KULTUM 001 – MENGGAPAI KEHIDUPAN ABADI

 

an-nahl-96.jpg

Apa yang di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (An Nahl 96)

 


Ada 3 pesan singkat dari Allah swt  yang terkandung dalam surat An Nahl ayat 96 diatas, yaitu:

 

  1. Semua yang ada pada kita, tubuh yang cantik dan indah, harta berlimpah berupa rumah, mobil, tempat usaha dan lain sebagainya pasti akan lenyap dan musnah.

 

  1. Yang kekal dan abadi hanya apa yang ada disisi Allah, berupa amal soleh, infaq, sedekah, harta jariah, ibadah pada Allah, kalimat dzikir, tasbih, istigfar dan lain sebagainya.

 

  1. Allah akan membalasi orang yang sabar dengan yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan didunia ini.

 

Dalam kehidupan sehari hari kita sering lupa, bahwa apa yang ada pada kita seperti tubuh yang indah, rumah, kendaraan, harta berlimpah, pangkat, jabatan, karib kerabat semua itu akan musnah, dan lenyap dari sisi kita. Suka atau tidak suka kita pasti akan berpisah dengan semua itu. Kita yang meninggalkannya (meninggal dunia) atau semua kesenangan dan kenikmatan itu yang meninggalkan kita (hilang, terbakar, diambil orang dan lain sebagainya). Sepanjang hidup kita disibukan mencari dan mengumpulkan sesuatu yang pasti lenyap itu. Kadang kala kita mendapatkannya dengan cara yang tidak terpuji.

 

Kita sibuk mencari dan mengumpulkan sesuatu yang pasti musnah dan lenyap dari sisi kita, sehingga lupa mencari dan mengumpulkan sesuatu yang kekal abadi menemani kita sepanjang zaman, tidak  bisa lenyap dan musnah. Amal soleh , ibadah, dzikrullah, infak, sedekah , ilmu pengetahuan adalah sesuatu yang kekal abadi menemani kita sampai pada kehidupan akhirat. Rasulullah mengingatkan bahwa ada 3 perkara yang menemani manusia:

 

  1. Harta benda menemani manusia selama ia masih hidup dan bernafas
  2. karib kerabat, sanak famili yang menemani manusia hanya sampai liang kubur
  3. Amal soleh yang menemani manusia sampai masuk kubur, bahkan sampai hari berbangkit.

 

Kenyataannya sebagian besar manusia menghabiskan waktunya untuk mendapatkan yang nomor 1 dan 2 sesuatu yang pasti berpisah dengan dirinya. Sedikit sekali yang berusaha mendapatkan yang kekal dan abadi ( no 3).

 

Sabar dalam menghadapi cobaan dan berbagai kesulitan didunia ini termasuk amal soleh yang abadi yang akan kita bawa sampai ke akhirat nanti. Allah akan membalasi orang yang sabar dengan kebaikan yang banyak. Itulah amalan yang kekal dan abadi yang menemani kita sampai kehidupan akhirat.

 

Sabar adalah perbuatan terpuji yang disukai dan dicintai Allah. Sabar dalam penderitaan,perjuangan,  kesempitan dan kesulitan hidup, sabar terhadap omongan yang menyakitkan serta tindakan orang lain yang tidak bersahabat. Sifat sabar termasuk sesuatu yang kekal dan abadi. Pahala dari sifat sabar akan dibawa sampai kehidupan akhirat, itulah amalan yang kekal tidak akan pernah lenyap dan musnah.

 

Dalam kehidupan sehari hari dewasa ini banyak kita dapati orang yang tidak sabar menghadapi penderitaan, tekanan ekonomi, kesukaran dan kesempitan hidup, berusaha mengakhiri hidupnya dengan berbagai cara. Ada yang gantung diri, terjun dari menara atau gedung bertingkat, minum racun, membakar diri dan lain sebagainya. Mereka menyangka dengan mengakhiri hidup masalah mereka telah selesai. Justru mereka akan menghadapi masalah yang lebih berat di alam barzakh dan pada kehidupan akhirat nanti.

 

Kalau mereka mengerti justru dengan bersabar, berarti mereka telah mengumpulkan berbagai kebaikan yang kekal dan abadi yang akan mereka bawa sampai kehidupan akhirat nanti. Itulah tiga pesan singkat dari Allah swt  yang disampaikan pada kita melalui Qur’an-Nya yang agung yang tertulis dalam surat An Nahl ayat 96.  Semoga pesan ini dapat kita pahami dengan baik dan menjadi pedoman bagi kita dalam menjalani kehidupan dunia yang penuh kemelut ini.

