KHASIAT DAN MANFAAT ASMA’ULHUSNA (1)

You may also like...

435 Responses

  1. andi says:

    pesan dakwah yang sangat berkenan n bermanfaat bwt keseharian kita… berbeda dengan penyampaian pada umumnya yang terkesan monoton.. luar biasa bisa ada sugesti untuk terus membaca n membaca artikel bapak… makasih semoga bermanfaat n penuh barokah… amien

    • nur says:

      Assalamu alaikum wrb,salam persaudaraan,saya Nur Mardiana biasa dipanggil Nur,awalnya saya seorang pengusaha yang sangat sukses dan aset banyak,seiring berjalanya waktu kekayaan saya berkurang dan bangkrut,saya frustasi dan hampir bunuh diri tapi saya masih usaha bagaimana caranya saya bisa seperti dulu,saya hampir putus asa niat bunuh diri kembali menghantui saya,tapi saya coba buka internet dan tidak sengaja saya melihat nomor Ki Kusumo,saya coba telpon beliau,saya dikasi solusi tapi awalnya saya ragu dan sempat tidak percaya tapi tidak ada jalan lain saya hanya bermodal nekat mengikuti saran Aki syukur alhamdulillah sekarang saya bisa kembali seperti dulu,semua hutang saya lunas dan saya kembali bangun bisnis properti,saya berterimah kasih kepada pembuat room ini karna berkat room ini saya bisa ketemu nmr Aki Kusumo,Demi Allah ini pengalaman pribadi saya,ini bukan rekayasa saya hanya ingin berbagi pengalaman kepada teman2,saudara,yang sedang dalam kesusahan silahkan hub nmr Aki kusumo dinmr 085257776881 insya Allah akan diberi solusi,sekali lagi terimah kasih saya ucapkan sebesar2nya pada Ki kusumo kalau bukan karna beliau saya tidak seperti ini, maaf sebelumnya yang tidak suka dengan postingan saya ,saya Nur mengucapkan mohon maaf sebesar-besarnya Assalamu alaikun wrb,salam persaudaraan.

  2. rajudin says:

    Assalamualaikum Wr.wb

    Artikelnya sangat bagus mudahan bermanfaat bagi kita semua. amin

  3. idam says:

    amalan yang bagus banget untuk diamalkan terima kasih mudah-mudahan saya an dapat mengamalkannya atas bimbingan Mu Ya Robbana

  4. massatria says:

    Assalamualikum wr.wb..

    Terimkasih Semoga Amalan ini dapat bermanfaat n dapat diamalkan ke pada semua ummat manusia untuk keselamatan dunia dan akhirat.. amien..ya robbal allamin

    dan juga beda n lebih menarik daripada artikel lainnya yg sama sama menjelaskan khasiat dan manfaatNYA…

  5. nuansaa says:

    asslamualaikum wr. wb…
    terima kasih yang sebanyak2nya karena artikel ini sangat bermanfaat sekali bagi saya pribadi dan semoga bermanfaat bagi orang banyak..amin

  6. abdullah says:

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.

    Syukron..ustadz, terima kasih atas artikelnya yang sangat bermanfaat dunia akhirat..semoga Allah jualah yang membalasnya..mohon izin mengamalkan..

    Jazakumullah

  7. childa says:

    syukron ustadz, saya seorag mahasiswa. saya ingin bertanya, saya sulit sekali berkonsetrasi ketika belajar sedangkan saya harus membagi waktu saya untuk suami dan kelaurga karena saya telah menikah. adakah amalan ama’ul husna agar saya lebih meudah memahami materi perkuliahan yang saya perlajari agar bermanfaat serta mampu kreatif dalam menyelesaikan tugas- tugasnya.

    • Fadhil ZA says:

      Ass wr wb

      Kelelahan dan rasa letih juga dapat mengganggu konsentrasi. Latihan dzikir pernapasan relaksasi dan konsentrasi insya Allah dapat mengatasi rasa lelah dan meningkatkan konsentrasi fikiran sehingga lebih mudah menyerap pelajaran. jika anda berminat bisa mengikuti latihan yang rencananya akan kami adakan tgl 31 Okt dan 14 Nov ini. Keterangan lebih lanjut bisa dilihat di blog ini atau “pondokdzikir.fadhilza.com”

      Dzikir asmaulhusna yang disertai tehnik olah napas yang tepat dan benar dapat meningkatkan kadar oxygen dalam darah dan menyegarkan tubuh sehingga fikiran bisa berkonsentrasi dengan lebih baik. Dengan badan yang sehat dan bugar insya Allah anda bisa mengatasi berbagai problem dan masaalah yang anda hadapi.

  8. Inka says:

    Assalamualaikum ustad,
    Suami saya selingkuh, dan bersikeras menikahi selingkuhannya dan ingin segera menceraikan saya, semoga dengan amalan ini suami saya sadar, Ya Allah, kusebut nama-Mu dalam asmaul husna ini, tolong aku ya Allah, lindungi suamiku dari janda yang hobby merayu pria beristeri, sudah ada korban sebelumnya,tapi gak jadi menikahi janda itu, eh malah sekarang suami saya korbannya, tolong saya ustad,ada cara praktis menyadarkan suami selingkuh?????

    • Yandi says:

      Saya mau minta nasehat dari Pak Ustad mengenai masalah rumah tangga Pak, rumah tangga saya di ambang perceraian ustad mungkin karena kesalahan saya dahulu ustad, saya kasar sama istri saya dan saya pernah KDRT Ustad sama istri saya, tapi penyebab nya ustad karena emosi saya sudah tidak terkendali karena saya di hina dan dicaci maki oleh istri saya, semenjak 3 bln yg lalu istri saya minta cerai dari saya ustad, saya masih sayang dgn istri saya dan anak2 saya dan saya tidak mau bercerai dgn Istri saya Ustad saya tidak mau anak2 saya korban dari perceraian Ustad, saya sudah menceritakan dgn Mertua laki2 saya ustad tapi istri saya tidak juga mau menerima nasehat dari Ayahnya ustad dan tetap ingin bercerai, apa amalan dan doa yang bisa untuk melunakkan hati istri saya ustad dan mau menerima nasehat2 ustad, istri saya sering melawan dengan saya sebagai suaminya ustad, bagaimana untuk melunakan hati Istri saya ustad supaya dibukan hati nya ustad wassalam

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam untuk Inka dan Yandi , kemelut dan kekacauan rumah tangga tidak terjadi secara mendadak, tetapi melalui proses yang lama dan panjang.Kita baru panik dan memperhatikan masalah ini setelah keadannya memuncak. Untuk memperbaiki kondisi ini juga tidak bisa dilakukan secara mendadak, namun dibutuhkan kesabaran , istiqomah dan tawakal pada Allah. Bertaubatlah pada Allah atas kekeliruan masa lalu, mintalah pertolongan pada Allah dengan mengerjakan shalat khusus untuk itu misalnya pada malam hari (tahajud) , shalat dhuha atau shalat sunah lainya.

      Lakukan shalat dengan benar dan khusuk. Shalat yang memiliki kekuatan dahsyat hanya shalat yang dilakukan dengan benar dan khusuk. Shalat yang dilakukan secara asal asalan tidak akan membawa hasil memadai. Pelajari shalat khusuk yang ada di blog ini pada kategori “Kekuatan dzikir dan shalat” . Orang yang shalat dengan benar dan khusuk tidak akan mengalami kondisi seperti diatas, kalaupun terjadi ia akan segera dapat mengatasinya dengan bimbingan dan petunjuk dari Allah.

  9. Abdul Ganie says:

    Mudah-mudahan menjadi manfaat bagi yang melihat Web ini…..Amiin..!

  10. luay says:

    kerennn…jadi gw bisa belajar lebih dalem tentang agama…makasi yeee

  11. buddi says:

    assalamu’alaikum ustad…
    saya sangat menyayangi seorang cewek…do’a apa yang harus diamalkan supaya cewek tersebut kembali sayang seperti dulu…

  12. yani says:

    asalamu,alaikum pak ustad ,saya seorang istri mempuyai anak 2,saya mau nanya gimana cara supaya suami saya tidak ,supaya tidak melakukan kdrt,dan supaya suami saya bisa sayang lagi sama saya dan anak2 ,apa yng harus saya lakukan tlong jawaban nya,

  13. yani says:

    dan saya mau nanya lagi klou suami sering mengcupkan kata cweai klou kita masih kumpul iti termasuk berzinah atu bukan?

  14. yani says:

    asalamu,alaikum pak ustad ,saya seorang istri mempuyai anak 2,saya mau nanya gimana cara supaya suami saya tidak ,supaya tidak melakukan kdrt,dan supaya suami saya bisa sayang lagi sama saya dan anak2 ,apa yng harus saya lakukan tlong jawaban nya,dan satu lagi yng mau saya tanya kn klou suami sering minta cerai ,tapi masih kumpul dalam satu rmh itu apa hukum nya?

  15. Fadhil ZA says:

    Wa alaikumsalam

    Saya ikut prihatin dengan keadaan ibu. Mintalah pertolongan pada Allah dengan sabar dan mengerjakan sholat. Perbanyak dzikir , sholat tahajud, dan amal saleh. Kita tidak bisa merubah suatu keadaan begitu saja seperti membalikan telapak tangan, butuh waktu, proses dan kesabaran menjalaninya.
    Keadaan tidak nyaman yang ibu alami adalah ujian dan cobaan dari Allah, setiap orang yang mengaku beriman pasti akan diuji Allah dengan berbagai kejadian buruk dan baik.

    Kalau bisa coba down load seri tadabbur qur’an yang ada diblog ini mudah mudahan bisa meringankan beban mental dan membantu ibu mengatasi cobaan yang ibu hadapi

  16. nana says:

    ass wr wb..
    pak ustad,
    sya dan suami serta anak tinggal dirumah mertua dgn kamar terpisah..
    sy tidak akur dengan bapak mertua saya karna dia katai orangtua saya “iblis”
    bapak mertua sy punya istri muda ke-4 karna (ibu kandung suami saya sudah meninggal) yg juga sering fitnah saya dan katai saya “anjing dalam kandang” (tapi saya selalu sabar)..
    saat ini suami sy sedang kerja keluar kota…
    sy dipesankan agar tidak menghiraukan kata2 buruk dr istri muda bapak mertua saya,…
    hari ini(td sore) sy pulang kerumah mendapatkan AC kamar sy mati..
    sy minta baik2 kunci gudang (tempat kabel AC yg dcabut oleh istri mudanya mertua)
    tanpa sopan istri mertua sy itu melempar kunci kluar pintu..
    sy hanya berkata “AC dkamar saya jgn dicabut kabelnya”
    tiba2 dia menyerang saya (mau memukul saya) karna dianggap saya yg menuduh dia mencabut kabel AC.. dia bilang AC mati sendiri (mana bisa kabel tercabut sendiri)..
    yaa saya lawan pak,,orang saya diserang!!!…
    akhirnya kami ribut (tapi sudah diselesaikan dirumah RT setempat dngan kputusan saya ketempat orangtua saya dulu untuk menghindari keributan lagi)…
    istri mertua saya juga sudah diperingatkan RT agar jangan lagi memfitnah saya dan berkata buruk sama saya….
    tidak lama saya telfon suami saya bermaksud ingin berkeluh kesah tentang keadaan yg terjadi antara saya dengan istri bapaknya..
    tp tiba2 suami saya maki2 saya dan bilang ingin urus surat cerai setelah dia pulang kerja nanti ..(karna dianggap saya tidak menjaga amanahnya) ..
    padahal saya membela diri karna saya diserang duluan oleh perempuan dazzal itu ..
    bukan saya yg buat masalah duluan..
    saya menjaga amanah suami saya dengan baik, melaksanakan pesan2nya, menjaga lisanku demi harga diri nya…
    tp saya ga menyangka suami saya memperlakukan saya dengan sangat buruk..
    menyalahkan saya terhadap apa yg bukan salah saya…
    memfonis saya dengan kata2 “cerai”..
    apa yg harus saya lakukan pak ustadz???

    wss.. wr wb

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Allah akan menguji kita dengan kejadian yang buruk dan baik, Kita tidak bisa menghindar dari cobaan yang diberikan Allah pada kita, Jika diuji dengan kejadian buruk berupa fitnah, bencana, musibah dan lain sebagainya , bersabarlah. Minta pertolongan pada Allah dengan mengerjakan sholat khusus, atau sholat malam. Curahkan semua keluh kesah ibu padaNya, mohon petunjuk dan jalan keluar dari segala kesulitan yang ibu alami. Dia sangat memperhatikan hambaNya yang berdoa dengan sungguh sungguh padaNya.

      Kekacauan yang ibu alami dalam rumah tangga ibu adalah hasil karya syetan yang suka menghasut dan menyebar fitnah. syetan membisikan keburukan kedalam hati manusia . Mintalah perlindungan pada Allah dari kejahatan syetan yang selalu menimbulkan kekacauan didala, setiap rumah tangga. Perbanyak membaca surat Al ikhlas, Al Falaq dan an Nass. Mudah2an Allah memberi jalan keluar pada ibu dari segala kesulitan ini. Insya Allah …amin.

    • dewi inlia says:

      assalamualaikum wr wb

      Sis pengalaman sis hampir mirip pengalaman saya, bedanya saya sama mertua perempuan, ya mungkin memang salahnya juga di saya, tapi yang ga saya terima maen asal nyalahin saya aja tanpa mikir, kalau saya ngikutin ego sih saya bisa aja cerai sama suami, cuma banya berbagai pertimbangan akhirnya saya putuskan mengalah, tapi alhamdulillah sis, setelah saya melakukan shalat malam, baca yasin, al waqiah, asmaul husna, pokoknya untuk mendekatkan diri sama Allah deh saya lakukan semua, mertua saya udah mulai berubah tabiatnya, memang saya ikhtiar ikuti apa mau beliau, saran saya, sis sholat malam kaya pak ustad, sis doa sama Allahpaksa sampai menangis doa dengan sungguh sunguh, minta baik suami, bini muda mertua sis itu kembali baik sifatnya atau berubah sifatnya, karna Allah yang membolak balikan hati manusia, dan sis introspeksi dan diskus sama suami baik baik, maunya bagaimana, kalau si istri muda ni bsa diajak diskus , sekalian diajak diskus, intinya salin komunikasi, kaya saya, bisa jadi karna saya kurang komunikasi jadi pemicu masalah itu, saya kira sekian sis saran saya, maaf kalau ada salah kata

  17. Yulia says:

    Ass wr wb
    Pak Ustad.
    Kalau Kita Berdzikir Asma’ulhusna dalam keadaan tidak suci/masa haid bagi perempuan apakah di perbolehkan..??? mohon penjelasannya

  18. sinta says:

    Ass… kalau mau curhat lewat email bisa ustadz??
    jazakalloh…

  19. Rafi says:

    Artikelnya semoga bermanfaat….

  20. Rafi says:

    Semoga bermanfaat..!!!

  21. coy says:

    ass…
    pak ustad kalau tengah malam saya sering merasa takut keluar rumah untuk ber wuduk melakukan sholat malam karena di tempat saya dikenal angker….. gmn cara mengatasi rasa takut itu…. dan dzikir apa yang tepat untuk saya amalkan untuk menghilangkan rasa takut itu….
    terima kasih pak ustad dan wassalam..

  22. Fadhil ZA says:

    Wa alaikum salam

    Baca surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nash berikut terjemahannya, hayati maksud ketiga surat tersebut diatas. Tadabburi kandungan ketiga surat tersebut hingga tidak ada yang ditakuti selain Allah swt.

  23. Mumun Muzhiat says:

    Ass…. Pak ustad q mau tanya di saat ini hamba telah menyukai n menyanyangi seseorang, akan tetapi saya tidak tahu pria tersebut merasakan hal sama apa tidak. ada engga doa untuk meluluhkan hatinya….? mohon di bls

  24. Mumun Muzhiat says:

    mohon di blz ke email saya. sebelumnya makasih banyak

  25. BARITO says:

    SETELAH MEMBACA ARTIKEL INI SAYA MERASA TENANG
    MAKASIH PAK USTAD SEMOGA BS BERMANFAAT BG KITA SEMUA
    AMINNN.

  26. fadli amir says:

    trima kasih atas sharingnya ..wassallam.

  27. Hamba Allah yang Hina says:

    Assalamualaikum wR, wB
    Yang terhormat pak ustad… saya mau tanya, semoga jawaban pak ustad bisa lebih baik dari jawaban orang lain yang sudah pernah saya minta pendapat…
    pak ustad… saya merasa jadi manusia ini seperti tidak ada gunanya… walaupun begitu saya masih berusaha untuk menjadi manusia yang memiliki sifat Ikhlas Lillahi Ta’ala… namun sangat berat bagi saya untuk mendapatkan sifat seperti itu… saya merasa syetan jahanam telah mendirikan kerajaan besar pada diri saya… apabila saya beerusaha untuk Taqorub kepada Allah dan baru saja saya mendapatkan cobaan dariNya saya langsung berfikir yg macam-macam seperti tidak bisa dan tidak mau menrima cobaanNya… apa yg harus saya lakukan pak ustads… semoga pak ustads bisa memberikan jawaban yg bermanfaat bagi semuanya.. Amiin.. apabila ada tutur kata yg tidak berkenan saya mohon maaf yg sebesar-besarnya.. Wassalamualaikum

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Untuk mendekatkan diri pada Allah memang butuh tekad dan usaha yang kuat, orang yang bersungguh sungguh mendekatkan diri padaNya niscaya akan sampai kepadaNya , Allah sudah menegaskan hal itu didalam surat Al Insyiqaq ayat 6 : “. Hai manusia, sesungguhnya kamu telah bekerja dengan sungguh-sungguh menuju Tuhanmu, maka pasti kamu akan menemui-Nya”.
      Siapa yang sungguh sungguh berusaha mendekatkan diri padaNya niscaya Allah akan menunjukan jalan kepada-Nya sebagaimana disebutkan dalam surat al-Ankabut ayat 69 :”. Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar- benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.”

      Namun perlu diingat bahwa syetan akan berusaha sekuat tenaga menentang semua usaha mendekatkan diri pada Allah tersebut. Iblis sudah bersumpah dihadapan Allah bahwa dia akan menyesatkan semua anak cucu Adam, kecuali sedikit yaitu hamba Allah yang ikhlas. Allah juga sudah memberi kesempatan dan izin pada Iblis dan balatentaranya untuk menyesatkan anak cucu Adam kecuali terhadap hamba Allah yang ikhlas syetan tidak akan bisa menyesatkannya. (Semua itu sudah dijelaskan Allah dalam surat Al Israak ayat 61-65 …silahkan klik Al Qur’an online pada link diblog ini)
      Berusahalah ridho dan ikhlas dengan ketetapan Allah, perbanyak dzikir dan berdialog dengan Allah didalam hati, usahakan mengerti dan paham setiap kalimat yang diucapkan dalam shalat. Allah itu sangat dekat dengan kita bahkan lebih dekat dari urat leher kita sendiri. Perbanyak berdialog dan curhat padanya dimanapun berada ketika berdiri, duduk dan berbaring, tentunya dialogh secara bathin. Insya Allah Dia akan membimbing anda.

  28. Iyas says:

    Assalamu’alaikum wr. wb.
    Ustadz mau tanya, saya punya seorang pacar dan berencana mau menikah, tetapi rencana pernikahan kami terganjal karena perhitungan weton jawa yang kata orang tuanya pacar saya jelek kalau diteruskan, bagaimana solusinya ustadz, padahal saya benar-benar menyayanginya?
    Sebagai informasi weton saya dan pacar saya kalau ditambahkan menjadi 25
    Wassalamu’alaikum wr. wb.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Kepercayaan pada weton merupakan adat setempat bukan dari ajaran Islam. Melanggar weton tidak ada sangsi secara agama , sangsinya hanya secara adat bagi orang yang percaya pada hal tersebut. Perlu pendekatan pada keluarga dan orang tuanya bahwa dalam islam tidak ada ketentuan tersebut. Mau ikut ajaran Islam atau tetap kukuh dengan adat. Namun jika dia pemegang adat yang kukuh hal tersebut memang sulit.

      Coba Lakukan shalat tahajut , mohon petunjuk pada Allah untuk menyelesaikan masalah ini. Atau lakukan shalat istikarah jika memang dia cocok buat anda mohon dilembutkan hati orang tuanya untuk menerima anda . Namun jika dia memang tidak cocok buat anda tentu Allah akan menjauhkan dia dari anda. Hanya Allah yang tau apakah sesuatu itu baik atau tidak bagi diri kita.

  29. ainur says:

    assalamualaikum..
    pak ni dibaca berapa kali, dan kapan sajapak…
    makasih..
    wassalamualaikum..

  30. risna says:

    assalamualaikum wr wb
    Pk ustadz saya mau tanya.doa apa yang harus saya baca agar suami saya tidak selingkuh lagi.dan apa ada doa yang bisa dibaca setelah itu ditiup kan ke air minumnya supaya terminum oleh suami saya.mohon jawabannya pak ustadz balas di email saya

    Wasssalamualikum wr wb

  31. tita says:

    assalamualiakum pak ustad, saya ingin meminta nasehad.satu tahuin yg lalu saya menikah secara agama, tp suami saya blm resmi bercerai secara hukum negara dgn istri pertamanya. namun pd saat itu suami saya sudah pisah rumah karna sang istri sudah di talak berkali2 dengan alasan tidak ada kecocokan karna istri pertamanya telah mendolimi keluarganaya, karena suami sy seorang pegawe negri sampai sekarang dia tdk bs cerai karena istri prtamanya tdk mau dicerai dengan alasan tdk jelas,sedangkan gaji bulanan suami saya dan uang laen2 nya langsung msk rekening istri prtama dan satu rupiah pun suami sy tdk dikasih,saya dan suami sy sangat menderita dengan keadaan ini,semua usaha sdah dilakukan termasuk bicara baik2 tp dia tetap menolak mengajukkan cerai,bukannya secara agama mereka sdah bercerai??mungkin dia takut kehilangan gaji suami sy sehingga seperti ini,pak ustad doa apa yg bisa meluluhkan ht nya agar permasalahaan ini cepat selesai

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Masalah ananda memang pelik, penyelesaiannya butuh kearifan yang tinggi. Mintalah petunjuk dan pertolongan pada Allah dengan mengerjakan shalat malam. Allah mengingatkan dalam surat Al Baqarah ayat 153:” Minta tolonglah kalian dengan sabar dan shalat”. Perbanyak istighfar dan berdoa mohon diberi jalan keluar dari kesulitan ini. Miudah mudahan Allah memberi petunjuk pada ananda untuk menyelesaikan masalah ini.

  32. putra wahyu says:

    Assalamualaikum,Pak ustad, saya seoarng laki2 berumur 26 tahun, saya pernah dekat dengan seorang perempuan muslim, dia juga taat beribadah, ngaji, saya menganggap dia wanita yang pas untuk dijadikan istri, dan kami berkomitment untuk menikah pada tahun berikutnya, pada awalnya kami berjalan menjaga komitment dengan baik, saya berusaha untuk segera mencari rejeki untuk persiapan menikah, saya benar2 serius untuk menikahinya, takut klo terlalu lama menjadi maksiat,namun seiring berjalan waktu hadir laki2 yang mencintai gadis itu,gadis yang berkomitmen denganku juga sudah mengatakan pada laki2 itu bahwa ia dah berkomitment denganku untuk menikah, namun laki2 itu terus menggoda, merayu2 terus, mengirimkan kata2 manis, puisi2, sampai akhirnya membuat gadis itu berubah sikap padaku, dia mngatakan dia tersakiti karena aku kurang perhatian padanya, aku kurang peka,, gadis itu mengatakan apa yang ia inginkan tak ia dapatkan dari saya,jujur memang saya mengurangi intensitas ketemu pak ustad, saya takut saya tidak bisa mengendalikan nafsu saya, namun walopun aku mengurangi intensitas bertemu aku tetap menjaga komunikasi dengan dia melalui HP dan berusaha mencari pekerjaan yang tetap untuk bekal menikah, namun gadis itu ternyata berkhianat, dia sering pergi dengan laki2 itu, dan menjalin hubungan dengannya, dia memutus tali silaturahmi dengan ku, awalnya aku juga tidak percaya mengapa dia berubah spt itu, dia membohongiku dan apa yang ia katakan jauh dari fakta yang ada untuk menutupi penghianatan dia,Aku tahu Jodoh mati dan rejeki Alloh telah mengaturnya, sehingga aku berusaha mengiklashkan, tiap malam aku sholat tahjud agar diberi kekuatan dan ketabahan oleh Alloh, aku meminta Alloh untuk memusnahkan rasa cintaku jika memang dia bukan jodohku, dan memohon kepada Alloh agar menghilangkan kemarahan, dan ingatan tentang dia agar hatiku tentram, aku mulai memperbanyak dzikir agar hatiku tentram dan aku berusaha ingin dekat dengan Alloh dengan berdzikir dan mengharap ridhonya, dan itu berhasil, hatiku merasa tenang saat berdzikir, namun kadang2 bayangan gadis itu muncul lagi, membuat hatiku seperti ada pertempuran hati, antara ridho Alloh dan nafsu kemarahan dan kecemburuan,dendam, rasa iklash hilang , rasa sakit hati muncullagi,aku tidak tahu lagi harus bagaimana untuk benar2 lepas dari sakit hati ini, walopun rasa spt ini perlahan hilang sendiri, namun aku belum bisa iklas sepenuhnya, dan aku bingung bagaimana menyikapi keadaan spt ini, mohon bimbingan pak ustadz, agar aku bisa mendapat jalan terbaik, jalan yang di ridhoi Alloh, agar hatiku tenang dengan kasih sayang dan petunjuk Alloh, terima kasih sebelumnya

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Apa yang ananda lakukan sudah tepat, teruslah istiqomah berdzikir, tasbih dan mendekatkan diri pada Allah. Butuh proses cukup lama untuk menghilangkan bayangan kekasih ananda dari fikiran, biasanya antara 1 sampai 2 tahun. jangan putus asa. Jika ananda tetap istiqomah insya Allah Dia akan mengganti kekasih ananda dengan yang lebih baik dari itu. Pilihanj Allah adalah yang terbaik.

      Waspadalah Dunia ini penuh tipu daya dan kelicikan, mata dan telinga kita bisa tertipu. Sesuatu yang menarik hati kita belum tentu baik disisi Allah , demikian pula sesuatu yang kita benci belum tentu buruk disisi Allah. Hanya orang yang banyak berdzikir dan tasbih akan dibukakan mata hatinya hingga bisa membedakan yang hak dan bathil dengan tepat dan benar, serta terhindar dari tipuan dunia yang menyesatkan.

      Kalau sampai sekarang ananda belum bisa sepenuhnya menghapus bayangan kekasih ananda, itu adalah hal yang wajar, semua itu butuh prose dan waktu yang cukup lama. Bersabarlah dan tetap istiqomah mohon bimbingan dan petunjuk Allah.

    • putra wahyu says:

      terima kasih solusinya pak ustadz, solusi pak ustadz semakin meyakinkan ku bahwa Alloh akan memberiku kebaikan setelah ini, biarkan Alloh yang mengatur dan membimbingku ke jalan yang lebih baik untuk masa depanku, Karena Alloh yang maha berkendak, maha mengetahui apa yang terjadi di masa yang akan datang, saat ini aku masih istiqomah berdzikir , walopun dengan caraku sendiri karena memang ilmu agamaku minim pak ustadz, namun aku yakin Alloh tahu maksudku , karena Alloh maha tahu apa yang ada di hati umatnya, trima kasih banyak pak ustadz, assalamualaikum

  33. meta says:

    assalamualaikum,,,
    saya seorang calon mahasiswa yg ingin masuk ke fakultas kedokteran,,,saya sudah daftar di lima universitas, lima kali tes, lima kali juga gagal,,,mohon doa/asmaul husna apa yg harus saya baca untuk mempermudah jalan saya masuk ke universitas dan fakultas yg saya mau,,,
    terima kasih,
    wassalamualaikum wr,wb

  34. meta says:

    mohon bantuan pak Ustad,,,

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Jangan putus asa teruslah mencoba dan berharaplah pada Allah. Mohon pada Allah agar dimudahkan jalan memasuki perguruan tinggi yang dicita citakan. Baca asmaulhusna “Ya Fattah” …(yang Maha Membukakan jalan) baca do’a :” ya Allah ya Fattah yang membukakan jalan kemenangan, bukakan bagi kami jalan menuju sukses dan kemenangan, beri kami kemudahan memasuki perguruan tinggi yang kami cita-citakan. Bukakan bagi kami pintu rahmat dari langit dan bumniMu, bukakan bagi kami jalan untuk meraih cita cita kami. Engkaulah yang Maha membukakan jalan , tolong kami ya Allah. Perkenankanlah doa kami ini, Engkaulah sebaik baik yang memperkenankan do’a”

      Kalau bisa hafalkan surat Al Fath ayat 1- 4 dan surat Al Insyirah baca sebagai bacaan shalat. Yakini kedua isi surat diatas yakini bahwa Allah akan menolong anda.

  35. Rio says:

    assalamualaikum
    saya seorang lajang, mempunyai calon istri yg sudah saya biayai kehidupannya lebih dari 1 tahun, 2 minggu lalu dia bilang kepada ibunya dia ingin saya nikahi namun saya tidak mengetahuinya. Saya tak habis pikir kenapa dia justru selingkuh padahal baru kenal dengan pria lain 1 minggu, dia memutuskan saya karena tergila2 dengan selingkuhannya, saya bingung saya sangat menyayanginya dan berniat menikahinya setelah idul fitri, sudah 2 hari saya shalat tahajud 2 rakaat + dzikir 999x . . karena saya tidak tahu lagi apa yg harus sy lakukan ..mohon petunjuk dan bimbingannya..

  36. Rio says:

    Lanjutan>> sebelum terbangun untuk shalat tahajud saya bermimpi,saya bermimpi:
    “saya berjalan di jalan gelap dan berangin kencang hendak menuju rumahnya, didepan rumahnya saya bertemu orang gila, lalu saya melihat cahaya di pintu kamar dia, namun dia tidak tampak, lalu muncul seorang perempuan lain tak dikenal berbaju putih”
    sehabis sahur saya tertidur sebentar kemudian bermimpi lagi “saya berenang sendiri di kolam”

    dan mencoba menafsirkan melalui tafsir mimpi yg banyak tersedia di internet:
    -Mimpi melintasi gang yang gelap : Akan kehilangan kekasih.
    -Mimpi sebuah jalan raya yang gelap : Suatu tanda kekecewaan.
    -Mimpi naik mobil mogok : Akan kecewa dalam bercinta.
    -Mimpi melihat nur/cahaya menyinari bermakna suatu impian
    yang baik. Keberuntungan akan segera datang dengan tidak mengenal masa.
    -Mimpi berenang di kolam : Alamat akan menghadapi kesukaran hidup.

    Apakah mimpi tersebut merupakan petunjuk dari Allah SWT, jika ya bukankah artinya 90% keburukan, apakah saya benar2 harus meninggalkan orang yg sangat saya sayangi?? mohon petunjuk pak ustad. Trims

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Saya ikut prihatin atas apa yang ananda alami. Pada dasarnya setiap orang yang menyatakan dirinya telah beriman pada Allah pasti akan diuji atas kebenaran ucapannya itu (Al Ankabut 2-3). Ujian tersebut bisa berupa kejadian yang buruk dan tidak menyenangkan bisa juga hal yang sangat menyenangkan. (Al Anbiya 35). Dalam hal ini ananda diuji dengan kejadian yang tidak menyenangkan.

      Orang beriman jika diuji dengan kejadian yang buruk akan segera kembali pada Allah, minta pertolonganNya dengan tekun , sabar dan istiqomah. Jika diuji dengan kebaikan Dia juga akan bersyukur dan tidak segan membagikan kenikmatan yang didapat kepada orang lain.

      Ananda telah diuji dengan keadaan yang tidak menyenangkan, tetaplah istiqomah mengerjakan tahajud , dzikir dan ibadah lainnya. Minta kejelasan dari Allah apakah dia memmang baik bagi agama dan masa depan ananda. Jika tidak baik jauhkanlah namun jika baik mohon agar Allah mengembalikannya pada ananda. Serahkan sepenuhnya keputusan pada Allah. Jika setelah berdoa pada Allah ternyata Dia semakin jauh dari ananda , jangan sedih , kecewa atau putus asa. Keputusan Allah adalah yang paling baik.

      Allah menjamin bagi orang yang bertakwa dan tawakkal padaNya akan diberi jalan keluar dari setiap kesulitan dan diberi rezeki dari tempat yang tidak pernah diduga sebelumnya (At Thalaq 2-3). Tentang semua isyarat mimpi itu serahkan saja pada Allah. Dia tidak akan pernah menyusahkan seorang hamba yang sungguh sungguh berlindung dan mengabdi padaNya. Percayakan masa depan ananda pada Allah, Dia pasti akan memberi kelapangan dan kemudahanh pada ananda , asalkan ananda sunguh sungguh percaya padaNya. Dia tidak pernah mengingkari janji dan Dia maha kuat untuk menolong hamba hambaNya.

  37. jainal says:

    asalamuaikum pa ustad..saya mau nanya tentang rumah tangga saya..istri saya pa ustad..klo ada persoalan spele dia pasti mau kabur dr rumah mnuju orang tua nya..seakan akan dia tak patuh pada suami..orang tua nya slalu bela dia..gimana nya saya bingung..mungkin kalau saya ga punya anak udah saya tinggal kn,,

    • jainal says:

      seorang istri kan harus patuh pada suami nya..udah sering pa ustad saya beratem sama istri saya..lantaran masalah spele..spele nya itu gini pa ustad dia itu mau nya ktempat ibu nya terus sedangkam kami tingal ditempat nenek saya drumah..trus saya bilang ngapain kamu ksana trus..trus saya bilang kamu ngasa punya suami ga punya anak ga?..jadi itu smua di critakan sama ibu nya mertua saya…malah saya yang dmarahi..trus saya ngalah aja pa ustad..supaya istri dan anak saya bisa dbawa pulang lagi krumah..justru karna sering nya istir saya dibela trus sama ibu nya.seakan akan di ngomong nya kadang lancang,suka perintah..itu pun saya sabar pa ustad..jadi sedikit aja saya ngomong yang kasar sama dia langsung dia pun ikut-ikutan ngomel melebihi saya..saya bingung pa ustad, ga dlawan salah .dilawan juga salah..mohon solusi nya ya pa ustad,,,Wassalamu allaikum

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Sepuluh tahun pertama berumah tangga memang masa rawan, ketika itu masing masing suami ataupun istri masih mengikuti egonya sendiri dan tidak mau mengalah, persoalan kecil dan sepele sering menjadi besar dan berkobar. Hadapilah semua itu dengan sabar, mohon pertolongan pada Allah. Lebih baik lagi kalau bisa mengerjakan shalat malam, bangun jam 3.00 sholat tahajud 2 rakaat, selesai shalat baca ya Rahman sebanyak banyaknya mohon pada Allah agar dilimpahkan kasih sayangNya bagi anda sekeluarga. Mohon agar diberikan kerukunan dalam berumah tangga.

      Kalau belum sanggup bangun malam hari boleh dikerjakan pada waktu shalat dhuha antara jam 6 sampai jam 8 pagi. Lakukan ini dengan istiqoma dan sabar, karena perubahan itu butuh proses tidak bisa dalam sekejap mata seperti membalik telapak tangan.

  38. iqbal says:

    assalamuallaikum pa ustad…saya mau nanya,,bagaimana orang yang menghadiah kan uang ke mesjid setiap jumat di minta bacakan fatihah 4,,yang pahala nya di hadiah kan kepada orang yang sudah meninggal,,,apakah itu sampai kepada orang yang meninggal tersebut dan adakah hadist nya….? trimakasih wassallamualikum..

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Menghadiakan pahala bacaan Al fatihah atau amal sedekah kepada orang yang sudah meninggal saya belum menemukan dalilnya dalam Qur’an maupun hadist. Namun perintah berdoa untuk orang lain yang masih hidup maupun sudah meninggal, banyak dalilnya dalam Al- Qur’an dan hadist. Sebaiknya kerjakan saja apa yang sudah jelas dalilnya. Hal yang tidak jelas dalil nya dikuatirkan manfaatnya hanya sia sia saja.

  39. iwan says:

    assalamu’allikum pa ustad…saya mau nanya..gimana cara nya agar istri tunduk pada suami nya…sebab yang jadi penghulu kan suami..maksud nya tunduk itu..ta’at pada suami sebab isri saya lebih ta’at pada ibu nya {mertua saya}..ketimang saya..mertua saya ikut-ikutan dalam rumah tangga saya..selalu belain anak nya..sementara ini istri saya ada di tempat ibu nya{mertua saya},,dia ga pulang udah 3 hari ini…saya ngajak pulang dia ga mau..yang saya heran kenapa mertua saya itu apa ga bisa ngasih nasehat pada anak nya jelas ada suami drumah…mohon solusi nya pa ustad wassalam….

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Dalam surat Asy syuura 30 Allah mengingatkan bahwa apa saja musibah yang menimpa kamu adalah akibat perbuatan kamu sendiri. Dalam hal ini cobalah ananda introspeksi diri . Periksalah bagaimana ketaatan ananda pada Allah. Barangsiapa yang taat dan patuh pada Allah maka Allah jadikan dunia tunduk dan patuh pada dirinya, dan hidup jadi mudah.
      Barang siapa yang tidak patuh pada Allah maka Allah jadikan dunia juga tidak mau patuh padanya, adakalanya ia dipermainkan oleh kehidupan dunia dan hidup terasa menjadi sulit. Disamping shalat wajib perbanyaklah shalat sunah, mohon pertolongan pada Allah dengan mengerjakan shalat malam (tahajud), perbanyak dzikir menyebut namaNya ( ya Rahman, ya Rahim, ya Malik , ya jabbar)ada baiknya dityambah dengan puasa sunah senin dan kamis mohon pada Allah agar istri anda patuh dan nmenurut pada anda.
      Jika ananda tunduk dan patuh pada Allah insya Allah istri ananda akan tunduk pula pada ananda, duniapun bersahabat dan hidup terasa jadi mudah. Semua ini hanya peringatan dari Allah agar ananda bertambah giat mendekatkan diri padaNya.

  40. DDDDD says:

    ass. wr wb.
    selamat malam pak ustadz, saya mau bertanya..beberapa waktu lalu saya memiliki seorang kekasih. kami telah berpacaran selama lebih dari 2 tahun. kami pun berjanji akan saling menjaga perasaan kami. beberapa bulan yang lalu kami putus, dengan alasan karena saya terlalu posesif. selain itu, kekasih saya ini juga menginginkan bahwa kelak dirinya ingin langsung ta’aruf karena menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. saya sangat menghargai prinsipnya pada saat itu karena saya pikiri hal itu sangat positif dan sesuai dengan jalan Allah SWT. namun beberapa waktu yang lalu, kira” pada awal puasa ada lelaki yang mulai mendekatinya. mulanya mantan saya biasa saja bahkan tidak terlalu menanggapinya. lelaki itu sering gombal pd saat smsan dengan mantan saya. mantan saya pun membalas gombalan tersebut dengan gombalan juga. saya sudah memperingatkan sebelumnya agar hati” takut nanti kena tulah. lama kelamaan mantan saya ini mulai merasa nyaman dan suka dengan lelaki itu. dan akhirnya pd hari minggu kemarin pada saat kami berdua pergi ke suatu restoran, mantan saya mengatakan bahwa dirinya telah resmi jadian. saya terkejut dan shock. di satu sisi saya tidak memiliki hak untuk melarangnya namun disisi lain saya masih sangat menyayanginya. saya tidak dapat berhenti menangis dan bersedih karena dia telah keluar dari prinsipnya, sementara saya sangat menjaga prinsip tersebut. saya sering melakukan sholat istikharah dan juga solat hajat untuk memohon kepada allah swt agar dimudahkan urusan saya dalam menghadapi masalah ini. jujur saja saya ingin membalikkan perasaan mantan saya agar kembali menyayangi saya, karena entah keyakinan yang datang darimana saya merasa bahwa suatu saat dirinya akan kembali kepada saya. namun terkadang saya tidak bisa menunggu waktu tersebut jika saya harus mengingat bahkan membayangkan sedang apa dia saat ini dengan pacarnya yang baru tersebut..saya mau tanya adakah doa atau amalan yang bisa membantu saya untuk mengembalikan perasaan mantan pacar saya tersebut?ataukah ada puasa yang harus saya lakukan?mohon penjelasan dari pak ustadz untuk masalaha ini, jujur saja kemarin saya sudah hampir berniat untuk bunuh diri jika sampai dia jadian dengan orang lain,namun akhirnya niat itu batal setelah teman saya menasehati masalah solat tahajud..saya mohon bimbingan pak ustadz untuk menjawab permasalahan saya tersebut. saya hanya ingin dia kembali kepada saya lagi dan saya ingin menikahinya. sekian dan terima kasih..wassalam wr. wb.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam
      Keputusan masalah jodoh, lahir, ajal , rezeki , sepenuhnya ditangan Allah. Dalam surat Fathir ayat 2 Allah mengingatkan Apa saja rahmat (berupa rezeki, jodoh, kemenangan) yang telah ditetapkan Allah bagi seseorang , tidak ada satu kekuatanpun yang dapat mencegahnya. Namun apa yang ditahan Allah dari seseorang tidak ada yang bisa membukakan selain Dia.

      Kita tidak tahu siapa yang akan jadi jodoh kita yang telah ditetapkanNya. Banyak kasus orang yang sudah pacaran lama tidak bisa melanjutkan kejenjang pernikahan, namun ada pula yang baru berkenalan beberapa hari bisa lanjut ke pernikahan dan tetap awet sampai datang ajal menjemput.

      Dunia ini penuh denga tipuan dan kepalsuan, sesuatu yang kita sangka baik belum tentu baik disi Allah, dan sesuatu yang kita sangka jelek belum tentu jelek disisi Allah. Bisa saja kita menyukai dan mencintai sesuatu padahal dia bisa mendatangkan kemudaratan bagi kita . Sebaliknya boleh jadi kita membenci sesuatu padahal ia bisa mendatangkan berkah dan rahmat yang banyak bagi kita. Allah menjelaskan hal tersebut dalam suratAl Baqarah 216.

      Mohonlah pada Allah dengan mengerjakan shalat tahajud, jika memang wanita itu baik bagi ananda mohon agar ia dikembalikan pada ananda, namun jika dia tidak baik bagi ananda mohon agar diganti dengan yang lebih baik. Serahkan semua putusan pada Allah, Dia pasti memilihkan yang terbaik buat ananda , asalkan ananda tetap istiqomah dan bersabar menanti keputusanNya. Namun jika setelah mengerjakan shalat malam ternyata ia semakin menjauh dari ananda janganlah ananda berputus asa, semoga Allah menggantinya dengan yang lebih baik dari itu. Tawakkal dan berserah dirilah padaNya. Keputusan Allah adalah yang terbaik bagi kita semua.

  41. wahib says:

    assalammualaikum wr.wb pak ustadz saya mintak perbandingan sama bapak.masalah rumah tangga saya.istri saya tidak mau pulang kerumah,padahal sebelumya masalah apapun,itupun dia pulang karena dijempur orang tuanya dengan alasan ada kluarganya yang sakit,sayapun mengantarkan.selang beberapa hari kurang lebih 1 minngu saya suruh pulang tapi diatidak mau dengan alasan “katanya tidak kerasan tinggal dirumah saya bersama orang tua saya”,sudah berkali-kali saya mintak untuk pulang,tapi jawabanya tidak mau.bahkan saya perna tanyak pada dia melalui sms ”APAKAH KAMU PADA SAYA?”JAWAB ”KALAU SAYA TINGGAL DIRUMAH ORANG TUANYA DIA SUKA TAPI KALAU SAYA TINGGAL DIRUMAH ORANG TUA SAYA DIA TIDAK SUKA,BAHKAN DIA PERNAH SMS INGIN MINTAK PUTUS DAN MINKAH LAGI.bagaimna menurut pak ustdz tentang masalah saya ini.terimakasih.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Umumnya keretakan dan kerusakan dalam rumah tangga terjadi karena adanya campur tangan pihak ketiga dalam rumah tangga, apakah itu dari saudara, orang tua ,ipar, atau keponakan dari pihak suami maupun istri. Karena itu sebaiknya dalam membina rumah tangga kita tinggal dirumah sendiri tidak bercampur dengan orang tua, saudara maupun ponakan.

      Namun dimasa sekarang hal tersebut tidaklah mudah, mengingat biasanya ketika memulai berumah tangga kita belum mampu dan siap untuk punya rumah sendiri. Jika terpaksa menumpang dirumah mertua maka pihak yang diajak apakah suami atau istri yang ikut mertua tentu harus siap beradaptasi dengan lingkungan baru. Dalam hal ini mungkin istri ananda tidak siap untuk beradaptasi dengan keluarga ananda. Jalan yang terbaik tentunya ananda harus punya rumah sendiri. Atau anandalah yang harus ikut istri dan berusaha beradaptasi dengan orang tua dan keluarga istri ananda.

      Dzikir asmaulhusna bermanfaat untuk membantu menentramkan hati, namun tentunya kondisi lingkungan juga harus kita jaga agar tetap terasa nyaman. Jika istri ananda tetap tidak mau kembali kerumah orang tua ananda cobalah ananda yang ikut kerumah keluarganya dan mencoba beradaptasi dengan keluarganya. Namun yang palng aman adalah ananda memiliki atau mengontrak rumah sendiri ,tanpa ada pihak lain dirumah ananda.

  42. Leka says:

    Assalamualaikum pak.
    Pak saya selalu dihantui dosa” saya masa lalu penyesalan itu selalu datang dan datang lagi pak bagaimana pak solusinya?
    terimakasih pak sebelumnya.
    Wr.Wb.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Jika ananda sudah bertaubat pada Allah terhadap kesalahan dan dosa yang pernah ananda lakukan, Dia Maha pengampun dan menerima taubat. Jangan diingat lagi semua keburukan yang ananda lakukan dimasa lalu. Perbaiki semua kesalahan ananda dan fokuslah pada hal yang baru . jangan ragu terhadap ampunan Allah, keraguan itu datangnya dari syetan agar ananda tetap berada dalam kesalahan masa lalu.

      Mualailah hidup dengan suasana baru , pandang masa depan yang cerah, sibukan diri dengan berdzikir dan tasbih menggungkan nama Allah.

  43. hamba allah says:

    asww

    Ustad bagaimana cara membuka hati suami yang ada di negara lain yang ingin berpisah karena alasan penilaian yang salah terhadap saya. Saya sempat salah kata-kata di sms yang terpicu rasa kesal hanya untuk mendapatkan perhatian dan respon dari suami, karena rasa ingin bertemu setelah lebih dari 2 tahun tidak bertemu. Pada hal kata-kata itu tidak datang dari hati saya.. karena saya lupa dengan kata-kata tersebut, baru shock setelah suami merespon dengan marah besar, dan memblock komunikasi, dia merasa saya menuduhkan dengan perbuatan tercela yang bagi dia sangat tabu untuk dilakukan , padahal saya tidak bermaksud seprti itu.

    Hal ini menjadi bumerang besar dan jadi dasar suami ingin berpisah dengan tambahan alasan-alasan yang menurut saya tidak sepenuhnya benar penilaian buruk sepihak tersebut. Padahal saya berkomitment menikah dan hidup dengan suami sampai akherat ustad. Karena sebenarnya saya yakin suami saya laki-laki sholeh yang dikirimkan tuhan memenuhi dua saya selama puluhan tahun. Saya tetap setia terhadap suami, hanya berkeinginan supaya bisa hidup bersatu secepatnya, namun keinginan bersatu secepatnya ini yang membuat dia merasa dipaksa-paksa pada saat orang tuanya lagi sakit disana.

    Penilaian suami saya tidak semuanya salah tapi juga tidak semuanya benar ustad, tapi bila alasan-alasan itu dijadikan untuk berpisah, menurut saya itu alasan yang salah. saya ingin memperbaiki hubungan berharap supaya lebih bersabar lagi dan sangat berharap suami mau membuka pintu maafnya, karakternya dia apabila tersinggung susah sekali lupa, dan kesalahan yang sama diualang-ulang lagi setiap saat bila menghadapi masalah. Padahal menurut saya sebagai manusia dan suami istri pasti ada peluang salah karena kita tidak sempurna, tinggal bagaimana untuk berhati besat dan saling memaafkan dalam proses saling mengenal satu sama lain, dengan tetap berkomitment mempertahankan rumah tangga.

    Saya sudah minta maaf berkali-kali ustad, dan suami tidak mau menerima mediasi, bagaimana cara menghadapinya hal ini, supaya hati suami saya dibuka lagi dan mau untuk mempertahankan rumah tangga menghapus keinginannya untuk berpisah dan punya komitment kuat untuk hidup bersatu sebagai keluarga.

    Apakah kata-kata yang kita hidup sendiri-sendiri, lebih baik berpisah, yang ditulis di internet messenger merupakan talak ustad?. saya hanya bisa berzikir dan berdoa serta tahajut, apa asmaulhusnanya dan amalan apa supaya kehidupan rumah tangga saya tidak rusak serta suami kembali dengan tullus dan iklash sebagai suami lagi ustad?

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Kami ikut prihatin atas apa yang ananda alami. Apa yang terjadi pada ananda berdua adalah salah satu contoh bagaimana syetan berusaha memecah belah ikatan rumah tangga, persaudaraan dan persahabatan diantara manusia. Syetan telah merusakan hubungan bersaudara antara nabi yusuf dengan saudara saudara, hikngga Yusuf dibuang disumrur tua, terdampar di Mesir hingga masuk penjara.

      Namun Allah telah mengingatkan dalam surat an Nahl ayat 99 dan 100, bahwa syetan tidak punya kekuatan terhadap orang yang beriman dan bertawakkal pada Allah.

      Cobalah komunikasikan apa yang ananda keluhkan pada Allah didalam sholat tahajud pada malam hari, adakan dialogh dengan Allah. Baca ya Rohman , ya Rohim sebanyak banyaknya selesai shalat tahajud. Bayangkan sifat Allah yang maha pengasih penuh cinta kasih, bayangkan sifat Allah yang maha penyayang penuh kasih sayang.

      Baca tadabbur sebagai berikut:

      Ya Allah yang maha pengasih, penuh cinta kasih. Ya Allah yang maha penyayang penuh kasih sayang. Hamba mohon curahan kasih dan sayangMu, hamba mohon curahan cinta dan kasihMu.
      Ya Allah jadikan rasa cinta dan kasih sayangMu diantara hamba dan suami hamba (….sebutkan namanya…). Tanamkan rasa cinta kasih diantara kami berdua dengan rahmat dan kasih sayangMu. Jangan kau jadikan kebencian, kemarahan, kecurigaan akibat tipu daya syetan diantara kami berdua ya Allah. Lenyapkan pengaruh negatif dan pengaruh buruk yang ditanamkan syetan didalam hati kami berdua ya Allah.

      Perkenankanlah permohoanan hamba ini ya Allah, Engkaulahg sebaik baik yang memperkenankan doa. ..amin.

      Baca tadabbur ini berulang ulang dengan penuh keyakinan, bayangkan bahwa ananda berdua hidup dalam kasih sayang, dan keakraban yang mendalam (walaupun pada kenyataannya tidak begitu)….jangan ada bayangan negatif didalam fikiran ananda, jangan terpengaruh oleh kenyataan yang ada. Bayangkan suasana akrab, kasih sayang didalam hati dan fikiran ananda….ingat jangan terpengaruh oleh kenyataan yang ada. Jangan ragu dengan pertolongan Allah. Dia maha kuat untuk melaksanakan apa yang dikehendakinya.

      Mudah mudahah usaha ananda berhasil.

  44. hamba allah says:

    Terimakasih ustad,

    Saya akan melaksanakannya amalan diatas, karena saya yakin akan khasiat asma ulhusna, yang selama ini juga menguatkan dan mewujudkan impian dan doa saya. Semoga Allah mendengarkan dan mengabulkan doa hamba yang bersungguh-sungguh memohon kepada-Nya dan semoga allah menyentuh hati suami saya dengan cara-cara dan keajaiban-Nya sehingga kami bisa bersatu secara lahir dan bathin mewujudkan keluarga yang penuh kasih sayang dengan tulus sampai akherat.

    Amiin

  45. iwan says:

    assalamualikum pa ustad saya mau tanya…bagaiman hukum nya seorang khatib jum’at yang menerima uang wakap mesjid setelah sholay jum’at..mohon penjelasan ya pa ustad

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Masjid adalah pusat ibadah bagi Umat Islam. Segala sesuatu yang berklaitan dengan masalah ibadah,amaliah , pengembangan dakwah boleh dilakukan didalam masjid. Yang tidak boleh dilakukan didalam masjid adalah masalah yang berkaitan dengan urusan dunia, seperti berdagang, jual beli, ghibah dan lain sebagainya.Jika urusan wakaf untuk kepentingan dakwah, dan ibadah boleh saja dilakukan diMasjid.

  46. iqbal says:

    assalamuailaikum pa ustad…saya ingin bertanya..? mana yang di dahulu kan sholat azhar atau fardhu kifayah apabila mayat sudah berada di mesjid untuk di sholat kan..wassalam mualikum….

    • Fadhil ZA says:

      Jika jenazah dibawa ke masjid bertepatan waktu dengan masuknya shalat asar tentu saja harus didahulukan shalat asar berjamaah yang dilanjutkan dengan shalat jenazah. Jika jenazah datang setelah orang selesai melakukan shalat asar berjamaah. Rombongan bisa langsung menyolatkan jenazah tersebut. Bagi yang tertinggal asar berjamaah bisa melakukan sesudah shalat jenazah.

  47. susi says:

    Pak usstad saya ingin bertanya bgaman carany menyadarkan suami saya yg suka selingkuh dn ke tempat hiburan malam,mohon beri saya wirid yg bis menyadarkn suami saya terima kasih

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Dalam kondisi seseorang terpuruk melakukan kemaksiatan dan tidak mau mendengarkan nasihat, diperlukan kekuatan doa untuk menolongnya. Doa yang kuat adalah doa yang dipanjatkan oleh orang terdekat seperti ibu, bapa, istri/suami atau anak. Doakanlah dia dengan mengerjakan shalat malam dan membaca asmaulhusna ya Rahman, ya fattah sebanyak banyak nya. Mudah mudahan Allah menunjuki suamai ananda pada jalan yang benar.

  48. Daza says:

    Asslamualaikum…pak ustad, Yassin faillah itu termasuk bid’ah apa tidak…terima kasih..wassalamualaikum

  49. jajang says:

    Assalaamu’alaikum pak Ustad,,, saya mau tanya nihh,, Saya ada kmelut dlam keluarga saya. pak ustad apa hukumnya seorang istri yang meninggalkan suami terus minta cerai??? tpi saya sbagai suami ga mau menceraikannya.. emang sblum kjadian ini sya sering kasar sama istri,tpi sekarang saya sdah sdar dan sudah berjanji tidak akan mengulanginya lagi. sya sdah sadar bahwa apa yang di lakukan saya selama ini sdah menyakiti perasaan istri saya. gmna pak ustad??? saya pernah sholat istiharoh tpi cma satu kali hasilnya saya mimpi bersetubuh sama istri saya. apakah mimpi itu tanda hubungan saya ma istri akan kembali dengan rukun???

  50. jajang says:

    Assalaamu’alaikum pak Ustad,,, saya mau tanya nihh,, Saya ada kmelut dlam keluarga saya. pak ustad apa hukumnya seorang istri yang meninggalkan suami terus minta cerai??? tpi saya sbagai suami ga mau menceraikannya.. emang sblum kjadian ini sya sering kasar sama istri,tpi sekarang saya sdah sdar dan sudah berjanji tidak akan mengulanginya lagi. sya sdah sadar bahwa apa yang di lakukan saya selama ini sdah menyakiti perasaan istri saya. gmna pak ustad??? saya pernah sholat istiharoh tpi cma satu kali hasilnya saya mimpi bersetubuh sama istri saya. apakah mimpi itu tanda hubungan saya ma istri akan kembali dengan rukun??? tolong di balas ya pak ustad!!!! saya mhon

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Untuk memperbaiki sesuatu hal atau tindakan yang keliru bukanlah hal mudah seperti membalik telapak tangan. Perlu ketekunan dan kesungguhan. Mintalah pertolongan pada Allah agar istri anda mau memaafkan anda dan hatinya menjadi lembut untuk rujuk dan patuh pada anda.

      Minta pada Allah dengan mengerjakan shalat malam, tetap istiqomah walaupun mungkin akan butuh waktu yang lama. Allah mencintai orang yang sabar dan istiqomah.

  51. dinda says:

    ‎​‎​​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ pak ustad
    Saya seorang istri dari 2 anak. Perkawinan saya udh berjalan 6,5 tahun. Pak ustad, selama ini suami saya menggunakan HP slalu dikunci/mggunakan pasword. Setiap dia kekamar mandii HPnya slalu dbawa. Malam mggu kmrn ketika saya sdg melewati kamar mandii, saya mndengar suami saya sdng tlp dgn seseorang. Pastinya perempuan. Saya coba mndekat kepintu kamar mandii dan mndengarkan pmbicaraan mereka. Shock saya pak ustad. Ketika suami selesai dr kmr mandii saya tanya katanya itu customer kantor yg minta di follow up ordernya.. Tp perasaan saya dia ƍäª jujur pak ustad. Saya mesti bgaimana menghadapi suami sperti itu. Walaupun dia bersumpah dia ƍäª macam2 tp rasanya hati ini tdk percaya pak ustad.. Dan hati sayapun jd tidak tenang. Tolong pak ustad beri saya jalan keluarnya.. Wass

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Semua itu adalah ujian dari Allah bagi ananda. Allah pasti menguji setiap orang yang beriman dengan kejadian buruk dan baik. Mohonlah pertolongan pada Allah dengan mengerjakan shalat dan sabar. Usahakan shalat tahajud pada malam hari jika tidak kuat usahakan dengan mengerjakan shalat dhuha, selesai shalat perbanyak membaca asmaulhusna ya Rahman, ya Rahim, mohon limpahan kasih sayangNya. Mohon agar Allah menguatkan rasa kasih sayang diantara ananda berdua (suami istri) mohon pada Allah agar dihilangkan kebencian, kemarahan, kedengkian, buruk sangka, kecurigaan diantara ananda berdua,

      Lakukan semua itu dengan tekun dan sabar serta penuh keyakinan. Insya Allah Dia akan menimbulkan rasa kasih sayang diantara ananda berdua.

  52. Leka says:

    Assalaamu’alaikum pak Ustad terimakasih pak atas solusinya perlahan-lahan saya bisa melupakannya.
    Pak ustad saya mau tanya saya sudah berusaha dan meminta kepada allah tapi apa yang kita minta tidak seperti yang kita inginkan pak bahkan berlawanan dengan yg kita harapkan bagaimana pak yang saya harus perbuat saya minta solusi dari Bpk.
    Terima kasih pak sebelumnya.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Dalam berdoa adakalanya yang kita dapat tidak sesuai bahkan berlawanan dengan apa yang kita minta. Allah lebih tahu apa yang baik untuk kita. Apa yang kita sangka baik belum tentu baik untuk kita , sedang apa yang kita sangka buruk belum tentu buruk bagi kita. Tetap berdoa dengan istikomah, serahkan semua putusan pada Allah. Dia lebih tahu apa yang paling baik bagi kita.

  53. Randy says:

    assalamu’alaikum wr. wb. pak ustadz

    Saya mau curhat ke Bapak. saya punya kakak lelaki, dia selingkuh dengan seorang wanita penghibur. Istri kakak (Kakak ipar) saya, minta tolong sama saya baik berupa saran atau tindakan. Sebenarnya, permasalahan yang melatar belakangi kakak saya selingkuh saya sendiri bingung, karena istrinya sendiri juga bingung, kenapa suaminya bisa selingkuh. Jadi kakak ipar saya berkesimpulan bahwa suaminya kena guna-guna. Dia meminta saya ke orang pintar, baik itu dukun/kyai, semuanya memberi doa disertai air putih untuk diminumkan ke kakak saya, supaya guna-gunanya hilang. Tetapi, kakak saya tetap gak berubah, selingkuh jalan terus. Bahkan akhir-akhir ini lebih parah lagi, dia seakan-akan sudah gak perduli dengan anak istrinya.
    Bahkan nasehat ayah saya sudah tidak digubris lagi. Akhirnya, ayah saya pun ke salah seorang kyai, ayah saya diberi air putih yang sudah dikasih doa untuk diminumkan ke kakak saya. Hasilnya sama aja, NIHIL.
    Kakak ipar saya seakan udah putus asa, karena sudah memohon doa setiap hari tetapi, tidak ada perubahan. Demikian pula bapak saya tiap hari berdoa, tapi juga hasilnya sama, tidak ada perubahan.
    Saya sungguh kasihan pada kakak ipar saya, pak ustadz. Terutama saya sungguh tidak tega melihat bapak saya, yang terus memikirkan kakak saya yang kelakuannya tidak baik, padahal bapak saya mempunyai penyakit jantung, darah tinggi, gula, dan asam urat, sehingga bila Bapak sedang memikirkan anak saya, sering sakitnya kambuh. Padahal tiap hari Bapak saya memikirkan kakak saya, jadi bisa dikatakan sakit bapak saya belum sembuh-sembuh sampai sekarang.
    Tolong pak ustadz saya dikasih masukan dan pencerahan, supaya bisa saya sampaikan ke kakak ipar dan bapak saya.
    oh iya, minta air yang udah dikasih doa dengan tujuan obat guna-guna pada kyai apa itu termasuk syirik pak ustadz?
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb

  54. Fadhil ZA says:

    Wa alaikum salam

    Saya ikut prihatin denga keadaan keluarga ananda. Menrubah watak atau perilaku seseorang bukanlah hal yang mudah, apalagi jika yang bersangkutan tidak menyadari bahwa ia telah salah dan keliru. Kalau yang bersangkutan menyadari kekeliruannya ia bisa diajak bekerja sama untuk memperbaiki perilaku yang menyimpang tersebut. Namun jika yang bersangkutan tidak menyadari kekeliruannya, bahkan ia merasa bahwa perbuatannya itu benar dan tidak salah ini akan sulit.Untuk memperbaiki perilaku orang yang seperti ini hanya bisa dengan doa yang dipanjatkan secara tulus oleh orang yang dekat dengan yang bersangkutan, seperti anak, istri atau orang tua dari yang bersangkutan.

    Dalam Qur’an Allah mengingatkan jika kita menghadapi persoalah yang rumit minta tolonglah padaNya dengan sabar dan mengerjakan shalat (Al Baqarah 45). Saya sarankan pada ipar ananda untuk minta tolong pada Allah dengan mengerjakan tahajud pada malam hari, diselingi dengan membaca asmaulhusna ya Rahman, ya Rohim sebanyak banyaknya , mohon pada Allah agar diberikan kesadaran pada suaminya. mohon pada Allah agar matahati suaminya dibukakan untuk menyayangi istri dan anak anaknya. Jika tidak kuat shalat malam lakukan shalat dhuha antara jam 6 sampai jam 9 pagi.

  55. Randy says:

    Assalamu’alaikum wr. wb.

    Pak Ustadz, mohon maaf saya mau minta nasehat dan masukan lagi.
    Berkaitan tentang masalah keluarga saya, yaitu tentang masalah kakak saya yang kemaren (31-10-2011) saya utarakan.

    Begini pak ustadz, kakak saya ternyata sudah menikah siri dengan “wanita simpanannya” tanpa sepengetahuan istri maupun keluarga terdekatnya, termasuk bapak,ibu, dan saudara kandungnya. Saya memberanikan diri curhat lagi ke pak ustadz karena kebetulan tadi sore, kakak saya dan “istri sirinya” minta restu kepada keluarga besar kami.

    Kakak ipar saya sampai saat ini belum bisa menerima hal itu, dan belum mau merestuinya sampai saat ini. Demikian pula Bapak/Ibu saya, saudara saya, dan saya sendiri. Karena melihat latar belakang “Wanita simpanan” kakak saya adalah “wanita malam”, dan gelar “wanita malam” setelah di selidiki oleh keluarga kami pun masih digelutinya, dengan kata lain belum insyaf.

    Yang saya bingungkan pak ustadz, apakah sikap kami salah terhadap kakak saya, karena kami nggak mau merestui mereka?
    Apakah secara agama pernikahan siri tanpa ada saksi dari keluarga terdekat dianggap sah?
    Apakah pernikahan siri tanpa ada restu dari istri pertama itu sah?

    Sebelumnya, saya mau mengucapkan terima kasih atas nasehat sebelumnya untuk berpasrah diri, sholat, dan meminta pertolongan pada Allah SWT. Alhamdulillah kakak ipar saya sekarang sudah banyak berdzikir, rajin sholat dan belajar untuk khusuk dalam sholat serta ikhlas akan ujian dan cobaan dari Allah SWT, sehingga sampai saat ini dia masih bersabar untuk terus mempertahankan keutuhan keluarganya. Dan kami saudara-saudaranya pun terus men-support dia.
    Sekali lagi terima kasih.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Laki laki menjadi wali bagi dirinya sendiri, jika dia menikah adalah tanggung jawabnya sendiri. Asalkan pernikahannya memenuhi syarat, ada pengantin wanita, wali yang wanita dan saksi dari piha wnita dan pria ya secara hukum agama sudah syah.

      Sebaiknya kakak ipar anda tetap istiqomah dan yakin akan pertolongan Allah. Memang dalam berdoa Allah tidak akan mengabulkan secara langsung, ia akan menguji kesetiaan kita dalam berdoa padaNya. Jiia kita tetap istiqomah dan sabar dengan ketetapanNya , insya Allah Dia akan memberikan yang lebih baik bagi kita, Namun orang yang tidak sabar akhirnya akan berpaling dari Allah dan meminta pertolongan pada kekuatan yang lain.

      Meminta tolonmg pada kekuatan yang lain dari Allah kadang kala terlihat cespleng , langsung ada hasilnya. Namun semua itu adalah tipuan kehidupan dunia. Enak pada mulanya , dan pada akhirnya adalah kekusutan dan keruwetan yang sulit diatasi. Hati hati dan waspadalah terhadap tipuan kehidupan dunia.

  56. Hamba Allah says:

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Pak Ustad, saya sedang dlm ujian Allah, saya punya kekasih,awalnya hubungan kami direstui orang tua saya,namun saya masih belum diperkenalkan dengan keluarga kekasih saya, dengan alasan karena lingkungan keluarganya yang benar2 sangat menjaga agama dengan maksud tidak diperbolehkan teman lawan jenis putranya yang belum ada ikatan apapun datang ke rumahnya, saya dan orang tua memakluminya, tidak tau kenapa tiba-tiba orang tua saya terpengaruh dengan perkataan kakak saya yang tidak menyetujui hubungan kami, mohon nasehat pak ustadz dan mohon berikan bacaan do’a atau dzikir sebagai cara meluluhkan atau membukakan hati orang tua supaya mau merestui hubungan kami berdua?

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Allah selalu menguji kita dengan kejadian yang buruk dan baik, kejadian yang menyenangkan dan tidak menyenangkan. Orang yang beriman jika diuji dengan hal yang tidak menyenangkan bersabar dan mohon pertolongan pada Allah, sedangkan orang yang tidak beriman akan mengeluh panjang pendek , dan datang pada para normal , dukun dan lain sebagainya.

      Orang yang beriman jika diuji dengan kenikmatan atau hal yang menyenangkan dia bersyukur pada Allah, sebaliknya orang yang tidak beriman akan menjadi ria, sombong dan membanggakan diri.

      Mintalah pertolongan pada Allah dengan sabar dan mengherjakan shalat, usahakan bangun mengerjakan tahajud pada malam hari, atau shalat dhuha antara jam 6 samp[ai jam 9 pagi . Selesai shalat tahajud atau dhuha, baca Ya Rahman sebanyak banyaknya mohon pada Allah agar antara anda kekasih anda, orang tua anda dan seluruh keluarga anda dijadikan dalam naungan kasih sayang Nya. Mohon agar dihilangkan kebencian , kemarahan , dendam yang ada didalam hati ananda sekeluarga, dengan membaca tadabbur surat Al Fatihah, Al Ikhlkas, Al Falaq dan An Naas seperti yang saya kirimkan via email.

      Tetap istiqomah dalam memohon pada Allah , walau pada kenyataannya adakalanya doa anda bertolak belakang dengan kenyataan yang ada, itu hanya ujian dari Allah apakah anda yakin atau tidak dalam berdoa dan memohon padaNya. Jika anda tetap yakin dan istiqomah insya Allah anda akan mendapatkan hasil yang menakjubkan.

  57. Hamba Allah says:

    Assalamu’alaikum…
    Pak Ustadz, kebetulan saya sebagai Guru, selalu berhadapan dengan orang tua atau wali murid,ada wali murid yang protes karena mereka tidak menyetujui cara saya mendidik putranya, padahal semua siswa sudah saya tangani seperti itu, tidak ada orang tua yang protes, tapi kebetulan ada salah satu wali murid yang kurang menyetujui, mendatangi saya dengan protes dan menegur saya dengan kata-kata kasar, yang saya tanyakan, bagaimana bacaan do’a atau dzikir saat atau sebelum menghadapi orang tua yang seperti itu?

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Perbanyak membaca asmaulhusna Ya Rahman dan ucapkan kalimat tasbih subhanallah didalam hati. Selesai shalat wajib baca tadabbur Al Fatihah, Al Ikhlas, Al Falaq dan AlN Naas seperti yang saya kirimkan via email.

  58. Icha says:

    Assalamu’alaikum pak ustadz. Sy ingin mengutarakan masalah sy yg sudah 1 bulan ini membuat sy gundah. Sy pny kkasih yg sudah 2 thn kami mnjalin hubungan. Dia sangat serius pd sy dan dia jg yg mngjarkn sy lbh byk tntang ilmu agama. Dia jg memnta sy berjilbab. Kami berniat ingn segera menikah agar tidak trjadi fitnah yg gak jelas. Awalnya orang tuanya setuju dan orang tua sy setuju. Sy prkenalkan dia pd org tua sy dan mereka suka dengan akhlaknya namun mereka menolak karena alasan adat jawa dan sangat kejawen sekali. Sy ank prtama ga boleh cri jodoh ke arah barat. Dtmbah lg mitos klo hubungan ni dlnjutkn akan kalah salah satu. Karena sy ank prtma, bpk sy ank prtma dan bpknya dia ank prtma. Ini dtentang secara adat oleh orang2. Dan di anggp pantangan. Sy sudah jelaskn bhwa ni ga ada dalam ajaran islam tp mereka tetep bersikeras. Sy pun cerita pd kkasih sy dan dia mnta tolong pd org tuanya. Sblumnya sy hnya kenal org tuanya lewt telpon dan belum prnah ktemu. Pd saat kami berencana silaturahmi ke org tuanya. Mendadak org tuanya gak setuju. Dan mnyuruh kami mnyudahi hubungan ini. Katanya org tuanya ( ibuny ) brmimpi mlhat sy dan kkasih sy brjalan djmbatan, tiba2 jmbatannya putus trbelah jd dua dan kmi disisi masing2 jmbatan. Mrka beranggpn hubungan kami ni ga bagus dan akn mndatangkan bencana. Dan katanya jk dteruskn akan brpisah d tengah jalan. Pdhal sy blm prnah bertemu ibunya. Benarkh mimpi itu bisa dpercaya kebenarannya?? Dan benarkh itu petunjuk?? Kami berdua jg kaget. Pdhal kami brdua sudah membulatkan tekad untuk membina keluarga samara ( sakinah, mawaddah, warohmah ) dan mniatkn untuk ibadah. Skrg sy hny bs brdoa semoga Alloh membukakan pntu hati kedua orang tua kami untuk merestui?? Apa yg harus sy lakukan ustadz?? Apa doa, amalan agar hati sy tenang dan orang tua kami mau merestui?? Krna setau sy ridho Alloh trletak pd ridho orng tua dan sy ga ingn jd ank durhaka, sy jg ga ingn kkasih sy durhaka pd org tuanya. Kami ingin smuanya baik2 dan ridho pada kami dengan tulus tnpa pksaan.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Demikianlah keadaannya orang yang percaya pada hal mistik . Semua itu adalah keyakinan dan kepercayaan turun temurun yang sulit dihilangkan kecuali jika percaya dan yakin pada Allah. Nabi Ibrahimk saja tidak sanggup merubah keyakinan ayahnya sehingga terpaksa berseberangan dan menjadi musuh, Demikian pula halnya dengan Rasulullah yang gagal merubah keyakinan pamannya yang percaya pada penyembahan berhala.

      Sebaiknya ananda mohon petunjuk dan bimbingan Allah dengan mengerjakan shalat istikharah atau lakukan shalat tahajud pada malam hari. Curahkan semua keluhan ananda pada Allah, mohon keputusan yang terbaik dari sisiNya. Perbanyak dzikir asmaulhuysna ya Rahman, ya Rahim , ya fattah ….mophon kasih sayang dan dibukakan jalan terbaik dalam mengatasi masalah ini.

  59. Icha says:

    Assalamu’alaikum ustadz.. Sya sngat brterima kasih sekali ats saran srta masukannya. Sy memang mnunggu jawabannya. Sy akn brusaha untuk mengamalkannya. Tapi ustadz, bolehkh kita mempercayai mimpi seperti yg sy utarakan sebelumnya?? Benarkh mimpi seperti itu berarti buruk untuk prjalanan hidup kami?? Saat ini sy mncoba untuk brdoa, positive thinking dan bersabar. Sy pasrahkn semuanya pada Alloh Swt. Sy ga mngerti, pdhal banyak orang2, teman2 kami bilang kami cocok dan brwajah mirip tapi kok jd timbul masalah hanya karena mimpi dan mitos. Masalah ini sy mnguras energi dan pikiran sy, hal ini trnyta jg trjdi pada dia. Mohon maaf sblumnya ustadz, sy mnta dukungan dan doanya. Terima kasih ats bntuannya.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Mimpi itu akan menjelma jadi kenyataan jika kita yakin dan percaya. Namun ia tidak akan terjadi jika kita tidak mempercayainya. Hati hati dengan fikiran dan perasaan ananda. Apa yang kita alami adalah penjelmaan dari fikiran dan perasasan kita. Jika kita berfikir dan merasa negatif semua itu akan menjelma jadi kenyataan, demikian pula jika kita berfikir dan merasa positip itu juga akan menjelma jadi kenyataan.

      Islam mengajar kita untuk selalu berfikir dan merasa positip dengan banyak berdoa padaNya.Bacaan sholat jika diperhatikan dan dihayati sudah membentengi kita dari berbagai hal negatif. Bacaan Al Fatihah dan doa ketika duduk iftirash membentengi kita dari hal negatif. Perbaiki mutu shalat ananda dengan memngerti dan memahami semua bacaan yang ananda baca dalam shalat. Minta pada Alah dengan sungguh sungguh agar orang tua ananda memdapat hidayah dan bimbingan dari Allah untuk merestui perjodohan ananda berdua. Jangan ragu dalam berdoa. Gunakan juga tehnik mental ficture. Bayangkan dan rasakan bahwa orang tua ananda menrestui dan menyetujui hubungan ananda berdua. Coba baca artikel tentang tehnik mental ficure di blog ini.

  60. sukma says:

    assalamualaikum Pak Ustazd, saya ingin curhat lewat email, mohon di bantuannya,

    terima kasih

  61. beib says:

    assalamualaikum..
    pak ustad saaya mau tax..saya suka ma cwek…dan do’a yang ampun untuk mendapatkan cewek tersebut do’a apa ya..sox cewek tersebut mau aku ajak ke jenjang yag serius…terimakasih…alloh yg balaz kebaikanx

  62. Ntie Murasakiiro says:

    Assalamualaikum wr wb.

    Bp. ustad saya mau tanya , bagaimana menghadapi seorang ibu yang suka uring-uringan dan selalu memperbesar masalah sehingga sering terjadi pertengkaran antara ma’ n pa’ saya , saya bingung sebagai seorang anak , jikalau saya menasehatin ma’ saya di kiraanya saya lebih membela pa’ padahal keadaanya memam ma’ saya yang suka marah’,,,
    saya sedih kalu melihat ma’ dan pa’ saya berantem, wlaupun saya sendiri jarang di rumah karena udah tidak tinggal bareng keluarga. mohon solusinya pa

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Doakan saja agar beliau tetap rukun dan saling menyayangi dilindungi dari itpu daya syetan yang menyebabkan pertengkaran berkepanjangan.Sebaiknya ananda membaca tadabbur surat Al Fatihah untuk membangkitkan rasa kasih sayang diantara ananda sekeluarga setiap selesai shalat atau pada waktu pagi dan petang hari . Contoh tadabbur Al Fatihah bisa anada dapatkan pada artikel “Panduan Tadabbur Qur’an “ di blog ini

  63. aspihani says:

    alhamdulillah tarimakasih pak ustad.hati saya jd tenaaaang banget,…saya ucapkan sukur.

  64. Gustaf says:

    Assalamualaikum pak ustadz,

    Saya seorang pria yang sudah menikah dan berkeluarga. Tapi kemudian saya jatuh cinta lagi kepada seorang wanita lain. Seiring waktu perjalan perasaan sayang dan cinta tumbuh diantara kami. Kami tahu kami tak bisa berbuat apa-apa karena saya sudah berkeluarga.dan kami sangat sedih karena kami saling menyayangi. Terkadang dia cemburu dengan saya dan istri saya. Saya berusaha sekuat tenaga agar dia tidak cemburu. Saya berusaha agar saya bisa menjaga hati istri saya dan wanita ini. Karena saya sangat menyayangi mereka berdua. Dia juga tidak berusaha melakukan apapun yang bisa merusak rumah tangga saya, ataupun yang bisa menyakiti hati istri saya. Sesungguhnya saya sangat ingin menikahinya juga. Tapi dengan latar belakang keluarga istri, hal ini seperti tidak mungkin. Dan saya tidak ingin menyakiti hati siapapun juga.

    Kemudian, pada suatu hari saya mengetahui ada pria lain yang mendekatinya. Dan saya tau dia menerima dengan baik. Sikap dia tiba-tiba berubah kepada saya. Jujur saya merasa cemburu. Saya ingin dia bahagia tapi dalam hati saya yang terdalam saya merasa sakit dan cemburu. Saya tidak ingin kehilangan dia. Saya sadar saya egois, saya sudah berusaha dan berdoa agar hati saya menjadi tenang dan semua baik2 saja. Setiap malam juga saya berdoa agar dibukakan jalan bagi kami agar bisa bersama tanpa ada yang tersakiti.

    Saya tau siapapun yang membaca ini akan mengatakan bahwa kami yang bersalah. Tapi kami tak melakukan apa apa dan perasaan itu muncul begitu saja dan ini begitu menyiksa karena kami tidak bisa berbuat apa2.

    Apakah sudah benar apa yang saya lakukakan Pak Ustadz? Saya tahu bahwa jodoh dan rezeki semua di tangan Tuhan. Tapi apakah boleh saya meminta dan memohon? Apakah boleh saya terus berharap untuk bisa menikahinya? Bagaimana caranya agar hati saya bisa tenang dan terus berharap? Mohon petunjukknya..

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Dunia ini penuh dengan tipu daya dan kesenangan palsu. Sesuatu yang kelihatannya indah belum tentu baik bagi kita demikian pula sesuatu yang kelihatannya buruk belum tentu buruk buat kehidupan kita. Hati hatilah terhadap tipuan kehidupan dunia, Allah mengingatkan dalam surat Fathir ayat 5 :
      5. Hai manusia, sesungguhnya janji Allah adalah benar, maka sekali-kali janganlah kehidupan dunia memperdayakan kamu dan sekali-kali janganlah syaitan yang pandai menipu, memperdayakan kamu tentang Allah. (Fathir 5)

      Ananda sudah berumah tangga, fokuskanlah fikiran untuk kebahagiaan istri dan anak anak ananda . Allah mengingatkan dalam surat An Nur ayat 30 dan 31 kepada orang beriman laki laki dan perempuan agar selalu menjaga mata dari memandang lawan jenis yang bukan muhrim , agar terhindar dari tipu daya syetan .

      Hati hatilah keinginan ananda untuk menikahi wanita tersebut yang pada kenyataannya juga sudah mendapatkan pria lain untuk menjadi suaminya , adalah angan angan yang dihembuskan syetan kedalam hati ananda . Jika ananda lanjutkan pada akhirnya hanya akan menjerumuskan ananda pada situasi rumit dan kalut. Sebelum terlambat segeralah bertaubat dan kembalilah pada keluarga ananda yang sudah jelas ada ikatan ijab kabul dan merupakan amanah Allah pada ananda.

      Untuk membersihkan hati dari bisikan syetan yang terus menerus menghasut ananda perbanyaklah membaca istighfar , tasbih dan berdzikir pada Allah. Bacalah tadabbur al Fatihah yang saya kirim lewat email ananda untuk kerukunan rumah tangga ananda.
      Demikianlah semoga bisa mencerahkan hati ananda

    • Gustaf says:

      Terima kasih atas penjelasannya pak ustadz,.

      Saya akan berusaha membahagiakan istri dan anak-anak saya. Namun bagaimana dengan poligami? apakah bisa menjadi solusi?

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Melakukan polygami bukanlah hal yang mudah. Islam tidak melarangnya. Jika sanggup menghadapi berbagai tantangan yang muncul didalamnya ya silahkan. Jika tidak sanggup ya cukup satu saja. Banyak orang yang melakukan polygami namun tidak banyak yang mampu menghadapi berbgai problem yang muncul didalamnya.

  65. dada says:

    Assalamu’alaikum pak ustadz… saya ini punya mertua, tapi dia itu selalu mengrecokin rumah tangga anak2nya saja, misalkan dia minta apa2 yang berlebihan dan dia tidak mikiran keperluaan anaknya itu ada tidaknya, kalau tidak di turuti dia akan berbicara yang ngga2, maka dari itu saya dan suami harus menngabulkannya karena takut mulutnya. Malahan keperluaan adik dan kakak yang sudah berumah tangga saya yang harus tanggung sedangkan saya itu untuk keperluan rt saya juga ngga ada tapi mertua, tapi menggap saya ini ada. Tetapi sekarang ini saya tidak lagi menganggungnya setelah tubuh saya, anak, dan suami di kirimini jin (teluh) supaya kami mati x tapi alhamdulilah selama 3 bulan saya berdoa sholat tahajud dan dhuha tidak putus2 keluarga kami pulih kembali, pak ustad harus bagaimana saya ini dan amalan apa yang harus saya kerjakan?, untuk mempermudah jalan saya supaya cepat pns diangkat (honorere)karena pemberkasanya sudah masuk dan sudah menjadi daftar tunggu dimana doanya?

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Semua itu adalah ujian dan cobaan hidup dari Allah. Dalam surat Al Ankabut ayat 2 Allah mengingatkan bahwa Dia tidak akan membiarkan seseorang begitu saja mengatakan bahwa ia telah beriman sebelum memberikan ujian dan cobaan padanya. Allah telah memberikan ujian pada orang sebelum kita, demikian pula Ia juga akan memberikan ujian yang sama pada kita untuk menegaskan apakah Iman kita benar atau tidak.

      Untuk kerukunan rumah tangga ananda dan hubungan baik dengan mertua serta melindungi diri dari gangguan sihir dan Jin cobalah baca tadabbur Surat Al fatihah , Al Ikhlas , Al Falaq dan an Naas yang saya kirim pada lampiran email ananda. Lakukan tadabbur tersebut setelah selesai shalat tahajud, dhuha atau setelah selesai shalat wajib.

  66. putra says:

    asalamualaikum wr wb
    pak ustad saya mau tanya,saya mempunyai maslah tentang percaya diri saya, percaya diri saya sangak kirang sekali, maka saya sangat susah mendapatkan pacar,menurut pak ustad bagaimana cara saya bisa mendapatkan pacar seprti layaknya laki-laki lainya.
    wass