PLURALITAS DAN PLURALISME DALAM ISLAM

You may also like...

9 Responses

  1. elfath says:

    assalamu’alaikum wr.wb.
    lalu pengertian dari surah al-Baqarah ayat 62
    إن الذين آمنوا و الذين هادوا و النصارى و الصابئين من آمن بالله و اليوم الآخر و عمل صالحا فلهم أجرهم عند ربهم و لا خوف عليهم و لا هم يحزنون
    bagaimana ustad?
    terima kasih…

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Allah mengingatkan dalam Surat Al Baqarah ayat 62

      62. Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin[56], siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah[57], hari kemudian dan beramal saleh[58], mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

      Maksudnya orang yang beriman dan orang yahudi, Nasrani atau sabiin yang meninggalkan pemahaman mereka yang keliru tentang ketuhannyanya kemudian mereka beriman pada Allah tidak mempersekutukannya dengan satu apapun, dan beriman pada kehidupan akhirat maka mereka akan mendapat pahala dari Allah.

      namun orang Yahudi, Nasrani atau sabiin yang tetap dalam pemahaman yang keliru tentang konsep ketuhanan tidak masuk dalam kelompok ini. Dalam surat Al Maidah ayat 72 Allah mengatakan orang Nasrani yang percaya bahwa Allah itu salah satu dari tiga (paham trinitas) termasuk orang yang kafir demikian pula halnya dengan orang sabiin yang menyembah bintang atau matahari.

  2. bambang wahyu hidayat says:

    Terima kasih Ustadz, mudah-mudahan bermanfaat bagi saya dalam menambah pengetahuan dan wawasan

  3. Lyndia Blase says:

    I have to say that for the last couple of hours i have been hooked by the amazing posts on this site. Keep up the wonderful work.

  4. saddam says:

    makasih ilmunya :)

  5. PLURALISME ITU AJARAN ISLAM , LHO!

    Salamun ‘Alaykum.

    Nama saya Apep Wahyudin. Dengan maksud tanpa merendahkan atau menghinakan pemilik blog ini, saya bermaksud untuk memberikan wacana yang berbeda.
    Saya sendiri memiliki keyakinan bahwa PLURALISME itu ajaran Islam yang sejati. Ajaran yang sudah ditinggalkan umatnya sehingga umat Islam sekarang lebih dikenal sebagai umat yang berwajah seram dan angker serta tidak bersahabat. Berbeda dengan Islam yang dulu dibawa oleh Rasulullah. Islam yang Rahmatan lil ‘Alamin. Islam yang ramah. Islam yang penuh cinta. Islam yang melindungi mereka sama maupun yang berbeda. Islam yang mengajarkan untuk menjenguk seorang Yahudi, padahal Yahudi itu sudah berbuat jahat. Islam yang Islam. Islam yang sekarang sudah terlupakan.

    Islam yang rahmatan lil ‘alamin itu bisa anda lihat dalam buku saya berikut ini. Buku yang dikemas dengan bahasa yang lugas. Buku yang ditujukan kepada umat Islam yang belum paham bahwa PLURALISME ITU ADALAH AJARAN ISLAM.

    Silahkan download secara gratis di blog saya:

    http://www.islamitucinta.blogspot.com/2013/03/pluralisme-itu-ajaran-islam-lho.html

  6. sports says:

    Hi there very cool site!! Man .. Beautiful ..
    Superb .. I will bookmark your site and take the feeds additionally?
    I am satisfied to search out so many useful information right here
    in the submit, we need work out more techniques on this regard, thank you for sharing.
    . . . . .

    Feel free to surf to my site sports

  7. cahyo says:

    jazakallah, ustadz :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>