Oleh Fadhil ZA

BENCANA DAN MUSIBAH

TIKET UNTUK MEMASUKI  TAMAN SYURGA


gempa-7Setiap orang ingin mendapat kehidupan yang menyenangkan ditaman Syurga kelak disisi Allah. Namun Allah telah mengingatkan didalam surat Al Baqarah ayat 214 bahwa Ia tidak akan membiarkan seseorang begitu saja memasuki taman syurga sebelum diuji dengan berbagai cobaan yang menggoncangkan, sebagaimana Ia telah menguji orang-orang sebelum mereka dahulu.

Allah telah menguji orang –orang sebelum kita dahulu dengan berbagai ujian yang menggoncangkan seperti : peperangan, kelaparan, bencana alam, kemelaratan, kemiskinan, kehilangan harta, ancaman dan tindasan dari musuh, sehingga diantara mereka ada yang berkata :”kapankah datangnya pertolongan Allah?”. Diantara mereka ada yang sabar menghadapi ujian tersebut dan tetap istiqomah hingga datangnya pertolongan Allah. Mereka itulah para calon penghuni Syurganya Allah. Namun diantara mereka banyak juga yang tidak tahan menghadapi cobaan itu, hingga mereka murtad, berpaling dari Allah, berpindah agama atau melakukan perbuatan musyrik mempersekutukan Allah , untuk membebaskan diri dari segala bencana dan musibah yang menimpa diri mereka.

Bagi orang yang ber-iman berbagai musibah dan bencana yang menimpanya merupakan ujian dan jalan untuk mendapatkan tempat terhormat disisi Allah ditaman syurga kelak. Ia akan menghadapinya dengan penuh kesabaran, ikhlas dan tetap istiqomah menunggu datang pertolongan Allah. Bagi orang yang lemah imannya atau tidak beriman pada Allah, musibah itu mereka anggap sebagai azab. Mereka akan berusaha membebaskan diri dari kesulitan itu dengan berbagai cara , tidak peduli halal atau haram. Bahkan diantara mereka ada yang berusaha mengakhiri penderitaan yang dialaminya dengan cara bunuh diri. Asal bisa bebas dari berbagai bencana dan musibah itu mereka tidak segan segan untuk mengganti agama dan kepercayaannya, mereka rela mengorbankan Imannya untuk kesembuhan dari penyakit atau musibah yang menimpanya. Mereka rela melakukan perbuatan musyrik atau mempersekutukan Allah demi mengatasi kesulitan yang dialaminya. Ada juga diantara mereka yang mengambil jalan pintas dengan melakukan perbuatan korupsi, merampok, mencuri, menipu dan melakukan perbuatan tercela lainnya demi membebaskan diri dari kesulitan keuangan yang mereka alami.

Mari kita renungkan video tadabbur Al Baqarah ayat 214 berikut ini yang merupakan peringatan Allah bagi kita , agar tetap sabar dan istiqomah menghadapi berbagai ujian dan cobaan yang didatangkan Allah dalam kehidupan kita. Perhatikan ayat dan tadabbur yang disampaikan dengan sungguh sunguh, Insya Allah anda akan mendapat kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi berbagai musibah dan bencana yang hadir dalam kehidupan anda.


[youtube ttYouYz6owE]

Silahkan didown load video tersebut diatas ,saksikan dan simak video tersebut sebanyak mungkin sambil berdoa agar Allah membebaskan anda dari berbagai kesulitan yang dihadapi, kalau perlu sambil menangis dihadapan Allah. Pertolongan Allah pasti datang , Dia tidak pernah mengingkari janjiNya. Jika anda mampu hapalkan ayat tersebut dan bacalah dalam setiap sholat. Insya Allah ayat tersebut akan memberi pengaruh kekuatan dan kesabaran pada diri anda dalam menghadapi berbagai kesulitan yang anda alami.

AL BAQARAH 214

al-baqarah-214

214- Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta diguncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: “Bilakah datangnya pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat. (AL BAQARAH 214)

Bacaan Tadabbur

Ya Allah telah Kau ingatkan pada kami dalam Qur’anMu yang agung. Apakah kami mengira bahwa kami akan masuk syurga begitu saja, padahal belum datang pada kami cobaan sebagaimana yang telah Kau berikan pada orang sebelum kami. Mereka ditimpa malapetaka,kesengsaraan, serta diguncangkan dengan berbagai cobaan, hingga Rasul dan orang yang bersama mereka berkata:”kapan datangnya pertolongan Allah ?” . Ya Allah sesungguhnya pertolongaMu amatlah dekat.

Ya Allah kami menyadari bahwa kami tidak mungkin menghindar dari ujian dan cobaanMu, itu adalah ketetapanMu yang mesti terjadi. Kami tidak mungkin lari dan menghindar dari ujian dan cobaanMu, kemanapun kami pergi , pasti kami akan menemuinya. Kami tidak mungkin masuk syurga begitu saja tanpa melalui ujian dan cobaan dariMu, sebagaimana ujian dan cobaan yang telah kau berikan kepada orang orang sebelum kami.

Ya Allah jika kau datangkan ujian dan cobaan pada kami , jangan Kau uji kami dengan beban berat yang tidak sanggup kami memikulnya. Beri kami kekuatan dan kesabaran mengatasi segala ujian dan cobaan yang Kau datangkan pada kami. Tolong kami dengan pertolongan dari sisiMu, tolong kami dengan tentaraMu, tentara langit dan bumi. Tidak ada daya upaya dan kekuatan kami melainkan dengan pertolonganMu ya Allah. Perkenankanlah permohonan kami ini , Engkaulah sebaik baik yang memperkenankan do’a.

Manfaat yang didapat

Mentadabburi surat Al-Baqarah ayat 214 seperti yang dicontohkan diatas baik dengan melakukan sendiri, atau dengan menekuni video tadabbur tersebut akan memberi beberapa manfaat pada diri kita antara lain:

  • Menamkan kesadaran bahwa kita tidak akan masuk syurga begitu saja tanpa melalui ujian dan        cobaan dari Allah.
  • Memberi kekuatan , ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi berbagai bancana dan musibah yang datang sebagai ujian dari Allah.
  • Terhindar dari ujian yang amat berat yang tidak sanggup dipikul baik secara fisik maupun rohani.
  • Diberi jalan keluar dari berbagai cobaan yang dialami dan mendapat pertolongan dari tempat yang tidak pernah diduga.

Bagi anda yang sedang menghadapi masalah pelik dan rumit sangat baik mentadabburi ayat ini mudah mudahan Allah memberi jalan keluar bagi anda dari kesulita yang dihadapi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *