PERTUMBUHAN PENDUDUK DUNIA

Oleh : Fadhil ZA

Setelah perang dunia berakhir ditahun 1945, penduduk dunia terus berkembang dengan pesat. Berbagai penyakit, peperangan yang muncul sesudah PD 2, bencana alam dan program KB yang dicanangkan dibeberapa Negara tidak mampu menahan laju pertumbuhan penduduk dunia. Menurut situs GeoHive pada tahun 1950 jumlah penduduk dunia kurang lebih 2,5 milyar jiwa. Tahun 2008 ini telah mencapai 6,7 milyar jiwa dan diperkirakan tahun 2012 nanti akan menembus angka 7 milyar jiwa. Menurut perkiraan GeoHive tahun 2050 nanti penduduk dunia akan mencapai 9,5 milyar jiwa.

gedung2.jpg

Populasi penduduk dunia pada tahun 1950 dan tahun 2008 menurut situs GeoHive adalah seperti pada tabel dibawah ini

China

562,579,779

USA

152,271,000

Russia

101,936,816

Japan

83,805,000

World

2,555,948,654

Populasi tahun 1950

1. China

1,333,207,572

2. India

1,154,845,005

3. USA

304,838,948

4. Indonesia

238,567,492

5. Brazil

197,254,181

World

6,736,383,012

Populasi tahun 2008

Tahun 2008 ini populasi penduduk Indonesia menduduki peringkat 4 sesudah USA, populasi terbanyak berada didaratan China. Dari 6,7 Milyard penduduk dunia dewasa ini berapa persenkah yang ber-Iman dan yakin pada Allah dan kehidupan akhirat? Dari 5 besar Negara yang populasi penduduknya terbanyak diatas, mayoritas penduduknya adalah non Muslim, Hanya Indonesia yang mayoritas penduduknya Muslim.

Dewasa ini paham materialis yang sangat mendewa dewakan kehidupan dunia masih sangat dominan. Bahkan beberapa Negara besar didunia cenderung menganut paham sekular yang memisahkan kehidupan bernegara dengan agama. Dengan seringnya terjadi kericuhan, keributan antara umat beragama baik antara sesama pemeluk agama tertentu maupun antara umat lain agama didunia ini maka paham sekular semakin mendapat tempat di negara negara barat.

Mari kita renungkan kembali berapa persenkah dari 6,7 Milyard penduduk dunia dewasa ini yang yakin dan ber-Iman pada Allah dan kehidupan Akhirat?? Pada kenyataannya memang sebagian besar manusia dibumi ini tidak percaya dan yakin kepada Allah dan kehidupan akhirat. Sebagian besar penduduk bumi ini sangat asyik dengan kehidupan dunia, mereka mengagung-agungkan materi, kekayaan dan kemewahan hidup. Mereka lupa dan enggan untuk ingat pada Allah dan kehidupan akhirat. Mereka menganggap ajaran agama hanya menghambat kemajuan dan kesenangan mereka. Mengapa demikian?? Hal itu memang telah banyak disebutkan dalam Al-Qur’an. Kita tidak perlu sedih dan heran karenanya, yang utama adalah jaga diri dan keluarga dari paham yang sesat yang tidak sesuai dengan tuntunan Allah dan Rasulullah. Perhatikan firman Allah dalam beberapa ayat Qur’an dibawah ini:

Alif laam miim raa. Ini adalah ayat-ayat Al Kitab (Al Qur’an). Dan Kitab yang diturunkan kepadamu daripada Tuhanmu itu adalah benar;

akan tetapi kebanyakan manusia tidak beriman (kepadanya).

(Ar Ra’d 1)

Sesungguhnya hari kiamat pasti akan datang, tidak ada keraguan tentangnya,

akan tetapi kebanyakan manusia tiada beriman.

(Al Mukmin 59)

Dan sebahagian besar manusia tidak akan beriman, walaupun kamu sangat menginginkannya.(Yusuf103)

Orang yang yakin pada Allah dan kehidupan akhirat dewasa ini diseluruh dunia masih merupakan golongan minoritas, kecuali di Negara yang mayoritas penduduknya Muslim seperti Indonesia, Negara Arab, Pakistan, Malaysia dan lain lain. Namun di China, India, USA, Amerika Latin, Australia, Negara Eropa, Rusia yang sebagian besar penduduknya non muslim, umat Islam merupakan golongan minoritas. Sementara itu umat Islam dinegara yang mayoritas penduduknya muslim juga terpecah pecah dalam berbagai paham seperti Sunni dan Syiah belum lagi adanya aliran sesat seperti Ahmadiyah, Inkarus sunnah dan lain lain.

