KEKUATAN DAN KEAJAIBAN SEDEKAH

Diposkan Oleh Fadhil ZA

 

 

 

sedekah-1Dalam Al Qur’an banyak ditemukan firman Allah yang memerintahkan kita untuk bersedekah dan membelajakan sebagian harta kita dijalan kebaikan. Namun sayang kebanyakan kita tidak menghiraukan perintah tersebut. Kita kuatir kalau bersedekah akan mengurangi jumlah harta kita. Sifat kikir dan tamak mendorong kita untuk enggan membayar zakat , infak dan sedekah. Padahal manfaat sedekah itu sebenarnya akan kembali kepada diri kita juga.

Allah melipat gandakan pahala sedekah sampai 700 kali lipat, sebagaimana disebutkan dalam Al Qur’an surat al Baqarah ayat 261 :

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allahadalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (Al Baqarah 261)

Dalam berbagai ceramahnya ustadz Yusuf Mansyur selalu mengingatkan tentang keutamaan sedekah ini. Beliau banyak menceritakan tentang pengalaman orang orang yang lolos dari berbagai bencana dan musibah dengan bersedekah. Ternyata sedekah dapat menyelamatkan seseorang dari kebangkrutan, tekanan ekonomi, berbagai penyakit dan penderitaan berkepanjangan.

Berikut ini kami sampaikan pengalaman beberapa orang yang selamat dari kecelakaan, dan kebangkrutan dengan membiasakan bersedekah setiap hari. Kisah ini kami kutip dari web Program Pembibitan Penghapal Qur’an binaan Ustadz Yusuf Mansyur pppa.or.id. di Tangerang. Anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang keajaiban dan kekuatan sedekah ini silahkan membuka situs tersebut .


KISAH 1

DIABETES HILANG MEMORI KEMBALI

keutamaan-sedekah

Oleh Adinandra Wardhana


Apa sih amalan khusus yang kamu lakukan, sehingga Allah SWT memberikan pertolongan dan perlindungan kepadamu sedemikian rupa?” .Demikian pertanyaan para kerabat yang menjenguk saya, sepulang saya dari Rumah Sakit.

Saya maklum. Bahkan saya sendiri juga heran, karena amal ibadah saya biasa-biasa saja. Tak ada yang istimewa pada diri saya. Tapi alhamdulillah, di luar dugaan sebuah kecelakaan dahsyat ternyata tidak sampai berakibat fatal pada diri saya. Bahkan, diabetes saya sembuh setelahnya.

Ceritanya begini. Saya ini seorang staf penjualan di sebuah perusahaan asing di Surabaya. Rumah saya di Malang. Jadi, setiap hari kerja saya pergi-pulang rute Malang-Surabaya.

Pada 10 Desember 2010, usai shalat Jum’at saya mengemudi mobil dari Surabaya menuju Malang. Sore itu saya ada janji dengan salah satu customer di Kota Apel. Rencana saya, setelah menemui customer itu, bisa langsung pulang.

Kira-kira pukul 15.30 WIB saya sampai di Purwosari, sejarak 15 km sebelum kota Malang. Spot ini dikenal sebagai jalur rawan kecelakaan.
Sampai di sebuah putaran balik, tiba-tiba sebuah truk dari arah Malang nyelonong menghajar mobil saya. Braaakkk! Tabrakan “adu kebo” tak terhindarkan.

Belakangan saya baru tahu, truk itu remnya blong. Si sopir gagal menghentikan laju kendaraannya di jalan yang menurun. Mau banting stir kiri, dalamnya jurang dan sungai menganga. Sedangkan jika banting stir ke kanan, akan menghajar separator jalan. Maka sopir truk itu banting stir ke kanan tepat di sebuah ruas putaran balik, persis ketika saya melintas di situ.
Sebelum semuanya gelap, saya sempat memberikan nomor kontak kantor dan keluarga kepada polisi untuk dikabari.

Ketika sadar, saya sudah berada di RS Saiful Anwar Malang. Luka yang saya alami cukup parah; Tengkorak muka remuk dan kedua tulang tangan kanan saya patah sama sekali.Di rumah sakit, saya ditangani dokter spesialis syaraf yaitu Dr. Widodo, dengan tim medis yang terdiri 7 dokter syaraf, bedah syaraf, bedah tulang, bedah kosmetik, internist, mata, dan dokter THT.

Sebelum kecelakaan, saya sudah menderita diabetes. Jadi, saya tidak bisa langsung dioperasi untuk memperbaiki tulang-tulang tengkorak muka dan lengan. Sebab, kata dokter, kadar gula darah saya masih tinggi sehingga harus diturunkan dan distabilkan dulu.

Sepekan kemudian, pada 17 Desember 2010, akhirnya dokter memutuskan saya bisa menjalani operasi bedah tulang dan kosmetik. Dua hari jelang operasi, istri saya berkeliling rumah sakit dan pasar di dekat situ untuk bersedekah. Dia bagikan uang kepada orang-orang tua dan para pasien di IRD yang tidak memiliki biaya untuk berobat, sambil meminta doa untuk kesembuhan saya.

Sehari jelang operasi, tulang tengkorak wajah saya difoto rontgen oleh dokter bedah plastik. Hasilnya, Subhanallah, Allahuakbar, hampir seluruh tengkorak muka saya sudah tersambung kembali dengan sendirinya! Sehingga menurut dokter, hanya diperlukan pemasangan satu pen di pipi kanan saya.
Untuk tulang lengan saya yang patah, masih tetap harus dioperasi untuk memasang pen.

Setelah kesadaran saya membaik, saya ditangani oleh dokter syaraf. Waktu diperiksa olehnya, saya tidak sanggup melakukan gerakan-gerakan sederhana seperti memegang telinga kiri dengan tangan kanan, menulis satu kalimat sederhana, membedakan bentuk-bentuk sederhana seperti bola, kubus, piramid, dan lain-lain. Bahkan, saya tidak bisa mengingat nama benda-benda di sekitar saya!

Dengan hasil pemerikasaan seperti itu, dokter syaraf menyampaikan kabar seram pada istri saya, bahwa saya akan kehilangan 50% memori ingatan saya. Dan, biasanya perlu beberapa bulan perawatan untuk memulihkannya.
Namun, baru 2 minggu menjalani rawat inap, saya sudah boleh pulang. Kondisi saya secara umum sudah baik, walau memori otak saya belum 100% pulih.

Kenyataan ini betul-betul mengherankan dokter syaraf yang menangani saya. Sebab, katanya, dia pernah memiliki pasien yang kondisinya mirip saya dan harus dirawat di RS sampai 7 bulan lamanya.

Rawat jalan di rumah, saya masih belum bisa mengingat beberapa nama benda di sekitar saya. Secara berkala, saya masih tetap harus kontrol ke dokter, terutama untuk kesehatan syaraf dan internist.

Alhamdulillah, sekitar 2 bulan di rumah, memori saya terus membaik. Dan yang luar biasa lagi, menurut dokter internist yang menangani saya, diabetes saya dinyatakan sembuh! Allahuakbar!

Untuk mengatasi sakit kepala dan pusing (vertigo), saya juga berobat dengan akupunktur (tusuk jarum). Pengobatan alternatif ini cukup efektif, sehingga rasa sakit terus berkurang.

Menjawab keheranan tim medis maupun sanak-saudara yang membesuk atas “keajaiban” kesembuhan saya, terus terang saya pun belum menemukan jawaban yang pas.

Namun setelah merenungi semuanya, jawaban atas keajaiban itu tak lain adalah sedekah. Baik yang dilakukan istri saya ketika di rumah sakit, maupun yang saya lakukan sebelum kecelakaan.

Ya, dua hari sebelum ditabrak truk, saya mengajak anak-anak penghuni Panti Asuhan Nurul Hayat Malang makan di sebuah resto fasfood dari Amerika. Sebelumnya, mereka pun pernah saya traktir makan di sebuah resto makanan Italia.

Bukan apa-apa, saya sekadar ingin memberi pengalaman mereka makan di rumah makan waralaba mancanegara. Sehingga, meskipun tinggal di asrama yatim-piatu, mereka bisa “mengimbangi” cerita pengalaman serupa teman-teman mereka dari keluarga mampu.

Duh, betapa bahagia saya menyaksikan binar bahagia di wajah mereka tatkala makan di resto tersebut. Saya yakin, itu jadi pengalaman luar biasa dalam hidup mereka.

Maka ketika saya mendapat musibah kecelakaan, doa mereka usai shalat fardhu dan tahajud terpanjatkan untuk kesembuhan saya. Begitulah yang saya dengar dari pengasuh mereka.

Sebagai tanda rasa terima kasih sekaligus syukuran, setelah lumayan sembuh saya ajak mereka makan di sebuah resto fastfood yang lain lagi. Biar lebih lengkaplah pengalaman anak-anak dhuafa tersebut.

Dari pengalaman ini, sekarang saya hampir tak berpikir panjang untuk bersedekah kepada orang-orang yang membutuhkan. Tentu, juga diiringi dengan meningkatkan amal ibadah yang lain seperti shalat fardhu tepat waktu dan berjamaah, shalat rawatib, dhuha, tahajud, taubat, hajat, puasa sunnah, dll.
Sesuai wasiat Ustadz Yusuf Mansur, bersedekah ibarat menanam bibit tetumbuhan. Agar bibit tumbuh subur dan berbuah manis, harus rajin dirawat, dipupuk, dan disirami. Pun begitu dengan sedekah, yang harus dilengkapi dengan amalan-amalan ibadah sunah.

(Sumber:pppa.or.id )


KISAH 2

SEDEKAH BERBUAH ONH

pppa2

Oleh Ahmad Salihin

Sedekah 30 juta rupiah? Beraat maaan! Tapi itulah yang dilakukan Ahmad Salihin (35). Walau awalnya berat. Tetapi setelah dijalani, dengan berusaha mengikhlaskan sedekahnya, berat menjadi ringan. Bahkan, situasinya jadi terbalik. Rasanya berat kalau tidak bersedekah. Jika tanpa iman, dan dukungan penuh istri, serta saran dan nasehat dari ustadz Yusuf Mansur, mungkin kisah sedekah 30 juta tak akan pernah ada.

Begini ceritanya. Sebagai seorang muslim, tentu wajar jika ingin sekali menunaikan rukun Islam yang ke-5: Haji. Cita-citanya ingin ia laksanakan bersama istri tercintanya, Zuriati Usman. Meski jabatan adalah Pimpinan Bank Muamalat Indonesia Cabang Ambon, Maluku, tak serta merta banyak uangnya. Dia harus menabung sedikit demi sedikit. Setiap dapat rezeki ia titipkan uangnya kepada sang istri. Rasanya lama sekali menabung uang itu.
Sampai suatu ketika di tahun 2008 ia bertemu dengan ustadz Yusuf Mansur. Tukar pikiranlah ia dengan ustadz perihal niatnya pergi haji.
Saat itu ustadz Yusuf menanyakan,” Berapa tabungan haji ente sekarang?”
Salih pun menjawab,” Dua belas setengah juta rupiah Ustadz…”
“Sumbangkan saja uang ente,” kata Ustadz Yusuf. Sebuah saran yang di luar dugaan Salih. Ia menyampaikan hal itu kepada istrinya. “ Bismillah saja, Pak,” jawab istrinya spontan. Wah, jawaban istrinya membuat niat Salih bulat untuk menyedekahkan uangnya.

Akhir 2008, seseorang yang butuh bantuan itu pun datang. Salah seorang anggota keluarganya butuh dana untuk biaya pernikahan. Ibu kandungnya saat itu menyarankan, ”Tolong bantu saudaramu itu, Nak!” Perintah ibunya itu ia patuhi. Uang tabungan haji yang sudah mencapai 30 juta rupiah itu pun bulat-bulat ia sedekahkan. Setelah itu ia melupakannya…Tepatnya, ia berusaha melupakannya. Sebab, siapapun pasti keikhlasannya diuji untuk melepaskan harta yang sangat dicintainya. Banyak lagi. Jutaan. “Saya akui, ada rasa berat menyumbangkan harta sebesar itu.”

Sampai awal Januari 2009, balasan atas sedekahnya pun datang. Ia mendapatkan hadiah dari kantor pusat selaku salah satu karyawan BMI yang berprestasi. Hadiah itu: Ongkos Naik Haji Plus (ONH Plus)! “Rezeki ONH Plus itu datang tiga minggu setelah kami menyedekahkan uang 30 juta rupiah itu,” ujar Salih.

Jika dipikir-pikir, ujar Salih, terpilihnya ia sebagai karyawan berprestasi dan dapat hadiah ONH Plus, adalah hal yang musykil. “Tapi jika menurut logika, memang tidak masuk akal, tetapi kalau mengikuti keyakinan akan kuasa Allah, tidak ada yang tidak mungkin,” ujar ayah dari Ahmad Fathan Syauqi (7,5).
Insya Allah, sudah fix Ahmad Salihin dan istrinya, akan berangkat haji tahun 2010. “Hari dan tanggal keberangkatan tinggal menunggu konfirmasi dari kantor pusat (BMI),” jelas Salih saat ditelepon akhir Juli ini.

Sejak memperoleh bukti keajaiban sedekah, Salih pun tambah kenceng sedekahnya. “Pokoknya setiap dapat rezeki, saya sisihkan sebagian untuk mereka yang membutuhkan,” tuturnya. Karena keyakinan yang sudah terpateri itu, Salih kini mampu membiayai 6 anak dhuafa sekolah. Ada tiga anak dhuafa yang ia biayai untuk menempuh Sekolah Dasar, dua anak SMP, dan satu anak kuliah di sebuah perguruan tinggi di Sulawesi.

Selain itu, Salih menyantuni empat janda miskin yang tinggal di sekitar rumahnya. “Kepada kawan-kawan, saya mengajak mereka untuk rajin-rajin sedekah. Bantulah orang-orang yang tidak mampu. Saya sendiri membuktikan, sedekah tidak membuat kita kehilangan, tetapi justeru rezeki kita bertambah-tambah. Nyatanya, setelah saya rajin sedekah, dalam menghadapi persoalan terasa dimudahkan jalan keluarnya. Selain, ada perasaan bahagia di dalam hati, serta betapa rezeki menjadi datang darimana saja tanpa kita duga,” pungkas Salih. [ApikoJM


KISAH 3

KURAS ISI DOMPET DAPAT ANAK & RUMAH

pppa-3

Oleh Chamelia Purnamasari

Bak palu godam menghujam dada, saat dokter ahli kandungan memvonis Chamelia tak bakal punya anak. Tak terbayangkan dukanya, bagaimana Chamelia dan suami Mart Andreyas Supeno, jadi pasutri tanpa anak. Selama dua tahun, sejak menikah pada 2006, segala macam usaha medis dan nonmedis agar Chamelia bisa hamil, tak jua berbuah hasil. Malah ujungnya divonis, mandul. Duh!

Chamelia sempat down. Untungnya, suami selalu menghibur dan mengajak untuk selalu bersabar. “Anak itu milik Allah, kalau Allah menghendaki menitipkan anak pada kita, tidak ada yang bisa menghalangi. Yang penting kita terus berikhtiar,” hibur Mart, pria kelahiran 30 Maret 1978.
Walau sedikit menghibur, tak ayal kegundahan terus menggelayut. Bayangkan, seumur tanpa anak kandung…Walau ada yang menyarankan untuk melakukan inseminasi buatan, atau bayi tabung, sama sekali tak mengusik kenikmatan bayangan punya bayi kandung yang lahir secara normal seperti perempuan lainnya.

Saat hati sedang tidak karuan itulah, seorang teman memberi saran supaya melakukan konseling ke Wisata Hati milik Ustadz Yusuf Mansur, yang cabangnya ada di Masjid Agung Jawa Tengah. Chamelia pun bergegas ke kantor perwakilan Wisata Hati Semarang. Disana perempuan kelahiran Tegal, 13 Maret 1978, bertemu ustadz Saefudin.

Oleh ustadz Saefudin, Chamelia dan suaminya, disarankan untuk melakukan amalan sholat taubat 6 rakaat sebelum tidur, membaca istighfar sampai tidur, sholat tahajud 6 rakaat, kemudian kami tambah sholat hajat, sholat dhuha 6 rakaat, dan kami disarankan untuk melakukan sedekah sebanyak – banyaknya dan dibagi dibeberapa tempat. “Semua harus kami amalkan dengan istiqomah dan ikhlas, hanya ridho dan kasih sayang Allah yang kami harapkan. Karena kami yakin bahwa Allah Maha Berkehendak dan memiliki segalanya. Kami pasrah anak yang punya Allah, jadi kami hanya meminta dengan Allah saja itu yang kami pikir saat itu,” tutur Chamelia.

Adalah kehendak Allah subhanahu wa ta’ala juga saat Chamelia ditakdirkan bertemu dengan ustadz sedekah, Ustadz Yusuf Mansur, di bulan Januari, tahun 2008. Saat itu ustadz Yusuf Mansur diundang ceramah di Masjid Baiturrahman, Semarang. Saat itu kepada para jamaah masjid ustadz Yusuf menghimbau supaya jangan ragu-ragu menguras isi dompet untuk tujuan sedekah” Sedekahkan seluruh isi dompet kalian.” Kesempatan bertemu ustadz Yusuf tak disia-siakan oleh sepasang suami istri yang sedang dirundung duka itu. Kepada ustadz Yusuf, Chamelia memohon agar beliau mendoakan agar Allah segera memberikan kepada mereka anak. Ustadz Yusuf pun mendoakan mereka. “Yang penting ente-ente semua, jangan lupa bersedekah,” ujar ustadz Yusuf dengan gaya betawinya yang khas.

Chamelia dan suaminya pun, tanpa ragu menguras isi dompetnya. Yang tersisa hanya uang Rp 10.000, sekedar untuk jaga-jaga kalau tiba-tiba sepeda roda dua milik mereka, habis bensin atau ban bocor. Siapa sangka, semenjak peristiwa yang menguras air mata mereka itu, segala jalan cita dilempangkan. Masih di tahun 2008, tepatnya bulan Maret, Chamelia dinyatakan positif hamil. “Alhamdulillah, kebahagiaan kami tak terkira,” ujar Chamelia, yang diamini suaminya, Mart.

Neysha Fiedella Syabil, anak yang sudah ditunggu-tunggu itu, pun lahir pada 30 Nopember 2008. Duh, subhanallah, bahagianya. Balasan dari Allah, jauh sebelumnya, juga sudah diberikan, yakni pada tahun 2007, beberapa bulan setelah saran ustadz Saefudin dilaksanakan oleh pasangan suami istri itu. Balasan itu berupa kemampuan membeli tanah, dengan harga di bawah standar. Lalu pada awal 2008, Mart dan istrinya mulai sedikit demi sedikit membangun rumah. Saat kami sedang membangun pondasi rumah itulah, Chamelia dinyatakan hamil.

Bahkan, ketika pada masa kehamilan ada gejala akan ada masalah, kami sikapi dengan cepat-cepat bersedekah. Kelahiran pun akhirnya berjalan normal.
“Sampai sekarangpun kami masih belum percaya kami bisa membangun rumah sampai Rp 300juta, anak kami lahir sehat. Sekarang kami jadi ketagihan buat sedekah karena apa yang kami beri dibalas Allah SWT berlipat ganda diluar perkiraan kami,” tutur Chamelia tanpa bermaksud ria, tapi sekedar mengabarkan betapa besar nikmat Allah, yang bisa diberikan kepada siapa saja yang dikehendaki-Nya. [team daqu]

(Sumber www.pppa.or.id )

KISAH 4

MENGURAS KONTRAKAN MENDAPAT G.O.R

pppa4

Oleh Dani Hermawan

“Gila!” Begitu cibiran yang hampir tiap hari menyengat telinga Dani Hermawan. Cibiran sadis tersebut diterimanya, setelah ia mengambil keputusan drastis yang sangat tidak masuk akal bagi rasio awam.

Bagaimana tidak. Dani hanyalah seorang pekerja serabutan. Ia tinggal di rumah kontrakan di Bogor bersama seorang anak dan istri yang tengah mengandung anak kedua. Untuk makan sehari-haripun, Dani sekeluarga sangat terbantu oleh kebaikan mertuanya.

Nah, dalam kondisi begitu, Dani malah menguras isi kontrakannya. Bukannya untuk dijual buat makan dan beli susu anaknya, tapi justru disedekahkan. Pencerahan sedekah Dani dapatkan, setelah nyawanya hampir melayang di ujung putus asa. Semula, Dani Hermawan seorang supplier ayam yang cukup berjaya. Peternakannya luas, ayamnya ribuan. Mobil pengangkut ayam tiap hari keluar-masuk kandangnya. Uang setoran pun mengalir deras ke kantongnya.

Sampai kemudian, wabah flu burung menyerang. Puluhan demi puluhan ayam negeri Dani mati, sampai akhirnya ludes tak tersisa. Dani Hermawan bangkrut pada tahun 2007.  Tragisnya, hampir tidak ada sisa masa kejayaan usaha Dani. Uang yang melimpah justru membuatnya lalai untuk menyiagakan masa depan keluarga. Bahkan rumah pun mereka tak sempat punya. “Saya lalai, saya lalai,” kenang Dani sambil terisak.

Bersamaan dengan itu, Nia Kurniawati istrinya pun di-PHK dari tempat kerjanya.
Untuk melanjutkan hidup sekeluarga, Dani lalu kerja serabutan sambil “mantab” (makan tabungan) yang sedikit tersisa. Beruntung dia memiliki mertua yang baik, sehingga kebutuhan dapurnya kemudian tertalangi. Walaupun, sebagai kepala keluarga yang pernah jaya, pria ini sungguh tak enak hati hidup dalam naungan mertua.

Perasaan bersalah, malu, sekaligus khawatir, menumpuk di dada, membuat Dani Hermawan stress. Apalagi anak mereka yang kedua jelang lahir. Duit dari mana buat biayanya? Uang dari mana untuk membeli susunya? Lalu buat sekolahnya nanti bagiamana?

Masya Allah, tak kuasa menahan stress, bisikan setan pun diikutinya. Satu malam, Dani ngeloyor ke rel kereta api tak jauh dari rumahnya. Sampai di sana, dia lalu nekad membaringkan diri menyilangi salah satu rel. Ketika kupingnya menangkap deru kereta Jabotabek dari arah Jakarta, Dani segera memejamkan mata rapat-rapat. “Sebentar lagi penderitaanku akan berakhir,” batinnya, walau dibarengi rasa takut.  Wes ewes ewes, bablas keretanya. “Lho, aku kok masih hidup,” Dani kaget ketika membuka mata. Olala, ternyata kereta api lewat melalui rel satunya.

Dani lalu memejamkan mata lagi, berharap kereta berikutnya segera lewat dan melindas tubuhnya. Tapi, tunggu punya tunggu, si kereta tak datang jua. Sementara, Dani harus bersilat melawan gerombolan nyamuk yang mengerubutinya. Plak, plok, plaak . Tak tahan dingin dan nyamuk, akhirnya Dani urung bunuh diri. Dengan langkah lunglai, pulang dia ke kontrakannya.

Suatu malam berikutnya, giliran bisikan malaikat yang dia ikuti. Saat iseng menyetel TV Banten, tiba-tiba Dani terpaku pada taushiyah Ustadz Yusuf Mansur. Sang Ustadz tengah menguraikan sedekah sebagai solusi problema kehidupan.

“Sedekah akan cepat bunyi bila ditunaikan dalam keadaan kita kepepet, lagi butuh, atau sangat menyayangi harta yang akan kita sedekahkan,” kata Ustadz, yang menancap betul di benak Dani. Besoknya, dengan getol Dani mulai memburu dan melahap taushiyah Ustadz melalui radio dan televisi, juga VCD.

Melihat hobby baru suaminya, semula Nia sinis. “Aa’, yang pasti-pasti aja deh. Uang itu ya didapat dari kerja, bukan sedekah,” kata Nia yang waktu itu masih belum berbusana muslimah. “O iya, ini juga pasti Dik. Tinggal kita yakin apa enggak,” Dani mencoba sabar. Ia maklum, dalam kondisi seperti ini istrinya jadi sensi.

Namun satu sore, Dani memergoki istrinya tengah menyimak VCD The Miracle. Tampak Nia manggut-manggut, merasa mendapat pencerahan. “Iya ya A’, kita sedekahkan yang kita punya yuk,” katanya, disambut senyum Dani.
Tak tega rasanya Darmawan Setiadi, saat menjemput sedekah Dani di kontrakannya. Di bawah tatapan melompong putri Dani, Darmawan dan tim PPPA Daarul Qur’an mengangkut kulkas, televisi, tape, sampai ke handphone satu-satunya milik tuan rumah. Semua barang itu bakal dijual di PPPA Shop, hasilnya untuk membiayai program pembibitan penghafal Qur’an.

“Mas Dani, bagaimana kalau hape-nya tidak usah ikut disedekahkan. Mas Dani kan sangat memerlukannya,” bisik Darmawan kepada Dani.

“Oh, tidak Mas. Saya memang sudah meniatkan untuk disedekahkan bersama barang-barang lainnya. Doakan saja agar Allah memberi balasan yang terbaik buat kami,” jawab Dani mantap. Apa boleh buat. Sambil menahan tangis haru, Darmawan membawa semua barang sedekahan Dani. Tak ayal, kontrakan Dani langsung kosong melompong. Yang tersisa hanyalah almari kayu tua yang sudah tidak layak untuk disedekahkan sekalipun.

Almari itu bagian tengahnya bolong, tadinya untuk wadah TV. Setelah TV-nya diangkut, Az Zahra anak sulung Dani nyeletuk, “Yah, sekarang kita nonton tipinya bohong-bohongan ya?”

Dani menjawab dengan mengusap sayang kepala putranya. “Tenang, Nak, Allah Maha Kaya dan Maha Mengetahui,” katanya, ditingkahi senyum tulus sang istri.

Setelah itu, Dani dan Nia Kurniawati, menggetolkan riyadhoh. Mereka dawamkan amalan wajib, ditambah amalan sunnah Nabi seperti sholat tahajjaud, dhuha, dan puasa Senin-Kamis.

Saking rindunya pada Rasulullah SAW, Dani bahkan mulai membiasakan diri mengenakan baju gamis. Namun, mantan pengusaha peternakan ayam yang kini hobby-nya ke masjid itu, malah disalahpahami. Bahkan sebagian orang menganggapnya kurang waras.

“Dik, mengapa mereka tega mengataiku gila. Apakah orang tidak boleh berubah jadi baik,” keluh Dani Hermawan pada istrinya. “Sabarlah A’, insya Allah, Allah akan menunjukkan jalan,” Nia menghibur suaminya.

Kabar tentang “keanehan” Dani, rupanya sampai juga ke seorang pengusaha yang masih tetangganya. Suatu malam, Dani dipanggil ke rumah si pengusaha. Setelah menyimak kisah singkat perjalanan hidup Dani, pengusaha itu berkata, “Hobby-mu apa Dan?” “Badminton, Pak, tapi belakangan ini sudah jarang main lagi,” Dani tersenyum. “Ya sudah, nanti kapan-kapan kita ketemu lagi.”  Saat dipanggil kembali, Dani kaget bukan kepalang. Pengusaha tersebut menjadikannya manajer Gedung Olah Raga (GOR) badminton di Jalan Soleh Iskandar, Bogor.

Selain menyewakan gedung badminton, Dani Hermawan juga mengajar kelas bulu tangkis. Dia pun melayani les privat olahraga yang sama. Ini menjadi kekuatan GOR yang dikelolanya. “Awalnya, hanya satu klub yang menjadi pelanggan kami. Sekarang alhamdulillah, sampai harus antri kalau mau makai GOR kami,” kata Dani.

Kini, kehidupan Dani Hermawan dan istrinya bersama kedua buah hati mereka, Azzahra Putri Dani dan Juaneta Putri Dania, jauh lebih baik. Tanpa dipaksa sang suami, Nia Kurniawati sudah berbusana muslimah. Mereka sangat mensyukuri semuanya, meskipun belum memiliki rumah sendiri. (aya hasna)
(sumber buku dahsyatnya sedekah)

Demikianlah beberapa kisah pengalaman orang yang terbebas dari penderitaan penyakit atau kebangkrutan dengan bersedekah. Allah pasti membalasi sedekah yang dikerjakan dengan ikhlas sepenuh hati dengan pahala berlipat ganda. Namun banyak diantara kita yang tidak menyadari hal ini , dan memandang remeh amalan sedekah.Mudah mudahan kisah diatas dapat memotivasi kita untuk bersedekah dan membelanjakan sebagian harta kita di jalan Allah.


Popularity: unranked [?]

66 Responses to “KEKUATAN DAN KEAJAIBAN SEDEKAH”

  • rose:

    assalamualaikum,,,,,,,sya rose dari aceh,,,,,4 tahun saya merit blum punya anak,akhir 2012 saya mnjalani oprasi kista,,,,tpi smp saat ni saya blum hamil juga,,,,saya merasa blum bsa bhagiakan ortu karna saya anak perempuan satu2-y dlm klurga yg kturunan saya bgtu di hrapkan,,,,,,,mhon bimbingannya ustazd,terima kasih

    • Wa alaikum salam

      Minta tolonglah pada Allah dengan sungguh sungguh, Dialah yang menetapkan seseorang bisa punya anak atau tidak. Kasus seperti ini sudah dialami oleh beberapa Nabi seperti istri nabi Ibrahim Sarah yang sudah amat tua ia selalu berdoa agar diberi keturunan , dengan izin Allah akhjirnya ia hamil dan melahirkan Ishak.

      Demikian pula nabi Zakaria yang selalu berdoa mohon agar diberi keturunan, akhirnya ia punya keturunan disaat sudah tua dan lemah ia dikarunia seorang putra yang menjadi nabi yaitu yahya. Allah maha kuasa atas segala sesuatu, jika Dia berkehendak apapun bisa terjadi.

      Minta tolonglah dengan mengerjakan shalat malam atau dhuha sebanyak dua rakaat atau lebih. Selesai shalat berdoalah mohon agar diberikan keturunan dan anak yang saleh. Agar shalat ananda memiliki kekuatan dan dikabulkan oleh Allah, tingkatkanlah mutu shalat ananda dengan berusaha untuk mengerti dan paham setiap ayat dan kalimat yang dibaca dalam shalat. Shalat yang dikerjakan secara asala aslan tanpa mengerti apa yang dibaca tidak memeiiki energi dan kekuatan untuk menolong pelakunya. Pelajari tatacara shalat khusuk pada ebook yang saya kirim pada email ananda.

      Biasakan membaca surat Maryam setiap hari , ambil pelajaran dari kisah nabi Zakaria dan keluarga Imran pada surat Maryam tersebut. Selesai membaca surat Maryam berdoalah agar diberi keturunan sebagaimana Allah telah memberikan keturunan pada nabi Zakaria seperti yang dikisahkan dalam surat tersebut.

      Disamping itu biasakan selalu bersedekah seperti kisah yang disampaikan diatas.

  • memang sedekah itu luar biasa, subhanallah
    karena segala sesuatu di dunia adalah milik Allah
    dan apabila kita menafkahkan rejeki di jalan Allah
    maka allah akan memberikan riski bahkan sampai tidak di hisab(dihitung)

  • annnisa:

    Assalamualaikum.

    Boleh beri saya nasihat untuk mudah bertemu jodoh? Adakah pengalaman insan2 yg mudah bertemu jodoh kerana amalan sedekahnya? jika ada harap dapat dikongsikan…Sudah tiga kali lelaki yg baik dan memberi harapan pada saya akhirnya meninggalkan saya begitu saja… ya, saya tahu dan yakin jodoh itu ketetapan dari Allah… dan saya sudah pun meredhoinya… tp bukankah kita juga perlu berusaha? Saya perlukan nasihat.. dan semoga Allah memberi petunjuk buat saya melalui orang2 yg soleh… insyaAllah..

    • Wa alaikum salam

      Mintalah pertolongan Allah dengan sabar dan shalat sebagaimana yang dianjurkan dalam surat al baqarah ayat 45 dan 153. Minta tolonglah dengan mengerjakan shalat tahajud sebanyak dua rakaat atau lebih setiap hari. Selesai shalat bacalah tadabbur alfatihah untuk mendapatkan jodoh seperti yang saya kirimkan pada lampiran email ananda. Lakukan semua itu dengan tekun dan sabar.

      Saya sudah mencoba metode ini dan alhamdulilah berhasil dengan baik seperti yang saya kisahkan pada artikel “Kiat mencari jodoh yang serasi” di blog ini. Memang butuh ketekunan dan kesabaran , pilihan Allah adalah yang terbaik bagi kita.

  • muntianah:

    assalamualaikum wr wb
    saya seorang ibu yang memiliki dua putra,saya ingin kedua anak saya memiliki ilmu dunia dan akhrat,dan ilmu tersebut bermanfaat untuk dirinya keluarga dan masyarakat.apa yang has saya kerjakan

    • Wa alaikum salam

      Berdoalah pada Allah setiap selesai shalat agar anak ibu menjadi anak yang soleh dan membawa berkah bagi ibu dalam kehidupan dunia dan akhirat. Allah tidak pernah menolak doa orang yang dipanjatkan secara khusuk dan sungguh sungguh.

      Agar doa ibu mustajab sebaiknya tingkatkan mutu shalat ibu dengan berusaha untuk mengerti dan paham setiap kalimat dan ayat yang dibaca dalam shalat. Pelajari tata cara shalat khusuk pada ebook yang saya kirim pada email ibu. Shalat yang dilakukan secara asal asalan tidak memiliki kekuatan untuk mengatasi berbagai masalah yang muncul dalam kehidupan ini

  • aadi:

    ustad saya ingin bertanya gmna cara mengembalikan semangat yang hilang,,terus bagaimana cara agar kita bisa shodaqoh tanpa pamrih

    • Wa alaikum salam

      Untuk mengembalikan semangat hidup ananda, lakukanlah shalat dengan benar dan khusuk. Perbaiki mutu shalat ananda dengan berusaha untuk mengerti dan paham setiap ayat dan kalimat yang ananda ucapkan dan baca dalam shalat. Pelajari tatacara shalat klhusuk pada ebook yang saya kirim pada lampiran email ananda.

      Shalat yang dilakukan dengan benar dan khusuk akan membangkitkan energi dan kekuatan ananda menghadapi berbagai masalah. Shalat yang dilakukan secara asal asalan tidak memiliki energi dan kekuatan untuk menolong para pelakunya dari berbagai hal yang dihadapi

      Shalat yang dilakukan dengan benar dan khusuk juga akan membentuk karakter dan pribadai ananda yang kuat dan tangguh, sehingga ananda bisa bersedekah atau beramal dengan ikhlas

  • aadi:

    makasih ustad atas masukannya dan udah dikirimu tuntunan sholat

  • awaluddin syaf:

    ustasd sy sudah mencoba untuk mencari kerja yg halal tp selalu sj ada halangan ditengah jalan ustasd yg mencoba menghambat hingga saat ini sy masih nganggur adakah jln yg bisa membantu sy menuju pekerjaan tanpa praktek kkn

    • Wa alaikum salam

      Mintalah pertolongan pada Allah dengan mengerjakan shalat malam setiap hari, insya Allah Dia akan membukakan jalan bagi ananda untuk mendapatkan pelerjaan yang layak. Saya juga pernah mengalami masa sulit seperti ananda, alhamdulillah berkat mengerjakan tahajud setiap hari saya bisa lolos dari semua kesulitan dan dapat hidup secara layak sampai saat ini. Silahklan baca pengalaman saya pada artikel “Kekuatan shalat malam (1) “ diblog ini

  • kuntarto:

    Assalamualaikum wr wb.Pak ustad saya punya usaha dan setiap hari saya berusaha istiqomah untuk melaksanakan sholat dhuha memohon kepada Alloh untuk melancarkan rejeki usaha saya tapi syukur alhamdulillah sampai saat ini masih belom ada job yang mampir di usaha saya sedekah walaupun sedikit tetap saya ingin istiqomahkan sholat tahajud hanya kadang kadang soalnya pekerjaan saya saat ini terkena shift(pelu diketahui usaha saya untuk penghasilan tambahan bagi saya),dan kadang2 saya tambahin sholat hajat ,yang saya ingin dari pak ustad adakah amalan amalan tambahan yang bisa saya kerjakan agar ALLOH SWT melancarkan rejeki usaha saya,atas saran pak ustad saya ucapkan banyak banyak terimah kasih
    Wassalamualaikum wr wb

    • Wa alaikum salam
      Cara ananda dengan mengerjakan shalat dhuha dan tahajud sudah betul, namun mungkin shalatnya masih kurang sempurna. Coba tingkatkan mutu shalat ananda dengan berusaha untuk mengerti dan paham setiap ayat dan kalimat yang diucapkan dan dibaca dalam shalat. Didalam shalat ketika duduk ifthiras ada doa yang dahsyat namun diremehkan kebanyakan orang dengan membacanya secara tergesa gesa. Robbighfirli…(ya Allah ampuni aku)….warhamni (rahmati aku)….wajburni(tutupi semua keburukanku)…..dst. baca doa itub dengan sungguh sungguh dan penuh penghayatan, Insya Allah jika dikabulkan Allah ananda tidak akan ditimpa kesulitan dan ke,elaratan dalam hidup. Ingat doa ini dibaca minimal 17 kali sehari semalam setuiap shalat wajib.

      Pelajari tatacara shalat khusuk pada ebook yang saya kirim pada email ananda. Bisa ditambahkan setiap selesai tahajud atau shalat dhuha bacalah tadabbur alfatihah untuk membuka pintu rezeki seperti yang saya sampaikan pada email ananda. lakukan semua itu dengan sabar dan istiqomah. Mudah mudahan Allah membukakan pintu rahmatnya bagi ananda

  • mawar:

    Assalamualaikum wr wb
    Pak Ustad, apa yang harus saya lakukan supaya saya terbebas dari jeratan hutang hutang saya ?
    Minta petunjuk bagaimana menjalankan sholat yang khusyuk ya Ustad, terima kasih banyak.

    Wassalamualaikum wr wb

    • Wa alaikum salam

      Agar ananda terbebas dari semua beban hutang itu tingkatkanlah mutu kehidupan ananda dengan berusaha meningkatkan mutu shalat ananda. Tingkatkan mutub shalat ananda dengan berusaha untuk mengerti dan paham setiap ayat dan kalimat yang dibaca dalam shalat. Pelajari tatacara shalat khusuk pada ebook yang saya kirim pada lampiran email ananda.

      Jika ananda sudah menjalankan shalat dengan benar dan khusuk ananda akan merasakan perubahan pada pribadi ananda. Hati dan fikiran jadi tenang dan optimis menghadapi semua masalah hidup. Insya Allah, Diapun akan membukakan pintu rezeki bagi ananda dari langit dan buminya.

      Untuk membuka pintu rezeki kerjakanlah shalat malam atau dhuha sebanyak dua rakaat atau lebih, kemudian sesudah shalat bacalah tadbbur alfatihah untuk membuka pintu rezeki seperti yang saya sampaikan pada lampiran email anand. Lakukan semua itudengan sabar dan istiqomah

  • lia:

    assalamu’alaikum wr.wb ustad, saya seorang ibu rumah tangga berusia 35 tahun. saya mempunyai empat orang anak yatim, suami saya baru meninggal dua tahun yang lalu. sebelum suami meninggal saya hanya seorang ibu rumah tangga biasa, krn saya hanya tamatan sma. awalnya saya sangat bingung dan khawatir bagaimana keberlangsungan hidup kami. ibu saya menyarankan kepada saya agar mengamalkan bacaan yassin dan al waqiah setiap habis magrib, sedekah, solat dhuha dan solat tahajjud. alhmd sekarang saya sudah bekerja, punya perusahaan sendiri di bidang supplier dan kontraktor (saya tidak menyangka saya mampu, ini diluar angan saya ustad ). saya tidak menyangka bisa seperti sekarang ini ustad, penghasilan saya juga lumayan, maha besar allah. yang menjadi kekurangan saya adalah saya tidak bisa mengamalkan tahajud setiap hari, selalu terputus ustad, karena paginya saya jadi mengantuk, adakah saran dari ustad untuk saya? dan satu lagi ustad, saya sangat ceroboh dan pelupa berat. saya ingin berubah dengan lebih baik ustad. mohon saran dari ustad, wassalamu’alaikum wr wb

    • Wa alaikum salam

      Kalau belum bisa bertahajud lakukan saja shalat dhuha secara rutin, ini relatif lebih mudah karena dilakukan pagi hari antara jam 6 sampai jam 9 pagi. Kerjakan shalat dhuha sebanyak dua rakaat atau lebih terserah berapa sanggupnya. Tingkatkan mutu shalat ananda dengan berusaha untuk mengerti dan paham setiap ayat dan kalimat yang ananda baca dan jucapkan dalam shalat.

      Didalam shalat ada doa utama yang dibaca dalam duduk iftirash, baca itu dengan perlahan dan sungguh sungguh. ..rabbighfirli (ya allah ampuni aku )….warhamni(rahmati aku)…..wajjburni(tutupi semua keburukanku)…..warfa’ni(angkat derajatku)…..wahdini (bimbing dan beri aku petunjuk)…..wa’afini (sehatkan aku)…wa’fuanni(maafkan aku)….Baca doa itu perlahan dan penuh penghayatan, insya Allah sifat ceroboh dan pelupa ananda akan hilang.

      Pelajari tatacara shalat khusuk pada ebook yang saya kirim pada lampiran ananda. Shalat yang dilakukan dengan b enar dan khusuk akan membentuk kepribadian ananda yang tangguh dan kuat. Shalat yang dilakukan secara asal asalan tidak memberi pengatruh yang berarti bagi jiwa dan kehidupan seseorang.

  • HARWIN:

    Pak Ustad saya alhamdulilah selalu menjaga sholat fardu dan dan mulai melaksanakan puasa senin-kamis,setelah mendengarkan pengajian ustd.yusuf mansur kadang-kadang juga bersedekah. ko nasib saya di pekerjaan terasa g menetu padahal dulunya sangat diperhitungkan, kira-kira apa yang harus
    di lakukan?

    • Wa alaikum salam

      Pada dasarnya orang yang menjalankan shalat dengan benar dan khusuk tidak akan susah hidupnya. Karena dalam shalat ada doa utama yang dibaca pada saat duduk iftirash : Robighfirli (ya Allah ampuni aku)….warhamni(rahmati aku)….wajjburni(tutupi semua keburukanku)……warfa’ni(angkat derajatku) ……..warzukni (beri aku rezeki) …..wahdini( beri aku hidayah dan petunjuk)….wa’afini(sehatkan aku)…..wa’fuanni (maafkan aku). Jika doa itu dibaca dengan sungguh sungguh dan penuh penghayatan, apalagi dibaca 17 kali sehari semalam , niscaya doa itu dikabulkan Allah, dan kita tidak akan ditimpa kesengsaraan, kesukaran dan kemelaratan hidup.

      Sayang kebanyakan orang membaca doa ini secara asal asalan dengan tergesa gesa tanpa memahami maknanya, sehingga doa itu berlalu begitu saja, tidak dikabulkan Allah, karena itu banyak orang yang shalat tetap hidup dalam kemiskinan, kemelaratan dan ditimpa berbagai kesulitan.

      Untuk memperbaiki taraf hidup ananda, tingkatkalah mutu shalat ananda dengan berusaha untuk mengerti dan paham setiap ayat dan kalimat yang dibaca dan diucapkan dalam shalat. Pelajari tata cara shalat khusuk pada ebook yang saya kirim pada lampiran email ananda.

      Bersihkan hati dan fikiran ananda dari berbagai unsur negatif yang dapat menimbulkan berbagai kesulitan dalam hidup ananda. Fikiran dan perasaan negatif cendrung untuk menjelma kealam nyata. Bacalah tadabbur surat al fath ayat 1-4 seperti yang dicontohkan pada artikel “Khasiat dan manfaat surat al fath 1-4 “ pada blog fadhilza.com setiap selesai shalat subuh dan maghrib. Bacaan tadabbur itu akan membangkitan energi positip pada hati dan fikiran ananda, dan menghilangkan berbagai energi dan kekuatan negatif yang mengendap didalam fikiran dan perasaan ananda.

      Lakukan semua itu dengan tekun dan istiqomah, insya Allah kehidupan ananda akan berubah menjadi lebih baik.

  • bambang:

    Assalamualaikum wr wb.
    Pak Ustad saya sedang megalami permasalahan terutama kebutuhan ekonomi, sebentar lagi anak sudah masuk perkuliahan, hutang banyak,mohon diberikan pentunjuk kira-kira apa yang harus di lakukan, terima kasih banyak.

    Wassalamualaikum wr wb

    • Wa alaikum salam

      Minta tolonglah pada Allah dengan sabar dan shalat sebagaimana dianjurkan dalam surat al baqarah ayat 45 dan 153. Kerjakan shalat malam atau dhuha sebanyak dua rakaat atau lebih . Selesai shalat bacalah tadabbur surat Al fatihah untuk membuka pintu rezeki seperti yang saya sampaikan pada lampiran email ini.

      Disamping itu bacalah tadabbur surat al fath 1-4 seperti yang dicontohkan pada artikel “Khasiat dan manfaat surat al fath ayat 1-4” pada blog pondok tadabbur, setiap selesai shalat subuh dan maghrib.
      Lakukan semua itu dengan sabar dan istiqomah, insya Allah Dia akan membukakan jalan bagi bapak dalam mengatasi kesulitan tersebut.

  • Zuhry:

    assalamualaikum wr.wb
    pak ustadz saya siswa kls 3 smk 17th, saya sedang punya banyak hajat diantaranya pengen dpet pekerjaan yg bagus dan gaji’y lumayan, pengen bantu orang tua nglunasin utang2, pengen jg jd pengusaha yg sukses. dan alhamdulillah stlah sering2 denger tausiah yusuf mansur, saya sekarang sdh rutin sholat tahajud stiap malam, sholat dhuha stiap pagi, baca surat waqiah stlah subuh, sedekah sdikit2, dan qabliyah ba’diah di jaga. tp blm klihatan tanda2 yg signifikan,tl0ng bantu pak ustad!
    wasalam

  • assalaikum wr.wb
    pa ustdz ..saya hendrik…saya sdah mnikh slm 2 thun tp blm ada tnda2 istri saya hamil usaha medis pun sdah kami lakukn dan hsilx smua baik2 saja….mhon saran dan pencerahn dari ustad agr kami sllu tenng dan sabar dan ap yg hrs kmi lkukan agar Allah percaya mnitip kn amanahx
    kpda kami….saya ucapkn terimakasih…..
    wassalamualaikum wr.wb

    • Wa alaikum salam

      Mintalah pertolongan pada Allah dengan mengerjakan shalat tahajud setiap malam. Selesai shalat tahajud baca atau dengarkan surat al fatihah kemudian tadabburi seperti yang dicontohkan pada lampiran email ananda.

      Baca atau dengar surat alfatihah itu setiap selesai shalat subuh dan tadabburi setiap hari , mudah mudahan Allah mengabulkan permohonan ananda.

  • budi:

    assalamualaikum wr wb
    pak ustad, sy seorang pengusaha, Alhamdulillah sdh jalan dg baik dan lancar,
    masalahnya, ibadah sy kurang teratur, kadang sholat kadang tidak,, saat saya lama tidak sholat,begitu akan mengawali sholat lagi, terkadang sy malu pada Allah,, atas smua berkah dan rejeki yang saya terima tidak sebanding dengan sujud saya,,sy jg sdh membuktikan bahwa, sholat dan sedekah itu benar2 menolong diri qt sendiri. yang mau saya tanyakan, bagaimana bisa menjadi pribadi yang taat beribadah ? (ustad, mohon dijawab via email sy),,maturnuwun
    wassalamualaikum wr wb

    • Wa alaikum salam

      Agar kita bisa menjadi pribadi yang taat beribadah kita harus menyadari betul bahwa kehidupan dunia ini hanyalah kehidupan sementara. Tempat kita mencari bekal untuk kehidupan yang abadi di alam akhirat. Hidup didunia tidak ada artinya dibandingkan kehidupan akhirat. Perbandingannya seperti seseorang yang mencelupkan telunjuknya ke dalam air laut, maka air yang menempel ditelunjuknya itu diumpakan kehidupan dunia dan air yang ada dilautan itu diumpakan seperti kehidupan akhirat.

      Sungguh malang nasib orang yang lebih mengutamakan kehidupan dunia daripada akhirat. Kalau kita menyadsri semua ini insya Allah kita akan menjadi orang yang taat beribadah . Coba pelajari tentang 7 tahap perjalanan hidup yang akan kita lalui di blog ini . Semoga meningkatkan kesadaran betapa pentingnya mengerjakan shalat dan beribadah pada Allah.

  • erni yusnita:

    Ustadz,bgm caranya minta maaf pada orang yg sudah meninggsl dunia dan mohon petunjuk bagaimana cara shalat yang khusuk.mksh

    • Wa alaikum salam

      Kalau dosa sdengan Allah kita minta ampun padaNya . kalau dosa dengan sesama manusia kita harus minta maaf padanya, jika tidak maka ada perhitungannya dihari kiamat nanti. Doakan saja dia agar diampuni dosanya dan diterima semua amal ibadahnya semoga doa itu diperhitungkan Allah kelak dihari akhirat.

      Untuk meningkatkan mutu shalat usahakanlah agar mengerti setiap ayat dan kalmat yang diucapkan dalam shalat. Pelajhari tata cara shalat khusuk pada ebook yang saya kirim pada lampiran email ananda.

  • sinta:

    assalamualaikum wr wb
    ustadz,bagaiman caranya supaya sholat itu bisa selalu khusuk dan selalu berserah diri kepada allah dan selalu istiqomah..saya telah menikah 1 tahun lebih 2 bln ini ustad tapi belum ada tanda2 kehamilan pada diri saya.dan saya bertemu dengan suami saya sebulan sekali karena suami kerja di luar kota,bagaimana doa agar supaya doa saya bisa dikabulkan allah dan supaya suami saya bisa mendapatkan pekerjaan yg bisa satu kota dengan saya dan keluarga.
    terimakasih sebelumnya ustadz.

    • Wa alaikum salam

      Agar bisa shalat dengan khusuk usahakan agar mengerti dan paham setiap ayat dan kalimat yang dibaca dan ucapkan dalam shalat. Kita tidak mungkin khusuk kalau tidak mengerti apa yang kita baca dan ucapkan dalam shalat. Pelajari tatacara shalat khusuk pada ebook yang saya kirim pada lampiran email ananda.

      Untuk mendapatkan keturunan biasakan mentadabburi surat alfatihah untuk mendapatkan anak dan keturunan seperti yang saya sampaikan pada lampiran email ananda setiap selesai shalat subuh dan magrib. Lakukan setiap hari dengan sabar dan istiqomah, semoga Allah memberi kehidupan yang lebih baik bagi ananda .

  • hary:

    Assalamualaikum wr wb.

    Bapak Ustadz Fadhil yang saya hormati, saya (52 thn) seorang pekerja di bagian Sales & Marketing di sebuah pers asing dengan kondisi Alhamdulillah cukup lumayan. Selalu berusaha mensyukuri apa yang telah didapat dan berusaha menjalankan perintah agama sesuai kesanggupan yang dimiliki, walaupun disadari masih jauh sekali dalam hal bersedekah.
    Pekerjaan cukup menyita waktu dan sering membuat lalai untuk mengingat Allah, terkadang beban pekerjaan terasa begitu berat dalam mengejar target / dead line. Dalam saat seperti itu jiwa terasa sangat tertekan, terkadang tiada terlihat jalan yang akan ditempuh.
    Bapak Ustadz yang baik, saya membaca dengan seksama pengalaman pak Ustadz dalam menjalankan shalat malam, dan berbagai manfaat serta kebaikan yang telah diperoleh dengan rajin melakukan shalat malam. Saya menyadari itu sebuah perjuangan berat dan harus melawan kemalasan serta gangguan syaithan terkutuk. Seperti yang saya alami sendiri; begitu berat rasanya untuk bangun dipenghujung malam dan bermunajat kepada Allah, lalu sebetulnya apa kunci sukses untuk bisa rutin melakukan shalat malam ?.
    Hal kedua, saya sangat bersyukur dikarunia keturunan walaupun pada usia diatas 40 tahun, Alhamdulillah setelah itu disusul dengan kelahiran anak kedua dan ketiga. Ada satu hal yang membuat risau; tidak akan selamanya saya akan bekerja seperti saat ini. Kepengen berusaha sendiri tetapi gamang untuk memulai, walaupun latar belakang keluarga kebanyakan berusaha sendiri (wiraswasta). Merasa modal tidak cukup, mau berusaha di bidang apa?, dihantui fikiran negatif akan kegagalan. Terkadang saya berpikir apakah kekhawatiran dan ketidak-beranian ini akibat dari perbuatan dosa masa lalu yang pernah saya lakukan, saya bertaubat dan selalu memohon ampun kepada Allah, berusaha banyak banyak istghfar. Namun kemantapan dan keteguhan hati belum bisa diperoleh untuk memulai menjalankan niat tersebut.
    Pertanyaan kedua saya adalah bagaimana memperoleh kemantapan hati melalui shalat, doa dan memohon pertolongan Allah sehingga kita bisa bisa yakin dengan apa yang akan kita jalankan ? apakah ada doa khusus untuk itu.
    Demikian ungkapan hati saya dan mohon diberi pencerahan.
    Terima kasih sebelumnya.
    Wassalamualaikum wr.wb
    hary

    • Wa alaikum salam

      Untuk meningkatkan mutu kehidupan bapak, tingkatkanlah mutu shalat bapak dengan berusaha untuk mengerti dan paham setiap ayat dan kalimat yang dibaca dan diucapkan dalam shalat. Jika bapak sudah melakuikan shalat dengan khusuk dan benar insya Allah kehidupan bapak akan mengalami peningkatan kearah yang lebioh baik lagi. Pelajari tata cara shalat khusuk pada ebook yang saya kirim pada lampiran email ini.

      Untuk memperbaiki tingkat hidup bapak lakukanlah shalat malam atau shalat dhuha secara rutin setiap hari mohon pada Allah agar Dia membukakan jalan bagi kehidupan bapak. Jika bapak ingin memulai usaha sendiri, bapak harus punya tekad yang kuat, yakin akan pertolongan Allah . Tidak boleh ragu , was was dan takut gagal. Percayalah akan pertolongan Allah.

      Untuk memperkuat tekad dan semangat bapak dengarkan dan tadabburi beberapa ayat Qur’an untuk meraih sukses dan kemenangan yang saya sampaikan pada lampiran email bapak. Tadabbur ini bisa bapak lakukan kapan saja . Baiknya dilakukan setiap hari sediakan waktu khusus untuk itu . Mulai dengan melakukan shalat hajat dua rakaat untuk memperbaiki kehidupan bapak. Kemudian dengarkan ayat Qur’an yang saya sampaikan pada email bapak . Setiap selesai mendengar satu ayat tadabbur bacalah doa tadabbur seperti yang dicontohkan pada artikel tersebut. Mudah mudahan Allah membukakan jalan bagi bapak.

  • ana:

    Aslmkm wr wb

    Ustadz saya mohon doa dan nasehatnya, saya hendak menikah namun tiba2 saja keadaan berubah sebulan sebelum acara lamaran. Calon ana berubah 180 derjat. Memang hubungan kami ditentang ayah calon ana dengan alasan yg sgt duniawi. saya merasa ada pengaruh sihir ustadz, krna perubahannya begitu cepat dan sgt tdk normal sikapnya. Dia jd sgt mencintai ayahnya secara berlebihan. Saya ingin semua kembali normal ustadz, tanpa menyakiti hati ayahnya dan hati saya.Alhmdlh saya mencoba sabar, menganggap ini ujian dari Allah semata dan mulai istiqamah sholat (tahajud, dhuha dan hajat) namun keadaan belum ada yg berubah. Saya berfikir jika memang itu pengaruh sihir yg sgt kuat, apa yg hrs saya lakukan ustadz utk menghancurkan sihir tersebut? Apa hanya dengan doa mampu melawan sihir?Sementara calon ana skrg lupa dgn ana bgitu saja, demi Allah ini terlalu menyakitkan. Ana Mohon petunjuk dari ustadz.

    • Wa alaikum salam

      Masalah jodoh, rezeki, dan kematian sepenuhnya kewenangan Allah. Jika dia itu memang jodoh ananda tentu masalahnya akan jadi mudah, namun jika dia bukan jodoh ananda pasti ada saja halangan dan rintangan yang tidak memungkinkan ananda untuk bersatu.
      Mintalah kepastian pada Allah, setelah shalat tahajud atau dhuha dengarkan dan bacalah tadabbur surat Al fatihah untuk memelihara dan mendapatkan jodoh seperti yang saya kirim pada lampiran email ananda.

      Jika dia memang jodoh ananda yang akan membawa kebaikan bagi ananda dalam kehidupabn dunia dan akhirat tentu urusannya akan menjadi mudah. Namun jika dia memang bukan jodoh ananda niscaya dia akan menjauh dan sulit bagi ananda untuk bersatu. Namun demikian insya Allah Dia akan memberikan pengganti yang sesuai bagi ananda.

      Serahkanlah semua putusan pada Allah, hanya pada Allah saja orang yang beriman bertawakkal dan berserah diri. Dia selalu memperhatikan keadaan hamba hambaNya.

  • hary:

    Assalamualaikum wr wb

    Terima banyak pak Ustadz Fadhil;atas saran dan petunjuk yang telah disampaikan. Insya Allah saya akan berusaha meningkatkan kwalitas setiap shalat yang dilakukan sebagaimana nasehat pak Ustadz.
    Juga akan berusaha untuk melakukan tadabbur ayat ayat suci Al Quran seperti yang dicontohkan pada video yang disampaikan.
    Tayangan video itu juga memberi inspirasi bagi saya alangkah lebih baiknya tadabbur dilakukan didalam hati dan fikiran selama melakukan shalat ! apakah itu bisa dijadikan suatu cara untuk meningkatkan kwalitas shalat kita ?
    Terima kasih, wassalamualaikum wr.wb.

    • Wa alaikum salam

      Seharusnya dalam shalat memang demikian , hati dan fikiran fokus pada apa yang dibaca dan ucapkan didalalm shalat. Fikiran akan membayangkan apa yang diucapkan demikian pula hati merasakan apa yang dibaca. Misalnya ketika membaca ayat tentang peristiwa kiamat , bumi berguncang, bintang berguguran, air laut melimpah kedaratan….seharusnya fikiran bisa membayangkan peristiwa itu dan hati merasakan kengeriannya.

      Tadabbur Qur’an adalah salah satu cara melatih agar hati dan fikiran bisa fokus pada apa yang kita baca. Jika sudah terlatih otomatis ketika shalat hati dan fikiran kita akan fokus pada apa yang dibaca.

  • linda:

    Assalamualaikum wr wb
    ustad saya sedang mengalami masalah dengan suami dikarenakan kondisi ekonomi kami yg sedang sulit saat ini suami bekerja sendiri dikarenakan saya mengurus anak di rumah, jd penghasilan yg d dapat hanya dr satu pihak saja. selama ini saya tinggal d rumah mertua baik kpd saya akan tetapi menginginkan saya segera pindah menempati rmh kami sendiri padahal apabila kami pindah maka kami tdk memiliki biaya untuk kebutuhan sehari hari. padahal d rmh mertua ada kakak dan keluarga nya yg sdh tinggal lebih lama dan lebih mapan. karena saya kurang nyaman tinggal d rmh mertua selama hampir 3th dan lebih nyaman tinggal bersama ortu saya akhirnya saya memutuskan tinggal dgn ortu saya dan mertua saya sempat memaki saya karena saya tidak mau pulang ke rmh mertua dan suami tdk membela saya, belakangan malah suami tdk memberi nafkah dan tidak lg menanyakan kabar anak. kira2 bagaimana saya bisa menyikapi permasalahan saya ustad?

    • Wa alaikum salam

      Mintalah pertolongan pada Allah untuk mengatasi masalah tersebut, denganb mengerjakan shalat malam atau dhuha sebanyak dua rakaat atau lebih setiap hari. Setelah shalat bacalah tadabbur alfatihah untuk kerukunan rumah tangga seperti yang saya sampaikan pada lampiran email ananda. Lakukan semua itu dengan sabar dan istiqomah, sampai Allah memberikan solusi bagi masalah yang ananda hadapi.

  • Hamba Allah:

    Assalamu’alaikum pak ustad. mohon dikirimkan Pelajaran tatacara shalat khusuk ke email saya.. terima kasih

  • ety:

    ass.
    saya sarjana s1, sebelum menikah saya bekerja sebagai karyawan di instansi negara, akhirnya menikah n keluar kerja mengikuti swami, ( karna swami asli n kerja di kota lain ), setelah saya 4 tahun menjadi ibu rt, saya mempunyai keinginan kembali untuk bisa bekerja kantoran seperti dulu. sedangkan usia saya sudah 32. masih mungkinkah ?

    • Wa alaikum salam

      Bisa atau tidaknya saya tidak tahu, tapi ananda bisa saja mencoba menyampaikan lamaran pada beberapa perusahaan dikota ananda. Kalau ananda ingin bekerja karena ingin menambah penghasilan bisa saja ananda lakukan hal lain, tidak mutlak harus jadi pegawai kantoran. Ananda bisa berwiraswasta berdagang, bisnis online, dan lain sebagainya.

      Mingtalah pertolongan pada Allah dengan melakukan shalat malam atau dhuha. Untuk membuka wawasan ananda dengarkan dan baca doa tadabbur untuk membuka pintu rezeki dan rahmat sebagaimana yang saya sampaikan pada artikel “ Ayat Quran untuk membuka pintu rezeki dan pintu rahmat” di blog fadhilza.com.

  • endang rahayu:

    ass.wr.wb.
    Pa,ustad sy ingin brtanya apakah ada doa atw amal ttg kemudahan rejeki yg baik dan halal dan tebebas dr hutang piutang,doa/amal ttg anak cerdas dan lembut hati krn sy punya seoarang putra usia 4 thn sy berdoa semoga anak sy sll mnjd anak yg soleh,cerdas,dan mbjd org yg berguna utk agama keluarga dan negara,dan doa utk membahagiakan kedua orgtua sy pa ustad krn sy merasa selama ini msh sering menyusahkan dan blm bisa membantu.

  • fazza:

    Assalamualaikum
    Bapak ustad,saya mohon doa dan nasehatnya agar saya bisa membayar hutang dari yang terkecil sampai yang besar. Saya adalah seorang istri dengan dua anak…yang masih kecil dan suami saya tidak bekerja karena dia sudah mencari pekerjaan kemana2 hasilnya juga nihil. Saya bekerja seorang diri, selama 3th dipernikahan kami saya bekerja di sebuah yayasan pendidikan dengan hasil yg Alhamdullilah selalu saya syukuri…walaupun hanya cukup untuk kehidupan sehari2 aja kadang masih mencari pinjaman kesana sini…yang saya mau tanyakan saya adalah seorang mualaf… saya ingin belajar agama islam lebih dalam lagi dan saya ingin agar suami saya cepat mendapat pekerjaan dan saya bisa melunasi hutang2 saya,,,dan hidup dengan lebih baik lagi…Adakah amalan-amalan khusus yang harus saya hafal?? Saya mohon petunjuk bapak dari Ustad..

  • ROOLY:

    Kartu Kredit Bukopin adalah Kartu Kredit dengan berbagai Program Menarik & Variatif untuk kebutuhan Anda beserta Keluarga yang tidak membedakan Tingkat Bunga Transaksi Belanja maupun Penarikan Uang Tunai.

    Untuk keperluan belanja atau kebutuhan tunai, Anda dapat mengandalkan Kartu Kredit Bukopin VISA dan MASTERCARD, Kartu ini memberikan banyak kemudahan dan sekaligus keuntungan bagi Anda.

    Tingkat Bunga yang tidak membedakan transaksi belanja maupun tarik tunai Kartu Kredit Bukopin VISA dan MASTER memberikan suku bunga yang ringan dan kompetitif.
    eward program
    Setiap transaksi belanja dengan Kartu Kredit Bukopin akan mendapat poin reward yang bisa di tukar dengan hadiah menarik.

    Executive Lounge
    Bagi pemegang Kartu Kredit Bukopin Platinum, tersedia fasilitas Airport Lounge untuk menunggu penerbangan di bandara yang bekerjasama, sehingga menjadikan perjalanan Anda lebih nyaman dan menyenangkan.

    Pembayaran Melalui E-Banking & ATM Bersama.
    Pembayaran tagihan Kartu Kredit Bukopin dapat dilakukan melalui Internet Banking, seluruh ATM Bukopin, ATM CIMB Niaga, ATM BNI, ATM BII, ATM BTN dan semua ATM Bank lain yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama di seluruh Indonesia.

    Penarikan Tunai Via ATM.
    Nikmati bunga tarik tunai yang sama besarnya dengan bunga belanja. Biaya tarik tunai terendah hanya 2% atau minimal Rp.50 ribu (mana yang lebih besar).

    Bukopin One Payment.
    Fasilitas pembayaran rutin bulanan (berlaku untuk semua kartu) untuk Telkom, Speedy, PLN, Indovision, Palyja dan Aetra serta tagihan handphone pasca bayar (Tagihan pasca bayar dari operator : Telkomsel, XL, 3, Axis, Mobile-8, Esia), Top Up Pulsa (operator : Telkomsel, XL, Indosat, 3, Axis, Mobile-8 dan Esia).

    Purchase Protection Insurance.
    Secara otomatis seluruh barang yang dibeli dengan Kartu Kredit Bukopin Platinum dilindungi dari kerusakan atau kecurian dengan nilai perlindungan maksimal sebesar Rp.30 juta per barang. Perlindungan diberikan 30 hari sejak tanggal pembelian di wilayah Indonesia atau 40 hari untuk pembelian di luar negeri.

    Travel Accident Insurance.
    Pembelian tiket penerbangan dengan Kartu Kredit Bukopin, secara otomatis mendapatkan perlindungan asuransi kecelakaan, khusus untuk Kartu Kredit Bukopin Platinum perlindungan hingga Rp.4 miliar. Perlindungan diberikan sejak perjalanan ke bandara, selama di bandara, selama di pesawat dan turun dari pesawat hingga sampai di tempat tujuan.

    Travel Inconvenience Insurance.
    Sebagai pemegang Kartu Kredit Bukopin Platinum secara otomatis Anda mendapatkan perlindungan atas ketidaknyamanan yang disebabkan oleh keterlambatan penerbangan, kehilangan bagasi, keterlambatan bagasi.

    Cicilan 0%
    Manfaatkan fasilitas Cicilan Tanpa Bunga dari merchant-merchant pilihan Bank Bukopin.

    Call Center 24 Jam.
    Untuk informasi atau anda memerlukan bantuan segera, tersedia Layanan Call Center 24 Jam untuk Anda. Hubungi Halo Bukopin 14005, officer kami siap melayani Anda 24 Jam sehari, 7 hari seminggu.

    UNTUK PENGAJUAN AREA JATENG HUB CHAIRUL VIA SMS / TELP 085229348635.
    ALAMAT KANTOR JL BULUSTALAN 4 NO 418 SEMARANG.

  • evin:

    Assalamualaikum pak ustadz, mohon kirimkan saya ebook tuntunan tatacara shalat khusuk dan juga bagaimana caranya untuk mentadabbur alfatihah, terima kasih

  • neneng setiawati bte hj ahmad jarkasih:

    nama saya ibu neneng setiawati berasal dari indonesia tinggal dbrunai darussalam ikut suami sekarang sudah jadi warga brunai gaji saya dan suami dalam 30juta anak saya 4orang kuliah dua masih sekolah dasar,dan saya cita mau punya anak lagiumur tdk memungkinkan jadi saya mau minta tolong kepada yayasan yatimpiatu duapa mau mengadopsi anak anak itu mau saya bawa kebrunai untuk disekolahkan ikut dengan anak

  • komariyah:

    asslmualikum…
    saya mau tanya pak ustad, suami saya gemar sekali bersedekah…setiap gajian dia pasti bersedekah…hal tersebut merupakan hal yg luar biasa baiknya….
    yang saya tanyakan disini, apakah qt harus mensedekahkan seluruh harta kita…tanpa memiliki sedikitpun tabungan……???
    bagaimana jika anak kita tiba2 sakit, atau kita membutuhkan sesuatu yang mendadak…..,dan hal tersebut pernah saya tanyakan suami dan dia menjawab “kita kan punya ALLAH….”
    saya masih belum mengerti…apakah kita harus mensedekahkan uang kita, tanpa sedikitpun disihkan untuk menabung atau keperluan yang mendadak atau lainnya….Terimaksih, dan mohon jawabanya

  • adi:

    mohon d bls pak ustad…
    assalamualaikum …. saya pria lajang 27thn… saya sering merasa bahwa hidup ini tiada guna… saya hidup seperti orang yang tidak dianggap dan tidak bermanfaat… memang kesalahan saya dulu jarang sekali shalat sampai 8 thn lamanya dan saya juga sering berzina..apalagi onani dengan menonton film bokep sering sekali saya lakukan hingga seminggu bsa 3x dari sejak SMP hingga skrng…. akhirnya saya sadar setelah saya merasa kerja tidak pernah bener, sulit mendapat teman, rasanya klo hidup tanpa disenangi teman gak enak bnget, gak tau kenapa bnyak teman yg gak peduli ma saya…. pengen nikah tp kok rasanya jodoh jauh bnget…. hingga saat ini saya masih sering onani karna bener2 tidak kuat menahan nafsu…… meskipun sekarng tetep aja blm bsa bener2 istikomah shalat dkarenakan sering malas shalat d karenakan malas mandi wajib… saya butuh bantuannya untuk shalat mnjadi lebih khusuk dan bisa kuat menahan nafsu..

  • tia:

    Ass…pak ustad…diumur sy yg 37 ini sy dlm kebimbangan yg luar biasa jodoh sy belum ada..sebenarny kemarin ada yg mo serius..tiba2 sy ragu ragu pak..sy istikaroh keraguan itu smkin kuat..sbnrnya sy sdh lelah dlm kesendirian ini..umur sdh tdk muda lg…kenapa sy tdk bs ambil keputsan yg mantap..sy memtuskn utk tdk jalanu lg…tp dlm jeda itu tiap solat terselip nama cowo itu berhrp hati sy bs tbuka buat dia krn perasaan n hati hanya alloh yg mampu menanamkn rasa dan cinta krn dia sang pemilik hati hambanya yg mampu membolak balikkan … bbrp bln dtg cowo itu lg..rasa kaget sy berpikir kalo ini mmg jwbn doa syk kalo dia yg tbaik dr alloh sy siap menerima ketetapn alloh ..mungkin kmrn wktny lum tepat n skrg saat yg tepat…tp tnyt cowo itu dtg bwa kabar to menikah….ya haulawalakuata….semua itu kehendak alloh…skrg apa yg hrs sy lakukan agar bs ktmu jodoh yg bnr2 membuat hati sy mantap tanpa ada keraguan lg…disaat hadir seseorg lg.mohon pencerahannya pak ustad…wslm

  • tya:

    Assalamualakum..pak sy bingung dengan beban hidup sy,sy hamil dan sy mempunyai banyak cicilan yg hrs sy bayar,rmh,barang dan hutang2 lainya..tp sy jg hrs segera melunasi hutang2 sy krn sy jg harus cuti hamil,tp ko sy merasa rezeki sy makin sulit saat kehamilan ini smua orang memojokan sy,kdang sy melihat teman2 sy hampir ga pernah sholat,dunia malam,mabuk sudah biasa tp begitu mudah mendapatkan bantuan bila dilanda kesusahan,wlo sy mukan muslim yg taat sy rasa sy msi menahan diri dan mencoba menahan laranganan tp kenapa situasi sy makin sulit,sedang sodara sy yg pelit sm ortu,main brondong bgitu mudah jg mendapatkan rezki…sy smpe stres dng situasi sy sy hrs byr rmh klo ga rumah sy disita,pdhal rumah adalah harta sy satu2nya.tolong bantuan nya sy hampir putus asa…

  • I truly do look at each of the concepts you’ve got presented with your submit. These are genuinely effective and may unquestionably function. Still, the particular posts are certainly small first of all. May you please lengthen these people just a little from subsequent period? Wanted publish.

  • Reni Novianti:

    Assalamualaykum
    Pak Ustadz,afwan saya mau minta ebook sholat khusyu
    Terimakasih

  • AGUS MULYADI:

    pa ustd g mana bacan dzikir untuk saya amalkan setiap harp

  • Kia:

    Kia Slim sini untuk menginformasikan kepada publik yang membutuhkan pinjaman untuk memulai bisnis, tujuan rumah tangga, melunasi hutang buruk atau melunasi hutang Anda, membangun rumah atau untuk proyek pembangunan lainnya yang bersifat strategis. Kami memberikan pinjaman dengan suku bunga rendah 3%. Jika Anda membutuhkan pinjaman untuk semua ini tujuan lain atau untuk tujuan lain silakan hubungi email kami sekarang: kia_credit@blumail.org

  • Johnd800:

    I really like your writing style, good information, regards for putting up ggekdfccfddc

    • aguk:

      injih….pak de john, nopo matanipun jenengan mpun picek, kok ngangge keminggris…..

  • Erli:

    Assalamualaikum, ustadz saya ingin cepat mendapatkan jodoh, saya selalu sedekah demi mengharap ridho Allah. Sehabis shalat saya juga sll membaca alfatihah, Yg saya tanyakan bgaimana amalan bertadabbur dg Alfatihah yg benar spt yg ustadz katakan di komen2 sblumnya ? Mohon kirim ke email saya ustadz.. Syukron

  • Makasih Mas atas sharenya.. bermanfaat banget
    Salam kenal dari Susi – Tambang Emas

Leave a Reply

*

Fashion Stores
Translate This Page
Pondok Tadabbur
Infak, Sodaqoh Anda untuk Pondok Tadabbur bisa disampaikan melalui :

Rek Bank Mandiri
123.0097166435
a/n Fadhil Zainal Abidin.
0811151412 - fadhil_za@yahoo.co.id
PELATIHAN
facebook page

Jadwal Pelatihan Shalat Khusuk dan Tadabbur Qur'an wilayah Jabodetabek dan Sekitarnya.

Klik disini untuk keterangan lebih lanjut

HP : 0811151412

Archives
Sejak 20 Feb 2008