TADABBUR QUR AN UNTUK MENGHILANGKAN STRESS , CEMAS DAN GELISAH

Oleh Fadhil ZA

Kadang kala kita dilanda rasa tertekan ,  cemas , gelisah, kecewa dan stress  yang berkepanjangan. Diantaranya ada yang kita ketahui penyebabnya misalnya kehilangan orang atau barang yang disayangi, beban pekerjaan yang menumpuk dan tidak kunjung selesai, masalah pelik yang tidak bisa diselesaikan dan lain sebagainya. Namun ada juga yang tidak kita ketahui penyebabnya. Tanpa alasan dan sebab yang jelas kita merasa cemas, tertekan dan stressa berkepanjangan.

Rasa cemas dan stress berkepanjangan yang dibiarkan berlarut larut bisa menyebabkan berbagai gangguan pada fisik maupun jiwa seseorang.  Gangguan pada fisik biasa disebut gangguan psikosomatik  seperti rasa gatal pada kulit, naiknya asam lambung, jantung berdebar, gangguan liver , luka dikulit atau bagian dalam tubuh yang tidak pernah sembuh dan lain sebagainya. Gangguan pada jiwa bisa berupa linglung, pelupa, sering marah, bicara sendiri, melamun, tidak ada gairah dan semangat kerja bahkan dalam jangka panjang bisa menjadi gila.

Untuk menghilangkan berbagai perasaan negatif itu cobalah lakukan tadabbur Qur an dengan mendengar dan mentadabburi beberapa ayat Qur’an sebagai berikut dibawah ini.

 

  1. SURAT AL HADIT AYAT 22-23

Dengarkan surat Al Hadit ayat 22-23 berikut terjemahannya dibawah ini berulang ulang, hayati dan resapi maknanya.

 

DOWNLOAD

22. Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.23. (Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembiraterhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri,

 Selesai mendengar surat Al Hadit ayat 22-23 diatas tadabburi ayat tersebut seperti berikut dibawah ini . Baca dengan nada puitis dan penuh penghayatan :

“Ya Allah telah Kau ingatkan pada kami dalam Qur’anMU yang agung bahwa tidak ada satu musibah dan bencana yang menimpa dibumi dan pada diri kami, melainkan sudah Kau tetapkan didalam kitab sebelum terjadinya. Semua itu Kau jelaskan pada kami agar kami tidak bersedih atas apa yang luput dari kami , dan tidak terlalu bergembira dengan apa yang telah Kau berikan pada kami. Sesungguhnya Engkau tidak menyukai setiap orang yang sombong dan membanggakan diri.

Ya Allah tolong kami untuk menyadari peringatanMu ini, beri kami kekuatan dan kesabaran menjalani apa yang telah Kau tetapkan bagi kami. Jangan Kau jadikan kami bersedih, kecewa, dan putus asa atas apa yang menimpa kami. Beri kami kekuatan dan kesanggupan mengatasi segala masalah yang hadir dihadapan kami. Tolong kami untuk ikhlas dan ridho atas apa yang telah kau tetapkan bagi kami. Hilangkan kesedihan, kekecewaan, kegelisahan dari hati kami ya Allah. Teguhkan iman dan keyakinan kami padaMU. Perkenankanlah permohonan kami ini ya Allah”

Diharapkan dengan memahami ayat diatas muncul kesadaran bahwa apa saja kejadian yang terjadi dan menimpa kita sudah ada ketetapannya disisi Allah. Kita harus berusaha untuk ikhlas dan ridho dengan semua ketetapanNya tersebut  , tidak perlu merasa sedih atau kecewa. Kalau Allah berkehendak Diapun bisa menghilangkan semua bencana dan musibah itu dalam sekejap mata.

  1. SURAT AT TAUBAH AYAT 51

Dengarkan surat At Taubah ayat 51 berikut terjemahannya dibawah ini berulang ulang , hayati dan resapi maknanya.

DOWNLOAD

51. Katakanlah: “Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah untuk kami. Dialah Pelindung kami, dan hanya kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakal.”

Selesai mendengar surat At Taubah ayat 51 diatas tadabburilah seperti yang dicontohkan dibawah ini. Baca tadabbur tersebut dengan nada puitis dan penuh penghayatan

“Ya Allah telah Kau ingatkan pada kami dalam Qur’anMu yanga agung, bahwa tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah Kau tetapkan bagi kami. Engkaulah pemimpin kami , Engkaulah pelindung kami. Hanya kepada Engkaulah kami bertawakkal dan berserah diri.

 Ya Allah kami mohon padaMu tolong kami untuk memahami peringatanMu ini, bahwa tidak akan menimpa kami sesuatu melainkan dengan izin dan kehendakMu. Tidak akan menimpa kami sesuatu melainkan apa yang telah Kau takdirkan dan tetapkan bagi kami. Engkaulah pemimpin dan pelindung kami.

 Ya Allah kami mohon padaMu tetapkan bagi kami berbagai kebaikan dan kebanjikan dari sisiMu, jangan Kau tetapkan bagi kami berbagai kejadian buruk dan tidak menyenangkan. Tolong kami untuk ikhlas dan ridho dengan apa yang Kau tetapkan bagi kami. Tolong kami untuk bertawakkal dan berserah diri hanya padaMU. Perkenankanlah permohonan kami ini ya Allah. “

Dengan memahami dan mentadabburi ayat diatas diharapkan muncul keyakinan didalam diri kita , bahwa tidak ada suatu bencana atau musibah yang menimpa kita melainkan dengan izin dan kehendak Allah. Tanpa izin dan kehendakNya semua itu tidak akan terjadi atas diri kita.

Diharapkan juga muncul didalam diri kita keyakinan bahwa Allah adalah pemimpin, pelindung dan penolong kita yang maha kuat dan maha perkasa.

Dengan keyakinan ini diharapkan akan  muncul dihati kita kekuatan dan semangat untuk bertawakkal dan berserah diri hanya pada Allah.

  1. SURAT FUSHILAT AYAT 30-32

Dengarkan surat Fushilat ayat 30-32 berikut terjemashannya dibawah ini berulang ulang, hayati dan resapi maknanya.

 

DOWNLOAD

30. Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan kami ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: “Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu.” 31. Kamilah pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan akhirat; di dalamnya kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh (pula) di dalamnya apa yang kamu minta. 32. Sebagai hidangan (bagimu) dari Tuhan Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Fushilat 30-32)

Selesai mendengar surat Fushilat ayat 30-32 diatas tadabburilah ayat tersebut seperti yang dicontohkan dibawah ini, baca dengan nanda puitis dan penuh penghayatan.

Ya Allah telah Kau ingatkan pada kami dalam Qur’anMU yang agung, bahwa orang yang mengatakan Tuhan kami adalah Allah kemudian mereka berpendirian teguh, turun kepada mereka para Malaikat mengatakan :” jangan kalian takut dan jangan kalian bersedih, bergembiralah kalian dengan syurga yang dijanjikan Allah,  kamilah penolong penolong kamu dalam kehidupan dunia dan akhirat. Didalamnya kamu mendapatkan apa saja yang kalian inginkan dan apa saja yang kalian minta. Sebagai pemberian dari Tuhanmu yang maha pengasih”

Ya Allah kami mohon pada Mu teguhkan iman dan keyakinan kami padaMU, datangkan kepada kami para Malaikatmu yang siap memberikan pertolongan pada kami dalam menghadapi berbagai masalah yang kami hadapi. Masukan ketenangan, kenyamanan dan ketentraman kedalam hati kami, hilangkan kesedihan, kegelisahan, kecemasan dari hati kami. Gembirakan kami dengan syurga yang Kau janjikan bagi kami. Perkenankanlah permohonan kami ini ya Allah”

Dengan memahami dan mentadabburi ayat tersebut diatas diharapkan muncul dihati kita semangat untuk tetap teguh dan istiqomah beriman pada Allah. Disamping itu muncul keyakinan bahwa Allah akan mengirimkan bantuan para MalaikatNya dalam mengatasi berbagai masaah yang sedang kita hadapi.  Insya Allah keyakinan itu akan melenyapkan rasa sedih dan duka yang sedang dialami.

Mudah mudahan dengan mentadabburi beberapa ayat diatas bisa membantu saudara saudara kita yang sedang bersedih, gelisah , dan cemas menghadapi berbagai problem yang menimpa mereka.  Ayat ayat diatas diharapkan memberi kekuatan dan ketabahan pada mereka dalam mengatasi dan menyelesaikan  berbagai masalah yang mereka hadapi.

 

  1. SURAT ATHUR 48-49

Dengarkan surat At Thur ayat 48-49 berikut terjemahannya dibawah ini berulang ulang, resapi dan hayati maknanya

 

DOWNLOAD

48. Dan bersabarlah dalam menunggu ketetapan Tuhanmu, maka sesungguhnya kamu berada dalam penglihatan Kami, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika kamu bangun berdiri49. dan bertasbihlah kepada-Nya pada beberapa saat di malam hari dan di waktu terbenam bintang-bintang (di waktu fajar). (At Thur 48-49)

 

Setelah mendengar dan menghayati surat At Thur ayat 48-49   diatas, matikan MP3 tersebut kemudian baca doa sebagai berikut:

“ Ya Allah telah Kau ingatkan pada kami agar kami bersabar dengan apa yang telah  kau tetapkan bagi kami. Sesungguhnya kami berada dalam pengawasan dan penjagaanMu. Dan telah Kau ingatkan pada kami agar kami bertasbih mensucikan namaMu ketika kami bangun dan berdiri, dan telah Kau ingatkan pula pada kami agar kami bertasbih menyebut namaMu dimalam hari hingga terbenam bintang dilangit. Ya Allah Tolong kami untuk bersabar dengan apa yang telah Kau tetapkan pada kami, tetapkan hati kami untuk bertasbih mensucikan namaMu dimanapun kami berada , jadikan kami dalam pengawasan dan penjagaanMU. Perkenankanlah permohonan kami ini ya Allah”

Diharapkan dengan memahami dan menghayati surat at Thur ayat 48-49 ini muncul kesadaran agar kita bersabar , ikhlas dan ridho dalam menjalani berbagai keputusan dan ketetapan Allah atas diri kita .  Disamping itu muncul keyakinan bahwa Allah selalu mengawasi dan memperhatikan keadaan kita dimanapun kita berada. Selanjutnya sebagaimana yang dianjurkan Allah dalam ayat tersebut muncul gairah dan semangat untuk selalu bertasbih mensucikan namaNya dimanapun kita berada baik ketika berdiri duduk dan berbaring.

Popularity: 17% [?]

54 Responses to “TADABBUR QUR AN UNTUK MENGHILANGKAN STRESS , CEMAS DAN GELISAH”

  • mohon untuk saudaraku seiman di baca blog ini http://muslim-murtad.blogspot.com/2013/03/awloh-nya-islam-doyan-ber-sumpah.html#more
    sebuah blog yang sangat mengganjal saya sebagai seorang muslim yang sedang berusaha untuk lebih mendekatkan diri pada Allah SWT. saya juga sudah mengundang pemilik blog untuk berdiskusi dengan orang yang cukup keilmuannya dalam islam. saya baca blog ini sangat berbahaya jika yang membaca sangat minim pengetahuan dan sedang dalam keraguan hati dalam menjalani hidup. mohon bantuannya, terima kasih

    • Wa alaikum salam
      Dalam surat Al Israk ayat 82 Allah mengingakan:

      82. Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.

      Pada ayat diatas Allah mengingatkan bahwa Al Qur’an itu ibarat pisau bermata dua disatu sisi ia mereupakan obat penawar bagi orang yang beriman, namun disisi lain ia akan membuat bingung pusing dan gelap bagi orang kafir. Bagi orang beriman Al Qur’an menjadi obat dan rahmat , bagi orang kafir Quran menjadi laknat (kerugian).
      Orang yang menghujat Qur’an sejak zaman Rasululah sampai akhir zaman akan tetap ada, Allah mengingatkan agar hati hati dan menjauh dari orang seperti itu. Kalau kita berkumpul dan tetap bersama mereka dikuatirkan iman kita akan goyah, Mereka adalah kelompok yang dibiarkan sesat oleh Allah. Barang siapa yang dibiarkan sesat tidak ada yang bisa memberi hidayah selain Allah sendiri. Web seperti ini bertebaran dialam maya antara lain faith freedom dan web yang anda sebutkan itu buku yanbg sudah terbit antara lain The islamic invasion karya Robert Morey.

      Bagi mereka yang ingin tetap menjaga iman dan keyakinannya tidak usah dihiraukan web seperti itu, biarkan saja . Masih banyak web yang bermutu untuk dipelajari. Itu adalah terompet iblis untuk menyesatkan umat manusia. Jangan terpancing untuk memberi tanggapan di web mereka. Orang seperti itu sama saja diberi peringatan atau tidak mereka tidak akan beriman. Mereka tidak akan percaya dan beriman sampai unta masuk lubang jarum. Meladeni mereka hanya usaha yang sia sia. Masih banyak orang yang haus akan dakwah yang mau mendengarkan nasihat Al Qur’an. Perhatikan firman Allah dalam suratat 10-11 :

      10. Sama saja bagi mereka apakah kamu memberi peringatan kepada mereka ataukah kamu tidak memberi peringatan kepada mereka, mereka tidak akan beriman. 11. Sesungguhnya kamu hanya memberi peringatan kepada orang-orang yang mau mengikuti peringatan dan yang takut kepada Tuhan Yang Maha Pemurah walaupun dia tidak melihatnya. Maka berilah mereka kabar gembira dengan ampunan dan pahala yang mulia.

  • ika handayani:

    Assalamualaikum wr.wb
    Pak fadhilza,saya ingin curhat selama bulan ini sya mengalami ktakutan yg luar biasa seperti saya takut cape,takut sakit sampai takut mati.saya merasa depresi saya tidak tau penyebabnya kenapa saya sampai mengalami hal sperti ini! Saya ingin keluar dari tekanan dan keadaan ini sayasudah sholat,baca quran sampai sholat tahajud tp rasa was2 masih saja timbul.bisakah bapak membantu saya atau merukiyah saya.kl bleh saya ingin bertemu dengan bapak terima kasih sbelumnya!

  • Wa alaikum salam

    Rasa takut , cemas dan was was adalah bisikan syetan yang ditiupkan kedalam hati dan fikiran manusia. Berlindunglah pada Allah dari semua itu. Coba lakukan test dengan mendengrakan ayat rukyah yang saya sampaikan pada email ini. Perhatikan reaksi yang muncul . Jika timbul rasa mual mau muntah, dada berdebar keras, badan terasa panas, dan lain lain kemungkinan besar ananda mengalami gangguan dari jin.

    Kenalilah tipu daya syetan agar ananda bisa menghindar dari tipu dayanya. Dengarkan ayat tentang tipu daya yang saya sampaikan pada lampiran email ananda. Yang terdiri atas surat

    ALFATIHAH, AL ISRAAK 61-65, AN NUR 21, FATHIR 5-7, YASIN 60-64, AZ ZUKHRUF 36-39, AL MUKMINUUN 93-100, AN NAHL 96-100

    Disamping itu dengarkan dan tadabburi ayat ayat diatas dengan sungguh sungguh.

    • Iki:

      Assalamualaikum.
      Pa ustadz kalo seandainya kita tidak mendengarkan surat2 diatas, tetapi dibaca sendiri sama kita boleh tidak?? Apakah bakal sama efeknya dengan yg mendengarkan?

  • Rendi AB:

    Pak ustad saya 2 tahun ini ada saja penyakitnya
    Mulai dDari sinusitis bronkitis Asam lambung kena virus cmv Dan belakangan sering ngantuk yg brlebihan
    Kiri kan me email saya ya pak taddabur Quran besetta caranya

  • masbond:

    Assalamualaikum.Wr.Wb
    pak ustad saya mohon dikirimi tadabbur untuk penyakit asam lambung saya karena beberapa hari ini kumat perut terasa panas,nyeri,sering masuk angin..
    atas bantuannya saya ucapkan terima kasih… Wassalamualaikum wr.wb.

  • andy:

    ASS WR WB PAK USTADZ FILE MP3 NYA KO GA BISA DI DOWNLOAD, TRUS MOHON GABUNGAN SURAT DIATAS SEBAGAI TERAPI ISTRI SAYA,YG KAYANYA MENGALAMI STRESS, TKS

  • Aulia:

    Assalamu’alaikum…
    sy mau curhat, akhir2 ini sy selalu merasa cemas yg berlebihan, jantung berdebar-debar tidurpun tak nyenyak, sy mengaitkan semua kecemasan sy ini sebagai tanda2 kematian, sehingga membuat sy takut yg berlebihan. Tolong dibantu solusinya agar hati sy bisa tenang.

  • aulia:

    saya juga merasakan panas di sekujur tubuh saya, padahal suhunya normal.

  • rist:

    Assalamu’alaikum..
    Saya jg mau curhat.akhir2 ini sy jg merasakan hal seperti mbak Aulia dan mbak Ika Handayani.sy mengalami ketakutan yg luar biasa dan cemas akan kematian.tolong dibantu agar sy tenang lg.atau mohon kiriman ayat2 rukyah di email saya jk memang itu gangguan jin/syetan.
    terima kasih sebelumnya.

  • feby:

    saya mau tanya kenapa badan saya terus terasa bergetar tetapi getarannya tidak terlihat?

  • feby:

    ketika hendak tidur juga saya merasakan tubuh sy di goncang halus seperti gempa kecil.. kalau memejamkan mata sedikit saja pasti waktu bangunnya badan terasa seperti lumpuh sesaat trus lemas

  • hlee:

    Assalamu’alaikum pak ustad, baru ini saya mendapatkan mimpi membaca satu ayat al-qur’an… saya tidak tau ayat itu ada di al-qur’an atau tidak ada. Saat itu saya dlm keadaan setengah sadar.. saya membaca potongan ayat itu satu persatu sampai akhir dan niat sy saat di mimpi itu akan melihat awalan ayat itu dan nanti saat terbangun saya akan mencari potongan ayat surat apakah itu di al-qur’an… tetapi anehnya saat membacanya sudah mendekati akhir ayat itu tiba2 semua organ tubuh saya terasa tidak berfungsi, tiba2 pendengaran saya menghilang (sy tidur setengah sadar & masih dapat mendengar suara di luar), dan sy seperti mendengar suara blender yg kuat.. walaupun begitu sy tetap membaca potongan ayat tersebut sampai akhir & mengabaikan kondisi tubuh sy yg aneh, sayangnya saat huruf terakhir ayat tsb, sy hanya bisa melihatnya samar2 dan saya hanya bisa menerka baris huruf trsb. Saat terbangun sy sudah lupa bacaan ayat tersebut. Kira2 apa arti mimpi saya? sungguh sy takut dgn kejadian yg sy alami ini, apalagi sy merasa organ tubuh sy tidak berfungsi beberapa saat, terutama pendengaran.

    • Wa alaikum salam

      Syetan dari golongan jin sering mengganggu manusia melalui mimpi mimpiyang mengganggu dan menggoncangkan jiwa seperti yang anada alami. karena itu rasulullah menganjurkan agar kita selalau berlindung pada Allah ketika mau tidur. Biasakan membaca surat al falaq dan ayat Qursyi (Al baqarah 255) ketika mau tidur. Mimpi yang aanda alami adalah dari gangguan jin untuk menimbulkan kegelisahah dan kecemasan pada ananda.

  • naora:

    assalamualaikum ustad.
    soalan saya, adakah semua surah2 bersama tadabburnya seperti yang d tunjukkan di atas harus di baca, atau memilih salah satu surah dan tadabburnya sahaja juga boleh?
    mohon jawapan dari pak ustaz..
    terima kasih.

    • Wa alaikum salam

      Silahkan dipilih salah satu ayat diatas mana yang dirasakan lebih cocok dengan masalah yang ananda hadapi. Dengarkan ayat tersebut dengan seksama , kemudian baca tadabburnya. Lebih baik lagi kalau ananda bisa hafal ayat tersebut dan langsung dibaca tadabburnya.

      kalau mau dibaca semua satu sat persatu juga boleh, pada dasarnya semua ayat diatas untuk menguatkan hati dan jiwa menghadapi berbgaia ujian dan cobaan dari sisiNya.

  • Intan Nugraheni:

    panas walau suhu dingin,rasa tidak nyaman,mual,muntah tp tdk ada yg keluar.Dulu saya org yg pemberani,tidak takut dengan yang namanya hantu,syaitan,jin atau apapun.Tapi entah kenapa akhir2 ini saya jadi luar biasa takut kalau menjelang malam/sepi.Kalau siang biasa saja.Saya takut kalau2 melihat penampakan di kamar saya.Padahal dulu tidak pernah.Saya akui bukan umat yang taat,beberapa thn belakangan sudah tidak sholat lg,say melupakan perintahNYA.Kadang timbul hasrat untuk beribadah akan tetapi malas rasanya.Usia sekarang sudah 38 dan belum menikah,dulu ada orang pintar yg bilang kalau jodoh saya ditutup oleh mantan yg sakit hati.Sekarang saya sebenarnya sudah berhubungan dengan seseorang,sudah lama sekitar 4 tahun tp juga belum ada tanda2 untuk ke jenjang yg lebih serius,padahal saya sangat mengharapkan.Apa mungkin saya depresi ada kaitannya dengan itu.Bagaimana menurut Pak ustadz,apakah yang harus saya perbuat.Terima kasih sebelumnya.
    Wassalamu’alaikum Wr Wb

  • sidik:

    assalamualikum wr. wb. ustad.
    sdh dua bulan ini saya merasa cemas, was2, jantung berdetak2 di waktu2 tertentu, pusing, mimpi yang aneh begitu pula ibu saya, merasakan sama apa yang saya rasakan. apakah ini pengaruh jin, santet atau gimna. mohon penecerahannya pak ustad

  • wahyu:

    Asalamualaikum wr wb…
    Pak saya mw tanya kenapa saya akhir2ini sering merasa gelisah yg berlebihan tentang kematian tentang kehidupan setelah meninggal, saya baya dr pertanyaan awal mungkin ini semua di akibatkan oleh syetan atau sebagainya, pak apa saya boleh minta ayat2 ruqiyah untuk diri saya…
    Saya takut karena kegelisahan ini mengganggu saya sampe2 saya susah tidur badan lemas dan kurang bersemangat dalam beraktifitas…
    Saya sangat membutuhkan solusinya pak…
    Terimakasih. Asalamualaikum wr wb..

    • Wa alaikum salam

      Kematian bukan sesuatu yang harus ditakuti, setiap orang pasti akan mengalaminya. Yang penting kita selalu harus mempersiapkan diri untuk menghadapi kematian itu. Kematian adalah pintu gerbang untuk memasuki kehidupan yang abadi dialamai barzakh kelak.

      Hidup didunia ini hanyalah hidup sementara , Hidup yang sebenarnya justru kehidupan sesudah mati itu. Karena itu persiapkanlah diri bawa bekal sebanyak banyaknya untuk menempuh kehidupan sesudah datangnya kematian itu. Tidak seorang pun bisa menghindar dari datangnya kematian , karena itu persiapkanlah bekal sebanyak banyaknya untuk menghadapi kematian itu.

      Rasa gelisah dan was was itu muncul dari bisikan syetan dan jin sebagaimana disebutkan dalam surat an naas. Coba kamu lakukan test apakah ada gangguan jin atau tidak pada diri kamu dengan mendengarkan ayat test gangguan jin seperti yang saya sampaikan pada artikel “Tip menghilangkan gangguan jin dan sihir” di blog ini.

      Jika tidak ada reaksi berarti itu gangguan syetan yang membisikan kegelisahan pada dir kamu. Dengarkan , hayati dan tadabburi ayat ayat yanga ada di artikel diatas untuk menentramkan hati kamu.

  • Zulmardi:

    Assalamualaikum pak ustad kenapa akhir2 ini saya merasa was2 dan cemas badan terasa limbung dan kadang2 bergetar dan ada perasan takut dan sering sekali masuk angin dan asam lambung meningkat badan cepat lelah pak ustad tolong berikan saya amalan doanya. Dan juga saya sudah menikah selama 16 tahun umur saya 41 thn dan istri 40 tahun belum dikaruniai keturunan apakah masih bisakah istri hamba hamil pak ustad terima kasih sebelumnya atas bantuan pak ustad semoga amal ibadah pak ustad Allah saja yang akan membalasnya. Aamiin YRA

  • assalamualaikum.
    maaf pak ustad kenapa tahun-tahun belakangan ini hati saya selalu menuntun saya untuk berbuat semau hati saya…
    dan terkadang saya bingung dan stress ,yang membuat saya gelisah pak…

    mohon sarannya pak ustadz…

    wassalam.
    terima kasih sebelumnya…

  • saya ingin ikut pesantren di bapak boleh supaya saya tenang…
    saya mohon pak ustadz…

  • amniwardani:

    Ass pak ustad,saya sudh bertahun2 mngalami ketakutan,tidk bisa tidur,dan rasa cemas yg berlebihan,saya selalu mrasa sakit satu badan, sekujur tubuh saya kedinginan seperti es dikala saya cemas,jantung saya bertdetak kencang,punggung saya terasa berat seperti memikul beban yg amat berat,kpala sering sakit,…subhannallah saya sudh brusaha berjuang mlawan smua ini tp rasa cemas itu selalu datang, mohon saran atau petunjuknya pak ustad ,trimakasih wasallam

    • Wa alaikum salam

      Hal seperti itu bisa saja terjadi akibat gangguan jin yang menimbulkan was was pada diri ananda . Coba lakukan test dengan mendengarkan ayat rukyah seperti yang saya sampaikan pada artikel “Tip menghilangkan gangguan jin dan sihir” di blog ini.

      Perhatikan reaksi yang mencul, jika positip terkena gangguan jin dan sihir lanjutkan dengan rukyah mandiri seperti yang dijelaskan pada artikel itu.

  • Tgk sulaiman:

    Assalamualaikum ustazd, saya mau tanya ustazd dan mohon petunjuknya, sudah seminggu adik saya sakit, sakitnya di pasantren dan sekarng sudah saya bawa pulang kerumah, sakitnya sedikit aneh, karna dia merasa gelisah, tidak bisa tidur, dada berdebar2 dan panas, kepala terasa berat, mohon petunjuknya ustazd, apa penyakitnya itu bisa di rukyah, terimaksih atas bantuanya

    • Wa alaikum salam

      Coba kamu lakukan test dengan mendengarkan ayat rukyah seperti yang saya sampaikan pada “Tip menghilangkan gangguan jin dan sihir” pada blog ini. Perhatikan reaksi yang muncul jika timbul rasa mual, panas, dada berdebar keras, terasa ada yang bergerak didalam tubuh , berarti ia positip terkena gangguan jin atau sihir.

      Lakukan pembersihan dengan rukyah mandiri sesuai tutunan pada artikel itu.

  • Assalamualaikum pak.. Saya nak bertanya soalan pada pak. Masalah saya nie terjadi setelah sepupu saya meninggal dunia. Iaitu pada 12/12 yg lps. Sejak hari tue saya menjadi serba takut dan disaluti dengan perasaan gelisah.. sejak hari tue apabila saya ingin membuat perjalanan jauh. Perasaan saya ini semakin menjadi.. sampai kadang2 mlm sblm perjalanan tersebut saya tidak boleh tido.. saya byk fikir mcm2. Saya terfikir klu perjalanan tersebut jadi perjalanan terakhir saya. Saya tkt sbb saya masih blm bersedia. Saya tkt jd mcm sepupu saya dimana ia meninggal disebabkan kemalangan jalan raya. Dan sepupu saya tersebut masih terlalu muda, iaitu baru tamat spm. Disebabkan itu, saya tkt nk pergi mana2. Mcm2 saya fkr. Sampai nak tdo sorg2 pun saya tkt. So apa pendapat dato dengan masalah saya nie.. apa yg perlu saya buat untuk menyelesaikan masalah saya ini.. saya nak dan ingin keyakinan saya semua. Saya rasa mcm lesu dgn keadaan saya skrg. Diharap pak blh membantu saya. Terima kasih.

    • Wa alaikum salam

      Itu adalah was was syetan dari golongan jin yang membisikan keburukan kedalam hati manusia, sebagaimana disebutkan dalam surat an naas. Tadaburi dan semua ayat yang disampaikan diatas, terutama surat al hadit 22-23 dan surat at taubah 51. Yakini bahwa tidak ada suatu bencanapun dilangit dan bumi melainkan sudah ditetapkan Allah kejadiananya, dan yakini pula bahwa tidak akan menimpa kamu sesuatu apa melainkan dengan seizin Allah.

      Bertawakkallah hanya pada Allah, jangan takut dan cemas. Orang yang dekat pada Alah tidak pernah takut dan cemas menghadapi segala masalah didunia ini. Karena ia percaya akan lindungan dan pertolongan Allah. Jangan hiraukan bisikan setan yang muncul dihati ananda itu.

  • muhammad luthfan:

    Assalamualaikum pa ustad .saya 2bulan kemarin terkena tipes dan alhamdulillah saya sembuh tap setelah tipes saya jadi punya penyakit lambung dan sudah sering bulak balik ke dokter tapi tak kunjung sembuh sehingga saya stres dan detak jantung saya cepat dan selalu ditakuti rasa cemas yang berlebihan setiap pagi bagaimana pak ustad ?saya sudah cape minum obat .

    • Wa alaikum salam

      Rasa cemas dan strees secara berlebihan bisa menimbulkan kekacauan pada sistim kekebalan tubuh kamu, dan pada akhirnya akan mendatangkan berbagai penyakit yang sulit disembuhkan. Berbagai penyakit fisik yang kamu alami bersumber dari rasa cemas yang berlebihan itu.

      Untuk menentramkan hati kamu dengarkan dan hayati bacaan tadabbur diatas, tanamkan keyakinan dan rasa tawakial pada Allah didalam hati kamu. Disamping itu perbanyaklah membaca kalimat dzikir didalam hati kamu setiap saat dimanapun kamu berada baik ketika berdiri duduk dan berbaring. Ikuti panduan tatacara berdzikir didalam hati pada artikel “Aktivitas berdzikir dalam hati” di blog ini . Jika hati kamu sudah terbiasa berdzikir niscaya Allah akan memberikan ketentraman dan kenyamanan pada hati kamu dan insya Allah semua penyakit yang kamu alami akan lenyap pula.

  • ezamiza:

    assalamualaikum ustaz…saya mempunyai perasaan yang sgt2 takut apabila hendak berjumpa doktor..disebabkan perasaan takut itu, setiapkali cek tekanan darah..sering melepasi tahap normal..setiap kali hendak berjumpa doktor..sering saya fikirkan mcm2…sya selalu fikir takut ada penyakit, takut pada kematian.klu tidak berjumpa doktor fikiran sya lapang dan tidak merasa apa2 yang menakutkan…tapi bila hendak jumpa doktor saya akan fikir yang mcm2 hingga menghilangkan mood saya dan kegembiraan saya.bila dah berdepan dengan doktor lagilah semua organ bergerak pantas dan mulalah doktor akan merasa hairan…tapi hanya saya tahu bagaimana emosi saya ketika itu.takut yang teramat sangat.diharap ustaz boleh membantu saya dan memberikan tip2 yang saya boleh amalkan..terima kasih

    • Wa alaikum salam

      Takutlah hanya kepada Allah, jika kita merasa takut secara berlebihan kepada sesuatu selain Allah, maka Allah akan membangkitkan rasa cemas, gelisah, kalut didalam hati dan fikiran kita.

      Untuk menghilang rasa cemas yang tidak menentu itu dengarkanlah ayat ayat tadabbur yang saya sampaikan diatas. Kemudian biasakan untuk berdzikir menyebut nama Allah didalam hati setiap saat dimanapun kamu berada baik ketika berdiri duduk dan berbaring. Ikuti panduan cara berdzikir didalam hati seperti yang saya sampaikan pada artikel “Aktivitas berdzikir dalam hati’ di blog ini.

  • assalamualaikum pak ustad, tadi saya habis ujian tengah semester, lalu saya mengerjakan soal mtk, dan sudah selesai ada yg ketinggalan untuk dijawab, alhasil perasaan kecewa, sedih pun melanda saya pak, sampai saat inipun masih, bagaimana untuk meyakinkan hati saya untuk bisa pasrah? termakasih wsslam

    • Wa alaikum salam

      Apa yang sudah terjadi tidak akan kembali lagi, jangan biarkan hati kamu sedih dan kecewa dengan kegagalan dimasa lalu. Rasa kecewa yang berlarut larut bisa menutupi masa depan kamu, dan akan menimbulkan banyak kesulitan bagi diri kamu.

      Dengarkan tadabbur beberapa ayat diatas, renungkan dan resapkan maknanya. yakini surat at taubah ayat 51 diatas bahwa tidak ada yang bisa membahayakan kamu melainkan dengan izin Allah.

      Berserah dirilah pada Allah, yakinlah bahwa tidak ada yang bisa membahayakan kamu tanpa izin Allah. Untuk menentramkan hati kamu perbanyaklah dzikir menyebut dan mengagungkan Allah . Ikuti panduan dzikir didalam hati pada artikel “Aktivitas dzikir didalam hati” diblog ini

  • hamba Allah dari Malaysia:

    Salam ustaz…saya seorang guru dari Malaysia..saya ingin berkongs sedikit masalah dengan ustaz. Saya selalu menghadapi kemurungan yang berpanjangan..bila saya murung semua orang menyedari bahawa saya di dalam kemurungan dan terus terusan menyindir saya dan menyebabkan saya lagi berasa down dan lemah semangat..biasanya kemurungan ini berlaku setahun dalam sekali..apa yang perlu saya lakukan sekarang agar dapat mengubati masalah lemah semangat dan gelisah ini ustad?

    • Wa alaikum salam

      Sumber berbagai penyakit hati adalah rasa cinta yang berlebihan terhadap dunia dan jauh dari dzikir mengingat Allah. Orang yang cinta dunia akan mengalami kekecewaan yang mendalam jika ada sesuatu keinginannya yang tidak tercapai.

      Bersihkan hati dari kecintaan yang mendalam pada kehidupan dunia, berserah diri dan bertawakkallah pada Alllah. Jadikan hati ikhlas dan ridho atas semua ketetapan Allah seperti yang disebutkan dalam surat at Thur ayat 48-49 diatas. Sadari dan pahami bahwa hidup didunia hanya sekejap mata dibandingkan dengan hidup diakhirat. Kehidupan akhirat itulah kehidupan yang kekal dan abadi, jadikan akhhirat sebagai tunjuan hidup. Renungkan semua ayat tadabbur diatas.

      Perbanyak mengingat Allah setiap saat didalam hati dimanapun kamu berada baik ketika berdiri duduk dan berbaring. Ikuti panduan dzikir didlam hati pada artikel :”Aktivitas dzikir dalam hati” di blog ini

  • dee:

    assalamualaikum. Pak ustad, saya ingin bertanya. saya remaja umur 17thn. saya tinggal sendiri dirumah. sudah 2tahun saya tinggal sendiri. selama saya tinggal disini (dr lahir saya sudah tinggal disini) saya tidak pernah merasakan keanehan2. tetapi akhir2 ini (tepatnya 3hari belakangan) saya menjadi aneh dirumah saya sendiri. sudah 3 kali saya merasa melihat seperti ada “sesuatu” hingga membuat saya terkejut. tetapi tidak ada apa2. dan juga akhir2 ini saya sering merasakan sakit yg amat sangat. tulang belakang saya seperti menusuk hingga ke dada dan membuat saya kesulitan utk bernafas. sakit ini dtg tiba2 dan hilang juga tanpa saya sadari. apa yang harus saya lakukan Pak? dan juga mengapa bisa terjadi seperti ini? mohon dijawab ya, Pak. terimakasih

    • Wa alaikum salam

      Apa yang kamu alami bisa saja terjadi akibat adanya gangguan jin pada diri kamu, namun untuk memastikannya sebaiknya kamu lakukan test dengan mendengarkan ayat rukyah seperti pada artikel “Tip menghilangkan gangguan jin dan sihir” diblog ini.

      Perhatikan reaksi yang muncul, jika kamu merasa mual mau muntah, terasa ada yang bergerak didalam tubuh kamu, menangis, dada berdebar keras, berartim kamu positip terkena gangguan jin. Kamu bisa lakukan pembersihan dengan melakukan rukyah mandiri seperti yang dicontohkan pada artikel itu.

      Jika tidak ada reaksi apa apa berarti tidak ada gangguan jin pada diri kamu, tingkatkanlah mutu shalat kamu dengan berusaha untuk mengerti dan paham setiap ayat dan kalimat yang kamu baca dalam shalat. Shalat yang dilakukan dengan benar dan khusuk akan menguatkan jiwa kamu, sehingga tidak mudah diganggu mahluk jin dan sebangsanya.

  • eko:

    Ass ustad, sya ingin bertyanya sudah 3 bulan ini saya mengalami cemas dan panik karena asam lambung saya yg kembung! Jikalah berkendak ustad memberi obat atau masukannya kesaya! Trims

  • bagus:

    bisa tolong saya butuh ayat ttg ALFATIHAH, AL ISRAAK 61-65, AN NUR 21, FATHIR 5-7, YASIN 60-64, AZ ZUKHRUF 36-39, AL MUKMINUUN 93-100, AN NAHL 96-100

    sbnarnya saya habis diputus cinta…dia menyelingkuhi saya atas hubungan intens yang kita lalui dia menganggapnya gak ada apa2 dan beralih tunagan dan siap nikah dengan orang lain,, sebearnya sakit banget, merasa dilecehkan dihina dan diploroti, saya diminta ikhlas padahal dalam kata2 di chat saya ikhlas karena ALLOH…tapi hati dan ikhlas dan rela dan masalah saya sampai membuat masalah lain seperti masalah ttg pekerjaan, mood, dan lingkungan saya juga mengalami kesempitan dan hingga membuat saya depresi-stres dan kacau

    saat saya test pakai rukyah..saya ngantuk pak? apakah itu juga termasuk…terus penangganannya gmn?

  • Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Ustad yang baik, saya mau tanya. pertama; Mengapa penyakit asma saya gak sembuh-sembuh, berbagai solusi dan obat tak kunjung berhasil.Kedua; mengapa saya tidak mempunyai pemasukan (ekonomi) yang lebih, bukan berarti saya tidak bersyukur ustad. Tapi saya malu mertua saya menyinggung selalu tentang penghasilan saya. ketiga; mengapa saya tidak seperti dulu sebelum menikah saya optimis, penuh karya dan sukses, setelah menikah saya merasa surut dan lebih banyak berdiam diri walau sedikit saya bergerak untuk mencari uang.
    demikian mohon pencerahan dari ustad semoga ustad sehat dan sukses,aamiin

    Wassalamu’alaikum wr. wb.

    • Wa alaikum dalam
      Sumber penyakit dan masalah ekonomi yang kamu hadapi adalah pada pertanyaan kamu yang normor tiga itu. Setelah menikah kamu merasa surut, tidak bersemangat dan banyak berdiam diri itulah penyebab penyakit asma yang tidak kunjung sembuh dan kesulitan ekonomi kamu.

      Kamu harus memperbaiki sikap hidup kamu, riang gembira , optimis penuh semangat dan harapan. Tingkatkan mutu shalat kamu dengan berusaha mengerti dan paham setiap kalimat dan ayat yang kamu baca dalam shalat. Ketika membaca alfatihah pada ayat ihdinashirotol mustaqim…dan seterusnya, hayati ayat itu mohon pada Allah dengan kuat agar Ia menunjukan kamu jalan yang benar, penuh sukses dan keberkahan, bukan jalan orang vyang selalu diruding kesilitan dan penderitaan.

      Katika membaca doa waktu duduk iftirash baca doa tersebut dengan sungguh sungguh dan penuh penghayatan. Jika doa itu dikabulkan Allah kamu akan bebas dari kemiskinan, kemelaratan dan kesengsaraan. Pelajari tatacara shalat khusuk pada artikel “PANDUAN SHALAT KHUSUK” di blog ini

  • zhezee:

    Assalamualaikum, pak ustad saya sudah mengamalkan tadabbur surat2 diatas dan tadabbur surat Al Fath 1-4, untuk menghilangkan rasa sedih, marah,kecewa, gelisah dan tak terima dengan apa yg dilakukan suami, dan menghilangkan bayangan2 yang selalu menghantui fikiran saya tentang perselingkuhan suami saya, karna smua itu mengganggu aktivitas keseharian saya, karena jika bayangan itu datang , saya langsung murung sedih,kecewa marah gak jelas, padahal kejadian itu sudah setengah tahun yg lalu tp tetap gak mau hilang dr fikiran saya, saat2 suami saya sama wanita lain itu diceritakan dengan jelas dan detail oleh wanita itu ke saya, dan suami mengakuinya, itu yang membuat saya sakit hati… Apalagi wanita itu adalah pepenghibur malam bukan wanita baik baik, dan sudah dinikahi suami saya, walau sekarang sudah dia ceraikan, dihadapan saya sendiri…. Yang saya tanyakan, setiap hari saya amalkan tadabbur itu semua, tapi kenapa kadang sehari saya bisa tidak mengingatnya sama sekali, tapi kadang seharian saya selalu mengingat bahkan membayang apapun yang dilakukan suami saya dengan pelacur itu, hingga membuat saya sedih,cemas, gelisah, kecewa dan marah marah , seakan akan saya tidak bisa mengendalikannya, seperti di luar kendali saya, kata orang orang saya di guna guna sama wanita itu karena dicerai suami saya, tapi saya memang tidak percaya dengan smua itu,saya juga sudah mendownload mp3 yg rukiyah sama test pengusir gangguan jin dan syetan, menurut pak ustad saya harus bagaimana untuk menghilangkan perasaan sedih dan bayangan ttg perempuan itu yang tiba2 datang… Terimakasih

    • Wa alaikum salam

      Rasa gelisah dan cemas itu masih tetap menghantui kamu karena kamu kurang menghayati ayat ayat yang dibacakan diatas. Kamu belum bisa bersikap pasrah dan tawakkal pada Allah, sehingga setan masih bisa membobol benteng pertahanan kamu. Orang yang sudah pasrah dan bertawakkal pada Allah dijamin tidak bisa dimasuki oleh tipu daya setan. Allah menjamin itu dalam surat An Nahl ayat 99:

      99. Sesungguhnya syaitan itu tidak ada kekuasaannya atas orang-orang yang beriman dan bertawakkal kepada Tuhannya.

      Hayati ayat ayat tadabbur diatas, bertawakkal dan berserah dirilah pada Allah. kalau kamu sudah bisa berserah diri dan bertawakkal pada Allah,hati kamu akan tentram dan tidak merasakan tekanan dan rasa gelisah lagi.

  • milanz:

    Assalamualaikum wr wb.

    Saya ingin mengucapkan terima kasih banyak, isi blog ini sangat membantu mencari petunjuk mengatasi depresi yang saya alami.
    Semoga Allah, SWT memberikan keberkahan bagi Bapak di dunia dan akhirat. Aamin

  • dana:

    Assalamualaikum wr wb..

    Saya seorang yang cukup sering was was pada semua hal.dahulu ketika sholat sering ragu,begitu pun wudhu tapi sekarang alhamdulillah sudah tidak.tapi hati saya masih sering gelisah..saya pernah mengalami serangan panik..dan hari2 saya dihinggapi perasaan takut dan pikiran2 negatif seperti takut mati..saya kadang ada pikiran negatif sesuatu tentang kematian membuat saya jadi kepikiran dan susah untuk melepasnya atau kepikiran terus seperti contoh “mungkin ini tanda tanda..” dan selalu menghubung2 kan dngn kematian.saya tidak tahu kadang pikiran seperti itu terlintas begitu saja.dan itu membuat semakin cemas.apakah pikiran ini datang dari syetan,Allah atau diri sendiri?? Bagaimana hukum mempercayai pikiran itu?? Mohon penjelasannya..trimakasih wassalamualaikum wr wb

    • Wa alaikum salam

      Itu adalah was was yang dibisikan setan (jin) kedalam hati dan fikiran kamu seperti yang disebutkan dalam surat An Naas . Dengarkan ayat ayat diatas sebagai nasihat bagi kamu. Baca surat alfatihah, al ikhlas, al falaq dan an Nass tiupkan pada kedua telapak tangan kamu kemudian usapkan kewajah dan seluruh tubuh. Mudah mudahahn Allah menghilangkan perasan was was itu.

Leave a Reply

*

Fashion Stores
Translate This Page
Pondok Tadabbur
Infak, Sodaqoh Anda untuk Pondok Tadabbur bisa disampaikan melalui :

Rek Bank Mandiri
123.0097166435
a/n Fadhil Zainal Abidin.
0811151412 - fadhil_za@yahoo.co.id
PELATIHAN
facebook page

Jadwal Pelatihan Shalat Khusuk dan Tadabbur Qur'an wilayah Jabodetabek dan Sekitarnya.

Klik disini untuk keterangan lebih lanjut

HP : 0811151412

Archives
Sejak 20 Feb 2008