Oleh Fadhil ZA

otak-6Al Qur’an merupakan pedoman hidup , obat dan rahmat bagi umat Islam. Al Qur’an penuh dengan Ilmu Hikmah yang  menerangi hati dan fikiran  setiap orang yang membaca dan mempelajarinya. Dengan mempelajari , memahami dan mengamalkan Al-Qur’an hidup terasa jadi mudah. Al-Qur’an memberikan bimbingan untuk mendapatkan kebahagiaan hidup didunia dan akhirat.

Selama ini orang lebih banyak mempelajari dan memahami Al-Qur’an menggunakan otak kiri, dengan mendengarkan  ceramah, diskusi dan kajian ayat Qur’an yang dilakukan secara langsung melalui media cetak maupun elektronik. Otak kiri bersifat menganalisa, mengevaluasi , kritis dan selalu curiga dengan hal baru. Ia tidak akan menerima begitu saja apa yang dilihat dan didengarnya. Apa yang dilihat dan didengar dianalisa, dievaluasi , difikirkan secara mendalam , jika dirasakan benar , baru disimpan dalam fikiran bawah sadar dan hati untuk kemudian diamalkan.

Memahami Qur’an dengan otak kanan  belum banyak digunakan orang. Otak kanan bersifat relaks , santai dan menelan bulat bulat apa yang dilihat,  didengar , dan diyakini didalam hati kemudian langsung dilaksanakan. Fikiran bawah sadar yang ada pada otak kiri bersifat netral. Dia tidak bisa membedakan antara baik dan buruk , salah atau  benar. Apa saja informasi yang ditanamkan dalam fikiran bawah sadar baginya merupakan kebenaran mutlak yang harus dilaksanakan , tidak perduli apakah itu salah atau benar baik atau buruk.

Hal tersebut bisa dilihat pada orang yang berada dibawah pengaruh hipnotis , dimana pada kondisi hypnosis fikiran sadar (otak kanan) dilemahkan atau non aktif kemudian instruksi dimasukan kedalam fikiran bawah sadar. Dalam kondisi ini fikiran bawah sadar akan menelan bulat bulat semua instruksi itu tanpa bisa membedakan salah atau benar , baik atau buruk, ia akan melaksanakan instruksi itu . Dalam keadaan normal fikiran sadar tentu akan memilah instruksi tersebut jika baik ,  dikerjakan namun jika buruk tentu tidak akan dilaksanakan. Dalam kondisi hypnosis fikiran sadar tidak berfungsi. Instruksi yang masuk kedalam fikiran bawah sadar akan dilaksanakan secara membabi buta. Hal tersebut bisa kita saksikan pada video pertunjukan hipnotis dibawah ini.

DIBAWAH PENGARUH HIPNOTIS  SEKELOMPOK ORANG MENJADIKAN

SEPATU TEMANNYA SEBAGAI MASKER

[youtube inw2uPgyEJo]

PRESENTER TRANS TV LUPA KATA-KATA  YANG AKAN DIUCAPKAN

DIBAWAH PENGARUH HIPNOTIS

[youtube 2jBAEnLQnBs]

Pengaruh otak kanan sangat dominan dalam kehidupan setiap orang , apa yang tertanam didalam fikiran bawah sadar seseorang merupakan blueprint dari kehidupan seseorang. Perjalanan hidup, nasib, keberuntungan atau kemalangan yang menimpa seseorang merupakan penjelmaan dari apa yang tertanam didalam fikiran bawah sadar ini. Sandy Mc Gregor dalam bukunya Peace of Mind  menyatakan bahwa tindakan dan perbuatan manusia sebagian besar dipengaruhi oleh fikiran bawah sadarnya. Fikiran bawah sadar berperan 88% sedang fikiran sadarnya hanya 12 %. Nyaris kehidupan seseorang dibentuk oleh apa yang tertanam didalam fikiran bawah sadarnya.

Fikiran sadar yang bersifat kritis tidak   mampu menghadapi Fikiran bawah sadar yang mempunyai kekuatan jauh lebih besar dari padanya. Dalam kehidupan sehari hari banyak logika kita yang dikalahkan oleh fikiran bawah sadar. Walaupun anda belum pernah melihat hantu, namun ketika anda melalui pekuburan yang diisukan sangat angker ditengah malam , pasti anda akan merasa takut dan ingin segera berlalu dari tempat itu. Fikiran sadar anda dikalahkan oleh fikiran bawah sadar yang menginginkan anda segera berlalu dari tempat itu. Fikiran bawah sadar anda terlanjur meyakini bahwa hantu itu ada , dan dapat mencelakakan anda , walaupun kenyataannya anda belum pernah bertemu atau melihat  hantu.

Karakter, perilaku dan semua perbuatan kita dikendalikan oleh fikiran bawah sadar. Jika yang tertanam didalam fikiran bawah sadar kita buruk maka semua karakter, perilaku dan perbuatan kita cenderung pada hal yang buruk tersebut, tanpa bisa dicegah oleh fikiran sadar.  Jika yang tertanam didalam fikiran bawah sadar itu baik , maka semua karakter, perilaku dan perbuatan kita akan cenderung pada kebaikan pula. Jika kita ingin memiliki karakter dan perilaku  baik, tanamkanlah sifat yang baik  didalam fikiran bawah sadar. Penglihat dan pendengaran merupakan gerbang utama bagi pengaruh yang masuk kedalam fikiran bawah sadar kita. Fikiran sadar merupakan penjaga pintu gerbang yang bertugas memilah pengaruh apa saja yang boleh masuk melalui pintu gerbang tersebut.

Tadabur Qur’an

Tadabbur Qur’an merupakan salah satu cara memasukan pengaruh baik dan positip kedalam fikiran bawah sadar. Tadabbur Qur’an dilakukan dalam suasana khusuk , fikiran dibawa memasuki kondisi alfa (hypnosis). Pada kondisi ini semua yang didengar dan dilihat akan ditelan bulat bulat oleh fikiran bawah sadar tanpa ada perlawanan  dari fikiran sadar. Apa pesan yang dibawakan oleh ayat Al-Qur’an akan menghunjam kedalam fikiran bawah sadar dan hati (qolbu) tanpa ada sensor dari fikiran sadar.  Dalam kondisi tertentu peserta tadabbur begitu hanyut dalam ayat dan kalimat tadabbur yang dibaca , diantaranya ada yang menangis dan histeris. Pesan yang dibawa dalam tadabbur ini akan sangat membekas didalam hati dan fikiran. Insya Allah ini akan membentuk  perilaku dan karakter positip pada peserta  Tadabbur Qur’an tersebut.

Memasuki kondisi alfa bisa dilakukan dengan membaca dzikir asmaulhusna  dan istighfar secara berjamaah, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an  yang akan ditadabburi. Irama bacaan dzikir asmaulhusna, istighfar dan lantunan ayat qur’an yang dibaca dengan irama dan intonasi suara tertentu akan membawa fikiran memasuki suasana alfa atau hypnosis. Contoh pelaksanaan tadabur seperti pada video dibawah ini.


TADABBUR  SURAT AL FATIHAH BERJAMAAH

[youtube Df6KDDZQwN8]

Terapi tadabbur Qur’an

Tadabur Qur’an bisa dijadikan sebagai terapi untuk memperbaiki karakter , perilaku dan menanamkan berbagai sifat posistip kedalam hati dan fikiran.  Terapi tadabbur Qur’an dapat dilakukan secara berjamaah , seorang diri ataupun dengan mendengar dan melihat video rekaman pada layar PC maupun televisi.

Tadabbur Qur’an berjamaah dilakukan secara berjamaah dibawah bimbingan pimpinan tadabbur yang melantunkan ayat Qur’an dan kalimat tadabbur. Pimpinan tadabbur bisa juga menyerahkan pembacaan ayat Qur’an pada orang lain. Pimpinan tadabbur yang membacakan tadabbur harus mengerti dan memahami betul ayat yang dibaca. Ia harus mampu mempengaruhi perasaan dan fikiran peserta tadabbur melalui kalimat tadabbur yang disampaikannya.

Tadabbur Qur’an seorang diri ada dua macam yaitu dengan membaca sendiri ayat dan kalimat tadabbur tersebut atau dengan mengikuti rekaman video tadabbur melalui layar PC atau Televisi.  Tadabbur yang dilakukan sendiri hanya efektif jika yang bersangkutan hafal ayat yang dibaca dan bisa membacanya dengan tartil ,tepat dan benar sesuai kaidah tajwid yang berlaku. Bagi yang tidak hafal dan tidak  dapat melantunkan ayat Qur’an dengan  tepat dan benar  , serta tidak mengerti ayat yang dibaca maka tadabbur yang dilakukan tidak akan membekas didalam hati.

Tadabbur dengan mendengar dan mengikuti rekaman video pada layar PC atau televisi , harus dilakukan dengan khusuk dan konsentrasi penuh pada video tadabbur tersebut. Untuk itu perlu didukung suasana ruangan yang nyaman dan memadai . Bagi yang belum bisa membaca , menghafal , atau melantunkan Qur’an dengan baik , tadabbur bisa dilakukan dengan melihat video tadabbur.

Pada blog ini kami telah menampilkan beberapa rekaman video tadabbur Qur’an bagi yang berminat melakukan tadabbur seorang diri dirumah, silahkan didownload video tersebut. Video tadabbur terdiri atas satu atau beberapa ayat Qur’an tematik yang dibacakan oleh Imam terkenal seperti Syekh Abdurrahman Sudais, Musya’ari Rasyid, Hani Rifa’i dan Al Ghomidy.

Video tadabbur berisi berbagai hal masalah kehidupan dunia dan akhirat, bagaimana mensikapi bencana dan musibah, meraih sukses dan kemenangan, membuka pintu rezeki dan rahmat, Godaan dan tipu daya  syetan  Hari berbangkit, Padang Mahsyar, hari berhisab,  Syurga ,  Neraka, dan banyak lagi hal lainnya.

Pelaksanaan tadabbur Qur’an berjamaah

Bagi pembaca blog yang berminat mengikuti tadabbur Qur’an berjamaah bisa mengikutinya setiap hari kamis malam jum’at di Masjid Al Amin perumahan Bintara III Bekasi Barat, dimulai sesudah sholat Isya berjamaah. Tadabbur Qur’an dilaksanakan oleh Majelis Dzikir Al Amin Bintara III didahului dengan membaca Yasin dan tahlil berjamaah dan diakhiri dengan tadabbur Qur’an dan tausiah.Dengan memusatkan perhatian pada bacaan ayat, Qur’an , gambar yang ditampilkan dan kalimat tadabbur, insya Allah kandungan dan pesan yang dibawakan Qur’an akan menghunjam kedalam fikiran bawah sadar dan Qolbu. Bagi yang sudah mampu membaca dengan tartil sangat baik melakukan tadabbur ini seorang diri. kalimat tadabbur bisa dikembangkan sendiri sesuai kebutuhan. Tadabbur Qur’an adalah dialogh antara seorang hamba dengan Tuhannya melalui ayat Qur’an yang dibaca. Untuk tadabbur seorang diri tentunya yang bersangkutan harus hafal ayat yang dibaca dan mengerti serta paham maksud ayat tersebut. Selanjutnya ayat yang sering ditadabburi sangat baik jika dibaca didalam sholat, insya Allah akan dicapai tingkatan  sholat yang  khusuk.


CONTOH TADABBUR QUR’AN BERJAMAAH

MENTADABBURI SURAT AL’RAAF 179 DAN AN NAHL 96-97

[youtube 66vWPOljUjE]

Video tadabbur Qur’an diatas bisa juga digunakan untuk pelaksanaan tadabbur Qur’an di rumah masing masing bersama keluarga. Salah seorang anggota keluarga bisa bertindak sebagai pemimpin tadabbur merangkap operator vcd player. Ketika membaca istighfar semua yang hadir ikut bersama membaca istighfar dan  kalimat  Asmaulhusna, ketika dibacakan ayat Qur’an dan tadabburnya semua yang hadir agar menyimak bacaan ayat Qur’an dan tadabbur tersebut. Lebih baik lagi jika video tersebut bisa ditampilkan dalam, layar yang cukup lebar untuk diikuti bersama.  Silahkan di download  dan diperbanyak video tersebut diatas .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *