KEKUATAN FIKIRAN MANUSIA

KEKUATAN FIKIRAN MANUSIA

Para ahli membagi fikiran yang berpusat pada otak ini menjadi dua , yaitu fikiran sadar dan fikiran bawah sadar. Fikiran sadar pada belahan otak sebelah kiri bertugas menghitung, menganalisa , mengevaluasi situasi dan keadaan yang dialami kemudian mengambil keputusan apa tindakan yang harus dilakukan.

Fikiran bawah sadar pada belahan otak sebelah kanan bertugas antara lain mengendalikan saraf motorik yang menggerakan fungsi organ tubuh seperti denyut jantung, kedipan mata, keluar masuk nafas, peredaran berbagai enzym dan cairan dalam tubuh. Menyimpan memori ingatan kejadian masa lalu. Menyimpan ilmu dan keterampilan. Menyimpan Citra diri. Merasakan keindahan seni dan lain sebagainya.

Al – Qur’an banyak menyebut tentang fungsi akal dan fikiran ini antara lain dalam S Al Baqarah ayat 164:

al-baqarah-164.png

164- Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering) -nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; Sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan. ( Al Baqarah 164)


Dan banyak lagi ayat Qur’an yang menyatakan fungsi fikiran ini dengan teguran:

apakah-kalian-tidak-memikirkan.png

Apakah kalian tidak memikirkan ?

Fikiran sadar dan bawah sadar

Para ahli didunia telah menemukan bahwa otak sebagai pusat kekuatan fikiran manusia terbagi menjadi dua bagian , yaitu otak bagian kiri dan otak bagian kanan.

Fikiran sadar ada pada otak bagian kiri yang mempunyai kemampuan menghitung, menganalisa, mengevaluasi dan memutuskan. Apa yang didengar telinga dan dilihat mata diolah oleh fikiran sadar, kemudian disimpan oleh fikiran bawah sadar dan hati. Sewaktu waktu apa yang tersimpan didalam fikiran bawah sadar dan hati tersebut dapat diolah kembali oleh fikiran sadar untuk dilaksanakan berupa ucapan atau perbuatan.

Fikiran bawah sadar ada pada otak bagian kanan yang mempunyai kemampuan menyimpan memori (ingatan), mengendalikan saraf motorik yang menggerakan organ tubuh seperti jantung, paru2, kedipan mata, fungsi lambung, peredaran berbagai zat dalam tubuh, dan lain lain, merasakan keindahan seni, menyimpan berbagai keterampilan seperti mengemudi, berolah raga , menari .dan lain sebagainya.Didalam fikiran bawah sadar ini juga tersimpan citra diri setiap orang baik citra diri yang negatif maupun positip.

Ayat Qur’an banyak menyebut tentang kemampuan berfikir pada manusia ini salah satunya pada S An Nahl ayat 11

11- Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan. ( An Nahl 11)

hubungan-pikiran.jpg

Gambar 2: Hubungan fikiran sadar , bawah sadar dan hati

Fikiran Sadar

Fikiran sadar ini paling banyak mendapat tegoran dari Al Qur’ an seperti : Apakah kalian tidak memikirkan?, Apakah kalian tidak punya akal ? Mengapa kalian tidak memikirkan? Bagaimana kalian memikirkan ? Dan lain sebagainya.

Fikiran sadar mempunyai kemampuan untuk menghitung, menganalisa dan mengevaluasi semua kejadian yang dialami. Selanjutnya mengambil keputusan dan langkah yang harus dilakukan mengantisipasi kejadian tersebut

Fikiran sadar paling bertanggung jawab terhadap keputusan dan tindakan yang dilakukan seseorang dalam segala hal. Orang yang kurang terampil akal dan fikirannya akan banyak mengambil keputusan dan tindakan yang salah, yang pada akhirnya akan mencelakakan dirinya sendiri.

Karena fikiran ini bekerja didalam otak yang terdiri dari benda materi yang juga terikat pada hukum material, maka kerja fikiran juga bisa dipengaruhi oleh zat kimia yang mempengaruhi otak, seperti minuman keras, narkotika dan obat obatan lainnya.

Karena itu Qur’an melarang manusia mengkonsumsi minuman yang memabukan seperti Khamar dan yang sejenisnya, hal mana dapat mempengaruhi kinerja otak dan fikiran dalam mengambil putusan.

Keputusan untuk melakukan perbuatan baik atau buruk berada pada fikiran sadar ini, jika ia melakukan kebaikan maka kebaikan itu adalah untuk kemashlahatan dirinya sendiri, dan jika ia melakukan perbuatan buruk maka keburukan itu akan kembali pada dirinya sendiri pula.

Fikiran bawah sadar

Fikiran bawah sadar bertugas mengendalikan fungsi organ tubuh, menyimpan memori masa lalu, keahlian dan keterampilan. Menyimpan memori tentang citra diri. Berempati dan merasakan segala sesuatu, membayangkan , menggambarkan , mengangankan, menkhayalkan dan lain sebagainya.

Fikiran bawah sadar yang berada pada belahan otak sebelah kanan ternyata menyimpan suatu kekuatan yang dahsyat, yang dapat mengubah dunia dan diri pemiliknya.

Kekuatan Fikiran bawah sadar

Disamping fungsinya sebagaimana yang disebutkan diatas fikiran bawah sadar ternyata menyimpan suatu kekuatan yang maha dahsyat.

Penelitian para ahli menunjukan bahwa fikiran bawah sadar berkomunikasi dengan system dialam semesta , ia menyatu dengan kekuatan alam semesta. Ia akan berusaha menjelmakan apa saja yang tertanam mendalam difikiran bawah sadar.

Fikiran bawah sadar bekerja sama dengan system dialam semesta untuk mewujudkan semua yang tertanam didalam dirinya. Jika fikiran bawah sadar dipenuhi dengan fikiran negatif dan destruktif ia akan mendatangkan berbagai keburukan dan kesulitan pada pemiliknya. Demikian pula jika fikiran bawah sadar dipenuhi fikiran positif dan konstruktif ia akan mendatangkan berbagai keruntungan dan kesuksesan bagi pemiliknya. Manusia akan menjalani kehidupannya sesuai dengan program yang tertanam didalam fikiran bawah sadarnya. Jika program itu kacau dan kalut maka hidup manusia itupun akan kacau dan kalut pula. Jika program itu terarah dan jelas sasaran nya , ia akan mendapatkan apa yang dikehendakinya

Fikiran bawah sadar mesin komputer yang patuh

Fikiran bawah sadar bekerja menurut perintah dan saran yang diberikan fikiran sadar. Ia tidak pernah membantah apa yang diperintahkan padanya. Ia tidak bisa memberi pertimbangan , ia hanya patuh pada apa yang diperintahkan dan disarankan padanya .

Apa saja yang diberikan padanya berupa kebaikan atau keburukan dianggapnya benar dan harus dilaksanakan.

Jika diperintahkan padanya melakukan berbagai usaha kebaikan, dan seluruh fikiiran bawah sadar dipenuhi oleh perintah itu , ia akan melaksanakannya tanpa bantahan sedikitpun . Ia akan berkomunikassi dengan system dialam semesta untuk melaksanakan danmenjelmakan saran atau perintah itu.

Sebaliknya jika fikiran bawah sadar diperintahkan dan disarankan melakukan berbagai keburukan dan perbuatan merusak lainnya , dan seluruh fikiran bawah sadar dipenuhi oleh saran dan perintah itu, iapun akan melaksanakannya . ia akan berkomunikassi dengan system dialam semesta untuk melaksanakan dan menjelmakan saran dan perintah yang destruktif itu

Kehidupan anda akan dibatasi oleh apa yang anda tanamkan dan sarankan kedalam fikiran bawah sadar anda. Jika kepada fikiran bawah sadar anda ditanamkan saran baik oleh fikiran sadar anda atau orang lain , bahwa anda adalah orang yang miskin, orang susah, tidak mungkin mendapatkan ini atau itu, tidak mungkin berhasil , takut begini dan begitu. Semua yang tergambar dalam fikiran bawah sadar itu akan menjelma menjadi kenyataan . Anda tidak akan pernah melampaui batasan batasan yang telah anda buat dan tertanam secara mendalam pada fikiran bawah sadar anda. Jika kedalam fikiran bawah sadar anda ditanamkan saran tentang keberhasilan, kesuksesan, kemenangan, kebahagiaan serta berbagai saran positif dan konstruktif lainnya, andapun akan mengalaminya dalam kenyataan hidup.

Kondisi inilah yang menyebabkan orang kaya bertambah kaya,yang kuat bertambah kuat yang miskin bertambah miskin, yang lemah bertambah lemah.

Karena itu perhatikanlah apa yang anda tanamkan didalam fikiran bawah sadar anda, jika anda menanam kebaikan anda akan mendapat kebaikan, jika anda menanam keburukan andapun akan mendapat keburukan pula

 

Popularity: 13% [?]

25 Responses to “KEKUATAN FIKIRAN MANUSIA”

  • nj:

    yup,, seperti bukunya quantum ikhlas.
    artikel yg bagus

  • abirul:

    trimkasih,pernyataan ini memang benar

  • artikel anda bagus,semoga artikel anda dapat dikembangkan atau dikemas lebih baik lagi.
    saya punnya pertanyaan tolong anda sikapi pertanyaan ini.
    Pertanyaannya adalah sebagi berikut ?
    Ketika Nabi Is’ra wal Mi’raj apanya yang berjalan-
    atau yang di perjalankan oleh Tuhan ?
    Apakah Raga dan Rohnya
    atau salah satu dari keduanya ?
    terima kasih.

  • Ass wr wb
    Waduh…pertanyaan pak Tohir pelik juga ya. Namun itu adalah pertanyaan yang sudah lama muncul dalam benak kebanyakan umat Islam. Saya juga belum mampu menjawab secara tepat, namun saya hanya mau coba sharing pendapat.

    Manusia diciptakan Allah dari dua unsur yaitu unsur Ruh dan jasmani. Ruh bersifat kekal, abadi, tidak bisa musnah dan hancur,Ruh dipersiapkan Allah untuk hidup selamanya, melalui alam, ruh, dunia , barzakh, dan alam akhirat. Dia memiliki kemampuan yang sulit diukur jauh diatas kemampuan jasad yang sangat terbatas. Allah memberi kita pengetahuan tentang Ruh ini sedikit sekali.Ruh manusia ada yang sehat kuat dan memiliki kemampuan dahsyat, ada pula yang lemah, penyakitan dan tidak berdaya. Sampai sekarang belum ada alat teknologi yang mampu mendeteksi keberadaan Ruh, bagaimana bentuk dan unsur yang terkandung didalamnya. Jasmani adalah tempat sementara bagi Ruh selama hidup didunia, jasmani bisa hancur dan musnah. Jasmani hanya berguna untuk kehidupan dunia.

    Mengingat kemapuan Ruh yang luar biasa dan kemampuan jasad yang sangat terbatas, kemungkinan besar Rasulullah berangkat Isra’ Mi’raj hanya dengan Ruh saja. Di Sidratul Muntaha ada tempat yang Malaikat Jibril saja tidak sanggup mendatanginya apalagi jasad manusia. Tapi Ruh nabi Muhammad memiliki kemampuan untuk datang ketempat yang mulia itu.

    Ingat Ruh adalah bagian dari diri manusia yang hidup kekal , abadi memiliki kemampuan luar biasa. Dia dipersiapkan Allah untuk hidup di beberapa alam seperti alam Ruh, Alam dunia, alam barzakh, dan alam akhirat. Jasad hanya mampu hidup dialam dunia. Unsur Ruh inilah yang harus selalu kita rawat dan jaga dengan baik,dengan beribadah dan berzikir kepada Allah, karena Ruh yang tidak dirawat dengan baik bisa menderita berbagai penyakit dan akhirnya lemah tak berdaya digerogoti penyakit tersebut, ia akan menderita selama lamanya dan tempatnya adalah didalam neraka jahanam. Na’udzubillah min dzalik.

  • isha:

    Artikelnya baguz,,
    tp caranya menanamkan pikiran positif di pikiran bawah sadar kita??
    apa dengan berpikiran positif pikiran bawah sadar kita juga akan positif??

  • Ass wr wb
    Ada banyak cara menamankan fikiran positif kedalam fikiran bawah sadar, antara lain:
    * Sering mendengar kalimat toyyibah seperti ayat Qur’an do’a dan dzikir ingat pada Allah(zikir asmaulhusna)
    * Selalu bersyukur dengan nikmat yang diberikan Allah
    * Sholat khusuk dengan memahamai ayat yang dibaca
    * Tidak larut dalam kesedihan dan duka
    * Selalu optimis dan mengharap kebaikan untuk masa yang akan datang.
    Kalau seluruh fikiran dan kesadaran kita selalu dipenuhi kegiatan seperti diatas , otomatis fikiran bawah sadar akan menjadi poisitip.

  • Q:

    luar biasa…..

  • hem pak bolehkah saya bertanya tentang bagaimana caranya agar kita mempunyai kekuatan fikiran dengan baik, karena kekuatan fikiran itu sangat penting bagi hidup saya mohon konfirmasinya?????????

    • Ass wr wb
      Sdr Chairilmuhsin untuk mengetahui lebih banyak tentang kekuatan fikiran dan cara melatihnya , silahkan baca artikel saya diblog ini dibawah Kategori “Kekuatan Fikiran Manusia” yg hingga saat ini sudah ada 21 artkel. Disamping itu ada baiknya juga membaca artikel padsa kategori “Tadabbur Qur’an ” serta “Kekuatan Sholat dan Dzikir”

  • yandi:

    Ass wr wb

    Secara tidak sengaja saya bru menemukan blog bpa, saya senang bisa menemukan ini. Boleh saya sedikit bertanya kepada bapak?
    begini pak, setelah membaca artikel ini saya mulai berfikir, apa saya bisa mendapatkan apa yg saya inginkan? Permasalahannya adalah, begitu banyak yg saya inginkan, terkadang saya merasa saya tidak mampu untuk mendapatkan apa yang saya inginkan. Pada akhirnya saya tidak lagi mengikuti keinginan saya, saya hanya menikmati yang ada, dan bersyukur, walaupun kadang susah jga menjalankan yang ada. Apa smua yg kita inginkan bisa kita dapatkan hanya dengan kekuatan pikiran? Apa keinginan tsb bisa didapat hanya dengan pekerjaan saya sekarang?
    Saat ini saya bekerja sebagai sales disalah satu perlatan fotografi di jakarta.
    Kalau boleh saya mohon bapak memberikan tanggapan.
    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.
    Wassalam

    • Ass wr wb

      Mencapai apa yang kita cita citakan dan kita inginkan itu seperti mendaki tangga yang tinggi, anda tidak mungkin sekaligus menaiki tangga itu. Perhatian anda cukup tertuju pada satu anak tangga saja , kemudian anda naik satu demi satu tanpa terasa tiba2 anda sudah sampai diatas. Anda harus memanage fikiran dan perasaan anda . Tetapkan apa sasaran anda , apa yang ingin anda capai . Perhatikan apa yang anda perlukan untuk mendapatkan apa yang anda inginkan itu. Evaluasi semua kekuatan dan sumber daya yang anda miliki, apa sumber daya yang belum anda miliki. Melangkahlah tahap demi tahap bersama Allah. Selalu libatkan Allah dalam setiap tindakan anda . Berdama Allah tidak ada yang mustahil.

      Jika anda tetap istiqomah dengan cita cita anda , dan anda tetap melangkah bersama Allah . Anda akan banyak mengalami keajaiban . Sebagian besar orang yang sukses berhasil karena adanya faktor keberuntungan (Lucky factor) yang muncul seperti kebetulan. Allah telah menjanjikan dalam surat Thalaq ayat 2 dan 3 : “Barang siapa yang bertakwa kepada Allah Dia akan memberinya jalan keluar dari setiap kesulitan dan memberinya rezeki dari tanpa yang tidak pernah diduga”

      Jangan pernah takut untuk mempunyai cita cita , bersama Allah tidak ada yang tidak mungkin. Betapa banyak orang yang dahulunya miskin, terhina dan dikucilkan pada akhirnya berhasil meraih sukses dan kemenangan didunia ini.

  • yandi:

    Ass wr wb

    Terima kasih bapak telah menanggapi tulisan saya, saya akan mencoba mulai memanage fikiran saya, mungkin akan lebih mudah jika saya mulai dengan apa yang saya butuhkan saat ini, bukan begitu pak?
    Mungkin saya kurang bisa memilah antara kebutuhan dan keinginan.
    Sekali lagi terima kasih atas masukannya

    Wassalam

  • menurut guru saya dan anelisa kami sendiri.alam fikir itu da 3 alam dari dua yg diketahui,yaitu alm sadar dan alam diluar sadar.Untuk alam sadar adalah realita rasional dan alam diluar sadar ada dua alam yaitu alam bawah sadar dan alam diatas kesadaran yg sangat tinggi.kalau demikian alam fikir ada tiga:1]alam sadar.2]alam bawah sadar.3]alam kesadaran yg sangat tinggi.Alam sadar yaitu alam dunia,alam bawah sadar adalah alam sihir,mimpi,hipnotis,akrobat,santet,susuk dsb..beribu keakuan sethan ,insan yg berada dalam alam itu.terkenal dengan alam zulumat dlm alquran.inilah alam dimana tipu daya itu bersumber.SEDANGKAN alam kesadaran yg sangat tinggi adalah alam ANNUR,dimana kebenaran tuhan disiilah diketahui,lembaran rahasia dan firmannya alam inilah sumbernya.Alam ini insan fanabillah dan baqabillah,alam yg tidak bisa ditembus kecuali insan yg sempurna.yaitu insan yg makrifah disinilah insan terbedakan qadim dgn muhadast.alam kesadaran yg tinggi itu sangat terbalik dgn alam bawah sadar disini hilanglah hamba yg ada hanya Allah semata,cuma orang muslim yg mengetahui alam ini,sedangkan agama lain dan ahli spritual lainya cuma batas alam bawah sadar,tdk akan pernah bisa mencapai alam kesadaran yg sangat tinggi,karna dia diluar batas kesadaran manusia mausia yg tidak tauhidullah.[tgk bar aceh selatan]

    • Ass wr wb

      Anda benar alam kesadaran yang amat tinggi hanya bisa dimasuki oleh orang yang sangat dekat dengan-Nya (Al Muqarrobun) . Tingkatan ini bisa dicapai oleh orang yang selalu ingat dan berdzikir pada-Nya setiap saat. Hubungan dan komunikasi antara dia dengan Allah tidak pernah terputus walaupun hanya sesaat. Mereka adalah orang yang mencapai tingkat derajat kenabian. Mereka selalu mengerjakan amal yang biasa dikerjakan para nabi dan Rasul, sehingga Allah mengangkat derajatnya disetarakan dengan para nabi dan Rasul (lihat surat Al Ahzab 41-43).

  • Assalaamu’alaikum.
    Allhamdulillaah, wasyukrulillaah…, Allah melekat dalam diri ini.
    Blog yang sangat mendidik, semoga saja kedepannya kita ummat yg suka bermuzakaroh, walupun hanya dgn blog inbi setidaknya bukan satu ayat yg tersampaikan, tapi banyak ayat.

    Menyikapi tulisan bapak diatas, tentang alam sadar dan alam bawah sadar, ataupun fungsi otak kanan dan kiri, ini adalah satu permulaan/ awal kemajuan dlm pengenalan diri.
    Perlu lagi saya tambahkan menurut ilmu yg Allaah pinjamkan kepada saya, ternyata ada satu hal lagi yg perlu kita selipkan yaitu; selain jasad dan ruh, kita juga jgn lupa membuat satu kajian tentang potensi jiwa, sebab antara Jasad, Ruh, JIwa , ketiganya tdk dapat dipisahkan. Sebagi contoh pembedaannya Jika kita sdg tidur apa yg sdg tdk sktif dari ke3 unsur sbt, kemudian saat kita melihat orang gila, dan meninggal dunia. Jika di selidiki dari contoh tersebut, ternyata ke 3 unsur tsb memiliki fungsi dan peranan masing.
    Kemudian otak manusia perlu kita ketahui juga bukan hanya kanan dan kiri yg perlu kita bahas, tapi juga: I.Tempurung kepala (Cortex Cerebri) berpengaruh kuat dgn tingakt rasionalisasi seseorangmulai dari menerima rangsangan panca indera. Jadi setelah menerima rangsangan effect dari panca indera maka diteruskan ke System selaput LIMBIK, yang hingga sekarang masih menjadi misteri bagi kaum saintific keberadaan system limbik ini, ianya berperan sebagi penyediaan sikap luhur,kasih sayang, rasa memaafkan,sedih rasa bersalah dan dari saini secara otomatic terus tersalur ke otak kianan dan kiri tadi. Kemudian ada lagi yang namanya Batang otak, yg berperan kepada denyut jantung dan darah,serta pengaturan kehalusan gerak yang seimbang. Dan saya perlu bagi tau lagi tolong bapak jelas kan tentang Thalamus, Hypo thalamus, Hippocampus,dan Neurotransmiter.—jika ni sudah kita bahas, baru nanti kita bisa mengurai perjalanan rosulullaah , yg pertama darimasjidil harom ke masjidil Aqso—> fungsi apa yg di gunakan, kemudian dari masjidil aqso ke Sidrotul muntaha—> fungsi apa yg berjalan , kemudia saat Rosulullaah di Baitul makmur—>fungsi otak sperti apa saat itu yg sdg berfungsi, dan kahirnya kita akan menemukan suatu teory yang namanya teory INHILATOR atau dlm bahasa indonesianya teori INHILASI. atas perhatiannya saya ucapkan Ribuan terimakasih pak. Wassalaamu’alaikum:))

  • Pak saya cuman mau bertanya..
    Saya seorang Pemuda yang punya padangan hidup yang penuh analisa dan pengalaman..

    kenapa orang bilang saya ini aneh..?
    saya selalu di hantui oleh pikiran dan hati saya.. dengan kuatnya keyakinan saya.. saya selalu beranggapan perjalan hidup saya telah diatur oleh Allah.. setiap kesalahan setiap kebenaran yang ada,,semua itu saya yakini dari Allah..
    kedekatan ALLAH sangat terasa Berperan dalam hidup saya..
    saya sering memberikan sebuah pandapat tentang kehidupan pada orang lain..
    yang saya sukai adalah memberikan kebenaran pada orang lain..
    apakah saya gila atau punya kelainan Mental Pak..? terimakasaih

  • KEKUATAN FIKIRAN MANUSIA menjadi tolok ukur bisa mengambil keptutsan dimana kita kerja dimana kita berada.

  • Agit.yudha:

    Ök!

    Pencerahan yang bagus

    Buat yang punya blog trimakasih banyak .

  • bapak saya ingin bertanya.
    dalam menjalankan kehidupan banyak hal yang saya inginkan, dan hal tersebut tidak sesuai degan ke mampuan yang saya miliki. apakah hal yang saya inginkan itu bisa saya raihkan dan saya capaikan.? dengan ke mampuan saya yang sangat tidak memuaskan.?
    wassalam

    • Wa alaikum salam

      Allah telah menjadikan segala sesuatu dengan ukuran dan perhitungan yang teliti . Segala sesuatu tercipta melalaui tahapan dan proses yang harus dijalani . Kita bisa mendapatkan semua yang kita inginkan asalkan mau menempuh tahapan dan proses yang telah ditetapkan Allah.

      1. Tetapkan cita cita atau apa yang dinginkan

      2. Tetapkan apa saja yang dibutuhkan untuk meraih cita cita tersebut

      3. Periksa apa yang sudah dimiliki dan belum dimiliki dalam rangka meraih cita cita tersebut

      4. Maksimalkan penggunaaan apa yang sudah dimiliki , dan upayakan mendapatkan apa yang belum dimiliki dalam meraih cinta cita ananda

      5. Minta pertolongan pada Allah untuk memenuhi semua hajat kebutuhan ananda dalam meraih apa yang ananda cita citakan. Ia akan mendatangkan pertolongan dari tempat yang tidak pernah ananda duga duga.

      6. Pelihara semua cta cita dan langkah yang anada kerjakan dalam visualisasi dan imajinasi ananda . Baca artikel tentang kekuatan visualisai pada “ tautan ini”

      7. Jika ananda tetap istiqomah dan tekun maka kemampuan dan peluang ananda pun akan berkembang dan tumbuh seiring dengan perjalanan waktu. Dan satu ketika nanti ananda akan mendapatkan semua yang ananda inginkan.

      8. Jalani hidup ini seperti mendaki tangga yang tinggi. Lalui tangga demi tangga dengan tenang dan sabar, jangan sibuk melihat tingginya tangga yang akan dilalui, hingga putus asa bahkan sampai tersandung dan jatuh karena tidak memperhatikan tangga yang dilalui.

  • zamharir:

    Ass. wr. wb.
    Pak Fadhil yth,
    Uraian bapak, juga repliednya cukup menarik.
    Dari uraian bapak di atas, dapat saya simpulkan (kalau tidak salah) antara lain bahwa fikiran bawah sadar sangat dipengaruhi oleh fikiran sadar.
    Asupan – cekokan – input yang positif dari fikiran sadar akan menghasilkan fikiran bawah sadar yang positif juga, yang sifatnya reflektif – spontan – naluriah – alami.
    Contoh nyata sehari hari, misalnya teriakan kata kata “latah” bila seseorang terkejut.
    Ada yang secara reflek teriak/mengucapkan kata kata kotor, kata kata plesetan (kodok dsb), ada juga yang secara tidak sadar mengucapkan kata kata yang baik – Subhanallah – Allahu Akbar – Astaghfirullah dsb.nya.
    Ada lagi kasus lain, seseorang yang sedang menghadapi sakaratul maut, dituntun untuk mengucapkan Allah Allah Allah saja tidak bisa. Tetap saja “aduh biyung” yang diucapkan.
    Apakah ini karena fikiran sadarnya sudah hilang, sedangkan fikiran bawah sadarnya terlanjur tidak kenal dengan ucapan kata kata Allah? Naudzubillah.
    Apakah ini merupakan gambaran nyata dari kondisi di mana roh sudah sampai tenggorokan, sehingga tobat seseorang sudah tidak diterima?
    Pak Fadhil, saya usul.
    Bagaimana kalau komentar komentar yang tidak layak di blog bapak dihapus saja? Bapak punya wewenang, kasihan yang serius menuntut ilmu, yang niatnya ikhlas untuk tadabbur ilmu agama.
    Itu lho antara lain 2 komentar di atas (hack again!? – jualan mani gajah).
    Wassalam.

    • Wa alaikum salam

      Terima kasih atas masukannya , komen yang tidak pantas itu sudah kami hapus , agaknya luput dari pengamatan kami

  • firdaus:

    izin menggunakan gambarnya pak

Leave a Reply

*

Fashion Stores
Translate This Page
Pondok Tadabbur
Infak, Sodaqoh Anda untuk Pondok Tadabbur bisa disampaikan melalui :

Rek Bank Mandiri
123.0097166435
a/n Fadhil Zainal Abidin.
0811151412 - fadhil_za@yahoo.co.id
PELATIHAN
facebook page

Jadwal Pelatihan Shalat Khusuk dan Tadabbur Qur'an wilayah Jabodetabek dan Sekitarnya.

Klik disini untuk keterangan lebih lanjut

HP : 0811151412

Archives
Sejak 20 Feb 2008