<

Untuk dapat melaksanakan dzikir pernapasan Asmaulhusna dan sholat khusuk dengan tepat dan benar diperlukan latihan dasar yang harus diikuti dengan latihan secara rutin oleh masing masing peserta secara berkelompok atau seorang diri. Latihan dasar diberikan selama satu hari untuk selanjutnya peserta bisa melanjutkan pelatihan seorang diri atu secara berkelompok.

Materi pelatihan satu hari

Pelatihan diberikan selama satu hari dimulai jam 9.00 s/d 17.00 , materi yang diberikan antara lain :

1. Mengenal prinsip kerja fikiran sadar, bawah sadar dan hati (qolbu). Fikiran bawah sadar atau disebut juga alam bawah sadar merupakan blue print kehidupan manusia yang dibentuk dan dipengaruhi oleh faktor eksternal dan faktor internal yang berasal dari hati (qolbu). Dzikir dan sholat khusuk adalah usaha untuk membentuk dan memprogram fikiran bawah sadar hingga sesuai dengan Al-Qur’an dan menuntun seseorang untuk mencapai kehidupan yang baik didunia dan akhirat.

2. Tehnik pengolahan dan pengendalian nafas ketika melakukan dzikir dan sholat. Pengendalian dan pengolahan napas yang tepat dan benar dalam berdzikir dan melakukan sholat akan membantu meningkatkan daya konsentrasi dan meningkatkan kadar oxygen dan energi yang masuk kedalam tubuh. Kepada peserta akan diberikan tehnik pengolahan napas selama berdzikir dan melakukan gerakan sholat. Efek dari pengolahan dan pengendalian napas ini akan langsung dirasakan oleh para peserta selama latihan ini.

3. Praktek dzikir pernapasan asmaulhusna

Kepada peserta diberikan latihan cara menarik, menahan dan menghembuskan napas dalam berdzikir. Ketika menarik dan menahan napas kalimat dzikir yang dibaca diambil dari kalimat asmaulhusna, ketika menghembuskan napas membaca do’a sesuai dengan asmaulhusna yang dibaca baik dalam bahasa arab maupun bahasa ibu masing masing. Kepada peserta juga diberikan beberapa perubahan sikap duduk untuk menghindarkan kram atau semutan ketika berdzikir.

4. Latihan menyamakan lisan, fikiran dan perasaan hati

Difinisi kondisi khusuk adalah samanya antara ucapan, fikiran dan yang dirasakan hati. Kebanyakan orang dalam sholat antara ucapan , fikiran dan yang dirasakan hatinya tidak sama. Mulutnya mengucapkan A, fikirannya membayangkan B dan hatinya merasakan C. Anehnya kondisi khusuk itu justru bisa didapat diluar sholat misalnya ketika berbicara melalui hand phone , membaca novel, main video game dan lain sebagainya. Pada tahap awal peserta akan dilatih bagaimana caranya agar yang diucapkan dan dibaca dalam sholat bisa diikuti oleh fikiran dan dirasakan oleh hati, sehingga antara ucapan , fikiran dan hatinya didalam sholat menjadi sama .

5. Tadabbur Qur’an

Tadabbur Qur’an diberikan untuk melatih fikiran dan hati fokus pada bacaan yang dibaca dalam sholat. Tadabbur Qur’an dilakukan dengan membaca Qur’an secara tartil, kemudian ayat yang dibaca diterjemahkan dan dibaca secara puitis dengan intonasi dan tekanan suara tertentu. Selanjutnya ayat tersebut ditadabburi dengan bahasa yang dimengerti oleh pendengarnya (bahasa ibu) dengan intonasi dan tekanan suara tertentu hingga pesan yang disampaikan Qur’an menghunjam masuk kedalam hati dan fikiran . Biasanya tadabbur ini akan menimbulkan getaran yang kuat pada perasaan sehingga kadangkala yang membaca tadabbur dan pendengarnya tidak kuat menahan tangis.

6. Praktek sholat khusuk

Kepada peserta akan diberikan bimbingan bagaimana melakukan gerakan sholat sambil mengendalikan napas sehingga sholat bisa dilakukan dengan tenang dan tidak tergesa gesa. Fikiran dan perasaan ditujukan pada bacaan yang diucapkan dalam sholat sehingga dicapai nkondisi khusuk. Pengaturan dan pengendalian napas akan membantu konsentrasi selama sholat dan meningkatkan kadar oxygen dan energi yang mengalir didalam darah sehingga badan terasa lebih segar ketika mengerjakan sholat.

Latihan satu hari ini merupakan latihan dasar yang harus ditindak lanjuti dengan pelatihan rutin setiap hari. Latihan rutin tiap hari bukanlah masalah bagi umat Islam , mengingat sholat dan dzikir memang merupakan kegiatan rutin yang harus dilaksanakan umat Islam setiap hari. Masalah yang cukup berat adalah untuk menyamakan lisan, fikiran dan hati terlebih dahulu kita harus mengerti ayat atau bacaan yang dibaca dalam sholat. Sebagaimana kita ketahui sebagian besar umat Islam dewasa ini banyak yang tidak mengerti ayat atau bacaan yang mereka baca didalam sholat , sehingga selama sholat fikirannya melayang kemana mana melamunkan hal yang tidak ada hubungannya dengan sholat. Inilah yang menyebabkan mereka tidak khusuk dalam sholatnya. Untuk dapat menghapal dan mengerti setiap ayat yang dibaca dalam sholat , agaknya dibutuhkan seorang guru atau penuntun, untuk itu bisa diadakan sistim belajar kelompok. Bagi yang mampu belajar sendiri hal ini tidak menjadi masalah.

Jadwal Pelatihan

Latihan dzikir pernapasan Asmaulhusna dan sholat khusuk Kelas Dasar dilaksanakan selama satu hari jam 9.00 s/d jam 17.00 dengan jadwal sebagai berikut:

Jam 8.30 9.00 pendaftaran peserta

Jam 9.00 – 10.30 Mengenal prinsip kerja fikiran sadar, bawah sadar dan Qolbu

Jam 10.30 – 12.00 Tehnik olah napas dan praktek dzikir asmaulhusna

Jam 12.00 – 13.00 Istirahat sholat dan makan siang

Jam 13.00 – 14.00 Latihan menyatukan lisan, fikiran dan perasaan (hati)

Jam 14.00 – 15.30 Praktek sholat khusuk

Jam 15.30 – 16.00 Penutup – sholat Ashar

Latihan ini merupakan dasar untuk dilanjutkan secara rutin dirumah masing masing. Kegiatan sholat dan dzikir adalah kegiatan rutin yang harus dilakukan setiap hari oleh seorang muslim. Hasil yang didapat tergantung kesungguhan masing masing dalam melaksakan latihan ini setiap hari. Masalah utama yang harus diperhatikan setelah latihan ini adalah berusaha untuk mengerti setiap bacaan yang diucapkan dalam sholat, tentunya ini membutuhkan waktu untuk menghapalnya. Selanjutnya berusaha untuk menyatukan lisan, fikiiran dan hati mengikuti bacaan yang dibaca dalam sholat. Semua itu tergantung kesungguhan masing masing peserta, pelatihan ini tidak menjamin bahwa dengan mengikuti pelatihan sehari ini peserta langsung bisa sholat dengan khusuk. Kami hanya memberikan cara atau metode untuk dapat mencapai sholat khusuk dan mendapatkan manfaat yang banyak dari sholat tersebut. Keberhasilan mencapai sholat khusuk dikembalikan kepada kesungguhan anda untuk berlatih.

One thought on “MATERI PELATIHAN SATU HARI”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *