BERDZIKIR SETIAP SAAT SAMBIL BERDIRI, DUDUK DAN BERBARING

Oleh Fadhil ZA

103. Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.

(An Nisa 103)

kerja-keras-16Memperhartikan firman Allah diatas maka berdzikir mengingat Allah merupakan kegiatan utama yang harus dilakukan oleh setiap orang beriman sesudah sholat disamping aktifitas lainya yang dilakukan sehari hari. Dzikir mengingat Allah bisa dilakukan kapan saja, dimana saja sedangkan sholat merupakan salah satu kegiatan dzikir yang harus dilakukan dengan cara dan waktu yang telah ditetapkan.

Allah memerintahkan kita untuk berdzikir mengingat-Nya ketika berdiri, duduk dan berbaring, bagaimana mungkin kita dapat melakukannya? Bukankah kita banyak aktifitas lainnya yang membutuhkan energi pemikiran dan tenaga serta menyita seluruh perhatian kita?.

Paham sekuler selalu berusaha memisahkan kegiatan keagamaan dan ketuhanan dengan masalah duniawi. Ketika bekerja jangan ingat Tuhan, ketika beribadah lakukanlah dengan sungguh sungguh jangan ingat masalah dunia. Memisahkan urusan dunia dengan ibadah adalah ajaran paham sekuler. Islam mengajarkan menyatukan masalah ibadah dengan kegiatan aktifitas duniawi. Seluruh aktifitas duniawi yang dilakukan semata mata karena Allah sudah merupakan kegiatan ibadah bagi seorang Muslim. Allah tidak menjadikan Jin dan manusia semata mata untuk mengabdi dan menyembah padanya sebagaimana disebutkan dalam surat Adz Dzariyat ayat 56.

56. Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi padaKu ( Adz Dzariyat 56)


Mengigat Allah bisa dilakukan didalam hati tidak perlu dilafazkan, sebagaimana disebutkan dalam surat Al A’raaf 205:

205. Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang orang yang lalai (Al A’raaf 205)

Karena itu tidak ada halangan bagi kita untuk mengingat Allah sambil melakukan aktifitas sehari hari. Kita bisa berdzikir mengingat Allah ketika sedang berjalan, duduk dikendaraan (mobil, kereta, pesawat), mengemudi mobil, menyelesaikan tugas kantor, sedang rapat, mengikuti seminar, mengikuti tender, menunggu dihalte bis, ruang tunggu rumah sakit, apotik dan lain sebagainya. Allah selalu menyertai dan mendampingi orang yang selalu ingat padaNya sebagaimana disebutkan dalam surat Al Baqarah 152:

152. Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku. (Al Baqarah 152)

Kita bisa membaca kalimat dzikir dan tasbih seperti la ilaha illalah, subhanallah, alhamdulillah, Allahuakbar, istighfar, atau asmaulhusna didalam hati dimanapun kita berada ketika berdiri, duduk dan berbaring. Berdialogh dengan Allah didalam hati atas berbagai masalah duniawi dan pekerjaan yang sedang kita hadapi juga sudah merupakan kegiatan dzikir mengingat Allah.

kerja-keras-12Setiap saat kita selalu menghadapi berbagai masalah dalam hidup ini, komunikasikan masalah yang kita hadapi pada Allah. Mohon petunjuk pada-Nya untuk menyelesaikan berbagai masalah yang sedang dihadapi . Berdialog dan bercakap cakap dengan Allah secara bathin sudah termasuk kegiatan dzikir mengingat Allah. Aktifitas ini merupakan kegiatan siir (tersembunyi) yang tidak diketahui oleh siapapun dikiri kanan kita.

Insya Allah dengan berdzikir mengingat Allah sepanjang waktu ketika berdiri, duduk dan berbaring semua urusan jadi mudah. Syetan juga segan dan tidak mampu mengganggu orang yang selalu dzikir mengingat Allah setiap saat. Jangan pisahkan urusan dunia dengan urusan akhirat serta ibadah pada Allah.Jadikan seluruh aktifitas dan kegiatan kita sehari hari sebagai ibadah pada Allah. Dunia adalah jalan untuk menuju kehidupan akhirat. Memisahkan urusan dunia dengan akhirat hanya ada pada paham sekuler.

Biasakan berdzikir dengan menyebut nama Allah didalam hati dimanapun berada. Bisa juga berdzikir dengan membaca ayat-ayat Qur’an yang berisi nasihat seperti surat Al Baqarah 153, atau Ali Imran 160 didalam hati secara berulang ulang, hingga terasa mantap didalam hati. Tentu saja tidak mudah melakukan kegiatan tersebut jika tidak dilatih dan dibiasakan setiap hari.

Popularity: unranked [?]

26 Responses to “BERDZIKIR SETIAP SAAT SAMBIL BERDIRI, DUDUK DAN BERBARING”

  • joeny:

    Assalamu`alaikum ustad…
    maaf sebelumnya…
    saya mugkin termasuk org2 yg penuh dosa ustad,,
    segala maksiat saya lakukan,,
    malah saya selalu berburuk sangka pada ALLAH SWT
    yg sejujurnya semua prasangka itu tak pernah terfikirkan sebelumnya…
    dia datang begitu saja…
    namun, Alhamdulillah,, beberapa hari ini saya berniat buat berubah ( mencoba Bertoubat ).. dan berharap segala prasangka buruk saya terhadap Allah dan Rasul bisa hilang di fikiran saya….
    terus terang saya selalu diganggu oleh fikiran itu ustad.. dari saya bangun sampai mo tidur… gk terlewatkan walau dalam sholat sekalipun.. sya diganggu..
    mo berzikir pun,, hati saya terasa berat buat berzikir ustad..buat mengucapkan kalimat2 zikir itu terasa berat diucapkan dihati.
    kalo zikir dgn lisan,, saya selalu di hantui rasa cepat bosan…
    Astaghfirullah….
    Alhamdulillah,kebetulan saya bisa mampir di blog ini dan membaca artikel2 dr ustad,, sekalian saya minta tolong buat tunjukin trick2 ataupun tip2 buat saya agar bisa hati dan lisan saya berzikir pada ALLAh… dan juga gmana caranya agar fikiran buruk saya ini bisa cepat ilang…saya takut ustad,, fikiran buruk saya kpd ALLAH dan Rasul ini menjadi Dosa..

    terimakasih sebelumnya ustad,, maaf kalo kepanjangan….

    kalo bisa,, jawab ke Email ja ya pak ustad..

    assalamu`alaikum..

    • Wa alaikum salam

      Rasa was was, buruk sangka pada Allah, malas dan enggan untuk berdzikir atau berdoa padaNya adalah gempuran syetan kepada hati manusia supaya ia jauh dari Allah. Syetan adalah pejuang yang tangguh dan ulet dalam menyesatkan manusia dari jalan yang lurus. Begitu gigihnya syetan berusaha menyesatkan manusia, namun sungguh sayang manusia menghadapinya dengan santai bahkan cenderung mengikuti anjuran dan bisikan syetan tersebut.

      Untuk menghilangkan dan melemahkan semua gempuran syetan tersebut dibutuhkan semangat juang yang kuat, ulet, gigih dan sungguh sungguh sama seperti usaha syetan menyesatkan kita, bahkan usahakan lebih kuat dari itu.

      mintalah pertolongan pada Allah , mohon bimbingan dan petunjuknya, berlindung pada Allah dari gempuran dan bujuk rayu syetan yang menyesatkan. Perbanyak istighfar , baca Al fatihah dan tadabburi maknanya dengan sungguh sungguh. baca surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas kemudian tadabburi maknanya. Ikuti panduan yang ada diblog ini pada artikel dengan judul “Mengatasi gangguan Jin, sihir, tenung dan santet dengan tadabbur Qur’an”. Silahkan didown load video tadabburnya.

      Kita tidak akan mampu melawan syetan yang tidak terlihat tanpa pertolongan dari Allah. syetanpun tidak berdaya menggoda orang yang telah mendapat naungan dan pertolongan dari Allah

  • joeny:

    terimaksih atas nasehat ustad..namun ustad,, saya sungguh takut sekali
    dgn apa yg terjadi dgn hati dan fikiran saya ini… sudah berkali-kali saya
    mencoba utk berpaling dr fikiran buruk pada ALLAH dan RAsul, smakin kuat
    pula keinginan hati dan fikiran saya utk kembali berburuk sangka pada ALLAH
    dan Rasul…
    hari2-hari saya penuh keresahan dan gelisah ustad… walau saya udah laksanakan sholat 5 waktu secara berjamaah, baca Al-Qur`an, tp keinginan kotor itu semakin hari semakin kuat , malah ada pula fikiran kotor yg baru yg terlintas bgtu saja di fikiran saya,,,, malah ada fikiran yg menyuruh saya ngomong kotor pada Tuhan…mengumpat
    Astaghfirullah…
    saya takut sekali ustd…
    hal ini jd kebiasaan nantinya.. yg pada akhirnya malah gk bisa hilang2 dr hati dan fikiran saya…tolonglah saya ustad…..apakah sudahmenjadi dosa ustad, apa yg ada di hati dan fikiran saya itu ustad???
    trimakasih atas waktu ustad

    • Wa alaikum salam

      Semuanya tergantung tekad ananda ingin patuh dan mengikuti Allah serta masuk kedalam syurganya Allah , atau mengikuti bisikan dan lamgkah syetan yang mengajak ananda untuk bedrsama sama memasuki Nerakanya Allah.

      Memang butuh perjuangan yang kuat dan ulet, syetan saja begitu gigihnya berusaha untuk menyesatkan mamusia dan menemani mereka didalam neraka jahannam.

      Dorongan negatif yang kuat dan ada didalam alam bawah sadar ananda hanya bisa dibersihkan dengan mempengaruhi alam bawah sadar tersebut. Ananda harus mengadakan reprograming terhadap program yang ada dialam bawah sadar ananda. Ini bisa dilakukan ndengan tadabbur Qur’an secara berulang ulang setiap hari.

      Sesuatu yang masih tersimpan didalam hati dan fikiran jika belum dilaksanakan belumlah dicatat sebagai dosa. Perbanyaklah istighfar semoga Allah menolong ananda.

  • joeny:

    amin ya rabbal`alamin…
    Insya ALLAH….

    terima kasih pak ustad… nasehat bapak telah melapangkan dan melegakan hati saya… saya merasa masih ada harapan dan semangat buat melawan semua ini. yg mana bebarapa hari ini saya merasa mo menyerah pak ustad. dihati dan fikiran saya timbul bermacam-macam prasangka yg menyuruh saya berbuat maksiat lagi. karena hati saya dibisikan bahwa ” tak ada lg AMpunan buat kmu,, percuma kamu sholat,, percuma kamu ngaji ,, percuma ini dan itu…”

    pak ustad,,, gmana caranya Tadabbur Qur`an agar bisa khusuk??
    soalnya kalo saya baca Al Qur`an dan mencoba membaca artinya dalam hati… berbagai perlawanan bergolak di hati dan fikiran saya yg berusaha memutar balikkan dari arti ayat-ayat yg saya baca.. Demi ALLAH,,, sya sungguh takut akan semua ini….

    hati saya tenangnya cuma sebentar ustad, kalo saya Istighfar atau mencoba berzikir, dan itu terbaca secara khusuk, ada semacam sendawa yg keluar dr dada saya… tp taklama kemudian balik lagi rasa sesak didada ini…begitulah seterusnya….

    pak ustad yg di Rahmati Allah…
    maafkan kalo saya bawel bertanya ini dan itu pd pak ustad…
    saya hanya ingin bebas dari semua ini pak ustad. mudah2an, melalui nasehat2 dan saran2 pak ustad, Allah memberi petunjuk buat saya…..

    • Wa alaikum salam

      Apakah ananda sudah mendown load vcd surat Al Ikhals, Al Falaq dan An Nass seperti yang saya sarankan diatas? Jika sudah ikuti bimbingan tadabbur yang ada didalamnya. Hafalkan surat berikut terjemahannya. Selanjutnya sering lakukan tadabbur dengan ketiga surat diatas. Insya Allah Dia akan nmemmbantu ananda mengatasi masalah yang menghimpit ananda.

  • joeny:

    belum pak ustad,,, tp Insya Allah pasti akan saya download..
    terima kasih pak ustad…
    Insya Allah itu akan banyak membantu…

    semoga Allah membalas semua kebaikan dan ketulusan pak ustad memberi saran dan nasehat buat saya….

    sekali lagi terima kasih pak ustad,,
    kapan-kapan, bolehkan kalo saya bertanya dan minta nasehat lagi?

  • joeny:

    Assalamu`alaykum pak ustad…
    Video tadabburnya dah saya donlot, cuma saya robah formatnya ke MP3 buat dimasukin ke dlm HP.
    pak ustad, sewaktu saya mendengar ayat, arti serta tadabbur yg bapak bacakan,, bermacam-macam gejolak terjadi pada bathin dan fikiran saya pak ustad.
    fikiran yg memburukkan beradu dgn kata bathin yg membenarkan….
    saya takut sekali pak ustad… mohon saran dan nasehatnya kembali…

    terimakasih pak ustad yg budiman…

    • Wa alaikum salam

      Demikianlah syetan pasti mengadakan perlawanan terhadap usaha kebaikan yang ananda lakukan. Yang hak akan berhadapan dengan yang bathil. Jika ananda tetap istiqomah yang bathil pasti musnah dan hancur. Terus dengarka ayat tadabbur tersebut, lakukan dengan sabar dan istiqomah. Allah selalu bersama orang yang istiqomah dan selalu berusaha mendekatkan diri padaNya. Usaha syetan dan iblis untuk menyesatkan ananda pasti akan hancur dan lenyap.

      jangan pernah putus asa dari rahmat Allah, syetan saja begitu ulet dan gigihnya berusaha untuk menyesatkan ananda. Lawan dengan gigih dan ulet pula.

  • joeny:

    Insya Allah saya bisa sabar dan istiqomah pak ustad..
    do`akan saya pak ustad… semoga Allah memberikan kemudahan bagi saya dlm menghadapi semua ini,, dan menerima niat saya utk kembali ke jalan-NYA…

    pak ustad, saya mo nanya…
    kalo datang fikiran-fikiran buruk dan keinginan yg buruk itu, apa yg mesti saya lakukan pak ustad,,,? membiarkannya (melupakan/berpaling) atau melawanya?
    trus pak ustad,, ada gk do`a yang bisa saya amalkan utk menjadi senjata saya menghadapi keinginan alam bawah sadar saya ini pak ustad?

    terima kasih pak ustad

    • Perbanyak dzikir membaca subhanallah, alhamdulillah, Allahuakbar dan dzikir lainnya. Usahakan shalat dengan khusuk dan paham artinya. Ketika membaca AlFatihah tekanan pada ayat :Ihdinashirothol mustaqiim, shirotholladzina an amta alaihim , ghoirilmaghdubi alaihim waladhhollin …..tujuki mkami jalan yang lurus , yaitu jalan orang yang telah Kau berinikmat atasnya , Bukan jalan orang yang Kau murkai dan bukan pula jalan orang yang sesat.” . Perbanyak baca Al fatihah diluar shalat , mohon pada Allah agar semua fikiran buruk disingkirkan dari dalam hati dan fikiran.

      Istiqomah melakukan amalan tersebut, insya Allah lambat laun semua fikiran negatiuf tersebut akan hilang dari diri ananda.

  • joeny:

    Insya ALLAH…..
    saya sudah mencoba utk berusaha khusyuk, namun semakin saya mencoba utk khusyuk, semakin kuat perlawanan dl dlm bathin dan fikiran saya.
    dan yg anehnya pak, kalo saya sholat berjemaah,,, payah sekali ingin mengingat ALLAH Khusyuk)dlm sholat. kalo sendir (Sholat SUNAT)walau gk khusyuk-khusyuk amat, tp bisa sedikit-sedikit saya mencoba utk khusyuk…

    pak, saya mo tanya,,, Tadabbur yg bapak sarankan itu, apakah yg didengarkan 1 surah aja atau ke 3 nya? karena saya merasa sedikit lebih enteng kalo khusyuk mendengar surah AN NAS,,, gmana tu pak ustad?
    apa saya juga perlu di ruqyah pak ?
    saya merasa diri saya jd malas bergerak pak, apalagi buat bekerja,,,bawaannya ngantuk dan pengen tidur melulu,,, sampai2 saya selalu bertengkar dgn istri.
    oh ya pak… kalo kita lg sholat, trus kita Istighfar karena ada fikiran buruk yg tiba2 datang,, apakah boleh pak?
    trus kalo dalam sujud kita berdo`a tp make bahasa indonesia/daerah, apakah boleh pak ustad?

    terimakasih…

    • Wa alaikum salam

      Sebaiknya dibaca ketiganya, Bacaan yang dibaca dalam shalat sudah baku, yang lainnya hanya ayat Qur’an. Jika ada ucapan lain boleh dilakukan didalam hati. Kalau lagi sujud mau berdoa dalam bahasa Indonesia boleh dalam hati jangan dilafazkan.
      Ananda alamatnya dimana? Jika masih dijabodetabek silahkan mampir ketempat saya mungkin bisa lebih membantu.

  • rauf:

    Assalamu Alaikum ustadz, hampir setiap pagi dalam perjalan dr rumah ke kantor saya membaca/menghapalkan Al Quran terutama surah2 terakhir dan berdzikir sekitar 1 jam sambil menyetir kendaraan dengan suara yang agak dikeraskan karena di mobil cuma saya sendiri. Tujuannya selain karena Lillahi Taala juga sbg salah satu upaya agar surah ini tetap dapat saya hapal. Mohon saran ustadz apakah cara ini benar atau tidak? Terima kasih.

    • Wa alaikum salam

      Allah menganjurkan kita untuk berdzikir ketika berdiri duduk dan berbaring. Menghafal Qur’an atau berdzikir ketika mengemudi kendaraan seorang diri sudah merupakan pengamalan dari perintah tersebut diatas. Waktu luang ketika mengemudi mobil daripada digunakan untuk mendengar musik atau gosip diradio kan lebih baik digunakan untuk berdzikir. Bagi orang yang bekerja di Jakarta waktu terbuang dikendaraan ini sangat banyak . Satu hari kita bisa berada antara 2 sampai 4 jam dikendaraan. manfaatkanlah waktu itu sebaik baiknya , jangan biarkan terbuang percuma.

  • joeny:

    gk pak ustad,,, saya tinggal di Prov. RIAU. kota Bangkinang…
    maaf pak ustad… saya udah mencoba menyimak tadabbur yg bapak berikan..
    begitu berat rasanya pak saat saya mencoba untuk memahami tadabbur itu dgn khusyuk….
    setiap kata2 yg saya dengar, selalu di salah artikan oleh pikiran saya….
    hingga saya sulit untuk memahami makna dari ayat yg di tadabburkan itu pak ustad…
    mohon nasehatnya pak ustad…………

  • joeny:

    oh ya pak ustad..
    saya pernah membaca sebuah artikel yg isinya mengatakan ” SULITNYA TAUBAT SEORANG YG MENGAMALKAN BID`AH “…
    saya takut pak ustad dgn apa yg saya alami ini.
    saya terfikir apakah saya termasuk org yg mengamalkan bid`ah?
    saya menyadari kekurangan ilmu agama saya pak ustad,,, tp saya juga dihantui keraguan ingin menuntut ilmu agama. mengingat bgtu banyaknya ajaran2 dan aliran2 yg baru yg tdk sesuai dgn apa yg saya pelajari wktu MDA dulu…..
    bahkan org2 trsebut saling ngotot mengatakan bahwa dalil mereka lah yg benar2 dari hadist Rasulullah saw….sehingga itu menjadi was-was yg terus-menerus menghantui…

    mohon nasehatnya juga pak ustad…
    trimaksih

    • Wa alaikum salam

      Demikianlah cara syetan yang berusaha terus menerus menyesatkan manusia dengan sekuat usaha dan segigih gigihnya. Jika kita tidak melawanya dengan ulet dan sungguh sungguh niscaya mereka akan berhasil menyeret kita kedalam lembah neraka jahannam. Terus berjuang , lawanlah bisikan buruk yang dibisikan syetan itu. Allah mengingatkan dalam surat An Nur ayat 21:”Hai orang yang beriman janganlah kalian mengikuti bisikan bisikan syetan. barang siapa yang mengikuti bisikan syetan sesungguhnya syetan itu hanya menyuruh melakukan perbuatan keji dan mungkar…”

      Mintalah pertolongan pada Allah menghadapi bisikan syetan yang terus menerus menghunjam kedalam hati dan fikiran. Hanya Allah yang bisa menyelamatkan kita dari bisikan dan bujuk rayu syetan tersebut. Tetaplah istiqomah mentadabburi Al-Qur’an.

  • aidil:

    ustadz…
    saya mau tanya…
    1. jika kita minta sesuatu kepada orang tua itu apakah termasuk minta kepada salain allah…?

    2. saya ingin mencoba membiasakan sholat berjamaah..tapi kalo saya sholat sunat dulu biasaya ketinggalah sholat berjamaahnya karena bacaan saya walaupun pendek tapi lambat..tapi jika saya tidak membaca doa iftitah bisa terkejar sholat berjamaahnya tepat waktu atau tidak tertinggal???

    tolong nasehatnya dong…

    • Wa alaikum salam

      1. Meminta sesuatu kepada orang tua ketika masih hidup seperti uang sekolah, uang jajan , pakaian , mohon doa restu dan lain sebagainya tidak jadi masalah itu termasuk hablum minannassi bukan perbuatan musyrik.
      Yang tidak boleh adalah meminta sesuatu seperti keselamatan, keberkahan , rezeki, jodoh, dan lain sebagainya kepada orang tua kita yang sudah meninggal, itu termasyuk perbuatan musyrik mempersekutukan Allah. Orang yang sudah meninggal tidak bisa berbuat sesuatu untuk memberi manfaat pada kita, justru mereka yang membutuhkan ndoa dari orang yang masih hidup.

      2. Datanglah lebih awal kemasjid atau mushalah tempat shalat berjamaah , insya Allah semua bisa diatasi.

  • aidil:

    ustadz
    saya mau tanya

    apakah boleh kita hanya mengandalkan dzikir, ibadah sholat wajib dan sunnat, membaca alqur’an serta sedekah serta keyakinan bahwa allah telah mengatur rizki semuanya dan allah pasti menepati janji-NYA..tapi saya hanya ikhtiar sedikit sekali hanya semampu saya..soalnya saya ini orangnya pemalu dan minder dan kurang percaya diri…???

    mohon nasehatnya…

    • Wa alaikum salam

      Dalam Al qur’an Allah telah menjelaskan bahwa setiap orang akan mendapatkan balasan kebaikan atau keburukan sesuai dengan apa yang diusahakannya (Al Baqarah 286). Siapa yang giat berusaha dia akan mendapatkan banyak siapa yang malas dia tidak akan mendapat apa apa.

      Dzikir, doa , shalat, membaca Qur’an adalah sarana atau alat bantu bagi kita dalam meraih sesuatu yang dinginkan. Namun jika kita tidak giat berusaha semua itu akan sia sia. Dalam surat Al Insyiriah ayat 7 Allah mengingatkan :” Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh sungguh urusan yang lain .

      Kalau ananda ingin mendapatkan lebih banyak tentu ananda harus bekerja keras, kalau tidak bersungguh sungguh …ya tentu hanya mendapat ala kadarnya ,sekedar untuk hidup.

      Jangan sampai hidup ala kadarnya ini juga dialami di akhirat, karena untuk mendapat tempat mulia disi Allah juga perlu perjuangan yang sungguh sungguh. Rasulullah meraih kemenangan dengan perjuangan yang gigih dan mengalami berbagai penderitaan yangt tidak sedikit.

  • okie:

    Assalamualaikum Wr’Wb
    Ustadz terima kasih atas pencerahannya di atas,,, mohon setiap kali share artikel,,, mohon kirim juga ke alamat email saya,, supaya saya dapat mengikuti dan belajar ilmu agama ISLAM lebih dalam, terima kasih.

    okie_cuakep@yahoo.co.id

  • ahnaf:

    setuju :: saya juga mempraktekannya dzikir dlm hati otak dan lisan, sehingga batin menjadi tenang, tapi kadang malah timbul perlawanan dari yang namanya negatif thinking, bagaimana mengatasinya ……

  • killua:

    pak ustad saya tahun ini keterima cpns dan ditempatkan di kutai barat kalimantan timur…sebelumnya ada kontrak 5 tahun tidak boleh pindah…namun saat saya di kutai barat ternyata di sana kawasan non muslim..banyak anjing berkeliaran..dan ternak babi…daerahnya pun sulit krn pelosok.berhubung kawasan non muslim sya sulit menemukan masjid kalo turun ke lapangan krn sya bekerja sbg petugas lapangan.bisakah saya minta doa agar saya dimutasikan…ke kota samarinda atw balikpapan mengingat hal itu tidak mungkin krn ada kontrak 5 tahun..bisakah saya berdoa pada Allah agar sya dimutasikan secepatnya…dan mungkinkah Allah mengabulkan mengingat doa saya ini mustahil…???

  • iand:

    assallamualaikum wr wb ustad

Leave a Reply

Fashion Stores
Translate This Page
Pondok Tadabbur
Infak, Sodaqoh Anda untuk Pondok Tadabbur bisa disampaikan melalui :

Rek Bank Mandiri
123.0097166435
a/n Fadhil Zainal Abidin.
0811151412 - fadhil_za@yahoo.co.id
PELATIHAN
facebook page

Jadwal Pelatihan Shalat Khusuk dan Tadabbur Qur'an wilayah Jabodetabek dan Sekitarnya.

Klik disini untuk keterangan lebih lanjut

HP : 0811151412

Archives
Sejak 20 Feb 2008