Oleh Fadhil ZA

shalat 5Sholat yang dilakukan dengan benar dan khusuk bisa menentramkan hati, membentuk pribadi yang kuat dan mengatasi berbagai masalah kehidupan. Mekanisme kerja shalat dengan terapi hipnotis sebenarnya memiliki prinsip kerja yang sama yaitu dilakukan dalam kondisi hypnosis. Kondisi hypnosis atau single fokus adalah kondisi yang biasa kita alami dalam kehidupan sehari hari .

Dalam keseharian anda pernahkah anda mengalami kondisi seperti berikut dibawah ini ?

• Mengantuk yang sangat di kendaraan

• Khusyuk ketika sedang berdo’a

• Asyik saat memancing sehingga lupa waktu

• Asyik main game di computer hingga lupa makan

• Asyik menekuni hobi tertentu, semakin menemukan tantangan semakin masuk tak mau berhenti sebelum selesai

• Badan makin santai , perasaan semakin nyaman saat Anda mencium aroma tertentu

• Melamun, hingga terlupa hal yang harusnya dikerjakan

• Asyik membaca buku, hingga tak terdengar orang yang memanggil

• Saat berjalan tiba-tiba sadar bahwa sedang berjalan ke tempat lain , karena pikiran terlena memikirkan sesuatu

• Saat kaki anda turut menendang , ketika sedang asyik menonton jagoan sepakbola di televisi

• Saat Anda sedang gundah, ada seorang teman mendekati Anda lalu menyampaikan sesuatu, dan Anda langsung melakukan apa yang disarankannya

• Anda terhanyut saat melihat Video / film / pagelaran wayang /teater dan ikut kesal, marah, gembira sesuai perasaan pemeran utama

• Perasaan Anda terlibat kala mendengar sandiwara radio sehingga naik turunnya emosi Anda sesuai dengan naik turunnya emosi pemeran di radio.

• Anda membayangkan suatu keadaan yang Anda rencanakan, dan ternyata terjadi seperti yang Anda bayangkan

• Anda percaya kepada seseorang entah itu sahabat, orangtua, Guru, Suhu . Setiap satannya anda langsung lakukan tanpa syarat.

• Anda mengatakan sesuatu kepada diri anda sendiri, lalu perasaan Anda terpicu oleh kata yang Anda ucapkan

• Anda merasa makin nyaman dan berharga saat Anda menyadari dan mensyukuri apa yang telah Anda raih

• Anda datang ke pertokoan, membeli sesuatu, setibanya di rumah anda sadar bahwa Anda tidak memerlukan barang itu

• Anda selalu membeli produk dengan merk tertentu tanpa bisa menjelaskan alasan argumentatif rasional dan ilmiah alasan membeli produk dengan merk itu

Jika anda pernah mengalami salah satu atau beberapa kondisi seperti diatas berarti anda sedang berada dalam kondisi hypnosis.

Hypnosis proses alami dalam kehidupan sehari hari

Hypnosis merupakan keadaan single focus, dimana  orang lebih peka terhadap proses dalam tubuhnya termasuk proses pengindraannya . Karena fokusnya ke satu hal maka pembelajaran lebih mudah terjadi dibandingkan dengan pembelajaran yang dilakukan ketika perhatian terpecah kepada berbagai hal.

Untuk sampai pada kondisi  single focus ini bermacam  metoda bisa  dilakukan. Antara lain anda bisa duduk di kursi dengan mata terpejam sambil merasakan  masuk dan keluarnya nafas. Anda bisa pusatkan  perhatian pada suatu titik, gambar atau gerakan benda. Anda bisa juga mengingat keadaan yang menyenangkan dan merasakannya kembali. Anda bisa mengingat kembali pengalaman saat sedang menonton acara yang membuat anda nyaman. Anda bisa pula menghitung mundur dari 100 hingga 1 dan menyadari semakin mundur semakin relaks. Cara-cara untuk masuk ke dalam keadaan single  fokus ini disebut  INDUKSI. Tujuan dari induksi ini adalah agar anda lebih relaks, sehingga anda lebih fokus dan memori  ingatan anda terbuka.

Memori  ingatan adalah tempat menyimpan semua program-program hidup anda selama ini . Membuka memori  ingatan ini dalam keadaan perhatian terpecah  tidak mudah. Hanya dalam keadaan single focus sajalah, memori  ingatan ini mudah terbuka dan mudah pula untuk menerima program-program pembelajaran baru. Memori  ingatan ini dikenal dengan nama Long Term Memory, Subconscious , Unconscious atau Fikiran bawah sadar.

Dalam hidupnya manusia menerima berbagai program dari lingkungan sekitarnya melalui KATA atau KALIMAT yang diucapkan atau disampaikan oleh pengasuhnya sejak kanak kanak. Kata atau kalimat apapun yang didengar dan diingat akan masuk secara perlahan dalam memori ingatannya dan diolah apa adanya.  Jika kata-kata SAYA SAKIT yang masuk kedalam memori ingatannya, maka memori ingatan akan menerima perintah program “SAYA SAKIT” yang harus dijalankan oleh tubuhnya. Tubuhnya akan merespon program itu dengan menimbulkan rasa sakit pada tubuhnya. Penggunaan kata atau kalimat seperti itu disebut SUGESTI . Semakin sering sugesti ini dimasukan kedalam memori ingatan , maka semakin kuatlah sugesti  itu memperngaruhi orang tersebut sesuai program yang dimasukan.

Hypnosis dalam fenomena sehari-hari berjalan melalui 2 proses kunci itu. Proses INDUKSI  dan proses SUGESTI . Hypnotis dalam kehidupan kita adalah diri kita sendiri, pengasuh, orangtua, keluarga, guru, masyarakat ,lingkungan dan budaya. Anda bisa saja bebas dari pengaruh Clinical Hypnosys, namun anda hingga saat ini bisa jadi terbelenggu dalam pengaruh Cultural Hypnosys (hypnosys budaya dan lingkungan). Apa yang anda makan, apa yang anda pakai, apa yang anda persepsikan baik dan buruk, bernilai tak bernilai, bisa jadi bukan atas  pilihan  anda sendiri, tapi berasal dari pengaruh lingkungan dan budaya disekitar anda.

Sampai disini anda sudah paham beberapa istilah yang banyak digunakan dalam hypnotis. Apa dan bagaimana kondisi hypnosis apa yang dimaksud dengan induksi dan sugesti. Anda banyak melihat proses hypnosis , induksi dan sugesti dalam kehidupan sehari hari anda. Semua itu adalah gejala alamiyah yang biasa terjadi dalam kehidupan sehari hari.

Terapi dengan hypnotis ( Hypnoterapi)

Hypnoterapi adalah terapi yang dilakukan oleh seorang terapis pada seseorang subyek dalam kondisi hypnosis. Hypnoterapi banyak digunakan untuk menghilangkan kecemasan, phobia, ketakutan yang berlebihan, menghilangkan rasa sakit , menghilangkan berbagai  kebiasaan buruk seperti kecanduan rokok, narkoba, pemarah, minder, dan lain sebagainya.

Dalam kondisi hypnosis terapis menamkan keyakinan baru pada fikiran bawah sadar subyek. Pada seorang perokok ditanamkan keyakinan bahwa ia tidak suka merokok. Pada seorang yang takut anjing ditanamkan keyakinan bahwa anjing itu mahluk yang menyenangkan. Kalaimat dan kata kata yang diucapkan terapis akan menghunjam kealam bawah sadar subjek dan terekam dalam memori ingatan sebagai suatu keyakinan yang baru.

Hypnoterapi dilakukan dalam beberapa tahapan :

Tahap pertama anda akan diminta menceritakan masalah yang anda hadapi misalnya rasa cemas yang berlebihan, atau susah tidur dimalam hari. Ini nmungkin butuh waktu 5 sd 10 menit.

Tahap kedua anda akan dibimbing untuk merilekskan tubuh anda , agar masuk kedalam kondisi hypnosis.  Kondisi hypnosis adalah ketika fikiran anda sangat rileks dan tenang, sehingga fikiran anda jernih dan siap menerima sugesti dari terapis. Proses ini  butuh waktu kurang lebih 5 menit.

Tahap ketiga adalah tahap Psikoterapi. Dalam kondisi hipnosis, terapis  akan melakukan prosedur terapi sesuai dengan masalah Anda. Proses terapi ini berlangsung sekitar 30 menit. Setelah prosedur terapi selesai, maka terapis  akan meminta Anda untuk membuka mata sebagai tanda bahwa sesi hipnoterapi telah selesai.

Tahap keempat adalah tahap observasi, artinya Anda mengamati dan melaporkan kepada terapis  perubahan apa saja yang sudah terjadi pada diri Anda. Masa observasi ini berlangsung antara 1 sampai 10 hari.

Proses terapi dengan hypnoterapi ini bisa butuh waktu sampai beberapa kali pertemuan. Keberhasilan terapis ini tergantung pada beberapa hal sebagai berikut

  1. Bersedia mengikuti hypnoterapi atas kesadaran dan kemauan sendiri, bukan atas paksaan.
  2. Sudah memahami bahasa dan bisa diajak berkomunikasi dengan lancar
  3. Bersedia mengikuti instruksi dan arahan dari terapis

Orang yang tidak mau diterapi dan tidak percaya pada orang yang menterapi  tidak bisa di terapi dengan mentode hypnoterapi ini. Kepercayaan dan keyakinan subyek pada terapis merupakan syarat mutlak bagi berhasilnya terapi dengan metode hipnotis ini. Jika subyek yang diterapi tidak mau menurut dan percaya sepenuhnya pada terapis, metode ini tidak akan berhasil .

Terapi dengan self hypnotis

Terapi hypnotis juga bisa dilakukan oleh seseorang untuk dirinya sendiri, biasa disebut selfhypnotis . Metode ini bisa dilakukan dengan membawa diri memasuki kondisi hypnosis kemudian mengucapkan atau mendengarkan kalimat tertentu secara berulang ulang, hingga meresap kealam bawah sadar. Kalimat atau kata yang diucapkan atau didengar dalam kondisi hypnosis itu akan menghunjam kedalam fikiran bawah sadar, dan terekam kuat menjadi sikap hidup yang bersangkutan.

Berikut ini kami  akan membahas hipnosis untuk diri sendiri (self hypnosis) untuk kebutuhan pribadi Anda. Self hypnosis ini dapat dilakukan dengan mudah, sangat berguna dan menjadi pengalaman yang menarik. Berbagai kebutuhan dapat dicapai dengan self hypnosis seperti mengurangi rasa sakit, memasukkan program perilaku baru, menurunkan atau menambah berat badan, menghentikan kebiasaan merokok dan lain-lain.

Untuk keperluan pelaksanaan self hypnotis sebaiknya  Anda terlebih dahulu untuk merekam script self hypnosis yang saya berikan berikut ini dalam melakukan self hypnosis. Dengan rekaman script self hypnosis mempermudah Anda dalam proses script self hypnosis karena tidak perlu mengingat-ingat langkah-langkahnya dan tinggal mengikuti rekaman saja.

Membuat rekaman script self hypnosis sangat mudah. Anda dapat menggunakan handphone, komputer atau perangkat rekaman lain. Selain script self hypnosis dari Anda, tambahkan musik relaksasi/instrumen yang Anda sukai sebagai latar di belakang suara Anda. Rekaman script self hypnosis menggunakan suara Anda sendiri karena Anda sudah terbiasa suara tersebut sehingga memudahkan penerimaan pikiran bawah sadar.

Bacalah script self hypnosis pada proses rekaman dengan suara yang nyaman bagi pendengaran Anda dan kecepatan sedang, berirama seperti membaca pusi. Mainkan musik relaksasi dengan sebagai latar. Kata “anda” pada script self hypnosis jangan diubah menjadi “saya” dan tetap dibaca sebagai “anda”. Berikut ini script self hypnosis :

“ Baik, sekarang kita mulai langkah-langkah self hipnosis untuk kebutuhan diri Anda…

Ijinkan diri Anda untuk mengikuti proses self hipnosis untuk dapatkan manfaat yang positif bagi diri Anda…

Silahkan duduk dengan posisi yang santai dan nyaman, biarkan mata Anda tertutup…

Tarik napas perlahan sepanjang yang Anda mampu dan buang perlahan bersama dengan semua ketegangan pada tubuh dan pikiran Anda…

Tarik napas lebih panjang … rasakan leganya bernapas dan diri Anda yang terasa rileks. Hembuskan perlahan dan rasakan diri Anda menjadi lebih santai semakin rileks…

Sekali lagi tarik napas yang panjang dan perlahan… musik atau apapun yang Anda dengar membuat Anda semakin rileks dan menikmatinya…

Rasakan diri Anda yang begitu santai, nyaman dan sungguh rileeeks…

Sebentar lagi saya menghitung mundur dari 5 ke 1… setiap hitungan membuat Anda lebih rileks dari sebelumnya…

Lima… tarik napas panjang dan perlahan, sebarkan napas Anda ke kepala Anda… buang napas perlahan bersama beban dan ketegangan dari kepala Anda… rasakan kepala Anda yang lebih rileks dari sebelumnya…

Empat… tarik napas panjang dan perlahan, sebarkan napas Anda pada kedua tangan  Anda… buang napas perlahan bersama beban dan ketegangan dari kedua tangan Anda… rasakan tangan Anda yang lebih rileks dari sebelumnya…

Tiga… tarik napas panjang dan perlahan, sebarkan napas Anda pada badan  Anda… buang napas perlahan bersama beban dan ketegangan dari badan Anda… ijinkan badan Anda jauh lebih rileks dari sebelumnya…

Dua… tarik napas panjang dan perlahan, sebarkan napas Anda pada kedua kaki  Anda… buang napas perlahan bersama beban dan ketegangan dari kedua kaki Anda… biarkan kedua kaki Anda  lebih rileks dari sebelumnya…

Dan satuuu…. tarik napas panjang dan perlahan, sebarkan napas Anda dari ujung kepala sampai ujung kaki Anda… buang napas perlahan bersama beban dan ketegangan dari seluruh tubuh Anda… masuki kondisi yang 10 kali lipat lebih rileks dari sebelumnya…

Sekarang, dalam kondisi yang sangat… sangat rileks… silahkan Anda menikmati kondisi tenang, damai dan  luar biasa ini rileks beberapa saat…

 

…. (jeda kurang lebih 1 menit dengan musik tetap main)

 

Baik, sekarang Anda mendengar suara saya kembali … Dalam kondisi yang damai dan rileks yang sangat dalam … bayangkan Anda berada di suatu tempat yang Anda sukai dan nyaman… tempat itu bisa di mana saja sejauh membuat Anda semakin rileks…

Mungkin itu kamar dengan kasur dan suasana yang menyenangkan Anda… atau Anda berada di pegunungan yang hening dengan udaranya yang sejuk… Mungkin juga di pantai dengan pemandangan indah penuh deburan ombak yang mendamaikan… atau tempat lain yang membuat Anda dalam kondisi rileks yang sempurna…

Silahkan Anda menikmati berada di tempat yang penuh kedamaian dan ketenangan yang luar biasa…

Dalam suasana yang penuh damai dan tenang seperti ini silahkan katakan pada bawah sadar keinginan Anda…

(jeda kurang lebih 3 menit untuk Anda melakukan program pada pikiran bawah sadar di masa jeda ini nanti saat menggunakan rekaman ini seperti : menurunkan/ menaikkan berat badan, mempercepat penyembuhan, menghentikan kebiasaan merokok dll; sampaikan manfaat program tersebut dan bayangkan saat Anda telah mencapainya)

Kembali Anda mendengarkan suara saya setelah Anda melakukan pemrograman pada pikiran bawah sadar… program tersebut berjalan dan memberikan manfaat pada diri Anda…

Sebentar lagi saya akan menghitung 1 ke 5… Pada hitungan 5 Anda bangun dalam kondisi segar luar biasa dan sehat…

Satu… tarik napas dan rasakan leganya…

Dua… sadari Anda berada di tempat Anda sekarang …

Tiga… gerakkan jari tangan dan kaki Anda …

Empat… bersiap untuk bangun dalam kondisi segar bugar luar biasa dan sehat …

Lima… buka mata dan bangun !

Rekaman sudah siap Anda pergunakan. Carilah waktu luang dan tempat yang tenang untuk melakukan self hypnosis. Matikan telpon atau handphone agar selama proses self hypnosis Anda tidak terganggu. Anda boleh berbaring atau duduk dengan bersandar dengan nyaman, dengarkanlah rekaman self hypnosis yang telah Anda buat. Anda dapat mendengarkannya melalui headphone untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Anda bisa juga melakukan metode seperti diatas tanpa mendengarkan scrif rekaman tapi langsung anda lakukan dengan suara anda sendiri secara spontan.

Usahakan anda rileks hingga masuk kedalam kondisi hypnosisi ditandai dengan rasa tenang dan nyaman serta fikiran yang jernih. Ucapkan kalimat perintah sugesti pada diri anda berulang ulang seperti:

Mulai hari ini saya benar benar berhenti merokok…..

Mulai hari ini saya selalu tidur dengan pulas, dan saya bangun dengan rasa nyaman dan tenang.

Mulai hari ini saya tidak merasa takut dan cemas lagi,

Demikian seterusnya sesuai kebutuhan anda. Lakukan kegiatan self hypnotis itu minimal sekali sehari. Adakan evaluasi pengaruh dan perubahannya pada diri anda selama beberapa hari.

Terapi shalat khusuk

Apa yang dilakukan seseorang dalam shalat sebenarnya mirip dengan apa yang dilaksanakan pada terapi selfhypnotis. Terapi hypnotis dilakukan pada saat seseorang masuk pada kondisi hypnosis. Kondisi hypnosisi dimulai dengan saat  start (hitungan mundur dari 5 ke 1)  dan diakhiri dengan stop (hitungan maju dari 1 ke 5) .