Pertumbuhan penduduk dunia sejak perang dunia kedua sungguh pesat sekali jika dibandingkan dengan suasana sebelum abad ke 20. Penyakit menular, bencana alam, dan perang adalah mekanisme alamiyah dalam mengendalikan pertumbuhan penduduk. Akankah Allah mendatangkan ketiga hal tersebut dimasa mendatang untuk menahan laju pertumbuhan penduduk dunia? Rasulullah menyatakan bahwa salah satu tanda Kiamat kelak adalah banyaknya terjadi bencana yang merenggut jiwa secara masal. Kita sudah beberapa kali menyaksikan peristiwa tersebut seperti Tsunami Aceh yang menelan korban hampir 200.000 jiwa dalam sekejap mata. Gempa bumi di China, Badai di Thailan, Tornado di Amerika dan banyak lagi.

Jika pertumbuhan penduduk dunia tidak diiringi dengan peningkatan Iman dan keyakinan pada Allah, bukan tidak mungkin suatu ketika Allah mendatangkan bencana alam yang merenggut jutaan jiwa dalam waktu yang sangat singkat. Sejarah peradaban dunia dimasa lalu telah membuktikan adanya kehancuran masal suatu kaum seperti, banjir nabi Nuh, Gempa dan badai yang menimpa kaum Luth, Aad dan Tsamud, Banjir besar yang melenyapkan negeri Saba’. Hantaman meteor Raksasa di Siberia 65 juta tahun yang lalu yangtelah memusnahkan Dinosaurus dan sebagian bear penghuni bumi.

meteor.jpg

Apakah yang akan terjadi jika sebuah meteor sebesar kota Jakarta ini jatuh dilautan Pasifik? Gelombang Tsunami akan menenggelamkan semua kota yang ada dipantai lautan Fasifik seperti pantai barat Amerika, Jepang, Australia, Negara kepulauan Pasifik, Pantai timur China, Kepulauan di Indonesia. Berapa juta jiwa yang akan jadi korban?Ini adalah contoh kiamat yang diperlihatkan Allah sebelum datang kehancuran total seluruh alam semesta. Bagi orang yang ber-Iman kejadian dahsyat itu bukanlah peristiwa yang menakutkan, Allah telah mengingatkan setiap orang yang ber-Iman untuk selalu siap menghadapi kejadian itu.

Dan jagalah dirimu dari (`azab) hari (kiamat, yang pada hari itu) seseorang tidak dapat membela orang lain, walau sedikit pun; dan (begitu pula) tidak diterima syafa`at dan tebusan daripadanya, dan tidaklah mereka akan ditolong.

(Al Baqarah 48)

Jagalah Iman dan keyakinan kita serta keluarga kita masing terhadap Allah, jika pada kenyataannya sebagian besar penduduk dunia ini tidak ber-Iman pada Allah dan hari akhirat maka kewajiban kita hanya mengingatkan. Allah memberi petunjuk siapa yang dikehendaki-Nya dan membiarkan sesat siapa yang dikehendaki-Nya. Selama kita berdakwah dan selalu menyampaikan Al-Qur’an pada umat manusia, Allah tidak akan menuntut pertanggung jawaban kita tentang ke-Imanan mereka. Kewajiban kita hanya menyampaikan kebenaran Al-Qur’an. Allahlah yang akan memberi mereka petunjuk atau tidak.

gempa.jpg

Berbagai bencana alam yang terjadi dewasa ini seperti Tsunami Aceh, Gempa bumi di China badai topan di Thailand, Tornado di Amerika, dan berbagai bencana ditanah air seperti tanah longsor, banjir, lumpur Lapindo dan lain lain, merupakan peringatan Allah tentang peristiwa Kiamat yang pasti akan terjadi. Bukan mustahil jika satu ketika kelak sebelum terjadi kiamat kubro di bumi ini akan terjadi kiamat kecil yang memakan korban sampai puluhan juta jiwa . Mungkin juga berasal dari gempa yang dahsyat pada kota yang berpenduduk padat, atau gempa dahsyat ditengah laut yang menimbulkan gelombang tsunami menenggelamkan kota-kota besar yang berada ditepi pantai.

Berbagai bencana alam yang sering terjadi pada dewasa ini adalah peringatan Allah agar manusia kembali pada-Nya. Namun demikian sedikit sekali manusia yang menyadarinya

Popularity: 15% [?]

10 Responses to “PERTUMBUHAN PENDUDUK DUNIA”

  • jack:

    yah apalah arti meski di tunjukkan juga…kita hanya percaya saja pada yang kuasa…gak usahlah di perkirakan dengan bentuk gambar atau apapun…toh juga banyak peramal yang mengatakan…semua itu gak akan terjadi..jika terjadi sekalipun itu adalah kehendak manusia yang meramal..coba anda jangan meramal pasti semua itu gak akan terjadi…biarlah terjadi dengan sendirinya..tahun 2012 meteor besar jatuh ke bumm ahhh BULLSYIT semua itu..memang saya jg katakan orang tak beriman..tapi saya percaya Allah SWT itu ada..klopun ada yang meramal itu hanyalah orang2 yang musryik…kafir..dan apalah itu..saya berani ngomong sperti ini..karena kita semua lo gak ada yang sempurna…jadi intinya..gak usahlah ngeramal-ngeramal kayak ginilah,kayak gitulah..akibatnya hanya membuat semua orang sengsara…jangankan peramal itu..kita juga lo gak akan bisa jadi beriman..karena apa yg kita pikirkan..misalnya…ahh aku belum merasakan wanita..akhirnya kita memperkosa..mencari harta yang belum kita dapatkan dengan cara apapun..karena apa kita tahu bahwa kiamat itu datang sebentar lagi…itu semua memang kehendak yang kuasa : Orang-orang akan berzina di tempat umum,orang2 tak ada lagi yang mengingat Tuhannya…jadi sudahlah jangan menambah kesengsaraan orang dengan itu..dengan semua omong kosong…yang tahu kiamat hanyalah Allah SWT…kita manusia hanya bidak yang harus berjalan sendiri..usaha kita yang nentukan kita…bukan peramal BODOH yang MAKIN LAMA MAKIN GOBLOK…Oke semua..harap di mengerti..bukannya menggurui..tapi hanya sebuah opini..di pikir sendiri dengan logika juga lo bisa…SIP Taks very much.

  • masmus:

    jack wrote “..gak usahlah ngeramal-ngeramal kayak ginilah..”

    @jack : ngomentarin tulisan yg mana? di artikel ini tidak ada ramalan bencana.

  • zhi83:

    Buat mas Jack; Saya kira opini (tanggapan)Anda itu salah. Knapa? Ini bukan masalah ramal meramal. Ini menunjukkan bahwa dunia ini adalah fana alias tidak abadi. Dan Kiamat itu pasti terjadi. Baik kiamat sughra (kecil) maupun kiamat kubro (besar). Dan Allah jg telah memperingatkan makhluknya utk mnyiapkan diri dan utk mngambil pelajaran dr smua kisah2 dan trgadei yg telah atau akan ALLAH nyatakan di dunia ini. Itulah bentuk kasih sayang dan keadilan ALLAH. Kalo mas Jack bersikap masa bodoh dengan smua itu atau tak mau ambil peduli, itu bisa jd hanya ingin mlihat sisi ksenangan hidup di dunia sj, yg di khawatirkan bisa lupa urusan akherat. Dunia ini hanya sementara, dan akan datang alam yg kekal yaitu akherat dimana akan terdapat kebahagiaan ataupun kesengsaraan abadi. Tinggal pilh saja…. Oleh krn itu, alangkah baiknya kita sesegera mungkin mnyiapkan diri, dgn memprbaiki terus akhlak n ibadah qt. Smoga Allah slalu membimbing dan mnjaga qt skalian umat muslim di dunia ini utk slalu bisa bertaqwa, bersyukur, dan brdzikir kepadaNYA dg baik. Amin…

    • What i don’t understood is in reality how you’re

      no longer actually a lot more well-liked than you may be right now.

      You are so intelligent. You

      realize thus considerably relating to this subject,
      made me

      in my view consider it from a lot

      of varied angles. Its like men and women aren’t

      fascinated except it is something to do with Girl gaga!
      Your own stuffs great. All the time deal with it up!

  • chit_aredhy:

    ya… qtq waspada n’ tingkatkan iman aja, nma_na makhluk hidup pasti akan mati,,
    wallahhualam…

    • Ass wr wb

      Betul …kita harus selalu ingat pada Allah, dan mencari jalan untuk mendekatkan diri pada-Nya. Kenyataannya sejak tahun 2008 sampai sekarang bencana alam yang meminta korban masal selalu saja terjadi , seperti Gempa Jawa, Gempa Padang, Bencana Situ Gintung, tanah longsor di Jawa Barat, dan banyak lagi bencana yang masih akan terjadi di masa yang akan datang.

  • joko:

    alhamdulillah dgn adanya jaringan intrnet saya lebih bsa mencari tugas dgn mudah!!!!!!!!!!!!!! makasih!!!!!!

  • dewi:

    makasih y.. tulsn ini membantu saya menyelesaikan tgs …………
    matur suwun……….. alias terima kasih

  • Can I simply say what a aid to find somebody who truly is aware of what theyre speaking about on the internet. You undoubtedly know the way to carry a difficulty to mild and make it important. More individuals have to learn this and understand this side of the story. I cant consider youre not more widespread since you definitely have the gift.

Leave a Reply

*

Fashion Stores
Translate This Page
Pondok Tadabbur
Infak, Sodaqoh Anda untuk Pondok Tadabbur bisa disampaikan melalui :

Rek Bank Mandiri
123.0097166435
a/n Fadhil Zainal Abidin.
0811151412 - fadhil_za@yahoo.co.id
PELATIHAN
facebook page

Jadwal Pelatihan Shalat Khusuk dan Tadabbur Qur'an wilayah Jabodetabek dan Sekitarnya.

Klik disini untuk keterangan lebih lanjut

HP : 0811151412

Archives
Sejak 20 Feb 2008