Oleh Fadhil ZA


4. AL-QUDDUS ( Yang Maha Suci )

Dialah Allah yang maha sucidan sakral, terhindar dari berbagai sifat buruk, tercela dan ketidak sempurnaan. Seluruh sifat-Nya terbebas dari apa yang dituduhkan orang musyrik dan kafir.Ke-Maha sucian-Nya benar benar sempurna, tidak ada cacat sedikitpun.

 

 

Khasiatnya

a. Menghilangkan berbagai penyakit hati

Barang siapa yang mewiridkan membaca “ Yaa Quddus” setiap selesai sholat minimal 100x, insya’ Allah akan dibersihkan hatinya dari berbagai penyakit hatiseperti sombong, ria, takabbur, serakah, kikir, dengki,musyrik, buruk sangka, rendah diri, sedih, kecewa, strees dan lain sebagainya. Orang yang hatinya dipenuhi berbagai penyakit seperti tersebut diatas, sulit sekali mendapat kebahagiaan dan keberhasilan hidup didunia apalagi diakhirat kelak. Mereka sulit diterima oleh lingkungannya, keberadaan mereka selalu menimbulkan masalah bagi diri dan lingkungannya, sehingga orang disekitar mereka tidak suka pada mereka. Dengan melakukan wirid ‘Yaa Quddus “ insya Allah penyakit hati yang berbahaya itu akan sirna, dan Allah akan menggantikan nya dengan sifat baik yang yang membawa rahmat seperti sabar, tawadhu, qona’ah, jujur, amanah, ramah dan lain sebagainya.

b. Menghilangkan sifat tercela

Berbagai sifat buruk dan tercela yang ada pada diri kita, akan banyak menimbulkan kesulitan dan bencana pada kita selama hidup didunia maupun diakhirat .Dengan mewiridkan membaca “yaa Quddus” minimal 100x setiap selesai sholat wajib dan sholat sunah, insya Allah berbagai sifat buruk itu akan sirna berganti dengan berbagai sifat baik yang membawa rahmat bagi diri dan lingkungan selama hidup didunia dan akhirat. Sungguh sangat sulit bagi kita membersihkan diri dari sifat tercela seperti pemarah, pendendam, licik, curang, khianat, pendusta, memperturutkan syahwat dan lain sebagainya tanpa karunia dan pertolongan Allah. Dengan mewiridkan membaca “yaa Quddus” sebanyak banyaknya insya Allah Dia akan membantu kita menghilangkan berbagai sifat buruk itu dan menggantinya denga sifat baik yang membawa rahmat bagi kita dan lingkungan. Baca “ Yaa Quddus “ dengan tehnik penahanan napas.Baca do’a dalam Qur’an ketika menghembuskan napas misalnya do’a N.Sulaiman dalam suratAn Naml ayat 19 :



“Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh”. (An Naml 19)

Atau baca do’a mohon dibersihkan dari berbagai sifat buruk seperti pemarah, dendam, dengki, kikir, sombong, ria, takabbur, curang yang dirasakan merongrong hati, dan mohon agar semua sifat itu diganti dengan sifat baik seperti sabar, pemaaf, jujur, qona’ah dan lain sebagainya. Ucapkan do’a itu didalam hati dengan bahasa Indonesia sambil menghembuskan napas perlahan lahan.

 

5. ASS-SALAM ( Yang Maha Selamat)

 

Dia yang maha Selamat dan memberi keselamatan kepada semua mahluk.Dia yang Maha Selamat, terhindar dari berbagai cacat, penyakit dan berbagai kejadian buruk lainnya. Dia yang menyelamatkan kita dari berbagai musibah, bencana dan berbagai kejadian buruk yang bisa hadir setiap waktu dalam kehidupan kita. Kepada-Nyalah kita memohon keselamatan dunia maupun akhirat, kesalamatan lahir maupun bathin.

Khasiatnya

a. Menjamin keselamatan diri dan keluarga

Dengan mewiridkan membaca ” Yaa Salam” minimal 100x setiap selesai sholat insya Allah kita akan terpelihara dari berbagai musibah dan bencana berat yang tidak sanggup kita memikulnya. Karena sesuatu hal dan diluar kemampuan kita tiba tiba kita berada ditengah suatu kejadian bencana yang tak terhindarkan misalnya kebakaran, gempa bumi, kecelakaan mobil, pesawat atau kapal laut, gempa bumi, badai dan lain sebagainya, insya Allah kita akan selamat dari akibat buruk bencana tersebut. Kita sudah banyak menyaksikan bagaimana Allah menyelamatkan seseorang dari gelombang Tsunami yang menyapu bersih rumah tempat tinggal mereka, bagaimana seseorang bisa lolos dari bencana pesawat yang jatuh dan terbakar, kapal laut yang tenggelam dihantam badai dan lain sebagainya.

b. Membantu lolos dari bencana

Jika anda mengalami bencana, musibah atau keadaan yang sulit, misalnya tersesat dihutan belantara, dikepung musuh, berada ditengah huru hara, tawuran antar kelompok, kampung atau golongan yang saling bermusuhan, diancam penjarahan atau pembunuhan, bacalah kalimat ” yaa salam ” sebanyak banyaknya. Lakukan Sholat hajat 2 rakaat, kalau tidak sempat sholat karena keadaan yang kalut cukup berwudhu, atau tayamum, kemudian duduk bersila atau relaks. Baca ” yaa Salam ” didalam hati sambil menarik  napas perlahan lahan sebanyak yang bisa anda lakukan. Kemudian tahan napas selama yang bisa anda lakukan sambil tetap membaca “ya salam” didalam hati sebanyak banyaknya. Selanjutnya  hembuskan napas perlahan sambil membaca surat Al Israak ayat 80:



“Ya Tuhan-ku, masukkanlah aku secara masuk yang benar dan keluarkanlah (pula) aku secara keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong. (Al Israak 80)

Ulangi tehnik ini sebanyak dan selama yang bisa anda lakukan. Pusatkan hati dan fikiran pada kalimat dzikir dan doa yang anda panjatkan. lakukan semua itu dengan tekun dan istikomah sampai Allah mendatangkan pertolonganNya.  Dia memiliki tentara Malaikat yang banyak, yang dikirim khusus untuk menolong dan menyelamatkan hamba-Nya dari berbagai ancaman yang datang, sebagaimana yang dijanjikan dalam surat Al Anfal 9:

(Ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu: “Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepadamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut”. (Al Anfal 9)

c. Selamat dari berbagai bencana dan kejadian buruk didunia dan akhirat

Allah yang Maha selamat menyelamatkan siapa yang dikehendaki-Nya dari berbagai bencana dan kejadian buruk. Barang siapa yang mewiridkan “yaa Salam ” setiap selesai sholat sebanhyak banyaknya atau minimal 100x, insya Allah akan diselamatkan Allah dari berbagai bencana dan kejadian buruk didunia dan akhirat. Didunia diselamatkan dari bencana kecelakaan, bencana alam, huru hara, ancaman orang dzolim,ancaman kepanikan, ketakutan, dan lain sebagainya. Dialam barzakh diselamatkan dari siksa kubur dan berbagai kejadian buruk dialam barzakh. Pada hari berbangkit diselamatkan dari sengatan panasnya matahari padang mahsyar dan panasnya jilatan api Neraka yang membakar sampai keubun ubun.


6 . AL-MUKMIN ( Yang Memberi Keamanan)

Dialah Allah yang memberi rasa aman dan nyaman kepada setiap mahluk-Nya. Setiap orang dan mahluk yang hidup dibumi ini mendambakan rasa aman dari berbagai ancaman yang menimbulkan rasa takut, cemas, gelisah dan panik. Anak bayi merasa aman dalam dekapan ibunya. Seorang pejabat pemerintahan merasa aman dengan fasilitas pengawalan dan kemanan yang diberikan padanya. Seorang pengusaha merasa aman dengan satpam yang mengawal rumahnya. Anak ayam merasa aman dalam dekapan dan naunngan induknya. Dialah Allah yang memberikan rasa aman itu kepada semua mahluknya dilangit dan bumi.

a. Menjamin keamanan diri dan keluarga

Barang siapa yang mewiridkan ” Yaa Mukmin” minimal 100x setiap selesai sholat, insya Allah akan diberikan rasa aman dimanapun dia berada. Ia terbebas dari rasa takut, cemas, kuatir terhadap berbagai ancaman yang mungkin hadir dalam kehidupannya. Setiap hari kita menghadapi berbagai ancaman dalam hidup kita, bahaya kecelakaan kendaraan, bencana alam, ancaman pencuri, perampok, penipu, penyakit dan lain sebagainya. Insya Allah dengan mewiridkan “Ya Mukmin ” Allah akan memberikan rasa aman dari semua ancaman itu, Dia akan memasukan ketenangan dan kenyamanan kedalam hati orang beriman sebagaimana yang dijanjikan dalam surat Al Fath ayat 4:

Dia-lah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana, (Al Fath 4)

b. Menghilangkan stress berkepanjangan

Rasa stress yang berkepanjangan muncul dari rasa cemas, kuatir, takut yang berlebihan. Orang yang mengalami stress berkepanjangan sulit berprestasi dalam hidupnya, jika tidak segera diatasi, stress tersebut akan mengganggu metabolism tubuhnya yang akhirnya akan menimbulkan berbagai penyakit pada fisik dan jasmani orang yang bersangkutan. 70 % orang yang menderita penyakit fisik dan terpaksa dirawat dirumah sakit, berawal dari stress ini. Dengan mewiridkan “yaa Mukmin ” setiap selesai sholat sebanyak 100 x insya Allah, hati akan menjadi tentram dan nyaman, berangsur perasaan stress dan tertekan akan sirna, berganti dengan rasa aman dan nyaman. Inilah obat yang paling murah dan ampuh bagi penyakit stress. Laksanakan ini setiap selesai sholat.

c. Mendapat keamanan didunia dan akhirat

Dengan mewiridkan ya Mukmin sertiap hari insya Allah hati njadi tentram, dan diberi rasa aman oleh Allah dari berbagai ancaman didunia maupun akhirat. Dialam barzakh diberi rasa aman dari siksa kubur, dihari berbangkit juga diberi rasa aman dari kepanikan, kekalutan dan kesengsaraan dihari itu.

7 thoughts on “KHASIAT DAN MANFAAT ASMA’ULHUSNA (2)”
  1. Assalamualikum Wr.Wb.

    Setelah membaca tulisan tersebut diatas dan kekuatan zikir AsSalam dan AlMukmin maka saya sebagai muslim yang sedang menghadapi musibah cobaan Insya Allah menjadi lebih tenang karena apa yang disampaikan diatas adalah sesuai dengan Firman Allah.

    Sekali lagi terimakasih atas penyampaiannya dan semoga Allah memberikan balasannya. Amin Ya Allah.

    Wassalamualikum Wr.Wb.

    Ahmad Bahagia
    Lhokseumawe, Aceh Utara

    1. Wa alaikum salam

      Biasakanlah sholat tahajud setiap hari, insya Allah apa yang dicita citakan akan terwujud. Baca artikel tentang tahajud dan sholat malam di blog ini,( kategori sholat dan dzikir)

  2. ASSALAMU’ALAIKUM WR. WB.
    ABAH TERIMAKASIH ATAS ARTIKEL DAKWAHNYA
    MOHON DOANYA ABAH SAYA INGIN MELANJUTKAN KULIAH LAGI, MUDAH2HAN DENGAN AMALAN ASMAUL HUSNA INI MEMBAWA SAYA KEPADA KEBAIKAN, BAIK DALAM TUJUAN, CITA-CITA, HARAPAN, DAN KEINGINANNYA TERKABULKAN..
    OH IYA BAH SY INGIN SEKALI MENDIRIKAN YAYASAN YATIM PIATU DAN ANAK TERLANTAR, SAYA INGIN HIDUP SAYA DI TEMPAT SAYA TINGGAL DI PENUHI ANAK-ANAK YANG KURANG BERUNTUNG,. YA WALAUPUN SAYA SADAR KALAU SAYA BELUM MAPAN. MENURUT ABAH LANGKAH APA SAJA YANG HARUS SAYA LAKUKAN AGAR HARAPAN ITU TERWUJUD.
    SALAM SILATURAHIM DARI MOH. ALI ASAL SERANG BANTEN

  3. Assalaamualaikum Wr. Wbr.,

    Terimakasih atas keikhlasan Bapak memposting semua artikel yang baik-baik pada web Bapak ini. Semoga hal itu menjadi amal baik Bapak; semoga pula hal itu menjadi kebaikan kami warga dunia elektronik. Amin.

    Saya sungguh bersyukur pada Allah mendapatkan kesempatan untuk bisa belajar melalui perantaraan lahirian web Bapak ini.

    Saya mohon doa, semoga saya mendapatkan taufik, hidayah, kemampuan beristiqomah melaksanakan segala hal yang baik menurut-Nya serta menghindari segala larangan-Nya. Amin.

    Wasalam

  4. assalmualaikum ‘ pak sy mau tanya jika berdzikir dengan asmaul husna apakah sy hrus mengikuti bilangan2 tertentu? dan bagaimana jika sy berdzikir hanya dengan bilangan semampu sy saja? apakah dzikir sy mendapat pahala atau sebalilnya dzikir sy termasuk dzikir yang sesat.
    saya mohon petunjuknya pak ustadz karena saya sgt membutuhkan jawabannya ‘ terimakasih
    wassalamualaikum.wr.wb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *