KULTUM 002 – MINTA TOLONG DENGAN SABAR DAN SHOLAT

You may also like...

49 Responses

  1. indah says:

    Assalamualaikum…..
    Permisi, saya minta izin copy kultumnya ya untuk bahan pengajian di rumah. terimakasih

  2. Fadhil ZA says:

    Ass wr wb
    Silahkan untuk dicopy dan disebar luaskan, mudah mudahan bermanfaat dan mendapat bimbingan Allah SWT.

    • Ari says:

      Assalamualaikum ustadz… Maaf ustadz saya minta izin untuk mencopy bahan kultumnya ya ustadz? Jazakumullah…

  3. dhinie says:

    Assalamualaikum…maaf saya copy kultumnya untuk bahan kultum dikantor.Maturnuwun

  4. Wahyono says:

    Assalamu’alaikum
    Mohon ijin mengkopi utk bahan kultum.
    Jazakumulloh.

  5. anton says:

    wah…bagus juga nih..boleh juga donk aku copy untuk bahan kultum juga,soalnya dah mepet waktunya..txs yah….

  6. acep says:

    Saya akan sampaikan pada yang lainnya pada kesempatan kultum. Materi ini perlu disebarluaskan, saya pikir ini bagus untuk dihayati. Terima kasih

  7. kang mahmud says:

    assalamualaikum wrwb……..

    semoga kita dalam rahmat Alloh dan ridlo Alloh tanpa harus ada kehidup seperti dalam gambar di atas .ada yang kehidupannya berlebih mau apa….. aja mereka bisa memenuhi.
    namun disisi lain ada yang kehidupannya terancam kelaparan.
    seharus itu tak akan terjadi adanya jurang yang sangat dalam
    antara miskin dan kponglomerat , ITU PASTI TAK AKAN TERJADI
    jika di bumi ini di tegakkan HUKUM ALLOH / SYARIAH SECARA KHAFFAH. semua pasti bisa makan,ada kaya dan miskin itu kodrat.yang melanggar kodrat adalah terjadinya KONGLOMERATISASI, Dunia tak akan ada konglomerat jika syariah tegak.Allohhu Akbar
    Alloh menciptakan hasil buimi untuk dikonsumsi makluknya sangatlah berlebih.namun kenapa ada yang kelaparan ????????
    disitu pasti ada ketidak adilan ada kecuranagan ada pelanggaran msyariah. Allohu akbar .Tegakkan syariah secara khaffah

    wassalamu malaiku\mmmmmm

  8. rizki says:

    asslmkm pak…

    mhn sedikit pencerahan (lagi) ya pak,,hehe

    sy, mempunyai seorang teman. pada awalnya saya berpikir bhw dia dari keluarga pd umumnya (islam, dan menjalankan) tp semakin sy mengenal dia, sy akhirnya tau bahwa keluarganya (terutama ayahnya) tidak menjalankan kewajiban dgn baik.
    bahkan yg paling mendasar sekalipun, solat.
    teman sy, udah berkali-kali mengingatkan untuk solat tp malah dpt jawaban ga enak, sampai akhirnya teman sy nyerah dan hny bs ngasih contoh dgn solat dan ngaji di dpn ayahnya.

    menurut bapak, bgmn harus menyikapi ayah tsb? karena jujur saja, sy tiap main ke rumahnya, sy jd serba salah kl mau solat. jd bingung gmn bersikap juga

    suwun ya pak,,

    wsslmkm

    • Fadhil Z.A says:

      Ass wr wb

      Apa yang dilakukan oleh teman saudara sudah benar, kewajiban kita hanya mengingatkan dan memberi contoh teladan yang baik. Tidak ada paksaan untuk menerima keyakinan Islam. Hidayah dan petunjuk sepenuhnya kewenangan Allah. Nabi Ibrahim saja tidak mampu memberi petunjuk kepada ayahnya yang menyembah patung dan berhala.
      Jika saudara datang berkunjung kerumahnya tetaplah bersikap sebagai seorang muslim yang baik dan taat, jika datang waktu sholat ya… mohon izin mengerjakan sholat dirumahnya atau dimusahalah terdekat. Jangan sampai tidak ikut sholat karena ingin toleran dengan orang yang tidak mengerjakan sholat. Toh dia juga sudah biasa melihat putranya mengerjakan shalat dirumah.

    • clan.lc says:

      First of all I want to say excellent blog!
      I had a quick question which I’d like to ask if you do not mind.

      I was interested to find out how you center yourself and clear your
      head prior to writing. I have had a tough time clearing my mind in getting my thoughts
      out there. I do take pleasure in writing however it just seems like the first 10 to 15
      minutes are generally wasted just trying to figure out
      how to begin. Any suggestions or tips? Cheers!

  9. ghani says:

    Assalamualaikum wr. wb. mau minta ijin untuk mencopy kultumnya. buat saya kultum nanti malam.. trimakasih

    • Dengan Menyebut nama allah yg maha pengasih lagi maha penyayang
      ALLAH MAHA BESAR hanya kepadamu aku berlindung minta pertolongan segala upa dayamu aku memohon pentunjuk,bersabar & keiklasanmu.

  10. Fadhil Z.A says:

    Ass wr wb Silahkan untuk diperbanyak dan disebar luaskan, mudah2an membawa barkah dan rahmat.

  11. putri says:

    ass wr wb
    pak ustadz, bagaimana menghadapi suami yang telah berkali2 selingkuh? apa doa untuk memohon keinsyafan baginya? seorang yang sangat keras hati. dan adakah doa untuk melapangkan hati agar dapat ikhlas memaafkannya? agar tak mendendam setiap mengingat perlakuannya. agar tak senantiasa mencurigainya.
    doa agar dapat sabar sebagai istri yg diberi cobaan suami sepertinya. terimakasih.

  12. Fadhil Z.A says:

    Ass wr wb

    Disamping minta tolong pada Allah dengan mengerjakan sholat khusus misalnya tahajud pada malam hari atau sholat sunat lainnya, anda juga harus bersabar menanti pertolongan-Nya. Agar hati bisa sabar perbanyaklah dzikir asmaulhusna, ya Rahman, Ya shobur, ya Quddus, ya salam dan lain sebagainya. Lihat artikel tentang dzikir dengan asmaulhusna di blog ini.

  13. asepsupriatna says:

    Assalamu’alaikum wr.wb. pa ustad saya izin untuk mengcopynya, karena buat bahan latihan muhadhoroh.
    saya mau bertanya, bagaimana sikap kita untuk kengingatkan ayah kita menjalankan perintah Allah SWT, jujur pa ustad, ayah saya jarang mengerjakan perintah Allah SWT, terutama shalat, saya tidak berani bicara secara langsung, saya takut pak ustad, saya sudah berdo’a pd Allah SWT, tapi kenapa sampai sekarang ayah saya belum taubat. Bagaimana solusinya, apa yang harus saya lakukan lagi? terima kasih. Assalamu’alaikum Wr.Wb

  14. fadhilza says:

    Ass wr wb

    Ingatkan beliau dengan santun dan hormat, jangan sakiti hati beliau. Do’akan beliau mudah2an mendapat petunjuk, serahkan semua kepada Allah karena hidayah dan petunjuk sepenuhnya nkewenangan Allah. Kita hanya mengingatkan. Bersabarlah karena nabi Ibrahimpun tidak mampu memberi hidayah nkepada Azar ayahnya, nabi Muhammad pun tidak mampu memberi petunjuk kepada Abu Thalib pamannya.

  15. Asep supriatna says:

    ya pak ustad, ayah saya alhamdulilah dah lebih baik dari sebelumnya. terima kasih. sekarang dah mau shalat

  16. Aji says:

    Aswrb. Mohon izin copy kultumnya, pak. JZKLH

  17. risa says:

    Asalamu’alaikum
    Bapak, saya minta ijin untuk mengcopy materi kultum untuk bahan pembelajaran.jazakallah

  18. Tata says:

    Assalamu’alaikum ustadz. mohon izin mencopy utk bahan kultum di liqo ana, jzkmllh..syukrn, wassalam wr wb..

  19. Iman says:

    Mohon Doanya Pak, rumah saya akan diambil senen 18-7-11, saya ada total hutang 500jt dan sampai sekarang saya belum tahu mau kemana, sampai skr kita Ikhtiar sedang mencari pinjaman, ALLAH SWT pasti akan memberikan jalan keluarnya, Mohon Doanya ya Pak, Semoga ALLAH SWT membalas kebaikan Bapak, terima kasih ya Pak

    • Fadhil ZA says:

      Assalamualaikum

      Tetaplah istiqomah memohon pertolongan Allah, serahkan semua putusan pada Allah . Terima dengan ridho dan ikhlas apapun yang diputuskan Allah. Kejadian buruk belum tentu buruk disisi Allah, demikian pula kejadian baik belum tentu baik disisi Allah.

      Allah pasti menguji kita dengan kejadian yang buruk dan baik, ketika diuji dengan yang buruk bersabar dan tawakkallah sambil tetap berikhtiar. Ketika diuji dengan yang baik janagn lupa diri, sombong dan takabbur. Cepat atau lambat pertolongan Allah pasti datang bagi orang yang sabar dan bertawakkal.

      Semoga Allah membimbing dan menuntun saudara untuk keluar dari kesulitan yang sedang dihadapi…amin.

  20. halwani says:

    السلم عليكم ورحمة الله وبركاته…..apa khabar p ust fadzil….?da lama sy tdk berkomunikasi.smg sy msh dilindungi oleh allah dalam sholat khusu.doakan sy p ust.smg mslh sy dlm hdp ini bisa sabar dan slalu menjaga sholat sy.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Baik saja pak Halwani, semoga Allah memberkati kita semua. Kejadian baik dan buruk dalam kehidupan ini adalah sesuatu yang mesti kita lalui. Tinggal kita harus bisa mengambil manfaat dari dua kejadian itu. Ketika ditimpa musibah dan kesulitan kita bersabar dan mohon pertolongan Nya. Ketika mendapat nikmat kita bersyukur dan berusaha meningkatkan amal saleh. Kejadian mana saja yang kita alami insya Allah keduanya memberi manfaat bagi kita…..amin.

    • aanis says:

      assalamualakm p ustad”
      sy ma bertanya apbila kita sllu dbri ujian trs mnrus n tiada hnti’
      cobaan yg sy lalui bgitu brt bg sy
      sy hrs mnggung klurg yg sgt tdk mmbhgykn bg sy’
      ap sy hrs prcya sm tkdr hdp sy stlh sy tahu smuay////?pykt sy/

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Ananda Aanis berat atau ringan suatu ujian sangat relatif tergantung penilaian dari kita sendiri. Kalau kita anggap berat dia akan terasa sangat berat jika kita anggap ringan maka ia akan terasa ringan. Orang yang sabar dan yakin pada Allahtidak akan merasakan beratnya suatu cobaan. Rasulullah mengatakan tidak ada yang bisa merubah takdir kecuali doa, maka Allah banyak memerintahkan kita dalam Qur’an agar banyak berdoa padaNya .

      Dalam Qur’an Allahpun mengingatkan bahwa Dia tidak akan merubah nasib seseorang atau suatu kaum sebelum mereka berusaha merubahnya sendiri. kalau kita berusaha dan selalu berdoa padanya maka semua penderitaan pasti akan berlalu dan Allah akan menggantinya dengan kebahagiaan dan kemenangan sebagaimana dijanjikanNya dalam surat An Nur ayat 55-56.

      Kalau sampai sekarang ananda masih terus dirudung berbagai kesulitan coba periksa apakah shalat ananda sudah betul betul khusuk , apakah ananda mengerti semua yang ananda baca dalam shalat. Dalam shalat ada doa yang dapat megatasi berbagai kesulitan hidup yaitu ketika duduk iftiras: Robighfirli….warhamni …dst sudahkah ananda menghayati dan membaca doa ini dengan khusuk dan sungguh sungguh?

      Perbaikilah mutu shalat ananda , insya Allah ananda akan mengalami perubahan hidup kearah yang lebih baik.

  21. wawan says:

    asslam . . .
    bapake,, nyong nyuwun keikhlsane, nyong bade ngopy mteri kltume, nggih?!
    maturnuwun sanget….

  22. dicky says:

    assalamualaikum
    saya ikut copy ya buat tugas pelajaran di sekolah mts

  23. aripin janwar says:

    permisi materi ini saya copy.. untuk bahan kultum di ramadhan ini.

    makasih wasalam

  24. dipo says:

    mohon untuk mengopy ya? trim

  25. Irwan says:

    Assalamualaiku., izin copy buat bahan situs saya

  26. s rokhman says:

    assalamu’alaikum wr. wb

    saya mhon izin utk mengcopy kultumnya, utk mengisi kultum bsok,,!
    sebelum n sesudahnya, terima kasih,,

  27. apri says:

    mohon izin untuk copy kultumx, sebelumnya terima kasih banyakk

  28. Wira Yudha says:

    Assalammualaikum, Pak ustad
    Terima kasih atas Kultumnya memotivasi Hidupsaya supaya terus meminta pertolongan kepada Allah SWT Walaupun usia saya Masih 13 tahun namun saya yakin masih banyak tantangan dalam hidup saya,, terima kasih ya pak ustad.. dan saya minta izin untuk Foto copy kultumnya buat di sekolah…
    Wasalammualaikum WR. WB

  29. syae s says:

    Assalamu’alaikum wr. wb

    Saya mohon izin utk mengcopy kultumnya, untuk mengisi kultum di kampus.

    Terima kasih, syukron

    Wassalam.

  30. assalamualaikum wr wb
    ane izin copas gan buat materi kultum di kantor …^^

  31. aji says:

    assalamualaikum wr.wb.
    ustadz, sya mau minta izin copy untuk kultum di sekolah,,

  32. rachma says:

    Ustadz…..izin copy buat kultum di liqo ana….syukron yaaaa

  33. Yasin says:

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Mohon maaf saya minta ijin mengkopy materi kultum Ustat.Trmaksih semoga bermanfaat

  34. ai patimah says:

    assalamualaikum mohon izin mengkopi materinya, jazakallah

  35. H. DASEP R says:

    Assalaamualaikum Wr. Wb.
    Mohon izin untuk mengkopi naskah kultum ini untuk pengajian di mesjid yah. Jazakalloohu Khairon Katsiiroo.

  36. neezzaa says:

    assalamuallaikum wr,wb afwan minta ijin kopi wat bahan seleksi kkn
    jazakumullah

  37. annisa says:

    assalamualaikum ustad,,,
    afwan,ana mnta izin copy untuk bhan kultum

    syukron,,jazakumulloh

  38. aji says:

    assalaamu alaikum wr wb pak ustad saya muslim yg sekarang dalam kesulitan. 2 hari lg saya harus keluar dari rumah kontrakan krn gak bs bayar. segala macam usaha sudah saya lakukan tapi nihil, kalau sholat dan sabar terus 2 hari lagi saya diusir apa saya harus sholat dan sabar, mohon nasehatnya, saya benar2 buntu

    • Fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Orang yang yakin akan pertolongan Allah dan minta tolong padaNya dengan mengerjakan shalat malam secara sungguh sungguh, sering mengalami kejadian luar biasa dan mendapat pertolongan dari tempat yang tidak pernah disangka sangka seperti yang dialami seseorsng pada kisah ARTIKEL DISINI.

      Masalahnya banyak orsng yang ragu dan tidak yakin, shalatpun dilakukan secara asal asalan tanpa mengerti ayat dan kalimat yang dibaca dalam shalat. Sehingga shalat yang dilakukan tidak berfungsi sebagaimana yang diharapkan.

  39. Vici says:

    Assalamualaikum Wr Wb,
    Mohon izin mengopy materi kultumnya ya Ustadz, terimakasih
    Wassalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>