Oleh Fadhil ZA

Allah telah memerintahkan kita untuk banyak berdzikir dan berdo’a didalam Al Qur’an dan hadist yang disampaikan Rasulullah. Sholat adalah salah satu kegiatan Dzikir & Do’a yang diwajibkan bagi umat Islam. Diluar kegiatan sholat Allah juga memerintahkan agar kita memperbanyak dzikir dan do’a baik ketika berdiri , duduk dan berbaring dimanapun kita berada. Dzikir dan do’a dapat membentengi diri dari jeratan tipu daya syetan dan berbagai kejahatan yang selalu mengancam dimanapun kita berada. Praktek dzikir dan do’a juga merupakan investasi berharga bagi kehidupan dunia dan akhirat, ini merupakan usaha atau jalan untuk mendekatkan diri pada Allah swt. Beberapa perintah agar kita berdzikir dan berdo’a didalam Qur’an dan hadist antara lain sebagai berikut dibawah ini :

Kumpulan ayat Qur’an

Ayat ke 1 :

al-ahzab-41-42

41- Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. 42- Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang. (Al Ahzab 41-42)

Ayat ke 2

al-baqarah-152

152- Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat) -Ku. (Al Baqarah 152)


Ayat ke 3

al-jumuah-10

10- Apabila telah ditunaikan sembahyang, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung. (Al Jumu’ah 10)

Ayat ke 4

al-baqarah-200-202

200- Apabila kamu telah menyelesaikan ibadah hajimu, maka berzikirlah (dengan menyebut) Allah, sebagaimana kamu menyebut-nyebut (membangga-banggakan) nenek moyangmu, atau (bahkan) berzikirlah lebih banyak dari itu. Maka di antara manusia ada orang yang berdoa: “Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia”, dan tiadalah baginya bahagian (yang menyenangkan) di akhirat. 201- Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka”.202- Mereka itulah orang-orang yang mendapat bahagian dari apa yang mereka usahakan; dan Allah sangat cepat perhitungan-Nya. (Al Baqarah 200-202)

Ayat ke 5

an-nisa-103

103- Maka apabila kamu telah menyelesaikan salat (mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah salat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya salat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. (An Nisa 103)

Ayat ke 6

al-araaf-205-206

205- Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai. 206- Sesungguhnya malaikat-malaikat yang ada di sisi Tuhanmu tidaklah merasa enggan menyembah Allah dan mereka mentasbihkan-Nya dan hanya kepada-Nya lah mereka bersujud. (Al A’raaf 205-206)


Ayat ke 7

ali-imran-191

191- (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (Ali Imran 191)

Ayat ke 8

az-zumar-23

23- Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al Qur’an yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barang siapa yang disesatkan Allah, maka tidak ada seorang pun pemberi petunjuk baginya. (Az Zumar 23)

Ayat ke 9

al-insan-25-26

25- Dan sebutlah nama Tuhanmu pada (waktu) pagi dan petang. 26- Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang di malam hari. (Al Insan 25-26)

Ayat ke 10

al-mujadilah-19

19- Setan telah menguasai mereka lalu menjadikan mereka lupa mengingat Allah; mereka itulah golongan setan. Ketahuilah, bahwa sesungguhnya golongan setan itulah golongan yang merugi. (Al Mujadilah 19)

Ayat ke 11

al-araaf-55-56

55- Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. 56- Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik. (Al A’raaf 55-56)

Ayat ke 12

al-araaf-180

180- Hanya milik Allah asmaulhusna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaulhusna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan. (Al A’raaf 180)

Ayat ke 13

al-mukmin-60

60- Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina”. (Al Mukmin 60)

Ayat ke 14

al-israak-110

110- Katakanlah: “Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaaulhusna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam salatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu” (Al Israak 110)

Kumpulan Hadist

Hadist ke 1 :

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah bersabda , Allah swt berfirman : “ Aku tergantung pada persangkaan hambaKu. Dan Aku bersamanya jika ia mengingat Aku. Jika dia mengingatKu dalam hatinya, Akupun mengingatnya dalam HatiKu. Jika ia mengingatKu dalam suatu majelis, Akupun mengingatnya dalam suatu majelis yang lebih baik dari mereka. Dan jika ia mendekatiKu sejengkal, Aku akan mendekatinya sehasta. Dan Jika ia mendekatiKu sehasta, Aku akan mendekatinya sedepa. Dan jika ia mendekatiKu dengan berjalan, Aku akan mendekatinya dengan berlari (HR Bukhari, Muslim , Ahmad)

Hadist ke 2 :

Dari abu Darda ra berkata, Rasulullah bersabda :” Maukah kuberitahukan kepadamu suatu amalan yang paling baik dan paling suci disi Tuhanmu, dan paling menaikan derajatmu, dan lebih baik bagimu daripada menginfakan emas dan perak, serta lebih baik bagimu daripada berjuang melawan musuh, kamu membunuh musuh atau musuh membunuhmu ,” para sahabat menjawab “ya” Sabda beliau saw “ Dzikrullah” (HR Ahmad, Tarmidzi, Ibnu Majah)

Hadist ke 3

Dari Abu Musa ra Nabi saw bersabda “ Perumpamaan orang orang yang berdzikir kepada Allah dan orang orang yang tidak berdzikir kepada allah, seperti orang yang hidup dan orang yang mati (HR Bukhari, Muslim, Baihaqi).

Hadist ke 4

Dari Muadz bin Jabal ra, Rasulullah saw bersabda “ Ahli syurga tidak akan menyesali apapun (didunia ini) kecuali atas waktu yang telah mereka lalui tanpa dzikrullah didalamnya “ (HR Thabrani, Baihaqi)

Hadist ke 5

Dari Jabbir ra, Nabi saw bersabda :” Dzikir yang paling utama ialah “Laa ilaaha ilallah” dan do’a yang paling utama ialah “Alhamdulillah” (Tirmidzi, Ibnu Majah)

Hadist ke 6

Dari Ibnu Abbas ra, rasulullah saw bersabda :”Demi dzat yang nyawaku berada ditanganNya , jika seluruh langit dan bumi dan semua yang afa didalamnya , serta apa yang dibawahnya diletakan di satu timbangan dan syahadat laa ilaaha ilallah diletakan dalam timbangan yang lain , maka akan lebih beratlah timbangan yang ada kalimatnya” (Thabrani)

Hadist ke 7

Dari I’taban bin Malik ra , Rasulullah saw bersabda :” Tidak akan datang seorang hamba yang mengucapkan laa ilaaha ilallah semata mata karena Allah pada hari kiamat nanti , kecuali akan diharamkan baginya neraka (Bukhari, Ahmad, Muslim, ibn Majjah, Baihaqi)

Hadist ke 8

Dari samrah bin Jundub ra , Rasulullah bersabda :” Kalimat yang paling disukai allah swt ialah Subhanallah walhamdulillah wala ilaaha ilallah Allahu Akbar. Tidak akan membahayakanmu , darimana saja kamu memulainya “ Dalam riwayat lain disebutkan bahwa kalimat itu ada dalam AL QUR’AN ( Muslim , Ibn Majjah, Nasa’i)

Hadist ke 9

Dari Ka’ab bin Ujrah , Rasulullah bersabda: “ Kalimat dibelakang yang tidak akan menyesal pembacanya ataupun yang mengerjakannya setiap selesai sholat fardhu yaitu subhanallah 33x , Alhamdulilah 33x dan allahu Akbar 33 x (HR Muslim)

Hadist ke 10

Dari Ummi Hani ra ia berkata “ Suatu ketika lewatlah Rasulullah saw dihadapanku, lalu aku berkata:” Ya Rasulullah saya sudah tua dan sangat lemah. Beritahukanlah kepada ku suatu amalan agar dapat saya kerjakan sambil duduk” Beliau bersabda”Bacalah subhanallah 100 kali , itu seimbang bagimu dengan memerdekakan 100 orang budak dari keturunan Ismail. Bacalah alhamdulillah 100 kali sesungguhnya itu seimbang bagimu dengan menyedekahkan 100 ekor kuda yang bercahaya dan terkendali yang disedekahkan dijalan Allah. Bacalah Allahu Akbar 100 kali sesungguhnya itu seimbvang bagimu dengan menyembelih 100 ekor unta yang dikurbankan dan diterima disisi Allah. Dan bacalah Laa ilaaha ilalla 100 kali “ Abu Khalfin berkata Aku duga pahalanya akan memenuhi antara kangit dan bumi, dan tidak ada yang melebihinya darimu kecualai orang yang mengamalkannya lebih dari itu ( HR Ahmad)

14 thoughts on “PERINTAH DZIKIR DAN DO’A DALAM QUR’AN DAN HADIST”
  1. Syukron katsiro,
    Betul-betul membantu kami dlm mencari ayat2 yg berhubungan dg sesatu yg ingin diketahui.

  2. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakathu…..
    Pak Ustadz saya ingin bertanya pertama “apa hukumnya orang yang mengamalkan hizb alasan mengamalkan hizb adalah untuk menambah kedekatan kepada Allah dengan niat memohon ridha dan rahmatnya..”
    yang kedua “apakah diperbolehkan membaca tawasul kepada nabi, dll saat memulai pembacaan surat yasin contohnya seperti dalam acara yasinan.” Jazakallah khoiron katsiron.
    Wassalamualaikum warahmatullahiwabarakathu.

    1. Wa alaikum salam

      Hizib adalah himpunan doa yang disusun dari beberapa ayat Qur’an dan Doa dari hadist Rasulullah oleh para Ulama dimasa lalu unutk berbagai tujuan. ada Hizib untuk membuka rezeki, perlindungan diri, mengatasi gangguan sihir , mengobati penyakit dan lain sebagainya. Silahkan dibaca asal kamu memngerti dan paham artinya. jangan membaca hizib tapi kamu tidak mengerti maksud dan tujuannya.
      Tawasul artinya menjadikan sesuatu sebagai perantara dalam berdoa pada Allah. Tawasul ada yang dibolehkan seperti bertawasul dengan asmaulhusna, dengan amal baik yang dikerjakan, atau meminta didoaklan oleh orang soleh yang masih hidup. Tawasul yang dilarang adalah bertawasul dengan berhala, makam keramat, ulama , orang soleh atau nabi yang sudah maninggal.

  3. Info yg sangat bermanfaat bagi umat Islam. Mohon ijin share. Atas kebaikan yg diberikan, Saya sampaikan Jazakallahu khoiron katsiro…

  4. Assalamualaikum Ustadz
    Saya ingin bertanya, tentang acara yasinan dan ketika ada orang meninggal membuat acara yasinan dan tahlilaln tadz, apakah acara seperti itu diperbolehkan tadz karena saya tidak tau juga , apakah zaman Rasullullah Saw pernah seperti itu dan Apakah acara tersebut termasuk bid’ah tadz terimakasih

    1. Wa alaikum salam

      Kegiatan yasinan dan tahlilan setiap kamis malam jum’at dan ketika ada orang yang meninggal termasuk masalah khilafiah (terjadi perbedaan pendapat diantara ulama) . Hal tersebut memang tidak pernah dicontohkan dan dianjurkan oleh Rasulullah.
      Karena itu ada yang berpendapat itu bid’ah karena tidak dicontohkan dan dianjurkan oleh Rasulullah. Ada pula yang berpendapat boleh karena isinya hanya kegiatan membaca ayat Qur’an , dzikir dan doa yang memang banyak diperintahkan didalam al Qur’an maupun hadist. . Dalam hal ini terjadi perbedaan sudut pandang diantara ulama. Masing masing didukung oleh dalil yang kuat. Menurut saya silahkan saja menurut keyakinan masing masing, tidak perlu dipersoalkan. Didalam Islam banyak masalah khilafiah seperti itu. Sebaiknya jangan diributkan.

  5. assalamualaikum wr,wb,
    saya mau bertanya, boleh atau tidak jika berdzikir memandang seorang mursyid(guru) ?
    mohon bantuan nya .

  6. Wa alaikum salam

    Berzikir mengingat Allah adalah jalan untuk mendekatkan diri pada Allah. jangan mempersekutukan Allah dengan apapun ketika berzikir mengingatnya. memandang atau membayangkan wajah mursyid ketika berzikir menyebut nama Allah termasuk perbuatan mempersekutukan Allah dengan mursyid itu.
    jangan lakukan itu . Allah tidak bisa dibayangkan zatnya , tapi kamu bisa merasakan dan membayangkan perbuatannya seperti kebesaranNya, kemuliaanNya, kasih sayangnya dan lain sebagainya.

    Tidak ada seorangpun yang bisa melihat dan membayangkan bentuk listrik seperti apa , tetapi banyak orang bisa melihat dan merasakan efek dan perbuatan listrik seperti cahaya lampu, kipas angin, motor listrik , kompor listrik dll. kira kirat seperti itulah Allah Dia tidak bisa dilihat tapi bisa dirasakan perbuatanNya. Bayangkan perbuatan Allah jangan bayangkan zat Allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *