TADABBUR QUR AN UNTUK MENGHILANGKAN STRESS , CEMAS DAN GELISAH

You may also like...

83 Responses

  1. edwin says:

    mohon untuk saudaraku seiman di baca blog ini http://muslim-murtad.blogspot.com/2013/03/awloh-nya-islam-doyan-ber-sumpah.html#more
    sebuah blog yang sangat mengganjal saya sebagai seorang muslim yang sedang berusaha untuk lebih mendekatkan diri pada Allah SWT. saya juga sudah mengundang pemilik blog untuk berdiskusi dengan orang yang cukup keilmuannya dalam islam. saya baca blog ini sangat berbahaya jika yang membaca sangat minim pengetahuan dan sedang dalam keraguan hati dalam menjalani hidup. mohon bantuannya, terima kasih

    • fadhilza says:

      Wa alaikum salam
      Dalam surat Al Israk ayat 82 Allah mengingakan:

      82. Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.

      Pada ayat diatas Allah mengingatkan bahwa Al Qur’an itu ibarat pisau bermata dua disatu sisi ia mereupakan obat penawar bagi orang yang beriman, namun disisi lain ia akan membuat bingung pusing dan gelap bagi orang kafir. Bagi orang beriman Al Qur’an menjadi obat dan rahmat , bagi orang kafir Quran menjadi laknat (kerugian).
      Orang yang menghujat Qur’an sejak zaman Rasululah sampai akhir zaman akan tetap ada, Allah mengingatkan agar hati hati dan menjauh dari orang seperti itu. Kalau kita berkumpul dan tetap bersama mereka dikuatirkan iman kita akan goyah, Mereka adalah kelompok yang dibiarkan sesat oleh Allah. Barang siapa yang dibiarkan sesat tidak ada yang bisa memberi hidayah selain Allah sendiri. Web seperti ini bertebaran dialam maya antara lain faith freedom dan web yang anda sebutkan itu buku yanbg sudah terbit antara lain The islamic invasion karya Robert Morey.

      Bagi mereka yang ingin tetap menjaga iman dan keyakinannya tidak usah dihiraukan web seperti itu, biarkan saja . Masih banyak web yang bermutu untuk dipelajari. Itu adalah terompet iblis untuk menyesatkan umat manusia. Jangan terpancing untuk memberi tanggapan di web mereka. Orang seperti itu sama saja diberi peringatan atau tidak mereka tidak akan beriman. Mereka tidak akan percaya dan beriman sampai unta masuk lubang jarum. Meladeni mereka hanya usaha yang sia sia. Masih banyak orang yang haus akan dakwah yang mau mendengarkan nasihat Al Qur’an. Perhatikan firman Allah dalam suratat 10-11 :

      10. Sama saja bagi mereka apakah kamu memberi peringatan kepada mereka ataukah kamu tidak memberi peringatan kepada mereka, mereka tidak akan beriman. 11. Sesungguhnya kamu hanya memberi peringatan kepada orang-orang yang mau mengikuti peringatan dan yang takut kepada Tuhan Yang Maha Pemurah walaupun dia tidak melihatnya. Maka berilah mereka kabar gembira dengan ampunan dan pahala yang mulia.

  2. ika handayani says:

    Assalamualaikum wr.wb
    Pak fadhilza,saya ingin curhat selama bulan ini sya mengalami ktakutan yg luar biasa seperti saya takut cape,takut sakit sampai takut mati.saya merasa depresi saya tidak tau penyebabnya kenapa saya sampai mengalami hal sperti ini! Saya ingin keluar dari tekanan dan keadaan ini sayasudah sholat,baca quran sampai sholat tahajud tp rasa was2 masih saja timbul.bisakah bapak membantu saya atau merukiyah saya.kl bleh saya ingin bertemu dengan bapak terima kasih sbelumnya!

  3. Fadhil ZA says:

    Wa alaikum salam

    Rasa takut , cemas dan was was adalah bisikan syetan yang ditiupkan kedalam hati dan fikiran manusia. Berlindunglah pada Allah dari semua itu. Coba lakukan test dengan mendengrakan ayat rukyah yang saya sampaikan pada email ini. Perhatikan reaksi yang muncul . Jika timbul rasa mual mau muntah, dada berdebar keras, badan terasa panas, dan lain lain kemungkinan besar ananda mengalami gangguan dari jin.

    Kenalilah tipu daya syetan agar ananda bisa menghindar dari tipu dayanya. Dengarkan ayat tentang tipu daya yang saya sampaikan pada lampiran email ananda. Yang terdiri atas surat

    ALFATIHAH, AL ISRAAK 61-65, AN NUR 21, FATHIR 5-7, YASIN 60-64, AZ ZUKHRUF 36-39, AL MUKMINUUN 93-100, AN NAHL 96-100

    Disamping itu dengarkan dan tadabburi ayat ayat diatas dengan sungguh sungguh.

    • Iki says:

      Assalamualaikum.
      Pa ustadz kalo seandainya kita tidak mendengarkan surat2 diatas, tetapi dibaca sendiri sama kita boleh tidak?? Apakah bakal sama efeknya dengan yg mendengarkan?

  4. Rendi AB says:

    Pak ustad saya 2 tahun ini ada saja penyakitnya
    Mulai dDari sinusitis bronkitis Asam lambung kena virus cmv Dan belakangan sering ngantuk yg brlebihan
    Kiri kan me email saya ya pak taddabur Quran besetta caranya

  5. masbond says:

    Assalamualaikum.Wr.Wb
    pak ustad saya mohon dikirimi tadabbur untuk penyakit asam lambung saya karena beberapa hari ini kumat perut terasa panas,nyeri,sering masuk angin..
    atas bantuannya saya ucapkan terima kasih… Wassalamualaikum wr.wb.

  6. andy says:

    ASS WR WB PAK USTADZ FILE MP3 NYA KO GA BISA DI DOWNLOAD, TRUS MOHON GABUNGAN SURAT DIATAS SEBAGAI TERAPI ISTRI SAYA,YG KAYANYA MENGALAMI STRESS, TKS

  7. Aulia says:

    Assalamu’alaikum…
    sy mau curhat, akhir2 ini sy selalu merasa cemas yg berlebihan, jantung berdebar-debar tidurpun tak nyenyak, sy mengaitkan semua kecemasan sy ini sebagai tanda2 kematian, sehingga membuat sy takut yg berlebihan. Tolong dibantu solusinya agar hati sy bisa tenang.

  8. aulia says:

    saya juga merasakan panas di sekujur tubuh saya, padahal suhunya normal.

  9. rist says:

    Assalamu’alaikum..
    Saya jg mau curhat.akhir2 ini sy jg merasakan hal seperti mbak Aulia dan mbak Ika Handayani.sy mengalami ketakutan yg luar biasa dan cemas akan kematian.tolong dibantu agar sy tenang lg.atau mohon kiriman ayat2 rukyah di email saya jk memang itu gangguan jin/syetan.
    terima kasih sebelumnya.

  10. feby says:

    saya mau tanya kenapa badan saya terus terasa bergetar tetapi getarannya tidak terlihat?

  11. feby says:

    ketika hendak tidur juga saya merasakan tubuh sy di goncang halus seperti gempa kecil.. kalau memejamkan mata sedikit saja pasti waktu bangunnya badan terasa seperti lumpuh sesaat trus lemas

  12. hlee says:

    Assalamu’alaikum pak ustad, baru ini saya mendapatkan mimpi membaca satu ayat al-qur’an… saya tidak tau ayat itu ada di al-qur’an atau tidak ada. Saat itu saya dlm keadaan setengah sadar.. saya membaca potongan ayat itu satu persatu sampai akhir dan niat sy saat di mimpi itu akan melihat awalan ayat itu dan nanti saat terbangun saya akan mencari potongan ayat surat apakah itu di al-qur’an… tetapi anehnya saat membacanya sudah mendekati akhir ayat itu tiba2 semua organ tubuh saya terasa tidak berfungsi, tiba2 pendengaran saya menghilang (sy tidur setengah sadar & masih dapat mendengar suara di luar), dan sy seperti mendengar suara blender yg kuat.. walaupun begitu sy tetap membaca potongan ayat tersebut sampai akhir & mengabaikan kondisi tubuh sy yg aneh, sayangnya saat huruf terakhir ayat tsb, sy hanya bisa melihatnya samar2 dan saya hanya bisa menerka baris huruf trsb. Saat terbangun sy sudah lupa bacaan ayat tersebut. Kira2 apa arti mimpi saya? sungguh sy takut dgn kejadian yg sy alami ini, apalagi sy merasa organ tubuh sy tidak berfungsi beberapa saat, terutama pendengaran.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Syetan dari golongan jin sering mengganggu manusia melalui mimpi mimpiyang mengganggu dan menggoncangkan jiwa seperti yang anada alami. karena itu rasulullah menganjurkan agar kita selalau berlindung pada Allah ketika mau tidur. Biasakan membaca surat al falaq dan ayat Qursyi (Al baqarah 255) ketika mau tidur. Mimpi yang aanda alami adalah dari gangguan jin untuk menimbulkan kegelisahah dan kecemasan pada ananda.

  13. naora says:

    assalamualaikum ustad.
    soalan saya, adakah semua surah2 bersama tadabburnya seperti yang d tunjukkan di atas harus di baca, atau memilih salah satu surah dan tadabburnya sahaja juga boleh?
    mohon jawapan dari pak ustaz..
    terima kasih.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Silahkan dipilih salah satu ayat diatas mana yang dirasakan lebih cocok dengan masalah yang ananda hadapi. Dengarkan ayat tersebut dengan seksama , kemudian baca tadabburnya. Lebih baik lagi kalau ananda bisa hafal ayat tersebut dan langsung dibaca tadabburnya.

      kalau mau dibaca semua satu sat persatu juga boleh, pada dasarnya semua ayat diatas untuk menguatkan hati dan jiwa menghadapi berbgaia ujian dan cobaan dari sisiNya.

  14. Intan Nugraheni says:

    panas walau suhu dingin,rasa tidak nyaman,mual,muntah tp tdk ada yg keluar.Dulu saya org yg pemberani,tidak takut dengan yang namanya hantu,syaitan,jin atau apapun.Tapi entah kenapa akhir2 ini saya jadi luar biasa takut kalau menjelang malam/sepi.Kalau siang biasa saja.Saya takut kalau2 melihat penampakan di kamar saya.Padahal dulu tidak pernah.Saya akui bukan umat yang taat,beberapa thn belakangan sudah tidak sholat lg,say melupakan perintahNYA.Kadang timbul hasrat untuk beribadah akan tetapi malas rasanya.Usia sekarang sudah 38 dan belum menikah,dulu ada orang pintar yg bilang kalau jodoh saya ditutup oleh mantan yg sakit hati.Sekarang saya sebenarnya sudah berhubungan dengan seseorang,sudah lama sekitar 4 tahun tp juga belum ada tanda2 untuk ke jenjang yg lebih serius,padahal saya sangat mengharapkan.Apa mungkin saya depresi ada kaitannya dengan itu.Bagaimana menurut Pak ustadz,apakah yang harus saya perbuat.Terima kasih sebelumnya.
    Wassalamu’alaikum Wr Wb

  15. sidik says:

    assalamualikum wr. wb. ustad.
    sdh dua bulan ini saya merasa cemas, was2, jantung berdetak2 di waktu2 tertentu, pusing, mimpi yang aneh begitu pula ibu saya, merasakan sama apa yang saya rasakan. apakah ini pengaruh jin, santet atau gimna. mohon penecerahannya pak ustad

    • ARI says:

      assalamu’alaikum pak ustad….
      bagaimana cara menyembuhkan rasa was was dan deg degan yang saya alami…saya merasa takut akan sesuau yang saya tidak tau datangnya…apakah itu menjadi tanda tanda kematian atau kah hanya gangguan dai jin yang de kirimkan seseorang kepada saya..ayat apa saja yang bisa menjadi obat untuk saya,,,terimakasih.wa’alaikumsalam wr wb

  16. wahyu says:

    Asalamualaikum wr wb…
    Pak saya mw tanya kenapa saya akhir2ini sering merasa gelisah yg berlebihan tentang kematian tentang kehidupan setelah meninggal, saya baya dr pertanyaan awal mungkin ini semua di akibatkan oleh syetan atau sebagainya, pak apa saya boleh minta ayat2 ruqiyah untuk diri saya…
    Saya takut karena kegelisahan ini mengganggu saya sampe2 saya susah tidur badan lemas dan kurang bersemangat dalam beraktifitas…
    Saya sangat membutuhkan solusinya pak…
    Terimakasih. Asalamualaikum wr wb..

    • fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Kematian bukan sesuatu yang harus ditakuti, setiap orang pasti akan mengalaminya. Yang penting kita selalu harus mempersiapkan diri untuk menghadapi kematian itu. Kematian adalah pintu gerbang untuk memasuki kehidupan yang abadi dialamai barzakh kelak.

      Hidup didunia ini hanyalah hidup sementara , Hidup yang sebenarnya justru kehidupan sesudah mati itu. Karena itu persiapkanlah diri bawa bekal sebanyak banyaknya untuk menempuh kehidupan sesudah datangnya kematian itu. Tidak seorang pun bisa menghindar dari datangnya kematian , karena itu persiapkanlah bekal sebanyak banyaknya untuk menghadapi kematian itu.

      Rasa gelisah dan was was itu muncul dari bisikan syetan dan jin sebagaimana disebutkan dalam surat an naas. Coba kamu lakukan test apakah ada gangguan jin atau tidak pada diri kamu dengan mendengarkan ayat test gangguan jin seperti yang saya sampaikan pada artikel “Tip menghilangkan gangguan jin dan sihir” di blog ini.

      Jika tidak ada reaksi berarti itu gangguan syetan yang membisikan kegelisahan pada dir kamu. Dengarkan , hayati dan tadabburi ayat ayat yanga ada di artikel diatas untuk menentramkan hati kamu.

  17. Zulmardi says:

    Assalamualaikum pak ustad kenapa akhir2 ini saya merasa was2 dan cemas badan terasa limbung dan kadang2 bergetar dan ada perasan takut dan sering sekali masuk angin dan asam lambung meningkat badan cepat lelah pak ustad tolong berikan saya amalan doanya. Dan juga saya sudah menikah selama 16 tahun umur saya 41 thn dan istri 40 tahun belum dikaruniai keturunan apakah masih bisakah istri hamba hamil pak ustad terima kasih sebelumnya atas bantuan pak ustad semoga amal ibadah pak ustad Allah saja yang akan membalasnya. Aamiin YRA

  18. assalamualaikum.
    maaf pak ustad kenapa tahun-tahun belakangan ini hati saya selalu menuntun saya untuk berbuat semau hati saya…
    dan terkadang saya bingung dan stress ,yang membuat saya gelisah pak…

    mohon sarannya pak ustadz…

    wassalam.
    terima kasih sebelumnya…

  19. saya ingin ikut pesantren di bapak boleh supaya saya tenang…
    saya mohon pak ustadz…

  20. amniwardani says:

    Ass pak ustad,saya sudh bertahun2 mngalami ketakutan,tidk bisa tidur,dan rasa cemas yg berlebihan,saya selalu mrasa sakit satu badan, sekujur tubuh saya kedinginan seperti es dikala saya cemas,jantung saya bertdetak kencang,punggung saya terasa berat seperti memikul beban yg amat berat,kpala sering sakit,…subhannallah saya sudh brusaha berjuang mlawan smua ini tp rasa cemas itu selalu datang, mohon saran atau petunjuknya pak ustad ,trimakasih wasallam

    • fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Hal seperti itu bisa saja terjadi akibat gangguan jin yang menimbulkan was was pada diri ananda . Coba lakukan test dengan mendengarkan ayat rukyah seperti yang saya sampaikan pada artikel “Tip menghilangkan gangguan jin dan sihir” di blog ini.

      Perhatikan reaksi yang mencul, jika positip terkena gangguan jin dan sihir lanjutkan dengan rukyah mandiri seperti yang dijelaskan pada artikel itu.

  21. Tgk sulaiman says:

    Assalamualaikum ustazd, saya mau tanya ustazd dan mohon petunjuknya, sudah seminggu adik saya sakit, sakitnya di pasantren dan sekarng sudah saya bawa pulang kerumah, sakitnya sedikit aneh, karna dia merasa gelisah, tidak bisa tidur, dada berdebar2 dan panas, kepala terasa berat, mohon petunjuknya ustazd, apa penyakitnya itu bisa di rukyah, terimaksih atas bantuanya

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Coba kamu lakukan test dengan mendengarkan ayat rukyah seperti yang saya sampaikan pada “Tip menghilangkan gangguan jin dan sihir” pada blog ini. Perhatikan reaksi yang muncul jika timbul rasa mual, panas, dada berdebar keras, terasa ada yang bergerak didalam tubuh , berarti ia positip terkena gangguan jin atau sihir.

      Lakukan pembersihan dengan rukyah mandiri sesuai tutunan pada artikel itu.

  22. azima says:

    Assalamualaikum pak.. Saya nak bertanya soalan pada pak. Masalah saya nie terjadi setelah sepupu saya meninggal dunia. Iaitu pada 12/12 yg lps. Sejak hari tue saya menjadi serba takut dan disaluti dengan perasaan gelisah.. sejak hari tue apabila saya ingin membuat perjalanan jauh. Perasaan saya ini semakin menjadi.. sampai kadang2 mlm sblm perjalanan tersebut saya tidak boleh tido.. saya byk fikir mcm2. Saya terfikir klu perjalanan tersebut jadi perjalanan terakhir saya. Saya tkt sbb saya masih blm bersedia. Saya tkt jd mcm sepupu saya dimana ia meninggal disebabkan kemalangan jalan raya. Dan sepupu saya tersebut masih terlalu muda, iaitu baru tamat spm. Disebabkan itu, saya tkt nk pergi mana2. Mcm2 saya fkr. Sampai nak tdo sorg2 pun saya tkt. So apa pendapat dato dengan masalah saya nie.. apa yg perlu saya buat untuk menyelesaikan masalah saya ini.. saya nak dan ingin keyakinan saya semua. Saya rasa mcm lesu dgn keadaan saya skrg. Diharap pak blh membantu saya. Terima kasih.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Itu adalah was was syetan dari golongan jin yang membisikan keburukan kedalam hati manusia, sebagaimana disebutkan dalam surat an naas. Tadaburi dan semua ayat yang disampaikan diatas, terutama surat al hadit 22-23 dan surat at taubah 51. Yakini bahwa tidak ada suatu bencanapun dilangit dan bumi melainkan sudah ditetapkan Allah kejadiananya, dan yakini pula bahwa tidak akan menimpa kamu sesuatu apa melainkan dengan seizin Allah.

      Bertawakkallah hanya pada Allah, jangan takut dan cemas. Orang yang dekat pada Alah tidak pernah takut dan cemas menghadapi segala masalah didunia ini. Karena ia percaya akan lindungan dan pertolongan Allah. Jangan hiraukan bisikan setan yang muncul dihati ananda itu.

  23. muhammad luthfan says:

    Assalamualaikum pa ustad .saya 2bulan kemarin terkena tipes dan alhamdulillah saya sembuh tap setelah tipes saya jadi punya penyakit lambung dan sudah sering bulak balik ke dokter tapi tak kunjung sembuh sehingga saya stres dan detak jantung saya cepat dan selalu ditakuti rasa cemas yang berlebihan setiap pagi bagaimana pak ustad ?saya sudah cape minum obat .

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Rasa cemas dan strees secara berlebihan bisa menimbulkan kekacauan pada sistim kekebalan tubuh kamu, dan pada akhirnya akan mendatangkan berbagai penyakit yang sulit disembuhkan. Berbagai penyakit fisik yang kamu alami bersumber dari rasa cemas yang berlebihan itu.

      Untuk menentramkan hati kamu dengarkan dan hayati bacaan tadabbur diatas, tanamkan keyakinan dan rasa tawakial pada Allah didalam hati kamu. Disamping itu perbanyaklah membaca kalimat dzikir didalam hati kamu setiap saat dimanapun kamu berada baik ketika berdiri duduk dan berbaring. Ikuti panduan tatacara berdzikir didalam hati pada artikel “Aktivitas berdzikir dalam hati” di blog ini . Jika hati kamu sudah terbiasa berdzikir niscaya Allah akan memberikan ketentraman dan kenyamanan pada hati kamu dan insya Allah semua penyakit yang kamu alami akan lenyap pula.

  24. mandala says:

    makasii …… pa..

  25. ezamiza says:

    assalamualaikum ustaz…saya mempunyai perasaan yang sgt2 takut apabila hendak berjumpa doktor..disebabkan perasaan takut itu, setiapkali cek tekanan darah..sering melepasi tahap normal..setiap kali hendak berjumpa doktor..sering saya fikirkan mcm2…sya selalu fikir takut ada penyakit, takut pada kematian.klu tidak berjumpa doktor fikiran sya lapang dan tidak merasa apa2 yang menakutkan…tapi bila hendak jumpa doktor saya akan fikir yang mcm2 hingga menghilangkan mood saya dan kegembiraan saya.bila dah berdepan dengan doktor lagilah semua organ bergerak pantas dan mulalah doktor akan merasa hairan…tapi hanya saya tahu bagaimana emosi saya ketika itu.takut yang teramat sangat.diharap ustaz boleh membantu saya dan memberikan tip2 yang saya boleh amalkan..terima kasih

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Takutlah hanya kepada Allah, jika kita merasa takut secara berlebihan kepada sesuatu selain Allah, maka Allah akan membangkitkan rasa cemas, gelisah, kalut didalam hati dan fikiran kita.

      Untuk menghilang rasa cemas yang tidak menentu itu dengarkanlah ayat ayat tadabbur yang saya sampaikan diatas. Kemudian biasakan untuk berdzikir menyebut nama Allah didalam hati setiap saat dimanapun kamu berada baik ketika berdiri duduk dan berbaring. Ikuti panduan cara berdzikir didalam hati seperti yang saya sampaikan pada artikel “Aktivitas berdzikir dalam hati’ di blog ini.

  26. jasmine says:

    assalamualaikum pak ustad, tadi saya habis ujian tengah semester, lalu saya mengerjakan soal mtk, dan sudah selesai ada yg ketinggalan untuk dijawab, alhasil perasaan kecewa, sedih pun melanda saya pak, sampai saat inipun masih, bagaimana untuk meyakinkan hati saya untuk bisa pasrah? termakasih wsslam

    • fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Apa yang sudah terjadi tidak akan kembali lagi, jangan biarkan hati kamu sedih dan kecewa dengan kegagalan dimasa lalu. Rasa kecewa yang berlarut larut bisa menutupi masa depan kamu, dan akan menimbulkan banyak kesulitan bagi diri kamu.

      Dengarkan tadabbur beberapa ayat diatas, renungkan dan resapkan maknanya. yakini surat at taubah ayat 51 diatas bahwa tidak ada yang bisa membahayakan kamu melainkan dengan izin Allah.

      Berserah dirilah pada Allah, yakinlah bahwa tidak ada yang bisa membahayakan kamu tanpa izin Allah. Untuk menentramkan hati kamu perbanyaklah dzikir menyebut dan mengagungkan Allah . Ikuti panduan dzikir didalam hati pada artikel “Aktivitas dzikir didalam hati” diblog ini

  27. hamba Allah dari Malaysia says:

    Salam ustaz…saya seorang guru dari Malaysia..saya ingin berkongs sedikit masalah dengan ustaz. Saya selalu menghadapi kemurungan yang berpanjangan..bila saya murung semua orang menyedari bahawa saya di dalam kemurungan dan terus terusan menyindir saya dan menyebabkan saya lagi berasa down dan lemah semangat..biasanya kemurungan ini berlaku setahun dalam sekali..apa yang perlu saya lakukan sekarang agar dapat mengubati masalah lemah semangat dan gelisah ini ustad?

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Sumber berbagai penyakit hati adalah rasa cinta yang berlebihan terhadap dunia dan jauh dari dzikir mengingat Allah. Orang yang cinta dunia akan mengalami kekecewaan yang mendalam jika ada sesuatu keinginannya yang tidak tercapai.

      Bersihkan hati dari kecintaan yang mendalam pada kehidupan dunia, berserah diri dan bertawakkallah pada Alllah. Jadikan hati ikhlas dan ridho atas semua ketetapan Allah seperti yang disebutkan dalam surat at Thur ayat 48-49 diatas. Sadari dan pahami bahwa hidup didunia hanya sekejap mata dibandingkan dengan hidup diakhirat. Kehidupan akhirat itulah kehidupan yang kekal dan abadi, jadikan akhhirat sebagai tunjuan hidup. Renungkan semua ayat tadabbur diatas.

      Perbanyak mengingat Allah setiap saat didalam hati dimanapun kamu berada baik ketika berdiri duduk dan berbaring. Ikuti panduan dzikir didlam hati pada artikel :”Aktivitas dzikir dalam hati” di blog ini

  28. dee says:

    assalamualaikum. Pak ustad, saya ingin bertanya. saya remaja umur 17thn. saya tinggal sendiri dirumah. sudah 2tahun saya tinggal sendiri. selama saya tinggal disini (dr lahir saya sudah tinggal disini) saya tidak pernah merasakan keanehan2. tetapi akhir2 ini (tepatnya 3hari belakangan) saya menjadi aneh dirumah saya sendiri. sudah 3 kali saya merasa melihat seperti ada “sesuatu” hingga membuat saya terkejut. tetapi tidak ada apa2. dan juga akhir2 ini saya sering merasakan sakit yg amat sangat. tulang belakang saya seperti menusuk hingga ke dada dan membuat saya kesulitan utk bernafas. sakit ini dtg tiba2 dan hilang juga tanpa saya sadari. apa yang harus saya lakukan Pak? dan juga mengapa bisa terjadi seperti ini? mohon dijawab ya, Pak. terimakasih

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Apa yang kamu alami bisa saja terjadi akibat adanya gangguan jin pada diri kamu, namun untuk memastikannya sebaiknya kamu lakukan test dengan mendengarkan ayat rukyah seperti pada artikel “Tip menghilangkan gangguan jin dan sihir” diblog ini.

      Perhatikan reaksi yang muncul, jika kamu merasa mual mau muntah, terasa ada yang bergerak didalam tubuh kamu, menangis, dada berdebar keras, berartim kamu positip terkena gangguan jin. Kamu bisa lakukan pembersihan dengan melakukan rukyah mandiri seperti yang dicontohkan pada artikel itu.

      Jika tidak ada reaksi apa apa berarti tidak ada gangguan jin pada diri kamu, tingkatkanlah mutu shalat kamu dengan berusaha untuk mengerti dan paham setiap ayat dan kalimat yang kamu baca dalam shalat. Shalat yang dilakukan dengan benar dan khusuk akan menguatkan jiwa kamu, sehingga tidak mudah diganggu mahluk jin dan sebangsanya.

  29. eko says:

    Ass ustad, sya ingin bertyanya sudah 3 bulan ini saya mengalami cemas dan panik karena asam lambung saya yg kembung! Jikalah berkendak ustad memberi obat atau masukannya kesaya! Trims

  30. bagus says:

    bisa tolong saya butuh ayat ttg ALFATIHAH, AL ISRAAK 61-65, AN NUR 21, FATHIR 5-7, YASIN 60-64, AZ ZUKHRUF 36-39, AL MUKMINUUN 93-100, AN NAHL 96-100

    sbnarnya saya habis diputus cinta…dia menyelingkuhi saya atas hubungan intens yang kita lalui dia menganggapnya gak ada apa2 dan beralih tunagan dan siap nikah dengan orang lain,, sebearnya sakit banget, merasa dilecehkan dihina dan diploroti, saya diminta ikhlas padahal dalam kata2 di chat saya ikhlas karena ALLOH…tapi hati dan ikhlas dan rela dan masalah saya sampai membuat masalah lain seperti masalah ttg pekerjaan, mood, dan lingkungan saya juga mengalami kesempitan dan hingga membuat saya depresi-stres dan kacau

    saat saya test pakai rukyah..saya ngantuk pak? apakah itu juga termasuk…terus penangganannya gmn?

  31. Wahyu says:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Ustad yang baik, saya mau tanya. pertama; Mengapa penyakit asma saya gak sembuh-sembuh, berbagai solusi dan obat tak kunjung berhasil.Kedua; mengapa saya tidak mempunyai pemasukan (ekonomi) yang lebih, bukan berarti saya tidak bersyukur ustad. Tapi saya malu mertua saya menyinggung selalu tentang penghasilan saya. ketiga; mengapa saya tidak seperti dulu sebelum menikah saya optimis, penuh karya dan sukses, setelah menikah saya merasa surut dan lebih banyak berdiam diri walau sedikit saya bergerak untuk mencari uang.
    demikian mohon pencerahan dari ustad semoga ustad sehat dan sukses,aamiin

    Wassalamu’alaikum wr. wb.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum dalam
      Sumber penyakit dan masalah ekonomi yang kamu hadapi adalah pada pertanyaan kamu yang normor tiga itu. Setelah menikah kamu merasa surut, tidak bersemangat dan banyak berdiam diri itulah penyebab penyakit asma yang tidak kunjung sembuh dan kesulitan ekonomi kamu.

      Kamu harus memperbaiki sikap hidup kamu, riang gembira , optimis penuh semangat dan harapan. Tingkatkan mutu shalat kamu dengan berusaha mengerti dan paham setiap kalimat dan ayat yang kamu baca dalam shalat. Ketika membaca alfatihah pada ayat ihdinashirotol mustaqim…dan seterusnya, hayati ayat itu mohon pada Allah dengan kuat agar Ia menunjukan kamu jalan yang benar, penuh sukses dan keberkahan, bukan jalan orang vyang selalu diruding kesilitan dan penderitaan.

      Katika membaca doa waktu duduk iftirash baca doa tersebut dengan sungguh sungguh dan penuh penghayatan. Jika doa itu dikabulkan Allah kamu akan bebas dari kemiskinan, kemelaratan dan kesengsaraan. Pelajari tatacara shalat khusuk pada artikel “PANDUAN SHALAT KHUSUK” di blog ini

  32. zhezee says:

    Assalamualaikum, pak ustad saya sudah mengamalkan tadabbur surat2 diatas dan tadabbur surat Al Fath 1-4, untuk menghilangkan rasa sedih, marah,kecewa, gelisah dan tak terima dengan apa yg dilakukan suami, dan menghilangkan bayangan2 yang selalu menghantui fikiran saya tentang perselingkuhan suami saya, karna smua itu mengganggu aktivitas keseharian saya, karena jika bayangan itu datang , saya langsung murung sedih,kecewa marah gak jelas, padahal kejadian itu sudah setengah tahun yg lalu tp tetap gak mau hilang dr fikiran saya, saat2 suami saya sama wanita lain itu diceritakan dengan jelas dan detail oleh wanita itu ke saya, dan suami mengakuinya, itu yang membuat saya sakit hati… Apalagi wanita itu adalah pepenghibur malam bukan wanita baik baik, dan sudah dinikahi suami saya, walau sekarang sudah dia ceraikan, dihadapan saya sendiri…. Yang saya tanyakan, setiap hari saya amalkan tadabbur itu semua, tapi kenapa kadang sehari saya bisa tidak mengingatnya sama sekali, tapi kadang seharian saya selalu mengingat bahkan membayang apapun yang dilakukan suami saya dengan pelacur itu, hingga membuat saya sedih,cemas, gelisah, kecewa dan marah marah , seakan akan saya tidak bisa mengendalikannya, seperti di luar kendali saya, kata orang orang saya di guna guna sama wanita itu karena dicerai suami saya, tapi saya memang tidak percaya dengan smua itu,saya juga sudah mendownload mp3 yg rukiyah sama test pengusir gangguan jin dan syetan, menurut pak ustad saya harus bagaimana untuk menghilangkan perasaan sedih dan bayangan ttg perempuan itu yang tiba2 datang… Terimakasih

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Rasa gelisah dan cemas itu masih tetap menghantui kamu karena kamu kurang menghayati ayat ayat yang dibacakan diatas. Kamu belum bisa bersikap pasrah dan tawakkal pada Allah, sehingga setan masih bisa membobol benteng pertahanan kamu. Orang yang sudah pasrah dan bertawakkal pada Allah dijamin tidak bisa dimasuki oleh tipu daya setan. Allah menjamin itu dalam surat An Nahl ayat 99:

      99. Sesungguhnya syaitan itu tidak ada kekuasaannya atas orang-orang yang beriman dan bertawakkal kepada Tuhannya.

      Hayati ayat ayat tadabbur diatas, bertawakkal dan berserah dirilah pada Allah. kalau kamu sudah bisa berserah diri dan bertawakkal pada Allah,hati kamu akan tentram dan tidak merasakan tekanan dan rasa gelisah lagi.

  33. milanz says:

    Assalamualaikum wr wb.

    Saya ingin mengucapkan terima kasih banyak, isi blog ini sangat membantu mencari petunjuk mengatasi depresi yang saya alami.
    Semoga Allah, SWT memberikan keberkahan bagi Bapak di dunia dan akhirat. Aamin

  34. dana says:

    Assalamualaikum wr wb..

    Saya seorang yang cukup sering was was pada semua hal.dahulu ketika sholat sering ragu,begitu pun wudhu tapi sekarang alhamdulillah sudah tidak.tapi hati saya masih sering gelisah..saya pernah mengalami serangan panik..dan hari2 saya dihinggapi perasaan takut dan pikiran2 negatif seperti takut mati..saya kadang ada pikiran negatif sesuatu tentang kematian membuat saya jadi kepikiran dan susah untuk melepasnya atau kepikiran terus seperti contoh “mungkin ini tanda tanda..” dan selalu menghubung2 kan dngn kematian.saya tidak tahu kadang pikiran seperti itu terlintas begitu saja.dan itu membuat semakin cemas.apakah pikiran ini datang dari syetan,Allah atau diri sendiri?? Bagaimana hukum mempercayai pikiran itu?? Mohon penjelasannya..trimakasih wassalamualaikum wr wb

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Itu adalah was was yang dibisikan setan (jin) kedalam hati dan fikiran kamu seperti yang disebutkan dalam surat An Naas . Dengarkan ayat ayat diatas sebagai nasihat bagi kamu. Baca surat alfatihah, al ikhlas, al falaq dan an Nass tiupkan pada kedua telapak tangan kamu kemudian usapkan kewajah dan seluruh tubuh. Mudah mudahahn Allah menghilangkan perasan was was itu.

  35. siti Zahra Kanza Fahira says:

    Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh …
    Kami menikah tahun 1999.
    Ustadz, akhir akhir ini saya sering bertengkar dengan suami, dan suami kalau g suka sesuatu dia selalu pergi tanpa pesan, ntah kemana, hp g aktif, sampe berminggu – minggu … kemudian ketika dia kembali dgn sikap masa bodoh, tanpa rasa bersalah, bersikap dingin … dan ini sudah terjadi terus menerus sejak perkawinan kami.
    saya sudah berpikir untuk mengakhiri semua. saya capek menghadapi dia. mohon petunjuknya Ustadz!

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Hadapi semua itu dengan sabar, mintalah pertolongan pada Allah dengan mengerjakan shalat malam atau dhuha sebanayk dua rakaat atau lebih. Kemudian baca ayat ayat tadabbur seperti diatas berikut doanya dengan sungguh sungguh. Mudah mudahan Allah mengeluarkan kamu dari kesulitan yang kamu alami

  36. Lia says:

    Ass pa ustad saya jg sering merasakan was was ato cemas berlebihan seperti yg di ceritakan rekan2 diatas kadang klo mau apa2 ska di pikirin yg jelek2 takut knp2,tkt penyakit ini bahkan sampe takut mati sya sering ke dokter dan kta dokter penyakit sya maag gas lambung nya tinggi tp pa ustad cemas yg saya rasa kan datang tiba2 dan ska hilang dgn sendiri nya dan ketakutan yg saya rasa kan sering terasa di malam hari..sya tdk nyaman dengan perasaan ini pa ustad sya pengen sembuh sya tdk nyaman dengan perasaan seperti ini,cemas yg saya rasa kan ini sudah ampir 3 taun mohon petunjuk nya pa ustad umur sya skarang 28 tahun…

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Baca dan hayati tadabbur dari beberapa ayat diatas , mudah mudahan Allah memberi ketenangan pada kamu. Disampinbg itu coba lakukan test apakah pada diri kamu ada gangguan jin atau tidak . Lakukan test dengan mendengarkan ayat test vRukyah pada artikel “TIP MENGHILANGKAN GANGGUAN JIN DAN SIHIR” diblog ini.

      Perhatikan reaksi yang timbul. Jika kamu merasa mual , muntah, terasa ada yang bergerak ditubuh kamu, gelisah, dada berdebar keras. Berarti kamu positip mengalami gangguan jin. Untuk menghilangkannya kamu bisa lakukan rukyah mandiri seperti yang dicontohkan pada artikel itu

  37. dana says:

    Assalamualaikum,,
    Pak,penyebab was was itu apa ya??apa bisa dari dosa?dan was2 macam nya seperti apa saja??

  38. ipah says:

    Saya sejak dua hari sebelum menjelang bulan puasa tahun 2014 ini mengalami sakit ketakutan akan mati gara” saya membaca artikel tentang 100 hari kematian.saya tersiksa sekali dengan perasaan ini.sudah berobat ke rumah sakit& sampai di rekam jantung hasilnya normal. Tapi pada saat sya kumat sakit kecemasan itu selalu badan saya bereaksi lemas,jantung berdebar” dan slalu berpkirin hidup akan berkahir. Gimana poak solusinya supaya menghilangkan sakit seperti ini.inii sungguh membuat saya stress.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Mati dan ajal seseorang adalah urusan dan rahasia Allah. hanya Allah yang tahu kapan datangnya ajal seseorang . Jika datang saatnya tidak bisa dimajukan atau dimundurkan. Untuk orang yang berusia lanjut Allah sudah mendatngkan peringatan akan kedatangannya dengan tanda rambut yang mulai memutih, gigi berguguran, kulit mulai keriput, penglihatan dan pendengaran mulai berkurang, langkah pun telah lemah.

      Setiap orang pasti akan mengalami saat kematian,Kematian bukan akhir segalanya , tapi merupakan awal perjalan panjang yang tiada akhir. Kita tidak perlu takut menghadapinya kita hanya perlu mempersiapkian diri untuk menyambut kedantangan maut itu . Perbanyaklah ibadah dan amal saleh, perbanyak dzikir mengingat Allah. Serahkan keputusan mati itu pada Allah, tidak perlu dipikirkan kapan datangnya, itu urusan Allah. Tapi persiapkan diri untuk menyambutb kedatangannya dengan memperbanyak amal soleh dan ibadah.

      Bisa saja was was itu muncul dari bisikan dan gangguan jin pada diri kamu, coba bersihkan gangguan itu dengan minum air rukyah setiap pagi dan sore hari. Cara membuat air rukyah bisa kamu ikuti pada artikel AIR PUTIH MEMUSNAHKAN KEKUATAN SIHIR DAN JIN diblog ini

  39. Indah says:

    Assalamualaikum,pak ustad sy mgalami masalah dlm kehidupan sosial sy,sy memiliki masalah yg menurut sy akn membahayakan sy, sy sering ketakutan gelisah,cemas bahkan rasa itu sangat dasyat, sy selalu berfikir scara negatif berandai2 hal yg tidak jelas membayangkn hal2 yg menakutkan bahkan hal ini sy anggap bsa membahayakan jiwa dan nyawa sy, sy sering menangis ketakutan serasa depresi, sakit kepala hal itu berdampak negatif di dlm hubungan sosial sy dan hubgn dgn suami sy,ya alloh sy takut sekali tidur jadi tak menentu,sering terjaga, emosi,dan sering merasa tidak aman ketika berada dimanapun seolah olah semua org akn membahayakan sy.. mohon nasehatnya pak ustad.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Rasa was was dan fikiran negatif itu muncul dari bisikan setan dan jin didalam fikiran dan hati kamu sebagaimana disebutkan dalam surat An Naas. Allah nmemerintahkan kita untuk berlindung pada Allah dari pengaruh was was dan bisikan negatif itu.

      Coba kamu dengarkan ayat ayat qur’an diatas berulang ulang, tingkatkan keyakinan dan rasa pasrah kamu pada Allah. jangan kamu ikuti dan dengarkan bisikan setan dan jin yang muncul dihati dan fikiiran kamu.

      Disamping mendengartkan dan mentadabburi ayat ayat diatas coba kamu minum air putih yang sudah dirukyah setiap hari . cara membuat air rukyah tersebut bisa kamu pelajari pada artikel AIR PUTIH MEMUSNAHKAN KEKUATAN SIHIR DAN JIN FASIK. Jika muncul rasa mual , muntah dan tidak nyaman sesudah minum air rukyah itu , jangan kuatir itu adalah proses pengeluaran energi negatif dari diri kamu.

  40. farida says:

    Assalamualaikum semoga bpk selalu diberikan kesehatan & dlm lindungan allah swt,pak ustad sy mengalami pilihan yg sgt berat di dlm hidup sy,yaitu antara bekerja di bank atau menjadi seorang guru,& sudah sy baca di beberapa artikel bahwa krja di bank itu adlh riba’, sdangkan sy hampir keterima di salah satu bank BUMN, sy binggung pak ustad sedangkan sy sgt butuh biaya hidup dan untuk membahagiakan ke dua org tua saya. Terimakasih pak ustad mohon saranya

  41. anti says:

    Assalamualaikum Pak Ustadz, akhir2 ini saya mengalami kecemasan dan ketakutan yang luar biasa terhadap hubungan rumah tangga saya, itupu terjadi setelah ada seseorang yang telah meramal kehidupan saya kedepan bahwa rumah tangga saya akan hancur, saya sungguh bingung pak ustadz apa yang harus saya lakukan untuk menghilangkan rasa cemas dan takut serta untuk mempertahankan rumahtangga saya yang sudah diramal tadi. terimakasih pak ustadz mohon sarannya

  42. fandy says:

    Assalamualaikum pak ustadz…
    Akhir2 ini saya selalu mengalami kegelisahn dan ketakutan yg sangat berlebihan…. hal ini dipicu ketika mlm itu d kosan saya ada kemalingan motor dan saat itu jg teman kosan saya plg kampung…
    Semenjak saat itu saya mengalami ketakutan yg berlebihan… saya selalu ketakutan untuk plg ke kosan saya sendirian… namun stelah teman sya itu kembali ke kosan, sedikit rasa takut sya hilang.. namun saya masih seperti itu. Sya masih takut d kosan sendirian bahkan di siang hari…
    Sya sendiri bingung dg diri saya sendiri….

    Terima kasih pak ustadz.. mohon bantuannya

  43. hamba Allah says:

    Ustaz..sya nak tanya..sejak akhir akhir ini hidup sya dihantui dengan kematian.biler sya tinggal sendirian sya akan fikir tentang kematian. Sy akan fikir benda yang bukan bukan .ini menyebabkan hati sya tidak tenang.sya sering kali gelisah.berdebar.takut.Smpaikan sya tidak ada mood untuk buat kerja .mmg sy jahil tentang agama..tp sy ad niat untuk berubah..macam mna sy nak tenangkan ati sya ustaz..

  44. alfi says:

    assalamualaikum,,,pak sya ingin bertanya, apa yang hrus saya lakukan ketika sya meragukan keberadaan allah dan kuranag yakin terhadap agama islam?..dengan kerguan yang saya alami hidup saya tidak pernah tenang dan kepala sya pusing dan tidakkuat untuk berfikir,,,sya sudah mencoba untuk mohon ampun dan berzikir tapi sudah 2 tahun pusing dan tidak tenang meliputi hidup sya. mohon solusi dan sarannya.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      kalau kamu ragu dan tidak yakin pada Allah dan kehidupan akhirat, setan amat dekat dengan kmau dan kamu bertambah jauh dari Allah. Keadaan ini akan menimbulkan berbagai kesulitan dan kekalutan pada diri kamu.

      Mungkin saja ada jin fasik yang mengganggu kamu coba kamu minum air putih yang sudah dirukyah setiap hari. cara membuat air rukiyah bisa kamu nikuti sesuai panduan pada artikel AIR PUTIH MEMUSNHAKAN KEKUATAN SIHIR DAN JIN diblog ini

  45. bunda chasanah says:

    pak saya dua tahun lalu pindah rumah pak, dan setahun kemdian saya terkena gangguan jin dan saya lupa ingatan hampir 2 bulan lamanya. sudah di rukyah dan diobati ke banyak orang pintar. dan selanjutnya saya berobat ke medis dan hasilnya sekarang saya berhenti minum obat dari dokter.
    Yang masih saya rasakan sekarang ini pak disaat membaca Alqur’an mulut saya fasih membaca tetapi pikiran dan hati saya kemana-mana pasti melamun. Disaat mngerjakan apapun melamun dan teringat masa lalu.
    Dalam sholat pun juga begitu, selalu melamun ditengah tengah sholat.
    bahkan karena peristiwa ini anak-anak saya terpaksa saya titipkan di desa bersama orangtua saya. Leher saya dan kepala saya sering merinding, Dalam hati saya sering ngomong sendiri. kalau saya sadar saya langsung istighfa dan tidak lama kemudian kembali melamun lagi.
    Bahkan terkadang saya dalam hati ngomong seakan-akan bisa memahami orang lain.
    mohon bantuan bapak untuk mengatasi hal ini.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Kalau memperhatikan tanda tandanya sepertinya kamu terkena gangguan jin yang sering membisikan sesuatu kedalam hati kamu. Jika tidak hati hati jin itu bisa mengambil alih kesadaran kamu dan kamu melakukan sesuatu diluar pengetahuan kamu. Didalam ilmu psikologi disebutkan sebagai orang yang berkepribadian ganda.

      Kamu bisa membersihkan gangguan jin itu dengan melakukan rukyah mandiri seperti yang dicontohkan pada artikel TIP MENGHILANGKAN GANGGUAN JIN DAN SIHIR diblog ini.

      Pilih salah satu ayat rukyah pada artikel tersebut , dengarkan sambil meletakan tangan kiri diatas dada dan tangan kanan diatas perut. Putar tangan kanan yang diatas perut berlawanan arah jarum jam sambil membaca doa yang ada pada artikel tersebut. Jika muncul rasa mual dan mau muntah , muntahkan saja semua yang bisa kamu muntahkan. Sebaiknya kamu siapkan kantong plastik untuk menampung muntah itu. Lakukan semua itu setiap hari hingga kamu tidak merasa mual dan muntah lagi.

      Disamping itu usahakan minum air putih yang sudah dirukyah setiap pagi dan sore hari , minimal satu kali sehari. cara membuat air rukyah bisa kamu ikuti pada artikel AIR PUTIH MEMUSNAHKAN KEKUATAN SIHIR DAN JIN FASIK diblog fadhilza.com

      Lakukan semua kegiatan itu dengan sabar dan istiqomah sampai kamu tidak merasakan lagi ada nya gangguan pada diri kamu. Mungkin butuh waktu yang lama untuk itu dibutuhkan kesabaran dan ketekunan kamu.

  46. bunda ar says:

    Assalamualaikum pak ustad,kurang lebih satu bulan INI sy mersakan bad an INI,tidal enak,Badan terasa dingin jantung berdebar, kadang seperti ada yg berkedut di dada saya,keringat ding in,klu malam kadang terbangun tidur, Susan bernapas,badan bergetar seperti menggigil,tapi Shu badan tidal pan as,perasaan cemas sy luar bias a,perasaan sy seperti mau mati,sdh periksa ke dokter rekaman jantung saya bag us,bagaimana INI pak ustad,APA kah sy kena gangguan iblis atau jin pak ustad,sy mhn. Bantuan pak ustad spy sy bias tenant.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Rasa cemas dan gelisah bisa muncul karena berbagai sebab misalnya karena adanya ancaman, tekanan ekonomi, tekanan pekerjaan, mengalami teror dan lain sebagainya. Unutk mengurangi rasa cemas seperti bisa dilakukan dengan banyak mendengar dan menghayati ayat tadabbur pada artikel tersebut diatas.

      Namun rasa cemas dan gelisah bisa juga muncul oleh sebab yang tidak diketahui dengan jelas. Yang bersangkutan tidak bisa menjelaskan mengapa ia cemas dan takut. Hal itu biasanya disebabkan oleh rasa was was yang disebabkan oleh gangguan jin dan sihir pada manusia. . Untuk mengatasi gejala cemas yang seperti ini bisa dilakukan dengan rukyah mandiri seperti yang dicontohkan pada artikel TIP MENGHILANGKAN GANGGHUAN JIN DAN SIHIR di blog ini.

      Pilih salah satu ayat rukyah pada artikel tersebut diatas, dengarkan sambil meletakan tangan kiri diatas dada dan tangan kanan diatas perut. Putar tangan kanan yang diatas perut berlawanan arah jarum jam sambil membaca doa yang ada pada artikel tersebut. Jika muncul rasa mual dan mau muntah , muntahkan saja semua yang bisa kamu muntahkan. Sebaiknya kamu siapkan kantong plastik untuk menampung muntah itu. Lakukan semua itu setiap hari hingga kamu tidak merasa mual dan muntah lagi.

      Disamping itu usahakan minum air putih yang sudah dirukyah setiap hari , minimal satu kali sehari. cara membuat air rukyah bisa kamu ikuti pada artikel AIR PUTIH MEMUSNAHKAN KEKUATAN SIHIR DAN JIN FASIK diblog fadhilza.com

      Lakukan semua kegiatan itu dengan sabar dan istiqomah sampai kamu tidak merasakan lagi ada nya gangguan pada diri kamu . Kamu bisa lakukan kedua cara diatas setiap hari. Untuk membuat air rukyah pada artikel itu ada dua cara, kamu boleh pilih cara mana saja yang mudah bagi kamu.

  47. firnanda says:

    ustad… saya merasa gelisah,ketakutan berkepanjangan tiba tiba berfikira negatif ,hati tidak tenang, susah tidur bagemana tad solusinya

  48. firnanda says:

    Asalammualaikum wr wb Ustad,,,, saya merasa takut,gelisah, takut berkepanjangan ,terus tanpa sengaja berpikiran negetif itu datang sendidri saya takut tad terus ditubuh saya kadang kadang rasanya gmna gmna gitu terus ,lalu kalo bangun tiduritu saya kanyak mikirin hal itu tad saya mintak solosinya ya tad,,,,,,, makasih

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Jika penyebab gelisah dan cemas yang kamu alami itu tidak jelas dan tidak bisa kamu terangkan , bisa jadi kamu terkena gangguan jin atau sihir . Kamu bisa mengambil langkah seperti yang saya jelaskan pada bunda chasanah dan bunda ar diatas . Lakukan rukyah mandiri dan minum air rukyah setiap hari.

  49. sy. Almusawa says:

    afwan ustd. sy anak pondok, d pndok sy slalu mrasa tdk tenang, kdng ada sebab kadang stress tnpa sebab yg lama2 smpe nangis2, mau ngafal jg bnyk pikiran ky sdh mmikirkan dunia, yg sy bs lakukan hny mmegng tasbih mnyebut nama ny kadan smbil triak untuk mnghilangkan stress,skrg sy sdh kluar dr pondok karena tdk kuat lg. semua nya numpuk,. skrg sy di rumah, bkn ny hilang mlah makin jadi, sy ngrasa ,makin jauh sm allah, smkin sy ngrsa jauh sy smakin stress, stiap hari tdk ada ketenangan,sy kdng mrasa gk kuat tgl d dunia, orng tua sdh brharap bnyk, dan sy tdk pny ssuatu yg bs d banggakan u/ rasullulah, sya semakin takut tdk bs mmbanggakan mreka krna ini.. afwan ustd, sya harap ustd. bs mngerti dan mmberi nasihat pd sya, sebelum ny Jazakalla Kheir.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Rasa takut, cemas dan gelisah yang tidak jelas penyebabnya bisa saja akibat adanya gangguan jin didalam diri kamu. Coba kamu lakukan test apakah ada gangguan jin atayu tidak pada diri nkamu dengan mendengarkan ayat test rukyah pada artikel TIP MENGHILANGKAN GANGGUAN JIN DAN SIHIR di blog ini. Perhatikan reaksi yang muncul jika kamu merasa mual, dada berdebar, terasa ada yang bergerak didalam tubuh, sendawa terus menerus., berarti memnag ada gangguan jin pada diri kamu. lakukan pembersihan dengabn rukyah mandiri seperti yang dicontohkan pada artikel itu.

      Disamping itu biasakan minum air putih yang sudah kamu rukyah setiap pagi dan sore hari seperti yang saya contohkan pada artikel AIR PUTIH MEMUSNAHKAN KEKUATAN SIHIR DAN JIN FASIK diblog ini.

      Ayat tadabbur diatas berlaku untuk menghilangkan gangguan gelisah dan cemas yang jelas penyebabnya seperti diterangkan diatas. , seperti habis ditimpa musibah, terkena PHK, Usaha merugi dan lain sebagainya.

  50. Linda says:

    assalamualaikum pak ustad semoga bapak selalu diberikan kesehatan dan dlm lindungan allah swt, saya merasa sangat sedih jikalau allah meninggalkan dan menenggelamkan saya bersama dosa-dosa yang telah saya perbuat bahkan jikalau allah tidak lagi melimpahkan rahmat dan ampunanya kepada saya yg telah aniaya terhadap diri saya sendiri” tapi saya yakin allah maha pengasih dan maha penyayang”, saya pernah melakukan dosa sangat besar dan Keji, setiap hari saya menangis menyesali perbuatan yg telah saya perbuat, saya takut Murka dan azab allah, saya takut allah akan memalingkan wajahnya ketika di hari akhir nanti, saya takut siksa kubur saya takut neraka allah, saya takut allah tidak mencintai saya , saya takut allah meniggalkan saya sendirian tanpa hidayahnya, ( pertanyaan saya pak ustad apakah allah akan mengampuni dosa besar yg telah saya perbuat, tobat dan amalan seperti apa yg harus saya lakukan, bagaimana caranya agar allah menerima tobat dan sholat yg kita lakukan? ) terimakasih banyak pak ustad sebelumnya mohon saranya Wassalamualaikum Wr Wb

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Allah sangat menyukai orang yang taubat dan kembali padaNya, asalkan ia bertaubat dengan sungguh sungguh dan tidak ada keinginan sedikitpun untuk kembali pada perbuatan dosa yang sudah pernah diperbuatnya itu. Kalau kamu bertaubat dan menyesal dengan sungguh sungguh maka hapuslah semua dosa yang pernah kamu buat . Selanjutnya mulailah hidup baru dijalan yang benar dan diridhaoi Allah.

      Lakukan shalat dengan benar dan khusuk, usahakan kamu mengerti setiap ayat dan kalimat yang kamu baca dalam shalat. Pelajari tatacara shalat khusuk pada artikel PANDUAN SHALAT KHUSUK diblog ini.

      Biasakan selalu berdzikir didalam hati setiap saat dimanapun kamu berada baik ketika berdiri duduk dan berbaring . Pelajari tatacara berdzikir dalam hati pada artikel AKTIVITAS DZIKIR DALAM HATI diblog ini.

      Kerjakan semua kegiatan diatas dengan sungguh sungguh dan istiqoma niscaya Allah menghapuskan semua dosa kamu dan menuntun kamu kejalan yang lurus.

  51. Ariati says:

    Assalamu’alaikum ak, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan terjaga dlm lindungan Allah SWT. sebulan lalu saya bermimpi -di suatu tempat ada beberapa orang termasuk saya melihat hantu, hantu itu bergantian merasuki satu persatu, dan saya yg terakhir dirasuki. Semua yang dirasuki tersebut menjadi tak sadarkan diri, sdgkn saya yg dirasuki paling akhir masih bisa mngendalikan diri dengan mengucap astaghfirullah berulang kali hingga hantu itu keluar dari tubuh saya, dan setengah sadar dari tidur itu saya mengucap astaghfirullah, dan saya terbangun sesaat- Saya mahasiswi tingkat akhir yg masi berjuang menyelesaikan tugas akhir saya, saya sangat percaya bahwa semua ini adalah atas kehendak Allah, saya selalu optimis dan berpikiran positif. Namun sebulan ini semenjak mimpi dirasuki hantu tersebut, saya merasa sangat stress dan gelisah hingga sempat terpikir untu mengakhiri hidup, di setiap malam saya menangis memikirkan kecemasan dan ketakutan saya, Dan saya yg sebelumnya tidak terbiasa tidur larut melebihi jam 10 malam, sekarang baru bisa tidur jam 12 bahkan baru jam 2 malam baru bisa tidur setelah menangis. Setiap saya meyakinkan diri saya bahwa ini semua atas kehendak-Nya, akan tak henti2nya menangis dan merasakan pusing. Apakah yg mimpi tersebut termasuk bentuk gangguan jin? bagaimana saya dapat mengatasi hal ini? Mohon sarannya pak, sebelumnya saya ucapkan terima kasih.. Wassalamualaikum..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>