KIAT MENCARI JODOH YANG SERASI

You may also like...

270 Responses

  1. Icha says:

    Assalamu’alaikum ustadz,, sungguh saya merasa terinspirasi dari kisah ustadz. Namun disini bolehkh saya mmnta sdkit pncerahan tntang msalah yg saya hadpi. Saya sudah pernah membahas ni sebelumnya dan ustadz sudah menjwabnya, terima kasih atas jwbannya ustadz. Namun masalah lain datang,, ketika kekasih saya berusaha myakinkan org tuanya. Mereka akhirnya memberikan kami kesempatan. Namun entah kenapa tiba2 org tuanya ingin menjodohkan dia dgn anak temannya. Katanya dulu sblum pnya anak, org tua kkasih saya sepakat mnjodohkan kkasih saya dgn anak temannya jika sudah besar. Padahal tahun ini dia ingin melamar saya, namun kini dia ter ombang ambing dgn kputusn org tuanya. Org tua kekasih saya sempat merestui hubungan kami. Bahkan mereka menginginkan kami segera menikah. Dengan tiba2 orag tua kekasih saya brkata akan mnjodohkn kksh sy dgn anak dr temannya. Bhkan orang tua kkasih saya sudah ada omongan sama temannya. Sekarang kami berdua sedang mencari jalan keluarnya ustadz. Kami mohon bantuan dan doanya ustadz. Terima kasih.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Apa yang dikehendaki Allah pasti terjadi, apa yang tidak dikehendakiNya mustahil terjadi. Kewajiban kita berusaha semaksimal mungkin keputusan ada ditangan Allah. Minta tolonglah pada Allah dengan mengerjakan shalat dan bersabarlah menunggu keputusanNya.

      Baca dan hayati tadabbur al Fatihah untuk menjaga dan mendapatkan jodoh seperti yang saya kirim pada lampiran email ananda. Baca setiap selesai shalat wajib, minimal setelah maghrib dan subuh. kalau bisa usahakan bisa mengerjakan shalat malam atau dhuha , baca tadabbur al fatihah tersebut setelah shalat malam dan shalat dhuha.

  2. Icha says:

    Terima kasih atas sarannya ustadz,, saya hanya bisa berdoa semoga d lembutkan hati orang tuanya. Januari kemarin hubungan saya, kkasih saya dan orang tuanya masih baik baik saja. Bhkan mereka sangat ingin brtemu saya. Saya sempat bertanya apakah saya punya kesalahan dengan orang tua kkasih saya?? Terus terang saya dan kekasih saya masih bingung dengan sikap orang tuanya?? Kami sedang mencoba komunikasi dengan org tua kkasih saya. Hanya karena mimpi smua jd masalah sperti ini. Terima kasih ustadz. Sarannya sangat membantu.

  3. Kinoy says:

    Assalamualaikum ustadz, saya seorang wanita usia 27 tahun. Saya sangat tersentuh dengan ulasan ustadz tentang mental blocking. Sungguh hal tersebut saya alami. Setiap menjalani hubungan selalu kandas dan hati saya seringkali gelisah.
    Ustadz yang dirahmati Alloh, hampir satu setengah tahun ini saya dekat dengan seorang pria berusia 40 tahun, status saat berkenalan duda dengan pekerjaan sebagai CEO di sebuah perusahaan pertambangan asing, saya menyukai dia karena dari segi agama dia banyak menuntun saya dan akhlaknya terkenal sangat baik. Setahun belakangan ini saya mengetahui jika ternyata dia memiliki beberapa orang istri yang dinikahi secara agama saja tanpa diakui di depan publik dengan alasan kontrak kerjanya melarang memiliki seorang istri. Ketika saya tanyakan dia tidak mengakuinya dan meyakinkan saya itu hanya manuver untuk menjatuhkannya padahal bukti2 sudah cukup kuat. Yang membuat saya terkejut selanjutnya adalah dia merayu saya untuk melakukan hubungan suami istri, saat saya marah besar dia mengatakan untuk tidak perlu khawatir dengan dosa zinah karena dia mempunyai amalan untuk menebus dosa tersebut yaitu melalui sholawat Ummi. Setelah saya tolak kemauannya dia memang tetap baik pada saya hanya saja dia mulai tidak konsisten dengan janjinya untuk menikah dengan saya tahun 2012 ini, dia meminta waktu sampai tahun 2014 menunggu kontrak kerjanya berakhir dan asuransinya cair, saya kembali heran karena tidak sekalipun saya menuntutnya untuk menikah dengan super mewah, bahkan saya ikhlas seandainya nikah agama lebih dulu, resepsi bisa belakangan tanpa harus glamour.
    Saya tidak habis pikir ustadz bagaimana bisa orang yang demikian mengerti agama bisa berpikiran seperti itu ustadz? Apakah yang dikatakannya tentang sholawat Ummi itu benar? Lalu menurut ustadz keputusan saya untuk meninggalkannya apakah benar, lalu bagaimana cara agar saya tidak terlalu merasa sedih dengan keputusan saya ustadz? Saya mohon masukan dan doanya Ustadz, terimakasih.
    Wassalam

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Tindakan pacar ananda mengajak melakukan zina adalah perbuatan dosa besar yang jelas dilarang dalam Qur’an. Penebusan dosa orang yang berzinah menurut Al Qur’an harus dirajam , dikubur separuh badan kemudian dilempari batu hingga tewas. Jangan main main dengan Zinah. Penebus dosa zinah dengan sholawat umi tidak ada ajarannya dalam islam, itu suatu kebohongan.

      Menganggap enteng masalah zinah menggambarkan pemahaman agamanya dangkal, sebaiknya ananda tinggalkan lelaki itu dan minta pada Allah agar diberikan jodoh yang lebih baik. Lakukan beberapa hal sebagai berikut:

      1. Tetapkan target ananda untuk menikah, setahun dua tahun atau tiga tahun lagi
      2. Tetapkan type calon suami yang ananda inginkan, silahkan tulis dalam lembaran kertas kemudian bayangkan kehadirannya dihadapan ananda,
      3. Kerjakan shalat tahajud pada akhir malam antara jam 3 sampai menjhelang subuh , Kerjakan sesanggupnya , kalau bisa penuh 11 rakaat seperti shalat taraweh yang ditutup witir, Jika tidak kuat minimal 2 rakaat ditutup wiutir 3 rakaat. Jika terasa berat bangun malam bisa diganti dengan shalat pada waktu dhuha antara jam 6 sampai jam 9 pagi.
      4. Selesai shalat tahajud atau dhuha baca tadabbur Al fatihah untuk mendapatkan jodoh seperti yang saya sampaikan pada lampiran email ananda. Ulangi membaca tadabbur al fatihah tersebut setiap selesai shalat magrib dan subuh.

      Lakukan semua itu setiap hari dengan istiqomah dan penuh keyakinan, Insya Allah Dia akan mempertemukan ananda dengan jodoh yang sesuai dan membawa keberkahan bagi ananda didunia maupun akhirat.

  4. riha says:

    Salam Pak Ustaz, saya mohon diemailkan tadabbur fatihah bg amalan mencepatkan jodoh.terima kasih atas pertolongan pak ustaz.

  5. jui says:

    assalamualaikum pak ustad, saya juga mau amalanya,saya pengen pcar saya kembali ke saya kalo memang jodoh saya maksih

  6. airien jaki says:

    Assalamu’alaikum Pak Ustad, saya juga mau amalannya ,,sekalian minta doanya biar dapet jodoh yng terbaik… terima kasih,

  7. Malika says:

    Assalamu’alaikum..
    pak ustadz, saya melakukan tahjjud dan hajat ketika saya dikenalkan dengan seorang pemuda, entah alasan apa akhirnya dia menghilang diam2 padahal dia sudah berniat untuk mendatangi orang tua saya.saya sedih, krn saya merasa dia seorang yang ‘alim tapi kok bisa seperti itu. selanjutnya seorang lelaki datang kpd saya tapi saya malah menolaknya, saya menyukai seorang pemuda yang kantorny berdekatan dengan lokasi pabrik tempat saya. saya sering melihat dia sholat disana, saya suka tapi tidak berani bicara, dia selalu menundukkan pandangan setiap kali melihat saya. Ibu2 dikomplek tempat saya tinggal, yang kenal dengan saya di mushalla malah ingin menjodohkan putra mereka dengan saya. saya bingung pak, kenapa orang yang suka, yang saya bisa melihat kebaikannya tidak menoleh sedikitpun kepada saya, sementara orang lain sibuk menjodohkan saya. sedangkan sekrang saya masih memikirkannya.

  8. Fadhil ZA says:

    Wa alaikum salam

    Jodoh, rezeki dan maut sepeuhnya kewenangan Allah. Kita tidak pernah tahu siapa jodoh kita, apa yang akan terjadi besok, kapan ajal kita, semua itu keputusannya ada ditangan Allah.

    Bertawakkal dan serahkanlah hodoh ananda pada pilihan Allah, Dia maha mengetahui apa yang paling baik buat ananda. Apa yang kita sangka baik belum tentu baik menurut Allah, demikan pula apa yang kita sanggka buruk belum tentu buruk menurut Allah. Yakinlah bahwa Allah akan mempertemukan ananda dengan jodoh yang sesuai.

    Mintalah pertolongan pada Allah dengan mengerjakan shalat hajat dan amalan seperti yang saya sampaikan pada lampiran email ananda. lakukan semua itu dengan tekun dan istiqomah. Semoga Allah menolong ananda. Amin

  9. Eka Novita sari says:

    Assalamualaikum pak ustad…
    sy eka,,
    sy minta tlg pak ustad,, kurg paham dengan pengertian tadabur alfatihah,,,
    mohon penjelasannya ustad,,, insyaallah mau diamalkn,,,
    terima kasih sebelumnya,,,

    wasalamualaikum

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Tadabbur Al Fatihah dilakukan dengan membaca surat Al fatihah secara lengkap, kemudian ditadabburi satu ayat demi satu ayat. Tadabbur tiap ayat berbeda tergantung kebutuhan. Ada untuk membuka pintu rezeki, kerukunan rumah tangga, mememelihara dan mendapatkan jodoh.

      Untuk ananda bersama ini kami kirimkan tadabbur Al Fatihah untuk memelihara dan mendapatkan jodoh, melalui lampiran email ananda .Silahkan diamalkan sesudah shalat maghrib dan subuh setiap hari.

  10. Icha says:

    Assalamu’alaikum ustadz,, saya mnta dkirim tadabur al fatihah yd dlu smpat ustad kirimkn via email tp kmdian trhapus, saya mnta dkirimkn kmbali. Terima kasih ustad,,

  11. Emailnya sudah eka terima pak ustad,,,
    terima kasih ya pak,,, bermanfaat sekali buat saya,,, :)

  12. merry says:

    Assallamualaikum Ustad,saya minta dikirimkan email tadabbur Al fatihah untuk mendapatkan jodoh, terima kasih sebelum nya.

  13. reda says:

    Asalamualaikum pak ustad.ustad,saya mhn dikirimkan taddabur AL Fatihah utk mendapatkan jdh..trmksh ustad

  14. Anto says:

    Assalamualaikum Pak Ustadz, saya laki-laki beberapa kali akan dijodohkan tapi sampai saat ini belum ada yang merasa cocok dan saya pun mencoba untuk memaksakan diri namun tetap tidak bisa juga dan pada akhirnya saya belum menemukan jodoh saya (pada dasarnya cinta tidak bisa dipaksakan).
    Mohon kirim email tadabbur Al fatihah untuk mendapatkan jodoh, terima kasih.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Silahkan dibaca kembali artikel tentang “Kiat mencari jodoh yang serasi” di blog ini , tadabbur Al Fatihahnya baru saja saya tambahkan pada artikel tersebut

  15. ummah says:

    assalamu alaikum.
    saya mohon dikirmkn taddabbur Al Fatihah nya ustadz. oia, beberapa kali saya memimpikan seorang laki2 datng melamar saya. yg jadi masalah ternyata adalagi laki2 lain juga dtg melamar tp hanya dlam mimpi. apa yg bisa saya lakukan agar mimpi itu betul2 adalah pesan bukan mimpi dari syetan, syukran

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam
      Silahkan dibaca lagi artikel tentang”Kiat mencari jodoh yang serasi” di bloig ini, Tadabbur Al Fatihahnya baru saja saya tambakan pada artikel tersebut. Silahkan di copy

  16. anna says:

    Ass wr wb pak ustad, sy janda dgn 2 anak,1 1/2 thn yg lalu sy bertemu dgn ex tmn dkt wkt smp dia sdh py kel, kami mulai membangun cita2 utk menikah (sy mjd istri ke 2)hub kami sdh ckp jauh, ternyt stlh slm 9 bln berhub tiba2 dia memutuskan utk membatalkan apa yg sdh berush kami bangun bersama, sy ‘sakit’ sekali pak, apalg dia sdh mendekatkan dirinya ke anak2 sy dan memposisikan dirinya sbg ‘ayah’nya, smp skrg sy blm bs melupakan dia krn entah kenapa sy punya 1 keyakinan dia akan kembali pada saya.sy sll shlt hajat dan tahajud utk memohon ridho allah. Menrt ustad apa yg hrs sy lakukan krn sy sgt ingin kami bisa bersatu.
    Mohon masukannya, trimakasih
    Wass

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Masalah maut, jodoh dan rezeki ketetapannya sepenuhnya ditangan Allah. Apa yang kita sangka baik belum tentu baik menurut Allah, apa yang kita sangka buruk belum tentu buruk menurut Allah. Kemampuan penglihatan, pendengaran dan daya analisa kita sangat terbatas. Kita bisa salah lihat, salah dengar dan salah pilih, percayakanlah memilihb jodoh yang sesuai pada Allah saja.

      Selesai shalat tahajud atau shalat magrib dan subuh bacalah tadabbur al Fatihah untuk mendapatkan jodoh yang serasi. Silahkan baca lagi artikel ini, tadabbur al Fatihahnya baru saja saya tambahakan pada artikel tersebut.

  17. Ida says:

    Assalamualaikum Pak Ustad…Saya Mohon dikirmkan tadabur Al fatiha nya pak ustad untuk mendapat kan jodoh..Termiah kasih pak ustad..
    Wassalam…

  18. chacha says:

    assalamualaikum pak ustad…saya baru membuka dan membaca web ini, dan saya sangat tertarik dengan mental blocking barangkali itu yang menghambat saya mendapatkan jodoh. Apakah di pelatihan pak ustad bisa dibanttu untuk membuka mental bloking saya….dan saya tertarik ikut pelatihan…

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Pada dasarnya mental blocking adalah segala perasaan dan fikiran negatif yang mengendap didalam diri tanpa kita sadari seperti pesimis, rendah diri, cemas , takut , putus harapan , buruk sangka yang berlebihan semua sifat itu akan hilang jika kita dilatih untuk selalu merasa dan berfikir positip seperti optimis, percaya diri, penuh harapan, yakin dengan pertolongan dan kekuatan Allah, merasa bahagia , aman, nyaman tidak tertekan atau stress.

      Semua itu bisa didapat dengan latihan meditasi dzikir asamaulhusna yang kami adakan setiap hari sabtu. Keterangan lebih lanjut silahkan “baca pada tautan ini “

  19. usman says:

    Assalamualaikum ustadz ana minta dikirimi tadabur Al-fatihanya USTADZ

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Tadabbur alfatihah ada untuk bermacam macam keperluan misalnya untuk mendapatkan jodoh yang serasi, membuka pintu rezeki, menghilangkan gangguan jin dan lain lain. tadabbur untuk mendapatkan jodoh yang serasi bisa dibaca dan dicopy pada bagian akhir dari artikel ini

  20. Mayanisa says:

    Assalamua’alikum..ustad..sy minta izin untuk mengamalkan taddabur alfatiha nya,sy wanita brumur 27 th,mohon doa ny ya ustadz agar dipertemukan jodoh yg telah ditetapkanNya..makasih sebelumnya,wassalam..

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Silahkan di amalkan dengan tekun dan sabar, semoga Allah mempertemukan ananda dengan jodoh yang serasi dan membawah rahmat serta berkah dalam kehidupan dunia dan akhirat.

  21. Aini says:

    Assww,
    Pak Ustadz nama saya Aini, umur saya sudah di atas 30 tahun, Pak Ustadz saya belum pernah berpacaran sekali pun , saya selalu ber doa Allah menjodohkan saya dengan seorang laki2 yang baik agamanya , Alhamdulillah Pak saya di pertemukan dengan jodoh seperti apa yang selalu saya mohon kan pada Allah. Tapi Pak Ustadz sampai saat ini dia belum juga datang utk melamar, tolong beri solusi Pak Ustadz apa yg harus saya lakukan . Pekerjaan laki -laki ini adalah pengajar agama, saya berharap dia mau segera melamar saya, saya menyukainya karena Agama nya LILLAHI TAALA.

    Terima kasih ya Pak Ustadz ,

    Wassalam Aini

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Mintalah pertolonga pada Allah dengan mengerjakan shalat dan bersabar menunggu ketetapaNya. Mintalah pertolongan pada Allah dengan mengerjakan shalat tahajud atau shalat dhuha sebanyak dua rakaat atau lebih. Selesai shalat baca tadabbur alfatihah untuk menjaga dan mendapatkan jodoh seperti yang saya kirim pada lampiran email ananda.

      Lakukan semua itu dengan tekun dan istiqomah sampai Allah memberikan jodoh yang serasi bagi ananda.

  22. Fitria says:

    Assalamu Alaikum Ustad

    Saya sudah setahun menjalani hubungan dengan seorang pria duda beranak dua sahabat lama saya, sejak bertemu saya merasa tertarik dan ingin mengenal lebih jauh karena yang terlihat saat itu adalah dia adalah sosok yang sangat sopan dll.

    setelah mengenal lebih dekat akhirnya saya sudah merasa tidak nyaman dengannya, karena setiap ada kesalahpahaman yang terjadi dia selalu mengeluarkan kata-kata kotor kepada saya, saat ini saya pengen jauh darinya ustad. setiap saya pengen jauh dia selalu mengancam akan mempermalukan diri saya dihadapan semua orang atau teman2 saya. saya sangat sedih ustad, saya berusaha untuk menjalankan shalat malam, dhuha, sedekah dll untuk memohon ampun pada Allah dan Mohon agar Allah menjauhkan saya darinya.

    Saya sudah tidak tahan lagi ustad, saya mohon pada Allah agar Allah menjawab doa-doa saya dan menggantikan seorang jodoh yang baik agama dan bisa menuntun saya.

    Mohon bantuan ustad amalan serta zikir apa yang harus saya lakukan agar saya bisa jauh darinya. fyi hubungan kami juga tidak direstui oleh orang tua saya, tetapi dia selalu memaksa saya.

    sekali lagi ustad saya mohon kiranya solusi yang terbaik untuk melanjutkan hidup saya, semoga Allah memberikan pertolongan untuk saya

    wassalamualaikum

    Fitria

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Mintalah pertolongan pada Allah dengan mengerjakan shalat dan bersabar. Shalat yang dilakukan dengan benar dan khusuk merupakan benteng yang tangguh dalam menghadapi berbagai masalah. Tingkatkan mutu shalat ananda dengan berusaha mengerti setiap kalimat yang dibaca dalam shalat. Pelajari tata cara shalat khusuk pada ebook yang saya kirim dilampiran email ananda.

      Minta pertolongan pada Allah dengan mengerjakan shalat tahajud atau dhuha sebanyak dua rakaat atau lebih. Selesai shalat baca tadabbur alfatihah untuk mendapatkan jodoh yang serasi dan membawa berkah bagi kehidupan ananda seperti yang saya kirim lewat email ananda.

      Ananda tidak perlu takut dengan ancaman laki laki itu, berlindunglah pada Allah dari ancaman dan kejahatannya. Baca tadabbur Alfatihah untuk menghadapi bahaya dan ancaman setiap selesai shalat 5 waktu, seperti yang saya kirimkan pada lampiran email ananda. . Minimal dikerjakan sesudah shalat maghrib dan subuh. Baca tadabbur itu dengan sungguh sungguh Allah pasti melindungi ananda.

      Jika dia melaksanakan ancamannya dia akan berhadapan dengan Allah. Jangan takut padanya, takutlah hanya pada Allah. Serahkan diri ananda pada Allah. Dia pasti menolong ananda.

      Disamping itu biasakan bertasbih dengan mengucapkan subhanallah didalam hati dimanapun ananda berada.

  23. annisa says:

    Assalamualaikum wr.wb
    ustadz, saya wanita brusia 21 tahun..
    saya seorang mahasiswa, selama ini saya mencintai seseorang dan brharap orang itu bisa mnjadi jodoh saya kelak..karena saya tahu dia agamanya sangat baik…
    namun kami jarang brkomunikasi…apakah mungkin bila saya mmbaca tadabur dia akan datang mendekat…trimakasih ustadz
    wasslamualaikum wr.wb

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Tidak seorangpun yang tahu siapa yang akan menjadi jodohnya kelak, itu adalah rahasia Allah. Kita hanya bisa menduga duga saja tapi tidak bisa memastikan. Karena itu mintalah pada Allah agar diberikan jodoh yang serasi dan membawa rahmat bagi kehidupan dunia dan akhirat. Berapa banyak orang yang pacaran bertahun tahun namun karena sebab yang tidak jelas tiba tiba putus dan ternyata malah jadian dengan orang yang baru dikenal hanya beberapa bulan saja. Demikianlah misteri dalam hal jodoh.

      Bacalah tadabbur alfatihah untuk menjaga dan mendapatkan jodoh seperti yang saya kirim melalui email ananda setiap selesai shalat magrib atau subuh. Jika dia memang jodoh ananda maka ia akan mendekat , namun jika dia bukan jodoh ananda insya Allah Dia akan mendatangkan yang lebih baik lagi bagi ananda. Lakukan semua itu dengan sabar dan istiqomah. Lebih serius lagi jika ananda membaca tadabbur ini setyelah selesai shalat malam atau dhuha.

  24. citra says:

    assalamualaikum pa ustad,,
    saya wanita berusia 22 tahun,, sampai sekarang saya belum menemukan jodoh,,karena saya ingin mencari pria yg sesuai dengan kriteria ortu saya..yg pendidikannya setara, keluarga berada,,bukan dari suku sunda,,..dulu saya pernah menjalani hubungan ,itu pun berakhir dikarenakan tidak sesuai kriteria ortu saya yg hanya krena beda status sosial, beda latar belakang pendidikan..padahal pria itu menurut saya baik bahkan merubah saya menjadi lebih baikk dan saya merasa bahwa pria yg saya cari2 selama ini ada di DIA..Tapi saya lebih memilih ortu krn tak setuju..dan saya berusaha untuk mencari lagi yg sesuai dengan kriteria ortu saya tapi pria yg saya dekati lebih memili yg lain,,sedangkan ada beberap pria yg mendekati saya,lagi2 tidak sesuai dengan kriteria,,say bingungg ustad,,apakah itu termasuk mental blocking,,tapi saya tidak mau melawan ortu saya,,tapi saya sedi karena ortu saya tidak pernah membahas cari org yg soleh,tanggung jwb dll malah diutamakn status pria … tolong beri saran harus bagaimana

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Dalam mencarai jodoh ada beberapa kriteria yang ditetapkan banyak orang. Yang pertama , status sosial (kedudukan, kekayaan, keturunan), dan yang kedua pemahaman agama ahlak dan kesolehannya’. Rasulullah menganjurkan kalau mencari jodoh utamakanlah kriteria yang kedua . Status sosial seperti kedudukan, kekayaan, dan kebangsawanan sewaktu waktu bisa berubah. Apalagi jika tidak diiringi dengan ahlak yang mulia ….pasti hanya akan menimbulkan penderitaan dan kesengsaraan. Status agama , ahlak dan kesolehan menjamin seseorang m,endapatkan kesejateraan hidup dunia dan akhirat. Walau[un saat ini dia dalam keadaan miskin, tidak punya jabatan….semua itu kelak bisa dicapainya dengan pemahaman agama dan kesolehan yang dimlikinya.

      Kebanyakan orang yang memilih kriteria pertama , pada umumnya berakhir dengan kekecewaa dan kesengsaraan. Kekayaan jabatan, gelar kebangsawanan yang tidakl didukung agama dan ahlak hanya menimbulkan kesombongan dan berakhir dengan kehancuan. Sedang orang yang meilih kriteria kedua umumnya hidup langgeng dan bahagia dunia dan akhirat. Hidup mereka selalu berakhir dengan happy ending.
      Sebaiknya diskusikan ini dengan orang tua ananda, namun jika dia tetap bersikeras mintalah pertolongan pada Allah dengan mengerjakan shalat dhuha sebanyak dua rakaat atau lebih. Selesai shalat baca tadabbur alfatihah untuk menjaga dan mendapatkan jodoh seperti yang saya sampaikan pada lampiran email ananda , dengan sunguh sunguh dan penuh penghayatan.

      Lakukan semua itu dengan sabar dan istiqomah, disamping itu perbanyak membaca kalimat tasbih subhanallah…asmaulhusna ya rahman…ya rahim didalam hati dimanapun ananda berada, baik ketika berdiri, duduk dan berbaring. Semoga Allah merahmati dan memberkahi hidup ananda.

  25. aceu says:

    ass.wr.wb
    pak ustadz saya sangant terinspirasi dengan kisahnya
    saya ingin berkonsultasi, sya dekat dengan seorang laki-laki tetapi masih ada hubungan keluarga dengan sya
    awalnya kami hanya melakukan tukar pendapat tapi seiring berjalannya waktu kami merasakan kenyamanan satu sama lain. Saya merasa cocok dengan pola pikirnya akhirnya kami memutuskan untuk lebih dekat lagi dan dia berusaha memberi pengertian kepada keluarga kami.
    Bagi keluarga saya menyerahkan segala sesuatunya pada saya jika saya merasa yakin keluarga sya sudah ridho hanya masalahnya ada pada keluarga dia keluarganya belum bisa setuju atas kedekatan kami dengan alasan kami masih ada hubungan keluarga
    mohon saran nya pa ustadz saya sudahmerasa cocok dengan nya namun karna permasalahan itu membuat saya dengan dia jd sering berselisih
    bagimana baiknya yg harus saya lakukan

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Bertawakal dan minta tolonglah pada Allah. Jika dia itu memang jodoh ananda tidak ada seorangpun yang bisa merintanginya, namun jika dia buka jodoh ananda ada saja masalah yang akan memutuskan hubungan ananda. Jodoh , maut dan rezeki ketetapanya ada ditangan Allah. Tidak seorangpun yang tahu dengan pasti siapa yang akan menjadi jodohnya kelak. Kita hanya bisa menduga duga.

      Disamping tetap berusaha pdkt dengan keluarganya , mintalah pertolongan pada Allah dengan mengerjakan shalat malam atau shalat duha sebanyak dua rakaat atau lebih. Selesai shalat bacalah tadabbur alfatihah untuk menjaga dan mendapatkan jodoh seperti yang saya kirim pada email ananda. Kerjakan semua itu dengan sabar dan istiqomah. Insya Allah Dia akan menolong ananda.

      Jika Dia memang jodoh ananda insya Allah urusannya jadi mudah dan diapun semakin dekat pada ananda. Jika dia bukan jodoh ananda insya Allah Dia akan menggantinya dengan yang lebih baik. Serahkan semua putusannya pada Allah, yang maha bijaksana.

  26. ajie prasetyadi says:

    assalamualaikum ustad . . .
    butuh pencerahan sedikit.
    saya sedang sayang sama seorang ukhti, tapi dia masih diantara dua pilihannya.
    terkadang dia lebih condong kepada saya tetapi terkadang dia cuek pada saya.
    akhir” ini malah dia agak ngejauhin saya.
    saya sudah berusaha shalat istikharah dan saya sering mimpiin dia.
    apa yang harus saya lakukan pa ustad?
    terima kasih . . .

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Jodoh , maut dan rezeki keputusannya ada ditangan Allah. Kita tidak pernah tahu dengan pasti siapa yang akan menjadi jodoh kita dimasa yang akan datang. Banyak orang yang pacaran bertahun tahun namun tiba tiba putus begitu saja oleh sebab yang tidak jelas, dan malah jadian dengan orang yang baru dikenalnya hanya beberapa bulan saja.

      Mintalah pertolonganpada Allah unhtuk mendapatkan jodoh yang serasi. Anda sudah melakukan shalat istikharah , mungkin shalat anda belum kuat. Coba tingkatkan mutu shalat ananda dengan berusaha untuk mengerti dan paham setiap ayat dan kalimat yang ananda ucapkan dalam shalat. Shalat yang dilakukan secara asal asalan tidak memiliki energi dan kekuatan untuk menolong dan menyelamatkan pelakunya.

      Pelajari tata cara shalat khusuk pada ebook yang saya kirim melalui email ananda. Selesai shalat hajat atau istikharah bacalah taabbur alfatihah untuk mendapatkan jodoh seperti yang terdapat pada artikel diatas. Jika dia memang jodoh ananda insya Allah dia akan bertambah dekat pada ananda , dan semua urusan jadi mudah. Namun jika dia bukan jodoh yang ditetapkan Allah niscaya dia akan menjauh, dan anda akan banyak kesulitan untuk mendekatinya. Bersabarlah , tetap lakukan kegiatan itu dengan tekun dan istiqomah , Insya Allah Dia akan menggantinya dengan wanita yang lebih baik bagi ananda

  27. alyn says:

    assalammualaikum wr wb..

    Pak ustadz… terimakasih atas pembahasannya..
    smoga ya berkah ya pak.. ammieen :)

  28. Fadhil ZA says:

    Wa alaikum salam

    Mintalah pertolongan pada Allah untuk mengatasi masalah yang ananda hadapi . Tingkatkan mutu shalat ananda dengan berusaha untuk mengerti dan paham setiap kalimat dan ayat yang dibaca dalam shalat. Shalat yang dilakukan dengan benar dan khusuk akan memperbaiki karakter ananda sehingga bisa lebih tenang dan tidak emosional. Shalat yang dilakukan secara asal asalan sekedar memenuhi kewajiba tidak memiliki energi dan kekuatan untuk menolong ananda. Pelajari tatacara shalat khusuk pada ebook yang saya kirim pada email ananda.

    Jika sudah menguasai tatacara shalat khusuk , minta tolonglah pada Allah dengan mengerjakan shalat malam atau shalat dhuha sebanyak dua rakaat atau lebih. Selesai shalat bacalah tadabbur alfatihah untuk menjaga dan mendapatkan jodoh sebagai yang saya kirim pada email ananda. Tadabbur alfatihah ini juga baik dibaca sesudah shalat subuh atau maghrib.

    Baca tadabbur alfatihah itu dengan khusuk dan penuh penghayatan hingga ananda bisa merasakan kontak batin antara ananda dengan Allah. Rasakan getaran energi yang muncul pada saat membaca tadabbur tersebut. Perhatikan cara membaca tadabbur alfatihah pada video yang ada pada artikel “Tadabbur alfatihah untuk mengatasi berbagai masalah” di blog ini.

    Jika ananda membacanya dengan khusuk dan betul betul menghayatinya , insya Allah akan terjadi kontak batin antara ananda dengan Allah sang penguasa alam semesta, yang ditandai denganmenculnya getaran didada ananda. Insya allah Dia akan mengabulkan permohonan yang ananda sampaikan dalam tadabbur tersebut.

    Lakukan semua itu dengan sabar dan tekun , jika laki laki itu memang jodoh ananda insya Allah semua urusan jadi mudah.

  29. Alyne says:

    Subhanallah, terima kasih Ustadz. Semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat-Nya kepada ustadz dan keluarga. saya akan segera mempelajari materi yang ustadz kirimkan. Luar biasa Ustadz murah hati membagi ilmunya. Alhamdulillah, saya sangat beruntung menemukan web ini.

    • mishad says:

      asslamunglaikum uztand,,! saya ada sedikit problem dengan jodoh saya, saya orangnya pemalu apalagi klau urusan perempuan, memang ada seorang perempuan yang saya harapkan menjadi jodoh saya, kembali lgi dengan masalah saya yang pemalu & sulitnya kita bisa bertemu dan berkomunikasi,,! tolong pak uztand solusinya ya.. sebelum dan sesudahnya terimakasih..
      buat temen yang berkeinginan silaturohim sma sya bsa di 085391952250.

    • mishad says:

      aslamunglaikum uztand,,! saya ada sedikit problem dengan jodoh saya, saya orangnya pemalu apalagi klau urusan perempuan, memang ada seorang perempuan yang saya harapkan menjadi jodoh saya, tlong ya pak ustand saranya, terimakasih,,buat temen yang berkeinginan silaturohim sma sya bsa di 085391952250.

  30. Harry says:

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Yth, Pak Ustad,

    saya, laki – laki 29 tahun, tertarik dengan seorang gadis (26 tahun) yang masih adik kelas saya selama kuliah karena sholatnya baik, keluarga baik-baik, cantik, pendidikannya setara dengan saya, dan tempat kerjanya pun dengan kantor saya.

    Setahun yang lalu, saya juga mendekaati dia, namun tidak sempat menyatakan perasaan cinta. Setelah waktu berlalu, saya coba untuk menjalin hubungan kembali karena memang perasaan saya masih seperti yang dulu.

    Dua minggu yang lalu, saya menyatakan suka dan cinta kepada gadis tersebut, serta saya menyatakan keseriusan saya untuk melangkah ke jenjang pernikahan. Dia sangat menanyakan keseriusan saya, namun demikian dia tidak dapat menjawab peryataan cinta saya karena menunggu persetujuan dari Bapak dan Ibu-nya. Saya sangat senang dengan respon dia tersebut, karena pada dasarnya saya sangat mengagungkan Birrul Walidain, Cinta Orang Tua, khususnya untuk urusan perjodohan ini.

    Apakah yang harus saya lakukan pak Ustad?
    Bolehkan saya berdoa supaya Allah memberikan kecondongan dia dan Orang tuanya untuk menerima saya dalam keluarganya.
    Orang Tua saya pun sudah mendengar hal ini dan orang tua saya cukup mendukung.
    kalaupun sampai saat ini tidak ada jawaban dari dia dan orangtua-nya, apakah saya harus menunggu?

    InsyaAllah saya akan mengamalkan tadabbur Al Fatihah seperti yang Pak Ustad ajarkan.

    Terima kasih pak UStad,

    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam
      Jika ananda memang sangat berminat menjadikan dia sebagai pendamping ananda , mintalah pada Allah dengan mengerjakan shalat tahajud pada sepertiga malam terakhir, kira kira antara jam 3.00 sampai menjelang subuh. Kerjakan tahajud dua rakaat atau lebih. Selesai tahajud bacalah tadabbur alfatihah seperti yang dicontohkan pada artikel ini.

      Ketika mentadabburi ayat “Iyyaka na’budu waiyyaka nastain” bisa ditambahkan doa :” Ya Allah jika dia ( sebutkan namanya) baik bagi agama dan masa depan hamba , jadikan dia sebagai pendamping hamba. Bukakan dan mudahkan bagi kami jalan untuk menuju jenjang pernikahan “ . Insya Allah jika dia memang wanita yang ditakdirkan Allah semua urusan akan menjadi mudah.

      Kerjakan semua itu dengan tekun dan istiqomah, mudah mudahan Allah membukakanh hatinya dan keluarganya untuk menerima ananda sebagai suaminya.

  31. Watimurni says:

    Aslkum ustz. Sy wati berusia 27 tahun, belum menemukan jodoh. Terkadang sy perpikir malu terhadap semua org, keluarga krn blm dapat jodoh atw suami. Saya seorang guru, tp kok susah x cari pendamping hidup.bahkan pacar pun tidak ada. Mohon usstdz beri saya kata inspirasi atau masukk2kan serta doa2 agr mudah dapat jodoh..tadabur alfatihanya juga kirim gmn cara melakukannya.tks ustz

  32. Wati says:

    Aslkum ustz. Sy wati berusia 27 tahun, belum menemukan jodoh. Terkadang sy perpikir malu terhadap semua org, keluarga krn blm dapat jodoh atw suami. Saya seorang guru, tp kok susah x cari pendamping hidup.bahkan pacar pun tidak ada. Mohon usstdz beri saya kata inspirasi atau masukk2kan serta doa2 agr mudah dapat jodoh..tadabur alfatihanya juga kirim gmn cara melakukannya.tks ustz

    • Fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Mintalah pertolongan pada Allah. Dalam surat Al mukmin ayat 60 Allah mengingatkan , mintalah padaKu akan Kuberi. Allah maha kuat dan maha kuasa untuk menolong dan memperkenankan doa orang yang meminta padaNya.
      Minta tolonglah dengan mengerjakan shalat dan bersabar, sebagaimana disebutkan dalam surat Al Baqarah ayat 45.

      Agar shalat ananda berarti dan dapat menolong ananda mengatasi berbagai masalah dan problem, tingkatkan mutu shalat ananda dengan berusaha untuk mengerti dan paham setiap ayat dan kalimat yang dibaca dalam shalat. Shalat yang dikerjakan secara asal asalan tanpa mengerti maksud ayat yang dibaca , hanya akan sia sia saja. Tidak banyak memberi manfaat bagi pelakunya. Pelajari tatacara sholat khusuk pada ebook yang saya kirim pada lampiran email ananda.

      Untuk mendapatkan jodoh yang serasi minta tolonglah pada Allah dengan mengerjakan shalat malam atau shalat dhuha sebanyak dua rakaat atau lebih. Selesai shalat bacalah tadabbur alfatihah untuk mendapatkan jodoh seperti yang ada pada artikel ini. Tadabbur tersebut boleh juga dibaca setiap selesai shalat maghrib atau subuh. Lakukan semua itu dengan sabar dan istiqomah. Insya Allah Dia akan memberikan jodoh yang serasi dan membawa berkah bagi ananda dalam kehidupan dunia dan akhirat.

  33. indah says:

    ass.wr.wb
    pak ustad sy sudah membaca semua testimoni yang ada di blog ini ,
    mhn maaf apabila tidak merepotkan bolehkah saya minta untuk dikirimkan
    tadabbur alfatihah , trima kasih pak wass ,

  34. Rina says:

    Assalamualaikum wwb, Pak Ustad…
    Saya Mohon dikirimikan tadabur Al fatihahnya pak ustad untuk mendapat kan jodoh yang yang cocok. Terima kasih pak ustad..
    Wassalam…

  35. Eli says:

    Salam… Ustadz, saya mohon dikirimkan tadabur Al Fatihah untuk mendapat jodoh dan rezeki(pekerjaan) yang baik beserta tata cara shalat khusyuk. Terima kasih..

  36. nene says:

    Assalamu’alaikum ustadz… sy seorang janda usia 33 th, 1 anak, bulan lalu saya diperkenalkan dengan seorang duda 3 anak oleh teman dg maksud menjodohkan kami… awalnya sbelum bertemu dia intens menghubungi saya, tp setelah bertemu dia berubah, tp kl saya sms dia lgsg telp saya, kl saya telp dia juga akan langsung callback dan ngobrol baik2, seperti tidak ada masalah antara kami.. saya mendapat info dr teman yg memperkenalkan kami bahwa anaknya yg tertua yg saat ini SMA tidak setuju kalo papanya menikah lagi… apa yg hrs saya lakukan ustadz..? Saya tertarik pada beliau krn d mata saya dia pria yg bertanggung jawab dan sangat menyayangi anak2nya… usianya terpaut 11 th lebih tua dr saya… trima kasih ustadz sebelumnya… jazakallah khoiron katsiir… wassalamu’alaikum

    • Fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Allah menjadikan manusia berpasang pasangan, namun demikian kita tidak pernah tahu dengan pasti , siapa yang akan menjadi jodoh kita. Kita hanya bisa menduga duga saja. Karena itu mintalah pertolongan dan kepastian pada Allah , hanya dia yang tahu siapa yang akan jadi jodoh kita kelak.

      Minta tolonglah pada Allah dengan mengerjakan shalat malam atau shalat dhuha sebanyak dua rakaat atau lebih. Setelah shalat bacalah tadabbur alfatihah untuk memelihara dan mendapatkan jodoh sebagaimana yang saya kirim pada lampiran email ananda. Insya Allah jika lelaki itu memang jodoh ananda hubungan ananda akan berjalan dengan mulus dan lancar. Namun jika dia bukan jodoh ananda maka ia akan menjauh dan insya Allah Dia akan menggantinya dengan yang lebih baik.

      Lakukan semua itu dengan tekun dan istiqomah. Agar shalat ananda memiliki kekuatan dan dapat memberikan solusi bagi berbagai masalah yang ananda hadapi, tingkatkan mutu shalat ananda dengan berusaha untuk mengerti dan paham setiap ayat dan kalimat yang dibaca dalam shalat. Lakukan shalat dengan benar dan khusuk, insya Allah Dia akan memberi kemudahan bagi ananda mengatasi berbagai masalah. Pelajari tata cara shalat khusuk pada ebook yang saya kirim pada lampiran email ananda.

  37. harist says:

    Assalamualaikum,
    Ustadz saya mohon ijin untuk mengamalkan tadabur al fatihanya. hatur nuhun

  38. ayuningtias says:

    Assalamu’alaikum ustad,
    Ustad maaf ayu mengganggu ustad, ust aku sdg mempunyai masalah, aku mempunyai calon suami, kami sdh menjalin hubungan setahun ini, kami menjalani ini dg hubungan jarak jauh, aq dijakarta n dia di jogja, dia sdg bkerja dijogja, pihak keluargaku sangat senang sekali dg calonku ini, aq jg sudah diperkenalkan dg orangtuanya,orgtuanya tinggal dipurwokerto, purwokerto jg tmpat nenek n kakekku tinggal,kbtln rumahnya tidak jauh dr tmpat mbahku ust, tp ust pihak keluarga dr calonku ini lom merestui kami, bapak dr calonku meminta calonku untuk mengakhiri hub kami,dg alsan calonku ini srh cari yg dekat saja, bpknya sdh sepuh,jd Kl besan bpk G bs dtg, mmg ortuku dijakarta, krlgku G mempermasalahkan jarak kl toh nntinya aq menikah disana, msh ad rumah mbah, aqpun jg tidak prnh meminta apapun yg memberatkan mrk, aq hnya ingin sah ust.aq G perlu kemewahan, aq hny ingin ibadah,calonku ttp brusha meyakinkan mrk, tp bpkny ttp kekeuh, n it mmbuat hati calonku ini bimbang, n ortuku syok mendengar it, aq br skali2nya melihat bpkku mnangis ustd saat shalat tahajud,aq G tau ust apa kesalahanku, knp beliau tdk stuju dgku? Ustad ap yg hrus aku lakukan, aq G ingin menyerah ustd,aq ingin berjuang mndapatkan restu mrk,aq ingin ksn bertemu krluarganya untuk meminta restu,tp calonku ini takut ustd,tkut kl menyakiti aq, ap yg harus aq n calonku lakukan ustd untuk meluluhkan hati mrk? Aq mohon doanya ustad, agar permasalahan ini dberi jalan yg terbaik n bisa meluluhkan hati mrk…mohon balasannya ust. n mohon pencerahannya.Terimakasih.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Hidup ini memang penuh masalah yang kadang kadang terlihat rumit tidak bisa diselesaikan, namun bagi Allah tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan. Dalam surat at thalaq ayat 2dan 3 Allah menyatakan barang siapa yang bertakwa dan bertawakkal padaNya maka Allah akan memberinya jalan keluar dari setiap kesulitan dan memberinya rezeki dari tempat yang tidak pernah disangka
      .
      Dalam hal ini minta tolonglah pada Allah dengan sabar dan mengerjakan shalat. Minta tolonglah pada Allah dengan mengerjakan shalat malam atau dhuha sebanyak dua rakaat atau lebih. Selesai shalat baca tadabbur alfatihah untuk memelihara dan mendapatkan jodoh seperti yang saya kirim pada lampiran email ananda. Lakukan semua itu denga sabar dan tekun setiap hari sampai Allah memberi keputusan yang jelas tentang hubungan ananda.
      Insya Allah jika lelaki itu memang jodoh ananda semua urusan akan berjalan dengan mudah, namun jika dia bukan jodoh ananda maka ia akan menjauh dan insya Allah Dia Allah akan menggantinya dengan yang lebih baik lagi. Allah selalu memperhatikan keadaan hamba hambaNya dan Dia lebih tahu apa yang paling baik bagi kita.

      Agar shalat ananda memiliki kekuatan , tingkatkanlah mutu shalat ananda dengan berusaha untuk mengerti dan paham setiap ayat dan kalimat yang ananda baca didalam shalat. Shalat yang dilakukan secara asal asalan tidakn memiliki eneegi dan kekuatan untuk menolong orang yang melakukan shalat itu. Pelajari tatacara shalat khusuk pada ebook yang saya kirim pada email ananda.

  39. dien4 says:

    Assalamualaikum. Ustad saya punya masalah, orang tua saya menginginkan saya segera menikah, tapi sampai saat ini, saya masih belum menemukan seseorang yang bisa klik dengan hati saya dan orang tua saya,kalaupun ada seseorang yang menginginkan selalu berbalik orang tua masih belum bisa menerimanya(tidak stuju dgn pilihan saya).RidhoAllahu waridhol walidain itu yg jadi dasar saya melepasnya. tapi selalu begitu terus2n,, mohon solusi dan juga kalo berkenan mhon petunjuk dikirim tadabbur alfatihah untuk mendapatkan jodoh yang sholeh dan selain terbaik buad saya terbaik buad orang tua juga. Trimakasih ustad…

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Mintalah pertolongan pada Allah dengan sungguh sungguh. Kerjakan shalat tahajud atau dhuha setiap hari sebanyak dua rakaat atau lebih. Selesai shalat tahjud atau dhuha baca tadabbur alfatihah untuk memelihara dan mendapatkan jodoh seperti yang saya lampirkan pada email ananda.

      Lakukan semua itu dengan sabar , tekun dan istiqomah hingga Allah memberikan jodoh yang serasi bagi ananda.

  40. vina says:

    assalamualaikum.. Ust sy minta pencerahan dari masalah sy ini, usia sy sdh 29 th tp blm jg berumah tangga sbnrnya sy jg ingin dpt segera berkeluarga apalg sy sdh didahului oleh adik sy rasanya sedih tp sy ikhlas krn maut ,rezeki dan jodoh sdh di atur ALLAH, setiap kali ibu sy menanyakan kpn sy menyusul adik dlm hati sy menangis krn blm bs memberi jwbn pasti sy cma bs bilang ke ibu “insyALLAH secepatnya mhn di doakan saja”. Setahun yg lalu sy dikenalkan ipar sy dg teman kerjanya tp hub kami cma lewat telp krn beda kota, meskipun kami blm pernah ketemu tp hati sy sdh merasa “klik” dg dia tp beberapa bulan ini sy kehlngan kontak dg dia sy sdh tanya ke ipar sy tentang kabar dia tp jawabannya tdk bs menenangkan hati sy, krn adik sy sdh berkeluarga jd tdk tinggal di barak jd agak susah ketemu meskipun kerja di lingkungan yg sama krn tugasnya kadang beda (TNI AD) ust apa yg hrs sy lakukan krn sy wanita langkah sy terbatas sy hanya bs berdoa setiap shalat fardhu, tahajjud dan dhuha.sy jg melakukan puasa sunah utk mencari ridho ALLAH bukan bermksd riya tp hanya ini yg bs sy lakukan tanpa melakukan usaha fisik..apa sy hanya menunggu agar doa sy di ijabah bukankah ALLAH berfirman tdk akan merubah nasib seseorg jika seseorg tdk mau berusaha (mf klo salah) terimakasih ust seblmnya wassalamualaikum..

    • Fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Untuk mengatasi masalah ananda minta tolonglah pada Allah dengan sabar dan mengerjakan shalat. Lakukan shalat dengan benar dan khusuk, tingkatkan mutu shalat ananda dengan berusaha untuk mengerti dan paham setiap ayat dan kalimat yang dibaca dalam shalat.

      Shalat yang dilakukan secara asal asalan tanpa mengerti maksud dan makna ayat yang dibaca , tidak memiliki energi dan kekuatan untuk menolong pelakunya. Shalat yang dilakukan dengan benar dan khusuk akan membangkitkan energi dan kekuatan positip pada diri ananda. Pelajari tatacara shalat khusuk pada ebook yang saya kirim pada lampiran email ananda.

      Untuk mendapatkan jodoh yang serasi lakukanlah shalat tahajud atau shalat dhuha sebanyak dua rakaat atau lebih setiap hari , selesai shalat bacalah tadabbur alfatihah untuk mendapatkan jodoh seperti yang saya kirim pada lampiran email ananda. Lakukan semua itu dengan tekun dan istiqomah.

      Shalat dan tadabbur yang ananda lakukan sudah merupakan usaha nyata dari diri ananda, Insya Allah Dia akan menolong ananda memenuhi apa yang ananda inginkan.

  41. sila says:

    Assalamu’alaikum…

    Ustad saya juga mau dikirimi tadabur Al-fatihanya. sukron katsir.

  42. Caraka Seasanti says:

    Assalamu’alaikum Pak Ustad, saya juga mau amalannya ,,sekalian minta doanya biar dapet jodoh yng terbaik… terima kasih,

  43. mahbubah says:

    Pa ustad aku juga mau dongg amalan nya.. Aku usia 28 thn tp masih aja sendiri mau cepat ketemu jodoh yg di ridhoi الله… Makasih ustad atas waktu nya

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Untuk amalan tadabbur alfatihah memelihara dan mendapatkan jodoh silahkan lakukan sesuai petunjuk pada bagian akhir artikel ini. Silahkan dicopy tadabbur alfatihahnya baca tadabburnya dengan khusuk dan penuh penghayatan. Insya Allah Dia menolong ananda

  44. Messi says:

    Assalamu’alaikum wr.wb pak ustad, pak saya mau donk dikirimin amalannya via email, agar allah menyatukan hubungan qu dengan mantan qu ke pelaminan.
    trimaksh pak ustad. Wasalamualaikum wr.wb

  45. Elan says:

    Ass.wwb.Pak ustad,izinkan saya mau menyampaikan dan sekalian minta jalan apa yang selama ini saya hadapi dengan sahabat dekat saya.
    saya bekerja di sebuah pelayanan kesehatan yang cukup ternama dengan gaji yang Alhamdulillah cukup,selama ini saya punya teman wanita yang sudah sekian lama belum mendapat jodoh, dan dia selalu berusaha tapi belum ada yang mampir satupun, dia cukup cantik dan mulus. sehari-harinya dia itu selalu meminta merengek-rengek saya tolong untuk dicarikan seseorang untuk suaminya, tak peduli siapapun asal sayang sama dia, saya sudah anjurkan bermunazat ke Allah swt juga sudah dia lakukan, yang jadi masalah dia itu agak pemalu dan takut pada pria yang belum dia kenal kadang sampai mukanya pucat kalau di dekati pria walau hanya sekedar ngobrol biasa.
    Barangkali pak ustad dapat memberikan arahan kepada kami agar teman saya ini dimudahkan jodohnya dari Allah swt, umur dia sudah masuk 38 tahun sekarang anak paling besar dari 5 bersaudara.
    Terima kasih pak usatd atas pencerahan yg akan dili,pahkan kepada kami.

    • Fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Sarankan padanya untuk mengerjakan shalat tahajud atau shalat dhuha sebanyak dua rakaat atau lebih setiap hari. Bisa dipilih tahajud saja atau dhuha saja pilih mana yang paling mungkin dikerjakan setiap hari. Selesai shalat baca tadabbur alfatihah untuk memelihara dan mandapatkan jodoh sebagaimana yang saya sampaian lewat email ananda.

      Lakukan semua itu dengan sabar dan istiqomah, insya Allah Dia akan memilihkan jodoh yang sesuai baginya.

  46. Sandy says:

    Assalamu’alaikum wr.wb
    pak ustad,
    saya minta di ijasahkan amalan tadabbur Al-fatihanya via email, agar Allah SWT mempertemukan dengan jodoh saya. Karena Alhamdulillah secara finansial Allah SWT sudah mencukupkan rezeki saya. Cuma Jodoh saja yang belum Allah bukakan buat saya. semoga dengan barokah amalan tadabbur Al-Fatiha. Allah akan mempertemukan jodoh saya.aminnn
    trimaksh pak ustad. Wasalamualaikum wr.wb

    • Fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Untuk mendapatkan jodoh yang serasi dan membawah berkah dalam kehidupan dunia akhirat, mintalah pertolongan pada Allah. Kerjakan shalat malam atau shalat dhuha sebanyak dua rakaat atau lebih setiap hari. Kerjakan mana yang bisa dikerjakan. Selesai shalat bacalah tadabbur alfatihah untuk memelihara dan mendapatkan jodoh sebagaimana yang saya kkirim pada lampiran email ananda. Lakjukan semuan itu dengan sabar dan istiqomah, Insya Allah Dia akan mempertemukan ananda dengan jodoh yang membawa rahmat dan berkah bagi ananda dalam kehidupan dunia dan akhirat.

  47. silver says:

    ass pak ustad, saya mohon untuk dijelaskan tatacara pengamalan tadabbur al fatihah, tolong dikirim via email ya pak..Lebih dr 15 th sy mencari jodoh tapi belum ketemu juga, sampai usia sy skr kepala 4…org lain tidak tau masalah yg sy hadapi krn sy bersikap biasa di depan org lain, tp kalo lg sendiri…tiap malam sy nangis pak ustad, mohon Allah menyegerakan sy bertemu jodoh..Sy bersemangat lagi saat membaca tulisan pak ustad ini. Mohon pencerahannya pak, terimakasih

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Mintalah pertolongan pada Allah dengan mengerjakan shalat malam sebanyak dua rakaat atau lebih setiap hari. Selesai shalat bacalah tadabbur alfatihah untuk mendapatkan jodoh seperti yang saya kirimkan pada lampiran email ananda. Lakukan semua itu dengansabar dan istiqomah.

      Baca tadabbur tersebut dengan sungguh sunguh dan penuh penghayatan, jangan ada keraguan didalam hati.Allah telah menjadikan segala sesuatu berpasang pasangan. Insya Allah Dia akan mempertemukan ananda dengan jodoh yang sesuai dan serasi.

  48. Rina says:

    Assalamu’alaikum wr.wb

    p.ustad saya mohon doa & pencerahanya saya berumur 22 tahun saya sudah menjalin hubungan dengan pacar saya selama 7 th .dulu dia pernah mengajak menikah tapi sy blum siap karna harus kuliah juga ingin bekerja dan membahagiakn orang tua saya.setelah sekian lama menjalin hubungan orang tua saya mengharapkan kejelasan dari pacar saya ingin saya cepat dinikahi oleh dia tapi yang membuat saya kecewa sekarang dia menghindari saya dan keluarga saya, saya merasa dia menjauh.saya bingung harus bagaimana dia sudah tidak pernah menghubungi saya
    kadang dia sms/telpon cuma bilang “suatu saat aku akan cari kamu” aku takut kata2 dia tidak bisa dipegang.karena dia juga pernah bilang hubungan kita hambar dan dia juga bingung dengan hatinya sendiri,aku merasa dia sudah tidak yakin lagi sama saya,dia sudah berubah tidak seperti yang dulu.saya juga melakukan tahajud dan istikarah tapi blum ada jalan terang untuk kami.
    apa yang harus saya lakukan p.ustadz?
    mohon doanya pak ustadz….trimakasih

    • Fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Masalah jodoh sepenuhnya ada ditangan Allah. Tidak seorangpun tahu siapa yang akan jadi pasangannya kelak. Pacaran betahun tahun tidak jadi jaminan akan berlanjut ke pelaminan. Berapa banyak orang yang pacaran sampai beberapa tahun, tiba tiba putus dan ternyata jadian dengan orang yang baru dikenalnya selama 3 bulan.

      Serahkan masalah jodoh ananda pada Allah. Mohon padaNya agar diberikan suami yang saleh yang membawah rahmat dan berkah bagi ananda dalam kehidupan dunia dan akhirat. Minta tolonglah dengan sabar dan shalat. Agar shalat ananda betul betul punya kekuatan untuk mengatasi masalah yang ananda hadapi. Tingkatkanlah mutu shalat ananda dengan berusaha untuk mengerti dan paham setiap ayat dan kalimat yang dibaca Dalam shalat. Pelajari tata cara shalat khusuk pada ebook yang saya kirim pada lampiran email ananda. Shalat yang dilakukan secara asal asalan dan tidak dimengerti apa yang diucapkan dalam shalat , tidak memilki energi dan kekuatan untuk menolong orang yang melakukan shalat seperti itu.

      Jika sudah mengerti tatacara shalat khusuk, mintalah pertolongan pada Allah dengan mengerjakan shalat malam atau dhuha sebanyak dua rakaat atau lebih. Selesai shalat bacalah tadabbur alfatihah untuk mendapatkan jodoh seperti yang saya sampaikan pada lampiran email ananda.

      Lakukan semua itu dengan sabar dan istiqomah. Jika lelaki itu memang jodoh ananda ia akan kembali pada ananda. Jika dia bukan jodoh yang baik bagi ananda ia akan menjauh dan insya Allah , Allah akan mendatangkan penggantinya yang lebih baik bagi ananda .

  49. curly says:

    ustad, sy 27th. sy belum pernah berpacaran. setiap ada lelaki yg mendekati, saya selalu menghindar dan kadang berubah jadi benci. krn sy bermaksud tdk mau memberi harapan. Pernah ada seorang lelaki yg berniat menikahi sy dan hendak mengenalkan kpd orang tuanya. awalnya sy bersedia, tapi sy mendadak berubah pikiran dan menghilang darinya. Baru2 ini sy dgar kabar dia frustasi karena malu kpd orang tuanya dan pergi keluar kota. sy mencoba menghubunginya untuk meminta maaf. Tapi ternyata nomer HPnya sdh tdk aktif dan sy tdk tau rumahnya. sy sangat merasa bersalah. kadang sy merasa putus asa sulit rasanya bagi saya membuka hati saya kepada lelaki. saya ingin sekali segera menikah sebelum saya usia 28. Mohon bimbingannya pak ustad. trima kasih

    • Fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Hati hati dengan mental blocking ia bisa menghalangi perjodohan ananda dengan siapapun tanpa ananda sadari. Ia bekerja secara otomatis, setiap ada lelalki yang mendatangi ananda , akan muncul rasa benci pada lelaki itu. Mental blocking berasal dari pola fikir yang keliru. Suatu niat atau ucapan yang diucapkan dengan sungguh sunguh seperti :

      “Saya tidak akan menikah jika adik saya belum menikah semua”
      “Saya tidak akan meninkah sebelum punya rumah dan mobil sendiri”
      “Saya tidak akan menikah sebelum punya pekerjaan tetap”
      “Saya tidak akan menikah sebelum bisa membahagiakan ibu atau bapak saya”

      Semua ucapan itu tanpa disadari akan jadi mental blocking dan ananda tidak akan mendapatkan jodoh selama apa yang ananda tetapkan itu belum tercapai.
      Hilangkan semua batasan mental yang ada didalam hati dan fikiran ananda, serahkan masalah jodoh ananda pada Allah . Pilihan Allah adalah pilihan yang paling tepat dan baik. Minta pertolongan pada Allah dengan mengerjakan shalat malam atau dhuha sebanyak dua rakaat atau lebih setiap hari. Selesai shalat bacalah tadabbur alfatihah untuk mendapatkan jodoh seperti yang saya kirimkan melalui email ananda. Kerjakan semua itu dengan tekun dan istiqomah. Bertawakal dan berserah dirilah pada Allah. Insya Allah Dia akan memberikan jodoh yang serasi bagi ananda.

  50. Ina Sherryna says:

    terima kasih atas perkongsian ilmu ini .Semoga Allah mmberi segala kebaikan kepada Ustaz.

  51. Ani n ayah says:

    Assalamualaikm warahmatullahi wabarakatuh pak ustadz,tlg kirim kn sya bacaan tadabbur fatiha untk kebaikn dlm keluarga dan kemudahan rizki pak ustd.

  52. sp says:

    assalamualaikum wr wb..
    pa ustad saya mohon sarannya>> ibu saya(berumur52thn) sekarang sudah sendiri.. dan ibu sya seprtinya ingin berumahtangga kembali karena merasa kesepian.. tp selama ini, laki2 yg mendekatinya , sepandangan anak2 dan keluarga tidak benra.. kebanyakan sudah ada istri dan suka berhutang k ibu saya.. saya sebagai anak harus bagaimana pa ustad? selama ini saya tidak setuju tetapi saya kasihan melihat ibu sya… kenapa harus kembali lagi ke lelaki uyg sama hidung belangnya…

    • Fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Setiap orang harus bertanggung jawab atas apa yang mereka kerjakan sendiri. Ibu ananda adalah seorang yang mandiri yang telah diberikan akal , fikiran dan hati oleh Allah. Tentunya ia bisa membedakan hal yang baik dan buruk. Sebagai anak ananda hanya bisa menasehatinya secara baik baik, jika dia bersikeras tentu ananda tidak bisa menindaknya dengan kekerasan. Doakanlah agar Allah memberi petunjuk pada beliau. Keawajiban ananda hanya sebatas mengingatkan, menasihati, dan mendoakan agar ia mendapat hidayah dan petunjuk dari Allah.

  53. vivan says:

    Bisakah saya minta ebook tata cara sholat dg khusuk.
    Saya lelaki yg pernah byk melakukan dosa slm pacaran dulu saya ingin merubah perilaku saya.
    Kini saya mendptkn balasan atas perilaku saya.
    Mohon petunjuk supaya bisa memperbaiki semua ksalahan saya dan mendapatkan jodoh yang baik untuk saya.
    Terima kasih

  54. Arief says:

    Assallamualaikum Ustad,saya minta dikirimkan email tadabbur Al fatihah untuk kembalikan kekasih yang sudah putus / mendapatkan jodoh, terima kasih sebelum nya.

  55. ririn says:

    Assalamu alaikum wr.wb
    Mohon petunjuknya pa ustad, saat ini saya memiliki masalah keuangan yang sangat pelik, selain itu saya jg belum mendapatkan jodoh. Namun saat ini saya sudah mulai rutin sholat tahajud. Menurut pa ustad,sebaiknya tadabur al fatihah yang mana yang harus saya lakukan, tadabur al fatihah untuk dlapangkan rejeki atau untuk mendapatkan jodoh. Trimakasih
    Wassalam

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Setelah tahajud baca saja tadabbur alfatihah untuk membuka pintu rezeki dan minta jodoh secara bergantian. Lakjukanlah shalat tahajud tersebut setiap hari secara rutin. Insya Allah Dia akan membukakan jalan bagi ananda. Terlampir saya sampaikan kedua tadabbur alfatihah tersebut

  56. Nurmilakahal says:

    Assalamualaikum wwb, Pak Ustad…
    Saya Mohon dikirimikan tadabur Al fatihahnya pak ustad untuk mendapat kan jodoh yang yang cocok. Terima kasih pak ustad..
    Wassalam…

  57. heru says:

    Assalamu’alaikum Pak Ustad, saya mau juga dunkz dikirim amalannya ,sekalian minta doanya biar dapet jodoh yng terbaik… terima kasih

  58. heky suryanto says:

    assalamualaikum pak ustad..
    aku punya pacar,kami saling mencintai,aku jg ingin menikahinya,3x aku datang k rumah orangtuanya untuk meminta restu dan melamarnya tp orang tuanya tak setuju hanya karna masalah pekerjaanku yg menurut beliau-beliau tdk menjanjikan n bakal membuat anaknya sengsara nantinya..
    padahal ALLAH telah menjamin rejeki hambanya yg ingin menikah.bapaknya maunya anaknya dapat pegawai,tentara,atopn yg menurut bpknya layak d banggakan n tdk sengsara spti mereka dl..
    padahal niatku melamar n d segerakan menikah,biar bisa menjaga mata n kemaluan,ikuti sunah rasulullah,fokus thdp hidup n insyALLAH aku bisa bertanggung jawab lahir n batin dgnnya..
    mohon pencerahanny pak.

    • Fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Mintalah pertolongan pada Allah untuk mengatasi masalah ananda. Kerjakan shalat malam atau dhuha sebanyak dua rakaat secara rutin setiap hari. Kerjakan mana yang bisa ananda kerjakan usahakan jangan terputus. Selesai shalat bacalah tadabbur alfatihah untuk menjaga dan mendapatkan jodoh seperti yang saya sampaikan pada lampiran email ananda.

      Jika dia memang baik bagi agama dan masa depan ananda insya Allah urusannya akan menjadi mudah. Namun jika kenyataannya urusannya jadi semakin sulit serahkanlah semua itu pada Allah. Biarkan Allah yang memilihkan jodoh terbaik bagi ananda.

      Kita tidak pernah tahu siapa jodoh kita sebenarnya, banyak orang yang sudah pacaran bertahun tahun , tiba tiba tanpa sebab yang jelas putus, dan akhirnya jadian dengan orang yang baru dikenal beberapa bulan saja. Jodoh adalah masalah yang penuh misteri , karena itu serahkan masalah ini sepenuhnya pada Allah. Dia mengetahui apa yang paling baik bagi ananda.

  59. Nurlaily says:

    pak ustad, benarkah jodoh seseorang bisa dihalangi oleh ilmu hitam? saya wanita berusia 33 tahun, karena belum menikah juga orang tua saya pernah membawa saya menemui seorang ustad. Menurut beliau jodoh saya ditutupi dengan ilmu hitam oleh seorang teman laki2 sy, sy tahu dia menyukai sy tetapi sy sendiri tidak tertarik padanya.

    sy jg mohon dikirimi tadabur fatihah dan doa dari pak ustad. terima kasih

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Keberadaan sihir memang diakui dalam Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 102. Sihir bisa menceraikan suami dengan istrinya dan bisa juga digunakan untuk menghalangi jodoh seseorang. Untuk mengetahui apakah pada diri ananda ada kekuatan sihir yang menghalangi jodoh ananda atau tidak coba lakukan test dengan mendengarkan ayat rukyah seperti yang disampaikan pada artikel “ Cara mendeteksi gangguan jin pada diri sendiri” di blog ini. Jika ananda mengalami mual mau muntah, pusing, gelisah, jantung berdebar dan lain sebagainya berarti memang ada gangguan jin atau sihir pada tubuh ananda.

      Ananda bisa minta bantuan ahli rukyah yang syar’i ditempat ananda. Jangan sekali kali mendatangi dukun atau paranormal. Ananda bisa juga melakukan rukyah mandiri sesuai tuntunan pada artikel tersebut.

      Selanjutnya untuk mendapatkan jodoh bagi ananda , mintalah pertolongan pada Allah dengan mengerjakan shalat malam atau dhuha sebanyak dua rakaat atau lebih. Selesai shalat bacalah tadabbur alfatihah untuk mendapatkan jodoh seperti yang saya sampaikan pada lampiran email ananda. Lakukan semua itu secara rutin setiap hari semoga Allah memberi pertolongan pada ananda.

  60. siti hodijah says:

    aslmkm pak ustad, sy mohon di kirimkan tadabur fatihah.. sebab di usia 30 thn ini sy belum mendapatkan jodoh, mohon bantuan dari bpk. agar bisa mengirimkan lewat email sy ini, terima kasih…wassalamualaikum

  61. Mutiara says:

    Assalamu’alaykum warahmatullah.
    Ustadz, saya terinspirasi dengan kisah ustadz. Saya mohon dikirimkan tadabur fatihah. Jazakallah.

  62. atikah says:

    assalamualaikum pak ustad, saya juga mau amalanya,saya pengen pcar saya kembali ke saya. boleh tak saya sebut namanya? boleh pak ustad kirimkan doa yang saya perlu amalkan?harap pak ustaz membalas email sy ini. sy dr malaysia.terima kasih banyak ya ustad.

    • Fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Untuk mendapatkan jodoh yang serasi dan membawah rahmat serta berkah bagi kehidupan dunia dan akhirat mintalah pertolongan pada Allah. Pilihan Allah adalah pilihan yang paling sempurna. Kita sering salah lihat, salah dengar, salah pilih, yang buruk kita sangka baik , dan yang baik kita sangka buruk . Insya Allah dengan memohon padaNya Dia akan memilihkan yang terbaik bagi kita.

      Selesai shalat lakukan shalat tahajud atau dhuha selesai shalat dengarkan dan baca tadabbur alfatihah untuk memelihara dan mendapatkan jodoh seperti yang saya sampaikan pada lampiran email ananda. Kegiatan ini boleh juga ananda lakukan sesudah mengerjakan shalat subuh atau maghrib.

      Insya Allah jika pacar ananda itu memang baik bagi agama dan kehidupan ananda Allah akan memudahkan hubungan kalian berdua. Namun jika dia tidak baik bagi agama dan masa depan ananda niscaya dia akan bertambah jauh dan sulit dihubungi, namun demikian insya allah Dia akan menggantinya dengan yang lebih baik dari itu.

  63. Deeana says:

    assalamualaikum, pak ustadz mohon dikirimkan tadabur al fatihahnya via email saya agar jodoh dan rezeki saya smakin dimudahkan oleh Allah..trima kasih

  64. eddy hendra says:

    Assalamualaikum pak ustad,,,,
    Mohon pencerahannya buat diri saya,,,
    apa yang harus saya lakukan,,,tahun ini saya dihadapkan dengan pernikahan karena umur trus bertambah,,,jadi saya dijodohkan
    akan tetapi saya tidak punya rasa cinta sama sekali sama calon istri saya seakan dingin saja hati ini,,,
    apa yang harus saya lakukan,,,,
    apakah rasa cinta dan sayang akan tumbuh setelah menikah,,,,,
    dalam hati saya jadi ragu,apakah dia jodoh saya yang pasti atau bukan,,,,,
    mohon solusinya,
    Terimakasih

    • fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Allah telah menjadikan segala sesuatu berpasang pasangan , Dalam Qur’an Allah memerintahkan bagi mereka yang sudah patut menikah agar segera menikah. Rasulullah mengatakan bahwa nikah itu separu dari agama, barang siapa yang nikah berarti sudah menjalankan separuh agamanya, tinggal dia memelihara yang separuh lagi.

      Orang dahulu banyak yang nikah dengan cara dijodohkan dan ternyata mereka tetap awet sampai akhir hayat. Sebaliknya zaman sekarang banyak orang yang nikah dengan orang yang dicintai , namun banyak yang kandas ditengah jalan. Ada yang pacaran selama 5 tahun setelah nikah hanya bertahan tidak sampai satu tahun.

      Walaupun ananda belum mempunyai rasa cinta, lakukanlah pernikahan itu semata mata karena Allah, insya Allah kelak Dia akan memasukan rasa cinta kedalam hati ananda. Mohonlah agar Allah memberikan rumah tangga sakninah bagi ananda berdua.

  65. Assalamualaikum pak ustad,,,,
    Mohon pencerahannya buat diri saya,,,
    apa yang harus saya lakukan,,,tahun ini saya dihadapkan dengan pernikahan karena umur trus bertambah,,,jadi saya dijodohkan
    akan tetapi saya tidak punya rasa cinta sama sekali sama calon istri saya seakan dingin saja hati ini,,,
    apa yang harus saya lakukan,,,,
    apakah rasa cinta dan sayang akan tumbuh setelah menikah,,,,,
    dalam hati saya jadi ragu,apakah dia jodoh saya yang pasti atau bukan,,,,,
    mohon solusinya,
    Terimakasih

  66. feri says:

    Assalamualaikum pak ustad
    pak ustad saya feri,saya terinspirasi dengan kisah ustadz. Saya mohon dikirimkan tadabur fatihah. dan dibuka kan pintu rezeki.Jazakallah

    kirim ke email saya.

    terima kasih…wassalamualaikum

  67. Ima says:

    Assalamualaikum pak ustad, usia saya 30 tahun dan saya belum mendapatkan jodoh, saya sangat terinspirasi dengan kisah Bapak, saya akan menjalankan sebagaimana yang bapak lakukan dalam menjemput jodoh dari Allah. Mohon doanya ya pak semoga Allah menyegerakan jodoh terbaik untuk saya. Aamiin

  68. rosmayanti says:

    assalamualaikum ustad. . .
    Saya minta tadabur al fatihah nya ya. . .
    Ustad bagaimana doa biar orang yang kita suka dekat dengan kita pa? Ustad knp akhir akhir ini saya sering melamun? Saya terkadang tidak bisa menyatu dengan dunia nyata,saya selalu bilang pada diri saya saat saya berjalan,ayo dong ini dunia mu oos menyatu ke sini,tapi fikiran saya gak tau kemana,apa itu ustad?

    • fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Agara mendapatkan jodoh yang baik dan menyenangkan dunia dan akhirat mintalah pada Allah dengan mengerjakan shalat malam atau dhuha sebanyak dua rakaat setiap hari. Selesai shalat bacalah tadabbur alfatihah untuk memelihara dan mendapatkan jodoh seperti yang saya sampaikan pada lampiran email ananda. Jika orang yanag ananda suka itu memnagh baik bagaio agama dan masa depan ananda insya Allah dia akan mendekat pada ananda. Namun jika dia tidak baik bagi ananda maka ia akan menjauh dan Allah akan menggantinya dengan yang lebih baik lagi.

      Melamun dan rasa was was datangnya dari syetan yang berusaha menyesatkan ananda . Lawanlah kekuatan negatif itu dengan meningkatkan mutu shalat ananda. Shalat yang dilakukan dengan benar dan khusuk akan membentengi ananda dari was was dan bisikan syetan . Usahakan agar ananda mengerti dan paham setiap ayat yang ananda baca dan ucapkan dalam shalat. Pelajari tatacara shalat khusuk pada ebook yang saya kirim pada lampiran email ananda.

  69. uswatun says:

    asslamualekum ustaz diri memiliki kekasih namun sementara orangnya baik msalahnya dia luar dari negaraku pa mungkin diri tetap berkeyakinan bahwa allah akan menjodoh kan diriku denganya walaupun aku mersa takdir hidupku sangat jauh berbeda dengan takdir hidupnya. ^_^

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Kita tidak bisa memastikan apakah sifulan atau fulanah berjodoh dengan kita. Masalah jodoh sepenuhnya ditangan Allah. Mintalah padanya agar mendapatkan jodoh yang baik dan membawa berkah bagi kehidupan dunia dan akhirat. Mintalah pertolongan pada Allah dengan membiasakan shaloat mnalam atau shalat dhuha sebanyak dua rakaat atau lebih setiap hari.

      Selesai shalat bacalah tadabbur alfatihah untuk mendapatkan jodoh seperti yang saya sampaikan pada lampiran email ananda. Jika orang yang ananda maksud memang jodoh ananda tentu ia akan mendekat dan semua urusannya berjalan dengan lancar dan mudah. Jika tidak Insya Allah Dia akan menggantinya dengan yang lebih baik dari itu.

  70. Azz says:

    Assalamualaikum Ustad.
    Saya mau bertanya Ustad, Apakah boleh mengirimkan Surat Al_Fatihah kepada seorang perempuan dengan harapan agar si perempuan itu bisa menjadi jodoh kita..?

    kirim ke Email saya Ustad. trimakasih dan salam kenal untuk keluarga tercinta.

    Wassalamualaikum.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Surat alfatihah berisi pujian dan permohonan kepada Allah. Surat Alfatihah bisa digunakan untuk memohon sesuatu pada Allah. Sebaiknya mintalah pertolongan padaNya dengan mentadabburi surat Al Fatihah untuk mendapatkan jodoh yang sesuai sebagaimana yang saya contohkan pada lampiran email ananda.

      Mengirim alfatihah kepada seseorang , para Malaikat atau orang yang sudah Meninggal tidak ada contoh dan anjurannya dalam al Qur’an maupun hadist, itu hanya akan sia sia saja.

  71. Yanti says:

    Assalamu’alaikum wr wb ustad..

    Saya minta tolong dikirim ke email saya, tadabbur al fatihah untuk memelihara dan mendapatkan jodoh dan juga tata cara sholat khusuk ya ustad, terimakasih…wassalamualaikum…

  72. ami says:

    Assalamu’alaikum wr wb ustad..

    Saya minta tolong dikirim ke email saya, tadabbur al fatihah untuk memelihara dan mendapatkan jodoh untuk anak saya serta cara merukyah agar aura anak saya dibuka oleh alloh dan selekasnya menemukaan jodohnya juga tata cara sholat khusuk ya ustad, terimakasih…wassalamualaikum…

  73. nabila says:

    sya mau crita pak ustad,sy wanita umur 20th,sy berpacrn dg lki” 21thn n kt tlh mnjalin hub slma 2th
    tp hub saya tdk mndpt restu dr orang tua dia,krn ortuy ign mndptkn menntu yg sdrajad dg klurgy pdhl dl ortuy pun mnikah tnp drestui tp beliau tdk sadar ttg hal tu.ortuy slalu mliht sy dr hrta pnddkn jabatn n trtma sy bkn pns.
    klurga sy stuju sy dgn dia ttpi krn sy g dstjui kluarga sy suruh sy mncri lki”ln?stiap sy mncri lki”ln hub kt g lama blik lg k dia ?sy hrs bgamn sy sdh prnh sholt istihoroh n tahajud

  74. nabila says:

    sya harus gmn ustd saya ingin berjodoh dengan dia krn saya telah cpe mngnal lki lki lain n gmn saya menanggapi ortunya yg ga stuju mnta do’y ustad

    • fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Mintalah pertolongan pada Allah untuk mendapatkan jodoh yang serasi dan membawa kebahagiaan dunia dan akhirat. Lakukan shalat malam atau shalatv dhuha sebanyak dua rakaat atau lebih , kerjakan mana saja yang bisa ananda kerjakan. Selesai shalat malam atau dhuha bacalah tadabbur alfatihah untuk memelihara dan mendapatkan jodoh seperti yang saya kirimkan pada lampiran email ananda. Insya Allah jika lelaki itu memang baik bagi agama san masa depan ananda tentu Allah akan memudahkan hubungan ananda. Namun jika dia tidak baik bagi ananda , maka dia akan menjauh dari ananda dan insya Allah , Dia Allah akan menggangti dengan yang lebih baik bagi ananda.

  75. tottie says:

    aslmkm pak ustadz..
    mohon petunjuk dr pak ustadz untuk hal ini pak :
    sy seorang wanita, saat ini sy lagi dikenalkan dgn seorang laki-laki untuk taaruf menikah.
    dia sudah punya pekerjaan tetap, namun dia memberikan info bahwa dia menanggung biaya kuliah dua adiknya dan biaya hidup ibunya, sehingga dia menyatakan bahwa jika menikah dgn dia maka harus siap hidup susah.
    saya sendiri sudah punya pekerjaan, namun belakangan ini sy merasa ragu walaupun sudah sholat istikharah.

    mohon petunjuk pak ustadz kira-kira bagaimana mendapatkan petunjuk seandainya dia adalah jodoh yang dipilihkan Allah.
    terimakasih sblmnya ustadz, semoga Allah membalas kebaikan ustadz dgn pahala yg berlipat ganda. amiin

    wassalamuaaaikum wr wb.

    • Fadhil ZA says:

      wassalamuaaaikum wr wb.

      Mintalah pertolongan pada Allah agar Ia memberi petunjuk pada ananda dalam memilih jodoh yang membawa kebaikan bagi ananda didunia dan akhirat. Kerjakan shalat malam atau dhuha sebanyak dua rakaat atau lebih, kemudian baca tadabbur alfatihah untuk memelihara dan mendapatkan jodoh seperti yang saya sampaikan pada lampiran email ananda. Lakukan semua itu dengan tekun dan istiqomah.

      Jika lelaki itu memnag jodoh yang baik bagi ananda niscaya Allah akan membukakan hati ananda berdua sehingga bisa berlanjut kepernikahan tanpa ada hambatan dan kendala. Apa yang disampaikan lelaki itu adalah hal yang wajar, sebagai lelaki tertua tentu ia juga harus bertanggung jawab pada ibu dan adiknya. Sebenarnya bitu juga tidak masalah karena Allah akan menjamin rezeki setiap hambanya. Perbuatan baik pasti akan dibalasi Allah dengan kebaikan pula.

  76. tottie says:

    aslmkm pak ustadz..
    mohon petunjuk dr pak ustadz untuk hal ini pak :
    sy seorang wanita, saat ini sy lagi dikenalkan dgn seorang laki-laki untuk taaruf menikah.
    dia sudah punya pekerjaan tetap, namun dia memberikan info bahwa dia menanggung biaya kuliah dua adiknya dan biaya hidup ibunya, sehingga dia menyatakan bahwa jika menikah dgn dia maka harus siap hidup susah.
    saya sendiri sudah punya pekerjaan, namun belakangan ini sy merasa ragu walaupun sudah sholat istikharah.

    mohon petunjuk pak ustadz kira-kira bagaimana mendapatkan petunjuk seandainya dia adalah jodoh yang dipilihkan Allah.
    terimakasih sblmnya ustadz, semoga Allah membalas kebaikan ustadz dgn pahala yg berlipat ganda. amiin

    wassalamuaaaikum wr wb

  77. wulan says:

    Assalamualaikum Wr Wb
    Ustadz,sy single parent dan mempunyai 1org putra,selama lbh dr 5thn pisah dgn suami sy blm jg mendpt pengganti’a,sperti ada yg menghalangi pintu jodoh saya
    Kalau sy’a suka cowok’a gk,atau cowok’a suka sy’a gk,selalu bertolak belakang
    Apa ada yg “menjahili” sy pak ustadz?
    Apakah sy perlu dirukiyah?

  78. wulan says:

    Assalamualaikum Wr Wb
    Ustadz,sy single parent dan mempunyai 1org putra,selama lbh dr 5thn pisah dgn suami sy blm jg mendpt pengganti’a,sperti ada yg menghalangi pintu jodoh saya
    Kalau sy’a suka cowok’a gk,atau cowok’a suka sy’a gk,selalu bertolak belakang
    Apa ada yg “menjahili” sy pak ustadz?
    Apakah sy perlu dirukiyah?

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Coba kamu lakukan test dengan mendengarkan ayat rukyah seperti yang saya sampaikan pada artikel “Tip menghilangkan gangguan jin dan sihir” di blog ini , untuk mengetahui apakah ada gangguan sihir atau tidak pada diri kamu. Jikla positip ada gangguan sihir maka lakukan rukyah mandiri untuk membersihkan gangguan sihir itu.

      Jika tidak ada gangguan jin dan sihir maka mintalah pertolongan pada Allah untuk mendapatkan jodoh yang serasi dengan melakukan shalat malam dan dhuha sebanyak dua rakaat atau lebih setiap hari. Selesai shalat bacalah tadabbur alfatihah untuk mendapatkan jodoh seperti yang saya kirimkan pada email ananda.

  79. hendra says:

    Assalamualaikum Wr Wb..
    Pak Ustadz sy mempunyai pacar & hubungan kami sdh berjalan selama 3 thn.
    dia & ortunya sdh meminta agar sy cpt2 menikah thn ini atau maks.thn dpn krn usia kami sdh tdk muda lg,namun krn sy mempunyai tanggungan cicilan rmh maka saya menunda smpai sekitar 2 thn lg..
    dan tiba2 dia memutuskan saya,,
    namun ketika saya menyanggupi utk menikah thn depan dia tdk bergeming..
    ttp pada keputusannya,meskipun dia blg masih sayang & tdk ikhlas hubngan ini berakhir.
    bagaimana caranya ustadz agar dia mau kembali dengan saya krn saya sendiri jg serius dgn dia,dan saya sdh malas utk membuka hubngan dgn org lain?
    Terima kasih, Wassalamualaikum Wr Wb.

    • fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Mintalah pertolongan pada Allah untuk menyelesaikan masalah ini. Dialah yang menguasai hati manusia, mudah mudahan Allah melunakan hatinya untuk kembali kepada kamu. Mintalah pertolongan dengan mengerjakan shalat malam sebanyak dua rakaat atau lebih, selesai shalat bacalah tadabbur alfatihah untuk memelihara dan mendapatkan jodoh seperti yang saya sampaikan pada lampiran email ananda.

  80. ida herlina says:

    ‎​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه ustad tlong sy dikirimi tadabur alfatiha utk mndptkn jodoh,wass-terima kasih

  81. clara says:

    Asalamualaikum.pak ustad saya umir 23 saya ingin bertanya bagaimana menghilangkan rasa trauma dalam kegagalan pernakan…boleh kirim amalan tadabur al fatiha nya

  82. aurora says:

    assalamualaikum ust..saya gadis 22 thn..berpacaran selama 4.5 tahun. dia berubah sejak pindah keluar pulau 1.5 tahun lalu..terakhir dia semakin menjauh dan terakhir dia memutuskan saya dan berkata tidak mencintai saya lagi..saya sedih sekali..tapi anehnya dia masih menghubungi saya.membuat saya dilema..jika saya membalas pesannya..saya takut tidak bisa mengendalikan perasaan cinta saya..atau saya ganti nomer hp supaya dia tidak bisa menghubungi saya agar saya tak berharap lagi padanya..apa yang harus saya lakukan..perasaan cinta ini begitu menyiksa batin saya..saya masih cinta..disisi lain dia sudah sangat melukai saya..dan dia membuat saya beingung untuk tetap setia dan sabar berharap atau melupakannya..terimakasih..wassalamualaikum

  83. asslam pk,mf pk klau bleh bantu sy sgerakan nikah,krn usia sdh 35 thn.status dud ank 1 umur 8th .sy inggin sgr mnikah utk hdarkan prbuatan dosa dn niat nkah krn alloh.bgm cr amalkan tabadur alfatikah dn bntu sy dgn doa trm ksh Wasslam

  84. eja says:

    salam ustaz pernikahan saya baru saja dibatalkan..saya mohon nasihat dan pandangan ustaz tentang amalan2 untuk mendapatkan dan merawat tali jodoh

  85. Ayu says:

    ​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    Pak ustadz, saya sudah menjalin hubungan selama 2,5th.. Saya umur 24, sedangkan pasangan saya lbh muda 1 th.. Dr awal kenalan saya sudah bilang klo diumur 25 th saya ingin menikah, dan dy berjanji akan serius dan menepatinya.. Dan saya pun menjalaninya dan berharap dy akan menepati janjinya.. Skrg qt dah sama sama karyawan tetap, saya berharap dy akan melamar saya tahun ini dan menikah tahun depan.. Dan saat saya menagih janjinya.. Tb2 dy berubah pikiran dy msh muda ingin fokus karir dpt membeli mobil,rmh dan membahagiakan ortunya br mau menikah dg saya, sungguh saya kecewa dan ibu saya pun pasti sedih dan kecewa.. Saya jd tdk semngat lg untuk menjalani hubungan ini..karena tdk ‎​ªϑª kejelasan kpn dy siaap melamar sy, Apa yang harus saya lakukan ustadz..? Saya msh sayang sama dy, tp saya tkt kecewa lg.. mohon petunjuk dan arahannya? وَالسَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُ

  86. Harmini says:

    assalamualaikum ustad, saya mau minta tolong dikirim ke email saya tentang tata cara sholat secara khusuk, terimakasih

  87. Yusridawati Chaniago says:

    assalamuallaikum wr. wb. Saya mohon dikirimkan tadabur fatihah ustad.
    just sharing ustad: saya menginginkan dapat jodoh sesuai permintaan orang tua saya. kalau saya disarankan untuk bisa berjodohkan dengan orang padang. saat sekarang saya bekerja di jakarta. selama ini saya termasuk orang yang jarang deket dengan laki2 bahkan punya teman laki2 anak padang juga jarang.
    saya udah coba ikhtiar dan berdo’a agar ALLAH mengabulkan permintaan ortu saya.
    pertanyaan nya: apakah salah, jika saya meminta jodoh yang satu suku dengan saya? permintaan jodoh diserahkan semua kepada ALLAH yang terbaik menurut ALLAH.

  88. sari says:

    assalamualaikum..
    saya dulu memiliki pacar, sekitar 6 bulan pacaran. awalnya baik2. setelah 3 bulan saya sering bilang putus dan emosi saya tidak pernah terkontrol tapi dia sangat sabar menghadapi tingkah saya, dia selalu mengingatkan saya kepada Allah tp saya masih menuruti emosi saya, dia menerima semua kekurangan saya. sampai akhrnya saya bilang putus yang 26 kalinya, dan dia bilang break tapi akhrnya kami bnr2 putus karena saya sudah menginjak2 harga dirinya sebagai laki-laki dan imam. saya sangat sedih, saya ingin kembali kami juga pacaran sering zina tapi tidak sampai merebut keperawanan saya. saya menyesal saya ingin kembali dia tidak mau lagi. saya juga tidak mau pacaran saya ingin bertobat dan memperbaiki diri saya sampai pantas untuknya, salahkah jika saya menunggunya?. apa mungkin saya dapat lelaki yang sebaik dia? apa mungkin dia bukan jodoh saya?

  89. agung says:

    Asalamualaikum.pak ustad boleh kirim amalan tadabur al fatiha nya

  90. izan says:

    salam ustaz,

    saya juga salah seorang di dalam permasalahan ini,
    mohon kirimkan tadabbur alfatihah . sekian

  91. eka septika says:

    Asslmkm, ustadz boleh minta tolong kirim tadabbur alfatihahnya.makasih banyak ustadz

  92. eka says:

    Assalamualaikum ustadz….
    Saya masih menyayangi kekasih saya ustadz tpi gak tau kenapa dia pergi meninggalkan saya.
    Bagaimana solusinya agar kekasih sa bisa kembali mencintai aq. lagi ustad. Padahal aq sama dia udah menjalin hubungan setahun orang tua kami pun sudah mengetahui hubungan kami berdua
    tolong berikan solusi terbaik untuk saya ustadz
    terimakasih

  93. eka says:

    Sampai saat ini saya blum bisa melupakannya ustadz.. Hati saya pun kaadang ragu kadngkalaa yakin.. Tolong bagaimana

  94. eka says:

    Assalamualaikum ustadz… Saya pacaran udh setahun kluarga kami pun sudah mengetahui hubungan kami. Hati saya pun sudah mantap dengan dia…. Tiba..tiba dia minta putus dengan alasan bosan pacaran..
    Sampai saat ini aq berharap dia bisa kembali kepada saya lagi… Bagaimana solusinya ustadz agar dia hatinya terbuka dan sayang aq lage.. Tolong doakan sya ustadz..

  95. mishad says:

    asslmunglaikum ustand..! saya orangnya pemalu apalagi urusan cewek, inilah alasan salah stu problem jodoh sya, tolong ustand solusinya ya,,? buat yg ingin silaturohim bisa di 085391952250

  96. ova says:

    Assallamualaikum Ustad, saya seorang gadis yang berumur 28 tahun, saya sudah beberapa kali dekat dengan cowok tetapi selalu gagal dan pergi tanpa pemberitahuan yang jelas. kadang saya merenung apa kesalahan saya karena selama ini saya lurus-lurus aja.Saat ini saya sudah punya keinginan kuat untuk menikah tetapi saya belum bertemu dengan jodoh saya.
    keluarga dan lingkungan saya mengatakan kalau saya terlalu pemilih padahal saya tidak seperti itu.
    oleh karena itu saya minta dikirimkan email tadabbur Al fatihah untuk mendapatkan jodoh dan bagaimana caranya untuk sholat agar lebih khusyuk, terima kasih sebelum nya

  97. udin says:

    Assalamualaikum Pa’ Ustadz…

    Mohon dibantu kirim amalan tadabur al fatihah nya.

    terima kasih.

  98. angin says:

    Assalamualaikum ust, sy mhon tadabbur alfatihah nya dikirimkan ke email sy..trims.

  99. hamba Allah says:

    Assalamualaikum Ustaz… saya berusia 32 tahun dan sudah 6 tahun pacaran dan memang mengharapkan agar dia yang bakal menjadi jodoh saya. tetapi sekarang dia mau kami pergi ke haluan masing2 kerna dia merasa sudah tidak ada kesefahaman walaupun rasa sayang masih ada. rupa2nya dalam diam dia mempunyai hubungan dgn wanita lain padahal selama ini saya setia.saya merasa sangat hampa ustaz kerna sudah membuang masa bertahun2 akhirnya hubungan ini gagal…

    pernah saya berubat kepada seseorg dia mengatakan bahawa setiap saya pacaran, kalo saya yg suka pada lelaki itu, kemudiannya lelaki yg akan berubah hati dan begitu juga sebaliknya.ini disebabkan saya pernah terlangkah kencing ular.saya kurang paham apa yg dmaksudkannya. saya takut ini berkaitan dgn artikel yang saya pernah baca mengenai gangguan jin yang menyukai manusia yang menyebabkan manusia sukar mendapat jodoh kerana di ikat oleh jin tersebut.

    mohon ustaz kirimi saya doa tadabbur fatihah untuk menghindari gangguan, ketenangan hati dan juga mendekatkan jodoh… kalau ada juga mohon ustaz kirimi saja bacaan untuk menghindari dari pandangan jin ketika mandi dan memakai pakaian.. terima kasih ustaz.

  100. ratu says:

    Assalamualaikum Ustaz… apakah saya boleh sharing japri untuk permasalahan saya? Kemana kah harus mengirim email nya?
    Terima kasih Ustaz..

  101. hamba Allah says:

    Assalamualaikum Ustaz. Saya ingin kembali ke istri saya yg selama ini berpisah dipaksa bercerai oleh kedua orang tua istri. Saya mohon dikirimi doa tadabbur fatihah agar saya bisa bersatu lagi bersama istri saya. Terima kasih, Wassalamualaikum Wr Wb

  102. hamba Allah says:

    Assalamualaikum Ustaz. Saya ingin kembali ke istri saya yg selama ini berpisah krn dipaksa bercerai oleh kedua orang tua istri. Saya mohon dikirimi doa tadabbur fatihah agar saya bisa bersatu lagi bersama istri saya. Terima kasih, Wassalamualaikum Wr Wb

  103. dilla says:

    Assalamualaikum,

    saya dari Malaysia, dan telah menbaca blog ustaz…mungkin saya kurang paham atau kurang ilmunya…tadabbur fatihah itu apa?..bagaimana caranya.. boleh emailkan kepada saya…saya juga mengharapkan jodoh yang baik untuk saya dan keturunan saya baik…

  104. fadhilza says:

    Wa alaikum salam

    Tatacara tadabbur al fatihah dapat di pelajari pada artikel “Mengatasi berbagai masalah dengan tadabbur alfatihah” di blog ini

  105. dewi says:

    asslm ust… knalkan, nm sy wiwik usia 23 thun.ustad, sy sbnrx udh kepengn bgt mnikah dengn pcr sy. nmun ada 2 kndala yg mmbuat sy jdi ragu2 utk ngmong ke ortu sy. yg prtma, kk prmpuan sy blm mnikah ustad.. jdi ktax orang tua sy pamali kalo mlnggar kk prmpuan yg blm mnikah. ktax, bs mnghlngi jdohx. & yg kedua, pcr sy seorang anggota brimb, org tua sy krng mnytjui hbngn kmi krn pcr sy seorng brimb ustad.pdhal dy baik, ilmu agamx bagus, baik sm kluarga sy… tp, kdua org tua sy sllu mngtakan crilah laki2 yg brjbatan tnggi cnthx sprt dokter, prwira, pngusha…kta mrka, sy tdk cock pcran dgn brimb ustad.. krn sy seorng dr.muda.. tp utk sy sndri, sy tdk pnh mnilai cwok dr kkyaan, pngkt, & jbatan. bgi sy, yg pnting agmax baik & bs mnuntun sy ke kln yg bnr ustad. sy bngung, apkah sy hrus mngikuti pndpat ortu sy atw tetp mmprthankn hbungn sy & pcr sy. sy cmn tkut jdi ank drhaka ustad klo tdk mngkuti ortu sy. & org tua sy, jauh dr agama ustad… mrka sllu mmntingkn pkrjaan mreka, sy pnh mngur ayah sy utk mlkukan sholat ttpi kta bliau gak sholat gk ap2, yg pnting prbuatnx baik..kdg yg sholat sj msih sring bkin kslahan. bgitu kta ayh sy ustad… :’( :’( :’( astahgirullah…. pdhal dlux ayah rjin sholat ustad, tp smnjak bliau pux usha smkin mju bliau jdi lupa sm printh Allah… :’( mhon bntuanx ustad…

  106. Vita says:

    Assalamualaikum… Ustadz, saya mohon dikirimkan tadabur Al Fatihah untuk mendapat jodoh dan rezeki(pekerjaan) yang baik beserta tata cara shalat khusyuk. Terima kasih..wasalamualaikum

  107. irawati says:

    Assalamualaikum pak ustadz….saya mau meminta tadabur All Fatihah untuk mendapatkan jodoh, mohon dikirimkan pak ustadz, terima kasih….

  108. Abdul says:

    Assalamualaikum ustaz…
    Mohon izin utk dikirim bacaan tadabur fatihah khusus mencari jodoh utk saya..
    Terima kasih saya ucapkan.. mohon doakan saya ustaz dipertemukan jodoh.

  109. ady ardana says:

    bapak ustat saya ady ardana umur 31 tahun saya pengen mencari istri yang sholeha baik sama saya dan keluarga saya menerima saya apa adanya

  110. metha says:

    Assalamualaikum.ustad,
    saya minta tadabbur al fatiha untuk meminta dapat pekerjaan dan dapat jodoh. Kirim ke email saya ya pak ustad. Terima kasih

  111. Sunindar says:

    Ust, jazakallah taushiyahnya… ijin share ya Ustadz…

  112. wiendBica says:

    assalamualaikum ustadz… mohon ijin buat mengamalkan soalx, saya susah dpt jodoh. stiap laki2 yg melamar.slalu berhenti di tengah jalan. smoga dgn amalan ini saya cepat bertemu jodoh..amiiiin

  113. lyna says:

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    Pak ustad saya perempuan berusia 32thn yang sampai skr belom menemukan jodoh saya,mohon dikirim via email tata cara melakukan tadabbur Al fatihah untuk mendapatkan jodoh..terima kasih pak ustad..وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِوَ بَرَكَاتُهُ

  114. Galih says:

    Assalammualaikum pak ustadz…saya 28 thn namun hingga saat ini saya belum menikah..bisakah tolong jelaskan apa yg dimaksud dgn tadabbur al fatihah? Apakah setelah kt membaca disetiap ayatnya dgn bacaan arab lalu kt memanjatkan doa pribadi kt ?? Bs tolong kirimkan saya tadabbur al fatihah ke email saya? …w assalamualaikum

  115. sari says:

    Assalamualaikum, pak ustad saya seorang janda anak 2 yg pernah menjalani hub sesaat dgn seorang lelaki bujangan namun saat insaydh b erakhir tp di hati saya msh berkeyakinan kl Allah menghadirkan dia dlm hidup saya krn sesuatu yg baik. Pertanyaan saya bolehkah saya mengamalkan tadabur fatihah spt yg pak ustad jelaskan diatas, trima kasih pak ustad, wassalam mualaikum wr wb

  116. maya says:

    Assalamualaikum pak ustad, saya wanita usia 22th, selama setahun belakangan ini saya punya hubungan dengan laki”, dia sayang sekali dengan saya ustad, saya menyukainya karna agamanya baik, dan banyk mengajarkan saya juga tentang agama, baru-baru ini kami putus ustad karna saya ingin kita segera menikah namun dia minta agar menunggu 2 tahun lagi, saya sayang sekali den yakin dia jodoh saya ustad, saya ingin kami bisa dekat kembali hingga pelaminan ustad tanpa pacaran ustad, mohon solusinya terima kasih

  117. yanche says:

    Assalammualaikum Wt. Wb. Pak Ustad Saya Duda Anak dua Umur saya 30 Tahun.. saya mempunyai hubungan dgn seorang gadis, kami saling menyayangi.. kendala pada orangtuanya yang tidak setuju dgn hubungan kam..alasannya karna saya duda anak dua,,, mungkin orangtuanya memiliki saudara yang jadi ibu sambung tapi disia-siakan sama anaknya setelah anaknya dewasa…. kami sudah coba jelaskan tapi nihil… orang tuanya tetep bersikukuh atas keputusannya…
    mohon saran…dan solusinya…

    wassalammuallaikum wt. wb.
    Hormat saya..
    yancheandriyanto@gmail.com

  118. tanty says:

    Assalam mualaikum

    pak ustadz yg dirahmati Allah SWT.
    apakah bisa saya minta dikirimkan juga melalui email amalan tadabur al fatihah untuk mendapatkan jodoh terbaik, insya allah saya ingin mengamalkannya juga

    terima kasih

  119. eka novi says:

    assalamualaikum ustad bolehkah saya meminta tadabur alfatihah ustad, mohon dikirimkan ustad, semoga saya mendapatkan jodoh yang terbaik ustad..terima kasih
    wasslamualkum wr.wb

  120. ani says:

    Ustad mohon untuk dikirimkan tadabbur al fatihahnya. Semoga kaka saya dan saya mendapatkan jodoh terbaik dan dimudahkan rejekinya.. Terima kasih

  121. elsa says:

    ass. ustad blh sy mnta diimelkan tadabur alfatihah ke imel sy. terimakasih

  122. pienta says:

    assalamualaikum, ustad mohon saya dikirimi taddabur alfatihahnya, supaya bisa saya amalkan, dan sy bs dpat jodoh yg terbaik dan rizki saya lancar. Terimakasih.

  123. Putri says:

    Assalamualaikum Ustad,

    saya sedang dekat dengan seorang pria yg katanya dia mau menjalani hubungan yg serius sama saya. saya sudah 15 hari ini melakukan sholat tahajud tiap hari tanpa terputus minta petunjuk sama Allah apakah dia yg akan menjadi jodoh saya nanti. tapi semakin saya intens melakukan tahajud, dia malah semakin menjauh & sulit untuk dihubungi. apakah itu pertanda bahwa dia ternyata bukan jodoh saya nanti ? apakah salah jika saya minta sama Allah supaya dia bisa kembali lagi ke saya ustad ? mohon petunjuknya apa yg harus saya lakukan ustad ?

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      tetaplah kerjakan tahajud setiap hari dan baca tadabbur alfatihah untuk mendaptkan jodoh yang serasi seperti yang dicontohkan dalam artikel diatas. Allah akan memelihkan yang terbaik bagi kamu. Jika dia menjauh dari kamu biarkanlah, mungkin itu isyarat dari Allah bahwa dia tidak sesuai bagi kamu. namun jika kamu istiqomah tentu Allah akan mendatangkan yang terbai kbagi kamu.

      Ketahuilah oleh kamu, dunia ini penuh kepalsuan dan tipuan. Kita sering salah lihat, salah dengar dan salah mengambil keputusan. Yang kita sangka baik belum tentu baik menurut Allah. Demikian pula yang kita sangka buruk belum tentu buruk menurut Allah. Percayakanlah pada Allah untuk memilihkon jodoh bagi kamu. Allah tidak pernah salah lihat, salah dengar atau salah pilih.

      Shalat tahajud 15 hari itu belum seberapa dalam contoh diatas saya melaksanakan tahajud selama 1 sd 2 tahun setiap hari untuk mendapatkan seorang istri yang baik.

  124. elvina says:

    Assalamualaikm pak ustad…setlh membaca ulasan ustad…sy tertarik dgn tadabur al fatihah yg ustad jelaskn…mhon dibntu utk dikirim melalui email,krn keadaan sy jg blm menikh dgn usia 30-an.mhon bntuanna y ustad…sebelumny terima kasih atas bntuannya ustad.

  125. Assalamu’alaikum..wr.wb Ustad.
    Perkenalkan saya Shohib asal madura 30thn tepat 17 agstus kemaren dan sekarang saya menetap di gresik, karena bekerja di salah satu perusahaan bumn di gresik. Apa yg sdh ustad paparkan, semua saya rasakan benar. Ketakutan saya bkn Nanti Allah tdk memberi rejeki yang cukup. Tp terletak pada egositas diri saya yg berharap besar akan kreteria yg saya idamkan. Saya sdg taaruf dgn gadis usia 31thn. Namun dlm perjlanan sy ingat dgn harapan dan kriteria saya, mendapatkan pendamping minimal usianya sm dgn saya atau 4thn dibawah saya, pandai baik segi agama(mengaji) dan bidang umum, semua kelak u/ anak2 saya. (Harapan hati)

    Dgn tidak mengurangi rasa hormat, mohon arahan ustad terkait amalan2nya. Mohon dikirim ke email saya.

    Sukron katsiron .ustad
    Wassalamu’alaikum wr.wb.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Tetaplah kamu istiqomah melakukan shalat tahajud setiap hari, kemudian baca tadabbur alfatihah untuk nmendapatkan jodoh yang serasi seperti yang dicontohkan pada artikel diatas (kamu bisa copy langsung dari artikel tersebut)

      Jika wanita itu memang sesuai untuk kamu insya Allah dia akan bertambah dekat pada kamu dan semua urusannya jadi mudah untuk berlanjut kejenjang pernikahan. Serahkan semua keputusan pada Allah, Dia akan memilihkan yang terbaik untuk kamu.

  126. dian says:

    Assalamualaikum pak ustadz….saya mohon diemailkan tata cara sholat khusuk sbg amalan mencepatkan jodoh. Terima kasih atas pak ustadz.

  127. nia says:

    Assalamualaikum wr wb
    pak ustad saya minta tolong dikirimkan amalan tadabur All Fatihah untuk mendapatkan jodoh yang terbaik buat saya pak ustad

    Karna saya jga blm mendapatkan jodoh yg saya impikan padahal usia saya sudah 26th,sebelmnya saya berpacaran dengan seorang anggota polri namun stelah saya menjalaninya ternyata karakter,sifat,pemikiran dan jarang bertemu karna kesibukannya sehingga membuat kita tdk harmonis maka itu sya memutuskan untuk tdk berkomunikasi lg dgn dya dan dyapun tdk ada usaha utk berdamai maupun mencari sya lgi apakah itu sdah ditunjukan bahwa dya bukan jodoh yg terbaik buat sya pak ustad,mohon saran dan info amalan2 untuk didekatkan dengan jodoh yang terbaik buat saya pak ustad,
    Terima kasih pak ustad

    Wassalamualaikum wr wb

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Untuk mendapatkan jodoh yang baik dan serasi mintalah pertolongan pada Allah dengan mengerjakan shalat tahajud setiap hari sebanyak dua rakaat atau lebih (kalau bisa seperti taraweh) . Selesai sholat bacalah tadabbur alfatihah untuk mendapatkan jodoh seperti yang saya contohkan pada arttikel diatas (Silahkan dicopy langsung dari artikel diatas).

      Terus lakukan shalat tahajud setiap hari sampai Allah mempertemukan kamu dengan jodoh yang telah ditetapkan Nya. jangan pernah putus asa walaupun akan butuh waktu yang lama bahkan sampai beberapa tahun. Dalam contoh kasus diatas saya melaksanakan tahajud setiap hari sampai 2 tahun lebih. pilihan Allah tidak pernah keliru dan meleset.

  128. mutia says:

    Assalamualaikum Ustadz,
    Sudah beberapa kali ada orang yang bisa “melihat” bahwa saya didampingi lelaki berjubah, bertasbih dan tampan.saya juga sering bermimpi dan biasanya mimpi saya terjadi keesokan harinya. Umur saya sudah hampir 30 tapi saya masih jomblo. Banyak laki laki yang mendekati saya, tapi saya sulit untuk menyukai laki laki. Ada perasaan takut. Bahkan jika laki laki itu serius saya malah menjadi jengkel.ketika saya mulai saling menyukai perasaan itu pun hilang karena beberapa alasan..hidup saya sangat labil, mudah marah dan tersinggung. Yang ingin saya tau Ustadz, apakah benar ada seorang ‘laki laki ghoib’ yang mendampingi saya. Dan kalo benar, apakah dia yg selama ini mempersulit saya dalam mencari jodoh.
    Mohon bantu saya Ustadz…
    Terimakasih
    Wassalamualaykum

  129. nadia says:

    Assalamualaikum Ustad… Ustad sy ibu dr 3 anak sy berpisah dgn suami krn dia ingkar dr syahadat nya dia seorang mualaf yg kembali murtad. skrg saya mengurus anak sendiri utk itu sampai” sy terjerumus dlm Riba pinjaman Bank utk. Modal usaha & krn kbutuhan biaya skolah anak” usaha sy tdk mamapu membayar kbtuhan & hutang, sy berfikir sy berpisah dgn suami krn tkt rmh tangga tdk halal tp krn itu pula sy merasa trjebak dlm kemudhorotan jg dgn riba… bagaimana ini hukumnya bg saya ustad,Mohon nasehatnya… wassalam,Jzkallah

  130. putri says:

    Assalamuallaikum pak ustad
    Saya sudah berumur 26 tahun, ingin sekali menikah tetapi belom menemukan jodoh..
    Orang tua saya juga sangat risau dengan keadaan ini, menjodohkan dengan pria ini dan itu tetapi tidak ada yang berlanjut.
    Saya sadar dengan segala kesalahan dan kekhilafan saya di masa lalu, Alhamdulillah saya tersadar n tergerak untuk melaksanakan solat taubat dan sudah 3 tahun ini tidak berpacaran.. sata mengikhlaskan diri untuk tetap jomblo hingga mendapat seseorang yang halal untuk saya..
    Insha Allah pelan2 saya memperbaiki diri dengan ibadah, solat fardhu, solat dhuha, membaca al waqiah, ar rahman dan salawat2 lain nya pak ustad, serta berzikir. Yang saya masih belom mampu adalah tahajud, berat sekali rasa nya..
    Bagaiamana lagi kah amalan agar saya di beri jodoh dengan Allah..
    Mohon untuk tadabur alfatihah nya pak ustad, saya belom begitu paham..
    Wassalamualaikum wr.wb.

  131. cinta says:

    assalam pak,, saya sudah berumur 25 tahun, terus terang saya belum pernah pacaran sekalipun, itu semata-mata saya lakukan hanya takut sama allah, tetapi dilain hal terkadanga ada ketakutan dan penyesalan kalau saya tidak mendapatkan jodoh atau terlambat menikah, saya ingin menikah di usia 26 tahun.. mohon kirimkan amalan tadabbur fatihah nya ya pak..terima kasih,, saya

  132. Ida says:

    Assalamuallaikum pak ustad
    pak ustad saya minta tolong dikirimkan amalan tadabur Al-Fatihah untuk mendapatkan jodoh yang terbaik sebagai pengganti almarhum suami saya. jujur sebenarnya saya ragu apakah mash bisa dipertemukan dg jodoh kembali sebagai pengganti ayah buat anak saya satu-satunya. ibu sy jg sdh sering mendesak sy untuk mencari jodoh lagi, hingga dia memperkenalkn dg beberapa laki-laki, tp sekian laki-laki yang dikenalkan belm ada yg bs membuat saya tertarik, namun saat ini ada laki-laki yg membuat saya tertarik dr perkenalan via online, cuma dr keluarganya menolak krn status saya yg memiliki seorang anak. dia sebenarnya jg seorg duda, tp blm memiliki anak. Awalnya dia serius sama saya, tp setlh ada penolakan dr ortunya kta hanya berteman saja. tp kenapa hati saya selalu condong ke dia trus, sy sdh sholat istikharoh dan tahajud, tp hati sy mash condong ke dia. sedang kita jg sdh berkomitmen sekedar berteman, komunikasi aja juga jarang, krn tidak mau mengecewakn ortunya. dan dia juga sdh berkali-kali gonta ganti pacar, untuk menemukan calon istri, tp juga selalu putus ditengah jalan. dari segi ilmu agama, jujur pengetahuannya mash kurang. apa mungkin sholat saya yg kurang khusuk ya ustaz… mohn penjelasannya dan amalan tadabur alfatihanya. wassalamu’alaikm wr wb

  133. hayani says:

    Assalamu’alakum pak ustad, mohon dikirimkan tadabur alfatihah ut mendapatkan jodoh terbaik & rezeki yg berkah, jazakillah khairon katsiro

    • diana says:

      aslkm pa ustad
      saya mohon pa ustad berkenan mengirimkan saya email tata cara sholat khyusuk dan tadabur alfatehah. tanggal 26 okt yang lalu sy berhalangan ikut pelatihan. pdhl sy ingin sekali ikut dan bertemu langsung dgn pa ustad. apa pondok tadabur ada juga di jakarta pa? mhn informasinya. trmksh.
      wslm…

  134. Wati says:

    Assalamualaikum ustad,
    saudara saya mempagar saya supaya lama jodohnya lantaran dia iri kepada saya karena saya lebih mudah bergaul dengan orang lain dan juga dia tidak suka melihat saya bahagia.
    1. Apa yang bisa saya lakukn untuk melunturkan pagar saya dan bagaimana caranya supaya saya cepat jodohnya.
    Terimaksih.
    Tolong bals di email saya.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Cara mengatasi pagar sihir yang menghalangi jodoh kamu sudah ada pada artikel tersebut diatas , silahkan diikuti petunjuknya.

  135. rohana says:

    assalam pak ustaz..sya telah berkawin 3 x. semuanya saya yang minta dicerai.kali ini saya telah telanjur tetapi calun saya tidah mahu bernikah kerana rahsia telah di ketahui isteri dan anak2.dan dia juga tidak lagi menyebut tentang bernikah sedangkan saya masih menanti dan mengharap.apa yang patut saya lakukan keana dosa yang saya lakukan saya ingin dia juga bertaubat dan kami bernikah.

  136. rohana says:

    saya mohon bantuan atas masalah saya jadi rumit dengan pacar yang juga sudah berkahwin.Tetapi apabila telah diketahui dia sudah tidak mahu tunaikan janjinya.isteri dan anak-anaknya telah berantakan jadi dia sudah tidak peduli lagi tentang kami. Apa seharusnya saya lakukan?dia juga minta saya uruskan cerai kerana nanti sukar untuk dia menikah..apabila telah cerai dia jadi benci sama aku .

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Bertaubatlah kamu pada Allah atas apa yang telah kamu lakukan dimasa lalu, mintalah pada Allah agar Dia memilihkan jodoh yang paling baik buat kamu. Kerjakan shalat tahajud atau dhuha setiap hari . Setiap selesai shalat bacalah tadabbur alfatihah untuk mendapatkan jodoh seperti yang disampaikan pada artikel diatas.

      Mohon bimbingan dan petunjuk dari allah apa yang harus kamu lakukan dalam mengatasi masalah kamu. Hati hatilah apa yang kamu sangka baik belum tentu baik menurut Allah. Apa yang kamu sangka buruk belum tentu buruk menurut Allah. Jangan terlalu memperturutkan kehendak hati , serahkan masalah jodoh kamu sepenuhnya pada keputusan Allah.

  137. Octa says:

    Assalamualaikum Pak Ustadz..

    Apakah boleh saya minta dikirmkan mp3 Tadabbur Al Fatihah untuk mendapatkan jodoh? Saya sudah mencoba download tapi tidak bisa Pak Ustadz.

    Terima kasih sebelumnya.

    • Fadhil ZA says:

      Untuk download kamu harus punya fasilitas IDM di PC atau laptop kamu. Download pakai hp biasanya lelet kalau kapasitasnya kecil dan sinyal tidak bagus. Kamu bisa minta tolong download pada warnet terdekat. Saya kesulitan mengirim via email karena harus merangkai ulang MP 3 diatas.

  138. fitri says:

    Pak ustad sy juga mau doa taddaburnya dan artinya yaa

  139. slamet Herman s says:

    Assalamualaikum Pak Ustadz..
    sya izin copas doa taddaburnya dan artinya.

  140. elok muliani says:

    Assalamualaikum, sy berumur 24th pak ustadz, sy memiliki calon sejak 2,9th yg lalu km serius ingin menikah. Namun, beberapa bulan ini dy selingkuh dy beralasan cemburu dg teman laki sy waktu kuliah. Sy tidak mengerti ustadz tgl 9 des dy masakin sy makan, ngasi jaket kena waktu itu sy pergi jauh tes cpns tdk bawa jaket, dy ngasi sepupu sy mainan org tua sy dasar baju. Namun d tgl 13des ada perempuan yg menghubungi sy dy marah2. Di situ sy baru tau dy pcran dg perempuan itu kurang lebih 3bln ini. Sy sedih ustadz pacar sy malah milih perempuan itu kena dy cemburu dy tmn laki kuliah sy, sy tdk ada hub apa2 ustadz dy dy, padahal tgl 6 nov pacar sy sms sy dy blg jgn pernah pergi dari dy, dy jg pernah memimpikan sy menikah di situ dy langsung tlp sy dan dy nangis2, dan tgl 29 nov dy bilang nanti kalo kita punya anak kita kasi nama Dzuliyadiyan Ghaffar Alfajar. ustad sy bingung, sy masih berharap dg dia apa yg harus sy lakukan ustadz. Mohon bantuan , dia dan saran nya ustadz. Terimakasih

  141. wina says:

    Asslamualaikum wr.wb.
    Ustad apakah saya bisa berkirim email pribadi ke ustadz?
    ada yang ingin saya ceritakan dan tanyakan…

    jazakillah khairon katsiro

    Wassalamualaikum.wr.wb

  142. Amel says:

    Assalaamu’alaykum Ustad, saya minta dikirimkan email tadabbur Al fatihah untuk mendapatkan jodoh. Syukron.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Tadabbur alfatihah bisa langsung kamu download dari artikel diatas, tentu saja PC atau laptop kamu harus ada IDM nya. Bisa juga kamu coba klik kanan pada kalimat DOWNLOAD diatas , kemudian kamu klik savelink

  143. bu sri says:

    Ass. Wr Wb Pak Ustadz yang baik hatinya dan semoga Alloh melimpahkan berkahNya, BarokahNya, Hidayah dan Inayahnya kepada pak Ustadz Sekeluarga, tolong kami dibantu doanya agar dompet anak saya nama endrasti triyastini cepat dikembalikan ama manuasi jahat telah yang mencurinya bukannya duitnya yang diharap tapi surat surat pentingnya yang kami harap cepat dikembalikan dan tolong doakan anak saya tersebut agar cepat dapat jodoh yang sesuai dengan maksud hatinya dan cocok bagi kami orangtuanya, tolong ya pak ustadz udah habis teman teman anak saya berumah tangga tinggal dia yang belum.Makasih Atas pertolongan dan kebaikannya.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Untuk mendapatkan jodoh yang serasi suruh anak ibu mengerjakan shalat tahajud mohon pertolonga Allah seperti yang saya sarankan pada artikel tersebut diatas. Doa yang paling utama adalah doa yang dipanjatkan oleh diri yang bersangkutan sesuai ikrar yang diucapkan dalam shalat …iyyakana’budu wa iyyakanastain …hanya padaMu kami menyembah dan hanya padaMu kami mohon pertolongan …

  144. tika says:

    Assalamualaikum ustad,,,
    saya ingin bertanya,,,, saya sering mendapatkan pikiran2 kotor tentang murtad, dan saya dijodohkan oleh orang tua saya, mulanya saya tidak suka dengan orang tersebut, sehingga timbul dihati saya (berniat) “kalau saya menikah dengan dia akan menjadi murtad”, tetapi sekarang saya sangat menyesal ustad, karena ternyata orang tersebut adalah orang yang saleh, dan saya sangat menyesal telah berniat seperti itu,,, dan sekarang saya dan keluarga telah menerimanya, yang jadi pertanyaan, bagaimana jika pernikahan tersebut terjadi? akan kah saya menjadi murtad setelah menikah atau tidak?? saya mohon ustad jawabannya,,,, wassalam,

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Bisikan itu munculnya dari setan golongan jin yang ada didalam diri kamu, dia menakut nakuti kamu bahwa kalau kamu nikah kamu akan murtad. Jangan hiraukan bisikan setan itu sebagai mana diingatkan Allah dalam surat An Nur ayat 21. Bertaubatlah dan berlindung pada Allah dari bisikan setan al khonnas seperti yang ada didalam diri kamu dengan membaca surat Abn Naas

  145. jully says:

    Ass wr wb pak ustad.. bagaimana melupakan seseorang yg sngat kita cintai.. kekasih yg menghianati saya, membuang saya dengan kejam, membuat kluarga saya mengutuk tindakannya.. saya mengerti ini semua kehendak allah.. bukan jodoh saya, saya tak ad niat bls dendam, atau memperthankan.. saya brusaha ikhlas, tp perasaan in menggangu saya.. kenangan, pengorbanan, membuat rasa syang dan cinta masih kuat.. ditambah dengan perlakuan terakhir,mmbuat saya sakit hati dan kecewa… saya skrg hanya ingin menghilangkan semua rasa, baik sayag cinta ataupun kecewa.. saya hnya ingin bangkit, inilah yg mengganggu saya… berdoa dalam shalat fardhu dan tahajud setiap hari sya panjatkan hanya untuk meminta kekuatan dan kesembuhan hati saya.. namun belum juga hilang… mslah jodoh sya tak ambil pusing, allah pasti mmbri yg trbaik suatu saat.. namun kesembuhan hati dan pikiran yg ingin sekali saya dptkan.. bagaimana pak ustad adalah kiat2 tertentu..

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Imam Ghazali mengatakan berpisah dengan yang dicintai itu amatlah sakit. Karena itu cointailah sesuatu yang abadi dan tidak akan pernah berpisah dari kita yaitu Allah. Dunia dan segala isinya pasti lenyap , dan kita pasti akan berpisah dengan dunia , berpisah itu amat sakit, karena itu jangan mencintai dunia secara berlebih lebihan.

      Ikhlaskan perpisahan kamu dengan lelaki itu, semua itu tidak akan terjadi tanpa izin dan kehendak Allah. Cinbtailah Allah diatas segala galanya. Apa yang kamu sangka baik belum tentu baik menureut Allah, apa yang kamu sangka buruk belum tentu buruk menurut Allah. Kita manusia ini sering salah lihat, salah dengar dan salah mengambil keputusan.

      Hibur diri kamu dengan mende ngar tadabur pada artikel AYAT QUR’AN UNTUK MENGHILANGKAN RASA CEMAS dan pada artikel TADABBUR QUR’AN UNTUK MEMNGHILANGHKAN CEMAS STRESS DAN GELISAH diblog ini

  146. hana says:

    Assalamualaikum ,

    Syukran ustad kerana banyak ilmu dapat saya peroleh dari website ustaz. Saya doakan agar ustad famili sentiasa dirahmati Allah. Saya pengunjung dari Malaysia. Mohon maaf jika ada kesilapan dari segi bahasa pertuturan atau penulisan.

    Ustad, alhamdullilah saya khatam Quran selesai bulan Ramadhan tahun lepas. Semasa khatam, saya berniat akan terima saja siapa jodoh saya jika ada orang datang merisik. Saya pernah beberapa kali menolak lamaran sebelum itu kerana takut kecewa. Saya janda.

    Alhamdullillah doa saya dikabulkan Allah. Seminggu selepas itu,ibu jiran saya merisik saya. Sesuai dengan doa saya, saya mahu duda. Yang masuk merisik juga seorang duda.

    Masalah timbul setelah kami berkenalan. Kami banyak bedanya atau different. Hobinya suka tengok cinema. Saya pula memang tidak suka ke cinema sebab saya percaya tidak elok sebab berdua-dua ke sana dan duduk di tempat gelap.

    Saya terus istikharah selepas itu, tapi setiap kali istikharah kami kami jauh. Kami hanya bertemu sekali masa berkenalan. Masing-masing sibuk dan tiada masa jumpa kemudian hari. Tapi pada masa sama, saya cuba paksa diri saya terima dia seadanya sebab saya percaya dia jodoh saya. Allah dah makbulkan doa khatam Quran saya sebelum ini.

    Masalah timbul sebab selepas saya mula sayang dia, minggu lepas saya dapat berita dia mahu berkahwin balik dengan bekas isteri dia. Dia dan saya sudah putus.

    Saya benar benar sedih ustaz. Saya banyak kali tanya diri saya betulkah dia bukan jodoh saya? Kenapa Allah makbulkan doa khatam Quran saya jika dia bukan jodoh saya?

    Saya sekarang sudah mulai ikuti nasihat ustaz, tadabbur al Fatihah setiap kali selepas Subuh dan maghrib. Insyaallah saya akan terus istiqamah Tahujjud saya setiap malam.

    Mohon bantuan ustad.

    Syukran dan terima kasih ustaz

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Percayakanlah masalah jodoh kamu pada Allah, minta tolong padaNya dengan sabar dan istiqomah. Pilihan Allah tidak pernah meleset dan mengecewakan. Saya sudah buktikan 2 kali berumah tangga yang pertama shalat malam selama 2 tahun lebih dan yang kedua selama 1,5 tahun . Alhamdulillah saya rasakan pilihan Allah amat menakjubkan dan tidak pernah keliru. kalau pilihah kita sendiri , kita sering salah dengar, salah lihat dan salah mengambil keputusan.

      Apa yang kita sangka baik belum tentu baik menurut Allah, apa yang kita sangka buruk belum tentu buruk menurut Allah. Pilihan Allahlah yang terbaik.

  147. fuad hadi says:

    Assalamualaikum, sangat menginspirasi ustaz. Trima kasih

  148. ranti andrasari says:

    assalamu’ alaikum wr. wb, ustad mohon copy dan mengamalkannya taddabur alfatihah. terima kasih

  149. wati says:

    Asalamu’alaikum Wr. Wb. Pak Ustadz

    Nama saya Wati, saat ini saya mengalami ketakutan dan keraguan yang cukup besar. Saya telah menjalani pacaran dengan salah seorang teman kuliah selama 7 tahun (3 tahun satu kota dan 4 tahun LDR). Kami berencana menikah dalam tahun ini (2015). Entah kenapa saat ini perasaan dan logika saya bercampur aduk. Sikap dia yang cuek dan tidak pernah konkret membuat saya ragu. Tahun lalu kami sempat putus (karena dia tidak perhatian dan saya menilai dia tidak serius) dan saya hampir di lamar oleh seorang pemuda lain yang serius untuk menikahi saya. Namun dia meminta balik kepada saya, dan berjanji mau berubah dan memberikan yang terbaik. Dia memohon ingin kembali kepada saya dan berniat serius untuk menapaki hubungan serius (pernikahan). Akhirnya saat itu,karena chemistry yang terjalin sudah cukup kuat,saya memutuskan untuk menolak lamaran pemuda tersebut dan memberi kesempatan kedua kepada pacar saya saat ini. Kami telah membicarakan hal ini kepada pihaK keluarga. Kedua pihak keluarga sudah saling bertemu dan akan menetapkan perencanaan pernikahan sehabis lebaran tahun 2015 ini.

    Saya dan dia sama sama memiliki kekurangan. Saya sudah mengungkapkan kepadanya, bahwa saya mau menjadi sosok yang lebih baik dimatanya. Akan tetapi kenapa sepertinya di matanya saya tidak berati baginya? Dia hanya berkomunikasi seperlunya. Dan sibuk dengan rencananya yang saya sendiri terkadang tidak mengerti apa mau dia sebenarnya. Pak Ustadz, tadi malam kami berdebat serius. Saya yang selalu cerewet di matanya, juga dinilai terlalu banyak menuntut dan dia mengungkapkan bahwa dia muak dengan tuntutan saya Pak Ustadz.Apakah saya salah menanyakan apa rencana kami kedepan dikarenakan dia yang masih terlihat nyantai dan sibuk dengan dunianya. Pak Ustadz,saat ini saya ragu apakah mau melanjutkan hubungan ini ke tahapan ke pernikahan atau melepaskan dia. Di satu sisi kedua belah pihak keluarga sudah mengetahui rencana pernikahan kami berdua. Orang tua dan keluarga dia juga sudah mengenal baik saya. Tapi di hati saya, ada keraguan dan ketakutan akan pilihan saya. Apakah dia memang jodoh yang baik untuk saya atau kah karena karna saya sudah lama mengenalnya. Apakah pilihan saya tersebut benar atau salah…

    Wassalam

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Kita memang sering salah lihat, salah dengar dan salah pilih karena kemampuan kita yang amat terbatas. Mintalah agar Allah yang memilihkan jodoh buat kamu. Mintalah kepastian pada Allah apakah dia memang jodoh kamu atau bukan. Lakukan shalat malam setiap hari bacalah doa tadabbur alfatihah untuk mendapatkan jodoh yangserasi seperti dicontohkan pada artikel diatas..

      Kalau dia memang baik bagi kamu niscaya dia akan mendekat dan urusan perjodohan kamu dengan nya akan berjalan dengan mulus. Jika dia tidak baik bagi kamu niscaya dia akan menjauh dan perjodohan kamu dengan nya akan mendatang rintangan yang sulit diatasi, namun demikian Allah akan mendatangkan jodoh yang lebih baik bagi kamu sebagai gantinya.

      Kuatkan doa dan permintaan kamu pada Allah, jangan biarkan diri kamu terombang ambing dalam keraguan terus menerus. Keraguan itu datangnya dari setan, kepastian itu datangnya dari Allah.

  150. yulies says:

    Ass.. Pa ustadz
    Di diri saya tidak ada mentl bloging. Tapi adanya pada diri saudara saya. Beliau mengatakan ‘kata Allahnya kamu jangan dulu menikah, bantu dulu saya, karena kamu dapat kerja dari saya. Klo kamu menikah belum buat anak-anak kamu ‘. Belum ucapn2 yg tidak pantas lainnya. Apakah mental bloking saudara saya menghalangi jodoh saya. Saya luar biasa usaha selalu mnghdapi mslah. Berdo’a terus, banyak jln jodoh tapi bnyk yg brmasalah. Tapi rejeki selain jodoh banyak. Tau saya bnyk rejeki saudara saya malah minta dido’akn agar cepat mnikah. Anehnya selang sebentar anak sdr saya dapat jodoh yg disukai dg mudahnya. Tapi setelah brhasil sdr saya tidak merasa di bantu saya. Sdr saya menganggap anaknya yg hebat, lincah. Padahal sebelumnya selalu berusaha sekuat tenaga selalu gagal. Gimana menurut bpk ? Trms.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Rasulullah mengatakan bahwa nikah itu adalah separuh dari agama, siapa yang nikah maka dia sudah menjalankan separuh dari agamanya tinggal dia menjaga yang separuh lagi. Orang yang sudah matang untuk nikah namun selalu menundanya , maka dia amatb dekat dengan setan.

      Pola fikir saudara kamu itu amat keliru, tidak usah diikuti, kalau kamu ikuti yang menanggung akibatnya ya kamu sendiri. . Ikluti petunjuk pada artikel diatas, mintalah jodoh yang serasi bagi diri kamu dengan mengerjakan shalat tahajud setiap hari , kemudianj baca doa tadabbur alfatihah unutk mendapatkan jodoh seperti yang dicontohkan pada artikel diatas. Mudah mudahan Allah memberikan hjodoh yang serasi membawa kebahagiaan bagi kamu didunia dan akhirat.

  151. Nur Ismiati says:

    Assalamualaikum wr.wb
    Pak ust. saya ingin bertanya .
    saya sedang tertarik dgn laki laki berumur 32th yg profesinya sbg dosen, guru, dan penceramah.
    dia adalah dosen kakak saya yg meminta dikenalkan wanita karna statusnya yg masih jomblo. dan kakak saya mengenalkannya kpd saya. selama ini kami hanya berkomunikasi via whatsapp dan itupun sangat jarang sekali. karna jika saya tdk bertanya hal hal yg mengenai agama dia tdk menyapa saya duluan. itupun juga hanya 1-2 kali dibalas dgn dia. saya terlanjur tertarik dgn kepribadian dan pengetahuan agama yg dimilikinya. dia sangat tipe idaman suami soleh. menurut kakak saya dia orang yg rada pemalu dan grogian.

    saya minta saran bagaimana cara mendekati laki laki tipe seperti itu agar dia tdk risih dengan kita dan mengerti kalau kita tertarik dgn dia. apakah wajar jika saya menyatakan perasaan kpd dia dan berharap jika dia menjadi suami saya karena kesolehannya.n
    dan kira kira apa penyebab dia jarang balas whatsapp jika tdk terlalu penting hal yg dibahas. apa dia tdk tertarik dg saya atau ada penyebab lain?

    Terima kasih .
    saya sangat berharap ada solusi dibalik keresahan hati saya ini.
    wassalam.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Kalau kamu memang serius mintalah pertolongan pada Allah dengan mengerjakan shalat malam atau tahajud setiap hari, selesai tahajud bacalah doa tadabbur alfatihah untuk memelihara dan mendapatkan jodoh seperti yang saya sampaikan pada artikel diatas.

      Jika dia memang jodoh kamu maka semua urusan akan jadi mudah tidak ada rintangan yang berarti, jika dia bukan jodoh kamu maka dia akan menjauh dan Allah akan mendatangkan gantiinya yang lebih baik bagi kamu.

      Sebaiknya dia tahu bahwa kamu menaruh simpati padanya, tapi jangan kamu sampaikan langsung. Kamu bisa minta bantuan kakak kamu itu.

  152. tri says:

    Assalamu”alaikum Pak Ustad…
    Alhamdulillah bisa membaca dan menemukan ulasan yang sangat bermanfaat ini…
    Pak Ustad, mohon saya dikirimkan tadabbur surat al fatikah. terima kasih

  153. andy says:

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..
    Buya boleh sy langsung sj ke inti prsoalan hidup yg sy alami…!? Mohon pencerahanny…!

    Jadi begini, sudah hampir setahun lebih sy intens/dekat dengan seorang wanita yg tdk lain adalah spupu satu kali sy..awal mula kami dekat sewaktu dia telah mnyelesaikan kuliahny di semarang & balik kampung halaman makassar (kami org sulsel) buat cari kerja.
    Disini lah brmula dia menginvite sy duluan via bbm..disitu kami mulai saling crita soal study kuliah n kgiatan stelah kuliah.. (Tahun” sbelumnya Walau kami sepupu skali, tp boleh dibilang kami jarang skali brtemu misal dlm acara kluarga, kalopun brtemu itu dlm rangka hari raya sj sperti idulfitri, itupun krn sy orangnya introvert / pendiam sdikit pemalu jd jarang brkomunikasi dgn kluarga besar kami apalagi spp prempuan, membuat sy tdk trlalu mngenal dia slama ini)..

    Nah dr brmula prkenalan kami di bbm saling kirim pesan / krn dia yg awalny invite bbm sy..jd dia biasany curhat soal pacarnya yg di smarang, jd mreka ldr..
    Nah stelah idulfitri di tahun 2013 itu, dia sering ngajak sy tuk jalan” misal makan atau nonton, intiny dia sperti antusias ingin jalan sm sy, entah mgkn krn dia ada rasa atau bgaimana atau mgkn krn slm ni sy orgnya trtutup tau” bisa saling trbuka via bbm jd memungkinkan tuk leluasa saling tegur sapa..

    Stelah sering dia membujuk sy tuk jalan, sy akhirny mnyetujui, (walau dr awal sy tdk trbiasa jln dengan prempuan jd sering sy tolak scr halus tp akhirny sy mau jg).. Nah stelah kami jln sharian (jln hanya sbatas spupu), mgkn dlm shari pagi & malam kami jalan makan atau skedar ke mall..
    Nah seminggu 2minggu stelah idulfitri kami jalan 2hari klo tdk salah, habis itu dia balik ke manado lg (krn dia kerja penempatan daerah sana). Setibanya di manado dia bbm sy klo dia diputuskan sm pacarnya yg di smarang (tmn kuliah yg sdh 3thun mreka jalani), dia curhat pcr ny mmg agak temperamen sering kasar bcr nya sm dia…

    Stelah dia diputuskan, hari” dia habiskan curhat ke sy bgitupun sy demikian, mgkn dia ada rasa sm sy, smpe” dia bbm mengatakan ke sy ” kalau sy ada rasa dia membuka diri lagi, krn saking seringnya kami bbman, sy akhirny mengiyakan klo sy jg suka sm dia (walau hati sy belum mrasakan hal yg sama yg dia rasakan).

    Sebulan lebih kami intens bbm / telpon / sms, satu waktu sy trnyata belum kurang sreg bahkan kdang bkin sy illfeel sdkt, kmudian sy brterus terang klo hatiku belum mrasakan apa yg dia rasa, setelah itu seminggu sy tdk bbm dia. Krena sminggu tdk ad kbr dr dianya jg, membuat sy mrasa sdkt kasihan (dalam artian sy brpikir & merasa tdk enak ada prempuan yg begitu baik yg suka sm sy) okelah sy mencoba buka diri sm dia, dan sy menghubungi dia kembali dr situlah hati sy mulai trbuka suka sm dia…

    Dan pada bulan November 2013, kami brtemua lg di Jakarta (acara nikahan kakak tertua sy). Disitu sy menemui dia (sy ingin meyakinkan hati sy apa mmg ini prempuan benar” serius dlm artian brsedia dijadikan istri /bkn pacaran), setelah saling brtatap melihat betul dalam” matanya, disitu hati sy benar” mantap mrasakan keyakinan dia benar” serius ada hati sm sy & begitu juga sy brkata dalam hati klo ini yg bakal jadi istri sy, & sy mengatakan apakah kamu mau jd istri ku (dan dia mengiyakan)…

    Sedikit crita di tahun 2012 sy sering memang memanjatkan doa minta jodoh, dr situ sy brkeyakinan apa ini mmg jodoh yg Allah tunjukkan dmn awalny sy belum ada rasa sm dia, kemudian hatiku trbuka klo inilah orangnya…

    Setelah prtemuan di Jakarta itu, dia balik Manado lagi, sy kembali ke Makassar, sy mengatakan ke dia klo sabar” menanti In sha Allah hatiku mantap ingin melamar dia saat wktu yg tepat..
    Saat itu sy mmg belum dapat kerjan, ketimbang dia yg sdh bekerja, jd sy belum ad keberanian bicara langsung ke orangtuanya disamping itu jg adat budaya kami org sulsel jika ingin menikah membutuhkan biaya yg tdk sedikit (minim 50jtan), krn ortu sy yg pas”an jd kendala buat melamar dia..

    Nah krn keadan demikian, dia tdk trlalu mempersoalkan, yg jelas dia mengatakan dia akan sabar menunggu sy…

    Tdk lama dia kerja di manado, sy menyarankan dia tuk pindah kerja saja di makassar biar dkt dgn orangtuanya ( krn ortunya sering sakit”, tp mmg dia dr kluarga berada).. Dan akhirny dia memutuskan tuk kembali ke mks, meninggalkan pekerjannya di manado, itu semua krn apa” yg sy sarankan baik” dia ikuti..

    Nah di makassar, kami sering jalan, cari kerja sama-sama , pokoknya kami saling support, dll… Selama kami sering intens itu, dia memang sangat patuh apa yg saya arahkan tnp protes atau marah sdkt pun, yg dulunya dia jarang sholat tepat waktu sy arahkan dia ikuti, dulunya dia berhijab setengah” skrg jd betul” serius brbusana sopan…pokoknya dia bagaikan wanita idaman tuk istri sholeha…! Malah dia sering meragukan sy klo dia takut sy berubah, & sy berkali” sdh yakin kan klo sy tdk akan brubah krn hati sy sdh mantap bgitupun dia…!!!

    Tapi semua berbeda ketika :
    Setelah setahun kami intens dekat, barulah kejadian yg tak terkira diluar dugaan sy, dia benar” berubah 180derajat membuat hati sy hancur Buya…!!!
    Bulan februari 2015 ini, satu kejadian malam, dia bbm sy klo ortunya memarahi dia krn ada paman (spupu dr bokapnya dia) yg prnah menelpon dia (sy larang dia mengangkat telpony krn paman trsebut sdh bristri bahkan mnjurus ingin mendekati spp sy itu) dgn alasan itu sy larang Buya..
    Stelah dia bbm sy klo dia hbs dimarahin sm ortunya (sebenarnya orangtuanya tdk tau menahu soal kelakuan ‘paman jauh trsebut’ yg punya niat lain)..
    disitu rasa cemburu sy meledak tdk karuan dan mengatakan yg tdk” ke dia smp sy menyebut-nyebut sikap orangtuanya yg selama ni mmbuat sy kurang sreg trkadang”…! Smp sy mngatakan lwt bbm dgn spontan tdk sdr (sbenarny ni cm prkataan emosi sesaat) kira bgini “sdh hapus kontak sj kt jgn ktemu lg…”
    Setelah kejadian malam itu, Brselang sehari baru dia bbm sy klo dia sdh tdk mau lg intens dgn sy…! Disitulah sy mulai nyesal se nyesal nya smp sy minta maaf smp sy nangis Buya sy blg sy tdk mngulangi lg itu hanya kehilafan sy tidak brmaksud serius ngomong bgitu…
    Tp dia ttp brpendirian & tetap brkeras hati sdh tdk sreg hatinya ke sy (katanya). Sejak saat itu sdh sebulan lebih bahkan masuk 2bulan ini sy tersiksa atas perubahan sikapny yg skrg sdh membentak sy tdk lemahlembut lg spertu dulu, bahkan sy sdh smp sy memohon” ttp tdk merubah apapun katanya. Dia blg hatinya belum trbuka lg (padahal sangat jauh brbeda kali prtama kt kenalan). Ini yg membuat sy trpuruk Buya smp kerjan sy tiap harinya cuma melamun hati terasa pedis batin trsiksa.

    Tiap habis sholat sy selalu brdzikir agar lebih tenang bahkan sy brdoa hlgkan rasa sy yg brlebihan ini padanya,.
    Prnh kami jalan lagi stelah dia berubah tp ttp pembawannya sekarang malah dianya yg sering jengkel bahkan illfeel ke sy.. Dia memperingatkan sy klo jgn intens lg bbm sms telpon krn itu membuatny smakin hilang rasanya sm sy nantinya..sejak saat itu (sdh seminggu ini) sy sdh tdk hubungi dia lg Buya…
    Pesan dia cm blg jodoh di tangan Tuhan, doakan saja semoga sy bs luluh kembali.katany dia msh syg sm sy tp sikapny yg cuek menghindar tdk menunjukkan demikian, yg paling pedih ketika dia berkata klo dia membuka diri juga ke orang lain…disitulah sy heran kaget shock..seumur hidup baru kali ini mngalami sperti ini Buya..

    Prtanyaan saya, apa yg harus sy lakukan Buya untuk menenangkan hati sy yg terluka ini ? Org yg tdk sy sangka akan berubah secepat itu !
    Prtanyan sy yg kedua, apakah ada amalan yg bs membuat hatinya luluh kembali ?
    Prtanyan ketiga, sy sempat curiga apakah brubahnya krn ad org ketiga atau dia digunai (mengingat sebelum perubahanya itu dia sempat sakit seminggu, belum lagi ayah/paman sy jg yg mmg biasa sakit krn kena guna”) tp dia mengatakan tdk & sy prcaya itu, malah dia tdk mempersoalkan kejadian malam itu lg dia malah menyebut/mempersoalkan satu” semua sikap saya yg krg bgs (memang kadang sy ngambekan & mendiami dia tp itu bukan berarti hati sy brubah),
    sy tepis dengan mngatakan “baik sy akan memperbaiki itu semua, tp tetap dia malah menjauh jaga jarak tdk ingin intens lg, giliran sy tanya kalo demikian sy lamar segera (krn sy sdh kerja skrg), dia cm bilang dia tdk ingin menikah dulu (padahal dulunya dia menggebugebu).
    Itulah yg membuat sy gundah gulana galau bingung hati terluka moodnya sudah tdk ada lg sm sy Buya…!

    Terakhir sy sdh introspeksi diri, memang sewaktu sy kuliah sy sempat pcaran jg dgn tmn kuliah sy, & kami putus stelah 3tahun pacaran, mgkn krn mantan sy itu sakit hati, sehingga Allah menegur sy dgn kejadian ini, tp setelah kejadian menimpa sy ini, sy teringat mantan sy & segera menelponnya meminta maaf jangan” mantan sy itu msh menyimpan rasa sakit hati & saling mndoakan kebaikan, dan alhamdulillah mantan sy itu memafkan tdk ada kata dendam apalagi benci…

    Mohon pencerahannya Buya, semenjak perubahan dia, sy browsing internet cr amalan” akhirnya nemu website Buya,makanya sy segera konsultasikan problema cinta sy… Sebelum dan sesudahnya sy ucapkan terimakasih atas jawaban dari prtanyaan sy ini…! Maaf kepanjangan ceritanya !

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Untuk masalah jodoh kamu berserah dirilah sepenuh ya pada Allah, mintalah pada Allah agar Dia memilihkan jodoh terbaik buat diri kamu. Hati hatilah dunia ini penuh tipu daya dan kepalsuan, apa yang kamu sangka baik belum tentu baik menurut Allah. Demikian pula apa yang kamu sangka buruk belum tentu buruk menurut Allah. Mata kita sering salah lihat, mulut sering salah ucap, telinga sering salah dengar dan kita sering salah mengambil keputusan. Allah tidak pernah salah dalam mengambil keputusan.

      Mohonlah pada Allah agar kamu mendapat jodoh yang serasi dengan mengerjakan shalat malam atau tahjajud setiap hari. Disela sela shalat malam bacalah tadabbur alfatihah untuk memelihara dan mendapatkan jodoh seperti yang saya sampaikan pada artikel KIAT MENCARI JODOH YANG SERASI diblog fadhilza.com. jika wanita itu memang jodoh kamu maka semua urusan akan jadi mudah, namun jika dia bukan jodoh kamu niscaya dia akan bertambah jauh dari kamu dan Allah akan menggantinya dengan yang lebih baik dari itu. tatacara shalat malam atau tahajud bisa kamu ikuti sesuai panduan pada artikel KHASIAT DAN MANFAAT SHALAT MALAM ATAU TAHAJUD diblog fadhilza.com

      Lakukan semua kegiatan tersebut diatas dengan sabar dan tekun insya Allah kamu akan mendapatkan jodoh yang serasi membawa rahmat dunia dan akhirat. Bisa juga jodoh kamu adalah wanita itu bisa juga tidak . Kamu jangan memaksakan kehendak kamu pada Allah, biarkan Allah yang memilih dan menentukan jodoh kamu. Dia akan memberi yang terbaik bagi kamu.

  154. Maya says:

    assalamualaikum ustad, semoga ustad selalu dlm lindungan allah swt,

    ustad saya memiliki beberapa problem ataupun masalah, saya memiliki seorang adik perempuan yg sangat2 saya cintai…

    singkat cerita saat ini usia adk saya 22thn, ia memiliki pasangan ataupun pacar padahal saya melarang keras kalo adk saya memiliki kedekatan yg cuku spesifik dgn lawan jenisnya, saya pikir pacaran itu tidak perlu dan tidak di anjurkan di dalam islam,

    laki2 yg adk saya kenal tersebut menurut saya tidaklah baik kalo di jadikan imam untuk ia kelak… laki2 tersebut tidak memiliki sopan santun terlebih2 pola pikir laki2 tersebut kekanak2kan dan banyak sekali yg tidak masuk akal kesanya seperti mengada2.. bahkan laki2 tersebut mengaku2 ahli ibadah… padahal notabenenya tidak sedikitpun keluarga kami liat kalok dia memiliki pemahaman agama yg baik..

    adk saya berhasil di tipu daya olehnya… terlebih laki2 tersebut melakukan apapun untuk mendapatkan hati adk saya…

    tiba suatu saat saya bicara 4 mata dgn adk saya dari bahasa yg halus sampai dengan nada tinggi.. saya menegaskan kalo laki2 tersebut tidaklah baikk untuknya…

    adk saya tidak terima dgn apa yg saya ucapkan… bahkan adk saya tega2nya mencacimaki saya dgn kata2 yg kasar… meneriaki saya.. bahkan mengancam saya…

    ya allah tidak pernah sekalipun adk saya tidak menghargai saya…. semenjak adk saya mengenal laki2 tersebut ia mampu merendahkan dan mencaci saya… saya rasanya sedih perasaan saya campur aduk.. ketika adk saya memperlakukan saya seperti itu saya sudah tidak mampu untuk berkata apa2…. saya seperti tidak mengenal adk saya sendiri… dia seperti org asing bagi saya.. saya sakit hati ustad… rasanya saya tidak mampu menerima dan memaafkan perbuatan adk saya

    ya allah ustad.. apa yg harus saya lakukan.. saya benar2 habis akal harus bagaimana lagi dan apa yg harus saya lakukan… saya sangat tidak ingin adk saya mengenal laki2 yg tidak mengenal agama.. dan memberi makan adk saya dengan uang RIBA…

    ya allah ustad bukanya allah membenci siapapun yg mengerjakan riba… apalagi kalok uang riba itu telah mendarah daging.. apa yg harus saya pertanggungjawabkan kelak dihadapan allah jikalau saya gagal membimbing ataupun menyelamatkan adk saya dari perbuatan dosa..

    saya ucapkan terimakasih banyak ustad wassalamualaikum wr wb ..

  155. Tita says:

    Assalamualaikum,
    selama beberapa waktu ini saya sudah mengerjakan taddabur al fatihah, alhamdulillah saya lebih tenang. Saya putus dari pacar saya yg telah menjalin hubungan selama 2 tahun, padahal kami sudah niat untuk menikah tahun depan. Rupanya Allah swt menunjukkan jalan yang terbaik krn sifatnya ternyata tak seperti yang saya banyangkan, keluarganya memiliki latar belakang terkena gangguan skizofrenia. Saya sudah menerima semua kekurangan dia dan keluarganya.
    Saya bersyukur dgn semua ini, saya juga sudah masih memaafkan dia. Setelah saya putus, saya sempat menfoba taaruf dgn seorang pria tp ternyata tak lanjut krn dia terpaksa menganggur. Saya juga sudah membuka hati saya untuk pria lain namun pria itu justru mengecewakan saya.

    dengan adanya dua kejadian itu, saya jadi sempat berpikir, apakah saya memang berjodoh dengan mantan saya. Bahkan, saya tak mempermasalahkan jika akhirnya saya berjodoh dengan dia meski orang di sekitar saya, termasuk orangtua saya meragukannya Karena latar belakang keluarganya dia. Apa yang saya harus lakukan pak ustadz?

  156. Ita says:

    Assalamualaikum,
    selama beberapa waktu ini saya sudah mengerjakan taddabur al fatihah, alhamdulillah saya lebih tenang. Saya putus dari pacar saya yg telah menjalin hubungan selama 2 tahun, padahal kami sudah niat untuk menikah tahun depan. Rupanya Allah swt menunjukkan jalan yang terbaik krn sifatnya ternyata tak seperti yang saya banyangkan. Selama ini, pembicaraan mengenai pernikahan memang alot, keluarganya overprotektif dan beranggapan pernikahan membuat karier dan pendidikan terhambat. Selain itu, keluarganya memiliki latar belakang terkena gangguan skizofrenia. Saya sudah menerima semua kekurangan dia dan keluarganya.
    Saya bersyukur dgn semua ini, saya juga sudah masih memaafkan dia. Setelah saya putus, saya sempat menfoba taaruf dgn seorang pria tp ternyata tak lanjut krn dia terpaksa menganggur. Saya juga sudah membuka hati saya untuk pria lain namun pria itu justru mengecewakan saya.

    dengan adanya dua kejadian itu, saya jadi sempat berpikir, apakah saya memang berjodoh dengan mantan saya. Bahkan, saya tak mempermasalahkan jika akhirnya saya berjodoh dengan dia meski orang di sekitar saya, termasuk orangtua saya meragukannya Karena latar belakang keluarganya dia. Apa yang saya harus lakukan pak ustadz?

  157. Ganie, Indra - Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia says:

    Izinkanlah saya menulis / menebar sejumlah doa, semoga Allaah SWT mengabulkan – KHUSUSNYA TERKAIT JODOH. Aamiin yaa Allaah yaa rabbal ‘alamiin.

    Lebih dan kurang saya mohon maaf. Semoga Allaah SWT selalu mencurahkan kasih sayang kepada kaum Muslim : yang hidup dan yang mati, di dunia dan di akhirat. Aamiin yaa Allaah yaa rabbal ‘aalamiin.

    PEMBUKA :

    Asyhaduu anlaa ilaaha illallaah wa asyhaduu anna muhammadarrasuulullaah

    A’uudzubillaahiminasysyaithaanirrajiim

    Bismillahirrahmaanirrahiim

    Alhamdulillaahi rabbil ‘aalamiin,
    Arrahmaanirrahiim
    Maaliki yaumiddiin,
    Iyyaka na’budu wa iyyaaka nasta’iin,
    Ihdinashirratal mustaqiim,
    Shiratalladzina an’amta alaihim ghairil maghduubi ‘alaihim waladhaaliin

    Aamiin

    Bismillaahirrahmaanirrahiim

    Alhamdulillaahirabbil ‘aalamiin, hamdan yuwaafi ni’amahu, wa yukafi mazidahu, ya rabbana lakal hamdu. Kama yanbaghi lii jalaali wajhika, wa ‘azhiimi sulthaanika.

    Allaahumma shalli wa sallim wa baarik, ‘alaa Sayyidinaa wa Nabiyyinaa wa Maulaanaa wa Maulaanaa Muhammadin wa ikhwaanihii minal anbiyaa-i wal mursaliin, wa azwaajihim wa aalihim wa dzurriyyaatihim wa ash-haabihim wa ummatihim ajma’iin.

    Ya Allaah, berilah shalawat serta keselamatan dan keberkahan, untuk junjungan, nabi dan pemimpin kami Muhammad SAW dan saudara-saudaranya dari para Nabi dan Rasul, dan istri-istri mereka semua, keluarga mereka, turunan-turunan mereka, dan sahabat-sahabat dari semua Nabi dan Rasul, termasuk Sahabat-Sahabatnya Nabi Muhammad semua dan semua yang terkait dengan Nabi Muhammad SAW.
    ALLAAHUMMAFTAHLII HIKMATAKA WANSYUR ‘ALAYYA MIN KHAZAA INI RAHMATIKA YAA ARHAMAR-RAAHIMIIN.

    Ya Allaah bukakanlah bagiku hikmah-Mu dan limpahkanlah padaku keberkahan-Mu, wahai Yang Maha Pengasih dan Penyayang

    RABBI INNII LIMAA ANZALTA ILAYYA MIN KHAIRIN FAQIIR.

    Yaa Rabb, sesungguhnya aku sangat memerlukan suatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku.

    RABBI LAA TADZARNI FARDAN WA ANTA KHAIRUL WAARITSIN.

    Ya Allaah janganlah engkau tinggalkan aku seorang diri dan engkau sebaik-baik dzat yang mewarisi. (QS. Al-Anbiya-i’: 89).

    اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

    “Allaahummaghfirlii waliwaalidayya war hamhumaa kama rabbayaanii shagiiraa”.

    “Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan Ibu Bapakku, sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil”.

    “Ya Tuhan kami, ampunilah aku, kedua orang tuaku, dan sekalian orang-orang mu’min pada hari terjadinya hisab (hari kiamat ).” (QS. Ibrahim: 41).

    “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada keturunanku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.” (QS. Al-Ahqaaf: 15).

    Allaahumma innaa nas’aluka salaamatan fiddiini waddun-yaa wal akhirati wa ’aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wabarakatan firrizqi wa taubatan qablal mauti, wa rahmatan ‘indal mauti, wa maghfiratan ba’dal maut. Allahuma hawwin ‘alainaa fii sakaraatil mauti, wannajaata minannaari wal ‘afwa ‘indal hisaab.

    Ya Allaah, sesungguhnya kami memohon pada-Mu keselamatan dalam agama, dunia, akhirat, kesejahteraan/kesehatan jasmani, bertambah ilmu pengetahuan, rezeki yang berkat, diterima taubat sebelum mati, dapat rahmat ketika mati dan dapat ampunan setelah mati. Ya Allah, mudahkanlah kami pada waktu sekarat dan selamatkanlah kami dari api neraka serta kami mohon kemaafan ketika dihisab.

    Allaahumma inna nas aluka husnul khaatimah wa na’uudzubika min suu ul khaatimah.
    Ya Allaah, sesungguhnya kami memohon pada-Mu akhir yang baik dan berlindung dari akhir yang buruk.

    Allaahuma inna nas’aluka ridhaka waljannata wana’uudzubika min shakhkhatika wannaar.

    Ya Allaah, sesungguhnya kami mohon keridhaan-Mu dan sorga, kami berlindung kepada-Mu dari kemurkaan-Mu dan siksa neraka.

    Ya Allaah, terimalah amal saleh kami, ampunilah amal salah kami, mudahkanlah urusan kami, lindungilah kepentingan kami, ridhailah kegiatan kami, angkatlah derajat kami dan hilangkanlah masalah kami.

    Ya Allaah, tetapkanlah kami selamanya menjadi Muslim, tetapkanlah kami selamanya dalam agama yang kau ridhai – Islam, tetapkanlah kami selamanya menjadi umat dari manusia yang paling engkau muliakan – Sayyidina wa Nabiyyina wa Maulaanaa Muhammad Shallahu’alaihi wa alihi wa shahbihi wa ummatihi, wa baraka wassallam.

    DOA MOHON JODOH (UMUM) :

    Rabbana hablana min azwaajina, wa dzurriyyatina qurrata a’yuniw, waj’alna lil muttaqiina imaamaa.

    Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami jodoh dan keturunan sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.

    Ya Allaah, aku mohon cukuplah Engkau saja yang menjadi pemeliharaku di dunia dan akhirat kelak. Dengarkanlah rintihan hamba-Mu yang dhaif ini. Jangan Engkau biarkan aku sendirian di dunia ini maupun di akhirat kelak. Sebab itu menjuruskan aku ke arah kemaksiatan dan kemungkaran. Maka, karuniakanlah aku seorang pasangan yang beriman, supaya aku dan dia dapat membina kebahagiaan / kebajikan hidup ke jalan yang Engkau ridhai. Dan karuniakanlah padaku keturunan yang shaalih

    DOA LELAKI MOHON JODOH :

    Rabbi hablii milladunka zaujatan thayyibatan akhtubuhaa wa atazawwaju bihaa wa takuunaa shhahibatal lii fid diini wa dun-ya wal aakhirah

    “Ya Rabb, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat”.

    Allaahumma inni as-aluka zaujatan hasanatan jamiilatan kaamilatan wa tsabbit qalbahaa iimaanan bika wa birasuulika fid dun-ya wal aakhirah.

    DOA PEREMPUAN MOHON JODOH :

    “RABBI HABLII MILLADUNKA ZAUJAN THAYYIBAN WAYAKUUNA SHAAHIBAN LII FIDDIINI WADDUNYAA WAL AAKHIRAH”.

    “Yaa Rabb, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia & akhirat”.

    PENUTUP

    Rabbanaa aatinaa fiddun-yaa hasanataw wa fil aakhirati hasanataw wa qinaa ‘adzaabannaar wa adkhilnal jannata ma’al abraar.

    Tuhan kami, berilah kami kebahagiaan di dunia dan kesejahteraan di akhirat, dan hindarkanlah kami dari siksaan neraka serta masukanlah kami ke surga bersama orang-orang baik.

    Rabbanaa taqabbal minna innaka antassamii’ul aliimu wa tub’alainaa innaka antattawwaaburrahiim. Washshalallaahu ‘alaa sayyidinaa wa nabiyyinaa wa maulaanaa muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa ummatihi wa baraka wassallam.

    Tuhan kami, perkenankanlah do’a-do’a kami, karena sesungguhnya Engkau Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Terimalah taubat kami, sesungguhnya Engkau Maha Menerima taubat dan Maha Penyayang. Shalawat, salam dan berkah semoga dilimpahkan kepada junjungan, nabi dan pemimpin kami Muhammad s.a.w, atas keluarganya, sahabatnya dan umatnya semuanya.

    HASBUNALLAAH WANI’MAL WAKIIL NI’MAL MAULA WANI’MAN NASHIIR.

    Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung, Dia adalah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong.

    Subhana rabbika rabbil ‘izzati, ‘amma yasifuuna wa salamun ‘alal anbiyaa-i wal mursaliin, walhamdulillahirabbil ‘aalamiin.

    Aamiin yaa Allaah yaa rabbal ‘aalamiin.

    Ganie, Indra – Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

  158. nugroho says:

    SUBHANALLAH… terimakasih pak fadhil atas sharingnya , kebetulan saat ini saya juga sedang dalam pencarian calon jodoh saya pak….karna saya orangnya introvert, jadi saya suka malu jika harus berkenalan dengan seorang wanita..saat ini saya sedang mengikuti rubrik biro jodoh online, secra diam2 karna saya merasa malu dengan kondisi saya saat ini..sudah berkepala 3 tapi belum juga berkeluarga, semoga kisah bapak bisa menjadi inspirasi buat saya dalam berjuang mencari calon istri yang sholehah.

  159. assalamualaikum pak ustadz,
    saya seorang pemuda berusia 30 tahun, saat ini saya ingin mendambakan seorang wanita yang mengerti dengan keadaan saya, bahasan diatas salah satunya menimpa saya yaitu tentang mental blocking salah satunya yaitu nasib keluarga saya terutama ibu karena ibu tinggal bersama saya,dan yang kedua adalah masalah pekerjaan yang belum mendapatkan yang lebih baik, karena gaji yang saya dapat amat sangat belum cukup untuk membiayai istri, saya dan ibu.

    saya ingin cepat menikah tetapi masih memikirkan tentang mental blocking tersebut, saya berfikir saya harus mendapatkan pekerjaan yang lebih baik terlebih dahulu lalu mencari jodoh, sekiranya pak ustadz bisa memberikan solusi bagi saya, tks sebelumnya wassalamualaikum,

    jika berkenan mohon dibalas ke email saya saja pak ustadz

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Kita memang dibatasi oleh kenyataan hidup dan kemampuan kita, itulah yang menyebabkan munculnya mental blocking. Mintalah pertolongan pada Allah dengan sungguh sungguh , karena Allah memiliki kemampuan yang tidak terbatas, Dia bisa menolong kita dengan cara yang tidak kita mengerti. Kerjakan shalat malam setiap hari secara rutin , bacalah doa untuk memelihara dan mendapatkan jodoh yang sudah saya sampaikan pada artikel diatas dengan sungguh sungguh.

      Untuk membuka pintu rezrki dan kehidupan kamu ikuti petunjuk dan bimbingan pada artikel MEMBEBASKAN DIRI DARI KESULITAN DAN PENDERITAAN HIDUP diblog ini. Kerjakan semua itu dengan sabar dan istiqomah , sampai datang pertolongan Allah pada kamu.

  160. furqon says:

    Assalamualaikum ..
    terima kasih untuk artikel yang sangat luar biasa ini pak …
    Saat ini saya berusia 24 th dan bekerja di sebuah perusahaan swasta di Jogja. Saat ini Saya sedang dekat dengan satu wanita yang membuat saya sangat sayang dan peduli, dari segi paras & fisik dia tidaklah sangat cantik dan seksi. Saya suka dengan sifatnya yang ceria dan childish. Sama sekali tidak membuat saya bosan saat kita jalan bersama. setelah kenal sekitar 1,5 bulan saya memberanikan diri bilang kalau saya suka dia, “Saya bilang kalau dia juga suka Saya,
    kita jalan dan jadian kalau cocok kita nikah dan jika memang tidak ada rasa suka dan cocok kita berteman saja” .. sampai sekarang dia belum menjawab, belum ada kata “YA” atau “TIDAK” yg keluar dari mulutnya untuk manjawab ajakan saya. Tapi kami tetap berkomunikasi seperti biasa, tetap jalan bareng sesekali seperti biasa. disaat-saat menunggu jawaban dengan galau seperti ini saya berusaha untuk lebih dekat dengan Allah. semenjak mengenal dia sebelum ramadhan tahun ini, saya berusaha untuk rajin beribadah awal waktu, sholat tahajud, sholat dhuha, berdoa agar mendapat jodoh bahkan akhir-akhir ini saya mencoba untuk lebih banyak bersedekah. terkadang saat Saya berdoa setelah sholat, saya merasa malu dengan Allah. kenapa saya baru mendekati Allah ketika saya sangat mengharapkan jodoh. kemana saja saya selama ini ? saya yakin Allah akan memberikan jodoh yang terbaik untuk saya, entah itu wanita yang dekat dan saya sayangi saat ini atau Allah akan mendatangkan jodoh lain yang lebih baik.
    Saya yakin artikel ini akan sangat bermanfaat bagi saya pribadi. Terima kasih untuk ilmu nya pak

  161. astria nurhermaya says:

    Assalamu’alakum pak ustadZ, mohon dikirimkan tadabur alfatihah ut mendapatkan jodoh terbaik & rezeki yg berkah, terimakasih

  162. Ririe says:

    Assalamu’alakum pak ustadZ,
    Saya telah menjalin hubungan dengan seorang laki2 selama 3 tahun. dan udh 1 bulan ini dia pergi meninggalkan saya tanpa kejelasan.. padahal saya selama 3 tahun ini menunggu dia. dan dia telah berjanji untuk menikah di tahun ini. saya pasrahkan semua kepada Allah SWT, saya sudah solat tahajud dan meminta yang terbaik kepada Allah SWT. Pak ustad jika berkenan mohon dikirimkan tadabur alfatihah ut mendapatkan jodoh . Terima Kasih bynk pak ustad

  163. Risma says:

    Assalammua’alikum ustad,

    Dengan kerendahan hati, bolehkah saya minta tolong dikirimkan adabbur Alfatihah untuk mendapatkan dan merawat tali jodoh?
    Saya berharap pacar saya yg baru memutuskan saya dapat kembali jika memang jodoh, karena akhi tsb telah membukakan mata hati saya lebih dekat dg Allah SWT. Jika berkenan, saya minta saran ustadz kapan waktu yg tepat untuk saya membacanya. Terima sebelumnya ustadz, Wa’alaikum salam

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Untuk mendapatkan jodoh yang serasi mintalah pertolongan pada Allah dengan mengerjakan shalat tahajud setiap hari secara rutin. Selesai tahajud bacalah doa tadabbur alfatehah unutk mendapatkan jodoh seperti yang disampaikan pada artikel tersebut diatas. Kamu bisa copy paste tadabbur itu dari artikel tersebut.

  164. Titik Wahyu says:

    Assalamualikum Ustad
    Saya wanita usia 23 tahun, dulu saya punya seorang yang dekat dengan saya bisa dikatakan pacar, saya coba berusaha bertahan selama 3 tahun dengannya, dan akhirnya saya harus pergi dari dia karna saya tidak kuat dengan menghadapi sikapnya yang semaunya sendiri, meskipun dia anak yang baik dan insyaallah agamanya juga baik dan juga dari keluarga baik-baik, tapi dia masih sulit untuk diarahkan, dan setelah 2 tahun kami pisah, saya masih sayang sama dia dan semoga sayang untuknya itu karna Allah, dan kami masih ada komunikasi walupun kadang dia hadir lalu menghilang, salahkah jika saya masih mengharapkannya, saya berdoa jika kami jodoh, semoga diberikan jalan yang indah dan disatukan dakam hubungan suci pernikahan yang lebih mendekatkan diri dan lebih taat kepda Allah SWT.
    mohon sarannya Ustad

  165. Annisa says:

    Assalamualaikum, afwan sy tdk bs download, bisa tolong dikirimkn lewat email? trimaksih sblumnya, artikelny sangt memotivasi

  166. annisa says:

    Assalamualaikum ustadz…
    Saya wanita berumur 37 tahun belum menikah. Belum lama ini saya bertaaruf dengan pria berumur 24 tahun. Setelah komunikasi kamu menemukan kecocokan, kami memiliki tujuan yg sama yaitu pernikahan sebagai media meningkatkan ketaqwaan kami kepada Allah. Sejauh ini kami saling mengingatkan hal2 yg dilarang Allah. Pertemuan kami ini membuat kami rajin belajar mengenai agama. Saya sangat bahagia sekali ketika dia menyampaikan niat utk menikahi saya kepada orang tua saya ustadz, namun sayangnya pihak keluarga besarnya menentang saya karena perbedaan umur yabg sangat jauh. Keluarga besarnya mendoktrin dia bahwa di umur saya sekian, maka akan saya seperti ini itu jika tua nanti, dan anak-anak akan seperti ini itu. Sedihnya lagi sekarang dia lebih memilih membenarkan pandangan keluarga besarnya ustadz dan telah memutuskan saya. Saat ini yang bisa saya lakukan hanyalah sholat, menambah sholat sunnah, membaca al-quran cukup intense, dan bertadzabur seperti yang ustadz sarankan. Hati kecil saya berkeyakinan, insyaallah dia adalah jodoh saya, karena saya masih ingat komitmen kami menikah adalah untuk meningkatkan kualitas ibadah dan saat itu kami bersama-sama terus belajar agama. Apa yang bisa saya lakukan ustadz, supaya dia bisa kembali dan keluarga besarnya menyetujui rencana menikah kami?. Saat ini saya hanya berkomunikasi sepatah dua patah ketika dia membangunkan saya utk sahur. Selebihnya tidak ada komunikasi karena dia menuruti permintaan keluarganya untuk tidak memberi harapan pada saya.

    Wassalamualaikum wr wb…

  167. Ismi says:

    Assalamualaikum pak ustad apakah saya diperkenankan untuk meminta ebook untuk mendapat jodoh dan tata cara sholat khusus. Terimakasih

  168. Ayu Nanda says:

    Assalamualaikum pak uztadz, sy minta tolong sya ingin sholat istikharah .. Bagaimana tuntunan sholatnya pak ? Kapan pelaksanaannya? Apa sja yg di baca pak ? Tlong dijawab ya pak.. Terimakasih

  169. Didi Maryadi says:

    terimakasih alhamdulillah paham hehehe

  170. sidhi hanno says:

    Assalamualaikum pak, perkenalkan saya umama. Saya ingin bertanya, jadi saya ini masih muda dan masih sebagai mahasiswa. Saya orang yang kurang tahu menahu tentang agama dan jarang sholat. Saya sadar saya merasa takut dan berdosa dan sebenarnya saya ingin tobat. Jadi begini, saya mempunyai pasangan yang sama seperti saya, jarang sholat dan kurang mendekatkan diri kepada Allah. Saya juga pernah melakukan zinah dengannya, saya sadar saya salah. Mulai awal saya dengan dia hanya melihat dia orangnya baik dan kaya. Tetapi selang beberapa lama saya merasa bahwa sikap dan perbuatannya banyak yang saya tidak sukai. Akhirnya saya memutuskan untuk mengakhiri hubungan saya. Tetapi dia malah pergi dengan cara minggat*an segala. Akhirnya saya putuskan kembali untuk menjalin hubungan lagi karena merasa kasihan. Dan yang sekarang ini saya sudaj jenuh dan tidak suka dengannya. Saya malah menyukai teman pacar sya karena kebaikannya dan sifat*nya yang cocok dengan saya dan saya lebih nyaman dengannya dari pada dengan pacar saya. Ternyata dia juga menyukai saya karena d rasa sama sama cocoknya. Saya sadar dan teman pacar saya sadar bahwa kami tidak bisa bersama karena pacar saya adalah temannya sendiri. Dan sekarang saya bingung, pacar saya mengajak saya untuk menikah, tetapi saya sudah tidak mencintainya lagi dan saya hanya merasa kasihan dengannya. Dan yang sebenarnya saya ingin menikah dengan teman pacar saya. Saya disini bingung apa yang harusnya saya lakukan? Saya juga ingin bertobat dengan sungguh* pak uztad. Mohon bantuannya.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Kehidupan dunia ini penuh tipuan dan kepalsuan, yang kita anggap baik belum tentu baik, yang kita sangka buruk belum tentu buruk. Perbaiki hubungan kamu dengan Allah agar kamu jangan salah dalam mengambil keputusan dan selalu mendapat bimbingan dariNya.

      Perbaiki mutu shalat kamu dengan berusaha unutk mengerti dan paham setiap ayat dan kalimat yang kamu baca didalam shalat. Orang yang melakukan shalat dengan benar dan khusuk tidak akan ditimpa kemiskinan, kemelaratan, kesengsaraan, kebingungan dan kepayahan hidup. Pelajari tatacara shalat khusuk pada artikel PANDUAN SHALAT KHUSUK diblog ini.

      Unutk menentukan jodoh kamu mintalah pertolongan pada Allah dengan mengerjakan shalat tahajud dan membaca doa tadabbur alfatihah seperti yang dicontohkan pada artikel KIAT MENCARI JODOH YANG SERASI diblog ini.

      Allah akan memilihkan yang terbaik unutk kamu, yang bukan jodoh kamu akan menjauh dan yang jodoh kamu akan mendekat dengan sendirinya.

  171. maya says:

    Assalamualaikum Wr. Wb. Pak Ustad saya sangat mensyukuri bisa dipertemukan untuk membaca artikel Pak Ustad. Sebelumnya saya tengah galau resah mengenai jodoh. Usia saya 31 th tahun ini. Sebelumnya saya pernah mengalami kegagalan cinta dan patah hati berulang kali, dan yang paling membekas yaitu ketika usia saya menjelang 28 th ada seseorang pria yang sudah serius akan menikahi saya, namun tiba-tiba dia mengurungkan niatnya. Dia pun menikahi wanita lain. Hal tersebut membuat saya kecewa dan memberikan luka mendalam, karena menurut pandangan saya lelaki tsb sesuai dengan kriteria saya. Saya ingin sekali menikah dalam waktu dekat, namun dengan orang yang tepat. Saat ini saya akan dikenalkan dengan seseorang kenalan orang tua saya. Saya berharap dia jodoh saya. Namun kami belum bertemu. Dalam penantian ini saya selalu resah gelisah karena takut mengalami kegagalan lagi. Maka dari itu saya berniat mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan melalui artikel yang Pak ustad ini memberikan insipirasi untuk menjemput jodoh terbaik saya. Kalau Pak Ustad berkenan memberikan link download tadabur Al Fatihah untuk saya bisa amalkan. Jazakalahu Katsiran.

    Wasalamualaikum Wr. Wb

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Tadabbur alfatihah untuk memelihara dan mendapatkan jodoh bisa kamu copy dan download langsung pada artikel tersebut diatas. kalau hp kamu lambat bisa kamu minta tolong pada warnet terdekat ditempat kamu.

  172. Rani says:

    Assalamu’alaikum pak ustad..
    saya telah dilamar oleh pacar saya yang telah mengenal saya selama 4 tahun.
    Tetapi ayah dari pacar saya ketika datang melamar tidak dengan itikad baik. Beliau mempermalukan saya di hadapan umum dan menunda pernikahan selama 2 tahun tanpa alasan yang jelas.

    Pada dasarnya keluarga besar saya dan keluarga besar pacar saya telah menyetujui hubungan kami dan saya telah menerima lamaran, hanya saja keluarga saya menangkap kesan ayah pacar saya tidak ikhlas dan tidak setuju akan adanya pernikahan karena takut akan kehilangan harta dan kasih sayang dari anaknya.

    Mohon bantuan bagaimana agar ayah pacar saya menjadi luluh hatinya dan menyegerakan pernikahan kami, saya juga berharap agar calon suami saya mendapat keberanian untuk memperjuangkan kami dihadapan ayahnya yang arogan dan tidak beriman ini pak ustad…

    Saya tidak ingin berlama2 menuju pernikahan dengan keadaan saya digantungkan.

    Jika berkenan pak ustad mengirimkan jawabnya melalui email saya.

    terima kasih, wassalamu’alaikum

  173. Desi says:

    Assalamu’alaikum pak ust..
    Saya ingin diskusi pak,
    Saya (25thn) menjalin hubungan dengan seorang lakilaki (40thn). Dia blm pernah menikah, punya pekerjaan, punya penghasilan yang lumayan, dan sayang sama ibunya (ayahnya sudah lama tiada).
    Awalnya saya tdk terlalu menanggapi dia, karna dia tidak bilang apa-apa tp pas awal 2015 dia berani bilang bahwa dia tertarik pada saya, dan berniat menikah dengan saya.
    Saat itu saya dilema karna kakak perempuan saya (34thn) belum menikah, saya takut menyinggung perasaannya makanya saya bilang sama laki-laki itu apa yg saya khawatirkan. Laki-laki itu mau menerima dan sabar menerimanya.
    Sebelum lebaran saya coba mengenalkannya pada ibu saya, saya minta pendapatnya. Ibu saya bilang sama lelaki itu untuk menjalani yg ada dulu dan pertimbangkan yang matang.
    Tetapi ketika lelaki itu pulang, ibu saya mengungkapkan bahwa dia keberatan dengan usia yg terpaut jauh (14th) takutnya lelaki itu kehilangan motivasi kerja sehingga tidak menghasilkan rezeki. Dan ibu saya juga bimbang musti bicara seperti apa pada kakak saya.
    Mendekati lebaran, ibu lelaki itu menyampaikan niat pada saya untuk silaturahmi pda keluarga saya, saya bicara sama ibu saya dan ibu saya mengijinkan.
    Lalu saya memberanikan diri berbicara pada kakak perempuan saya, dalam ucapan kakak saya bilang tidak masalah untuk dtg silaturahmi bahkan kalau harus mendahului menikah, tetapi pada hari ke 2 lebaran, saat org tua lelaki itu dtg kakak saya malah pergi dengan alasan kebagian piket kerja, bahkan saat ibu saya menelepon bilang ada kelurga lelaki itu kakak saya tetep bilang tidak bisa pulang.
    Saya kira semua akan berjalan lancar karna ucapan kakak saya, tetapi ternyata tidak.
    Setiap lelaki saya silaturahmi ke rmh, kakak saya tidak pernah mau bertemu dan malah meminta saya buat memutuskan hubungan kami.
    Kakak saya bilang ibu saya dan kakak tidak menyetujui hubungan kami, tetapi saat saya tanya ibu saya apakah beliau meminta saya memutuskan hubungan saya dengan lelaki itu atau tidak, ibu saya bilang tidak. Ia tidak pernah melarang kalau memang saya sudah yakin, karna ibu saya tau yang akan menjalani pernikahan adalah saya jd ibu saya menyerahkan semua keputusan pada saya.
    Saya coba berbicara pada kakak saya, apa yg membuat dia tidak suka pda lelaki itu, kakak saya hanya bilang tidak rela saya berhubungan dengan lelaki yg jauh di usia saya, takut lelaki itu tdk bisa menafkahi saya. Saya sudah meminta kaka saya untuk sekedar bertemu dan mengobrol silaturahmi tp kakak saya menolak dan bilang tidak ingin pernah ketemu apalagi kenal dengan lelaki itu.
    Kaka saya sampai bilang, klo mau maksa nikah silahkan, tp jangan harap kakak saya hadir di pernikahn tersebut dan meminta saya untuk menikah dengan lelaki itu ketika kakak saya tdk ada drmh.
    Kaka saya bilang, jangan memaksa meminta alasan kenapa menolak bertemu, karna cinta jg tanpa alasan maka menolakpun bisa tanpa alasan.
    Saya dan ibu benar2 bingung dengan sikap kakak saya, ayah saya sudah tiada ketika SMA kelas 2 dan hampir seluruh biaya sekolah saya di tanggung kakak saya.
    Menurut ust saya musti bagaimana menanggapi semua?
    Lelaki itu jg bilang semua keputusan ada disaya, dia ikhlas dengan segala keputusan saya.
    Saya selalu mendoakan keteguhan hati saya klo dia memang jodoh saya, sekalipun hati saya yakin tetapi saya merasa berat ketika kaka ada penolakan dari kakak saya, saya blm bisa membalas semua jasanya pada saya.
    Terima kasih..

  174. firdaus says:

    Asalamualaikum pak uztad.
    Izin mengamalka.

  175. Ais says:

    Assalamu alaikum pak ustad..
    Amalan asmaul husna apa yg harus sy lakukan agar pintu hati kekasih saya kembali terbuka dan agar kedua orgtua sy merestui hubungan kami, sy berniat menikah tahun ini pak ustad berhubung kami sdh pacaran selama 4thun lebih hanya saja terlalu banyak halangan utamanya dr kedua orgtua saya, namun saat ini hati kudua orgtua sy sdh mulai luluh hanya saja kekasih saya memutuskan untuk berpisah dgn alasan tdk ingin menyakiti sy lagi dan ingin sendiri dulu agar kami dpt introspeksi diri masing2,namun alasan itu menurut sy tidak masuk akal… kekasih sy jg berkata bahwa dia masih menyayangi sy dan menyuruh sy bersabar krn dia akan kembali pd saya jika mmg jodoh tanpa perlu berpacaran lagi,, tolong pak ustad ajari sy apa yg harus sy lakukan agar dia segera kembali pada saya dan berani menikahi saya.. dia sgt takut pada orgtua saya :(

    Tolong di balas via email pak ustad beserta tadabbur alquran nya, terimah kasih, barakallah, wassalamu alaikum wr wb

  176. Liza says:

    Assalamualaikum pak ustd.. terimaksih sebwlumnya utuk mau membaca koment saya.. begini pak.. saya seorang adik perempuan yang ingin sekli melihat kk perempuan saya mendapat kan jodoh utuk nya n bisa menikah.. solanya saya swbagai adiknya alhamdulillah sudah menikah dan alhamdulillah sudah di karuniai seorang anak perempuan.. dan saya ingin sekli kk saya jg bisa mersakan kebhagian swperti apa yg saya rasakan. Saya takut klu dia smpai putus asa utuk masalh jodoh.. karena umurnya sdah 30 lebih. Krena tdak punya pasangan dia pun menyibukan diri dgan kerja.. kerjanya sbg guru.. awalnya dia ounya oasangan yg sudah ingin serius.. tapi ntah kenapa tiba2 calon main diluar dan akhirnya sdah mnikah dgan orang lain . Ya mngkin iti yg dkatakn tdak berjodoh.. mohon bantuanya ustd.. sudikuranya ustd .. mudah2an ada yg oantas biat kk saya. Dia seorang lulusa S1 pendidikan. Insyaaalh orang nya baik.. sholat. Pandai mngaji. InsyaAllah sholeha.. dan ingin mncari yg penting orangnya bergama islah. Sholeh. Bekerja.. baik. Pnyayang. Tidak pemalas.. bisa mnjadii imam yg baik buat kluarga . Dan bertgung jwab..
    Swblmnya saya ucaokan terimaksih pak. Wassalamualikum warahmatullahi wabarokatuh

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Sarankan kakak kamu untuk meminta tolong pada Allah mendapatkan jodoh yang sesuai dengan cara mengerjakan shalat tahajud secara rutin setiap malam sebagaimana yang dicontohkan pada artikel diatas.

      Kalau dia tidak mau berusaha tentu Allah akan membiarkan dia seperti itu saja. Karena Allah tidak akan merubah nasib satu kaum atau seseorang jika dia tidak mau merubahnya sebagaimana disebutkan didalam surat Ar Ra’d ayat 11

      11. Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak merobah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

  177. Dwi says:

    Assalamualaikum paak, pak sya sudah memiliki calon untuk hidup saya dan calon saya pun sdah dtang untk melamar saya namun orangtua saya malah tdak mmberikan jawaban pak
    Dy bilang dy mw mnikahkan saya jika nnti dy sdah mmbli mbil,rumah sewa, naik haji pak, sdagkan sya juga btuh hidup yg layak pak bukan mmbantu orangtua trus, sya krja tdak d blehkan pak, sya menikah tdak d beri ijin, mhon solusiny pak
    082248612616

  178. desy says:

    assallamualaikum pak, umur saya 38 tahun, tidak pernah pacaran, saya juga minta tolong pada semua teman saya untuk mencarikan suami untuk saya, tapi tidak satu pun yang mau, alasannya saya tidak tahu, mohon ijin solusinya pak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>