HYPNOSIS ADALAH KEJADIAN ALAMI

You may also like...

9 Responses

  1. stephanus aji kusno says:

    terima kasih banyak pengetahuan yang aku timba, mana berikutnya yang lebih…..

  2. Ricky Silangen says:

    makasih banyak,,, tulisan ini telah menghipnotis saya.

  3. luaaaarrr biasaaaa…

    afirmasi, visualisasi, acknowledgement..

    bukankah dalam salat kita selalu mengalami tiga hal tersebut?

    afirmasi,
    diawali dengan niat..

    visualisasi,
    atau disebut juga teater pikiran,
    adalah saat kita menghayati bacaan salat
    atau ayat surat pendek yang kita baca,
    membayangkan apa yang terkandung di dalamnya,
    seolah kita mengalami sendiri sesuai apa yang disebutkan di sana..

    akcnowledgement,
    adalah rasa penuh syukur..

    ngga heran,
    setiap muslim yang salat dengan tiga hal di atas
    pasti salatnya mampu mewujudkan perubahan2 positif
    dalam dirinya..

    “inna shalata tanha anil fahsyai wal munkar..”
    :)

  4. assalamuallaikum

    makash artikelnya , sangat membantu sekali buat aku , seorang yang pendiam , smoga stlh aku membaca artikel ini , aku jadi lbh semangat , n ceria ..

  5. RAHMA says:

    mksih,,,bwt sya itu sngat bermanfaat..so aku tdk berfikiran negatif lgi tentang hypnosis

  6. dian says:

    Assalamualaikum , artikel yg sangat bagus sekali , vi saya mau bertanya sya adalah penderita penyakit psyikomatik berat , sya sangat ketakutan pada kegiatan olah pernapasan yg sebenar nya itu adalah buah afirmasi yg saya tunjukan terhadap diri sya sendiri , yg saya ingin tanyakan apakah meditasi yg hanya olah pernapasan.(tarik,tahan,&buang nafas/tanpa ada mantra apa2) boleh dilakukan oleh orang muslim , apakah itu tdk menyerupai ibadat orang lain , mohon sekali saya atas penjelasan nya , walaikum salam & trima kasih atas jawabaan nya

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Olah napas yang benar sangat besar manfaatnya bagi kesehatan dan metabolisme tubuh. Bernafas panjang dan lambat atau menahan napas bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi.

      Olah napas ini banyak digunakan untuk meditasi, melatih tenaga dalam , dan lain sebagainya. Olah napas sambil membaca kalimat dzikir dan doa bisa meningkatkan konsentrasi dan fokus pada bacaan dzikir dan doa yang dibaca didalam hati. Tidak ada masalah dilakukan oleh umat Islam.

      Yang tidak dibenarkan kalau olah napas sambil mengosongkan fikiran, membaca mantera atau menyerap energi alam semesta. Dikuatirkan bisa mengundang kekuatan supranatural yang malah bisa mengganggu .

  7. Kai says:

    Assalaamu’alaykum warahmatullaahi wabarakaatuh ustadz Fadhil ZA, saya diingatkan bahwa hypnotis sudah difatwa haram, dan berbeda dengan apa yang diajarkan dalam islam, mohon kiranya kalau setelah kita kaji lagi mengenai hal ini dan memang benar demikian haram, maka artikel ini perlu diperbaiki, terima kasih,

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Seperti yang telah disampaikan pada artikel diatas hipnosis itu adlah proses alami , yang setiap orang selalu mengalaminya. Yang tidak boleh adalah mendatangi ahli hipnotis dan minta untuk dihipnoterapi , yaitu terapi menggunakan jasa hipnotis dari seseorang. Pada praktek hipnoterapi kita harus pasrah,berserah diri percaya penuh pada terapis yang menghipnotis itulah yang dilarang.Kita tunduk dan patuh pada kalimat yang diucapkan terapis padahal Kita tidak boleh bertawakkal dan berserah diri pada manusia. Kita hanya boleh bertawakkal pada Allah saja.

      Tapi kalau kita melakukan terapi hipnotis untuk diri sendiri yang dikenal dengan istilah selfhipnotis itu tidak ada masalah. Sholat yang dilakukan dengan benar dan khusuk merupakan salah satu cara selfhipnotis dimana kita dihipnotis dengan ayat ayat Qur an yang kita baca.Didalam shgaklat kita bertawakkal dan berserah diri hanya pada Allah saja, Kita tunduk dan patuh pada ayat yang kita baca atau debngar didalam shalat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>