akan membawa kita kepada kesulitan dan kesengsaraan abadi selama hidup didunia dan di akhirat kelak.

Perhatikan do’a Nabi Ibrahim yang didalam S. As Syu ‘ara ayat 87-89

as-syuaraa-87-89.gif

87- dan janganlah Engkau hinakan aku pada hari mereka dibangkitkan,

88- (yaitu) di hari harta dan anak-anak laki-laki tidak berguna,

89- kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih


Nabi Ibrahim memohon kepada Allah agar jangan dihinakan pada hari berbangkit, dihari yang tiada bermanfaat harta dan anak anak, pangkat dan jabatan, karib dan sanak famili, kecuali orang yang datang menghadapNya dengan hati yang bersih. Disini tergambar bahwa hati tetap memegang peranan penting sampai dihari berbangkit kelak, dikala bumi telah lenyap dan diganti dengan kehidupan lain diakhirat kelak.

Orang yang hatinya busuk, kotor penuh penyakit juga akan merasakan akibat kekotoran hatinya itu kelak diakhirat, seperti digambarkan Allah dalam S Al Baqarah ayat 10 dan An Naazi’aat 6-9:

al-baqarah_10.png

10- Dalam hati mereka adapenyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya; dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta. ( Al Baqarah 10)

 

annaaziat-6-9.gif

6- (Sesungguhnya kamu akan dibangkitkan) pada hari ketika tiupan pertama mengguncangkan alam,

7- tiupan pertama itu diiringi oleh tiupan kedua.

8- Hati manusia pada waktu itu sangat takut,

9- pandangan tunduk. ( An Naazi’aat 6-9 )


Dari beberapaketerangan diatas jelas bahwa hati tetap memegang peranan sampai dihari berbangkit kelak. Fungsi hati tidak berhenti dengan datangnya kematian.Ia tetap memegang peranan selama hidup didunia, setelah datang kematian, dialam barzakh, dihari berbangkit bahkansampai hari berhisab kelak.Karena itu jagalah hati jangan sampai dipenuhi penyakit dan kebusukan yang akan mencelakakan kita didunia dan akhirat kelak. Bersihkan hati dari kotoran dan penyakit, tanamkanIman, Taqwa, Tawakkal dan berbagai sifat baik lainnyadidalam hati, hingga dapat dicapaiberbagai kebaikan selama hidup didunia dandi akhirat kelak.

Tujuh tingkat nafsu menurut ahli tasawuf

Selama menjalani kehidupandidunia hati manusia akan mengalami perubahan dari keadaan keruh menjadi jernih melalui tujuh tingkat nafsu.

Para ahli tasawuf membagi nafsu manusia menjadi tujuh tingkatan , yaitu

  1. Nafsul Amarah, ini adalah tingkatan yang paling rendah. Nafsul amarah cenderungmendorong manusia untuk melakukan perbuatan keji dan rendah. Keberadaan nafsu ini disebutkan dalam s. Yusuf ayat 53

yusuf-53.gif

Dan aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), karena sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.( Yusuf 53)

Sifat orang yang mempunyai nafsul amarah antara lain mudah marah, sombong, takabbur, tamak, kikir , dengki dan hasud, sering memperturutkan keinginan syahwat secara berlebihan.

  1. Nafsul Lawwamah,tingkat yang lebih tinggi adalah nafsul lawwamah. Nafsu ini sering mengkritik dan menyesali tindakan yang tidak patut yang dilakukan atas dorongan nafsul lawwamah. Keberadaan nafsu ini disebutkan dalam S Al Qiyamah ayat 2:

 

al-qiyamah-2.gif

dan aku bersumpah dengan jiwa yangamat menyesali (dirinya sendiri)(Al Qiyamah 2)

Pada tingkatan ini seseorang akan menyesali perbuatan buruknya, dia sering merenung dan mengkritik semua perbuatannya yang keliru. Selanjutnya dia berusaha agar perbuatan buruk yang telah dilakukan tidak terulang lagi.

  1. Nafsul Mulhammah, tingkat nafsu yang ketiga adalah nafsul mulhammah. Keberadaannya disebutkan dalam S Asy Syam ayat 7-10.

as-syam-7-10.gif

7- dan jiwa serta penyempurnaannya (ciptaannya),

8- maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan danketakwaannya,

9- sesungguhnya beruntunglah orang yang menyucikan jiwa itu,

10- dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya.

( Asy-Syam 7-10)

Orang yang telah mencapai tingkatan ini telah mampu mengendalikan dirinya dari keingainan nafsu yang rendah. Ia bisa membedakan yang hak dan batil. Ia selalu menjaga dirinya dari melakukan perbuatan tercela dan selalu berusaha untuk meningkatkan iman dan taqwanya. Berusaha mengerjakan amal soleh sebanyak banyaknya.

4.Naffsul Muthmainnah, tingkat nafsu yang kempat adalah nafsul Muthmainnah, keberadaan nafsu ini disebutkan dalam S Al fajr 27-31.

al-fajr-27-31.gif

27- Hai jiwa yang tenang.

28- Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridai-Nya.

29- Maka masuklah ke dalam jemaah hamba-hamba-Ku,

30- dan masuklah ke dalam surga-Ku.

Orang yang telah mencapai tingkat ini jiwanya jadi tenang , penuh rasa tawakkal, ridho dengan semua ketetapan Allah , tidak disentuh rasa duka , sedih dan cemas.

5.Nafsul Radhiah , orang yang mencapai tingkat ini selalumerasa puas dengan apa yang diterimanyadari Allah . Bagi mereka sama saja kejadian baik maupun burukyang menimpanya. Hatinya tidak terpengaruh oleh kehidupan dunia. Mereka selalu kembali pada Allah dan ridho dengan semua keputusannya.

6.Nafsul Mardhiyah, Tingkat ini lebih tinggi daripada Nafsul Radhiyah. Ia adalah orang yang sangat dekat dan dicintai Allah. Merekalah yang dimaksud oleh salah satu hadist Qudsi:

“SENANTIASA HAMBAKU MENDEKATKAN DIRI KEPADAKU DENGAN MENGERJAKAN IBADAH IBADAH SUNAH HINGGA AKU CINTA PADANYA. MAKA APBILA AKU TELKAH MENCINTAINYA, JADILAH AKU PENDENGARANNYA YANG DENGANNYA IA MENDENGAR, PENGLIHATANNYA YANG DENGANNYA IA MELIHAT,PERKATAANNYA YANG DENGAN YA IA BERKATA KATA, JADILAH AKU TANGANNYA YANG DENGANNYA IA BERBUAT, JADILAH AKU KAKINYA YANG DENGANNYA IA MELANGKAH, DAN AKALNYA YANG DENGANNYA IA BERFIKIR”

Semua langkah dan perbuatannya dilakukan atas bimbingan dan petunjuk Allah, seperti apa yang telah dilakukan Nabi Khidir dan tidak dipahami oleh Nabi Musa .

Dia tidak bertindak dengan kemauan sendiri, melainkan dengan bimbingan dan kehendak Allah

7. Nafsul Kamilah, ini adalah tingkatan para Nabi dan Rasul, manusia suci dan sempurna, yang selalu berada dalam pengawasan dan bimbinganNya. Terpelihara dari perbuatan yang tercela.

Untuk meraih tingkatan nafsu dari level rendah sampai yang tinggi seperti tersebut diatas diperlukan perjuangan yang gigih dan ulet. Tidak bisa didapat dengan santai tanpa usaha yang maksimal. Untuk naik dari satu tingkat ketingkat yang lebih tinggi dibutuhkan waktu yang cukup lama sampai bertahun tahun.

Insya Allah dengan hati yang bersih dan jernih kita bisa meraih kemenangan dunia dan akhirat. Menjalani hidup berbahagia didunia dan akhirat , tidak ditimpa kesedihan dan duka yang berlarut larut. Kelak ditempatkan Allah di taman syurga yangabadi dan hidup kekal selamanya disana.

Orang yang memperturutkanhawa nafsu

Orang yang mengikuti nafsul amarah berusaha memenuhi keinginan rendahnya dengan berbagai cara . Ia sangat rakus terhadap kebutuham syahwat, harta , makan , pujian , dan lain sebagainya. Hidupnya hanya untuk mengabdi pada pemenuhan kebutuhan nafsunya. Ia tidak perduli dengan peraturan halal atau haram , baginya memenuhi semua kebutuhan hawa nafsu nya adalah segala galanya.

Syetan mendoronganya untuk memenuhi kebutuhan nafsunya dan memperlihatkan indah semua perbuatannya yang burukMereka merasa mereka adalah orang yang benar dan mendapat petunjuk , setan telah menipu mereka, tapi mereka tidak menyadari. Firman Allah dalam S Az Zukhruf 36-37:

az-zukhruf-36-37.gif

36- Barang siapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan Yang Maha Pemurah (Al Qur’an), Kami adakan baginya setan (yang menyesatkan) maka setan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya.

37- Dan sesungguhnya setan-setan itu benar-benar menghalangi mereka dari jalan yang benar dan mereka menyangka bahwa mereka mendapat petunjuk. ( Az Zukhruf 36-37)

Bagi manusia hanya ada dua pilihan , mengabdi pada kepentingan hawa nafsu atau mengabdi Pada Allah. Orang yang mengabdi pada kepentingan hawa hawa nafsu dia akan lupa kepada Allah, sebaliknya orang yang mengabdi pada Allah harus rela mengalahkan kepentingan hawa nafsunya. Dua kepentingan yang berbeda ini tidak mungkin dijadikan satu . Seseorang tidak mungkin mengabdi kepada Allah sambil memuaskan kepentingan hawa nafsunya, Kita harus memilih satu diantara dua , mengabdi pada Allah atau pada kepentingan hawa nafsu.

Orang yang memperturutkan hawa nafsunya hatinya telah mati terkunci, dan tidak peduli dengan peringatan dan nasehat yang disampaikan padanya. Bagi mereka hal paling penting adalah memenuhi semua hasrat dan kebutuhan nafsunya.

muhamad-16.gif


16- Dan di antara mereka ada orang yang mendengarkan perkataanmu sehingga apabila mereka keluar dari sisimu mereka berkata kepada orang yang telah diberi ilmu pengetahuan (sahabat-sahabat Nabi): “Apakah yang dikatakannya tadi?” Mereka itulah orang-orang yang dikunci mati hati mereka oleh Allah dan mengikuti hawa nafsu mereka.

( Muhammad 16)

Orang yang mengendalikan diri

Orang yang menginginkan kemuliaan bersama Allah berusaha mengendalikan dirinya dari memperturutkan keinginan hawa nafsu. Merekamenghadapkan hati ndan fikirannya pada Allah, mereka berusaha patuh pada syari’atdan aturan yang telah ditetapkan Allah, mereka tidak memperturutkan keinginan hawanafsunya.

jatsiyah-18.gif

18- Kemudian Kami jadikan kamu berada di atas suatu syariat (peraturan) dari urusan (agama) itu, maka ikutilah syariat itu dan janganlah kamu ikuti hawa nafsu orang-orang yang tidak mengetahui.

( Jatsiyah 18)

Baginya Allah adalah segala galanya , ia tidak segan mengorbankan kepentingan hawa nafsunya untuk kepentingan di jalan Allah.Mereka rela mengorbankan kepentingan hawa nafsunya untuk mencari ridha Allah. Mereka itulah orang orang yang mendapat petunjuk dan kemenangan dunia dan akhirat.

Hati yang rusak ,penuh penyakit dan mati

Orang yang selalu memperturutkan keinginan hawa nafsunyahatinya akan menjadi rusak dan penuh penyakit. Jika tidak ada usaha untuk mengobati dan membersihkan nya dari penyakit akhirnya hati akan menjadi keras membatu dan akhirnya mati.

al-baqarah-10.gif

10- Dalam hati mereka adapenyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya; dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta

.( Al Baqarah 10)

al-baqarah-7.gif

7-Allah telah mengunci-mati hati dan pendengaran mereka, danpenglihatan mereka ditutup. Dan bagi mereka siksa yang amat berat.

( Al Baqarah 7)

an-nahl-108.gif

108- Mereka itulah orang-orang yang hati, pendengaran dan penglihatannya telah dikunci mati oleh Allah dan mereka itulah orang-orang yang lalai. ( An Nahl 108)

Orang yang hatinya telah rusak dan mati, hidup dalam kegelapan dan kekalutan. Hatinya sulit untuk menerima hidayah dan petunjuk Allah, hatinya tertutup tidak mampu menerima kebenaran. Seluruh hidupnya hanya untuk mengabdi pada setan dan memperturutkanhawa nafsu. Dia berada dalam kekuasaan setan laknatullah, Diakhirat kelak ia berada dalam penderitaan abadi selama lamannya dalam neraka jahannam

Hati yang bersih danjernih

Orang yang mampu mengendalikan diri dari mengikuti bisikan setan dan memperturutkan keinginan hawa nafsu, serta mampu membersihkan hatinya dari sifat sifat tercela. Banyak ingat dan kembali pada Allah sertamohon ampunatas segala dosa dan kesalahannya. Hatinya menjadi bersih dan jernih, bersinar dengan cahaya ilahi. Itulah hati Qolbun salim yang dimaksud Nabi Ibrahim dalam do’anya yang disebutkan dalam surat Asy Syuara ayat87-89.

as-syuaraa-87-89.gif



87- dan janganlah Engkau hinakan aku pada hari mereka dibangkitkan,

88- (yaitu) di hari harta dan anak-anak laki-laki tidak berguna,

89- kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih,

Hati yang bersih dan jernih memberi rasa nyaman sepanjang masa baik didunia maupun diakhirat. Bebas dari rasa cemas dan takut sebagai disebutkan dalam S . Yunus ayat 62:

yunus-62.gif

62- Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

Merawat danMemelihara Hati

Kita menyadari bahwa hati merupakan unsur paling penting dalam kehidupan kita yang tetap berfungsi sampai akhir zaman. Karena itu kita harus merawat dan memeliharanya denganbaik agar tidak rusak dan dipenuhi penyakit yang dapat menyengsarakan kita selama lamanya.

Hati yang bersih dan jernih adalah hati yang selalu ingat pada Allah, setiap saat melakukan komunikasi dengan Allah, sehingga selalu berada dalam bimbingan dan hidayah-Nya. Matanya dibimbing oleh hatinya untuk selalu memandang kebesaran Allah, telinganya dituntun oleh hatinya untuk selalu mendengar kan nasihat dan ayat ayat Allah. Hatinya selalu terbuka untuk menerima nasihat dan ajaran kebaikan.

Beberapa cara untuk menjaga dan merawat hati agar tetap bersih dan jernih antara lain

1.Selalu ingat pada Allah dimanapun berada

2.Selalu memuji kebesaranNya

3.Selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah

4.Selalu bertasbih mensucikanNya

5.Selalu mohon ampun atas kekhilafan dan dosa yang dilakukan

6.Selalu mohon perlindunganNya dari godaaan Syetan dan tipu daya dunia yang melalaikan

7.Selalu mohon bimbingan dan tutunan Allah dalam menjalani kehidupan ini

8. Selalu membaca atau mendengarkan ayat suci Al -Qur’andan mentadabburinya setiap hari

9.Melatih hati untuk bersifat Taqwa, tawakkal, sabar, ikhlas, jujur, amanah,ridho,kasih sayang menahan amarah, menahan nafsu dari keinginan rendah dan lain sebagainya

10.Bersihkan hati dari penyakit Kafir, musyrik, sombong, takabbur, riya, dengki, dendam, khianat, kikir,loba dan tamak,memperturutkan hawa nafsu dan lain sebagainya

31 thoughts on “KEKUATAN HATI ( QOLBU )”
  1. Subhanallah..
    Blog yang sangat bermanfaat..
    Semoga bisa tetap istiqomah dalam menyampaikan kebaikan dan kebenaran..

    Untuk yg ingin berbagi ilmu/sharing mengenahi hati dg saya bisa lewat email atau chat.. di ariek_swas@yahoo.co.id.

    Smoga Allah selalu memberikan petunjuk jalan yg diridhaiNya untuk kita semua.. amiin.

    Syukran..

    Jazakallah khairan katsir.

  2. alhamdulillah dengan nama allah yg maha pengasih dan maha segalanya ,artikelnya benar2 memberikan pelajaran dan isnyah allah .amal ibdah bp di terimah allah swt..sekali lagi terimah kasih pak

  3. Alhamdulillah, Setelah saya membaca artikelnya, saya semakin tau apa itu fungsi hati. semoga Allah selalu membimbing hati kita untuk selalu menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya..Amin

  4. Assalamu’alaikum.. Dari 7 sumber2 nafsu yg diterangkan diatas. Apakah ada cabang2 nafsu lagi dari 7 sumber nafsu diatas? Seperti yg saya tahu, nafsu ammarah itu bercabang menjadi:
    1. Nafsu bahimiyah (binatang ternak)
    2. Nafsu sabaniyah( binatang buas)
    3. Iblisyah/ saithaniyah
    4. Rububiyah.
    Tolng dijelaskan juga letak2 nafsu tersebut. Makasih..

    tolng bls ke email saya : layangkumitir@gmail.com

  5. Bagaimana Terapi Penyakit Hati (Qalbu) agar terhindar dari penyakit hati, seperti kikir, tamak, ujub, riya, dan lain-2

    1. Ass wr wb

      Berbagai sifat buruk, negatif dan tercela dapat dihilangkan dengan melakukan terapi dzikir pernapasan asmaulhusna , untuk keterangan lebih lanjut silahkan klik kolom “Pelatihan Dzikir Pernafasan Asma’ul Husna dan Shalat Khusuk ” dipojok kanan atas blog ini.

  6. aslm,..alhamdullah sy bs membaca artikel ini,semoga bs menambah wawasan dan bermanfaat dalam hidup sy dan smua rekan yg membacanya….amin!!

  7. Alhamdulillah wa syukrulillah, dgn membaca kajian ini mengingatkan sy utk melanjutkan perjalanan hidupku utk memohon mendapatkan bimbingan, petunjuk & pertolongan Alloh SWT di dunia dan akhirat. Semoga berlanjut hg tingkatan yg paling dalam ( Ma’rifatulloh ), Amin.

  8. Asallamuallaikum
    Alhamdullillah sekarang saya sedikit mengertii
    Terimakasih atas ilmu yg bermanfaat ini semoga allah meridhoii

  9. Ass.Wr.Wb
    Terima kasih ustad atas ilmu yang diberikan untuk kami para pembaca blog ini.
    Alhamdulillah semangat memperbaiki diri saya yang sempat luntur kini perlahan kembali pulih.
    saya ingin memperbaiki qualitas ibadah saya ustadz, akantapi lokasi jauh dari jabodetabek sehingga belum bisa mengikuti program pelatihan yang bapak adakan.
    Mohon Ustadz berkenan memberikan memberikan ebook panduan “pelatihan pernafasan dzikir asmaul husna dan shalat khusu” kepada saya.

    terima kasih
    semoga rahmat dan pertolongan Allah tercurah bagi ustadz dan semua pembaca blog ini.

    1. Wa alaikum salam

      Dzikir mengingat Allah sebaiknya dilakukan bukan hanya sekali seminggu tetapi terus menerus setiap saat ketika berdiri, duduk dan berbaring dengan membaca kalimat dzikir, seperti subhanallah, alhamdulillah dst didalam hati , sebagaimana diperintahkan dalam surat An Nisa 102:

      ” Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. “

  10. Assalamualaikum Yi???niat sblum takbir niku pripun yi??kl kita melafadzkan niat (usolli…)trus kita langsung takbir, sholat kita syah npo mboten yi??? atau kita takbir sambil disertai niat dalam hati, yang benar yang mana yai, tlg saestu dijelaskan..kl bwt saya yi, ketika kita takbir sambil niat didalam hati itu sulit yai, karena telinga kita byk mendengar suara-suara yang menggangu konsentrasi…kl seandainya kita melafadzkan niat dengan membaca usolli…. trus kita lagsg takbir tnpa disertai niat dalam hati itu sholat kita diterima nopo mboten yi???pada awalnya emang sudah niat misalnya aku engko sholat dhuhur gt yi. jazakallah

    1. Wa alaikum salam

      Niat itu cukup dinyatakan didlam hati ketika akan mulai shalat, tidak perlu dilafazkan. Allah mengetahui yang nyata dan ghaib, ia mendengar bisikan hati manusia.

  11. Syukron ustadz, izin share di Fanpage saya ya pak kyai …

    akan saya cantumkan alamat website ini .. agar bisa dibuka oleh orang banyak lagi, 🙂

  12. trimakasih pak Ustadz…setelah membaca artikel itu, betapa banyak yg didapat untuk mengarungi kehidupan di dunia dan akhirat nanti yang merupakan pedoman dan diamalkan…

  13. Assalmualaikum ustadz, nama saya rinaldi, asal dr jambi, saya mau bertanya, setahun yg lalu saya mempunyai pengalaman yg pahit, saya tunangan dgn seorng wanita, lalu hubungan kmi pts krn si wanita selingkuh, stlh kmi ptus itu saya menjadi mdh emosi, mdh tersinggung dgn omongan org yg kurang enak, dan saya tdk bs bercanda krn saya tkt menyinggung org dan tkt pula saya akan tersinggung dgn candaan org trsbt, yg ingin saya tnykan : apakah smua itu adalah tanda saya terkena pnyakit hati krn masa lalu saya ?, dan jika iya mohon berikan solusi nya ustadz, mohon bimbingan nya, trmksh, wasalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *