DZIKIR DAN TASBIH MENURUT AL QUR’AN DAN HADIST

You may also like...

17 Responses

  1. Maryanto says:

    Assalamualaikum …..

    Bpk Fadhil,
    Dari beberapa Ayat Al Qur’an diatas disebutkan bahwa “Berdzikirlah Sebenyak-banyaknya dengan menyebut nama Allah”, dari kata ‘Sebanyak-banyaknya’ disini apakah ada ketentuan berapa jumlahnya atau tak terbatas hitunganya…

    • Fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      jumlah hitungan yang disebutkan dalam hadist hanya 33 kali paling banyak 100 kali, tidak sampai ratusan atau ribuan kali seperti yang dilakukan pada ajaran tertentu. Dalam Al Qur’an tidak pernah menyebutkan jumlah tertentu, kerjakanlah sebanyak yang bisa dilakukan tergantung kesanggupan dan kemampuan masing masing. Berdzikirlah sebanyak banyaknya tanpa memperhatikan jumlah. Orang yang memperhatikan jumlah hitungan kadangkala lebih fokus pada hitungannya dari pada makna kalimat yang dibaca. Ia lupa pada makna dan maksud kalimat yang diucapkan karena sibuk menghitung 100, 200 , 300 atau 10.000 kali, kuatir salah hitung.

  2. ajos says:

    assalamu’alaykum warahmatullaahiwabarakaatuh…

    syukron pak ustadz… mohon pencerahaan…. apakah dibolehkan berzikir dengan dipimpin oleh satu orang ustadz atau imam dan diikuti oleh jamaah… sementara yang memimpin menggunakan microphone sehingga suara yang terdengar cukup keras… tidak lagi lirih (rendah) sebagaimana yang diperintahkan Allah Tabaraka wata’ala…

    wassalam.. ajos.

  3. hudzaifah says:

    assalamu’alaykum warahmatullaahiwabarakaatuh…
    Mohon tanya ustad, apakah boleh diamalkan walau tanpa bimbingan guru?
    Terima kasih

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Jadikanlah Allah sebagai guru, Dia menunjuki siapa yang dikehedaki kepada jalan yang lurus dan membiarkan sesat siapa yang dikehendaki Nya. Barang siapa yang diberi hidayah oleh Allah tidak ada seorangpun yang bisa menyesatkannya demikian pula siapa yang dibiarkan sesat oleh Allah tidak ada yang bisa memberinya bimbingan selain Allah pula.

      Kalau kamu sungguh sungguh berdzikir ingin dekat dengan Allah maka Allah akan memberi kamu bimbingan sebagaimana firmannya dalam surat AL ANKABUT 69

      69. Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar- benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.

      Mintalah bimbingan dan petunjuk pada Allah , perhatikan doa dalam surat al fatihah yang selalu kamu baca setiap shalat. Ihdinashiroothol mustaqim….dst. Insya Allah Dia akan menuntun kamu.

  4. NOVI says:

    Assalamualaikum pak ustadz,

    Terimakasih banyak atas artikelnya yang sangat berguna. Alhamdulillah saya jadi banyak belajar.
    Saya mau tanya pak, di keluarga saya ada yang mengikuti tarekat, dan yang saya dengar dari cerita-ceritanya, mereka mengikuti yang namanya suluk, dan melakukan ibadah zikir dan diisolasi dari dunia luar selama beberapa hari. Saya tidak paham apa tepatnya yang mereka lakukan didalam suluk tersebut dan bacaan zikir apa yang tepatnya mereka baca. Dan mereka percaya bahwa ketika berzikir, mereka melihat ada cahaya yang menghampiri mereka dan itu pertanda bahwa mereka sudah “naik kaji” dan cahaya yang dilihat itu adalah cahaya Allah SWT.

    Yang mau saya tanyakan Pak,
    1. apakah suluk dan jenis zikir yang dilakukan dalam suluk itu diperbolehkan dalam islam?
    2. mereka percaya pengobatan dan menolak bala dengan menggunakan air tawajjuh (air yang sudah didoakan dan dizikirkan katanya). Apakah ini juga diperbolehkan dan ada dalam ajaran islam?
    3. saya pernah membaca salah satu buku Yasin dari guru tarekat mereka, dan disana saya membaca ada do’a yang dimasukkan dengan kata-kata “kami berdoa membayangkan wajah-wajah guru kami, kekasih-Mu ya Rabb.” apakah ini sesuatu yang benar, ustadz?

    Mohon bimbingannya ya ustadz, saya takut salah. terima kasih.

    Assalamualaikum wr.wb

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Aliran tarekat itu banyak macamnya , diantaranya ada yang benar dan lurus namun ada pula yang menyimpang dari tuntunan Rasulullah dan al Qur’an. Berhati hatilah mengikuti aliran tarekat. kalau sesuai dengan ajaran al qur’an dan Rasulullah ikutilah , kalau menyimpang tinggalkanlah.

      Berdzikir denga nmengisolasi diri dari dunia luar dalam waktu tertentu , tidak ada larangannya dalam ajaran Rasulullah. Rasulullah juga pernah melakukan hal itu ketika berkhalwat di Gua hira selama 40 hari hingga turun wahyu pada beliau.

      Rasulullah juga mengajarkan kita untuk beritikaf di masjid pada bulan Ramadhan selama beberapa hari, memutuskan huibungan dengan aktivitas dan dunia luar untuk berdzikir mengingat Allah. Semua kegiatan itu mirip dengan suluk.

      Melakukan pengobatan dengan air yang didoakan diperbolehkan dalam islam. Profesor Masaru Emoto dari Jepang menemukan bahwa kristal air yang didoakan berbeda dengan kristal air yang tidak didoakan. Kristal air yang didoakan bersinar lebih terang dari pada kristal air yang tidak didoakan. Rasulullah juga mengajarkan kita untuk selalu membaca bismillah ketika akan makan maupun minum.

      Berdzikir atau berdoa dengan membayangkan wajah guru atau mursyid adalah tindakan yang berbahaya, dan mendekati kemusyrikan. Menyebut nama Allah dengan membayangkan wajah mursyid akhirnya akan menjadikan mursyid sama dengan Allah. Ketika menyebut nama Allah otomatis ia akan membayangkan mursyid. Ia sudah menyamakan Allah dengan mursyidnya itu.

      Dalam surat al ikhlas disebutkan bahwa Allah tidak beranak dan diperanakan dan tidak ada satupun yang serupa dan sama dengan Nya. Menyebut Allah dengan membayangkan wajah guru atau mursyid berarti menyamakan Allah dengan mursyid itu.

  5. trilita says:

    Assalamualaikum pak ustad.
    Apakah maksud nya dalam alquran bertasbihlah pda pagi dan petang.pd ayat2 alquran yg sering saya baca.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Waktu paling baik untuk bertasbih adalah pada waktu pagi dan petang hari, ketika itu alam semesta, burung, serangga, matahari, bulan , bintang bintang semua bertasbih pada Allah sebagaimana disebutkan juga dalam surat al israak ayat 44.

      44. Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun

      Burung bertasbih dengan kicauannya, ombak bertasbih dengan deburan ombaknya, angin bertasbih dengan hembusannya, matahari bertasbih dengan sinarnya. Biasanya menjelang matahari terbit dan menjelang matahari terbenam.

  6. Pak mau tanya kalo berdoa diantara jam 9 malam sampe jam 12 malam, fadilahnya ap pak?

  7. cs:go says:

    Sustain the excellent job and delivering in the crowd!

  8. arif says:

    pak…,lok itung dzikir ampe 101 bid’ah kah…??
    lok nggk salh kata bpk, dzikir yg bxk ada jumlh bilangan.a trtentu bisa mbuat tidak fokus krn hxa sibuk itung…,pak menurut sy yg 100 atau 300 sama ajj tidk mbuat org ilang fokus lok niat.a dzikir…,
    saran lok takut ilang fokus…dzikir ajj dgn itungan seratus seratus tiga kali…
    mohon maaf sebelumnya…

    • Fadhil ZA says:

      Yang utama didalam berdzikir itu menghayati apa yang dibaca dan diucapkan didalam berdzikir, bukan banyak jumlah bacaannya. Kebanyakan orang mengutamakan banyak jumlah bacaannya walaupun tidak mengerti dan paham apa yang dibaca, sehingga kadangkala yang berdzikir hanya mulutnya saja sedang hati dan fikirannya melamun dan melantur kemana mana. sehingga dia tidak mendapatkan manfaat dari dzikirnya itu.

      Didalam Al Qur’an kita hanya diperintahkan berdzikir sebanyak banyaknya baik dengan lisan maupun didalam hati ketika duduk , berdiri dan berbaring. Tidak ada disebutkan jumlah tertentu. Masalah jumlah Rasulullah menganjurkan 3, 11, 33 atau 100 kali . Silahkan dikerjakan mana saja yang dirasa nyaman.

  9. RONI says:

    assalamuaalaikum ustad
    saya mau nanya tentang dzikir dan wiridan.ter utama wiridan yang di tentukan jumlahNya.

  10. RONI says:

    assalamualaikum ustad

    tentang wiridan ustad,doa2 yang di wiridkan dan jumlah nya tertentu,

    seperti klw mau berMimpi bertemu Nabi muhammad saw.baca doa nurbuat 100kali,dan kalau mau rizqi banyak baca basmalah 786kali.

    seperti begitu ustad,karena dlm segolongan ulama ada yang mengatakan bid’ah karena jumlahNya di tentukan,pandangan ustad gmn??

    wassalam

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikuim salam

      Sebaiknya berdoalah dengan doa doa yang banyak diajarkan didalam Qur’an seperti surat Al Baqarah 284-286 , Ali Imran 191-195, doa wirid yang populer dari Rasulullah antara lain sep0erti yabng disampaikan pada artikel DOA DAN WIRID SESUDAH SHALAT diblog ini. Pahami dan hayati makna dari doa yang kamu baca , jangan sampai kamu membaca doa yang kamu tidak tahu makna dan artinya.

      Baca dzikir dan doa sebanyak banyaknya tidak perlu ditentukan hitungannya, lakukan semampu kamu. , Jangan terlalu memaksakan diri untuk mimpi berjumpa Rasulullah dengan membaca doa nurbuat itu. Cita citakanlah untuk berjumpa denga Allah melalui ibadah dan ketaatan kamu padaNya. Itulah tujuan akhir setiap orang yang beriman. Biarkan Allah yang menentukan rahmat apa yang akan diberikannya pada kita sebagai balasan atas apa yang kita kerjakan.

  11. Ratna says:

    Assalamualaikum Ustadz
    Trimakasih atas ilmunya..
    Ini sangat bermanfaat sekali untuk saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>