PERINTAH DZIKIR DAN DO’A DALAM QUR’AN DAN HADIST

You may also like...

13 Responses

  1. makasih INFO nya sy jdi dpt pengetahuan

  2. Syahruddin says:

    Syukron katsiro,
    Betul-betul membantu kami dlm mencari ayat2 yg berhubungan dg sesatu yg ingin diketahui.

  3. ahmad says:

    jazakallah khoiron katsiron

  4. Ima Irmwati says:

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakathu…..
    Pak Ustadz saya ingin bertanya pertama “apa hukumnya orang yang mengamalkan hizb alasan mengamalkan hizb adalah untuk menambah kedekatan kepada Allah dengan niat memohon ridha dan rahmatnya..”
    yang kedua “apakah diperbolehkan membaca tawasul kepada nabi, dll saat memulai pembacaan surat yasin contohnya seperti dalam acara yasinan.” Jazakallah khoiron katsiron.
    Wassalamualaikum warahmatullahiwabarakathu.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Hizib adalah himpunan doa yang disusun dari beberapa ayat Qur’an dan Doa dari hadist Rasulullah oleh para Ulama dimasa lalu unutk berbagai tujuan. ada Hizib untuk membuka rezeki, perlindungan diri, mengatasi gangguan sihir , mengobati penyakit dan lain sebagainya. Silahkan dibaca asal kamu memngerti dan paham artinya. jangan membaca hizib tapi kamu tidak mengerti maksud dan tujuannya.
      Tawasul artinya menjadikan sesuatu sebagai perantara dalam berdoa pada Allah. Tawasul ada yang dibolehkan seperti bertawasul dengan asmaulhusna, dengan amal baik yang dikerjakan, atau meminta didoaklan oleh orang soleh yang masih hidup. Tawasul yang dilarang adalah bertawasul dengan berhala, makam keramat, ulama , orang soleh atau nabi yang sudah maninggal.

  5. am_soekarno says:

    Info yg sangat bermanfaat bagi umat Islam. Mohon ijin share. Atas kebaikan yg diberikan, Saya sampaikan Jazakallahu khoiron katsiro…

  6. dody anggara says:

    Assalamualaikum Ustadz
    Saya ingin bertanya, tentang acara yasinan dan ketika ada orang meninggal membuat acara yasinan dan tahlilaln tadz, apakah acara seperti itu diperbolehkan tadz karena saya tidak tau juga , apakah zaman Rasullullah Saw pernah seperti itu dan Apakah acara tersebut termasuk bid’ah tadz terimakasih

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Kegiatan yasinan dan tahlilan setiap kamis malam jum’at dan ketika ada orang yang meninggal termasuk masalah khilafiah (terjadi perbedaan pendapat diantara ulama) . Hal tersebut memang tidak pernah dicontohkan dan dianjurkan oleh Rasulullah.
      Karena itu ada yang berpendapat itu bid’ah karena tidak dicontohkan dan dianjurkan oleh Rasulullah. Ada pula yang berpendapat boleh karena isinya hanya kegiatan membaca ayat Qur’an , dzikir dan doa yang memang banyak diperintahkan didalam al Qur’an maupun hadist. . Dalam hal ini terjadi perbedaan sudut pandang diantara ulama. Masing masing didukung oleh dalil yang kuat. Menurut saya silahkan saja menurut keyakinan masing masing, tidak perlu dipersoalkan. Didalam Islam banyak masalah khilafiah seperti itu. Sebaiknya jangan diributkan.

  7. huwa maputra says:

    assalamualaikum wr,wb,
    saya mau bertanya, boleh atau tidak jika berdzikir memandang seorang mursyid(guru) ?
    mohon bantuan nya .

  8. Fadhil ZA says:

    Wa alaikum salam

    Berzikir mengingat Allah adalah jalan untuk mendekatkan diri pada Allah. jangan mempersekutukan Allah dengan apapun ketika berzikir mengingatnya. memandang atau membayangkan wajah mursyid ketika berzikir menyebut nama Allah termasuk perbuatan mempersekutukan Allah dengan mursyid itu.
    jangan lakukan itu . Allah tidak bisa dibayangkan zatnya , tapi kamu bisa merasakan dan membayangkan perbuatannya seperti kebesaranNya, kemuliaanNya, kasih sayangnya dan lain sebagainya.

    Tidak ada seorangpun yang bisa melihat dan membayangkan bentuk listrik seperti apa , tetapi banyak orang bisa melihat dan merasakan efek dan perbuatan listrik seperti cahaya lampu, kipas angin, motor listrik , kompor listrik dll. kira kirat seperti itulah Allah Dia tidak bisa dilihat tapi bisa dirasakan perbuatanNya. Bayangkan perbuatan Allah jangan bayangkan zat Allah.

  1. July 15, 2015

    […] Baqarah 152) Dan masih banyak lagi dalil tentang perintah berdzikir, selengkapnya silahkan lihat di sini Nah, ini admin akan meng-share sebuah kitab dzikir yang dianggit oleh Guru Mulia Habib Umar Al […]

  2. September 11, 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>