PEMBINAAN KARYAWAN DENGAN SHOLAT KHUSUK DAN DZIKIR

Oleh Fadhil ZA

kerja-keras-16Keberhasilan Sebuah perusahaan dalam mencapai target yang telah ditetapkan sangat bergantung pada mutu dan kwalitas Sumber Daya Manusia (SDM)yang dimiliki. Banyak perusahaan telah menyisihkan biaya dan dana yang cukup besar untuk membentuk karakter , pribadi dan meningkatkan mutu SDM yang dimilikinya. Berbagai training motivasi seperti ilmu leadership, outbound, Kepribadian, team work dan lain-lain diberikan untuk keperluan tersebut diatas. Namun sayang kebanyakan ilmu yang diberikan sebagian besar tidak terserap oleh para peserta training, mereka hanya terkesan pada saat latihan, beberapa saat setelah training mereka kembali pada perilaku lama.

Pada dasarnya untuk mengubah karakter atau pribadi seseorang harus dilakukan latihan dan usaha secara kontinu terus menerus setiap hari. Sangat tidak mungkin merubah dan membentuk pribadi dan karakter seseorang dalam tempo singkat hanya sekali latihan atau training saja. Sholat khusuk dan dzikir mempunyai keunggulan ini, karena sholat dan dzikir dilakukan umat Islam secara rutin setiap hari. Sholat dan dzikir yang dilakukan dengan tepat dan benar dapat mengubah pribadi dan karakter seseorang dari karakter yang buruk menjadi karakter yang baik dan positip

Psiko-Sibernetika Maxwel Maltz

Maxwel Maltz dengan metode Psiko-Sibernitikanya memperkenalkan 5 langkah untuk merubah karakter seseorang yang disingkat dengan sebutan  CRAFT :

Cancel – hapuskan kepribadian lama

Replace – tanamkan kepribadian baru

Affirm – Ulang-ulang kepribadian baru yang diinginkan

Focus – Fokus pada kepribadian baru

Training – Latih memahami dan menjalankan kepribadian baru

Metode CRAFT ini harus dilakukan terus menerus setiap hari, hingga kepribadian lama yang buruk hilang dan berubah dengan kepribadian dan karakter baru yang lebih baik. Maxwel Malts menciptakan metode ini dari hasil penelitian dan pengalamanya selama ini. Metode ini cukup ampuh untuk mengubah dan membentuk karakter baru pada seseorang. Kekuatan metode ini adalah pada pengulangan (Affirm), Fokus pada kepribadian baru yang diinginkan, dan latihan menjalani kepribadian baru (training). Kalau kita amati dengan cermat , ternyata sistim yang dianut dalam penerapan CRAFT psiko-sibernitika ini sudah ada dalam pelaksanaan sholat yang dilakukan umat Islam.

Rasulullah 14 abad yang lalu ternyata sudah menggunakan metode seperti yang disampaikan Malts tersebut. Sholat yang dilakukan dengan benar dan khusuk ternyata sejalan dengan konsep CRAFT yang disampaikan Maxwel Malts dalam menghilangkan sifat lama yang buruk dan mengganti dengan sifat baru yang lebih baik . Sayangnya sholat yang dilakukan kebanyakan orang saat ini tidak memenuhi kriteria CRAFT yang telah disebutkan Malts. Penyebab utamanya karena yang bersangkutan tidak mengerti ayat atau kalimat yang dibaca dalam sholat, sehingga unsur CRAFT tidak tercapai.


Dari 5 unsur CRAFT tersebut kebanyakan orang dalam sholat hanya melakukan unsur Affirm dan Training saja:

Affirm ,dilakukan dengan mengucapkan Kalimat Allahuakbar , Alfatihah, doa iftitah,tasbih, doa ifthirosh berulang –ulang selama mengerjakan sholat. Training , dilakukan dengan melaksanakan sholat secara rutin sebanyak 5 kali dalam sehari semalam . Sedang 3 unsur lainnya yaitu Cancel, Replace dan Fokus tidak dilakukan karena yang bersangkutan tidak mengerti kalimat yang diucapkan.

Sholat yang dilakukan dengan benar dan khusuk dapat membentuk pribadi dan karakter SDM Muslim yang tangguh dan kuat, Allah menjelaskan ini dalam surat Al Ankabut ayat 45 :

Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Qur’an) dan dirikanlah salat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (salat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Al Ankabut 45)

Dalam sholat terdapat kalimat-kalimat thoyyibah yang dibaca berulang-ulang setiap hari secara terus menerus, kalimat toyyibah yang diulang itu akan merasuk kedalam jiwa dan membentuk pribadi baru yang tangguh dan kuat. Sholat yang dilakukan dengan khusuk dapat menghilangkan berbagai karakter buruk seperti dengki, narsis, egois, pemarah, dendam, malas, khianat, dusta, buruk sangka, putus asa, dan lain sebagainya. Serentak dengan itu Sholat khusuk akan membentuk karakter baru yang positip seperti Iman, takwa, ikhlas, tawakkal, jujur, amanah, sabar, kasih sayang, rajin , ulet , istiqomah dan lain sebagainnya. Perusahaan yang memiliki karyawan dengan karakter dan pribadi buruk tentu tidak sama dengan perusahaan yang memiliki karyawan dengan karakter dan pribadi baik. Keberhasilan perusahaan dalam memenuhi target dan sasaran yang diinginkan sangat dipengaruhi oleh mutu SDM yang dimilikinya. Perusahaan yang memiliki karyawan dengan karakter buruk tentu akan mengalami banyak kendala dan kesulitan dalam mencapai sasaran yang diinginkan. Sebaliknya perusahaan yang memiliki karyawan dengan karakter baik tentu akan berhasil mencapai target dan sasaran yang diinginkan dengan cepat dan mudah.

Dalam surat Al Ankabut ayat 45 Allah menjamin bahwa sholat dapat mencegah manusia dari melakukan perbuatan keji dan mungkar. Namun pada kenyataannya masih banyak umat Islam yang mengerjakan sholat namun tetap berperilaku buruk, seperti dengki, khianat, dusta, buruk sangka, putus asa, curang , malas, dan lain sebagainya. Hal tersebut terjadi karena kebanyakan umat Islam belum mengerjakan sholat dengan khusuk dan benar, sebagian besar mereka tidak paham apa yang mereka baca dalam sholat. Mereka mengerjakan sholat hanya sekedar melepas kewajiban saja.

Jika umat Islam mengerjakan sholat dengan khusuk dan benar, dapat dipastikan sholat dapat merubah semua karakter buruk yang ada pada mereka menjadi karakter baik dan positip. Allah menjamin itu dalam surat Al-Ankabut ayat 45. Disamping menghilangkan karakter buruk sholat yang khusuk dan benar akan membentuk karakter positip seperti Optimis, tawakal, takwa, jujur, amanah, kasih sayang, tanggung jawab, kerjasama, dan lain sebagainya. Alangkah baiknya perusahaan yang memiliki karyawan mayoritas Muslim berusaha memperbaiki mutu dan karakter SDMnya dengan memberikan pelatihan sholat khusuk bagi karyawannya.

Dengan memberikan pelatihan sholat khusuk karyawan akan melakukan selftraining setiap hari memperbaiki karakter dan perilaku mereka masing masing. Ayat Qur’an yang mereka baca dalam sholat akan menghujam kedalam hati dan fikiran mereka menghilangkan berbagai perilku buruk dan membentuk karakter baik dasn positip. Setiap karyawan yang telah dilatih melakukan sholat khusuk, merasa bertanggung jawab pada Tuhan mereka (Allah) untuk memperbaiki perilku mereka masing masing. Ini tentu meringankan beban perusahaan dalam mengawasi perilku karyawannya yang negatif. Dengan memilki karyawan serta SDM yang bermutu dan bermental positip dapat dipastikan perusahan akan meraih keuntungan yang besar.

Sholat khusuk bisa memperbaiki karakter manusia

Kalimat positip yang diulang dengan khusuk dan sungguh sungguh akan tertanam didalam fikiran bawah sadar seseorang, yang pada akhirnya akan membentuk karakter orang tersebut. Bacaan sholat merupakan kalimat positip yang dapat memberi sugesti positip pada pelakunya. Jika selama ini banyak orang yang tidak terpengaruh oleh sholat yang dilakukan semata mata karena yang bersangkutan tidak mengerti dan paham ayat atau kalimat yang dibaca dalam sholat tersebut.

Disamping bacaan standar yang telah ditetapkan Rasulullah dalam sholat seperti do’a Iftitah, tasbih, I’tidal , duduk iftirosh, duduk tashyahud, surat Al-Fatihan adapula ayat Qur’an yang dapat dipilih sesuai dengan karakter yang diinginkan. Berikut ini kami sampaikan beberap ayat yang dapat membentuk karakter seorang muslim .

Kekuatan terhadap penderitaan dan tekanan hidup.

Surat Al Baqarah ayat 155-157 dapat memberi kekuatan pada pembacanya dalam menghadapi berbagai cobaan dan tekanan hidup, hingga yang bersangkutan tidak mudah putus asa dan bersedih.

155- Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, 156- (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, “Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji`uun”157- Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk. (Al Baqarah 155-157)

Ayat lain yang sejalan dengan ini dan dapat memberi kekuatan dan daya tahan dalam menghadapi tekanan hidup antara lain, surat Al Baqarah 45, Al-Ankabut 2-3, Al Baqarah 214, At Thalaq ayat 2-3. Dengan membaca ayat tersebut diatas dengan khusuk didalam sholat insya Allah yang bersangkutan akan memiliki kesabaran , daya tahan yang tiggi serta mampu meng berbagai masalah dan tekanan hidup yang dihadapinya.

Menghilangkan sifat tamak dan rakus

Sifat rakus dan tamak terhadap kehidupan dunia menyebabkan seseorang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan harta dan kesenangan dunia. Ia tidak segan berbuat curang seperti mencuri, korupsi, merampok, membunuh atau mencelakan orang yang menghalangi usahanya. Sifat ini bisa diredam dan dihilangkan dengan membaca surat Al Hadit ayat 20 dalam sholat

Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-bangga tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.(Al Hadit 20)

Ayat lain yang sejalan dengan ayat tersebut dan dapat mencegah manusia dari sifat tamak dan rakus terhadap dunia antara lain surat Al Muthaffifin 1-7, Surat Al Humazah, Ali Imran 14-15, Al Baqarah 188, Ali Imran 180.

Optimis menghadapi berbagai masalah hidup

Perasaan putus asa, rendah diri, tidak berharga, adalah mental blocking yang menghalangi seseorang dalam meraih sukses dan kemenangan. Dengan membaca surat Al Fath ayat 1-4 dalam sholat insya Allah perasaan negatif tersebut bisa dicegah dan dihilangkan:

1- Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu kemenangan yang nyata, 2- supaya Allah memberi ampunan kepadamu terhadap dosamu yang telah lalu dan yang akan datang serta menyempurnakan nikmat-Nya atasmu dan memimpin kamu kepada jalan yang lurus, 3- dan supaya Allah menolongmu dengan pertolongan yang kuat (banyak). 4- Dia-lah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana, (Al Fath 1-4)

Ayat lain yang sejalan dengan surat Al fath 1-4 diatas antara lain Ali Imran 26-27, An Nur 55-56, Surat Ad Dhuha, Surat Al Insyirah.

Banyak lagi ayat Qur’an lainnya yang dapat dibaca dalam sholat untuk menghilangkan karakter negatif dan membentuk karakter posisitip pada seseorang. Jika para karyawan sebuah perusahaan dapat menghapal dan memahami ayat ayat tersebut diatas dan selalu membacanya dalam setiap sholat yang mereka lakukan, insya Allah perusahaan tersebut akan memiliki karyawan yang kuat dan tangguh. Tanpa mengeluarkan biaya ekstra pegawai atau karyawan perusahaan tersebut telah melakukan selftraining untuk memperbaiki karakter mereka masing masing dengan mengerjakan sholat khusuk minimal 5 kali dalam sehari semalam. Tidak cukup hanya 5 kali, jika mereka sudah merasakan nikmatnya mengerjakan sholat tentu mereka akan menambah dengan mengerjakan sholat sunah lainnya.

Memperbaiki karakter dengan dzikir dan do’a

Disamping sholat khusuk perbaikan karakter dan perilaku juga bisa dilakukan dengan dzikir pernapasan asmaulhusna. Kegiatan ini tentunya dilakukan diluar sholat, bisa sesudah sholat 5 waktu, waktu pagi , sore atau malam hari. Prinsip kerja metode ini sama dengan konsep CRAFT yang disampaikan Maxwel Maltz. Beberapa contoh pelaksanaan dzikir asmaulhusna tersebut sebagai berikut ini:

Menghilangkan sifat buruk dan negatif

Duduk bersila atau relaks diatas kursi

Tarik napas dengan perlahan hingga memenuhi seluruh ruang paru paru sambil membaca salah satu kalimat asmaulhusna ya Quddus, ya Jabbar, ya Aziz, atau ya Qohar, sambil menghayati makna dari kalimat tersebut.

Tahan napas selama yang bisa dilakukan sambil tetap membaca asmaulhusna tersebut diatas dengan khusuk ,merendahkan diri dan penuh penghayatan.

Hembuskan napas secara perlahan hingga paru-paru kosong sempurna sambil berdo’a : “ ya Allah ya Quddus (atau ya Jabbar, ya Aziz, ya Qohhar)….hamba mohon padamu hilangkan berbagai sifat buruk dan tercela dari dalam hati dan fikiran hamba, ganti semua keburukan hamba dengan kebaikan dari sisiMU”

Badan tetap sehat dan kuat

Duduk bersila atau relaks diatas kursi

Tarik napas dengan perlahan hingga memenuhi seluruh ruang paru paru sambil membaca salah satu kalimat asmaulhusna ya Jabbar, ya Malik, ya Aziz, ya Qowwiyu, sambil menghayati makna kalimat tersebut.

Tahan napas selama yang bisa dilakukan sambil tetap membaca asmaulhusna tersebut diatas dengan khusuk dan penuh penghayatan.

Hembuskan napas secara perlahan hingga paru paru kosong sempurna sambil berdo’a:” Ya Allah ya Jabbar ( atau ya Malik, ya Aziz, ya Qowwiyyu) ….hamba mohon padaMu kekuatan kesehatan dan kesegaran, jadikan tubuh ini tetap sehat , kuat dan segar sepanjang waktu. Jadikan tubuh ini tetap sehat, kuat dan segar sepanjang masa , jadikan tubuh ini tetap sehat ,kuat dan segar sampai datang ajal yang telah kau tetapkan”

Meraih sukses dan kemenangan

Disamping memperbaiki karakter dzikir pernapasan asmaulhusna ini juga bisa digunakan untuk meraih sukses dan kemenangan .

Duduk bersila atau relkaks diatas kursi

Tarik napas dengan perlahan hingga memenuhi seluruh ruang paru paru sambil membaca salah satu kalimat asmaulhusna ya Fattah, ya Jabbar, ya Aziz sambil menghayati makna kalimat tersebut

Tahan napas selama yang bisa dilakukan sambil tetap membaca asmaulhusna tersebut diatas dengan khusuk dan penuh penghayatan.

Hembuskan napas dengan perlahan hingga paru paru kosong sempurna sambil membaca do’a :” Ya Allah ya Fattah (atau ya Jabbar, ya Malik, ya Aziz) ….hamba mohon padaMu bukan kan bagi kami jalan menuju sukse dan kemenangan, bukakan bagi kami pintu rahmat dari langit dan bumiMu, bukakan bagi kami pintu rahmat dari segala penjuru yang Engkau berkahi”

Banyak lagi manfaat dzikir pernapasan asmaulhusna yang bisa didapatkan oleh setiap orang.

Latihan sholat khusuk dan dzikir pernapasan asmaulhusna

Untuk dapat melakukan sholat dengan khusuk dan benar tentu saja diperluhkan pelatihan. Selama ini sebagian besar umat Islam sejak kecil hanya diajarkan cara melakukan sholat, bukan memahami sholat. Akibatnya banyak diantara umat Islam yang mengerjakan sholat secara asal-asalan sekedar memenuhi kewajiban saja. Akibatnya sholat tidak berbekas didalam jiwa mereka, sholat tidak mampu mencegah mereka dari perbuatan keji dan munkar. Sholat juga tidak memberi manfaat yang  banyak bagi kehidupan mereka.

Kami siap membantu perusahaan yang berminat mengadakan pelatihan sholat khusuk , sehingga sholat yang mereka kerjakan mampu memperbaiki mutu SDM yang mereka miliki. Dengan sholat khusuk setiap orang mampu melakukan selftraining secara kontinu dan terus menerus untuk meningkatkan kepribadian dan karakter mereka masing masing. Ini tentu meringankan perusahaan dalam mengawasi dan membina karyawan mereka masing masing. Pelatihan dilakukan selama satu hari sejak jam 9.00 sampai jam 15.00.

Bagi yang berminat silahkan hubungi kami pada 0811151412 atau email “fadhil_za@yahoo.co.id”

Popularity: unranked [?]

2 Responses to “PEMBINAAN KARYAWAN DENGAN SHOLAT KHUSUK DAN DZIKIR”

  • TEDTalks: the first full-length interactive book for the iPad On May 4, 2011, in Apple/MAC, Apps, Books, iPad, by Cyndi Danner-Kuhn

  • As per mention of an image centric website, I agree! As part of a school project I have developed an interface for the Cross Catalog Search Center for SIRIS. Flash demonstration will soon be complete. To see an screen shot check out my wiki where I have been documenting the project.

Leave a Reply

*

Fashion Stores
Translate This Page
Pondok Tadabbur
Infak, Sodaqoh Anda untuk Pondok Tadabbur bisa disampaikan melalui :

Rek Bank Mandiri
123.0097166435
a/n Fadhil Zainal Abidin.
0811151412 - fadhil_za@yahoo.co.id
PELATIHAN
facebook page

Jadwal Pelatihan Shalat Khusuk dan Tadabbur Qur'an wilayah Jabodetabek dan Sekitarnya.

Klik disini untuk keterangan lebih lanjut

HP : 0811151412

Archives
Sejak 20 Feb 2008