GAGAL GINJAL SEMBUH BERKAT HAFALAN QUR’AN

You may also like...

8 Responses

  1. nugrozz says:

    SUBHANALLAH….terima kasih pak udah mo berbagi…kebetulan saat ini saya juga sedang berusaha menghafal beberapa surat pendek…karena masa lalu saya dulu pak, banyak diisi dgn maksiat dan dosa..moga2 saya juga bisa menghafal surat2 dalam qur’an semampu saya..doakan saya pak..

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Salah satu kiat untuk mudah menghafal adalah kamu baca satu ayat berulang ulang sampai beberapa kali sambil melihat tulisannya dan merekam tulisan itu didalam memory kamu. Ketika kamu mengulang bacaan tanpa melihat mushaf qur’an bayangan memory tulisan yang ada difikiran kamu akan membantu kamu dalam menghafal ayat itu. Hafalkan dengan terjemahannya , terjemahan akan membantu kamu mengingat hafalan itu.

  2. triset says:

    Alhamdulillah kalau udah sehat pak ustadz… Selalu mengikuti dan menunggu tulisan2 Bapak diblog ini

  3. Syukri says:

    Assalamu’alaikum.. Pak Ustd. Fadil, terimakasih informasi, saya lahir dari keluarga muslim sekarang saya pasien gagal ginjal sudah cuci darah 4,5 tahun, ginjal saya menciut karena sering konsumsi obat asam urat.
    mohon saran dan do’a pak ustad agar ginjal saya bisa normal kembali, terimakasih.

    • Fadhil ZA says:

      Assalamu alaikum

      Jika kamu sudah masuk ketaraf gagal ginjal dan terpaksa cuci darah maka jalanilah dengan sabar dan istiqomah. Secara medis ginjal adalah organ yang selalu mengalami penyusutan setiap waktu . Secara normal dia akan kehilangan fungsinya 1% setahun. Kalau sudah rusak tidak bisa diperbaiki lagi selnya. Salah satu ginjal saya juga mengalami penciutan hingga hilang . dan sudah lebih 30 tahun saya hanya menggunakan satu buah ginjal saja.

      Sampai saat ini untuk menggantikan fungsi ginjal yang rusak dilakukan cuci darah atau transflantasi ginjal. Orang yang melakukan cuci darah dua kali seminggu jika dihadapi dengan optimis dan gembira tidak menghalanginya untuk beraktivitas. Salah seorang teman saya sudah cuci darah selama 5 tahun dua kali seminggu dan hidup penuh semangat . Sebagai kontraktor tidak menghalanginya beraktivitas keliling Indonesia menjalankan tugasnya.

      Saya juga kemarin hampir gagal ginjal, namun berkat doa dan pertolongan Allah masih bisa normal kembali, saya banyak konsultasi dengan teman saya yang sudah cuci darah itu.

  4. rama says:

    Assalammualaikum bapak fadhilza,

    Pengalaman penyakit bapak sama persis dengan ibu saya, mulai dr diabet.. jantung.. hingga penurunan fungsi ginjal

    Apa sampai skrg bapak masih mengonsumsi godogan jamu tersebut?

    Saya sedih melihat ibu saya sering mual, lemas, cepat letih, hb nya selalu rendah ..

    Saat ini sehari harinya bapak mengonsumsi obat apa agar badan bisa sedikit segar walopun terjadi penurunan fungsi ginjal…

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Jamu godogan tidak boleh dikonsumsi secara terus menerus , saya hanya mengkonsumsinya selama 5 hari sesudah itu berhenti. Saya hanya mengikuti pola makan yang dianjurkan dokter untuk menjaga ginjal, hindari buah yang mengandung kalsium tinggi seperti pisang, alpukat, kentang dll. makan hanya daging ikan dan ayam kurangi makan daging sapi.

      Orang yang mengalami gangguan ginjal memang hbnya cenderung turun hingga badan jadi lemah, sebaiknya ikuti petunjuk dokter untuk mengkonsumsi obat penambah darah , Sampai saat ini saya tetap mengkonsumsi obat sesuai petujuk dokter jantung dan ginjal.

      Disamping itu saya rutin membaca Qur an setiap hari selama satu sampai satu setengah jam atau 8 halaman Qur an. Saya biasa mengkhatamkan Qur an selama dua bulan atau dua hari satu juz. Ternyata rajin membaca Qur an bisa menjaga kesehatan tubuh dan jiwa.

  5. Rama says:

    Terimakasih pak atas sharingnya, bermanfaat sekali.
    Saya setuju dengan membaca quran bisa menjaga kesehatan tubuh dan jiwa, kayanya ibu saya harus mulai dirutinin lg baca qurannya

    Semoga bapak semakin sehat, semakin banyak memberikan manfaat buat org lain dan diberkahi kehidupannya oleh Allah SWT. Aamiin

    Saya selalu merasa terbantu kalau ada org yg bercerita kisah hidupnya detail seperti bapak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>