PERAGAAN JURUS SENAM PERNAPASAN DZIKRULLAH

Oleh Fadhil ZA

image23Senam pernapasan dzikrullah adalah gerakan senam pernapasan yang disertai dengan membaca dzikir dan do’a didalam hati. Pada umumnya gerakan senam dilakukan dengan diiringi suara musik sebagai komando untuk melakukan gerakan senam . Untuk gerakan yang lembut digunakan musik yang lembut , sedangkan gerakan yang agak cepat biasanya menggunakan irama chacha. Namun tidak demikian halnya dengan gerakan senam pernapasan dzikrullah. Pada senam pernapasan dzikrullah gerakan senam dipandu dan diiringi dengan kalimat dzikir dan do’a yang dibaca didalam hati.

Pada senam pernapasan dzikrullah cepat lambatnya gerakan dikendalikan oleh bacaan dzikir dan do’a yang dibaca. Ketika menarik napas dibaca kalimat dzikir Asmaulhusna, atau hasballah. Ketika menghembuskan napas dibaca kalimat tasbih, tahmid, tahlil, ayat tematik atau do’a baik dalam bahasa Indonesia maupun do’a yang dikutip dari ayat Qur’an maupun yang diajarkan Rasulullah.

Ada sembilan jurus gerakan senam pernapasan dzikrullah. Peragaan Jurus 1 sampai 9 membutuhkan waktu 15 s/d 20 menit . Selama melakukan gerakan jurus , hati dan fikiran agar difokuskan pada kalimat dzikir dan do’a yang dibaca didalam hati. Insya Allah ini akan memberi kekuatan dan energi hayati bagi jasmani maupun rohani. Latihan bisa dilakukan pagi hari atau sore hari dalam keadaan perut kosong. Latihan pagi hari lebih baik dilakukan dibawah sinar matahari pagi sekitar jam 7 s/d 8 pagi, untuk melancarkan metabolisme tubuh.

Berikut ini kami sampaikan video latihan jurus 1 – 9 untuk memudahkan mereka yang sudah pernah mengikuti pelatihan yang kami adakan melaksanakan latihan sendiri dirumah. Latihlah jurus 1 sampai 9 jurus demi jurus sampai mahir, setiap jurus bisa dilakukan ber-ulang ulang 2 -5 kali. Jika sudah lancar bisa dilakukan penggabungan jurus 1 sampai 9 sekaligus. Selama latihan badan akan terasa semakin nyaman karena ada peningkatan kadar oxigen yang diserap tubuh. Dzikir dan do’a yang dibaca juga akan memberi kekuatan dan rasa nyaman bagi hati dan fikiran

Latihan ini akan memberi manfaat yang banyak bagi kesehatan jiwa maupun jasmani dan banyak lagi manfaat lainnya antara lain:

Manfaat fisik atau jasmani :

  • Memperbaiki kinerja dan kapasitas paru paru
  • Meningkatkan dan melancarkan penyerapan oxigen dan pengeluaran CO2 dari dalam tubuh
  • Melancarkan aliran darah dan energi hayati (Prana, Ki atau Chi) didalam tubuh
  • Meningkatkan kinerja dan fungsi organ dalam tubuh seperti jantung, paru2, ginjal, liver, pankreas, lambung dan lain sebagainya.
  • Meningkatkan kesehatan dan tahan tubuh terhadap berbagai penyakit
  • Mempercepat proses penyembuhan dari berbagai penyakit fisik maupun rohani (psychosomatik) yang diderita
  • Memperbaiki metabolisme tubuh
  • Melatih daya ingat, konsentrasi serta meningkatkan kecerdasan otak
  • Melatih mengendalikan fikiran dan hati untuk fokus pada kalimat yang dibaca (melatih sholat khusuk)

