RENUNGAN 005 – ALAT TRANSPORTASI DARI MASA KEMASA


Oleh : Fadhil ZA
Sejak ribuan tahun yang lalu jumlah manusia terus tumbuh dan berkembang bertebaran diseluruh permukaan bumi. Dahulu ketika jumlah manusia masih sedikit, tatkala sebagian besar permukaan bumi masih diliputi hutan belantara, alat transportasi utama antar kampung dan kota adalah kuda, unta, keledai  dan kereta kuda. Manusia menempuh jarak yang jauh melalui hutan dan rimba dengan berjalan kaki, bagi yang mampu tentunya mengendarai kuda atau kereta kuda. Perjalan antar pulau dilakukan dengan perahu atau kapal layar.

hutan_gedung.jpg

Jumlah manusia terus berkembang, sarana yang ada sudah  tidak memadai lagi, untuk memenuhi kebutuhan manusia Allah menciptakan berbagai sarana dan kendaraan untuk memudahkan manusia berhubungan satu dengan yang lainnya. Setelah ribuan tahun manusia menggunakan alat transportasi tradisional seperti unta, kuda dan keledai, maka pada awal abad ke 20 mulai muncul alat transportasi  seperti kereta api, mobil, motor bahkan pesawat terbang. Allah telah menceritakan akan adanya perkembangan alat transportasi ini 14 abad yang lalu, ketika itu manusia belum  mengerti dengan teknologi tentang kendaraan mobil, motor, kereta api, apalagi pesawat terbang. Mereka hanya mengenal unta, kuda dan keledai sebagai alat trasportasi utama didaratan, dan ini masih terjadi hingga beberapa ratus tahun kemudian hingga awal abad ke 20. Firman Allah dalam surat An Nahl ayat 8 menyebutkan:

 

dan (Dia telah menciptakan) kuda,  bagal, dan keledai, agar kamu menungganginya dan (menjadikannya) perhiasan. Dan Allah menciptakan apa yang kamu tidak mengetahuinya. ( An Nahl 8 )

 

Ini adalah tanda kebesaran dan kekuasaan Allah yang tidak bisa kita pungkiri, Allah betul betul memuliakan dan memanjakan manusia di dunia ini dengan berbagai fasilitas. Namun demikian pada kenyataannya sedikit sekali manusia yang bersyukur dan berterima kasih kepada Allah. Manusia asyik dan sibuk menikmati berbagai karunia Allah, mereka merasa itu memang haknya. Manusia selalu menuntut apa yang jadi haknya, tapi lupa memenuhi kewajibannya terhadap Allah yang telah memenuhi semua fasilitas dan kebutuhan hidupnya di bumi ini. Firman Allah dalam surat Al Israak ayat 70:

 

 Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam,  Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan. ( Al Israak 70)

 

Sejak awal abad ke 20  secara bertahap Allah telah memperlihatkan apa yang dijanjikan-Nya dalam surat An Nahl ayat 8, bahwa Ia akan menciptakan kendaraan lain yang seperti unta dan keledai, untuk sarana trasportasi bagi manusia. Dengan kemajuan teknologi yang telah dikuasai, manusia mampu membuat kendaraan motor, mobil, kereta api bahkan pesawat terbang. Perjalanan yang semula ditempuh berhari hari  dengan berjalan kaki sekarang bisa ditempuh hanya dalam beberapa jam saja  dengan kendaraan mobil atau motor. Perjalanan antar Kota dan Negara yang dahulu membutuhkan waktu berbulan bulan, sekarang bisa ditempuh hanya beberapa jam saja dengan pesawat terbang. Jumlah manusia semakin banyak, mobilitas mereka pun semakin tinggi. Allah telah memenuhi semua kebutuhan manusia dengan menciptakan berbagai alat transportasi seperti motor, mobil, kereta api, pesawat terbang dan lain sebagainya. Allah maha memenuhi janji-Nya, janji Allah pasti dipenuhi.

 

transportasi_1.jpg

 

Popularity: 8% [?]

15 Responses to “RENUNGAN 005 – ALAT TRANSPORTASI DARI MASA KEMASA”

  • memang manusia sering lupa akan nikmat Allah, seperti saya sekarang ini. Mohon do’a nya supaya saya kembali ke jalan NYA.
    Mohon izinnya untuk menampilkan situs ini di blog saya. Silahkan kunjungi blog saya. OK.Jazakumullah

  • tina:

    thakz 4 remembering
    emank sbg manusia bnyak manusia yg tida bersyukur akan segala karunia Allah

  • Seiring perkembangan zaman, manusia memikirkan cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan dan solusi atas permasalahan yang timbul. Tetapi manusia saat ini tidak akan sehebat yang kita lihat jikalau orang-orang terdahulu tidak memulainya.

  • saya sangat menyedari,dengan maha agung serta asmaulhusna allah,,segala puji baginya telah menciptakan alam yg begitu luas dengan segala isinya,,hanya saja kita manusia tidak perna menyukuri nikmatnya kepada kita kadang juga saya sendiri mengabaikanya,termasuk apa?yg saya sudah miliki belum lagi puas mau tg lebih dari apa yg sudah ada akhirnya saya sendiri tersesat kadang tidak menyadari diri akan jaln hidup,akhirnya terombang-ambing sudah hidup saya,terjadi pe4rpisahan jarak antara anak,istri,orang tua sanak keluarga..itulah realitah kehidupan kita manusia terlebihnya diri saya sendiri kini baru aku menyadari semuanya semoga teman-teman yg lain jangan meniru gaya hidup seperti saya…

  • BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIIM
    assalamu’alaikum
    MOHON maaf sebelumnya dah mengkofi dan mempelajari yang ada di blog bapak ni,., dan harafan untuk bisa kiranya bapak memberi maaf terhadaf saya ni, dan haraf izinnya dan do’anya mempelajari ni ya pak??
    dengan rahmat Allah yang maha pengasih dan penyayang insyaallah bapak di anugrahi rizky dalam setiap keadaanNYA bapak amiin ya Allah ya zaljalali walikrom,,,

  • bejo:

    bermanfaat sekali gan,,thanks

  • After looking at a few of the articles on your site, I truly like your technique
    of writing a blog. I bookmarked it to my bookmark website list and will
    be checking back in the near future. Please check out my web site
    too and let me know how you feel.

    Visit my blog; Chere

  • I am sure this paragraph has touched all the internet users, its really really fastidious post on building up new blog.

  • This page definitely has all the info I wanted concerning this subject and didn’t know
    who to ask.

  • Hi, i think that i saw you visited my weblog so i came to “return the favor”.I
    am trying to find things to enhance my website!I suppose its ok to use a few of your ideas!!

  • Hi there, I desire to subscribe for this blog to take most recent updates, thus where can i do it please help out.

    my web site :: homepage (Francine)

  • Terrific post however I was wondering if you could write a litte more on this subject?
    I’d be very grateful if you could elaborate a little
    bit further. Many thanks!

  • Today, I went to the beach with my kids. I found a sea shell and gave it
    to my 4 year old daughter and said “You can hear the ocean if you put this to your ear.” She placed the shell to her ear
    and screamed. There was a hermit crab inside and it pinched her ear.
    She never wants to go back! LoL I know this is totally off topic but I
    had to tell someone!

  • What’s up, I would like to subscribe for this webpage to obtain latest updates, therefore where can i
    do it please assist.

Leave a Reply

*

Fashion Stores
Translate This Page
Pondok Tadabbur
Infak, Sodaqoh Anda untuk Pondok Tadabbur bisa disampaikan melalui :

Rek Bank Mandiri
123.0097166435
a/n Fadhil Zainal Abidin.
0811151412 - fadhil_za@yahoo.co.id
PELATIHAN
facebook page

Jadwal Pelatihan Shalat Khusuk dan Tadabbur Qur'an wilayah Jabodetabek dan Sekitarnya.

Klik disini untuk keterangan lebih lanjut

HP : 0811151412

Archives
Sejak 20 Feb 2008