Oleh : Fadhil Z.A

Februari 2005 saya mengalami gangguan penyempitan pembuluh koroner pada bilik kiri jantung saya. Untuk memperbaiki saluran koroner tersebut pada jantung saya dipasang dua buah stent. Selanjutnya secara rutin saya harus mengkonsumsi  obat anti platelet, untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah. Ada dua macam obat anti platelet yang harus saya konsumsi yaitu Plavix dan Cardio aspirin. Saya harus mengkonsumsi obat tersebut selama setahun, setelah itu cukup salah satu saja setiap hari.

 

Salah satu obat tersebut, cardio aspirin ternyata mempunyai efek buruk bagi  lambung saya. Sesudah puasa satu bulan diakhir tahun 2005 saya merasa perut saya tidak nyaman, penyakit magh saya kumat. Ketika buang air besar warnanya hitam, saya tidak mengerti kalau lambung saya sudah mengalami pendarahan. Saya terus mengkonsumsi Plavix dan cardio aspirin setiap hari. Dengan kondisi darah yang encer dan luka dilambung, pendarahan semakin banyak, badan saya semakin lemah. Saya dibawa ke Rumah sakit Harapan Kita. Diputuskan saya harus dirawat inap disana. HB saya turun jauh sekali sampai 5,9 gr/dl padahal dalam keadaan normal HB saya sekitar 13 dan 14 gr/dl.

 

 rs-harkit.jpg

Saya harus mendapatkan trasfusi darah sampai 1000 cc. Saya dirawat di RS Harapan Kita selama 5 hari sampai HB saya naik diatas 11 gr/dl dan buang air besar saya kembali normal. Pendarahan lambung saya diduga akibat efek samping dari cardio aspirin. Dokter yang merawat saya memutuskan  saya hanya mengkonsumsi Plavix saja , sedang cardio aspirinnya dihentikan. Setelah lebih satu tahun dan lambung saya dianggap sudah normal Plavix diganti dengan cardio aspirin. Plavix sangat mahal jika dibandingkan dengan cardio aspirin. Ketika itu harga plavix sekitar Rp 29.000/buah sedang cardio aspirin hanya Rp 1000/buah. Tahun 2006 dan 2007 saya lalui dengan aman.

Awal tahun 2008 saya kembali merasa ada gangguan pada jantung saya, kalau berjalan cepat dada saya terasa sakit. Ketika diperiksa di RS Harapan Kita dengan MSCT ternyata ditemukan penyempitan baru pada bilik kanan jantung saya. Dokter menyarankan saya untuk dikateter dan jika perlu dipasang stent lagi pada saluran yang menyempit tersebut. Saya heran kok bisa kena penyempitan lagi padahal saya tetap menkonsumsi obat secara rutin. Dokter menjelaskan bahwa kadar gula darah saya masih tinggi,sekitar 230 mg/dl sesudah puasa,  dan itu sangat berisiko untuk kena penyempitan lagi.

 

Ketika  dirawat di RS Harapan Kita saya banyak bertemu pasien  yang juga berulang – ulang mengalami penyempitan pembuluh koroner, dan memang kebanyakan diantara mereka mempunyai gangguan Diabetes. Ada pasien yang sudah dipasang stent  baru 3 tahun muncul penyempitan baru, kemudian dipasang stent lagi dan baru 2 tahun muncul lagi penyempitan dibagian yang lain. Bagi penyandang diabetes tidak ada jaminan bahwa setelah dipasang stent atau di bypass penyempitan koronernya tidalk akan kambuh lagi. Ada pasien yang sudah 2 kali di bypass masih mengalami penyempitan koroner lagi.

 

Setelah dipasang stent lagi untuk yang kedua kali pada bulan Maret 2008 saya kembali mengkonsumsi antiplatelet 2 macam yaitu Plavix dan Cardio aspirin selama satu tahun. Namun bulan September 2008 yang lalu memasuki puasa hari ke 14 saya kembali mengalami gangguan lambung. BAB saya berwarna hitam, saya ingat kejadian akhir tahun 2005 yang lalu, agaknya lambung saya kembali mengalami pendarahan. Saya dibawa ke RS Harapan Kita dan harus mengalami rawat inap. HB saya turun hingga 11 gr/dl, setelah dirawat 1 hari HB saya terus turun hinga 9 gr/dl akhirnya diputuskan untuk diberikan transfusi darah 500 cc.

 

Pemberian Cardio aspirin kembali dihentikan, saya hanya mengkonsumsi Plavix sebagai anti platelet. Beberapa minggu yang lalu persedian plavix pada apotik ”Kokarlina”  di kantor saya, PLN Dist Jaya tidak ada. Obat Plavix diganti dengan Vaclo, menurut petugas apotik komposisi Vaclo sama saja dengan Plavix, untuk sementara penggantian itu saya terima. Dua minggu kemudian saya konsultasi ke dokter yang merawat saya di RS Harapan Kita, saya informasikan bahwa obat saya Plavix diganti dengan Vaclo. Dokter yang merawat saya tidak setuju ” Plavix ya plavix jangan diganti, kamu kan punya gangguan lambung, yang cocok selama ini kan plavix , ya sudah jangan diganti” .

 

Dua hari kemudian apa yang dikatakan dokter saya jadi kenyatan, tidak jelas apa sebabnya tiba tiba saya mengalami sakit perut. BAB saya encer, padahal  makanan saya selama ini cukup apik tidak ada yang aneh. Saya jadi curiga jangan- jangan ini akibat mengkonsumsi Vaclo, karena pada umumnya obat anti platelet memang punya efek samping terhadap lambung. Ya sudah saya nggak berani ganti obat lagi, Plavix memang mahal, tapi akhir akhir ini harganya sudah turun, mungkin karena sudah ada Vaclo sebagai pesaing.

 

Secara rutin sampai saat ini saya harus  terus mengkonsumsi obat-obatan , apaboleh  buat karena pola makan tidak teratur, lebih sering makan diluar daripada dirumah, dan kurang olah raga dimasa muda sekarang saya terpaksa menikmati ketergantungan obat. Dari ngobrol dengan perawat senior di RS Harapan Kita mereka mengatakan bahwa jumlah pasien yang terkena serangan jantung dewasa ini  semakin muda dibandingkan beberapa tahun yang lalu. 20 tahun yang lalu umumnya orang yang terkena gangguan penyempitan pembuluh koroner rata rata diatas usia 45 tahun. Sekarang banyak yang usianya belum 30 tahun sudah terkena gangguan koroner. Pola makan dan hidup tidak teratur, banyak ikut andil dalam meningkatkan jumlah pasien usia muda yang terkena gangguan jantung koroner.

 

 makanan berlemak

Dewasa ini banyak sekali penyakit yang muncul akibat kesalahan pola makan dan adanya makanan yang mengandung zat berbahaya seperti, formalin, zat pewarna, melamine, zat pemutih dan lain lain. Jadi bingung milih makanan yang baik dan sehat, beli ikan atau daging… eh dicampur formalin. Susu bubuk, kue, permen ada yang tercampur melamine. Buah segar dan sayur mayur, terkontaminasi pertisida…gimana ya? nanem sendiri ngkali.

45 thoughts on “PENDARAHAN LAMBUNG AKIBAT EFEK SAMPING OBAT”
  1. Hati, fikiran dan perbuatan mesti menjadi satu kesatuan untuk hal-hal positif, mungkin inipun mempermudah kita dalam mensyukuri nikmat yang telah diberikan ALLAH SWT kepada kita.
    Bila kita membicarakan tentang pengobatan, maka biasanya yang akan kita dapatkan adalah racun.Obat sifatnya hanya sebagai penahan nyeri untuk sementara waktu. Pada akhirnya, yang perlu kita sadari adalah bagaimana dengan pola makan kita. Karena antibody untuk menolak berbagai jenis penyakit sudah tersedia dalam tubuh kita.
    Memang kita sekarang ini sulit untuk menghindar dari makanan yang tidak sehat disekitar kita. Akan tetapi setidaknya, kita bisa mengupayakan untuk makan makanan yang sehat alami (organik), madu dan minum air yang sehat. Bila kita ingin melakukan detoks, caranya adalah konsumsi makanan organik, madu dan airputih dan buah-buahan selama 5 hari dan hindari dulu makanan2 lainnya. Bagi yang telah mempunyai sakit maag, disarankan untuk makan nasi dulu sedikit baru makan makanan organik(green field).
    InsyaALLAH racun dalam tubuh akan keluar. Bila racun telah keluar maka tubuh akan memperbaiki sel-selnya sehingga organ tubuh akan bekerja dengan lebih baik lagi dan kita akan kembali sehat. Jangan lupa untuk terus berfikiran positif, karena penyakit ini mengindikasikan bahwa fungsi Hati kita sudah terganggu. Jaga kondisi, jangan terlalu lelah.

  2. Ass,
    Sebelumnya semoga cepat sembuh dan diberi kesabaran dan ketabahan oleh ALLAH SWT
    saya ingin menanyakan mengenai obat jantung plavix, dan ARICEPT TABLET .
    1. dimanakah saya bisa membeli plavix dan aricept dengan harga murah.
    2. bagaimana prosedurnya untuk mendapatkan harga murah tersebut.
    sebagai informasi obat ini untuk pengobatan ibu saya, dimana dari 11 macam obat yang harus diminum obat2 tersebut yang paling mahal.

    terima kasih

    wassalam

    ali hamdi

  3. Coba cek di apotik rumah sakit Harapan Kita, menurut dokter yang merawat saya disana katanya plavix lebih murah, saya sih belum cek kebenarannya , soalnya obat saya masih dijamin kantor.

  4. Plavic bisa dibeli di apotik Mansa di Metro Plaza Lt 1 DKS 02, harganya 290 rb per strip.
    Saya sdh mengkonsumsi obat ini hampir tiga tahun yg mana saya juga pernah mengalami pendarahan lambung ketika dikonsumsi bersama dgn Ascardia.

  5. saat ngetik ini, saya mengaami nyeri lambung yang luar biasa. saya memang sudah lama minum cardioaspirin 1 x/hari, pagi. sudah beberapa waktu lambung saya nyeri,sembuh sebentar, eh nyeri lagi.sementara saya minum cairan polycrol buat menaikkan pH cairan lambung; besok mikir lagi. plavix tersedia karena istri baru keluar rs gara-2 aritmia. Oya, say sudah dipasang 1 stent feb 2002.
    ternyata sakit itu mahal ya.Tapi Alhamdulillah, saya masih diberi sakit:koroner, hipertensi, aritmia, atrial fibrilasi, RBBB,asam urat, rematik,diabetes, and baru beberapa bulan ini nyeri lambung. kalau tidak diberi sakit lagi, barang kali sudah dialam sana. usia saya 70, masih main tenis gembira, suka senyum dan tertawa, termasuk mentertawakan diri sendiri. nikmat lho. cerita sdr sangat menarik buat saya, dan saya mau ganti plavix setelah konsu dr jantung. terima kasih yaaaaaaaa mas Fadhil.

    A. Noor

    1. Betul pak Nur ..walaupun dirongrong berbagai penyakit kita harus selalu gembira, kita nikmati saja kondisi yang ada. Salut buat pak Nur yang masih bertahan sampai usia 70, semoga usia yang tinggal sedikit ini bisa membawa rahmat dan berkah.

  6. Serba keliru kita orang dibikin sama sakit ini. sewaktu muda, saya pemain Volly, aktif main bola kaki, dan kalo malam saya main bulu tangkis. masuk ke umur mau pensiun, kok saya divonis ada penyempitan coroner, dan setelah di kateter, disarankan untuk pasang CINCIN sebanyak 3 buah. Saya kurang sreg dengan keputusan ini, maka saya minta di tunda. Masa NPP sudah abis, dan pensiun saya sekarang berjalan 6 bulan. saya belum pasang itu cincin. saya rutin ke Dokterperusahaan, dan selalu dikasih PLAVIX , CARDIO ASPIRIN , INDUR, DAN CADUET. cuma saja yang harusnya itu di konsumsi per setengah bulan, saya bagi-bagi cara minumnya, hingga baru habis dalam satu setengah bulan. Kalo saya coba tak minum sama sekali ada rasa lain. mungkin karena sudah serinf mengkonsumsinya, jadi agak ketagihan. Berbagi rasa, mungkin ada saran dari rekan langkah mana yang manis . Matur nuwun

  7. Mungkin ini cukup aneh, saya usia 44 tahun baru 2 bulan lalu terserang penyakit jantung. saya ke Harapan Kita, dan dipasang 1 stent jenis Tsunami ukuran 14 atm. Aneh yang saya maksudkan disini adalah, saya rutin berolahraga, terutama jogging minimal 3 kali seminggu, masing2 30 menitan, dan berat sayapun ideal (ngga gemuk), namun ada penyempitan pembuluh darah di jantung. Ternyataaa, stress juga sangat mempengaruhi kerja jantung, selain itu, rasa marah, kecewa, iri hati, dan emosi2 yang sejenis itu bisa meningkatkan kadar lemak dan kolesterol dalam darah, yang mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh darah jantung. Obat yang diberikan oleh dokter saya (karena di RS Harapan Kita, dokter yang menangani kita adalah satu orang dokter), saya diberikan ya Plavix itu, dan juga Aspilet, Simvastatin, dan satu lagi apa itu saya lupa (namanya juga manusia berdosa, suka lupa hahaha- maksud looo….). Demikian semoga ada gunanya. Terima kasih.

    1. Ass wr wb

      Saya setuju dengan anda, kondisi kejiwaan sangat besar pengaruhnya bagi kesehatan. Tidak ada jaminan orang yg rutin berolah raga akan tetap sehat, jika pola makannya tidak tepat dan perasaannya selalu dirongrong rasa sedih, kecewa, jengkel dsb. selama ini kita ketahui seorang perokok berat sangat rawan dengan serangan jantung, mertua saya seorang perokok berat , sampai sekarang merokoknya tidak pernah putus usia nya sudah 90 tahun tetap sehat.

      Saya tidak suka merokok pada usia 50 th terkena penyempitan pembuluh koroner, kayanya sih karena pola makan yang tidak sehat , dan berhenti dari olah raga rutin.

    2. Ini maya yang pernah study kat PPD dulu ke? amik ksruus DSK. Pernah masuk pop kuiz??? Akak ingat2 lupa muka maya ni. tapi bila terbaca entry maya yg ada sebut pasal PPD tu, akak rasa macam kenal je dgn maya ni. sama kelas dgn monalis kan ???

    1. Ass wr wb

      Selama ini saya tidak mengkonsumsi obat lambung, namun cardio aspirin saya hentikan sebagai gantinya saya mengkonsumsi Plavix setiap hari. Cardio aspirin tidak cocok bagi lambung saya.

  8. Alhamdulillah, bapak bapak dan ibu ibu semua masih disayang oleh Alloh SWT, kita semua harus mensyukuri semuanya walaupun dalam kondisi sakit, jangan hanya senang kalo diberi kesehatan oleh Alloh saja a, tapi saat kita diberi sakit kita harus bisa senang juga, karena orang yang memiliki rasa senang pasti terbebas dari perasaan iri, dengki, dendam, marah, benci dll.
    Saya berumur 48th lebih dikit, saya juga sudah dikaruniai beberapa penyakit seperti bapak dan ibu semua, yaitu diabetes, ganguan fungsi hati, hipertensi, pengentalan darah, penyempitan dan pengecilan pembuluh koroner, kolesterol, dan nyeri lambung.
    Obat yang diberikan oleh dr. adalah gluconance (diabebet) plavix (jantung), ascardia (platelet), truvas, irvell, qten dan ada beberapa lagi.
    Pembuluh koroner saya ada 4 yang tersumbat bahkan disamping ada penyumbatan juga mengecil sehingga dr kesulitan untuk mengambil tindakan karena kecil yaitu sudah 99,9% dan juga pengentalan darah saya juga sudah 99,9% sehingga saya harus diet extra ketat
    setelah konsumsi obat diatas secara teratur sesuai nasihat dr, diet, sholat malam tidak pernah putus, sholat taubat juga setiap hari dan ridho terhadap ketentuan Alloh, semua mengalami penurunan.
    pembuluh koroner saya sudah mengalami perubahan ukuran ke arah normal, pengentalan darah saya menjadi hampir 50% lebih bagus, diabetes saya 88, bahkan kolesterol saya sedikit dibawah normal.
    Yang penting kita harus mensyukuri dan menikmati atas karunia Alloh ini, baik sehat maupun sakit, senang maupun susah.
    Alhamdulillah

  9. assalamu’alaikum bapak2 dan ibuk2 semuanya saya 27 tahun alhamdulillah ALLAH memberi sakit yg sama diceritakan diatas dan ku hanya bisa berpasrah padanya..

  10. Wa alaikum salam

    Saya dengar dari perawat di harapan kita katanya dahulu sekitar tahun delapan puluhan yang terkena sakit seperti ini umumnya orang berduit diatas usia 40 tahunan. Sekarang ternyata banyak anak muda diumur dua puluhan tidak peduli kaya atau miskin yang mengidap penyakit seperti ini. Mungkin akibat perubahan pola hidup dan pola makan zaman sekarang dengan masa dulu.

  11. Teman sy ada yg trkena pendarahan lambung, suka muntah darah, jarang tidur krna kesakitan. Jika makan tidak masuk dan suka keluar lagi. Untuk bisa sembuh total kira2 butuh wktu berapa lama?

    1. Wa alaikum salam

      Pendarahan lambungnya oleh karena apa? sebaiknya diperiksa secara medis sehingga jelas tindakan yang harus diambil. Kalau kasus yang saya alami jelas penyebabnya luka lambung sebagai efek samping dari obat pengencer darah. Pemulihannya selama 5 hari dan butuh transfusi darah sampai 900 cc. Karena hb darah saya turun sampai 6,1 pada kondisi normal hb darah antara 12 sampai 14.

    1. Assalamu alaikum

      Umumnya mengkonsumsi plavic, cardio aspirin, ascardia terus menerus kurang baik bagi lambung. Mereka yang lambungnya memang bermasalah tidak tahan terhadap obat ini. Jika tidak hati hati menjaga makanan kadangkala menimbulkan pendarahan dilambung. seperti kasus yang saya alami. Pengencer darah dibutuhkan untuk jantung, namun disisi lain bagi yang tidak kuat bisa menimbulkan pendarahan pada lambung.

      Bagi mereka yang punya problem dilambung , dan punya kelainan jantung memang bagai makan buah simalakama.

  12. Walaikumsalam, mhon info dan solusi agar penderita tetap dpt mengkonsumsi plavix tetapi tdk mnyebabken pendarahan lambung?karena menurut dokter plavix harus tetap diminum selama dalam tahap penyenbuhan setelah memasang stendt jantung desember 2012 lalu akan tetapi pendarahan lambung akhir januari lalu oleh karena itu sy khawatir dengan kondisi tdk mengkonsumsi palvix!kiranya saudara2 ada pengalaman spt saya……………

  13. Ass.Wb, kami tinggal di cikarang dan sy mau sharing tentang obat-obatan yg dikonsumsi oleh Bapak sy skr 71 th sdh mengalami serangan jantung sejak Mei 2012, Kardiolog yg kami datangi sd sekarang sudah 3 orang. Resep terakhir yg di berikan oleh Dr di klinik Wira, 1 canderin 8, 2 disolf, 3 bisoprolol 4. Cedocard 5. Dounil (diabetes) 6.tensivask (amlodipin) terakhir konsul sekitar 2 bulan lalu. Memang Bapak sy belum dilakukan tindakan pemasangan stent, krn pertimbangan biaya dll sehingga bertahan dengan terapi obat saja. Sebelum mengkonsumsi Disolf dan obatnya adalah clopidogrel generik(dexamedica), namun setelah mengkonsumsi sekitar 90 tablet tablet, kondisi bapak sy malah lebih menurun krn utk aktivitas mandi saja dia sdh merasa nyeri didadanya, sehingga skr kami putuskan sendiri utk kembali mengkonsumsi clopigogrel sbg pengencer darahnya, syukurnya skr Bapak sy mulai bisa aktivitas jalan-jalan tanpa nyeri dada ℓ̇åğĭ. Harga clopidogrel dexa medica sekitar 66 rb/6tablet diapotik century, sy juga direferensikan oleh Dr yg diklinik Wira bisa beli lewat retailer obat yg bisa lebih murah 20-30%dari harga apotik, sy cari clopidogrel ini, namun dia hanya jual Vaclo (obat patentnya Clopidogrel) harganya 412rb/30pcs belum ongkir, jd saya browsing dgn kata kunci Vaclo, sehingga bisa membaca artikel pengalaman Pak Fadli yg sangat membantu sy utk mendampingi Bapak sy selema terapi Obat Jantung ini. Terima kasih Pak

  14. Ya Pak, Plavix memang bukan obat main-main. Walaupun memang Plavix ini sangat lazim diresepkan dalam sindrom koroner akut namun bukan berarti Plavix ini boleh diminum sembarangan. Itulah yang selalu saya tekankan sebagai penjual retailer Plavix ini,

    Jangan sembarangan minum Plavix tanpa resep dokter……

    Buat rekan-rekan di sini yang mungkin masih mengkonsumsi Plavix, kebetulan saya bisa menyediakan dengan harga lebih murah di Apotek, berkisar Rp 435.000,00 per box (dapat lebih murah lagi bila beli banyak). Bagi yang berkenan bisa dicek di

    http://www.kaskus.co.id/post/519f88f7be29a05c4b00000e#post519f88f7be29a05c4b00000e

    Maaf pak Fadli, bukan cuma bermaksud promosi, tp juga bermaksud membantu mereka yang membutuhkan untuk mendapat plavix dengan harga murah

  15. Pak Fadli, jadi kalau ascardia dihentikan, apakah dosis plavix dinaikan sebagai penyeimbang?
    Mohon informasinya nih Pak, sebab bapak saya juga bermasalah lambungnya krn ascardia.
    Terima kasih..

  16. Aku jantung juga, dulu di rawat di national heart institute new delhi dulu tiap hari minum ecosprin, memang bermasalah bgt untung sekarang clopidogrel murah. Tapi karena di Indonesia banyak obat herbal.. Alhamdulillah bgt kondisi sekarang mungkin karena aku masih muds

  17. Maaf sebelumnya.. barangkali ada yang membutuhkan plafix atau pun clopidogrel.
    Saya menyediakan dengan harga yang lebih murah.
    Plafix rp.320.000/box isi 28tab
    Clopidogrel rp 250.000/box isi 30tab

    Invite pin 2845fc46
    Call/sms 085726297676

    Trimakasih..

  18. Aslmwrwb,

    Ibu sy usia 78 thn setelah mengkonsumsi Plavix, sdh bbrp bulan perdarahan dari dubur (setiap buang air besar), dan sepertinya juga diarhea. Sy usulkan untuk berhenti minum Plavix stlh membaca berbagai artikel ttg efek dari obat tsb. Ada website bagus yg menyarankan terapi jalan kaki tanpa alas kaki (nyeker) konon baik untuk mengencerkan darah ? Ada yg tau mengenai ini ? Tks. Salam dan semoga selalu dilimpahkan kesehatan oleh Allah SWT.

  19. Mhn penjelasannya bagi dokter atau bapak2 yg mengetahui permasalahan sbb :
    – Saya dipasang 1 stent (jenis selaput obat) tahun 2011
    – Tahun pertama saya diresepkan minum Plavix dan Ascardia
    – Setelah 1 tahun Plavix diberhentikan oleh Dokter yg menangani saya, utk tahun berikutnya cukup Ascardia sampai saat ini.

    Pertanyaan saya :
    Kenapa kok Plavixnya yg diberhentikan bukan Ascardianya ?
    Apakah karena Plavix dianggap lebih mahal (29 rb pertablet) dibanding Ascardia ( 1 rb pertablet), Padahal obat yg lebih mahal biasanya lebih mujarab daripada yg murah ? betul gak pernyataan ini ?
    Sebagai informasi bhw semua obat2an yg diresepkan oleh dokter , alhamdulillah msh diganti biayanya oleh Kantor, jadi bila dokter resepkan Plavixpun Insya Allah diganti oleh Kantor.
    Jadi kira2 bijak gak ya kalau saya bilang ke dokter saya lagi minta obatnya Plavix saja drpd Ascardia ?
    Mohon pencerahannya, terimakasih sebelumnya.

    1. Wa alaikum salam

      Plavix itu obat keras , jika dikonsumsi lebih dari setahun bisa merusak lambung. Saya dulu juga mengkonsumsi plavix lebih dari setahun , dan mengalami pendarahan lambung 3 kali. Sekarang dokter tidak berani memberi saya pengencer darah lagi. Saya sudah 2 tahun mengkonsumsi Pletal sebagai pengganti plaviix itu. Alhamdulillah masih aman. Saya sampai sekarang cukup trauma dengan plavix itu.

  20. Pak Fadhil ZA, artikel nya menarik dan bagus. Saya baru saja menjalani operasi bedah jantung terbuka pd januari 2015 lalu di Siloam Hospital Karawaci, serambi jantung saya bocor dan katup mitral kanan bermasalah (regurgitasi) juga katup trikuspid saya (kt dokter mgkin bawaan lahir). Jadi satu2nya jalan penyembuhan adalah operasi bental. Betul penyakit jantung tidak melulu hinggap pada orang yg kurang olah raga, atau yang mempunyai kolesterol, asam urat dll. Saya divonis jantung bocor (atrial septal defect) itu di umur 37 thn, setelah saya naik gunung (bukit) dekat rumah untuk menemani anak outbond. Singkat cerita setelah operasi bedah ini saya rutin hrs mgkonsumsi obat pengencer darah dan vitamin jantung setiap hari. Sdh 5bln berjalan. Obat pengencer darah sy adalah c-marx. Sejauh ini tdk ada mslh dgn lambung, namun saya sering kepikiran bgmn bila obat ini dikonsumsi terus menerus bertahun-tahun… membaca artikel pa Fadhil membuat saya berfikir. Krn dokter bedah bilang saya cukup 6bln sj minum pengencer darah, tapi dokter jantung saya bilang harus seterusnya saya minum untuk mencegah stroke, padahal jantung saya tidak mengalami penyumbatan ya. Jd bingung… .

  21. Maaf pak saya koreksi komen saya, salah tulis nama obat, maklum hehehe… obat pngencer drh yg sy konsumsi itu SIMARC 2 (warfarin sodium) 2mg.
    Trims.

  22. Ternyata efek samping obat plavix menyeramkan juga ya Pak.Selain obat-obatan dari dokter apa Bapak juga ada konsumsi suplemen?Terimakasih.

  23. Sbnrnya bkn begitu caranya ….cek aggregasi trombositnya..kalo sdh hypoaggregasi trombosit hrs berhenti dulu 2 mggu ttgu sampe normo aggregasi…dan konsumsi plavix cukup gemerik gga perlu pakai cardioaspirin

    1. Dr ahli hematolog sy blg makan plavix cukup generik ga perlu pakai cardio aspirim segala..cek aggregasi trombosit jadi ketahuan darah encer stop dulu……bknnnya makan terus itu dktr tdk ajari pasien caranya hrs ukur kekentalan darah

  24. Buat rekan yang mengalami penyempitan pembuluh koroner yang bermasalah dengan pengencer darah bisa menggantinya dengan GRAVISTRO. Saya sudah 2 tahun berhenti mengkonsumsi pengencer darah akibatnya terjadi penyempitan lagi di jantung saya, namun tidak bisa dipasang ring lagi karena ada masalah dengan ginjal saya.

    Akhirnya saya coba mengkonsumsi GRAVISTRO alhamdulillah saya sudah mengkonsumsinya selama 3 bulan dan ternyata penyempitan dijantung saya berkurang, saya sudah bisa beraktivitas seperti biasa lagi . Kisah pengalaman saya ini bisa rekan ikuti pada artikel 11 TAHUN DENGAN 3 BUAH RING DIJANTUNG .

  25. Bismillah. Istri saya didiagnosa oleh doktrr di RS.DR.Sarjito mengalami gangguan katup jantung dan rencananya akan ditindak untuk pemasangan cincin.1 minggu yang lalu diberikan Simarc 2 untuk mengencerkan darah tetapi sekarang istri saya mengalami pendarahan diluar siklus haidnya dan muntah berwarna coklat.Spa yang harus saya lakukan kohon infonya

    1. Wa alaikum salam

      Sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter jantung yang merawatnya. Untuk memasang cincin atau stent memang disyaratkan darah harus encer sampai tingkat tertentu. Jika keenceran yang diperlukan belum tercapai , tidak bisa dipasang stent.

  26. Pak, saya mau menanyakan perkembangan bapak setelah minum gravistro sekarang, saya mengalami masalah katup mitral dan rembes, juga penebalan pembuluh darah di karotis kiri dan kanan, disuruh minum aspilet dan crestor. Tapi saya takut efek jangka panjangnya, rencana saya mau konsumsi gravistro saja

    1. Setelah mengonsumsi GRAVISTRO selama 8 bulan kondisi jantung saya sudah jauih membaik. saya sudah beraktivitas normal seperti biasa. Kasus bapak tidak sama dengan yang saya alamai , saya mengalami penyempitan pembuluh koroner akibat kolesterol dan gula darah tinggi. GRAVISTRO cukup efektif untuk menghancurkan penyumbatan itu.

      Kasus bapak ada kelainan pada katup jantung, aspilet membantu mengencerkan darah sehingga dapat mengurangi beban jantung. Kalau bapak tidak ada masalah pada lambung tidak apa mengonsumsi aspilet. Kalau bapak ada masalah pada lambung untuk jangka panjang minum aspilet memang masalah. Fungsi aspilet untuk mengencerkan darah bisa diganti dengan GRAVISTRO karena Gravistro tidak ada efek negatif bagi lambung.

  27. makasih pak fadhil sarannya.. insyaallah saya mau coba gravistro, saya lihat perkembangan dulu beberapa bulan ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *