JAKARTA TEMPO DOELOE DAN SEKARANG (1)

 

patung_ptani_dulu.jpg

 

 

 

Gambar diatas adalah gambar kawasan patung pak tani kira kira 100 tahun yang lalu, sepi banyak pohon besar. Ketika itu ente dimane yee… masih di alam sono. Dibawah ini adalah kawasan patung pak tani di tahun 2008 dilihat dari arah yang sama. Sekarang  sekitar patung pak tani sudah dipenuhi gedung tinggi, dan kendaraan yang ramai.

patung_ptani_skrg.jpg

salemba_dulu.jpg

 

 

Kalau yang ini adalah gambar jalan Salemba di zaman dulu, masih sepi. Kayanya jauh dibawah tahun 1945, karena sekitar tahun 1945 sudah ada jalan trem, disini jalan tremnya belum ada. Mungkin gambar ini diambil 100 tahun yang lalu. Ketika itu kita semua juga belum lahir. Jalannya juga masih dari sirtu (pasir dan batu). Sekarang jalan raya Salemba sudah dipenuhi bangunan dikiri kanan jalan, ramai dengan kendaraan dan orang yang lalu lalang. 100 tahun lagi jalan Salemba Raya kaya apa ya??. Kita juga udah nggak ada di dunia ini kali.

salemba_skrg.jpg

petamburan_dulu.jpg

 

 

Tempo dulu Jakarta sangat sepi, rumahnya jarang- jarang. Kawasan diatas adalah gambar daerah  Petamburan Tanah Abang tempo doeloe. Sekarang Jakarta sudah padat dipenuhi rumah penduduk dan gedung pencakar langit Gambar dibawah ini adalah daerah perumahan disekitar Petamburan  dilihat dari arah RS Harapan Kita. Nun jauh disana terlihat gedung pencakar langit dikawasan Sudirman dan jalan Tamrin. Demikianlah Allah mengembang  biakan manusia dimuka bumi. Jakarta yang dulu sepi kini dipenuhi rumah, bangunan dan manusia dengan berbagai profesi.

petamburan_skrg.jpg

pancoran_dulu.jpg

 

 

Kalau yang ini adalah kawasan bundaran Pancoran sekitar tahun 1965, masih sepih tidak banyak kendaraan mobil dan motor yang lalu lalang. Sebelah kiri arah Jalan Dr Saharjo Manggarai, lurus arah ke Cawang dan kekanan arah Kali bata, Pasar Minggu. Foto ini diambil dari arah Kuningan. Disebelah kanan terlihat halte bis di depan gedung MBAU tempo dulu. Dibawah ini bisa kita lihat suasana sekitar tugu Pancoran saat ini  dilihat dari beberapa arah.

pancoran_1.jpg

 

 

Disebelah kanan  adalah patung Pancoran sekarang ini dilihat dari arah jalan Dr Saharjo , dan gambar kiri patungnya nggak kelihatan karena diambil dari dari kolong jembatan layang. Patung pancoran hanya kelihatan tiangnya saja.

pancoran_2.jpg

 

 

Kedua foto diatas adalah patung Pancoran dilihat dari arah Kalibata Pasar Minggu, kalau pagi hari jalannya macet parah.

pancoran_3.jpg

 

 

Kalau yang ini adalah foto patung Pancoran diambil dari arah Kuningan, sama seperti foto yang diambil pada tahun 1965 diatas. Patung pancoran sudah dikelilingi bangunan tinggi dan terjepit diantara dua jalan layang. Kondisi jalan disekitar patung pancoran ini kalau pagi atau sore hari padat merayap.

pancoran_4.jpg

 

 

Ini adalah suasana di depan bekas gedung MBAU dekat halte bis yang terlihat pada foto patung Pancoran tempo doeloe, suasananya jauh sekali berbeda. Sekarang kalau pagi dan sore hari saat orang berangkat dan pulang kerja, jalanya macet sekali alias padat merayap. Kalau suasana Jakarta masih kaya dulu, wuuaah asyik banget, kemana saja dengan kendaran mobil atau motor bisa dicapai dalam waktu yang singkat. Sekarang untuk menempuh jarak 2 km saja bisa butuh waktu sampai setengah jam, pakai motor atau mobil sama saja. Kenangan indah dimasa lalu memang tidak akan pernah kembali. Jakarta terus tumbuh dan berkembang, bagaimana suasana 50 atau 100 tahun lagi?, entahlah.

Selanjutnya berikut dibawah ini adalah video suasana jakarta pada tahun 1941 saat masih dijajah Belanda, yang mengendarai mobil hanyalah tuan tuan Belanda. Pribumi cukup berjalan kaki atau naik delman dan beca saja. Dijakarta masih terlihat trem listrik yang berjalan dijalan raya bersama kendaraan mobil umum.

JAKARTA TAHUN 1941

Berikut ini adalah rekaman video suasana  jakarta yang lebih tua lagi kira kira 1oo tahun yang lalu sekitar tahun 1910. Suasananya betul betul masih sepi .

JAKARTA TAHUN 1910-1915

Popularity: 14% [?]

28 Responses to “JAKARTA TEMPO DOELOE DAN SEKARANG (1)”

  • dimas:

    selamat malam.

    ternyata jakarta banyak sekali perubahannya ya.
    dari kondisi tempat sampai kendaraannya.

    begini, saya mau minta tolong.
    saya sangat butuh artikel tentang kendaraan darat di jakarta tempo dulu dan sekarang.

    jika anda berkenan, saya minta tolonga agar artikel tersebut dikirimkan ke alamat e-mail saya.

    trimakasih sebelumnya…

  • Sayang artikel tentang kendaraan darat di Jakarta tempo doeloe saya tidak punya, coba saja rajin cari via internet mungkin bisa didapat

  • Dewis Ndruru:

    mantap, tapi kalau bisa dikembengkan dong
    gambar2 kota jakartanya….
    jangan hanya ini…..

    ok thanks…

  • Pramudya:

    Wah, Jakrta tempo dulu pasti udaranya masih sejuk ya, asyik banget ngeliat jakarta tempo dulu. Tapi ada yang punya foto rumah si pitung ngak kalo ada tampilin ya…yang dulu & sekarang. Tks

  • mini:

    prihatin sih pembangunan dijakarta ga seimbang, sehingga banjir semakin parah.jangan bangun lagi mall2, manfaatkan ruko2 yg kosong banyak banget.I love jakarta

  • indra gunawan:

    Ingin rasanya jakarta kembali seperti tempo dulu…..akhirnya kutemukan juga photo ini.

  • indra gunawan:

    Ada gak yang punya Ragunan Tempo dulu…kawasan di mana AKU dibesarkan….Tapi bukan Bonbin nya yaaaa

  • ady kasiadi:

    subhanallah…pengen banget hidup di jaman dulu..msh sejuk,tenang dan damai..

  • mohamad:

    makasih banget ama foto2nya,ane lagi ngumpulin foto2 betawi tempo dulu nih n kalo ada yg punya foto kebon jeruk tempo dulu, boleh dong dimuat.

  • ifal:

    wah,sama dong,ane juga lagi ngoleksi foto2 jadul nih.ngomong2 kebon jeruknya sebelah mana bang?ane juga org kebon jeruk.

  • mohamad:

    di jalan panjang(komplek DPR)n kalo mo maen jangan lupa bawa gambar/foto jadulnya, tukaran ama punya ane.

  • anton:

    “kemarin adalah kenangan,semalam adalah impian,skarang adalah kenyataan dan hr esok adalah HARAPAN”

    good bye old, welcome new…

  • reeree:

    coba aj jkrta skrg..ky jkrt tmpo doeloe
    msh byk penghijauan,trus sepii/g bgtu rame skrg

  • reeree:

    aq c pgn hdup yg skrg tp suasana’y c pgn ky doeloe

  • siti:

    haw keren nya gmn allh maha kuasa atas cipta nya yang bgtu menguras air mata bnyangkan dengan sekejap mata allh bsa merubaj semuanya

  • ando:

    jakarta tempo doeloe kalo malam hari serem kali ya

  • Owik shahlalaaah:

    Sejenak menyimak gmbr jakarta tempo dulu,meski sejenak spt berjam2 larut didalam kehidupan jakarta tempo dulu, ane pertama kali injak bumi jakarta taun 82 umur ana 10taunan. 29 taun yg lalu, klo ga salai tarif metro mini 250,- oya buat yg punya gmbr jakarta tmpo dulu ayok munculin aje .

  • radit ncang tikus oci sapi:

    bego lu

    • dapurmu:

      sapa nyang bego ! lu kali ! yang lain komentar baek-baek elu malah bego bego in diri. komentar aja yang baek jangan ngomentari yang kagak2 bego !

  • terimakasih pak atas kreativitas menampilkan jakarta tempo dulu,kita generasi muda mesti menghargai waktu yang terus berjalan,dan mengabadikan waktu yang terindah sekarang untuk generasi 100 tahun yang akan datang,bisakah hari ini kita buat kemajuan dengan mengembalikan alam yang indah doeloe…

  • mujeni:

    mks wat semue, gw jadi bise liat jakarte jaman dulu

  • hmm…
    gw bukan orang jakarta…
    tapi gw seneng liat2 dokumentasi kek ginian…

    jakarta jadul masih rindang ya…

    yang gw salut tuh, ya…video kedua…
    dari dulu, akhirnya mpe ke yutub…

    salut dah…

  • OMG begitukah wajah jakarta dulu? sejuk banget………… pohon masih ada dimana-mana

  • gila asli itu video kayak di eropa banget!! ada trem, plus bangunannya gaya eropa, coba jakarta sekarang kayak gitu… senangnya

  • chivas purbowo:

    Subhanallah..saya suka sekali dg kolom ini..hal yg berbau sejarah..terima kasih..

  • Cahya Sholihatin Misiasari:

    sudah banyak perubahan yaa…
    semakin kita maju ada banyak positif negatifnya…
    Semangat perubahan :D

  • Sangat menarik sekali…thanks ya..bisa sebagai bahan ajar untuk materi pembangunan & pertumbuhan ekonomi. God Bless You

Leave a Reply

*

Translate This Page
PELATIHAN
facebook page

Jadwal Pelatihan Shalat Khusuk dan Tadabbur Qur'an wilayah Jabodetabek dan Sekitarnya.

Klik disini untuk keterangan lebih lanjut

HP : 0811151412

Archives