Oleh Fadhil ZA

I. PENDAHULUAN

meditasi-3Berdzikir mengingat Allah adalah kegiatan yang banyak dianjurkan dan diperintahkan Allah didalam Al-Qur’an. Beberapa ayat Qur’an mengatakan ingatlah Allah ketika berdiri, duduk dan berbaring, dan jika kalian telah menunaikan sholat ingatlah Allah dengan sebanyak banyaknya. Sholat adalah salah satu kegiatan dzikir yang diwajibkan bagi umat Islam. Bagaimana mengerjakan dzikir diluar sholat memang tidak ada tuntunan yang khusus, karena perintahnya sudah jelas didalam Qur’an . Berdzikirlah dengan banyak berdo’a dan menyebut nama Allah sebanyak banyaknya baik secara lisan maupun didalam hati.

Sebagaimana berdzikir, bernapas adalah kegiatan yang dilakukan setiap saat tidak pernah terputus walau sesaat. Manusia bisa tahan tidak makan dan minum selama satu hari , namun tidak ada manusia yang kuat tidak bernapas selama itu. Manusia hanya tahan tidak bernapas paling lama hanya 30 s/d 60 detik. Bahkan ketika tidurpun kita tetap bernapas . Seni pernapasan dzikrulah adalah seni menggabungkan kegiatan berdzikir dengan tehnik pengolahan napas. Kita melakukan kegiatan dzikir sambil melakukan olah napas.

Napas merupakan sumber kehidupan bagi manusia , berhenti bernapas berarti berhenti hidup. Sebagian besar manusia hanya menggunakan 20-30% dari kapasitas paru parunya untuk bernapas. Mereka bernapas pendek sebanyak 14-16 kali permenit. Sebagian besar ruang paru parunya dibiarkan tidak digunakan untuk bernapas. Dengan latihan pernapasan kita berusaha memperbaiki pola napas yang keliru ini. Dengan tehnik olah napas kita dilatih untuk menggunakan kapasitas paru paru kita semaksimal mungkin, sehingga didapat penyerapan energi yang sempurna dari alam semesta.

Bernapas dengan tepat dan benar dapat memperbaiki metabolisme tubuh dan meningkatkan stamina , kebugaran serta daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit. Kegiatan dzikir mengingat Allah dapat meningkatkan Iman, takwa dan keyakinan pada Allah, serta meningkatkan daya tahan rohani terhadap berbagai cobaan hidup. Bernapas dengan benar yang disertai dengan dzikir mengingat Allah dapat memberi kekuatan pada fisik/jasmani dan rohani dalam menghadapi berbagai masalah kehidupan didunia maupun akhirat.

Seni pernapasan dzikrullah adalah seni menggabung tehnik pengolahan napas dengan kegiatan dzikrullah. Buku ini merupakan panduan pelatihan olah napas dan dzikir serta do’a yang dibaca selama latihan. Mempelajari buku ini tentunya lebih baik dilakukan dengan bimbingan seorang instruktur, karena gerakan dan tehnik pernapasan tidak bisa dipelajari begitu saja dengan membaca buku, tapi harus mengikuti contoh dan bimbingan dari instruktur pelatih.

II. SENI PERNAPASAN  DZIKRULLAH

Bernapas adalah kegiatan yang kita lakukan setiap hari, manusia bisa bertahan tidak makan dan minum selama satu atau dua hari, namun tidak seorangpun yang mampu bertahan hidup tanpa bernapas selama itu. Rata rata manusia hanya mampu menahan napas selama 30-60 detik. Orang yang sudah terlatih seperti penyelam, penyanyi, olahragawan memang ada yang mampu bertahan antara dua sampai tiga menit, namun untuk itu tentu membutuhkan latihan yang tekun dan lama .


Napas adalah karunia Allah paling besar bagi manusia, berhenti bernapas berarti berhenti hidup. Udara yang dihirup dari alam bebas memberi energi kehidupan pada setiap sel tubuh manusia. Allah memberikan udara berlimpah untuk kehidupan manusia dan mahluk lainnya , namun sedikit sekali manusia yang mensyukuri pemberian yang berlimpah itu. Manusia merasa bernapas bukanlah hal yang istimewa, karena mereka telah melakukan kegiatan tersebut secara rutin terus menerus setiap hari. Mereka baru menyadari pentingnya bernapas ketika mengalami kesulitan untuk menghirup udara yang bersih.

Seorang guru ditanya oleh muridnya:” Guru , apakah sesuatu yang paling utama bagi kehidupan kita manusia ini? “ . Gurunya menjawab:” Mari ikut aku kesungai, nanti aku jelaskan”. Sesampainya disungai mereka berdua mandi disungai itu. Tiba tiba sang Guru menekan kepala muridnya kedalam air , hingga sang murid menggelepar panik berusaha membebaskan diri. Berulang –ulang sang Guru melakukan hal ini , sehingga sang murid menjadi letih. Sang Guru bertanya :” Apa yang kau rasakan ketika aku menenggelamkan kepalamu ke dalam air?” . Sang murid menjawab :” saya ingin bernapas ya Guru”. Sang Guru menjawab:” Nah itulah hal utama yang penting bagi kehidupan kita”.

Selama ini kita lupa bersyukur pada Allah yang telah memberikan udara berlimpah untuk kehidupan kita dengan mudah , tanpa harus bekerja keras sebagaimana kalau kita ingin mendapatkan makanan atau buah-buahan. Untuk mendapatkan makanan dan buah-buahan kita harus bekerja keras, bertani atau membelinya dengan harga yang mahal. Namun untuk mendapatkan udara kita bisa memperolehnya dengan mudah dari alam bebas tanpa harus membayar atau bekerja keras. Kita baru menyadari nikmatnya napas ketika mengalami masalah dengan pernapasan, seperti tenggelam, terhimpit diruang yang sempit dan pengap, berada ditengah kerumunan orang yang saling berdesakan, sakit asma , dan hal lain hingga memerlukan bantuan tabung oxigen.Mari kita syukuri nikmat napas yang diberikan Allah pada kita dengan mengiringi setiap tarikan dan hembusan napas dengan dzikir mengingat Allah.

Dzikir mengingat Allah adalah kegiatan yang diperintahkan untuk dilakukan setiap saat dimanapun kita berada , ketika berdiri, duduk dan berbaring sebagaimana disebutkan Allah dalam surat An Nisa ayat 103 :

an-nisa-103-rev

Maka apabila kamu telah menyelesaikan salat (mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring….(An Nisa 103).

Tentu saja tidak mudah merubah kebiasaan kita selama ini, kita sudah biasa menghirup udara tanpa basa basi atau berterima kasih pada Allah. Kita merasa bahwa udara yang kita hirup memang sudah menjadi hak kita, tidak perlu berterima kasih pada siapapun. Kita perlu berlatih untuk bersyukur dan berterima kasih atas udara yang kita hirup selama ini, dengan menggabung tehnik olah napas dengan dzikrullah.

KEKUATAN DAN DAYA AJAIB NAPAS

Umumnya manusia hanya menggunakan 20-30% dari kapasitas paru parunya untuk bernapas. Dalam keadaan sehari hari manusia bernapas pendek hingga 16 kali permenit. Sebagian besar ruang paru paru dibiarkan kosong tidak dimanfaatkan. Jika dibiarkan demikian dalam jangka panjang bagian paru paru yang tidak pernah dipakai itu akan menjadi lemah dan rusak. Orang yang terlatih biasa menggunakan paru parunya secara maksimal, mereka bernapas menggunakan seluruh ruang paru parunya dan mengosongkan paru parunya hingga sempurna, hingga tidak ada udara basi yang tersisa didalam paru paru. Mereka bernapas antara 4- 6 kali permenit.

Untuk memperbaiki cara bernapas yang buruk itu perlu diadakan latihan yang rutin dan kontinu hingga kita terbiasa menggunakan seluruh kapasitas paru paru secara maksimal. Dengan melakukan pernapasan yang tepat dan benar seluruh sel tubuh akan mendapat konsumsi oxigen dengan sempurna. Oxigen dibutuhkan untuk peremajaan sel yang dilakukan secara terus menerus. Setiap saat ada sel tubuh yang mati dan setiap saat ada sel tubuh yang baru muncul menggantikan sel yang rusak dan mati tersebut. Pernapasan yang buruk mengakibatkan sel tidak mendapat konsumsi oxigen yang cukup untuk proses pembentukan dan penggantian sel baru, sehingga tubuh menjadi lemah dan mudah terserang penyakit. Orang yang memiliki sistim pernapasan yang baik memiliki tubuh yang sehat, kuat dan memiliki daya tahan tinggi terhadap berbagai penyakit.

Selain menghirup oxigen ketika bernapas manusia juga menghirup energi hayati yang disebut juga dengan istilah energi Prana, Ki atau Chi yang mengalir melalui sumsum tulang belakang keseluruh sistim syaraf tubuh. Energi ini disimpan pada plexus solaris dan siap dialirkan sewaktu waktu jika dibutuhkan. Para pesilat dan ahli tenaga dalam , mengolah tenaga hayati ini dengan latihan jurus dan tehnik olah napas. Energi ini bisa digunakan melindungi tubuh dari benturan benda keras, penyembuhan diri atau orang lain dari berbagai penyakit .

Thaici, yoga , Seni Pernapasan Satri Nusantara, Kalimasada, Mahatma, Senam Tera merupakan seni olah napas yang melatih tehnik pernapasan sehingga didapat pernapasan yang sempurna yang mampu meningkatkan kadar oxigen didalam darah dan meningkatkan serta menyempurnakan aliran energi hayati (Prana, Chi) didalam tubuh. Seni pernapasan tersebut telah diakui secara luas didunia ,dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit. Seni pernapasan yoga yang berasal dari India juga telah diakui secara luas didunia , sehingga disamping pusat kebugaran , gymnastic dikota besar dunia juga banyak didapat pusat pelatihan yoga untuk kesehatan dan kebugaran.

Tehnik pernapasan juga terdapat pada berbagai cabang olah raga seperti renang, lari marathon, lari cepat, pemain bola, senam, badminton, menembak, memanah bahkan olah vokal dan menyanyi juga memiliki tehnik olah napas sendiri. Tehnik pernapasan yang baik juga berpengaruh pada konsentrasi dan emosi seseorang. Pernapasan yang buruk dan tidak teratur akan menyebakan sulit berkonsentrasi dan mengendalikan emosi. Napas seseorang akan menjadi kacau dan memburu ketika marah, cemas, takut, stress , panik dan tertekan, dalam kondisi seperti ini seseorang tidak kan mampu berkonsentrasi atau memusatkan pikiran untuk mengatasi masalah yang dihadapi.

Orang yang sudah terlatih bernapas secara sempurna memiliki emosi yang stabil. Disamping memiliki stamina dan daya tahan tubuh yang tinggi , ia mampu mengendalikan rasa cemas, stres, emosi, marah dan dapat berkonsentrasi dengan baik menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi. Ia tidak mudah panik atau cemas menghadapi berbagai kejadian buruk yang menimpanya. Ia dapat mengatasi masalah yang dihadapinya dengan tenang dan mudah.

Olah napas untuk kesehatan

Pengolahan napas untuk kesehatan pada dasarnya merupakan seni menarik dan menghembuskan napas dengan tepat dan benar sehingga paru paru bekerja secara optimal mensuplai oxigen keseluruh tubuh dengan sempurna. Cara bernapas dilakukan dengan menarik napas secara dalam hingga paru paru penuh sempurna , selanjutnya menghembuskan udara hingga paru paru kosong sempurna. Antara menarik dan menghembuskan napas ada jedah saat menahan napas . jedah antara menarik dan menghembuskan napas disebut jedah penuh. Jedah ketika menghembuskan dan menarik napas disebut saat jedah kosong.

Menarik dan menghembuskan napas bisa dilakukan secara cepat bisa juga secara lambat. Pada latihan Thaici atau yoga umumnya menarik dan menghembuskan napas dilakukan secara perlahan. Pada latihan silat untuk mendapatkan tenaga adakalanya menarik dan menghembuskan napas dilakukan secara cepat. Menarik dan menghembuskan napas secara perlahan atau cepat dilakukan tergantung kebutuhan latihan.

Latihan olah napas yang dilakukan secara rutin dapat memperbaiki pola napas yang selama ini keliru. Pernapasan yang dilakukan dengan tepat dan benar akan meningkatkan suplai oxigen kedalam tubuh sehingga menghasilkan sel tubuh yang sehat dan kuat. Disamping itu pernapasan yang benar juga akan memperbaiki metabolisme tubuh , membersihkan tubuh dari berbagai kotoran dan racun yang mengedap dalam tubuh. Efeknya akan langsung terasa. Badan selalu terasa segar dan bugar, jarang disentuh penyakit ringan seperti flu, pilek , masuk angin, pusing pusing dan lain sebagainya. Dalam jangka panjang juga dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit degeneratif seperti darah tinggi, asam urat, kolesterol, diabetes, stroke, penyempitan pembuluh darah, kanker dan tumor. Dewasa ini penyakit degeneratif merupakan penyakit utama yang banyak menyerang penduduk didaerah perkotaan. Penyakit ini sekarang merupakan pembunuh nomor satu didunia.

Olah napas diam dan bergerak

meditasi-duduk51Olah napas bisa dilakukan sambil bergerak bisa juga dengan diam .Pada Olah napas bergerak menarik , menghembuskan dan menahan napas dilakukan sambil melakukan gerakan tertentu. Olah napas bergerak umum dilakukan pada perguruan silat dan tenaga dalam seperti Karate, taekwondo, Thaichi, Satria Nusantara, Mahatma, Merpati putih dan lain lain. Sebagian besar cabang olah raga seperti sepak bola, lari cepat, maraton, tenis, badminton, futsal, berenang termasuk pada jenis olah napas bergerak .

Pada olah napas diam menarik , menghembuskan dan menahan napas dilakukan dalam keadaan diam. Bisa dalam posisi duduk bersila, berbaring atau berdiri. Olah napas seperti ini biasa dilakukan pada gerakan pernapasan yoga, dan meditasi . Pada perguruan silat olah napas seperti ini juga dilakukan untuk meditasi dan menghimpun energi bathin.

Olah napas diam sangat membantu dalam meningkatkan konsentrasi menyatukan fikiran dan perasaan fokus pada satu hal. Karena itu olah napas diam banyak digunakan dalam latihan meditasi.

Olah napas untuk meningkatkan konsentrasi

Berdzikir dan berdoa adalah salah satu aktifitas yang dianjurkan dalam al Qur’an Dzikir dan doa yang diterima dan dikabulkan adalah doa yang dipanjatkan dengan sungguh sungguh. Banyak orang yang berdoa secara asalan asalan, mulutnya mengucapkan satu atau beberapa kalimat, namun hati dan fikirannya tidak fokus pada kalimat atau kata yang diucapkannya.

Shalat yang dilakukan umat islam merupakan kumpulan dzikir dan doa . Banyak diantara umat islam yang tidak khusuk dalam shalatnya. Hati dan fikirannya tidak fokus pada kalimat yang dibaca dan diucapkan dalam shalat. Mereka shalat dengan tergesa gesa tanpa memahami apa yang meraka baca dan ucapkan dalam shalat. Pengaturan napas yang baik bisa mencegah mereka dari gerakan yang tergesa gesa, dan membantu mereka memfokuskan hati dan fikiran pada bacaan shalat.

Penganturan dan pengendalian napas sangat membantu hati dan fikiran untuk fokus pada kalimat yang diucapkan. Contohnya mudah saja. Coba masukan benang kedalam lubang jarum sambil menahan napas dan tanpa mengendalikan napas pasti hasilnya beda. Ketika membidikkan senapan atau memanah para olahragawan juga melakukan tehnik pengendalaian napas untuk memusatkan arah bidikannya.

Pernapasan segitiga untuk berdzikir

Pola pernapasan segitiga dilakukan dengan menarik –menahan-menghembuskan napas secara perlahan. Lama menarik –menahan dan menghembuskan napas sama waktunya, misalnya masing masing selama 10 hitungan. Pernapasan segitiga ini umum digunakan pada latihan meditasi, karena dapat membantu memusatkan fikiran dan perasaan dengan baik.

Pernapasan segitiga ini sangat membantu dalam memusatkan fikiran ketika berdzikir membaca kalimat toyyibah seperti ya Rahman, ya Rohim dan lain sebagainya. Dengan melakukan pernapasan segitiga fikiran dan perasan betul betul bisa fokus pada dzikir atau doa yang diucapkan. Kebanyakan orang dalam berdzikir atau berdoa hanya mulutnya saja yang membaca kalimat dzikir atau doa. Hati dan fikirannya mengembara tak tentu arah pada hal lain yang tidak ada hubungannya dengan doa yang dibaca. Dzikir dan doa yang dilakukan seperti itu tentu saja hanya akan sia sia saja.

Pada latihan pernapasan segitiga tingkat dasar lama menarik- menahan dan menghembuskan napas diakukan dengan jumlah hitungan. Misalnya lima hitungan atau sepuluh hitungan. Pada pelaksanaan dzikir atau doa lama menarik, menahan dan menghembuskan napas dibatasi oleh panjang kalimat doa atau dzikir yang dibaca. Misalnya membaca kalimat ya rahman sebanyak lima atau sepuluh kali.

Berdzikir tanpa dibantu tehnik pernapasan segitiga biasanya akan mengalami rasa bosan, mengantuk, semutan, tergesa gesa dan ingin cepat selesai. Semua kendala itu akan hilang ketika dilakukan dengan menggunakan pernapasan segitiga. Semakin lama berdzikir badan terasa semakin segar, karena oxigen yang diserap tubuh ketika berdzikir meningkat 4 kali biasanya. Insya Allah kegiatan berdzikir menjadi suatu hal yang mengasyikan.

Dengan teknik pernapasan segitiga seluruh kalimat dzikir dan doa yang dibaca diharapkan betul betul meresap kedalam hati dan fikiran. Dengan napas yang teratur dan lambat fikiran jadi fokus pada kalimat dzikir atau doa yang dibaca. Pada tehnik pernapasan segitiga seluruh bacaan dzikir dan doa dibaca didalam hati, dengan mata terpejam atau terbuka.

Anda bisa merasakan perbedaan nyata berdzikir tanpa menggunakan tehnik pengaturan napas dengan berdzikir menggunakan tehnik pernapasan segitiga.

Ketika berdzikir tanpa menggunakan tehnik pengaturan napas biasanya fikiran suka melantur dan tidak fokus, cepat merasa bosan, mengantuk, kaki semutan, sehingga tidak bisa berdzikir dalam waktu yang lama. Hasil yang didapatpun tidak maksimal.

Mereka yang berdzikir dengan tehnik pengaturan napas, fikiran dan perasaannya bisa fokus pada kalimat dzikir yang dibaca didalam hati, makin lama badan terasa semakin segar karena ada peningkatan kadar oxigen dalam darah, sehingga tidak mudah diserang rasa kantuk, bosan atau kaki semutan. Hasil yang didapatpun bisa maksimal.

Latihan pernapasan segitiga

Menarik – menahan dan menghembuskan napas secara perlahan dalam waktu yang lama bukanlah hal yang dapat dilakukan begitu saja dengan mudah. Dibutuhkan latihan untuk memperbaiki konstruksi dan kondisi paru paru yang selama ini telah digunakan dengan cara yang keliru. Perbaikan kondisi dan kapasitas paru paru bisa dilakukan dengan senam pernapasan seperti Thaici, yoga, Seni pernapasan Satria Nusantara, Mahatma, Kalimasada dan lain sebagainya.

Seni Pernapasan Dzikrullah memberikan latihan pernapasan bergerak dan pernapasan diam. Latihan pernapasan bergerak terdiri atas lima jurus dasar yang dilakukan dengan menarik – menahan dan menghembuskan napas sambil melakukan gerak jurus . Selama melakukan gerak jurus hati diusahakan tetap berdzikir menyebut asma Allah.

Setelah latihan gerak jurus dilanjutkan dengan meditasi dan dzikir yang dilakukan sambil duduk diam tidak bergerak. Meditasi dan dzikir dilakukan dengan menarik napas perlahan – kemudian menahan – dan menghembuskan perlahan lahan. Selama menarik –menahan dan menghembuskan napas hati tetap berdzikir menyebut nama Allah. Bisa juga diisi dengan doa ketika menarik , menahan dan menghembuskan napas.

KEKUATAN DAN DAYA AJAIB DZIKRULLAH

Dalam beberapa ayat Qur’an seperti Al Baqarah 152, An Nisa 103, dan al Ahzab 41-42 , Allah memerintahkan orang beriman untuk ingat kepadaNya sebanyak banyaknya dimanapun ia berada, ketika berdiri, duduk dan berbaring. Sholat, membaca Qur’an, berdzikir membaca asmaulhusna, tasbih, tahlil, tahmid , istighfar merupakan salah satu kegiatan dzikrullah. Secara umum sedikit sekali manusia yang ingat kepada Allah dalam aktifitas sehari harinya. Sebagian besar manusia fikiran dan perasaannya dipenuhi oleh berbagai masalah duniawi yang dihadapinya.

Bangun tidur, ketika berbaring, duduk dan berdiri yang diingat hanya masalah dan problem yang dihadapinya. Masalah pekerjaan, bisnis, hutang, tender, proposal, pacar, wil atau pil, biaya rumah tangga, uang sekolah anak semua itu memenuhi ruang fikiran dan hati mereka sejak bangun tidur sampai kembali ketempat tidur. Diantara umat Islam ada yang baru ingat Allah ketika memasuki waktu sholat, selesai sholat fikiran mereka kembali dipenuhi berbagai masalah tersebut diatas, dan tidak ingat lagi pada Allah.

Orang yang hati dan fikirannya dipenuhi berbagai masalah kehidupan duniawi dan jauh dari mengingat Allah sangat rawan terhadap jebakan dan tipu daya syetan. Ia telah menjadi budak dunia , hidup dibawah tekanan, stres dan kecemasan. Waktu terasa sempit, pekerjaan terasa menumpuk, hidup terasa hampa dan kosong, hati terasa resah dan gelisah. Dalam kondisi ini syetan sangat mudah masuk kedalam hati dan fikirannya membisikan untuk melakukan berbagai perbuatan keji dan mungkar. Syetan memperlihatkan indah perilakunya yang buruk, tanpa disadari ia telah menyimpang jauh dari jalan yang lurus.

Orang yang selalu dzikir mengingat Allah keadaannya jauh berbeda. Bangun tidur yang pertama diingatnya adalah Allah, ketika makan, keluar rumah, berjalan, bekerja, kembali kerumah hingga mau tidur yang diingat hanyalah Allah. Ia selalu melibatkan Allah dalam setiap aktifitasnya. Hatinya selalu berdialog dengan Allah mohon petunjuk dan bimbingan menghadapi berbagai masalah yang silih berganti datang dan pergi dari dirinya. Hatinya nyaman dan tentram dengan mengingat Allah, apapun masalah yang datang dihadapinya dengan tenang. Urusan dunia tidak membuatnya panik, stres , cemas atau gelisah, ia menghadapi semua itu bersama Allah. Syetan sangat sulit masuk untuk mempengaruhi hati dan fikiran orang yang selalu ingat pada Allah. Hati mereka selalu dibimbing oleh Allah sehingga mereka bisa membedakan yang hak dan yang bathil. Allah membimbing hati dan fikirannya menyelesaikan berbagai masalah, sehingga hidup terasa ringan dan mudah.

Beberapa manfaat dzikrullah yang bisa dirasakan oleh orang yang selalu ingat pada Allah dimanapun ia berada antara lain :

  1. Mendapat ketenangan hati dan bebas dari perasaan jengkel,kecewa, sedih, duka, dendam dan stress berkepanjangan ( Ar Raad 28)
  2. Dikeluarkan dari kegelapan dan kesempitan hidup kepada cahaya terang benderang serta mendapat salam penghormatan (sholawat) dari Allah dan para MalaikatNya (Al Ahzab 43)
  3. Terpelihara dan terhindar dari melakukan perbuatan keji dan mungkar (Al Ankabut 45)
  4. Terpelihara dari kelicikan dari tipu daya syetan yang berusaha menyesatkan (An Nahl 99)
  5. Selalu mendapat jalan keluar dari berbagai kesulitan yang datang menghadang dan mendapat rezeki dari tempat yang tidak pernah diduga, serta selalu dicukupkan semua kebutuhan hidupnya ( At Thalaq 2-3)
  6. Dibukakan baginya pintu kemenangan, diampuni dosanya yang lalu dan yang akan datang, ditambahkan baginya berbagai kenikmatan hidup, ditunjuki jalan yang lurus , dan diberi pertolongan dengan kekuatan yang dahsyat. ( Al Fath 1-3)
  7. Selalu mendapat perhatian istimewa dari Allah dimanapun ia berada , selama ia ingat pada-Nya (Al Baqarah 152)
  8. Terhindar dari beban hidup yang berat dan tidak sanggup dipikul serta terhindar dari siksa dan azab yang melampaui batas ( Al Baqarah 286)
  9. Diampuni segala dosanya, dihapuskan segala kesalahannya dan diwafatkan bersama orang yang berbuat kebaikan ( husnul khotimah) (Ali Imran 193)
  10. Mendapat kehidupan yang baik sampai datang ajal yang telah ditetapkan (Hud 3, An-Nahl 97)
  11. Dibalasi dan dilipat gandakan amal kebaikannya dengan yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan ( An Nahl 96-97)
  12. Selalu disertai Allah dimanapun mereka berada (Al Baqarah 153, Al Hadit 4)
  13. Mendapat pertolongan dari ribuan tentara malaikat dalam menghadapi berbagai hal dan masalah didunia maupun akhirat ( Ali imran 124-125, Fushilat 30-31)
  14. Dimudahkan semua urusannya dan diberi bimbingan menempuh jalan yang mudah (Al Lail 7, Al A’la 8)
  15. Dibukakan baginya keberkahan dan pintu rahmat dari langit dan bumi (Al A’raaf 96)
  16. Diwafatkan dalam keadaan baik dan disambut oleh para malaikat dengan salam penghormatan ( An Nahl 32, Ar Raad 23-24, Al Ahzab 44 )
  17. Mendapat kehidupan yang baik selama masa menanti dialam barzakh ( Ali Imran 169)
  18. Memiliki wajah yang putih berseri dihari berbangkit ( Ali Imran 106-107)
  19. Memiliki wajah dan tubuh yang bercahaya terang dihari berbangkit ( Al Hadit 12-13 dan At Tahrim 8)
  20. Menerima buku catatan amal dari sebelah kanan dan dimudahkan saat dihisab dan ditimbang semua amalnya (Al Haqqah 19-21 )
  21. Memiliki timbangan kebaikan yang lebih banyak dan berat (Al Qori’ah 6-7,Al A’raaf 8)
  22. Diselamatkan Allah dari ganas dan panasnya api neraka (Maryam 72-73, Al Lail 17)
  23. Dimasukan kedalam taman syurga dan hidup kekal selamanya disana (Az zumar 73)

Dan banyak lagi keuntungan yang didapat baik selama hidup didunia , dialam barzakh , dihari berbangkit , dipadang mahsyar dihari berhisab dan hari pembalasan. Apa yang tertulis pada butir 1 sampai 23 diatas adalah janji Allah yang tertulis didalam Qur’an. Allah pasti menepati semua janjinya, Dia tidak pernah mengingkari janji. Manfaat dzikir mengingat Allah dapat dirasakan baik ketika hidup didunia maupun diakhirat, itulah keajaiban dan kedahsyatan dzikrullah yang hanya bisa dirasakan oleh orang yang mau berdzikir mengingat Allah.

Namun demikian walaupun kegiatan dzikrullah sangat besar manfaatnya pada kenyataannya sedikit sekali orang yang menyadari pentingnya kegiatan dzikrullah tersebut . Mereka menganggap remeh kegiatan dzikir dan menganggap sebagai kegiatan sia sia dan membuang waktu saja. Kebanyakan manusia berada dalam keadaan lalai. Mereka lebih mementingkan masalah duniawi daripada mengingat Allah. Hati dan fikirannya dipenuhi oleh berbagai masalah kehidupan duniawi setiap saat, mereka telah lupa pada Allah dan kehidupan akhirat.

Menggabung kegiatan dzikrullah dan olah napas

Banyak orang yang berusaha berdzikir mengingat Allah dengan mengulang mengucapkan kalimat toyyibah seperti istighfar, tahlil , tahmid, tasbih dan membaca ayat Qur’an . Namun ada beberapa kendala yang dirasakan sehingga tidak bisa melakukan kegiatan tersebut secara rutin dalam waktu yang cukup lama Kendala yang dihadapi antara lain rasa bosan, mengantuk, kaki semutan dan lain sebagainya. Menggabung kegiatan olah napas dengan dzikrullah dapat menghilangkan berbagai kendala tersebut diatas.

Tehnik pernapasan yang tepat dan benar dapat meningkatkan stamina dan konsentrasi selama berdzikir, sehingga bisa mengatasi rasa bosan dan kantuk yang datang menyerang. Kaki semutan dapat diatasi dengan merubah rubah posisi duduk. Dengan metode ini kita bisa melakukan kegiatan dzikir dan berdo’a tanpa dilanda rasa bosan dan mengantuk. Pernapasan yang lambat dan teratur membantu fikiran dan perasaan berkonsentrasi pada bacaan dzikir dan do’a. Insya Allah dengan cara ini kita mendapatkan manfaat ganda. Tehnik olah napas yang tepat dan benar meningkatkan metabolisme tubuh dan kadar oxigen dalam darah sehingga meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit. Kalimat dzikir dan do’a yang diucapkan didalam hati meningkatkan kemampuan konsentrasi fikiran dan hati dalam mendekatkan diri pada Allah. Dalam jangka panjang kegiatan ini melatih kita untuk menkonsentrasikan fikiran dan hati pada bacaan yang diucapkan didalam hati . Insya Allah dengan cara ini kita akan bisa mendapatkan sholat khusuk dan berbagai kelebihan sebagaimana disebutkan pada butir 1 s/d 23 tersebut diatas.

Pada Seni Pernapasan Dzikrullah dzikir dan doa dibaca didalam hati selama melakukan gerak jurus dan meditasi dengan pola pernapasan segitiga. Insya Allah semua jurus dan gerakan yang dikakukan menjadi sarana untuk berdzikir mengingat Allah. Dengan latihan pernapasan seperti ini kita akan mendapat manfaat ganda didunia dan akhirat.

Zaman dahulu orang mengikuti latihan oleh napas untuk mendapatkan kesaktian dan tanaga dalam. Akhir akhir ini pola tersebut sudah bergeser, banyak orang mengikuti latihan olah napas seperti Thaici, Yoga, Senam pernapasan untuk mendapatkan kesehatan dan kebugaran tubuh . Bagaimanapun kita berlatih dalam jangka panjang umur dan ketuaan tetap saja akan menggerogoti tubuh kita sampai akhirnya ajal datang menjemput. Setelah ajal datang tubuh yang sehat itu kita tinggalkan didunia dan Ruh kita berpindah kealam barzakh melanjutkan perjalanan disana. Apakah perbekalan yang kita bawa untuk menemani Ruh menempuh perjalanan panjang dialam barzakh itu?

Insya Allah dengan melakukan dzikir dan doa didalam hati ketika melakukan gerakan jurus tubuh dan rohani kita diisi dengan energi dan kekuatan yang dahsyat. Tubuh diisi dengan energi yang didapat dari oxigen yang dihirup. Rohani diisi dengan kekuatan dari doa dan dzikir yang dibaca didalam hati. Insya Allah ketika ajal datang menjemput Roh sudah siap dengan perbekalan yang cukup untuk menempuh perjalanan panjang dialam barzakh dan akhrat kelak.

III. GERAKAN JURUS DAN BACAAN DZIKIR

purwodadi4Gerakan jurus seni pernapasan dzikrullah bersumber dari Gerak jurus LSP Satria Nusantara ada lima jurus yang terdiri atas jurus menarik dan mendorong yang dilakukan sambil bergerak dan menahan napas. Selama melakukan gerakan menarik dan mendorong serta menahan napas kita membaca kalimat dzikir asmaulhusna . Kalimat Asmaulhusna terdiri atas dua kalimat berpasangan , kalimat pertama ya Allah diiringi kalimat kedua yang merupakan kalimat Asma ulhusna misalnya ya Rahman, ya Malik , ya Quddus dan seterusnya.

Kalimat asmaulhusna dibaca berulang ulang kemudian diiringi dengan membaca doa sebagaimana yang dianjurkan dalam surat Al A’Raf 180.

al-araaf-1801

Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.

Gerakan jurus 1 sampai 4 sama dengan gerak jurus LSP Satria Nusantara, sedang jurus 5 diambil dari jurus 10 pada Satria Nusantara. Gerakan tangan pada jurus satu sampai lima tidak sama, namun gerakan kaki tetap sama. Gerakan kaki terdiri atas gerakan menarik dan mendorong. Ketika menarik kaki baca kalimat ya Allah, ketika mendorong kaki serong kedepan baca kalimat ya Rahman. Demikian dilakukan berulang kali sambil menahan napas.

JURUS 1.

Kaki kiri serong kedepan, kedua belah tangan dijulurkan kedepan. Tarik napas sambil menarik kaki kanan kearah kaki kiri dan kedua belah tangan kebawah pusar . Selanjutnya gesekan kaki kanan serong kedepan sambil mendorong kedua belah tangan kedepan . Baca kalimat Ya Allah ketika menarik kaki kanan kearah kaki kiri, dan kalimat ya Rahman didalam hati ketika mendorong kaki kanan serong kedepan.

Ulangi gerakan tersebut bergantian dengan posisi kaki kanan didepan dan selanjutnya bergantian kaki kiri didepan sepertri semula, sambil tetap menahan napas dan membaca kalimat dzikir ya Allah….ya Rahman ketika menarik dan mendorong kaki kiri atau kanan. .

Setelah melepaskan napas dan menyelesaikan gerakan jurus baca didalam hati doa sebagai berikut :

Ya Allah ya Rahman , bi rohmatika ya arhamarrohimin , irhamna …irhamna …irhamna ( Ya Allah yang maha pengasih , dengan rahmat dan kasih sayangMu , kasihi kami, …kasihi kami…. kasihi kami ).

Sambil memulihkan napas rasakan kasih rahmat dan sayang Allah mengalir dalam seluruh kehidupan anda.

JURUS 2.

Kaki kiri serong kedepan, kedua belah tangan dijulurkan kedepan. Tarik napas sambil menarik kaki kanan kearah kaki kiri dan kedua belah tangan kearah dada . Selanjutnya gesekan kaki kanan serong kedepan sambil mendorong kedua belah tangan kearah bawah . Baca kalimat Ya Allah ketika menarik kaki kanan kearah kaki kiri, dan kalimat ya Malik didalam hati ketika mendorong kaki kanan serong kedepan.

Ulangi gerakan tersebut bergantian dengan posisi kaki kanan didepan dan selanjutnya bergantian kaki kiri didepan sepertri semula, sambil tetap menahan napas dan membaca kalimat dzikir ya Allah….ya Malik ketika menarik dan mendorong kaki kiri atau kanan. .

Setelah melepaskan napas dan menyelesaikan gerakan jurus baca didalam hati doa :

Ya Allah ya Malik Engkaulah Raja yang berkuasa penuh diseluruh penjuru langit dan bumi , karuniai hamba dari sisiMu kerajaan (kekuasaan ) yang membawa rahmat dan berkah bagi kami dalam kehidupan dunia dan akhirat.

Sambil memulihkan napas rasakan kekuasaan dan kebesaran Allah diseluruh penjuru langit dan bumi.

JURUS 3.

Kaki kiri serong kedepan, kedua belah tangan dijulurkan kedepan. Tarik napas sambil menarik kaki kanan kearah kaki kiri dan kedua belah tangan kearah dada . Selanjutnya gesekan kaki kanan serong kedepan sambil mendorong kedua belah tangan kearah depan . Baca kalimat Ya Allah ketika menarik kaki kanan kearah kaki kiri, dan kalimat ya Quddus didalam hati ketika mendorong kaki kanan serong kedepan.

Ulangi gerakan tersebut bergantian dengan posisi kaki kanan didepan dan selanjutnya bergantian kaki kiri didepan sepertri semula, sambil tetap menahan napas dan membaca kalimat dzikir ya Allah….ya Quddus ketika menarik dan mendorong kaki kiri atau kanan. .

Setelah melepaskan napas dan menyelesaikan gerakan jurus baca didalam hati doa sebagai berikut :

Ya Allah ya Quddus tolong hamba membersihkan diri hamba dari berbagai kotoran dan penyakit. Bersihkan hati dan fikiran hamba dari berbagai sifat buruk dan tercela. Bersihkan hati dan fikiran hamba dari berbagai sifat buruk dan negatif. Ganti semua keburukan hamba dengan kebaikan dari sisiMu

Sambil memulihkan napas rasakan sifat Allah yang maha suci dan maha sempurna . Harapkan karunianya bahwa Ia membersihkan diri anda dari berbagai sifat buruk dan tercela, dan akan menghilangkan berbagai sifat buruk dan negatif dari diri anda.

JURUS 4

Kaki kiri serong kedepan, kedua belah tangan dijulurkan kedepan. Tarik napas sambil menarik kaki kanan kearah kaki kiri dan kedua belah tangan dijatuhkan kedepan kemudian ditusukan keatas . Selanjutnya gesekan kaki kanan serong kedepan sambil mendorong kedua belah tangan kesamping kiri dan kanan . Baca kalimat Ya Allah ketika menarik kaki kanan kearah kaki kiri, dan kalimat ya Salam didalam hati ketika mendorong kaki kanan serong kedepan.

Ulangi gerakan tersebut bergantian dengan posisi kaki kanan didepan dan selanjutnya bergantian kaki kiri didepan seperti semula, sambil tetap menahan napas dan membaca kalimat dzikir ya Allah….ya Salam ketika menarik dan mendorong kaki kiri atau kanan. .

Setelah melepaskan napas dan menyelesaikan gerakan jurus baca didalam hati doa sebagai berikut :

Ya Allah ya Salam , hamba mohon padamu keselamatan hidup didunia dan akhirat. Selamatkan hamba dari kesukaran , kesempitan dan kegelapan hidup, dari kesukaran , kesempitan dan kegelapan mati, dari kesukaran , kesempitan dan kegelapan dialam kubur, dari kesukaran , kesempitan dan kegelapan dihari berbangkit, dari kesukaran , kesempitan dan kegelapan di padang mahsyar, dari kesukaran , kesempitan dan kegelapan dihari berhisab.

Sambil memulihkan napas rasakan sifat Allah yang maha memberi keselamatan pada siapa yang dikehendaki . Harapkan karunianya bahwa Ia akan memberi keselamatan pada diri anda sepanjang masa dimanapun anda berada didunia dan akhirat.

JURUS 5.

Kaki kiri serong kedepan, kedua belah tangan dijulurkan kedepan. Tarik napas sambil menarik kaki kanan kearah kaki kiri kedua belah tangan dijatuhkan kedepan kemudian diangkat menyilang diatas kepala . Selanjutnya gesekan kaki kanan serong kedepan sambil menggesekan kedua belah tangan diatas kepala dan mendorongnya kedepan.

Baca kalimat Ya Allah ketika menarik kaki kanan kearah kaki kiri, dan kalimat ya Fattah didalam hati ketika mendorong kaki kanan serong kedepan.

Ulangi gerakan tersebut bergantian dengan posisi kaki kanan didepan dan selanjutnya bergantian kaki kiri didepan seperti semula, sambil tetap menahan napas dan membaca kalimat dzikir ya Allah….ya Fattah ketika menarik dan mendorong kaki kiri atau kanan. .

Setelah melepaskan napas dan menyelesaikan gerakan jurus baca didalam hati doa sebagai berikut:

Ya Allah ya Fattah, bukakan bagi kami pintu rahmat dari langit dan bumiMu, bukakan bagi kami pintu rahmat dari seluruh penjuru yang Engkau berkahi, bukakan bagi kami pintu rezeki dari langit dan bumiMu,bukakan bagi kami pintu rezeki dari seluruh penjuru yang Engkau berkahi, bukakan bagi kami jalan menuju sukses dan kemenangan

Sambil memulihkan napas rasakan bahwa Allahlah yang membukakan pintu rahmat , rezeki dan keberkahan dari langit dan bumi. Mohon padaNya agar ia membukakan pintu rahmat dari langit dan buminya.

Latihan gerak jurus dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas paru paru , memperbaiki aliran darah, dan melatih konsentrasi hati dan fikiran. Setelah melakukan latihan jurus latihan dilanjutkan dengan latihan meditasi dzikir menggunakan pola pernapasan segitiga, Tarik…tahan…dan hembuskan.

Gerak jurus ini diharapkan dapat membantu mereka yang belum pernah mengikuti latihan olah napas baik pada perguruan silat , yoga , Thaici atau perguruan lainnya dalam melakukan meditasi dzikir. Mereka yang belum pernah mengikuti latihan olah napas akan banyak mengalami kesulitan dalam melakukan Meditasi dzikir menggunakan pola pernapasan segitiga.

Meditasi dzikir dengan pola napas segitiga dapat diikuti dengan mudah olah siapa saja yang pernah mengikuti latihan olah napas pada perguruan mana saja.

IV.MEDITASI DZIKIR DENGAN PERNAPASAN SEGITIGA

Meditasi dzikir adalah kegiatan relaksasi memusatkan hati dan fikiran pada kalimat dzikir dan doa yang diucapkan didalam hati dalam rangka mendekatkan diri pada Allah swt. Pengendalian napas yang dilakukan dalam kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan daya konsentrasi agar hati dan fikiran fokus pada kalimat dzikir dan doa yang dibaca.

Kalimat dzikir dan doa seluruhnya diucapkan didalam hati mengacu pafa firman Allah dalam surat Al A’raaf ayat 205 :

al-araaf-2053

Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai. (Al A’raaf 205)

Pengaturan dan pengendalian napas dilakukan dengan menggunakan pernapasan segitiga, Tarik….Tahan….dan hembuskan secara perlahan lahan. Lama waktu yang diperlukan untuk menarik , menahan dan menghembuskan napas diusahakan sama . Jika menarik selama 10 hitungan maka menahan dan menghembuskan napas juga dilakukan selama 10 hitungan.

Dzikir dan doa bisa dilakukan dengan membaca kalimat Asmaulhusna atau ayat ayat Qur’an yang diiringi dengan doa atau dzikir tahlil, tahmid dan tasbih.

DZIKIR DAN DOA DENGAN ASMAULHUSNA

Dzikir dan doa menggunakan kalimat Asmaulhusna mengacu pada firman Allah dalam surat Al A’raaf ayat 180:

al-araaf-1802

Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.(Al A’raaf 180)

Setiap kalimat asmaulhusna yang dibaca diiringi dengan doa yang sesuai dengan kalimat asmaulhusan tersebut. Misalnya kalimat ya Razak diikuti dengan doa memohon rezeki. Kalimat ya Ghaffar diiringi dengan doa memohon ampunan demikian seterusnya.

Sikap duduk bisa ber-macam macam dipilih yang sesuai dan dirasakan nyaman. Bisa bersila, duduk seperti duduk iftirash, atau duduk dikursi dengan relaks dan santai. Boleh juga dilakukan sambil berdiri.

Contoh Pelaksanaan dzikir dan doa dengan kalimat asmaulhusna adalah sebagai berikut:

Ambil sikap duduk bersila atau duduk relaks diatas kursi, tarik napas perlahan lahan sambil membaca kalimat ya Ghaffar berulang ulang sampai paru paru penuh sempurna. Kemudian tahan napas selama yang bisa dilakukan sambil tetap membaca kalimat ya Ghaffar berulang ulang. Selanjutnya hembuskan napas perlahan lahan sampai paru paru kosong sempurna sambil membaca doa

Ya Allah ya Ghaffar , Engkau yang maha pengampun dan maha menerima taubat. Ampuni dosa kami yang telah lalu maupun yang akan datang , yang kami ketahui maupun tidak kami ketahui, yang kami sengaja maupun tidak. Terimal;ah taubat kami ya Allah hapuskan semua kesalahan kami ya Allah. Engkaulah sebaik baik yang menerima taubat.

Selanjutnya ulangi menarik napas dan membaca kalimat asmaulhusan seperti semula . Ulangi kegiatan ini sampai beberapa kali.

Kalimat Asmaulhusna dan doa bisa diganti ganti sesuai kebutuhan . Berikut ini kami sampaikan beberapa kalimat dzikir dan doa menggunakan Asmaulhusna serta manfaat yang bisa didapat dari dzikir dan doa tersebut :

1. Ya Rahman….Ya Rahman … diikuti dengan doa :

Ya Allah ya Rahman , bi rohmatika ya arhamarrohimin , irhamna …irhamna …irhamna ( Ya Allah yang maha pengasih , dengan rahmat dan kasih sayangMu , kasihi kami, …kasihi kami…. kasihi kami ).

Dengan membaca dzikir dan doa ini diharapkan mudah mudahan Allah melimpahkan rahmat dan kasih sayangnya bagi kita semua , bagi keluarga dan lingkungan kita . Terpelihara dari kebencian, kedengkian dan kemarahan diantara sesama kita didalam keluarga maupun lingkungan kita berada. Dipelihara dari kemelut dan keributan didalam rumah tangga dan lingkungan kita berada dirumah maupun tempat kita bekerja.

2. Ya Malik….Ya Malik…. diikuti dengan doa :

“Ya Allah ya Malik Engkaulah Raja yang berkuasa penuh diseluruh penjuru langit dan bumi , karuniai hamba dari sisiMu kerajaan (kekuasaan ) yang membawa rahmat dan berkah bagi kami dalam kehidupan dunia dan akhirat.”

Dengan membaca dzikir dan doa ini diharapkan Allah sebagai penguasa alam semesta akan memberi kedudukan , kekuasaan atau kerajaan yang membawa rahmat dan berkah bagi kita dalam kehidupan dunia dan akhirat. Terpelihara dari kehinaan, kemiskinan, kemelaratan atau didzolimi oleh orang yang dzolim. Dimudahkan semua usaha nya untuk meraih kemenangan dan kesuksesan hidup didunia maupun akhirat.

3. Ya Quddus….Ya Quddus…. diikuti dengan doa :

“Ya Allah ya Quddus tolong hamba membersihkan diri hamba dari berbagai kotoran dan penyakit. Bersihkan hati dan fikiran hamba dari berbagai sifat buruk dan tercela. Bersihkan hati dan fikiran hamba dari berbagai sifat buruk dan negatif. Ganti semua keburukan hamba dengan kebaikan dari sisiMu”

Dengan membaca dzikir dan doa ini diharapkan Allah akan membersihkan tubuh kita dari berbagai kotoran dan penyakit yang dapat menjadikan kita lemah dan tidak berdaya. Diharapkan Allah juga membersihkan hati dan fikiran kita dari berbagai sifat buruk dan tercela serta sifat buruk dan negatif seperti Musyrik, Kufur, Sombong, Takabbur, Ria, Malas, Dusta, Pemarah, Khianat, Kikir, Pesimis, Putus asa, dan lain sebagainya. Diharapkan Allah akan mengganti semua sifat buruk itu dengan sifat baik seperti Iman, Takwa, Tawakkal, Ikhlas, Sabar, Jujur, Kasih sayang, Lemah lembut, Sopan santun, Dermawan , Optimis dan lain sebagainya.

4. Ya Salam….Ya Salam…. diikuti dengan doa :

Ya Allah ya Salam , hamba mohon padamu keselamatan hidup didunia dan akhirat. Selamatkan hamba dari kesukaran , kesempitan dan kegelapan hidup, dari kesukaran , kesempitan dan kegelapan mati, dari kesukaran , kesempitan dan kegelapan dialam kubur, dari kesukaran , kesempitan dan kegelapan dihari berbangkit, dari kesukaran , kesempitan dan kegelapan di padang mahsyar, dari kesukaran , kesempitan dan kegelapan dihari berhisab.

Dengan membaca dzikir dan doa ini diharapkan Allah akan memberikan kita keselamatan hidup didunia maupun akhirat. Diharapkan Allah akan menyelamatkan kita dari kesukaran , kesempitan dan kegelapan hidup, kesukaran , kesempitan dan kegelapan mati, kesukaran , kesempitan dan kegelapan dialam kubur, kesukaran , kesempitan dan kegelapan dihari berbangkit, kesukaran , kesempitan dan kegelapan di padang mahsyar, serta kesukaran , kesempitan dan kegelapan dihari berhisab.

Ini merupakan doa untuk keselamatan kita dimasa depan menembus ruang dan waktu yang tidak terbatas didunia maupun akhirat. Doa ini memberikan proteksi pada kita untuk kehidupan yang tidak terbatas dialam dunia maupun akhirat.

5. Ya Mukmin….Ya Mukmin…. diikuti dengan doa :

Ya Allah ya Mukmin, Engkaulah yang memberi rasa aman nyaman dan tentram pada siapa saja yang Engkau kehendaki. Kami berlindung padaMu dari bahaya dan kemudharatan apa apa yang kami takuti, dari bahaya dan kemudharatan apa apa yang kami cemasi, dari bahaya dan kemudharatan apa apa yang kami kuatiri, dari bahaya dan kemudharatan apa apa yang kami temui dari bahaya dan kemudharatan apa apa yang menghampiri kami,yang terlihat maupun tak terlihat.

Dengan membaca dzikir dan doa ini diharapkan Allah akan memberi rasa aman, nyaman dan tentram dari berbagai ancaman dan bahaya yang muncul secara tidak terduga disekitar kita. Diharapkan Allah akan melindungi kita dari bahaya dan kemudaratan apa saja yang kita takuti, cemasi dan kuatiri . Diharapkan Ia juga melindungin kita dari bahaya dan kemudaratan apa saja yang kita temui atau menghampiri kita baik yang terlihat maupun tidak terlihat, yang kita ketahui maupun tidak kita ketahui.

Ini merupakan sistim proteksi otomatis setiap kita merasa takut , cemas atau kuatir dengan sesuatu maka sistim proteksi akan bekerja secara otomatis melindungi kita dari bahaya dan kemudaratan apa yang kita takuti atau cemasi itu. Sistim proteksi ini juga akan melindungi kita dari bahaya dan kemudaratan segala sesuatu yang kita jumpai secara tiba tiba, misalnya mendadak berjumpa binatang buas, orang yang sedang mengamuk, Kecelakaan pesawat atau kendaraan lain yang tiba tiba yang diketahui maupun tidak diketahui.

Sistim proteksi ini juga akan bekerja menghadapi berbagai bahaya yang datang mengancam , seperti ancaman pembunuhan, pencurian, perampokan , fitnah dan sihir dari orang tertentu, bahaya dan wabah virus serta penyakit menular yang berjangkit disuatu daerah.

6. Ya Jabbar…..Ya Jabbar…. diikuti dengan doa :

Ya Allah ya Jabbar, Hamba mohon padaMu kekuatan , kesehatan dan kesegaran Jadikan tubuh ini tetap sehat kuat dan segar sepanjang hari, jadikan tubuh ini tetap sehat kuat dan segar sepanjang masa, jadikan tubuh ini tetap sehat kuat dan segar sepanjang waktu, jadikan tubuh ini tetap sehat , kuat dan segar sampai datang ajal yang Engkau tetapkan.

Dengan membaca dzikir dan doa ini diharapkan Allah akan memberi kekuatan , kesehatan dan kesegaran kepada tubuh kita sepanjang masa, sepanjang hari sepanjang waktu bahkan sampai saat datangnya ajal yang telah ditetapkan Allah. Badan yang kuat sehat dan segar adalah idaman setiap orang. Dengan badan yang sehat kuat dan segar banyak hal yang bisa kita kerjakan.

7. Ya Latif….Ya Latif …. diikuti dengan doa :

Ya Allah ya Latif , Engkau yang maha halus dan lembut. Sempurnakan fungsi setiap organ tubuh hamba dengan izin dan kehendakMu, sempurnakan komposisi berbagai zat didalam tubuh hamba dengan izin dan kehendakMu. Jadikan energi dan kekuatanMu mengalir dalam setiap sel tubuh hamba, jadikan energi dan kekuatanMu mengalir dalam pembuluh darah dan pembuluh syaraf hamba

Dengan membaca dzikir dan doa ini diharapkan Allah yang Maha halus dan Maha lembut akan menyempurnakan fungsi setiap organ tubuh dan komposisi berbagai zat yang ada didalam tubuh kita. Dengan demikian diharapkan setiap organ tubuh seperti jantung, paru paru, lever, ginjal , pankreas bekerja dengan sempurna dan maksimal . Demikian pula komposisi zat penting seperti kadar gula , hb darah, adrenalin, asam urat dan lain sebagainya berada pada kondisi seimbang dan kadar yang tepat. Sehingga diharapkan tubuh tetap sehat dan fit terpelihara dari berbagai penyakit.

Disamping itu kita juga berharap agar Allah menyempurnakan aliran energi yang mengalir didalam pembuluh darah dan pembuluh syaraf kita. Sehingga didapat kinerja dan kesegaran tubuh yang maksimal .

8. Ya Nur…..Ya Nur…. diikuti dengan doa :

Ya Allah ya Nur, hamba mohon padaMu jadikan cahaya dan kekuatanMu pada lisan hamba, jadikan cahaya dan kekuatanMu pada penglihatan hamba. jadikan cahaya dan kekuatanMu pada pendengaran hamba, jadikan cahaya dan kekuatanMu pada hati dan fikiran hamba, jadikan cahaya dan kekuatanMu dihadapan, dibelakang, dikiri dan kanan hamba, jadikan cahaya dan kekuatanMu menyelimuti seluruh tubuh hamba. jadikan cahaya dan kekuatanMu memancar dari setiap sel tubuh hamba.

Dengan membaca dzikir dan doa ini diharapkan Allah akan menjadikan cahaya dan kekuatanNya pada lisan, penglihatan, pendengaran, hati, fikiran, dihadapan , belakang, kiri dan kanan kita , menyelimuti seluruh tubuh kita dengan cahaya dan kekuatannya, memancarkan cahayaNya pada setiap sel tubuh kita. Dengan demikian diharapkan kita memiliki ucapan yang santun dan berwibawa. Penglihatan yang tajam dan pandangan yang luas, pendengaran yang peka, arif dan mudah memahami pembicaraan orang.

Hati dan fikiran yang jernih tidak mudah emosi dan berburuk sangka. Dimanapun berada selalu memberi kenyamanan dan ketentraman pada lingkungan, tempat orang meminta nasehat dan minta pendapat. Insya Allah cahaya nur ilahi di sekitar diri kita akan terlihat jelas di padang mahsyar kelak sebagaimana disebutkan Allah dalam surat al Hadit ayat 12 :

12. (yaitu) pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, (dikatakan kepada mereka): “Pada hari ini ada berita gembira untukmu, (yaitu) syurga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, yang kamu kekal di dalamnya. Itulah keberuntungan yang besar.”

Hal yang sama dapat juga dilihat pada surat At Tahrim ayat 8.

9. Ya Alim …..Ya Alim…. diikuti dengan doa :

Ya Allah ya alim Engkau yang menguasai ilmu pengetahuan di langit dan bumi, ajari hamba berbagai ilmu yang membawa rahmat bagi kami dalam kehidupan dunia dan akhirat. Ajari kami ilmu hikmah dari sisiMu , ajari kami ilmu hikmah dari Al Qur’anMu , angkat derajat kami dengan ilmu yang Kau ajarkan pada kami.

Dengan membaca dzikir dan doa ini diharapkan Allah akan mengajarkan berbagai ilmu yang membawa rahmat dan berkah bagi kita dalam kehidupan dunia dan akhirat. Selain itu juga mengajarkan berbagai ilmu hikmah dari sisiNya dan dari al Qur’an yang agung. Insya Allah orang yang berilmu dan memiliki pemahaman ilmu hikmah yang dalam dimudahkan Allah hidupnya dan mendapat kemuliaan hidup didunia maupun akhirat.

10. Ya Fattah….Ya Fattah…. diikuti dengan doa :

Ya Allah ya Fattah, bukakan bagi kami pintu rahmat dari langit dan bumiMu, bukakan bagi kami pintu rahmat dari seluruh penjuru yang Engkau berkahi, bukakan bagi kami pintu rezeki dari langit dan bumiMu,bukakan bagi kami pintu rezeki dari seluruh penjuru yang Engkau berkahi, bukakan bagi kami jalan menuju sukses dan kemenangan

Dengan membaca dzikir dan doa ini diharapkan Allah akan membukakan pintu rahmat bagi kita dari langit dan bumiNya serta dari seluruh penjuru yang di berkatiNya. Disamping itu juga kita harapkan Allah akan membukakan pintu rezeki, pintu sukses dan kemenangan, pintu syurga dan berbagai pintu kebaikan dari segala penjuru yang diberkahi.

11. Ya Mughni….Ya Mughni…. diikuti dengan doa :

Ya Allah ya Mughni Engkau yang maha kaya dan maha terpuji , kepunyaan Engkau segala sesuatu yang ada dilangit dan bumi. Kami mohon padaMu cukupkan semua hajat dan kebutuhan kami dari sumber kekayaanMu yang tidak terhingga. Cukupkan kami dengan sumber kekayaanMu yang berlimpah dan tak terbatas.

Dengan membaca dzikir dan doa ini diharapkan Allah akan mencukupkan semua hajat dan kebutuhan kita dari sumber kekayaanNya yang berlimpah dan tidak terhingga. Insya Allah kita akan terhindar dari kemiskinan, kepapaan, kebangkrutan dan kemelaratan . Hidup penuh kemudahan dan selalu dalam keadaan berkecukupan.

Bagi teman yang sudah lama tidak aktif latihan SN silahkan mencoba jurus ini kembali , insya Allah dengan melihat rekaman Video gerakan jurus pengendalian 1 – 10 dari teman teman SN Aceh diatas anda akan mampu mengingat gerakan jurus itu kembali.

12. Ya Razak….Ya Razak…. diikuti dengan doa :

Ya Allah ya Razak Engkaulah yang melapangkan dan menyempitkan rezeki bagi siapa yang Engkau kehendaki. Kami mohon padaMu lapangkan rezeki kami selapang lapangnya . Bukakan bagi kami pintu rezeki dari langit dan bumiMu. Bukakan bagi kami pintu rezeki dari segala penjuru yang Engkau berkati . Cukupkan semua hajat dan kebutuhan kami dengan rezeki yang kau berikan pada kami.

Dengan membaca doa ini diharapkan Allah akan membukakan pintu rezeki bagi kita dari langit dan Bumi serta dari segala penjuru yang diberkahiNya. Terpelihara dari kemiskinan, kemelaratan dan kepapaan , hidup berkecukupan dan mendapaty karunia berlimpah dari sisiNya.

13. Ya Karim ….Ya Karim….diikuti dengan doa :

Ya Allah ya Karim Engkau yang maha mulia, Kau beri kemuliaan pada siapa yang Engkau kehendaki dan Kau timpakan kehinaan pada siapa yang Engkau kehendaki. Beri hamba kemuliaan dari sisiMu, kemuliaan hidup didunia dan akhirat.

Dengan membaca dzikir dan doa ini diiharapkan Allah akan memberi kemuliaan hidup didunia dan akhirat dan terpelihara dari kehinaan hidup didunia maupun akhirat. Insya Allah selalu dihormati dan dimuliakan serta disegani orang dimanapun berada, baik selama hidup maupun setelah wafat.

14. Ya Ghaffar….Ya Ghaffar…. diikuti doa :

Ya Allah ya Ghaffar , Engkau yang maha pengampun dan maha menerima taubat. Ampuni dosa kami yang telah lalu maupun yang akan datang , yang kami ketahui maupun tidak kami ketahui, yang kami sengaja maupun tidak. Terimal;ah taubat kami ya Allah hapuskan semua kesalahan kami ya Allah. Engkaulah sebaik baik yang menerima taubat.

Dalam surat Hud ayat 3 Allah memerintahkan kita untuk memperbanyak istighfar mudah mudahan Allah mengampuni semua dosa kita sehingga terbebas dari kesulitan ketika dihari berhisab kelak. Sekecil apapun dosa yang kita perbuat pasti akan dibalasi Allah dengan setimpal. Permohonan ampun yang dipanjatkan diharapkan akan menghapus semua catatan dosa yang telah kita perbuat sehingga tidak membebani kita dihari berhisab kelak.


DZIKIR DAN DOA DENGAN AYAT QUR’AN

Contoh dzikir dan doa dengan menggunakan ayat Qur’an antara lain sebagai berikut ini :

Ketika menarik napas

Baca kalimat hasbalah :

Hasbiyallahu wanikmal wakil…..nikmal maula wanikman nashir (Cukuplah Allah sebagai pelindungku…Dia sebaik baik pelindung dan sebaik baik penolong)

Ketika menahan napas:

Baca ayat Qur’an pilihan misalnya surat Al A’raaf 205

al-araaf-2054

Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai. (Al A’raaf 205)

Ketika menghembuskan napas :

Baca kalimat tahlil

Laa ilaha ilallahu wahdahu laa syariikalahu , lahu mulku walahulhamdu , yuhyii wayumiitu , wahuwa ala kulli syainkodir ( Tidak ada Tuhan selain Allah ,Dia yang satu tidak ada sekutu bagiNya, bagiNya kerajaan dan bagiNya pujian, Dia yang menghidupkan dan mematikan, dan dia maha kuasa atas segala sesuatu)

Selama membaca dzikir dan doa hati dan fikiran difokuskan pada maksud dan pemahaman kalimat dzikir dan ayat Qur’an yang dibaca.

Demikian seterusnya ketika menarik napas baca kalimat hasballah, ketika menahan napas baca ayat Qur’an , dan ketika menghembuskan napas baca kalimat tahlil. Ayat Qur’an yang dibaca bisa bervariasi umumnya 1 atau 2 ayat berupa nasehat, kalimat tauhid , atau peringatan bagi kita . Sedang bacaan ketika menarik dan menghembuskan napas bisa tetap seperti itu.

Beberapa variasi bacaan ayat Qur’an ketika menahan napas antara lain sebagai berikut.

  1. Al Baqarah 152

al-baqarah-1521

152- Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat) -Ku.

  1. Al A’Raaf 205

al-araaf-2055

205- Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.

  1. Al A’Raaf 206

al-araaf-2061

206- Sesungguhnya malaikat-malaikat yang ada di sisi Tuhanmu tidaklah merasa enggan menyembah Allah dan mereka mentasbihkan-Nya dan hanya kepada-Nya lah mereka bersujud.

  1. Al Hasyr 22

al-hasyr-221

22- Dia-lah Allah Yang tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dia-lah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

  1. Al Hasyr 23

al-hasyr-231

23- Dia-lah Allah Yang tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala keagungan, Maha Suci, Allah dari apa yang mereka persekutukan.

  1. Al Jumuah 8

al-jumuah-81

8- Katakanlah: “Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan”.

  1. Al Israak 30

al-israak-301

30- Sesungguhnya Tuhanmu melapangkan rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki dan menyempitkannya; sesungguhnya Dia Maha Mengetahui lagi Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya.

  1. Ali Imran 160

ali-imran-1601

160- Jika Allah menolong kamu, maka tak adalah orang yang dapat mengalahkan kamu; jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu (selain) dari Allah sesudah itu? Karena itu hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakal.

Ayat Qur’an yang dibaca didalam hati tersebut diharapkan dapat menambah keimanan dan ketakwaan , membangkitkan semangat dan motivasi untuk mendekatkan diri pada Allah swt. Anda bisa mencari sendiri dari Al Qur’an ayat ayat seperti diatas yang dapat meningkatkan Iman dan takwa kita masing masing.

Dengan metode ini diharapkan kita dapat berdzikir dengan tanpa lelah dan merasa bosan. Pengendalian dan pengaturan napas selama berdzikir dapat meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan kadar oxigen didalam darah, sehingga semakin lama kita berdzikir badan terasa semakin segar.

Tanpa pengaturan dan pengendalian napas biasanya fikiran suka melantur dan tidak mudah berkonsentrasi pada dzikir dan doa yang dibaca. Disamping itu juga kita mudah diserang rasa kantuk dan bosan.

Meditasi Dzikir dan doa dengan menggunakan pola napas segitiga ini pada awalnya mungkin sulit dilakukan. Bagi mereka yang sudah pernah ikut latihan olah napas pada perguruan silat, Thaichi, waitankung, senam Tera, Satria Nusantara, Mahatma , Yoga dan lain sebagainya pola napas segitiga ini tidak menjadi masalah. Namun bagi yang belum pernah latihan olah napas mungkin pada awalnya akan banyak mengalami kesulitan. Untuk melatih pengaturan napas silahkan ikuti latihan olah napas pada perguruan mana saja yang betul betul murni pengolahan napas bukan ilmu kedigdayaan , tenaga dalam atau yang dicampur dengan ritual tertentu.

V. PERINTAH DZIKIR DAN DO’A DALAM QUR’AN DAN HADIST

Allah telah memerintahkan kita untuk banyak berdzikir dan berdo’a didalam Al Qur’an dan hadist yang disampaikan Rasulullah. Sholat adalah salah satu kegiatan Dzikir & Do’a yang diwajibkan bagi umat Islam. Diluar kegiatan sholat Allah juga memerintahkan agar kita memperbanyak dzikir dan do’a baik ketika berdiri , duduk dan berbaring dimanapun kita berada. Dzikir dan do’a dapat membentengi diri dari jeratan tipu daya syetan dan berbagai kejahatan yang selalu mengancam dimanapun kita berada. Praktek dzikir dan do’a juga merupakan investasi berharga bagi kehidupan dunia dan akhirat, ini merupakan usaha atau jalan untuk mendekatkan diri pada Allah swt. Beberapa perintah agar kita berdzikir dan berdo’a didalam Qur’an dan hadist antara lain sebagai berikut dibawah ini :

Kumpulan ayat Qur’an

Ayat ke 1 :

al-ahzab-41-42

41- Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. 42- Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang. (Al Ahzab 41-42)

Ayat ke 2

al-baqarah-1522

152- Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat) -Ku. (Al Baqarah 152)

Ayat ke 3

al-jumuah-10

10- Apabila telah ditunaikan sembahyang, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung. (Al Jumu’ah 10)

Ayat ke 4

200- Apabila kamu telah menyelesaikan ibadah hajimu, maka berzikirlah (dengan menyebut) Allah, sebagaimana kamu menyebut-nyebut (membangga-banggakan) nenek moyangmu, atau (bahkan) berzikirlah lebih banyak dari itu. Maka di antara manusia ada orang yang berdoa: “Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia”, dan tiadalah baginya bahagian (yang menyenangkan) di akhirat. 201- Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka”.202- Mereka itulah orang-orang yang mendapat bahagian dari apa yang mereka usahakan; dan Allah sangat cepat perhitungan-Nya. (Al Baqarah 200-202)

Ayat ke 5

103- Maka apabila kamu telah menyelesaikan salat (mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah salat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya salat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. (An Nisa 103)

Ayat ke 6

205- Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai. 206- Sesungguhnya malaikat-malaikat yang ada di sisi Tuhanmu tidaklah merasa enggan menyembah Allah dan mereka mentasbihkan-Nya dan hanya kepada-Nya lah mereka bersujud. (Al A’raaf 205-206)

Ayat ke 7

191- (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (Ali Imran 191)

Ayat ke 8

23- Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al Qur’an yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barang siapa yang disesatkan Allah, maka tidak ada seorang pun pemberi petunjuk baginya. (Az Zumar 23)

Ayat ke 9

25- Dan sebutlah nama Tuhanmu pada (waktu) pagi dan petang. 26- Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang di malam hari. (Al Insan 25-26)

Ayat ke 10

19- Setan telah menguasai mereka lalu menjadikan mereka lupa mengingat Allah; mereka itulah golongan setan. Ketahuilah, bahwa sesungguhnya golongan setan itulah golongan yang merugi. (Al Mujadilah 19)

Ayat ke 11

55- Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. 56- Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik. (Al A’raaf 55-56)

Ayat ke 12

180- Hanya milik Allah asmaulhusna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaulhusna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan. (Al A’raaf 180)

Ayat ke 13

60- Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina”. (Al Mukmin 60)

Ayat ke 14

110- Katakanlah: “Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaaulhusna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam salatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu” (Al Israak 110)

Kumpulan Hadist

Hadist ke 1 :

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah bersabda , Allah swt berfirman : “ Aku tergantung pada persangkaan hambaKu. Dan Aku bersamanya jika ia mengingat Aku. Jika dia mengingatKu dalam hatinya, Akupun mengingatnya dalam HatiKu. Jika ia mengingatKu dalam suatu majelis, Akupun mengingatnya dalam suatu majelis yang lebih baik dari mereka. Dan jika ia mendekatiKu sejengkal, Aku akan mendekatinya sehasta. Dan Jika ia mendekatiKu sehasta, Aku akan mendekatinya sedepa. Dan jika ia mendekatiKu dengan berjalan, Aku akan mendekatinya dengan berlari (HR Bukhari, Muslim , Ahmad)

Hadist ke 2 :

Dari abu Darda ra berkata, Rasulullah bersabda :” Maukah kuberitahukan kepadamu suatu amalan yang paling baik dan paling suci disi Tuhanmu, dan paling menaikan derajatmu, dan lebih baik bagimu daripada menginfakan emas dan perak, serta lebih baik bagimu daripada berjuang melawan musuh, kamu membunuh musuh atau musuh membunuhmu ,” para sahabat menjawab “ya” Sabda beliau saw “ Dzikrullah” (HR Ahmad, Tarmidzi, Ibnu Majah)

Hadist ke 3

Dari Abu Musa ra Nabi saw bersabda “ Perumpamaan orang orang yang berdzikir kepada Allah dan orang orang yang tidak berdzikir kepada allah, sepertio orang yang hidup dan orang yang mati (HR Bukhari, Muslim, Baihaqi).

Hadist ke 4

Dari Muadz bin Jabal ra, Rasulullah saw bersabda “ Ahli syurga tidak akan menyesali apapun (didunia ini) kecuali atas waktu yang telah mereka lalui tanpa dzikrullah didalamnya “ (HR Thabrani, Baihaqi)

Hadist ke 5

Dari Jabbir ra, Nabi saw bersabda :” Dzikir yang paling utama ialah “Laa ilaaha ilallah” dan do’a yang paling utama ialah “Alhamdulillah” (Tirmidzi, Ibnu Majah)

Hadist ke 6

Dari Ibnu Abbas ra, rasulullah saw bersabda :”Demi dzat yang nyawaku berada ditanganNya , jika seluruh langit dan bumi dan semua yang afa didalamnya , serta apa yang dibawahnya diletakan di satu timbangan dan syahadat laa ilaaha ilallah diletakan dalam timbangan yang lain , maka akan lebih beratlah timbangan yang ada kalimatnya” (Thabrani)

Hadist ke 7

Dari I’taban bin Malik ra , Rasulullah saw bersabda :” Tidak akan datang seorang hamba yang mengucapkan laa ilaaha ilallah semata mata karena Allah pada hari kiamat nanti , kecuali akan diharamkan baginya neraka (Bukhari, Ahmad, Muslim, ibn Majjah, Baihaqi)

Hadist ke 8

Dari samrah bin Jundub ra , Rasulullah bersabda :” Kalimat yang paling disukai allah swt ialah Subhanallah walhamdulillah wala ilaaha ilallah Allahu Akbar. Tidak akan membahayakanmu , darimana saja kamu memulainya “ Dalam riwayat lain disebutkan bahwa kalimat itu ada dalam AL QUR’AN ( Muslim , Ibn Majjah, Nasa’i)

Hadist ke 9

Dari Ka’ab bin Ujrah , Rasulullah bersabda: “ Kalimat dibelakang yang tidak akan menyesal pembacanya ataupun yang mengerjakannya setiap selesai sholat fardhu yaitu subhanallah 33x , Alhamdulilah 33x dan allahu Akbar 33 x (HR Muslim)

Hadist ke 10

Dari Ummi Hani ra ia berkata “ Suatu ketika lewatlah Rasulullah saw dihadapanku, lalu aku berkata:” Ya Rasulullah saya sudah tua dan sangat lemah. Beritahukanlah kepada ku suatu amalan agar dapat saya kerjakan sambil duduk” Beliau bersabda”Bacalah subhanallah 100 kali , itu seimbang bagimu dengan memerdekakan 100 orang budak dari keturunan Ismail. Bacalah alhamdulillah 100 kali sesungguhnya itu seimbang bagimu dengan menyedekahkan 100 ekor kuda yang bercahaya dan terkendali yang disedekahkan dijalan Allah. Bacalah Allahu Akbar 100 kali sesungguhnya itu seimbvang bagimu dengan menyembelih 100 ekor unta yang dikurbankan dan diterima disisi Allah. Dan bacalah Laa ilaaha ilalla 100 kali “ Abu Khalfin berkata Aku duga pahalanya akan memenuhi antara kangit dan bumi, dan tidak ada yang melebihinya darimu kecualai orang yang mengamalkannya lebih dari itu ( HR Ahmad)

oooOOOooo

VI. TASBIH, TAHMID, TAHLIL, TAKBIR DAN ISTIGHFAR

DALAM AL-QUR’AN

Mengucapkan tasbih, tahmid , tahlil, takbir dan istighfar adalah sesuatu yang sangat dianjurkan dan diperintahkan Allah dalam Qur’an. Kalimat toyyibah tersebut dapat meningkatkan iman dan takwa serta mensucikan diri dari berbagai kotoran dan dosa. Banyak membaca kalimat tersebut juga dapat menjaga dan memelihara diri dari jeratan tipu daya syetan yang menyesatkan.

Tentang Tasbih

Ayat ke 1

1- Bertasbih kepada Allah apa saja yang ada di langit dan apa saja yang ada di bumi; dan Dia-lah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (As Shaaf 1)

Ayat ke 2

130- Maka sabarlah kamu atas apa yang mereka katakan, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu, sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya dan bertasbih pulalah pada waktu-waktu di malam hari dan pada waktu-waktu di siang hari, supaya kamu merasa senang. (Thaha 130)

Ayat ke 3

43- Maha Suci dan Maha Tinggi Dia dari apa yang mereka katakan dengan ketinggian yang sebesar-besarnya. 44- Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatu pun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun. (Al Israak 43-44)

Ayat ke 4

83- Maka Maha Suci (Allah) yang di tangan-Nya kekuasaan atas segala sesuatu dan kepada-Nya lah kamu dikembalikan. (Yasin 83)

Ayat ke 5

1- Semua yang berada di langit dan yang berada di bumi bertasbih kepada Allah (menyatakan kebesaran Allah). Dan Dialah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. (Al Hadit 1)

Ayat ke 6

15- Sesungguhnya orang-orang yang beriman dengan ayat-ayat Kami, adalah orang-orang yang apabila diperingatkan dengan ayat-ayat (Kami), mereka menyungkur sujud dan bertasbih serta memuji Tuhannya, sedang mereka tidak menyombongkan diri. (As Sajdah 15)

Tentang Tahmid

Ayat ke 1

111- Dan katakanlah: “Segala puji bagi Allah Yang tidak mempunyai anak dan tidak mempunyai sekutu dalam kerajaan-Nya dan Dia bukan pula hina yang memerlukan penolong dan agungkanlah Dia dengan pengagungan yang sebesar-besarnya. (Al Israak 111)

Ayat ke 2

1- Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan kepada hamba-Nya Al Kitab (Al Qur’an) dan Dia tidak mengadakan kebengkokan di dalamnya; (Kahfi 1)

Ayat ke 3

59- Katakanlah: “Segala puji bagi Allah dan kesejahteraan atas hamba-hamba-Nya yang dipilih-Nya. Apakah Allah yang lebih baik, ataukah apa yang mereka persekutukan dengan Dia?” (An Naml 59)

Ayat ke 4

70- Dan Dialah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, bagi-Nyalah segala puji di dunia dan di akhirat, dan bagi-Nyalah segala penentuan dan hanya kepada-Nyalah kamu dikembalikan.(Al Qoshos 70)

Tentang Tahlil

Ayat ke 1

87- Dan (ingatlah kisah) Zun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: “Bahwa tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang lalim.”

Ayat ke 2

22- Dia-lah Allah Yang tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dia-lah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. 22- Dia-lah Allah Yang tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dia-lah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. (Al Hasyr 23-24)

Tentang takbir

Ayat ke 1

37- Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik. (Al Hajj 37)

Ayat ke 2

67- Dan mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengagungan yang semestinya padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya pada hari kiamat dan langit digulung dengan tangan kanan-Nya. Maha Suci Tuhan dan Maha Tinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan. (Az Zumar 67)

Tentang Istighfar

Ayat ke 1

106- dan mohonlah ampun kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (An Nisa 106)

Ayat ke 2

Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertobat kepada-Nya. (Jika kamu, mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberi kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa

siksa hari kiamat. (Hud 3)

Ayat ke 3

90- Dan mohonlah ampun kepada Tuhanmu kemudian bertobatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku Maha Penyayang lagi Maha Pengasih. (Hud 90)

Ayat ke 4

2- maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima tobat. ( An Nashr 3)

oooOOOooo

28 thoughts on “PANDUAN SENI PERNAPASAN DZIKRULLAH”
  1. Terima kasih, semonga sangat bermanfaat buat kita semua yg membaca. Semoga kita termasuk dalam golongan orang2 yg senantiasa Berzikir.
    Subhanallah walhamdulillah wala ilaaha ilallah Allahu Akbar.

  2. Maaf kalo saya boleh bertanya : apakah ada perwakilan di daerah jakarta selatan kegiatan selama bulan ramadhan dan setelahnya. saya ingin sekali belajar konsentrasi untuk ibadah kepada Allah, maafkan saya.

    1. Wa alaikum salam

      Silahkan dilatih sendiri mengikuti panduan pada artikel ini, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan kontak kami di hp 0811151412

  3. Asalumualaikum wr.wb
    Beberapa hari yang lalu saya membaca artikel. Senam pernsfasan.yoga.prana.dan lain sebagainya..bahkan Dia mampu melihat warna walau mata keadaan tertutup..beberapa tenaga dalam yang Dia pelajari,bayak kekuatan yang ada pada dirinya..anehnya dia malas solat entah kenapa..dia setelah datang ke P.ustad,katanya bayak Jin –jin kafir yang masuk pada dirinya berbagai jenis jin yang masuk…yang ingin saya tanyakan ke ustad…
    1. Apakah kalau kita mengadakan ritual ritual tertentu atau meditasi tertentu ada kekuatan jin yang masuk
    2. Apakah kalau mengadakan wiritan tertentu ada mahluk Allah yang masuk kedalam diri kita. Jenis mahluk apakah yang masuk?….
    3. Bagaimana membuka tabir atau hijab..

    1. Wa alaikum salam

      1. Memang kegiatan meditasi, olah rasa, tenaga dalam jika tidak hati hati rawan disusupi kekuatan dari alam jin. Allah menilai amalan seseorang dari niatnya. Amalan baik yang ditujukan pada sesuatu selain Allah tidaklah diterima Allah sebagai ibadah. Orang yang membaca Qur’an jika tidak hati hati juga bisa disusupi Jin. Karena itu Allah mengingatkan dalam surat A Nahl ayat 98 : “Apabila kamu membaca Al Quran hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk.
      Ketika melatih kepekaan dengan teknik olah napas ada usaha untuk menarik energi dan kekuatan dari alam semesta atau sesuatu selain Allah, tanpa disadari ia sudah menarik kekuatan jin pada dirinya. Hasilnya ia bisa melakukan hal luar biasa yang tidak mungkin dikerjakan orang lain.

      2. Ketika membaca wirid, asmauhusna, sholawat, dzikir jika niatnya salah hasilnya juga keliru. Ada orang yang membaca wirid, shalawat untuk mengundang khodam jin menjaga dirinya. Maka jin khodampun datang berkhidmad padanya , dia menganggap semua wirid, dzikir itu adalah persembahan buat dirinya bukan buat Allah. Allah juga menjadikan semua dzikir dan shalawat itu sia sia karena bukan ditunjukan bagi Allah tapi untuk jin khodam. Jin khodam akan setia membantunya selama ia tetap membaca wirid itu.Hingga ia bisa melakukan hal luar biasa dengan bantuan jin khodam itu. Jika dia lalai Jin khodam akan mengazabnya dengan mendatangkan berbagai penyakit. Hati hatilah Allah menilai amal itu dari niatnya, Allah mencampakan amal kebaikan orang yang diniatkan bukan bagiNya

      3. Jika ingin membuka tabir dan mengetahui rahasia kerajaan Allah kerjakanlah amal ibadah sesuai tuntunan Rasulullah. Shalat lima waktu, sunah rawatib, shalat malam, shalat dhuha, membaca Qur’an setiap hari berikut maknanya, puasa sunah senen kamis, menjaga wudhu, memperbanyak sedekah, menjaga lisan dari ucapan tak berguna. Selalu dzikir mengingat Allah didalam hati dimanapun berada baik ketika berdiri, duduk dan berbaring Insya Allah hidup jadi aman , nyaman tentram . Selalu berada dalam naungan Allah

  4. ASSALAMUALAIKUM.WR.WB
    SALAM SEJAHTERA BUAT SAYA DAN KITA SEMUA
    SUBHANALLAH, MAHA SUCI ALLAH PEMILIK ALAM JAGAT RAYA
    SUNGGUH MULIA DAN SUNGGUH TER AMAT BANYAK ILMU ALLAH
    SALAM KENAL USTAZD, SAYA DARI MATARAM….MOHON INFORMASINYA?
    APAKAH ADA CABANG DI KOTA MATARAM?
    MOHON BIMBINGAN NYA AGAR KAMI BISA MENJADI PRIBADI YG BERIMAN DAN BERTAQWA
    MOHON IZIN COPY …?
    WSS.WR.WB

  5. Assalamu’alaikum,Ustadz mohon izin untuk mengcopynya, ingin latihan sendiri dengan panduan artikel dari Ustadz ini, semoga bermanfaat bagi kami semua..

    1. Assalamu’alaikum wr. wb.

      Mohon ijin mengkopi materi
      InsyaAllah akan saya coba..
      bilamana ada kesulitan atau hal
      yang perlu kami tanyakan,..
      mohon berkenan membimbing..
      Salam….

  6. Assalamu’alaikum, semoga ustad sekeluarga senatiasa dalam lindungan ALLAH SWT & snantiasa dalam keriDhaanNYA,
    Ustad mohon injin mengamalkan yg di blog ustad ini ya 🙂
    bilamana ada kesulitan atau hal yang perlu ditanyakan…
    mohon berkenan membimbing..
    Jazakallah ustad …

  7. Assalamu Alaikum,
    Mohon pencerahannya, Setelah saya membaca beberapa artikel Pernafasan dalam Web ini, teknik penafasannya menggunakan Teknik pernafasan Dada/Paru-Paru. Sementara dari beberapa Artikel dari sumber lain mengatakan Pernafasan Perut lebih efektif. Mohon Pencerahannya. Terima Kasih.

  8. Ijin kan saya mememnggil bapak dengan ” GURU”
    guru, saya terima ilmu guru, mohon bimbing saya mengamalkannya…

  9. salam ustaz terima kasih atas perkongsian nya ilmunya dan utk amalan nya tersebut terima kasih banyak banyak ustaz

  10. Salam kenal dari malaysia.
    Semoga ustaz fadhilza senantiasa di bawah lembayung kasih sayang ilahi.
    Mohon izin untuk saya kongsikan seni pernafasan yg betul ini pada sahabat2 saya di sini.

    Ya .. saya ada satu soalan..
    Pernafasan yg mana yg baik.
    Tarik udara dengan mulut. Lepaskan dgn hidung.
    Atau
    Tarik udara dgn hidung lepaskan dgn mulut.

    Jika kedua dua teknik ini boleh di gunakan.
    Apakah faedah yg boleh dikaitkan kedua dua teknik ini.

  11. Assalam ustaz. Saya nur dari malaysia. Saya ingin bertanya lanjut ttg teks memutus saka itu boleh diucapkan sebagai ikhtiar utk memutus saka jika benar ada saka. Bgm cara2 nya. Satu lg adakah ustaz ada dtg ke malaysia utk membuat rawatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *