KHASIAT DAN MANFAAT SURAT AL WAQIAH

You may also like...

46 Responses

  1. muhammad sarjio says:

    assalamu’alaikum
    P.ust Mohon Ijazah surat Al waqiah nya dan bagaiman cara pengamalannya.maturnuwn ?waalaikumsalm wr.wb

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Bacalah surat Al Waqiah sesering mungkin, resapkan dan pahami maknanya, jika belum hafal silahkan dengarkan bacaan berikut terjemahannya. Selanjutnya usahakan untuk bisa hafal dengan terjemahnya. Niatkan untuk mencapai derajat al muqarrobun seperti disebutka dalam surat itu, jika tidak menimal masuk golongan kanan, jangan sampai masuk kelompok golongan kiri.

  2. febryan says:

    assalamualaikum.ustad ijin mengamalkan

  3. Dipto Nurjan says:

    Assalamualaikum Bpk Ustaz, mhn ijin untuk mengamalkan

  4. Ratna says:

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Alhamdulillah…amalan dilaksanakn baca tiap hari apa yg saya harapkn buat anak saya terlaksana. Merinding
    lihat kenyataan yg ada dan sy tambah semangat serta yakin Allah SWT melihat n dengar apa yg kita lakukan. Wassalam

  5. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ ,selamat sore pak ustad utk mengamalkan surat alwkakingah mohon petunjuknya/mohon dijasahkan dengan persyratan mahar atau tidak.عَلَيْكُمْالسَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

  6. rio says:

    assalamualaikum pak ustad
    minta izin tanya
    kalau membaca surat al waqiah sesudah sholat hajat di setiap malam nya boleh atau tidak
    terima kasih

  7. tri andik says:

    mohon ijin p.ust .untuk mengamalkan sebaiknya waktunya yg afdol kapan dan sebaiknya berapa kali..??

  8. restu says:

    assalamualaikum.wr.wb

    mohon tanya bagaimana dengan HADITS-HADITS DHO’IF DAN PALSU TENTANG KEUTAMAAN MEMBACA SURAT AL-WAQI’AH DAPAT MELANCARKAN REZEKI DAN MENCEGAH KEMISKINAN???

    dan bagaimana cara mengamalkannya yang baik dan benar menurut ajaran agama islam???

    mohon jawabannya secepatnya agar tidak terjadinya keragu-raguan dalam mempelajari setiap ajaran agama islam. karena bukankan jika adanya keragu-raguan itu sudah seharusnya di tinggalkan???

    walaikumsalam.wr.wb

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Kalau memperhatikan kandungan surat al Waqiah , disitu tidak ada ayat yang berkaitan dengan masalah rezeki dan kehidupan duniawi. Surat al Waqiah lebih banyak mengkisahkan tentang kehidupan sesudah peristiwa kiamat dan kebangkitan. Karena itu saya tidak paham dan tidak bisa menjelaskan kaitan hadist yang mengatakan dengan membaca surat al waqiah akan dilapangkan rezekinya.

      Ayat Qur’an lain yang berkaitan dengan masalah rezeki dan kekusaan sangat banyak dalam Qur’an . kalau mau dilapangkan rezekinya kenapa tidak membaca ayat tersebut saja , seperti surat al Fath 1-4 , Fathir 2-3, An Nur 55-56 dan banyak lagi ayat Qur’an lainnya.

  9. restu says:

    assalamualaikum.wr.wb

    mohon tanya kembali apabila memang benar tidak ada kaitannya dengan rejeki duniawi, lalu bagaimanakah dengan beberapa kepercayaan sebagian orang dengan keutamaan membaca surat al waqiah bisa mendatangkan rejeki bahkan dengan memberikan tata cara mengamalkan surat al waqiah tersebut???

    mohon jawabannya….

    NB: anda dapat melihatnya di beberapa web/blogspot terkait dengan adanya keutamaan surat al waqiah tersebut….

    walaikumsalam.wr.wb

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Pada salah satu hadist diatas disebutkan akan dibebaskan dari kemiskinan dan kefakiran . Sebagian orang meyakini dengan memperbanyak membaca surat ini akan terbebas dari kefakiran artinya diberikan rezeki berlimpah. Bagi yang yakin dan percaya tidak ada halangan atau larangan untuk mengamalkan dan membaca surat al waqiah tersebut dengan harapan akan terbuka pintu rezekinya.Keberhasilan apa yang diharapkan itu tergantung keyakinan dan ketekunan ybs

  10. omar says:

    Mohon izin mengamalakan ustad

  11. mulia says:

    Assalamualaikum,mohon ijin mengamalkan…

  12. Ananda says:

    Assalamualaikum wr, wb.
    Terima kasih pencerahannya Ustadz

  13. NAZA says:

    Assalammu’alaikum Ustadz
    Saya seorang PNS, dengan kehidupan yang pas-pasan dan sering kurang, akibatnya banyak hutang, biaya hidup dan biaya anak kuliah dan sekolah sungguh sangat mencekik leher, saya telah mengamalkan surat waqi’ah tiap hari bahkan tiap malam selepas sholat tahajjud selama lebih dari sepuluh tahun, bahkan surat itu telah hafal diluar kepala, saya memang tidak fakir, cenderung suka memberi kepada mereka yg membutuhkan walaupun sy sendiri butuh, sy hidup sederhana, hidup qonaah, tidak neko-neko. Cobaan demi cobaan silih berganti, ujian demi ujianpun silih berganti. sholat fardlu insya allah berusaha tepat waktu, amalan-amalan yg lainpun sy lakukan, alkhamdullilah semua itu sy jalani dg ikhlas, hingga sy juga belajar ilmu hikmah. sy tidak punya harta yg melimpah, sy tidak memiliki sunber penghasilan yg lain. secara ikhlas dlm hati sy menerima keadaan seperti itu, tp secara lahiriyah sy hidup di alam nyata yg penuh tipu muslihat, yg semuanya diukur dengan materi.
    pertanyan sy kpd ustadz : apakah keadaan seperti itu bisa berakhir? apakah ini semua merupakan suratan Illahi? mohon pencerahannya. terima kasih
    wassalammu’alaikum wr wb

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Dalam surat Ar ra’d ayat 11 Allah menyatakan bahwa Ia tidak akan merobah keadaan suatu kaum hingga mereka berusaha untuk merubah keadaan yang ada pada diri mereka itu sendiri. Kamu bisa hidup sejahtera berkecukupan kalau kamu mau. Allah menjanjikan hidup berkecukupan dan berlimpah bagi orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh seperti yang disebutkan dalam surat An Nur 55, Al Fath 1-4. Kalau kita hidup dalam keadaan sulit , serba kekurangan terus menerus , pasti ada yang salah dalam cara hidup kita. Coba kamu lakukan introspeksi diri apa yang salah dalam cara hidup kamu. Baca artikel yang berjudul CARA MEMBEBASKAN DIRI DARI LILITAN HUTANG DAN KEMISKINAN diblog ini. Mungkin artikel itu bisa menuntun kamu untuk memperbaiki diri.

  14. Johans says:

    Assalamualaikum wr . Wb
    pak ustad alhamdulillah saya sudah hampir 2minggu mengamalkan surat alwaqiah yang pak ust sebutkan, dan alhamdulilah saya tidak kekurang kebutuhan ekonomi lagi, trimakasih atas ilmunya pak ust. Semoga allah memberikan kebahagiaan dunia dan akhirat untuk pak ustad dan kita semua.. Amin ya allah ya robbal alamin,

  15. agoes masferi says:

    ustad tolong pencerahannya . saya umatnya yang kurang dari segala galanya.

  16. mahfudin afandi says:

    mohon izin untuk mengamalkanya

  17. maulizar says:

    Assalammu’alakum ustaz…saya mau bertanya ne…bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam dalam surat Al-Waqi’ah…demikian ustaz mohon dimaklumi.

  18. joni says:

    sangat bermanfaat ulsanya pak ust :)

  19. SUPRIATI says:

    alhmdulilah ini kebetulan atau memang sudah ketentuan ALLAH eah dengan membaca surat ini manfaatnya yang aku rasakan banyak banget dari jalan jalan ke luarnegri sperti singapura,malaysia dan thailand secara gratis, tapi aku percaya bahwa apapun itu udah jadi kehendaknya. janganlah letih hanya membaca surat waqiah aja, semua surat baik ko,

  20. Dadan says:

    Assalamu ‘alaikum wr wbr. ohon ijin dan petunjuk untuk mengamalkannya. terima kasih.

  21. AAN SUPRIYADI says:

    subhanallah…membaca surat al-waqiah jangan ada niat pembuktian kedasyatan surat tersebut. yang penting niat dengan ibadah mencari ridho allah…semoga barokah…

  22. bowo says:

    Dulu saya hafal sampai 30 ayat , skrg udah pada lupa

  23. yoyok says:

    Setahu saya hadist tentang surat waqi’ah di atas kebanyakan dhaif dan palsu. Jadi mohon dikoreksi niatnya. Surat waqi’ah adalah tentang kiamat. Kalau mau baca baca saja sebagai amalan baik dengan mengharap ridha Allah jangan mengharap imbalan duniawi.

  24. Informasi yang sangat berharga dan manfaat gan. Mohon izin akan dijadikan rujukan atau akan mengutip sebagaian dari artikel anda.

  25. Nadia Mei says:

    assalamualaikum, mohon ijin mengamalkan :)

  26. yenny says:

    assalammualaikum…mohon ijin mengamalkan nya.
    dan mau tanya sebaik nya setelah sholat dhuha di lanjutkan membaca surat apa yah? terima kasih

  27. agustri says:

    saya download mp3nya ustadz

  28. agustri says:

    copy mp3nya ustadz.semoga bermanfaat untuk kita semua,aamiin

  29. azizalfian says:

    Menjadikan seseorang kaya atau miskin itu mudah sekali bagi Allah. Menurut saya tidak ada salahnya memohon doa agar jadi kaya dari amalan surat al waqiah ini. InsyaAllah dikabulkan oleh Allah.

  30. Muhammad says:

    ALHAMDULILLAH…. SUDAH RUTIN BACA SURAT AL WAQIAH… BARU 2 MINGGU.. RIZQI SDH MELIMPAH RUAH… JANGAN DENGER OCEHAN YG RAGU SURAT WAQI’AH… JALANI AJA… GAK USAH PUSING NANYAIN HADITS SEGALA… GAK PERCAYA MURTAD… WISS TUNTAS…

  31. Dessy Arianty says:

    Saya tidak hafal surah ini, tapi Saya kalo sebelum †ΐϑυ® dengerin Mp3 al-waqiah di ulang2 smpe tidur pules :D

  32. Dedandes.com says:

    Banyak sekali keutamaan yang bisa kita dapatkan membaca sholawat nariyah, simak juga ulasan kami tentang sholawat nariyah Sholawat Nariyah dan cara mengamalkannya

  33. Jacko says:

    Assalamualaikum pak Ustd. Mau tanya? Boleh baca surat al waqiah 10 ayat pertama ngga?
    Soalnya saya lagi proses belajar menghafal agar bisa lancar

  34. annisa says:

    Pikiran saya sedang kalut, bingung, stress krn rencana menikah dg calon tidak disetujui kluarga besarnya, dan makin bertambah stress calon memutuskan hubungan dan memihak ke kluarganya. Alhamdulillah baru sekali mengamalkan setelah sholat tahajud kemudian baca surat al-waqiah dan saya lanjutkan baca surat lain di al-quran pikiran saya sangat tenang, sangat mendamaikan hati.

  35. aryani rani says:

    Assalamualaikum pk ustadz
    Alhamdulillah sya sudah hafal suraht alha waqi’ah tpi tdk sma terjemahnnya.

  36. Riski says:

    Assalamualaikum wr wb pak ustadz. Kalau saya hanya mendengarkan saja itu boleh tidak? Karna saya tidak bisa ngaji dengan baik. Dan malah tidak bisa baca al quran, bisa tapi sedikit sedikit sekali. Apakah manfaat nya atau pahala nya berkurang?

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Manfaat mendengar sama dengan membaca, mendengar Qur an dengan baik diperintahkan Allah didalam surat Al A’Raaf ayat 204

      204. Dan apabila dibacakan Al Quran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat

  1. March 28, 2015

    […] Khasiat dan manfaat surat al waqiah | pondok tadabbur […]

  2. March 21, 2016

    […] Abdullah bin Mas’ud menjawab, ”Apakah engkau mengkhawairkan kemiskinan menimpa putri-putriku? Sesungguhnya aku telah memerintahkan putri-putriku membaca surat Al-Waqiah setiap malam. Sesungguhnya aku mendengar Rasulullah saw bersabda, ”Barangsiapa yang membaca surat al Waqiah setiap malam maka dirinya tidak akan ditimpa kemiskinan selama-lamanya.” […]

  3. February 28, 2017

    […] Abdullah bin Mas’ud menjawab, ”Apakah engkau mengkhawairkan kemiskinan menimpa putri-putriku? Sesungguhnya aku telah memerintahkan putri-putriku membaca surat Al-Waqiah setiap malam. Sesungguhnya aku mendengar Rasulullah saw bersabda, ”Barangsiapa yang membaca surat al Waqiah setiap malam maka dirinya tidak akan ditimpa kemiskinan selama-lamanya.” […]

Leave a Reply to Muhammad Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>