PERTOLONGAN ALLAH BAGI ORANG YANG DALAM KESULITAN

You may also like...

72 Responses

  1. Sonny A says:

    Assalamualikum pak ustad..terima kasih atas tulisan dan nasihatnya…Insya ALLAH kehidupan saya jatuh lebih postitif dan bermakna. Sangat DAHSYAT, SEDERHANA dan APLIKATIF semuanya.
    Ikhlas, yakin, berserah diri dan bertekad memperbaiki diri kepada ALLAH….dan ALLAH yang akan menyelesaikan semuanya…..

    • dewi says:

      assalamualaikum pak ustad,
      Mohon Nasehatnya P. ustatd, saya dan suami saya lagi dalam msalah yang sangat berat, kami dperhadakan pada pilihan yg sangat sulit, disatu sisi jika kami memilih pilihan hati kami dan pilihan yang kami anggap benar kami diperhadapkan pada penguasa yang hatinya keras, kejam dan ingin menindas dan memcat kami sebagai PNS hanya karena kepentingan politik dan balas budi terhadap sesorang tapi kami yg masyarakat kcil menjadi korbannya, tapi jika kami memilih mengeikuti kemaunnya tidak ada jaminan juga kami tetap selamat dari kekejamannya, mohon nasehat apa yg harus kami lakukan, karena menyngkut masa depan kami.

  2. Natalis Wahyu says:

    Ass. Wr.Wb, Mohon ijin ust. Fadhil ZA, karena banyak sekali tausiyah yang disampaikan sangat bermanfaat bagi jama’ah Masjid Ad Da’wah di Rewwin, Waru Sidoarjo 61256, oleh karenanya ada beberapa yang kami cuplik untuk majalah suara Ad Da’wah sehingga menambah kemanfaatan yang lebih luas lagi,maturnuwun.
    Ta’mir Masjid Ad Da’wah.

  3. tomo says:

    ustad artikel sgt bermanfaat mohon izin copas

  4. tomo says:

    Ass. Wr.Wb, Mohon ijin ust. Fadhil ZA,sangat bermanfaat bagi kami jamaah jabalrahmah

  5. Diyan says:

    Asallamu’alaikum,Wr.Wb.

    Pak Ustadz,
    Saya sangat meresapi postingan dan santapan rohani dan pengajiannya.

    Sekiranya diijinkan,saya ingin follow dan copy paste.

    Terimakasih.

    Wassalamu’alaikum,Wr.Wb.

  6. Mau tanya ust., bagaimana ketika kita menghadapi masalah yang terasa berat dan kita sudah berusaha berhari2 sambil berdoa, shalat wajib dan sunnah, tapi masalah kita malah semakin terasa berat?

    • fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Allah amat cinta dan rindu mendengar rintihan hambaNya yang memohon padaNya. Adakalanya Allah tidak segera mengabulkan permintaan seseorang karena Ia ingin menyakinkan keteguhan iman dan keyakinan hambaNya itu. Perkarta mengabulkkan doa seseorang adalah hal mudah bagi Allah. Jika Dia menghendaki sesuatu cukup dengan mengatakan jadi, maka jadilah ia.

      Minta tolonglah pada Allah dengan sabar dan mengerjakan shalat sebagaimana disebutkan dalam surat al baqarah ayat 45. Tetaplah istiqomah memohon padaNya walaupun kadangkala yang kita alami malah bertolak belakang dengan doa yang kita panjatkan. Kalau kita berdoa dan yang terjadi malah sebaliknya maka bersabarlah berarti Allah sedang menguji kesetiaan dan ketabahan kita. Kemenangan itu pasti datang hanya waktunya saja yang tertunda.

    • dewi says:

      As. Al. Warahmatulahi Wabarakatu.
      Terima kasih banyak Pak Ustadz atas artikel yang sangat bermanfaat ini,
      semoga dengan do’a ini Allah memberikan petunjuk, agar semua masalah
      yang sedang saya hadapi bersama suami dapat terselesaikan dan doa saya terjawab sama Allah SWT . Semoga do’a saya terkabulkan.
      Amin ya robal alamin….Ya Allah
      Reply

  7. Riduan says:

    Asallamu’alaikum,Wr.Wb.

    Pa Ustadz saya dan kalian-kalian yang membaca tulisan ini, mohon kita sama-sama saling mendoakan, untuk semua masalah yang kita hadapi, Mudah-mudahan Allah SWT mendengarkan doa kita ,,, Amin Ya Robb …

  8. susanto says:

    Asallamu’alaikum,Wr.Wb.

    Pak Ustadz,
    Saya sangat meresapi postingan dan santapan rohani dan pengajiannya.

    Sekiranya diijinkan,saya ingin follow dan copy paste.

    Terimakasih.

    Wassalamu’alaikum,Wr.Wb.

  9. diah says:

    Assalamu’alsikum warahmatullah wabarakatuh
    Terima kasih pak ustad atas tausyiah yang diberikan, semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan perlindunganNya kepada bapak dan keluarga, saya bbrp waktu lalu kehilangan sesuatu yang sangat berharga, saya sempat teramat sangat sedih dan menyesal, dan hampir tersesat dalam mencari bantuan,
    Alhamdulillah, berkat pertolongan Allah SWT saya akhirnya sadar bahwa tindakan saya salah, dan saya bertaubat tidak akan mengulangi lagi. Setelah membaca tulisan bapak ini saya semakin yakin bahwa ini merupakan rencana Allah SWT yang baik untuk saya. Semoga Allah selalu menolong kita semua, amin
    Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

  10. novi says:

    Assalamualaiku, artikelnya sangan bermanfaat. Saya jadi semakin yakin akan segala masalah yg sedang saya hadapi sekarang, pasti akan terselesaikan dengan bantuan Allah. Semoga org org yg ingin berbuat zalim dijauhkan dari kita semua, amin o:)

  11. novi says:

    assalamualaikum pak ustad,

    terimakasih banyak untuk tulisan dan saran2-nya pada blok ini,
    saya merasa amat terbantu.

    insyaAllah ini jalan saya kembali menuju ridho-Nya,

    Amin.

  12. ary says:

    syukron katsir ,. sangat bermanfaat, mohon ijin sharenya pak ustad,.

  13. budi says:

    Terima kasih nasehatnya pak Ustad. Sudah 5 tahun saya diuji Allah ta ‘ala. Saya tetap bersabar dan istiqomah. Saya yakin Allah ta ‘ala akan memberi balasan terbaik buat saya. AMIN Ya..robbal ‘alamin.
    Mudah2an Allah ta ‘ala mengampuni dosa-dosa saya dan mewujudkan harapan (doa) saya Amin ya robal alamin…
    minta doanya ya pak Ustad.
    Terimakasih dan wassalamu ‘alaikum wa rohmatullahi wa barokatuh..

  14. triono says:

    assalamualaikum; pingin tau fushilat ayat 30-32 pkai bahasa ind

  15. Wawan says:

    Terimkasih pa,ustad.

  16. Kur says:

    Terima kasih atas tausiyah-nya Pak Ustadz. Semoga Allah mengangkat segala kesulitan Pak Ustadz dan seluruh pembaca laman ini. Aamiin YRA.

  17. dillah says:

    ass_pak ustad q mau nanya q sudah mengerjkan shalat tahajud dan istikharoh dan hajad
    pi d kasih gambaran cwo itu
    terus q shalat hajad dan meminta ptunjuk klu dia memang jodoh q berilah q petunjk eh pas pagi2 ny malah ketemu cowo itu_d situ q bertanya2 pd dri qu sndiri,apa yg q liat td pgi itu hnya kbetulan ap itu jwban dr shalat hajad q_terus q brusa mencri tau ,tryta itu adlah jwaban dr istikharoh ku_krna d dunia ini tak ada kata kbetulan_jika allah bekehendak mka terjdilah

  18. dian says:

    so pastiiiii,,sippp

  19. mukhlis says:

    Asallamu’alaikum
    wr.wb

    pak ustadz, terima kasih banyak atas artikel yang sangat bermanfaat ini,
    semoga dengan do’a ini Allah memberikan petunjuk, agar semua masalah
    yang sedang saya hadapi dapat terselesaikan, baik itu menyangkut
    kesuksesan demi masa depan yg lebih baik ataupun penyakit. Semoga do’a
    saya terkabulkan agar ad perubahan pada diri saya menjadi lebih baik,
    Amin ya robal alamin….Ya Allah

  20. Faqih says:

    Alhamdulillah setelah membaca artikel ini saya mendapat pencerahan, sy sudah download semoga bermanfaat untuk selalu didengarkan dan pengobat hati yg resah, gelisah agar menjadi istiqomah dan menuju ridho Allah SWT. Syukron Kasiran Pak Ustad semoga menjadi ilmu yang bermanfaat amiin. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan rejeki yang banyak halal berkah kepada Pak Ustad dan keluarga serta kepada kita pembaca semua amiin ya Allah.

  21. Afizah says:

    tumpang tanye.. mcm mne nk download??

  22. Hello, after reading this remarkable piece of writing i am too happy
    to share my knowledge here with mates.

  23. yp.assalam says:

    Kami dari yayasan assalam, yayasan yang membina dan memberikan pendidikan tanpa biaya kepada anak anak yatim-piatu dan anak anak yang tidak mampu/putus sekolah. Berdiri sejak tahun 2007. Memiliki pondok tempat tinggal siswa yatim-piatu. Dan ruang untuk belajar jenjang SD dan SMP.
    Saat ini siswa kami terus bertambah, dan kebutuhan pun semakin meningkat. Kami memiliki 132 anak jenjang SD dan 80 anak jenjang SMP. Telah banyak usaha yang kami lakukan untuk terus meningkatkan pendidikan dan tempat tinggal kepada seluruh siswa kami.
    Dengan ini kami memohon bantuan kepada seluruh pembaca, dan pengguna internet di manapun berada. Mohon kiranya dapat turut membantu kami memberikan pendidikan yang layak kepada anak-anak yatim-piatu dan juga anak-anak yang memiliki keluarga tidak mampu. Kami mohon uluran bantuan dari saudara-saudara sekiranya dapat memberikan sumbangan se ikhlasnya. Berapapun jumlah nya walaupun hanya 1000 rupiah. Seberapapun itu niat dan keikhlasan saudara-saudara sangat membantu kami.
    Untuk mengetahui lebih jauh tentang yayasan kami dan gambaran juga fhoto-fhoto fisik yayasan kami, silakan kirim email kepada kami. yayasan.assalamm@gmail.com. Dan untuk menyalurkan bantuan anda silakan kirim ke nomor rekening kami : 114-00-0775062-6 (Bank Mandiri) Sebelumnya kami haturkan banyak terima kasih

  24. kanseros says:

    Aslkm pa ustads…..saya sdg dl kesulitan..karena hutang yg melilit..byj yg bilang kita hrs berusaha tdk cukup hanya berdoa….tp tdk tau lagi hrs berusaha apa dan kemana..sementara telp ttp betdrring dr org yg menagih…saat ini saya hanya berdiam di masjid…karena itu td….tak tau lg mau brtbuat apa…bgm seharusnya p ustads…?

  25. hestiningsih says:

    Asalamualaikum pak ustd..saat ini saya sedang mendapatkan masalah.saya punya teman laki laki.karna saya adalah single parent.dan saya mencari seorang laki laki untk saya inginkn jdi suami.tpi saat ini blm untk menikh dia pinjam uang dri saya.krna kerja fia ada mslh k uangan.sya pikir untk menolong tpi malah k trusn gk tau sudh brp bnyk uang yg masuk.ktnya segr d kmblikn tpi hnya janji.saat ini sya bth uang krna pnya hutng.sya tak brhent tuk berdoa.apakh Alloh SWT akn menolong hambanya ini.maksih kmi berharap bpk bisa memberi masukn tuk kami

  26. Leli says:

    Assalamualaikum wr.wb.. Saat ini saya sdg mengalami ujian yg cukup berat dan sdg membutuhkan pertolongan dari hamba Allah yg mau membantu kesulitan keuangan kami, rek. BRI : 404201008441539 . Atas semua kebaikan saudara saudara saya mengucapkan terima kasih dan semoga Allah SWT membalas semua kebaikan saudara saudara, Amin Ya Allah ya Robbal Alamin..

  27. nelvi says:

    Assalamualaikum wr.wb, pak ustad,,saya sekrng dlm menghadapi ujian yg sngat berat,,mslh keuangan,,saya butuh sekali krna orng tua saya lg skt,,mudah”an saudara semua bs bantu saya ke rek mandiri 1210005586585. Mudah”an kesulitan saya ini bs dibantu sm Allah n saudara” smua,,amin yarabal alamin

  28. juli hendra says:

    Sore pak ahmad,sy juli hendra sy sangat membutuhkan pertolongan dana hibah,saat inisy sedang terlilit hutang dgn rentenir sejumlah 180juta,sy tidak tahu bagaimana sy bisa membayar semuanya,sy sdh berusaha kemana mana utk mencari solusinya namun tidak berhasil,sy sdh putus asa sekali pak tidak ada jalan yg bisa sy tempuh utk menyelesaikan masalah hutang sya,sy mhn bpk ahmad bs membantu sy dlm menyelesaikan masalah hutang sy.terimakasih

  29. juli hendra says:

    Sore pak ,sy juli hendra sy sangat membutuhkan pertolongan dana hibah,saat inisy sedang terlilit hutang dgn rentenir sejumlah 180juta,sy tidak tahu bagaimana sy bisa membayar semuanya,sy sdh berusaha kemana mana utk mencari solusinya namun tidak berhasil,sy sdh putus asa sekali pak tidak ada jalan yg bisa sy tempuh utk menyelesaikan masalah hutang sya,sy mhn bpk bs membantu sy dlm menyelesaikan masalah hutang sy.terimakasih.bpk/ibu bisa menghubungi sy di 088808734502 atau bisa transfer ke BCA 5470301521

  30. amin says:

    Pak ustad sy diuji oleh allah dihadapkn dengan perkara hutang yang menumpuk ini semua mutlak kesalahan kami mohon petunjuk dan penjelasan pak ustad wassalam

  31. toni says:

    Mohon admin atau siapapun sudi menyebarkan email saya maratoni.toni@yahoo.co.uk atau hp 082217606765 . saya berumur 43 tahun dan hidup terpisah dengan keluarga krn liitan hutang yang sebagianya dengan rentenir. kerja saya sebagai dosen, namun terlilit dalam masalah krn saya akui kesalahan saya.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Minta tolonglah pada Allah dengan mengerjakan shalat malam atau dhuha sebanyak dua rakaat atau lebih setiap hari, kemudian baca tadabbur al qur’an seperti yang disampaikan pada artikel diatas.

      Kamu bisa juga mewiridkan asmaulhusna seperti yang disampaikan oleh ustad Yusuf Mansyur pada artikel “Pengalaman ustad Yusuf mansyur dengan wirid asmaulhusna” . Ustad Yusuf Mansyur punya pengalamana yang lebih rumit dari kamu , dia punya hutang ratusan juta dan sampai masuk penjara sebanyak dua kali. Dan dia bisa lolos dari semua masalah dengan wirid asmaulhusna itu.

  32. kholifah says:

    Asslmualaikum pa ustad suami sya sakit udah 5th sakit dlu sebulan sekali muntah darah kta dokter ada tbc paru udah sembuh dari muntah darah skrng ada pembengkakan di perut sampai kaki sudah berobat kemna2 blm ada hsil keluar masuk rumah sakit 1 bln 2kli.saat ini suami sya msh di rwat di rumah sakit kta dokter hrus minum obat seumur hidup krena ada pembengkakan jantung kamipun dlm rumah tangga punya rezeki ga pernah ngumpul karena buat berobat kesana kemari mnta solusinya pa sma doa untuk kesembuhan suami dan rumah tangga biar barokah terima kasih.

  33. kholifah says:

    Suami sya skrng hrus pake oksigen tiap hri dirumah ga bsa aktifitas lgi sprti biasa krna ga bsa lepas dari oksigen mnta bantuanya pa ustad betapa beratnya penyakit suami sya pa ustad sekali lgi mnta doanya suami sya namanya muhamad dihwan usia 38th terima kasih.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Allah menjadikan berbagai penyakit pada manusia sebagai ujian bagi keimanan dan keyakinan seseorang. Nabi Ayyub diuji dengan menderita penyakit yang hebat sampai belasan tahun , akhirnya Allah mendatangkan kesembuhan padanya dengan cara yang menakjubkan. Seseroang tidak akan sakit dan tidak akan sembuh tanpa izin dan kehendak Allah. Obat yang diberikan hanya sarana, bukan yang menentukan kesembuhan. Yang menentukan kesembuhan adalah izin dan kehendak Allah.

      Nabi Ayyub sembuh dari penyakitnya hanya dengan menghantamkan kakinya ketanah, sehingga keluar mata air, kemudian Allah perintahkan dia mandi denga n air itu. Ia sembuh dengan izin dan kehendak Allah. Kalau Allah berkehendak air putih saja sudah cukup untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

      Dalam surat Al Israak ayat 82 Allah telah mengingatkian bahwa Ia telah menurunkan Qur’an sebagai obat dan rahmat bagi orang yang beriman. Bagi orang yang yakin , ayat qur’an yang didengar dan dibaca bisa menyembuhkan berbagai penyakit, kamu bisa ikuti pengalaman beberapa orang pada kisah dibawah ini

      1. Bisa melihat kembali setelah buta selama 34 tahun

      2. Kisah sakitnya bundaku\

      3. Sakit gigi sembuh dengan mendengar bacaan Qur’an

      Semua keajaiban itu hanya berlaku bagi orang yang yakin bahwa Allahlah yang menyembuhkan semua penyakit. Orang yang ragu dan tidak yakin tentu ntidak akan mengalami hal seperti tersebut.

      Untuk perawatan suami nkamu saya sarankan agar ia meminum air rukyah surat Al Fatihah, Al Ikhlas , Al Hasyr, 21-24 dan asy Syuara 71-82 seperti yang sdaya sampaikna pada artikel ” TADABBUR QUR’AN MENYEMBUHKAN PENYAKIT TUMOR, KISTA, KANKER ” di blog ini

      Kamu baca surat alfatihah, kemudian baca doa seperti yang ada pada artikel itu, tiupkan pada satu gelas atau lebih air putih yang sudah kamu siapkan .

      Selanjutnya baca surat al ikhlas dan doa pada artikel tersebut, tiupkan pada air putih itu.

      Baca surat Al Hasyr 21-24 berikut doanya , tiupkian pada air itu, demikian selanjutynya sampai surat Asy Syuaraa 78-82.

      kalau kamu belum hafal surat dan ayat itu kamu bisa mendownload MP3nya sesudah mendengar MP 3 ayat itu baca doanya dan tiupkan pada air yang sudah kamu siapakan.

      Beri minum air rukyah itu setiap pagi dan sore hari . Agar tidak terlalu sering membuatnya kamu bisa buat air yang banyak (satu termos atau aqua 2 liter ) sehingga sekalimembuat bisa untuk minum sampai beberapa kali . kalau pakai air mineral aqua buka tutupnya sehingga kamu bisa meniupkan kepermukaan airnya.

      Selanjutnya anjurkan suami kamu untuk mendengarkan Mp 3 ayat gabungan untuk penyembuhan penyakit seperti yang ada pada bagian terakhir artikel itu. Kamu bisa langsung download ayat terseb ut dari sana.

      Kalau kamu merasa repot dengan bacaan yang panjang kamu bisa buat hanya dengan membaca alfatihah dan al ikhlas berikut doanya. Mudah mudahan semua ini bisa meringankan penyakit suami kamu. Lakukan semua itu dengan sabar dan istiqomah. Sembuh atau tidak sepenuhnya ada pada tangan Allah. Jika dia menghendaki sembuh “kun fayakun” dia akan sembuh dalam sekejap.

      Ikuti juga kisah kesabaran nabai ayub menghadapi penyakit yang dideritanya pada artikel : NABI AYYUB SAKAIT KARENA GANGGUAN IBLIS DAN BALATENTARANYA” pada blog fadhilza.com

  34. kholifah says:

    Ya alloh pa ustad bru kemarin di blang udah ngga muntah darah ini mlah subuh tdi dan jm 2 keluar darah lgi mnta bantuan doanya pa ustad untuk kesembuhan suami sya

  35. kholifah says:

    Sekiranya suami sya diruqyah lsung gmna pa diundang ke bdg

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Apakah kamu sudah coba memberikan air rukyah pada suami kamu? biasanya pada saat pertama minum air rukyah akan ada reaksi perlawanan dari tubuh yang sakit, keadaannya seolah olah tambah parah, seperti demam, muntah, pusing dan lain sebagainya. Jangan cemas teruskan minum air rukyah itu , sampai keadaannya bertambah baik . Untuk bantuan rukyah dibandung kamu bisa hubungi sdr Ikhna 081214996313

  36. kholifah says:

    Assalamualaikum wr.wb alkhamdulillah udah 3 hri sya kasih air ruqyah sesuai yang bp anjurkan keterangan dokter keadaan suami skrng stabil walaupun msh hrus pake oksigen dan masih lemas.bru plang dari rumah sakit mungkin bertahap ya pa terima kasih untuk informasinya untuk rukyah yang di bdg akan sya hubungi secepatnya minta doanya pa ustad untuk kesembuhan suami sya mudah2an sya bsa sabar seperti yg dicontohkan siti rahma istri nabi ayyub amiin terimakasih

  37. Maya says:

    Ass.wr.wb, ustad, saya tinggal di luar negeri, sangat susah sekali berdaptasi karena saya minoritas, Allhamdullillah biarpun teman saya sedikit teman saya mengerti saya dan agama saya dan mereka sangat mendukung saya beribadah. Yang saya ingin tanyakan adalah:

    1. Saya sangat percaya Allah swt 100%, bahkan saya selalu menjelaskan kebaikan agama Islam dan ajaran Islam ke teman2 non muslim sampai pada akhirnya mereka menghormati agama Islam, ditengah2 isu rasial yang sangat kuat disini (kepada orang Arab, mereka menyamakan arab=islam), bahkan saya sering sekali terharu menangis saat membaca artikel keindahan Islam, dsb. Tetapi anehnya saya masih sangat sukar sekali beribadah terutama sholat, apalagi saat ini sudah bukan bulan Ramadan. Kemarin bulan Ramadan, Allhamdullillah saya batal hanya 4kali, saya juga menjalankan sholat biarpun tidak 5 waktu tetapi sangat banyak perkembangannya di banding hari hari biasa yang tidak pernah sholat sama sekali atau tahun lalu, saya tahun lalu puasa hanya seminggu, apalagi puasa disini berat (jam 5 pagi sampai jam 9.30 malam). Saya juga sering membaca Istighfar, Sholawat, Bismilah setiap kali akan melakukan aktifitas atau pada saat melakukan aktifitas, karena saya berdoa hampir setiap saat walaupun tidak dalam sholat atau keadaan bersuci. Saya benar benar ingin sekali beribadah lurus dari dulu, saya selalu percaya Allah, dan saya benar benar Islam, hanya saja tidak tahu kenapa bertahun tahun seperti ini. Bagaimana caranya?

    2. Selama saya merantau, saya selalu dihadapi masalah berat, yang benar benar berat, bahkan lebih berat dari hutang, masalah yang benar benar tidak pernah dibayangkan oleh orang normal (saya tidak akan menerangkan masalahnya), dan masalah selalu datang setiap saat, padahal saya adalah orang yang baik, tidak pernah bermaksud jahat, selalu kasihan, membantu orang, dan penyayang. Hanya saja saya pernah melakukan dosa dosa besar pada saat saya masih remaja,saya sangat menyesal sekali dan belum pernah bertobat, saya melakukan dosa karena pada saat itu saya masih labil belum mempunyai kepribadian dan kedewasaan. Saya takut untuk bertobat karena sangat takut membuat kesalahan lagi. Tapi sekarang saya berpikir mungkin masalah masalah berat yang saya alami sekarang adalah akibat dari dosa dosa saya terdahulu. Bagaimana solusi dari bapak ustad, saya sangat ingin bertobat tetapi saya masih tidak stabil biarpun saya yang sekarang sudah 80% jauh lebih baik dan dewasa dari yang dahulu, tetapi saya tahu saya masih tidak sanggup untuk menjadi orang yang sempurna dan menjalankan seluruh ibadah. apa ada metode beribadah sedikit demi sedikit pak Ustad?

    3. Saya tinggal di negara non muslim bahkan banyak orang tidak beragama, untuk bisa diteima di lingkungan sosial atau kerja untuk karir dsb, itu mengharuskan saya untuk berinteraksi dan bergabung dalam komunitas mereka. Jadi terkadang saya meminum minuman alkohol biarpun tidak sampai mabuk (saya selalu kontrol 100%) bahkan saya sering menolak minuman alkohol, karena pada dasarnya saya tidak suka alkohol, jadi terkadang saya meminum alkohol misalnya sebulan sekali, dan selama beberapa tahun tidak pernah kecanduan, tetap sampai sekarang tidak suka alkohol. Apakah boleh meminum alkohol sesekali dengan tujuan sosialisasi karena terkadang sangat sulit untuk menghindari alkohol di lingkungan sini.

    Demikian pertanyaan saya, semoga bapak ada waktu untuk menjawab pertanyaan saya, karena saya sanga ingin sekali beribadah dan belajar agama lagi, dan juga karena kecintaan saya pada Islam yang sangat mendalam.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Saya memaklumi kesulitan yang kamu hadapi, karena memang demikian itulah Allah menciptakan kehidupan dunia. Dibutuhkan tekad dan kemauan yang kuat menghadapi lingkungan seperti yang kamu hadapi itu. Allah ciptakan kehidupan dunia penuh kebohongan, tipuan dan kesenangan palsu. Allah jadikan lingkungan dunia ini sebagian besar tidak kenal Allah. Kurang lebih 80 % penduduk dunia yang hampir 7 milyar ini tidak kenal Allah dan kehidupan akhirat. Mereka hanya tahu tuhan-tuhan yang beraneka macam ragamnya, sehingga mereka ragu dengan kehidupan akhirat. Ada baiknya untuk memahami betapa dahsyat tipu daya dunia ini kamu baca tulisan terakhir saya diblog ini “ TIPUAN KEBOHONGAN DAN KEPALSUAN KEHIDUPAN DUNIA”

      Ada perbedaan antara Iman dan Islam. Orang yang baru percaya pada Allah, kehidupan akhirat dan mengucapkan dua kalimah sahadat saja sudah disebut Islam. Tapi untuk jadi orang beriman dan bertakwa itu butuh proses yang panjang dan lama , melalui berbagai ujian dan cobaan (dasarnya surat Al Hujurat 14 dan Al Ankabut 2-3). Apa yang kamu alami sekarang ini adalah proses ujian dan cobaan Allah untuk meningkatkan Iman dan takwa kamu. Jika kamu bisa mengatasi semua itu maka Iman dan takwa kamu akan terus meningkat dan bertambah kuat. Kalau kamu gagal menempuh semua ujian itu kamu hanya tercatat sebagai seorang Islam (Muslim).

      Teruslah belajar, tingkatkan mutu shalat kamu dengan berusaha untuk mengerti dan paham setiap kalimat yang kamu baca dalam shalat . Pelajari tatacara shalat khusuk pada artikel PANDUAN SHALAT KHUSUK diblog ini. Perbanyak istighfar atas semua dosakamu dimasa lalu. Allah maha pengampun dan maha bijaksana. Dosa yang pernah kita buat jika tidak dihapuskan akan menutupi hati hingga gelap dan sulit menerima hidayah dan petunjuk Allah.

  38. Maya says:

    Terimakasih atas jawabannya Pak. Apakah bapak bisa membantu saya agar saya bisa bertambah iman dan takqwa? Saya melakukan banyak dosa dan mungkin juga dosa besar, pada saat saya masih remaja. Apa menurut bapak saya harus sholat taubat? Saya takut menjalani sholat taubat, karena tanggung jawabnya sangat besar sekali, apakah taubat saya bisa di awali dengan meningkatkan ibadah saya? Saya sangat ingin beribadah Pak, tetapi sangat malas menggerakkan badan ini. Tidak tahu kenapa? Padahal saya sendiri suka sedih dan kecewa karena jarang beribadah. Saya ingin menjadi pribadi yang taqwa pak, mohon sekali dibimbing. Tolong ya pak. Terimakasih banyak.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Dosa itu ibarat debu yang menempel dibadan. Tidak ada seorang manusiapun yang bisa menghindari dirinya dari debu itu. Untuk membersihkannya kita harus mandi satu atau duakali sehari. Kalau kita tidak pernah mandi maka debu yang menempel itu akan menjadi daki yang tebal yang pada akhirnya akan mendatangkan berbagai penyakit pada diri kita.

      Demikian pula dengan dosa tidak ada manusia yang bisa menghidar daripadanya. Untuk menghapuskan semua dosa itu Allah memerintahkan kita shalat 5 kali sehari. Didalam shalat ada doa untuk mohon ampun pada Allah (terutama pada waktu duduk ifthirash) . Shalat itu menghapus dosa yang muncul diantara dua shalat. Perbanyaklah berbuat amal baik karena kebaikan itu akabn menghapus keburukan sebagai disebutkan allah dalam surat Hud 114

      114. Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat. (Huud 114)

  39. rais says:

    pak sya pengamal ayat kursi manfaat apa saja di kehidupan dunia maupun di akherat

  40. Marliana says:

    _ ______ªššªĻªмΰ’ªĻªΐкΰм шªгªЋмªţΰĻĻªЋΐшªъªгªкªţΰЋ____ pa ustad saya lagi kebingungan blan ini yg harus dsediakan buat mntup uang k 3 BANK sbesar 100 juta smntrA buat makan z d pinjam ksana kmari †̥ά̲p̅p̅ȋ̝̊̅̄ ɑ̤̥̈̊k̶̲̥̅̊υ̲̣̥ yAkin Allah past mnolongku , tiap malamm tahajud pAgu dhuha ɑ̤̥̈̊k̶̲̥̅̊υ̲̣̥ mhon pada Allah , karna klo gak ada uAng blan rumah akan disita , bagaimana pa ustad ɑ̤̥̈̊k̶̲̥̅̊υ̲̣̥ anak 2 (single parents)

  41. sarena says:

    Assalamualaikum …Ustaz

    Saya penuh dengan masalah yang akan ke hadapan..saya setiap hari berdoa dan sembahyang hajat…adakah doa saya allah mendengar Vila saya meminta tolong…harap pak ustaz boleh jelas kan dan sembahyang sunat apa harus saya laku kan

  42. argalaya says:

    assalamu’alaikum….BAGI SAUDARA SEMUA YG MENGALAMI KABANGKRUTAN ATAU TERLILIT HUTANG SILAHKAN IMBOK SY INSYAALLAH ADA SOLUSI UNTUK MENDAPATKAN PERTOLONGAN ALLAH………

  43. Mita says:

    Terimakasih banyak Pak Ustad.Dengan sering mendengarkan ayat di atas,hati saya menjadi tenang dan hilanglah kegelisahan hati.Cobaan kali ini sungguh berat.Semoga Allah membalas kebaikan yg anda berikan.Amiin

  44. arifin says:

    Pak ustadz.. Sy bingung,langkah apa yg harus sy ambil… Sy terlilit hutang,jumlah nya skitar 30 juta.. Semua krna sy hobi bermain judi online,, awalnya sy menang,dan bisa mencicil utang sy.. Tpi lama2,sy sering kalah dan kembali berhutang.. Akhirnya hutang sy menumpuk,dan setiap sy punya uang sedikit selalu sy gunakan utk berjudi lgi dgn harapan utk melunasi hutang sy.. Tpi,yg sering terjadi malah sebaliknya.. Sy ingin hidup baik2 pak ustadz,sy ingin selalu bersama keluarga kecil sy.. Sy sangat menyayangi mereka.. Tpi sy tdk tahu,bagaimana langkah yg harus sy ambil supaya sy bisa melunasi hutang2 sy dengan waktu sesingkat ini… Sy stress pak ustadz.. Kadang sy berpikir jelek mau meninggalkan keluarga sy,dan pergi merampok atau mencuri utk melunasi hutang sy.. Kadang juga sy berpikir ingin mengakhiri hidup sy… Sy dari kecil tdk pernah berkumpul dengan org tua sejak mereka bercerai.. Tolong sy pak ustadz.. Tolong kasih tahu,jalan apa yg harus sy ambil.. Terima kasih banyak sebelumnya…

  45. juli says:

    Asalamualaikum ……artikel yang amat bermanfaat….pak ustad sy guru hono jg tambahan nenjadi guru les ptivate….Dari awal sy selalu menyadari dengan rezeki yg sy dapat Alhadulilah namun disisi lain hutang sy pun tak terbendung….selalu gali lobang tutup lobang…kini rmh satu2 yg kami bangun dengan keringat dan kpr nya pun belum terlunasi dan telah dipasang di segel karena blm membayr cicilannya….berkeluh pada suami tak pernah merespon….selalu sy datng kepada Alloh namun tetap saja smua urusan hutang sy blm terselesaikan…..sy selalu berkeluh kepada Alloh…. dengan membaca ayat2 yg ustad tulis sy mersa tidak takut sy yakin alloh akan senantiasa menolong…..selagi memposting ini pun sy selalu tergetar dengan mengingat segala beben yg sy pikul….semoga ada pertolongan Alloh dgn ridoonya ……semoga ada keajaiban datng lewat tangan Alloh

    • AMIR says:

      KALAU TANYA URUSAN ILMU TAUHID KEIMANAN MUDAH DIJAWAB , TAPI KALAU URUSAN HARTA. PEKERJAAN ,HUTANG POKOKNYA YANG SIFATNYA MATERI .JAWABAN YANG TEPAT YA DENGAN UANG,ATAU HARTA ,SILAHKAN USAHA SENDIRI KERJA SENDIRI.

  46. ardi says:

    Subhanalloh,,sangat bermanfaat

  47. Johni J Kalangi says:

    Assalamu’alaikum WRWB…
    Saya sedang kesulitan & kesusahan. Sejak Hijrah keIslam sepertinya saya selalu ditimpa kemalangan. Bagaimana cara mengatasinya? Terima kasih

    • aditya says:

      Wa’alaikumslm wr wb

      Saudaraku… Sungguh kabar gembira bagiku akan hijrahnya engkau.. Semoga Allah merahmati.. Ujian yg datang bukanlah suati pertanda buruk dr hijrahnya engkau.. Namun sebagai wujud ujian kesungguhan engkau. apakah engkau benar2 yakin dalam berhijrah.. Bersabarlah saudaraku… Pertolongan Allah pasti datang… Memohonlah selalu pada Allah dengan sabar dan Shalat.

  48. bu sum says:

    Assalamu alaikum Ustad, dan pembaca bantu juga mendoakan saya agar Alloh cepat mengijabah doa saya.Saya tertekan hutang hampir 50 jt untuk oprasi kangker saya alhamdullilah masih dalam pengobatan.Suport ustad dan pembaca sangat saya harapkan lewat email atau hp sy 085385347222

  49. diah says:

    assalamu’alaikum Ustadz… apa ada tanda2 awal Allah akan mengabulkan doa hambanya?
    krn sy punya prmintaan pd allah dan sy sdh beribadah maximal sesuai kemampuan sy dg sebaik mungkin. tapi Allah mlah ngasih kepahitan. itu knp ya Ustadz? kdang sy bingung dan jd tmbah stress krn g tau maksud Allah apa. mw brhenti brdo’a tapi sy udah trlanjur nyaman berdua duaan sm Allah, tapi klw mw truuus brdo’a sy kuatir akan pahit lg. mohooooon sekali bamtuannya Pak Ustadz. terima kasih.

  50. Andre says:

    wah… makasih bnget buat yg nulis blog ini, sangat membantu sekali… dan memotivasi keimanan yg sedikit melemah, hehehe maaksih bnget Tq… hehehe

  51. aprin says:

    Minta kontak person pak ustadz boleh..?? pgn curhat masalah hidup saya..

  52. yudha says:

    saya yudha..saya mau tanya,,saya seorang muslim..disaat saya hidup mapan saya tak pernah sedikitpun kikir namanya uang,saya sering bantu saudara ataupin tetangga saya bahkan saya seorang donatur di suatu panti asuhan yang ada di jawa timur…saya punya uang juga saya sisihkan untuk membangun mushola untuk beribadah..tapi yang saya bingungkan kenapa hidup saya hancur dengan menanggung banyak hutang tapi Alloh tidak kunjung memberi saya pertolongan…saya merasa kenapa kok sampai saya seperti ini..saudara tidak peduli dengan saya..istri saya juga tidak mau perduli dengan saya…saya hanya ingin keadilan kenapa disaat saya sukses banyak uang saya sering mendahulukan orang lain tetapi kenapa disaat saya hancur tidak sedikitpun orang merasa kasihan dengan saya atau berusaha membantu saya…kenapa tidak ada keadilan di dunia ini

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Dalam surat As syuraa ayat 30 Allah berfirman : “. Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu”
      Penderitaan dan kesulitan yang kamu alami saat ini asalnya adalah dari diri kamu sendiri, coba kamu introspeksi diri apa kesalahan dan kekeliruan kamu hingga kamu mengalami hal seperti itu. Coba kamu periksa apakah kamu sudah melakukan shalat dengan benar dan khsusuk , karena orang yang shalat dengan benar dan khusuk akan dilindungi Allah dari kemiskinan, kemelaratan, kehinaan dan kepayahan hidup sesuai doa ketika duduk iftirash yang dibacanya. Mintalah pertolongan pada Allah dengan mengerjakan shalat tahajud secara rutin setiap hari. Sibukan diri kamu dengan berusaha memperbaiki diri jangan kamu sibukan diri kamu dengan mencari kesalahan pada lingkungan dan orang lain.

  53. Ikhrom says:

    Assalamualaikum .pak ustadz .maaf mengganggu waktunya.sy dan istri sy sedang di tudung masalah .hutang menumpuk.bisnis sll di tipu bagaimana mengatasinya

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Berbagai bencana dan musibah yang menimpa seseorang umumnya berasal dari diri yang bersangkutan. Semua itu merupakan peringatan dari Allah agar dia memperbaiki dirinya. Untuk keluar dari kondisi buruk itu mintalah pertolongan pada Allah, minta ampun padaNya atas semua dosa dan kesalahan, Kerjakan shalat dengan benar dan khusuk. Perbaiki shalat dengan beruisaha untuk mengertoi seretiap kalimat yang dibaca didalam shalat. Minta tolong pada Allah dengan mengerjakan tahajud secara rutin setyiap malam. Ikuti panduan pada artikel MEMBEBASKAN DIRI DARI LILITAN HUTANG DAN KEMISKINAN diblog ini

  54. Hadi prawito says:

    Asalamualaikum.pk. saya punya masalah dalam pekerjaan .dari dulu saya klaou kerja penghasilan dalam 1 tahun bisa untung 100 jt tapi kenapa tidak bisa menetap tiap tahun jatuh bangun usaha saya .dan klaou punya uang banyak saya tergoda perempuan. Setelah saya tidak punya uang.bisnis susah.cari sana sini susah tiap mau bisnis sekarang ada aja kendala dan batal.klaou terus begini uang saya habis. Minta saran pk .gimana biar kerja saya lncar.dapat bisnis lancar.dan hasile dapat bertahan atau barokah. Untung anak istri saya masih nerima keadaan saya pk.minta saran pk

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Perbaiki mutu kehidupan kamu dengan memperbaiki mutu shalat. Jika kamu lakukannshalat dengan benar dan khusuk kamu tidak akan ditimpa kemiskinan , kemelaratan dan kepayahan hidup. Perhatikan doa yang dibaca ketika duduk iftirash baca dengan perlahan dan penuh penghayatan. Itu akan membebaskan kamu dari kemisikanan kemelaratan dan kpayahan hidup. Pelajari tatacara shalat khusuk pada artikel PANDUAN SHALAT KHUSUK diblog ini.

  1. October 28, 2014

    […] Pertolongan allah bagi orang yang dalam kesulitan | pondok […]

  2. October 31, 2014

    […] Pertolongan allah bagi orang yang dalam kesulitan | pondok […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>