Popularity: 5% [?]

7 Responses to “KULTUM 001 – MENGGAPAI KEHIDUPAN ABADI”

  • Debby:

    Assalamualaikum.saya dari kecil sampe skrg sll direndahin org krn miskin.apa yg hrs saya lakukan agar saya menerima takdir n gak selalu sedih krn diperlakukan begitu oleh orang2.makasi

  • Ass wr wb
    Sebaiknya anda jangan berniat untuk menerima begitu saja kemiskinan yang anda alami. Allah tidak akan merubah nasib anda jika anda tidak berusaha merubahnya. Ubahlah kemiskinan menjadi hidup kaya dan berkecukupan. Jika anda punya keinginan yang kuat untuk merubah nasib anda , dan berusaha untuk itu dengan sungguh2 , Allah tentu akan merubah nasib anda sesuai yang anda inginkan.

    Fakta membuktikan bahwa sudah banyak orang yang semula hidup miskin dan melarat, karena berusaha dengan sungguh2 akhirnya bisa menjadi orang yang hidup berkecukupan. Yang namanya sabar bukanlah menyerah pada keadaan dan tidak berusaha mengatasi keadaan. Yang namanya sabar adalah berjuang, bersungguh sungguh untuk merubah keadaan kemudian bersabar menunggu hasil perjuangan tersebut. Seperti petani yang bekerja keras disawah….kemudian bersabar menunggu hasil panen .

    • hey there and thanks to your info – I’ve definitely picked up anything new from proper here. I did alternatively experience some technical issues using this site, since I experienced to reload the web site a lot of times previous to I could get it to load correctly. I were pondering if your hosting is OK? Now not that I’m complaining, however sluggish loading instances times will very frequently affect your placement in google and can injury your high-quality ranking if ads and advertising with Adwords. Well I’m including this RSS to my e-mail and can glance out for a lot more of your respective exciting content. Ensure that you update this again soon..

  • tristan paputungan:

    asalamualaikum warahmatulahi wabarakatu. saya dari dulu selalu di remehkan oleh orang. mungkin karna saya selalu tersenyum dan menyapa orang ya, soalnya saya itu orangnya selalu baik kepada orang, tetapi setiap orang yang saya kenal baik mereka hanya memanfaatkan saya. apakah saya terus meneruskan kebiasaan saya?

    • Ass wr wb

      Sikap orang lain terhadap diri kita merupakan reaksi dari apa yang terdapat dan tertanam didalam fikiran bawah sadar kita. Kalau orang meremehkan dan memandang rendah kita , mungkin ada sesuatu didalam fikiran bawah sadar kita yang jadi penyebabnya, umumnya kita tidak menyadari hal itu. Kita terlalu sibuk menyalahkan orang lain , sehingga kurang memperhatikan hal-hal yang dapat mengundang bencana atau kesulitan pada diri kita.

      Untuk jelasnya baca artikel diblog ini tentang kekuatan fikiran, silahkan dibaca artikel dibawah kategori “Kekuatan sholat dan dzikir” dan “Kekuatan fikiran manusia”. Berbuat baiklah kepada orang lain semata mata mencari ridho Allah, tidak perlu mengharap balasan dari manusia, harapkanlah kebaikan yang banyak dari Allah….sehingga muncul ihklas didalam diri, dan kita bebas dari kebutuhan terhadap penghargaan, sanjungan atau balasan dari orang lain.

  • Assalamu’alikum WR. WB.
    ustad bagaimana caranya jadi orang ikhlas, kadang sulit untuk melakukan semua itu?

  • Normally I do not read article on blogs, however I would like to say that this write-up very forced me to try and do so! Your writing taste has been surprised me. Thank you, very nice post.

Leave a Reply

Fashion Stores
Translate This Page
Pondok Tadabbur
Infak, Sodaqoh Anda untuk Pondok Tadabbur bisa disampaikan melalui :

Rek Bank Mandiri
123.0097166435
a/n Fadhil Zainal Abidin.
0811151412 - fadhil_za@yahoo.co.id
PELATIHAN
facebook page

Jadwal Pelatihan Shalat Khusuk dan Tadabbur Qur'an wilayah Jabodetabek dan Sekitarnya.

Klik disini untuk keterangan lebih lanjut

HP : 0811151412

Archives
Sejak 20 Feb 2008