Ketika shalat seseorang secara otomatis akan masuk dalam kondisi hypnosis. Kondisi hypnosis (single fokus) dalam shalat dimulai ketika yang bersangkutan membaca takbiratul ihram, dan berakhir ketika membaca salam.

Sesudah membaca takbiratul ihram otomatis seseorang akan masuk kondisi hypnosis ,ini ditanda dengan suasana relaks dan fikiran mulai melayang kesana kemari , berbagai hal yang tidak pernah terfikirkan tiba tiba muncul pada waktu itu. Kadangkala seseorang bisa menemukan barang yang hilang ketika dalam shalat itu. Kondisi relaks dan fikiran melayang ini segera lenyap ketika yang bersangkutan membaca kalimat salam tanda selesai shalat.

Dalam shalat ketika memasuki kondisi hypnosis seharusnya fikiran fokus pada instruksi atau saran yang ada dalam kalimat dan ayat yang dibaca dalam shalat. Ayat dan kalimat yang dibaca dalam shalat akan menghunjam masuk kedalam alam bawah sadar menjadi karakter dan sikap hidup yang bersangkutan. Sayangnya karena sebagian besar umat Islam tidak mengerti ayat dan kalimat yang dibaca dalam shalat maka sugesti dari ayat yang dibaca tidak berhasil masuk kedalam alam bawah sadarnya. Selama shalat fikirannya hanya melayang tak tentu arah kesana kemari. Shalatpun tidak memberi bekas bagi kehidupan yang bersangkutan.

Agar shalat bisa memberi terapi secara maksimal dan membentuk pribadi dan karakter seorang mukmin , maka yang bersangkutan mutlak harus mengerti dan paham ayat dan kalimat yang dibaca dalam shalat. Jika yang bersankgkutan tidak mengerti ayat dan kalimat yang dibaca maka terapi shalat tidak akan memberikan hasil yang maksimal dalam kehidupan seseorang.

Orang yang shalat dengan benar dan khusuk , karakter dan pribadinya akan dibentuk oleh ayat Qur’an yang dibacanya dalam shalat. Ahlak dan pribadi Rasulullah adalah Al Qur’an demikian pula ahlak dan pribadi seorang mukmin yang shalat dengan benar dan khusuk  adalah Al Qur’an pula.

Al Qur’an penuh dengan kalimat kalimat hikmah yang membangkitkan semangat, keimanan dan ketakwaan pada Allah. Mengandung doa untuk keselamatan hidup dunia dan akhirat. Menghibur hati dikala duka dan sedih. Menguatkan hati menghadapi berbagai masalah dan problem, menghilangkan kecemasan, ketakutan , kekecewaan dan kegelisahan.

Beberapa contoh kalimat sugesti dari ayat Qur’an antara lain :

Ali Imran 160

  DOWNLOAD

160. Jika Allah menolong kamu, maka tak adalah orang yang dapat mengalahkan kamu; jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu (selain) dari Allah sesudah itu? Karena itu hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakkal.

 

At Taubah 51

DOWNLOAD

51. Katakanlah: “Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah untuk kami. Dialah Pelindung kami, dan hanya kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakal.”

Fathir 2

DOWNLOAD

2. Apa saja yang Allah anugerahkan kepada manusia berupa rahmat, maka tidak ada seorangpun yang dapat menahannya; dan apa saja yang ditahan oleh Allah maka tidak seorangpun yang sanggup melepaskannya sesudah itu. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana

Ayat ayat diatas jika dibaca dan didengar berulang ulang dalam kondisi hypnosis, pasti akan membekas pada jiwa seseorang , memberi kekuatan dan keyakinan dalam menghadapi berbagai masalah kehidupan.

Terapi shalat jika dilakukan dengan benar dan khusuk  jauh lebih dahsyat dari terapi dengan mendatangi ahli hypnoterapi ataupun dengan selfhypnotis.

Mendatangi ahli hypnoterapi untuk mengatasi berbagai masalah hidup secara Islam juga sudah menyalahi ajaran tauhid.  Al Qur’an mengajarkan kita   untuk bertawakal dan berserah diri sepenuhnya pada Allah bukan pada sesuatu selain Allah. Dalam pelaksanaan hypnoterapi subyek harus bertawakal dan berserah diri sepenuhnya pada terapis. Jikia ia tidak mau bertawakal dan menyerahkan dirinya sepenuhnya pada terapis maka proses terapi akan menemui kegagalan.  Sebaiknya jauhilah mendatangi ahli hypnoterapi untuk mengatasi problem anda. Praktek selfhypnotis jauh lebih aman, lebih baik lagi anda memperbaiki mutu shalat anda.

(di ramu dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *