DZIKIR MENGINGAT ALLAH DALAM KEGIATAN SEHARI HARI

You may also like...

32 Responses

  1. yaystasa says:

    assalamualikum.wr.wbr.
    nama saya yoga anggara ..saya tinggal di cilangkap-cibinong ..depok..
    mohon maaf saya adalah orang yg punya sifat berbohong yg parah sampai saya gagal 2 x dalam rumah tangga ..
    jujur sya ingin sekali sifat bohong saya hilang permanen ..sya ingin bertobat tapi ng ada yg menuntun nya …sekarang sya dalam kebingungan luar biasa ..karena saya ingin berhenti berbohong tapi saya ng bisa ..ditambah pula sya penganguran ..apalagi sekarng sya punya istri sedang hamil n dia pula jadi kasar n ng peduli setelah saya jujur selama ini sya bohongi dia ..DEMI ALLAH ..tolong bantu saya untuk sya bertobat dan sembuhkan sifat bohong saya .. sya ng tau harus gimana lagi …terlalu banyak dosa yg sya lakukan ..sekali lagi sya mohon kepada kalian semua ..sya lakukan apa pun agar sya sembuh ..dan sya siap kerja apa pun yg penting halal ..karna selam ini uang yg saya dapat dari jln yg tak baik ..mohon sekali sya di sembuhkan tpi sya ng tau harus bayar paky apa ..trimakasih wasalam ..

    tolong hubungi saya di akun facebook saya .yaystasa lestari alamku (yaystasayoga@yahoo.co.id)

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Coba ananda perbaiki mutu shalat ananda dengan memahami setiap ayat atau kalimat yang ananda baca dalam shalat. Shalat itu jika dilakukan dengan benar dan khusuk dapat mencegah seseorang dari melakukan perbuatan keji dan mungkar. Pelajari tentang shalat khusuk di blog ini pada artikel dalam kategori “Tuntunan shalat khusuk”.

  2. bian says:

    assalamualaikum wr wb..
    Nm sy bian…sya ingin tanya..knapa ya sy sering dibuat pusing oleh org yg sangat sy cintai nmun beliau tlah mnggal 3 thun yg lalu..mksud sy,,sy slalu memikirknny..saya hanya ingin melupakannya..tp sya tidak bisa..sulit sekali…smpai2 sya sadar telah mlupakan allah swt..astagfirulloh..kalo boleh tau bagaimana dzikir atau hal yg tepat untuk mengatasi itu semua…terima kasih
    Wassalmualaikum wr wb.

    • Fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Itu termasuk wa was yang dibisikan alkhannas dari golongan jin pada diri manusia sebagaimana disebutkan dalam surat An Naas. Berlindunglah pada Allah dari bisikan itu dengan membaca surat An Naas secara khusuk dan sungguh sungguh (mengerti dan paham maknanya).

      Masa lalu tidak akan pernah kembali lagi, jangan terlalu memikirkan orang yang sudah tiada, alihkan hati dan fikiran ananda untuk selalu ingat pada Allah dimanapun ananda berada baik ketika berdiri, duduk dan berbaring. Perbanyak membaca kalimat tasbih subhanallah, alhamdulillah asmaulhusna ya malik, ya jabbar , ya rahman , ya rahim dan lain lain didalam hati . Sehingga bayangan orang yang anda cintai itu secara perlahan akan sirna berganti dengan rasa cinta dan rindu pada Allah. Barang siapa yang ingat pada Allah maka Allahpun akan ingat pula padanya .

      Syetan berusaha menghalangi manusia dari mengingat Allah dengan menimbulkan was was dan rasa cinta yang mendalam pada masalah dunia. Barang siapa yang mencintai dunia secara berlebih lebihan dia akan binasa bersama dengan hancurnya dunia itu. Cintailah Allah yang kekal abadi dan tidak pernah musnah. Insya allah hati jadi nyaman dan tentram

  3. ivan says:

    Assalamualaikum wr.wb,

    nama saya Ivan.saya muslim,umur saya 25 thn.saya mau menanyakan apakah benar ada caranya sendiri jika kita menyebut nama Allah dalam setiap hembusan nafas.apakah ada akibatnya jika kita menyebut nama allah dengan teknis pernafasan yang salah.mohon bimbinganya.

    tujuan saya yaitu saya pingin mendekatkan diri dengan ALlah SWT.

    • Fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Menyebut nama Allah atau asmaulhusna sebanyak banyaknya didalam hati ataupun dengan lisan adalah kegiatan yang banyak dianjurkan didalam al Qur’an. Ia menjadi ibadah jika dilakukan semata mata untuk mendekatkan diri pada Allah.

      Namun ada ajaran yang keliru dalam menyebut nama Allah ini, misalnya dengan membayangkan wajah guru, mengharap kehadiran khodam asma Allah, khodam malaikat, khodam jin dan lain sebagainya. Hati hati dengan paham seperti ini . Itu adalah perbuatan mempersekutukan Allah dengan sesuatu.

      Tehnik pernapasan boleh dilakukan sepanjang hanya untuk meningkatkan konsentrasi bukan untuk mendapat kekuatan yang lain. Sebutlah nama Allah semata mata untuk mendekatkan diri dan mendapat ridhoNya.

  4. asep saepullah says:

    subhanallah..

  5. Evy says:

    Assalamualaikum wr.wb.

    Nama saya Evy, umur saya 35 tahun. Saya mau menanyakan kepada Ustad, amalan apa (dzikir apa) agar hati saya tenang dan bisa merubah perilaku suami saya yang 1). Suka berbohong *secara sudah parah sekali berbohongnya* 2). Sering sekali tidak pulang *dalam 1 minggu pasti ada 3 – 4 hari tidak pulang*. 3). Selalu mementingkan kepentingan keluarga besarnya dan teman2nya daripada saya *saya selalu terabaikan*. Saya mohon dengan sangat karena saya sepertinya sudah berat sekali dengan beban masalah rumah tangga saya yg tak kunjung berakhir. Sudah 4,5 tahun seperti ini (sejak menikah). Terimakasih sebelum dan sesudahnya. Assalamualaikum wr.wb.

  6. Fadhilza says:

    Wa alaikum salam

    Untuk ketenangan hati perbanyaklah membaca kalimat tasbih subhanallah (maha suci allah) didalam hati dimanapun ananda berada. Insya Allah dengan mengingat Allah hati jadi tentram dan nyaman sebagaimana yang disebutkan Allah dalam surat Ar Ra’d ayat 28.

    Merubah watak dan perilaku suami ananda bukanlah hal yang mudah seperti membalik telapak tangan. Doakan saja semoga dia menadapat bimbingan dari Allah. Hanya Allah yang kuasa memberi hidayah dan petunjuk padanya. Kita hanya sekedar menasehati atau mengingatkannya.

    Minta tolonglah pada Allah untuk merubah perilaku suami ananda. Kerjakan shalat malam atau dhuha sebanyak dua rakaat atau lebih. Selesai shalat bacalah tadabbur alfatihah untuk kerukunan rumah tangga seperti yang saya sampaikan pada lampiran email ananda. lakukan semua nitu dengan sabar dan istiqomah, semoga Allah memberi bimbingan dan petunjuk pada suami ananda

  7. imato says:

    Assalamu’alaikum. Wr. Wb,
    Izin Copas Artikelnya untuk ngisi blog saya Pa Ustad..

  8. feni meiliana says:

    assalamu’alaikum . wr. wb.
    sekarang ini banyak kegiatan / acara dengan bertemakan tadabur alam, dengan acara ini biasanya di adakan penanaman pohon bersama dan diskusi tentang alam , yang saya ketahui dzikir itu bukan hanya dengan lisan namun dengan perbuatan dan disertai selalu ingat kepada Allah SWT.
    apakah tadabur alam itu termasuk dalam dzikir perbuatan??
    dan apa sebenarnya makna tadabur alam??
    wassalamu’alaikum. wr.wb

    • fadhilza says:

      Wa alaikum salam
      Tadabbur alam atau mengambil pelajaran dari alam semesta termasuk kegiatan dzikir sebagaimana disebutkan dalam surat Ali Imran ayat 190-191

      190. Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, 191. (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (Ali Imran 190-191)

      Dilangit dan bumi ada tanda tanda kebesaran Allah, orang yang mampu membaca semua tanda tanda itu mereka itulah orang yang berdzikir. Namun banyak manusia yang tidak mampu menangkap ayat dan tanda kebesaran Allah itu. Sehingga mereka memandang alam dan berlalu begitu saja tanpa ada meninggalkan bekas dihati mereka.

  9. sigit says:

    assalumalaikum pak usatad saya mau tanya shalat khusyu yang baik dan benar itu seperti apa sih? dan saat shalat itu bagaimana cara mengatasi pikiran saat shalat dan kusyu itu seperti apa

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Orang yang khusuk shalatnya adalah orang yang sama antara ucapan, fikiran dan hatinya didalam shalat. kalau lisannya mengatakan api, fikirannya membayangkan api dan hatinya merasakan panasnya api itu. kondisi khusuk seperti itu bisa didapatkan ketika kita berbicara dengan seseorang melalui HP.

      Untuk mencapai tingkat khusuk ini kita mutlak harus mengerti apa yang kita baca dan ucapkan dalam shalat. kalau kita tidak mengerti apa yang kita baca dan ucapkan maka kondisi khusuk tidak mungkin dicapai.

  10. sigit says:

    dan pertanyaan kedua yg dmaksud shalat sudah sampai kehati itu apa yah pak ustad dan bagaimana caranya soalnya yg saya pernah dengar klw shalat belum sampai kehati sampai ada rasanya itu masih didunia dan itu shlatnya belum sampai ke allah dan masih dibilang hablumminaas, shalat yg sesunguhnya yg benar” khusyu itu alam kita sudah beda dan shalat kita sudah sampai ke(Akhirat)dan itu yg dnamakan habluminnallah apakah itu benar atau bagaimana, mengingat sahabat nabi ketika shalat beliu digigit kalajengking sampai tidak brasa sangking khusunya beliu shalat apakah beliau shalatnya sudah sampai keakhirat sehingga digigit binatang tersebut tdk berasa soalnya saat shalat itu kita harus mematikan otak akal dan pikiran dan menghidupkan hati saat shalat dan seluruh tubuh ini akan terasa beda sangking ada rasanya saat shalat dari kulit, urat, daging, tulang, sumsum ada rasa yg bnar” gk bisa djelaskan, terimakasih pak ustad segitu z prtanyaan saya

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Yang dimaksud shalat sampai kehati itu adalah semua yang dibaca dan diucapkan dalam shalat dirasakan dihati dengan sepenuhnya. Untuk mencapai tahap mitu bisa kamu latih dengan melakukan tadabbur Qur’an. Ayat yang dibaca dirasakan bukan difikirkan. Ketika membaca surat al Qoriah rasakan betapa dahsyatnya peristiwa kiamat itu, bayangkan manusia yang panik berlarian kesana kemari, bayangkan gunung yang hancur lebur beterbangan kemana mana, rasakan kengerian saat itu.

      Seharusnya orang yang shalat hati dan fikirannya dipengaruhi sepenuhnya oleh ayat yang dibaca.

  11. Ichsanuddin says:

    Assalamu’alaikum., :)
    pak ustadz., bagaimana caranya kita dapat senantiasa menjaga ketentraman hati atas banyaknya tekanan (dihina, dicaci oleh sekeliling kita)? mohon bimbingannya pak ustadz., terima kasih., :)

  12. ani says:

    assalamualaikum wr.wb
    nama saya ani . sejak kecil saya terlahir di keluarga yg telah menganut islam tapi mereka tidak pernah menjalankan sholat . ayah saya beragama islam tapi tidak pernah sholat sama sekali tidak bisa membaca al qur an juga . ayah saya hanya berkeyakinan tentang jaman dulu dan keris keris peninggalan kakek dan pernah bilang klu hidup ini asalkan terus berbuat baik akan masuk surga gk harus sholat . aku juga gak tau bagaimana beliau bisa berpikiran begitu. aku sebagai anak yg telah disekolahlan bnyak mendapatkn ilmu agama dan alhamdulillah terus berusaha untuk rajin sholat dan ketika menyuruh ayah saya sholat . dia malah marah marah sama saya . sampai semua saudaraku mas mbak dan adik ku mengikuti perilaku ayah saya tidak pernah menjalankan sholat . tapi klu ibu ku dia juga masih rajin untuk menjalankan sholat sama seperti saya. saya juga udah berusaha untuk mengajak mereka sholat tapi malah mereka marah marah dan menjelek jelek kan ku . aku sok sholeh dan rajin lah. aku bingung dan sedih melihat keadaan keluarga yg seperti ini beda sama keluarga temenku yg ayah nya malah rajin sholat dan selalu memimpin keluarga nya untuk menjalankaan ibadah sholat. dan kadang saya juga berpikir dan gelisah sendiri bagaimana dengan keadaan keluarga ku nanti saat hari pembalasan . apakah saya juga ikut berdosa membiarkan mereka seperti ini tapi saya sudah berusaha mengingatkan dan mendoakannya agar bisa berubah ?. mohon pencerahannya. terima kasih :-)

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Kalau kamu sudah berusaha mengingatkan , kamu tidak berdosa. karena kewajiban kita hanya menyampaikan dan mengingatkan, masalah hidayah dan petunjuk sepenuhnya kewenangan Allah. tetaplah kamu istiqomah menjalankan syariat agama , mudah mudahan allah memberi hidayah pada orang tua dan saudara saudara kamu.

  13. Assalamualaikum
    Maaf, dulu saya pernah diajarin kalo dzikir itu bisa dengan cara berbuat baik
    contohnya, membuang batu besar yang ada di tengah jalan
    apakah itu benar??
    Soalnya saya ragu dengan pernyataan yang disampaikan oleh guru saya itu
    sebelumnya terimakasih banyak :)

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Jika membuang batu itu dilakukan dengan niat ikhlas karena Allah dan dimulai dengan menyebut namaNya, maka kegiatan itu sudah bisa disebut dzikir. Setiap amal dinilai tergantung niatnya. kalau membuang batu itu dilakukan tanpa menyebut nama Allah , tapi dibuang begitu saja itu tidak termasuk kegiatan dzikir. Apapun yang kita lakukan jika dilakukan dengan menyebut nama Allah sudah termasuk kegiatan dzikir. Mengendarai mobil, mau makan, memulai pekerjaan dimulai dengan mengucapkan bismillah sudah termasuk kegiatan dzikir. Karena itu dianjurkan memeulai sesgala sesuatu dengan mengucapkan bismillah agar mememiliki nilai ibadah.

    • Alhamdulillah
      Terimakasih banyak :)

  14. Sandri Wadede says:

    Misi Pak Ustadz saya mau nanya Bacaan Dzikir Sehari-Hari Apa aja ya ?
    Klo saya tidur trus kebayang Dunia Akhirat hati saya selalu Nekan untuk Pergi kesana .

  15. Assalamu’alaikum Wr Wb
    Alhamdulillah. Ustadz sudah berkenan mengingatkan agar berdzikir kpd Allah disetiap waktu
    Makasih ya Ustd,,

  16. rustinah says:

    Assalamualaikum,, saya ingin bertanya tentang kehidupan yg saya jalani sekarang,, saya seorang istri yg bekerja d luar negri,, pekerjaan saya kadang menuntut sy pergi kluar berdua sama sopir tnpa ada yg menemani karena g ada yg bisa menemani,, masallah yg sy hadapi sll salah paham dng suami sy,, suami sy sll menuduh sy yg tidak baik, padahal sy berusaha mrnelpon suami sy supaya menemani saat saya dlm prjlnn walau lwt tlpn, karena sy g mau jd fitnah, prjlnn kami mngkin mkn wktu 10,tw 15 mrnit saja,, saya sll merasa resah dan tidak nyaman dngn keadaan ini,, mohon pencerahannya terima kasih

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Hadapi masalah ini dengan sabar dan bertawakkal pada Allah, jaga diri kamu dengan selalu berdzikir mengingat nama Allah dimanapun kamu berada. Jika kamu sellau ingat pada Allah maka Allahpun selalu ingat pada kamu dan menjaga kamu dari berbagai bahaya.

      Doakan suami kamu agar Allah memberi bimbingan padanya . Kondisi kamu memang riskan sehingga menimbulkan kecurigaan dan kecemburuan dari suami kamu itu.

      kamu bisa lakukan dzikkir seperti yang dicontohkan pada artikel AKTIVITAS DZIKIR DALAM HATI diblog ini

  17. fatimah says:

    Assalamualaikum…ust, mudah2an ust selalu sehAt dalam lindungan Alloh SWT, saya mau tanya ust…bagaimana agar kita selalu berdzikir pada alloh setiap saat dan setiap keadaan…dan bagaimana memotivasi diri kita agar bisa mendawamkan dzikir terus menerus dalam kehidupan sehRi2…
    Jazakalloh khoiron sebelumnya ust…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>