ASYIKNYA KULTUM


Satu ketika saya mampir ke Masjid al Falah Bendungan Hilir – Jakarta Pusat, bersilaturahmi dengan pengurus Masjid yang ternyata masih dipegang oleh generasi pengurus zaman saya masih remaja dulu. Saya bernostalgia dengan bapak pengurus yang sudah lama tidak saya temui. Walaupun saya tinggal di Bekasi yang tidak terlalu jauh dari Masjid al Falah namun kesibukan saya sehari hari tidak memungkinkan saya untuk sering mampir ke Masjid al Falah. Saya bekerja di PLN, berangkat jam 6.00 dan baru  sampai dirumah rata rata jam 19.00. Lebih 30 tahun sudah saya meninggalkan kegiatan  di Masjid al Falah, setelah kurang lebih selama 8 tahun sejak tahun 1971 s/d 1978 saya bermukim  dan mengabdi  mengurus kegiatan dakwah di Masjid tersebut.

 

Setelah memasuki masa pensiun saya ingin kembali aktif dalam kegiatan dakwah seperti yang telah saya lakukan pada masa remaja dahulu. Pengurus Masjid yang sebagian besar masih merupakan pengurus ketika saya aktif di masjid al Falah dulu, menyambut baik niat saya. Pengurus menawari saya untuk mengisi  cerama singkat “kultum” setelah sholat magrib setiap hari Rabu. Waktunya hanya selama 10 menit, ceramahnya memang 7 menit ditambah pembukaan 3 menit jadi 10 menit. Mulanya saya bingung juga , gimana caranya ceramah hanya 10 menit, baru ngomong pembukaan… waktunya sudah habis. Tidak mudah menyusun ceramah yang singkat, padat mudah dimengerti.

 

Akhirnya saya menemukan ide untuk menyampaikan pesan singkat (SMS) dari Allah SWT yang ada didalam Al Qur’an. Pesan singkat tersebut hanya terdiri dari 1 atau 2 ayat Qur’an. Bacakan 1 atau 2 ayat pilihan (ayat tematik), kemudian jelaskan maksud ayat tersebut. Setelah saya coba…. ternyata cukup menarik, bahannya sangat banyak, nggak kuatir kehabisan bahan. Penjelasan dari satu ayat bisa ditampilkan dalam beberapa versi, sehingga satu ayat bisa saja disampaikan dalam beberap kali kultum.

 

Setelah beberapa kali mengisi kultum di Masjid al Falah, saya rasa asyik juga, singkat, padat, mudah dipahami. Pada bulan Ramadhan yang lalu  metode ini saya coba juga di Masjid kompleks perumahan tempat saya tinggal, masjid al Amin. Ternyata asyik juga. Akhirnya timbul ide untuk menulis kumpulan kultum tersebut di blog ini, mudah mudahan bisa jadi bahan bagi rekan muslim yang berminat melaksanakan kultum di masjid atau lingkungannya masing masing. Kultum ini juga bisa disampaikan oleh seorang kepala keluarga, kepada keluarganya sendiri dirumah. Waktunya nggak lama… tidak  lebih dari sepuluh menit

 

Di masjid kantor kultum bisa diberikan setelah sholat dhuhur. Di masjid kompleks perumahan bisa diberikan setelah sholat maghrib atau sholat subuh. Bagi keluarga dirumah masing masing bisa diberikan setelah sholat maghrib berjamaah atau sesudah sholat subuh.

Popularity: 4% [?]

10 Responses to “ASYIKNYA KULTUM”

Leave a Reply

*

Fashion Stores
Translate This Page
Pondok Tadabbur
Infak, Sodaqoh Anda untuk Pondok Tadabbur bisa disampaikan melalui :

Rek Bank Mandiri
123.0097166435
a/n Fadhil Zainal Abidin.
0811151412 - fadhil_za@yahoo.co.id
PELATIHAN
facebook page

Jadwal Pelatihan Shalat Khusuk dan Tadabbur Qur'an wilayah Jabodetabek dan Sekitarnya.

Klik disini untuk keterangan lebih lanjut

HP : 0811151412

Archives
Sejak 20 Feb 2008