Manfaat Rohani atau jiwa

  • Meningkatkan kecerdasan spiritual
  • Melatih diri untuk selalu berdzikir dan ingat pada Allah dimanapun berada ketika berdiri duduk dan berbaring
  • Mendapatkan manfaat dari dzikir dan do’a yang dibaca dalam gerakan senam pernapasan tersebut.
  • Menjaga fikiran dan hati agar selalu memancarkan gelombang positip
  • Menjadi jalan bagi mendekatkan diri pada Allah
  • Membersihkan hati dari berbagai kotoran dan dosa
  • Sebagai amalan tambahan mempersiapkan bekal untuk kehidupan diakhirat.
  • Hati menjadi nyaman, tentram, bahagia bebas dari rasa gelisah, stres dan tertekan
  • Selalu merasa dan berfikir positip serta optimis dalam menghadap berbagai masalah kehidupan.

Dan banyak lagi manfaat lainnya yang tidak kami sebutkan dalam tulisan ini. Berikut kami sampaikan peragaan jurus 1 sampai 9 dan peragaan jurus gabungan.

Sebelum mulai pelatihan ada baiknya jika berwudhu terlebih dahulu, sehingga latihan yang diiringi dengan membaca kalimat dzikir dan do’a bisa menjadi amalan tambahan (nafilah) bagi kita.

Peragaan jurus 1

Berdiri tegak dengan kaki direngangkan dan tangan tergantung disisi kiri dan kanan. Baca do’a taawudz didalam hati. Angkat tangan perlahan-lahan hingga sejajar daun telinga sambil menarik napas dan membaca kalimat :” Hasbiyallahu wanikmal wakil , nikmal maula wanikman nashir” didalam hati, dan kepala ditengadakan keatas hingga paru paru terisi penuh sempurna. Hembuskan napas perlahan lahan sambil tangan diturunkan kembali keposisi semula , sambil membaca kalimat :”Laa hawla wala kuwwata illah billahil aliyyil adzhimm” didalam hati. Gerakan ini terus diulang sampai beberapa kali, dzikir dan do’a yang dibaca bisa diganti dengan kalimat dan do’a yang lainnya.

Ketika menarik napas bisa juga dibaca salah satu kalimat Asmaulhusna didalam hati misalnya : Ya Rahman…ya Rahman….ya Rahman dan seterusnya , ketika menghembuskan napas dibaca :Bi rahmatika ya arhamarrohimiin ….irhamna…irhamna…irhamna …dan seterusnya , seperti pada contoh video.


Peragaan jurus 2

Berdiri tegak dengan kaki direnggangkan dan tangan tergantung disisi kiri dan kanan. Angkat tangan perlahan lahan kedepan kemudian kembangkan kekiri dan kanan dan angkat keatas kepala hingga hampir bersentuhan sambil menarik napas perlahan diikuti dengan membaca kalimat dzikir asmaulhusna atau hasbalah. Setelah paru paru penuh sempurna turunkan tangan kebawah dengan posisi telapak tangan saling berhadapan sambil menghembuskan napas perlahan dan membaca kalimat do’a, tahlil, tasbih atau tahmid. Ulangi gerakan ini sampai beberapa kali.

Peragaan jurus 3

Berdiri tegak dengan kaki direnggangkan dan tangan tergantung disisi kiri dan kanan. Angkat tangan perlahan lahan kedepan kemudian kembangkan kekiri dan kanan sambil membaca hasbalah atau kalimat dzikir didalam hati hingga paru paru penuh sempurna. Kemudian putar kaki kearah kiri dan tangan kanan diturunkan hingga menyentuh jari kaki kiri sambil membaca kalimat do’a tasbih, tahlil atau tahmid . Tangan kiri diletakan dipingang kiri. Ulangi gerakan ini kearah kanan dan kiri bergantian sampai beberapa kali.

Peragaan jurus 4

Berdiri tegak dengan kaki direnggangkan dan tangan tergantung disisi kiri dan kanan. Angkat tangan perlahan lahan kedepan kemudian kembangkan kekiri dan kanan sambil membaca hasbalah atau kalimat dzikir didalam hati hingga paru paru penuh sempurna. Kemudian tarik kembali kedua belah tangan kemuka dan turunkan hingga kembali pada posisi semula sambil menghembuskan napas dan membaca kalimat dzikir dan do’a. Demikian terus diulang sampai beberapa kali.


Peragaan jurus 5

Jurus 5 merupakan gerakan berpasangan kekiri dan kekanan. Mulai dengan berdiri tegak dengan kaki direnggangkan dan tangan tergantung disisi kiri dan kanan. Putar badan kearah kiri sambil mengangkat tangan kanan keatas perlahan lahan sambil menarik napas dan membaca hasbalah atau kalimat dzikir didalam hati hingga paru paru penuh sempurna. Turunkan tangan kanan kebawah perlahan lahan sambil menghembuskan napas dan memutar badan kearah kanan sambil membaca dzikir dan do’a. Setelah badan memutar kearah kanan selanjutnya angkat tangan kiri perlahan lahan keatas sambil menarik napas dan membaca kalimat dzikir dan do’a didalam hati , hingga paru paru penuh. Selanjutnya putar kembali badan kearah kiri dan lakukan gerakan menarik napas seperti semula. Demikian seterusnya sampai beberapa kali


Peragaan jurus 6

Jurus 6 juga merupakan jurus berpasangan kekiri dan kekanan. Mulai dengan berdiri tegak dengan kaki direnggangkan dan tangan tergantung disisi kiri dan kanan. Angkat kedua belah tangan keatas dada sambil menarik napas dan membaca kalimat dzikir dan do’a. Setelah paru paru penuh dorongkan tangan kanan kearah kiri sambil menghembuskan napas dan membaca kalimat dzikir dan do’a. Kemudian tarik napas perlahan lahan sambil tangan kanan diturunkan melakukan gerakan melingkar hingga kembali diatas dada. Setelah paru paru penuh dorongkan tangan kiri kearah kanan sambil menghembuskan napas dan membaca kalimat dzikir dan do’a. Demikian dilakukan berulang kearah kiri dan kanan.


Peragaan jurus 7

Jurus 7 juga merupakan gerakan yang berpasangan kearah kiri dan kanan, jurus ini lebih panjang dari jurus yang lainnya. Dimulai dengan berdiri tegak dengan kaki diregangkan dan tangan tergantung disisi kiri dan kanan. Angkat kedua belah tangan keatas dada sambil menarik napas dan membaca kalimat dzikir dan do’a. Setelah paru paru penuh sempurna dorongkan kedua belah tangan kearah bawah lakukan gerakan melingkar kearah atas dan kembali kebawah sambil menghembuskan napas perlahan lahan dan membaca dzikir dan do’a. Setelah paru paru kosong sempurna tarik napas perlahan lahan sambil mengangkat kaki kiri dan kedua belah tangan keatas sambil tetap membaca kalimat dzikir dan do’a. Hembuskan napas perlahan sambil memutar badan kearah kiri dan melempar kaki kiri kedepan dan tangan kanan diturunkan kedepan sambil memutar badan kearah depan seperti posisi semula selama menghembuskan napas jangan lupa membaca dzikir dan do’a didalam hati. Selanjutnya lakukan gerakan kembali seperti semula berulang ualang beberapa kali.


Peragaan jurus 8

Jurus 8 juga berpasangan kearah depan dan belakang. Dimulai dengan berdiri tegak dengan kaki diregangkan dan tangan tergantung disisi kiri dan kanan . Angkat kedua belah tangan kearah dada sambil menarik napas serta membaca dzikir dan do’a. Langkahkan kaki kiri kedepan sambil menghembuskan napas dan mengayun kedua belah tangan kedepan dan mengucapkan Allah ya hayyu didalam hati. Tarik napas sambil tangan ditarik kearah dada dan mengucapkan kalimat Allah ya Qoyyum didalam hati. Demikian diulang beberapa kali. Kemudian putar badan ke arah belakang dan selanjutnya lakukan gerakan yang sama untuk kearah belakang.


Peragaan jurus 9

Jurus 9 merupakan jurus penutup. Berdiri tegak dengan kaki diregangkan dan kedua belah tangan tergantung disisi kiri dan kanan. Tarik napas perlahan lahan sambil kedua belah tangan diangkat sampai sebatas leher dan kepala tertengadah keatas, baca kalimat dzikir dan do’a didalam hati. Kemudian hembuskan napas perlahan lahan sambil tangan didorong kebawah hingga kembali pada posisi semula , sambil membaca kalimat dzikir dan do’a. Demikian seterusnya dilakukan berulang ulang. Sebagai penutup kedua belah telapak tangan digesekan satu sama lain kemudian diusapkan kemuka dan badan.


Peragaan gabungan jurus 1 sampai 9.

Pada jurus gabungan ini jurus 1 sampai 9 dilakukan berurutan tanpa terputus hingga selesai. Selama menarik dan menghembuskan napas tetap membaca kalimat dzikir dan do’a didalam hati. Jika dilakukan dengan khusuk dan sungguh sunguh jurus 1-9 ini membutuhkan waktu antara 15 sampai 20 menit. Semakin lambat dan panjang waktu yang digunakan untuk menarik dan meghembuskan napas hasilnya akan semakin baik. Kumpulan dzikir dan do’a yang bisa dibaca ketika menarik dan menghembuskan napas bisa didapatkan pada web kami yang lainnya “Pondokdzikir.fadhilza.com”. Agar lebih memahami gerakan senam pernapasan ini kami anjurkan anda mengikuti pelatihan sholat khusuk, tadabbur Qur’an dan dzikir pernapasan asmaulhusna yang kami adakan. Gerakan senam pernapasan dzikrullah ini juga merupakan latihan untuk mengendalikan fikiran dan hati agar didapat kondisi khusuk dalam sholat yang kita lakukan sehari hari.

Setiap gerakan , tarikan dan hembusan napas selalu diiringi dengan kalimat dzikir dan do’a. Dalam suasana relaks fikiran dan perasaan fokus pada dzikir dan do’a yang dibaca. Insya Allah ini merupakan kegiatan positip yang merupakan investasi utama untuk kehidupan dunia dan akhirat. Allah telah memerintahkan kita untuk berdzikir mengingatnya pada waktu berdiri, duduk dan berbaring. Allah juga telah memerintahkan kita untuk berdzikir mengingatnya setiap pagi dan petang hari. Insya Allah kegiatan senam pernapasan dzikrullah ini bisa menjawab apa yang diperintahkan Allah tersebut.

Dengan melaksanakan senam pernapasan dzikrullah ini kita akan mendapatkan manfaat jasmani dan rohani yang besar. Gerakan senam dan olah napas akan meningkatkan penyerapan energi dan oxigen serta memperbaiki metabolisme tubuh. Dzikir dan do’a yang dibaca mengiringi gerakan senam akan mendekatkanh diri pada Allah dan memberi jaminan kesejahteraan bagi kehidupan dunia dan akhirat.

Popularity: unranked [?]

24 Responses to “PERAGAAN JURUS SENAM PERNAPASAN DZIKRULLAH”

Leave a Reply

Fashion Stores
Translate This Page
Pondok Tadabbur
Infak, Sodaqoh Anda untuk Pondok Tadabbur bisa disampaikan melalui :

Rek Bank Mandiri
123.0097166435
a/n Fadhil Zainal Abidin.
0811151412 - fadhil_za@yahoo.co.id
PELATIHAN
facebook page

Jadwal Pelatihan Shalat Khusuk dan Tadabbur Qur'an wilayah Jabodetabek dan Sekitarnya.

Klik disini untuk keterangan lebih lanjut

HP : 0811151412

Archives
Sejak 20 Feb 2008