21 TAHUN HIDUP DENGAN SATU GINJAL

Pertengahan tahun 1987 saya sedang rapat dinas di PLN cabang Sukabumi, jam 10 saat istirahat saya merasa ingin buang air kecil. Ketika sedang buang air kecil di toilet saya terkejut, air seni saya berwarna merah. Tidak lama kemudian pinggang saya terasa sakit melilit. Semakin lama sakitnya semakin keras. Teman teman membawa saya ke Rumah sakit terdekat, wajah saya pucat menahan sakit.

 

Dokter menduga saya terkena batu ginjal, dokter menyarankan agar saya langsung dirawat dirumah sakit tersebut. Saya keberatan karena keluarga saya dirumah belum tahu keadaan saya. Setelah diberi obat  dan rasa sakit dipinggang  mulai berkurang saya diperbolehkan pulang. Keesokan harinya saya konsultasi ke dokter kantor, saya dirujuk ke RS Pelni untuk pemeriksaan lebih lanjut. Dari hasil pemeriksaan dengan foto rontgen diketahui ginjal saya hanya ada satu buah , dan disaluran ureter terdapat batu sebesar biji pepaya. Saya disarankan untuk operasi atau batu tersebut dihancurkan dengan getaran ultrasonic (ditembak). Saya memilih untuk tindakan kedua yaitu ditembak.

 

Setelah dirawat selama satu minggu dokter yang menangani saya menjelaskan bahwa  ginjal saya yang berfungsi hanya satu buah saja yaitu  ginjal sebelah kanan. Sedang ginjal lainnya yang  disebelah kiri sudah tidak berfungsi. Dokter menyarankan agar ginjal kiri saya yang sudah tidak berfungsi tersebut segera diangkat, dikuatirkan jika ada penyakit bisa menular keginjal kanan dan menimbulkan kerusakan total. Saya masih takut untuk dioperasi. Saya minta izin untuk pulang dan diberi kesempatan untuk berfikir dahulu. Saya cemas sekali memikirkan keadaan ginjal saya, disamping itu saya sangat takut untuk dioperasi. Kembali dari rumah sakit kesehatan saya terus merosot, rasa cemas terlalu menggerogoti fikiran saya.

 

Dirumah saya tidak mau makan, sering mual. Hari demi hari badan saya tambah lemah. Kembali kerumah sakit saya takut. Akhirnya saya mencoba pengobatan alternatif ke salah seorang tabib di Palsi Gunung, saya diberi resep ramuan yang harus saya godog sendiri. Alhamdulillah kesehatan saya berangsur pulih kembali. Saya masih dihantui rasa cemas kalau ginjal kiri saya yang sudah rusak dan tidak berfungsi dapat merusak ginal lainnya yang masih sehat. Namun saya juga masih takut untuk dioperasi dan diangkat ginjal kiri yang tidak berfungsi itu.

 

Untuk menghilangkan rasa cemas yang berlarut larut tersebut saya mencoba konsultasi ke klinik spesialis ginjal Dr Sidabutar di Rawamangun. Setelah mempelajari hasil rontgen saya Dr Sidabutar menyatakan ginjal kiri saya tidak perlu diangkat. Dari hasil rontgen terlihat ukuran ginjal saya yang aktif (sebelah kanan)  hampir duakali ginjal orang yang normal. Ini memperlihatkan bahwa ginjal saya yang sebelah kiri sudah tidak berfungsi sejak lama, mungkin sudah lebih dari 10 tahun sehingga ginjal kanan terpaksa bekerja lebih keras sehingga ukurannya membesar dari biasanya. Mengingat hal tersebut dr Sidabutar menyatakan ginjal kiri saya tidak perlu diangkat, kemungkinan ginjal tersebut menciut dan mengecil, biarkan saja ia tidak akan mengganggu pada ginjal lainnya.

 

Mendengar penjelasan tersebut saya menjadi tenang, rasa cemas saya hilang. Saya kembali kerumah dengan perasaan nyaman. Saya hanya berusaha merawat ginjal saya yang hanya semata wayang ini dengan hati hati. Minum yang cukup, jangan memakan makanan yang mengandung pengawet, jeroan dan lain lain. Sekarang 21 tahun sudah berlalu, ternyata saya masih hidup tanpa kurang suatu apapun. Bagi anda yang baru mengalami operasi pengangkatan salah satu ginjalnya karena berbagai sebab tidak perlu kuatir. Hidup dengan satu ginjal tidak akan mengurangi aktifitas dan kemampuan anda.

 

Anda tetap bisa beraktifitas dan hidup secara normal puluhan tahun walaupun hanya dengan satu buah ginjal. Namun demikian anda tetap harus waspada menjaga makanan anda. Kurangi makanan yang dapat membebani kerja ginjal anda, hindari minum obat obatan  yang tidak jelas seperti obat kuat, perangsang, obat gemuk atau kurus, jamu yang tidak jelas, soft drink, dan lain lain. Banyaklah meminum air putih, untuk menjaga ginjal anda tetap bersih.

 

Ginjal adalah alat cuci darah ditubuh kita karunia Allah yang ajaib. Besarnya hanya sekepalan tangan. Pada menusia normal terdapat dua buah ginjal dipinggang sebelah kiri dan kanan. Fungsinya …masya Allah, ia membersihkan darah kita dari berbagai racun dan kotoran yang terbawa didalam darah. Cairan yang mengandung berbagai racun dan kotoran dari darah tersebut, dialirkan dari ginjal melalui ureter ke kandung kemih, untuk selanjutnya jika sudah penuh dibuang kebelakang (toilet) berupa air seni.

 

Bagi orang yang mengalami gagal ginjal, pembersihan darah dari berbagai kotoran dan racun dilakukan di Rumah sakit, dikenal dengan istilah cuci darah. Alatnya sebesar lemari es, biayanya….. masyaa ….Allah bisa ratusan ribu rupiah  sekali cuci darah. Ada orang yang harus cuci darah sekali seminggu ada yang dua kali seminggu. Jika sudah waktunya cuci darah tidak segera dilaksanakan, nafas sesak, badan lemah, wajah pucat. Setelah cuci darah badan terlihat segar kembali.

 

Bayangkan alat ciptaan manusia yang sebesar lemari es tersebut  Allah gantikan dengan ginjal yang besarnya hanya sekepalan tangan dipinggang kita masing masing. Bekerja 24 jam selama puluhan tahun tanpa harus bayar. Sepatutnyalah kita bersyukur pada Allah atas semua karunianya itu, dan menjaga ginjal pemberian Allah tersebut dengan sebaik baiknya.

 

Popularity: 9% [?]

112 Responses to “21 TAHUN HIDUP DENGAN SATU GINJAL”

  • Adit:

    Terima kasih ya alloh karena engkau telang memberiku kesehatan yg uth tanpa kurang dari suatu apapun, ya alloh maafkan hambamu ini karena kemaren aku sempat brprasangka buruk padaMu,
    Atas kegagalanku masuk menjadi TAruna Akmil, tapi skarng aku br sadar bahwa engkau maha adil, ya alloh.. Aku memohn padamu agar engkau mengabulkn keingnanku untk menjadi TARUNA AKMIL,
    Maha suci ALloh tuhan semesta alam..

  • Suci Nanda:

    Ass ..
    Knalkan , namaku suci . Aku panggil kamu mas adit aj ya ? Mas , aku jg hanya mempunyai 1 ginjal saja .. Dulu wkt aku umur 1 tahun , aku kena kanker tumor wilm , yaitu tumor ganas yg mnyerang ginjal kanan aku . Skrg , aku cm pny ginjal dsebelah kiri . Usia aku skrg br 17th . Alhamdulillah aku jg tdk trlalu bnyk mngalami kndala dlm 1 ginjal . Kita pasti bs survive y mas , sperti tman2 yg lainnya . Salam kenal ..

    • echan:

      mbk suci assaLamualaikum wr wb
      prkenalkan nma saya echan
      mbk boLe tny ap saja yg boLe d Lakuin & tdk boLe d Lakuin bgi penderita ginjal 1
      ap mknn yg dpt d mkan & tdk
      thx
      wassaLamualaikum WR wb

    • ty:

      mba saya mau tanya tanya dong , saya juga hidup dengan 1 ginjal, boleh sharing gak mba, tolong ya balas ke email saya , makasih

    • henry:

      Umur : 26 thn
      Tinggal : jakarta
      Golongan Darah : O
      Nope : 083806066203 Tidak perna mengidap sakit yg parah, Tidak perna mengkonsumsi obat-obatan dan Keterangan lebih lanjut jika ada yang berminat …
      Jika ada yg berminat dan yg membutuhkan donor GINJAL silakan menghubungi saya 081386262982 semoga saya siap untuk mendonorkan GINJAL saya …
      SEMOGA saya ini bisa membatu anda dan juga anda SEMOGA anda juga bisa membantu saya …
      TERIMAKASIH ….
      Assalamualaikum …

  • wiwid:

    hai-hai aku wiwid aku mw tny leh kan??
    hidup dengan satu ginjal rasanya gimana sie?kebanyakan orang bilang kalo pkaihidup dgn satu ginjal bias kena gagal ginjal??/
    selain itu orang yang mendonorkan ginjalnya kepada orang lain aoa tidak mempengaruhi keseha5tannya???
    maaf kalua pertanyaan aku terlalau banyak cz akau baru buat makalah yg berkaiatan ddengan hidup dengan satu ginjal…kalau boleh akau pesan foto ginjal yang asli, terus aku pegen anada membantyu saya dalam mendapatkan ilustrasi mengenai ginjal tersebut…
    trims atas bntuannya N salam kenal aja.

    • imam:

      ane masi ada tuh foto ginjal 1 ane di rmh masi original nya ? 081284906162 ni no ane hub aja , nanti tinggal atur pertemuannya ?

  • Dari pengalaman saya selama 21 tahun hidup dengan satu ginjal ,rasanya tidak ada yang janggal. Ginjal adalah bagian yang sangat penting untuk menyaring serta membuang kotoran dan racun dari dalam darah. Mengingat fungsinya yang demikian penting maka Allah membuat cadangan yang sangat besar. Setiap orang memiliki dua buah ginjal, jika satu ginjal terganggu atau rusak yang bersangkutan masih bisa beraktifitas normal.

    Ginjal yang tinggal satu itupun masih mampu berfungsi dengan baik sampai kondisinya 30%. Kalau fungsinya tinggal 20 % baru akan timbul problem dan keluhan seperti mual, lemas, kaki membengkak dan lain sebagainya. Jika kurang dari 20% biasanya dokter menyarankan untuk dilakukan tindakan cuci darah.

    Oh ya tentang foto rontgen ginjalnya saya sudah tidak menyimpan lagi, soalnya sudah 21 tahun yang lalu. Sampai sekarang sih saya nyaman saja dengan satu ginjal

    • jejen junaedy:

      ass.saya adlh orng yg bulan january lalu tlh mngalmi oprsi pngangktan gnjal.syukur alhmdulilah ga ad bda’y dngn orng hdp dngn 2gnjal.jadi mohon kpda bapa,agr bisa ngasih tips,yg sht bwt gnjal saya. krana pkrja’n sya in cukup mnguras energy.yg sya tanykn ap pkrjaan sya ini aman bwt ginjal saya..trmss

    • Wa alaikum salam

      Ananda Jejen untuk menjaga ginjal tetap berfungsi dengan baik, jauhi makanan yang mengandung pengawet , fast food , soft drink seperti coca cola, fanta apalagi minuman keras . usahakan banyak minum air putih. Ikuti pola makan seimbang jangan berlebih lebihan. Insya Allah jika ada umur akan tetap awet sampai puluhan tahun.

  • Dede:

    Subhanallah………..semoga Allah senantiasa memberi kesehatan selalu…Afwan…Bagaimana kehidupan seks bagi yang mempunyai ginjal satu??apa bsa normal seperti orang berginjal dua…Smoga allah memberi ketabahan dan kekuatan.dan semoga kesabaran selalu ada pada kita semua.

  • Shaviech:

    saya bersedia menonorkan ginjal saya, hal terpaksa saya lakukan guna membahagiakan keluarga saya:
    1. Saya dalam kondisi sehat
    2. Saya tidak mengkonsumsi Alkohol
    3. Saya memiliki golongan darah A
    4. dan saya hidup dengan gaya hidup ala orang desa
    Phone. 081233409401 (SMS only)

  • Alhamdulillah

    sayapun diberikan kesembuhan kepada ginjal saya, saya pernah cuci darah 4 kali karena batu ureter, satu ginjal kondisinya jatuh fungsi.
    semoga Allah menyembuhkan ginjal saya yang jatuh fungsi.
    Alhamdulillah, selama setahun creatinin saya rata2 1,5, kemaren naik jadi 2 karena saya tidak minumbanyak di akbatkan maag akut, setiap minum dimuntahkan..semoga menyembuhkannya juga.

    • Iwan:

      assalamualaikum, istri saya fungsi ginjalnya sudah turun, mohon bisa dibagikan pengalaman yg berhasil menaikkan fungsi ginjalnya walaupun sudah pernah cuci darah. wassalam

  • gilang:

    assalamualaikum

    saya gilang dari surabaya, pgn berbagi cerita juga neh klo aku juga menyandang predikat Single Kidney (hidup dengan satu ginjal).ternyata bukan saya aja ya yg hidup dgn 1 ginjal aja..
    waktu umur 8th saya sudah di vonis dokter klo ginjal saya cm ada 1 yg sebelah kanan aja…gejalanya persis dengan cerita di atas.
    yg sisi lainya entah kmana, katanya ada yg bilang mengecil dan lain sebagainya..
    dan di umur 19th saya operasi batu ginjal sebelah kanan, padahal ginjal tinggal yg kanan aja ada batunya pula…kaget bgt tau kondisi seperti itu.setelah itu saya berfikir, apa dengan 1 ginjal ini saya bisa hidup lebih lama dan normal seperti layaknya orang dengan 2 ginjal.
    semoga allah memberikan kekuatan yg kuar biasa padaku dan kepada org2 yg menderita seperti aku agar kita semua bisa bertahan hidup dan bahagia dengan keluarga maupun org2 yg kita sayangi
    Amiiinn…

  • murni:

    Assalamualaikum

    Saya Murni di Balikpapan-Kalimantan Timur.awalnya saya cuma iseng nyari artikel tentang ginjal.ternyata saya menemukan artikel yg mirip dengan kehidupan saya. saya sudah 22 tahun hidup dengan ginjal satu. usia 8 bln ginjal kiri saya di angkat karna ada tumor bersarang di dalam nya. sebenarnya saya mau cari artikel tentang ginjal yg berhubungan dengan kehamilan. saya akan menikah tapi saya ingin tahu apa pengaruh ginjal satu dengan kehamilan???berbahaya atau tidak. selama ini kesehatan saya normal, Alhamdullilah tdk mengalami gangguan. tapi saya masih ragu dalam keadaan seperti ini apa berpengaruh. jika ada diantara kalian yg mempunyai informasi ttg hal ini, ataupun memiliki kisah serupa tolong sharing dengan saya. karna saya butuh informasi ttg hal ini.trims

    • ass..
      saya ingin banyak share sm sesama ginjal satu ^_^
      saya mahasiswa semester 4 yg mau berumur 20th, dan semakin ksni aktifitas saya smakin bertambah dan membuat rasa ketakutan saya. kalau boleh, tolong email atau YM saya di suci.nanda@ymail.com yaa.. mau memperbanyak teman ginjal 1, karna dilingkungn sya hanya saya saja,makasih

    • imam:

      insya allah ga ada masalah apa2 murni ,,,,,,,, bnyak minum air putih aja isya allah aman , jgn pernah berpikir buruk tentang adanya hidup dengan 1 ginjal ? hanya saja stamina kita aj yg ga sempurna seperti dulu kita mempunyai 2 ginjal , insya allah kesehatan dengan 1 gijal ga bermasalah selagi kita rajin olahraga dan minum banyak air putih ?? aku juga hidup dengan 1 ginjal ?

  • Ass Wr wb
    Sebenarnya kalau ginjal yang hanya satu itu sehat tidak mengalami gangguan , sama saja dengan orang yang punya ginjal 2 buah. Allah menciptakan ginjal dengan fungsi yang luar biasa , ginjal baru bermasalah jika fungsinya tinggal 10 %. Kalau kita punya satu Ginjal sehat berarti kemampuannya 100%, kalau kita punya 2 ginjal yang sehat berarti punya cadangan 100% lagi. Sekarang saya sudah berusia 58 th , saya baru tahu kalau ginjal saya hanya satu ketika berusia 36 tahun , menurut dokter kemungkinan ginjal saya yang satu lagi menciut sejak 10 tahun yang lalu , berarti sampai sekarang saya sudah lebih 33 tahun hidup hanya dengan satu ginjal.
    Yang penting selalu optimis jangan ragu, dan jaga makanan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat,hindari makanan yang membebani kerja ginjal, seperti fast food, makanan berlemak,soft drink, obat obatan yang tidak jelas dan lain sebagainya.

  • ini pengalaman sahabat saya. setelah medis angkat tangan, bahkan memvonis umur tinggal 1 bulan, dia malah sembuh dengan pengobatan alternatif.

    simak ulansannya di:

    http://ekojuli.wordpress.com/2009/05/04/sahabat-saya-sembuh-dari-gagal-ginjal-tanpa-cuci-darah/

  • IJAN:

    mas jangan menyerah kita masih punya harapan.allah masih sayang kepada kita?jujur mas aku juga hanya mempunyai satu ginjal.karena penyakit ginjal ku di angkat oleh pihak rumah sakit panti rapih jogja.semoga aloh memberi kekuatan kepada kita yang memiliki satu ginjal.dan doakan aku supaya tetap bisa menghamili istri saya jika sudah menikah.karena saya takut dengan satu ginjal aku menjadi mandul.karena dulu saya suka onani.maafkan aku ta allah.

    • imam:

      ga ada kata org mandul gara2 hanya hidup 1 ginjal mas bro ? patient don’t worry , kita positif thinking aja ? cuma hanya allah aja belum percaya kalo kita di titip anak mas bro , semua manusia ga mandul pasti bisa mempunyai keturunan tapi hanya kita menunggu waktu allah memberikan kepercayaan kepada kita ? usaha terus dengan istri tawakal dan minta sama allah , insya allah dapat hasil yg memuaskan ? percaya keajaiban doa , kalo kit sungguh2 memintanya ?

  • ij@n kotelawala:

    yang sabar mas tetap semangat

  • AA Ghoen:

    Asslm,
    Alloh Maha Besar… jangan berkecil hati dengan hanya 1 ginjal… Ini juga dialami oleh kakak perempuan saya yang saat ini sudah berusia diatas 50 th… dan alhamdulillah sehat2 saja, asal dijaga pola makan & minum air putih yang teratur minimal 8 gelas/1liter perhari. Semua yang akan terjadi terserah maunya Alloh, kita diwajibkan untuk berusaha sebaik mungkin, sedangkan hasil urusan Alloh. Lihat di surat Ar-Rod[13]:11… Alloh tidak akan merubah nasib seseorang selama orang itu tidak berusaha untuk merubahnya…

    Wasslm,
    AA Ghoen

  • agus:

    Ass,

    Mas, tabibnya yg dipalsigunung apakah bisa bantu u/ orang yg gagal ginjal & harus cuci darah?
    Apakah masih ingat nama & alamatnya? boleh minta?
    Kebetulan ayahku divonis gagal ginjal & harus cuci darah.

    Wass.
    Agus

  • Tabib tempat saya berobat di Palsi Gunung namanya Bapak Suwarto, tempatnya didepan PT Tranka kabel jalan Raya Bogor , seberang kali dibelakang gereja .Tanyakan masyarakat disekitar situ ia sudah cukup dikenal. Pengobatan menggunakan ramuan tradisional, silahkan konsultasi pada beliau

  • sya punya temen!! dia hidup dengan satu ginjal!! awal bulan ini dya cuci darah.. yang saya bngung..dia blang cuci darahnya itu g perlu rtin cmasesekali ajkalau mamang perlu banget.. bener g sih itu??

  • Wibi:

    mas saya mau bertanya tentang resiko hidup dengan satu ginjal. sekarang saya mahasiswa berusia 19 tahun. ayah saya divonis gagal ginjal dan saya berniat untuk mencangkok ginjal saya untuk ayah saya. sebenarnya ayah saya belum mengetahui tentang niat saya tersebut.
    yang ingin saya tanyakan jika saya sudah mendonorkan ginjal saya, apakah berpengaruh pada reproduksi saya setelah menikah nanti?lalu apa efek2 lain yang terjadi jika hidup dengan satu ginjal?
    terima kasih atas atas perhatian atas pertanyaan saya ini.
    wass.

    • imam:

      berikan aja ga ada masalah kedepannya , jikalau itu positif ? hanya saja yg berkurang stamina kita sudah tidak bisa 100 % lagi , dan banyak minum aja yg banyak air putih hindari merokok, alkohol dan minuman bersoda , banyak yg sudah hidup dengan 1 ginjal selama puluhan tahun g ada masalah wibi , aku aja da 3 tahun ini hidup dengan 1 ginjal g ada masalah ko find2 aja , ? yg penting percaya dengan allah tentang ciptaannya , sempurna semua , ga kaya ciptaann manusia yg berbatas dan ga jelas kualitasnya ?

  • Ass wr wb
    Mas Wibi dari pengalaman saya hidup dengan satu ginjal sama saja dengan orang yang memiliki 2 ginjal. Kita bisa beraktifitas dan hidup secara normal, jadi tidak ada pengaruh buruk pada sistim reproduksi. Apa lagi jika kita bisa menjaga pola makan dengan baik , hindari makanan berlemak, makanan cepat saji, soft drink , minuman beralkohol dll. Insya Allah tetap sehat sampai akhir hayat.

  • Robets Teguh Wahono:

    Asslm. WR.
    Apakah org yang mempunyai sakit ginjal dapat mempengaruhi dalam mempunyai keturunan? Usia saya 21 tahun.
    Saya udah pernah menjalani operasi laser 2 kali. Awalnya sakit saya ini karena luka dalam sehabis kecelakaan Lalin dan setelah itu terjadi pembengkakan di saluran ginjal + bernanah di dalamnya.
    Gimana solusinya? terima kasih sebelumnya……..

  • Ass wr wb
    Hidup dengan satu ginjal tidak ada pengaruhnya pada sistim reproduksi. Jika pernah operasi ginjal , sebaiknya rutin di periksa bahwa ginjal masih berfungsi baik dan tidak ada luka atau infeksi. Luka atau infeksi jika dibiarkan dapat berakibat kerusakan total pada ginjal.

  • Ass.wrb.
    Bung Fadhil, selamat untuk anda, mudah-an2 anda sehat walafiat selalu dan mendapat ridhoNYA, Amiin. saya sangat kagum dan senang dapat kabar berita dari internet ini ; bahwa purna bhakti PLN dari Silungkang dapat menolong ummat sesama dengan membagi pengalaman, bahwa ketentuan ALLAH Swt. tidak dapat dirubah, hidup tentram walaupun dengan 1 ginjal. Jadi pengalaman anda itu sangat berharga diutarakan disini untuk menambah kepercayaan diri bagi pederita yang sama. saya juga purna bhakti pln di kampung anda Sawahlunto, akan tetapi tidak sehebat anda dapat memberi pencerahan kepada ummat. thx.

  • yuriszha:

    ass .

    saya juga hanya memiliki satu ginjal saja setelah menjalani 5 x operasi . apakah ada pantangan lainya untuk menghindari gagal ginjal ?

  • Ass wr wb

    Yuriszha, Rawatlah ginjal yang tinggal satu itu dengan baik, jangan dibebani dengan makanan yg menyebabkan ginjal terpaksa kerja ekstra keras membersihkan darah. Hindari makanan berlemak tinggi, jeroan, softdrink, makan dan minuman berpengawet. Usahakan banyak minum air putih. Insya Allah ginjal anda akan tetap sehat.

  • irawan s:

    setahun yang lalu saya juga mengalami amputasi ginjal sebelah kanan saya karena di vonis ada tumor jinak,alhamdulilah sampai sekarang saya hidup normal dan bahagia dengan istri dan 1 anak saya satunya lagi msh dalam kandungan,tapi tetap karena yg semua 2 menjadi 1 kita harus lebih ektra hati2.yg punya pengalaman dgn 1 ginjal g usah takut ya.

  • rahma:

    dulu saya punya calon suami yang cuma punya satu ginjal, karena di amputasi, dokternya bilang klo dia ga akan bisa memberikan keturunan lagi, akhirnya dia ninggalin saya..tapi kita tetep komunikasi, nah yang saya bingung, pernyataan dokternya itu benar apa salah?? karena saya baca tulisan diatas, banyak yg hidup dg satu ginjal, dan bisa punya anak…terus yang benar yang mana??

  • Ass wr wb
    Waduh…kayanya penjelasan dokter itu nggak ada dasarnya. Allah menjadikan ginjal sebagai pembersih darah dari berbagai kotoran dengan kemampuan yang sangat luar biasa. Satu ginjal saja kemampuannya sudah 100%. kalau ada dua buah ginjal berarti kemampuannya 200%. Ginjal baru bermasalah kalau fungsinya sudah dibawah 30%. Artinya orang yang punya 2 ginjal memiliki cadangan yang sangat tinggi. Kalau satu ginjal berarti nggak punya cadangan.

    Namun dengan satu Ginjal seseorang tetap bisa hidup secara normal sampai puluhan tahun bahkan sampai tua . Ginjal yang tetap berfungsi normal walaupun hanya satu buah tidak akan berakibat buruk bagi sistim reproduksi, Insya Allah tetap bisa memiliki keturunan.

  • echan:

    assaLamuaLaikum wr. wb
    maaf mau tanya apakah org brginjaL 1 hidupnya tidak lama Lagi???
    apakah hrz brgntung pd obat2an ato cuci drah???
    bza d jelaskan ap saja yg hrz d hindari dan diLakukan secra trperinci(kegiatan serta makanan)
    krn saya krg bgitu tau ttg ini
    makasih
    wassalamualaikum Wr. Wb.

    • Ass wr wb
      Hidup dengan ginjal satu tidak ada masalah, jika ginjalnya yang hanya satu itu sehat insya Allah tetap bisa hidup layak sampai puluhan tahun. Makanlah makanan yang sehat hindari fastfood, makanan dengan bahan pengawet, dan berbagai makanan yang dapat membebani kerja ginjal secara berlebihan.

  • Sazkia Madu:

    Assalamu Alaikum Wr. Wb, Saya ibu 3 anak yang hidup dgn 1 ginjal sejak tanggal 06 Januari 2006, ginjal kanan saya di angkat karena kista telah bersarang selama 2 tahun, dan menghancurkan Keberadaan ginjal kananku.. Yang aku tanyakan Pada hampir 4 tahun ini.. Aku sadari kalau pola makan aku tidak teratur.. Tapi yang aku belum rasakan tanda2 tertentu.. Insya Allah aku ingin merubah kebiasaan aku yang seperti biasanya.. Bisa berikan solusi makanan apa yang boleh dan yang tidak?

    • Jika ginjal tinggal satu sebaiknya lebih berhati hati menjaga makanan , hindari fastfood, softdrink, makanan yang mengandung pengawet, usahakan minum air putih secukupnya.usahakan makan dengan pola seimbang, Ada baiknya konsultasi ke ahli gizi

  • Bunda Taqiya:

    Assalamu’alaikum. Pak, saya wanita, juga hanya punya satu ginjal tapi dari lahir, umur 31 tahun dan alhamdulillah sudah dikaruaniai 2 anak, sekarang masih menyusui. tahu kalau hanya punya 1 ginjal dari umur 20 tahun (sebelum menikah) dan karena hanya 1 memang membesar (hipertrofi). tapi beberapa tahun ini pola makan saya mulai tidak teratur, banyak pantangan yang saya langgar, karena hamil dan menyusui (prioritas anak). Sekarang masih menyusui. Sekitar 1 bulan lalu saya cek darah ternyata asam urat saya 6,1 ; Kreatinin 1,4 ; ureum 4,1 ; Kolesterol 201. Rata-rata sudah diatas ambang. Mulai agak was-was juga. Rencana mau tes urin baru konsul ke bedah urologi. ada saran Pak? Kalau boleh tahu jenis makanan apa saja yang sering di konsumsi Bapak Fadzil, untuk patokan agar saya tetap survive menjaga kesehatan. Terima kasih.

  • Ass wr wb

    Walau hasil cek darah sudah diatas ambang , anda jangan was was, justru rasa was was itu lebih ganas dari makanan atau virus. Gembirakan hati, syukuri pemberian Allah , berdo’a padaNya dengan penuh keyakinan agar tetap diberi kekuatan dan kesehatan. Namun tetaplah jaga makanan dengan pola yang seimbang. Hindari fastfood, softdrink, makanan yang mengandung pengawet dan pelezat rasa,biasakan minum air putih secukupnya. Usahakan makanan yang cukup bervariasi buah, sayur, daging (tanpa lemak) , susu dan lain sebagainya. Yang paling penting jangan ada rasa cemas, was-was dalam diri anda. Usahakan selalu merasa gembira , mensyukuri semua pemberian Allah dan selalu berharap mendapat rahmat dan kebaikan dari-Nya.

  • trie sp:

    salam Hormat Pak Fadhil,

    Saat ini saya divonis dokter urologi ginjal kiri saya sudah tdk berfungsi lwt test rotngent IVP akhir januari 2010.
    Saya mohon alamat pengobatan alternatip yang Bpk alami ada dimana?
    Terimakasih sebelumnya…umur saya 54th dan baru saja pensiun PHK.
    Terimakasih,ditunggu atas kesediaan jawabannya.

    • Ass wr wb

      Tabib tempat saya berobat di Palsi Gunung namanya Bapak Suwarto, tempatnya didepan PT Tranka kabel jalan Raya Bogor , seberang kali dibelakang gereja .Tanyakan masyarakat disekitar situ ia sudah cukup dikenal. Pengobatan menggunakan ramuan tradisional, silahkan konsultasi pada beliau

  • Axin:

    Baca blog ini jadi mo ikut nimbrung… saya usia 42th dan memiliki 1 ginjal, saya mendonorkan ginjal untuk ayah saya yg menderita gagal ginjal +/- 15th lalu. Ayah saya sudah meninggal 1 minggu setelah operasi transplantasi tersebut karena stroke. Tapi saya tidak menyesal walau tuhan berkehendak lain karena saya sudah berbuat yg terbaik untuk beliau. Saya saat ini hidup normal dengan 1 istri dan 2 anak yg ganteng dan cakep. aktifitasd normal, berenang dan bultang masih rutin saya lakukan.

    • rajawali kecil:

      Suami ku kadar kraetininnya 4,8, dan ureumnya 46, warna urinenya normal, kuning dan bening. Sekedar info flasback kblakang, thn 200f ada batu disalah satu ginjalnya, diatasi dgn cara di URS, kmudian masalah muncul lagi thn 2008, kmbali ada batu, tahun 2011, kmbali ada masalah, batu tidak ada, tetapi salurannya menyempit, setelah itu ditahun 2013 ini, kmbali mnyempit dan akan pasang DJ sten(selang) disaluran ginjal. Bahkan kmaren kadar kreAtinin meningkat jadi 4,8, dan hampir pingsan karena lemas, dktr mnyarankan segera untk dioprasi pmasangan stent lagi. Aadakah yg punya pnglaman sprti ini, dan bisakah sembuh kmbali? Karena mnurut dktr nefrology, harus cuci darah atau transplantasi ginjal.

  • heri:

    sy Heri, ingin tanya : seminggu yg lalu adik sy yg no 3 (cewek) kecelakaan bersama suaminya karena ditabrak sepeda mtr. adik sy hny terkilir n lecet2 dikit demikian jg suaminya hny lecet di lutut. stlh di bw ke rmh sakit(suaminya pd saat kecelakaan tdk pingsan), perut sebelah kanan suaminya terasa sakit n kencing keluar darah. akhirnya stlh di USG ketahuan bhw ginjal sblh kanan pecah n hancur. Meja Oprasi adlh alternatifnya n akhirnya ginjalnya diangkat yg sblh kanan. tadi siang 20 pebruari 2010 sudah diperbolehkan pulang. yg sy tanyakan apakah dng ginjal 1 tsb adik sy bs dikaruniai anak lg ? (skrg sdh pny anak laki2 umur 5 thn)n apakah berpengaruh pd psikologisnya ? krn pd saat diperlihatkan olh dokter stlh operasi n sy ambil pake kamera hp, sy yg tdk mengalaminyapun merasa ngeri n kadang tanpa sadar meraba perut sblg kanan tepat di bagian ginjall sy. demikian trimakasih atas jawabannya.

    • Ass wr wb

      Setahu saya kemampuan satu ginjal sama saja dengan dua ginjal. Satu ginjal juga tidak berpengaruh terhadap sistim produksi manusia. Hanya saja kalau ginjal cuma satu sebaiknya makannya dijaga jangan sembrono, karena cadangannya sudah berkurang. Hindari fastfood, soft drink, makanan dengan pengawet, makanan berlemak tinggi yang dapat membebani kerja ginjal. Minum air putih secukupnya…insya Allah tetap sehat sampai akhir hayat.

  • afwan:

    pak bagaimana dg wanita yg hdp dg 1 ginjal dan rahimnyapun turut diangkat,padahal blm dikaruniai anak,kalau bapak ada saran tolong kasih solusi bgaimana cara menjalani hidup sehat dengan keadaan yang bwgitu

    • Ass wr wb

      Jika rahimnya sudah diangkat tentu saja tidak mungkin untuk punya keturunan lagi, sikapilah hidup ini dengan sabar , ridho dengan ketetapan Allah. Jaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, jauhi fastfood dan makanan yang dapat membenani ginjal . Usahakan banyak minum air putih.

  • kurnadi:

    sudah 2 bulan ginjal saya diangkat sebelah kiri, minta pendapat/saran untuk menjaga kesehatan ginjal satu lagi terima kasih

  • assalamualaikum…..
    sy mempunyai pacar yg jg hanya memiliki satu ginjal,ginjalnya d angkat sudah 1 tahun yg lalu..sy sangat khawatir dgn kondisinya,karena kondisinya kadang2 menurun..tapi setelah sy membaca komentar2 anda smua d atas,rasa khawatir sy jd agak lebih berukurang..karena sebenarnya saat ini sy mw cari tau mengenai makanan pantangan bwt orang yg memiliki 1 ginjal..mohon tipsnya…….
    thanks :)

    • Ass wr wb

      Hindari makanan yang mengandung pengawet, fast food, jeroan, makanan berlemak. Makanlah dengan pola makan seimbang, jangan berlebih lebihan. Dengan satu ginjal kita tetap hidup normal seperti orang lainnya.

  • Hamba Allah:

    Assalamualaikum wr wb

    saya Hamba Allah yg sedang kesusahan, saya ibu tunggal dr 2 org anak, saya bermaksud utk mendonorkan ginjal, bukan utk memperkaya diri melainkan karena ekonomi, ginjal saya juga harganya tidak di patok ratus atau puluhan juta rupiah, saya berusaha utk menyelamatkan hidup anak2 saya dan menolong anda

    usia saya 35th
    Sehat jasmani dan rohani
    golongan darah B

    terimakasih utk menampung suara hati saya disini, terutama kepada bapak Fadhil Z.A,

    Wassalam,
    Hamba Allah
    085243651382 ( hanya sms terlebih dahulu)

  • alwi:

    ass………..
    sy mau bertanya,,apakah telur cocok di konsumsi bagi orang yang memiliki satu ginjal?????
    makasih sebelumnya..

  • Anda:

    Assalammualaikum Wr Wb,
    Saya wanita usia saya 26thn. Bulan Desember bsk saya berencana untuk menikah, tetapi tertunda karena calon suami saya divonis gagal ginjal kronis dan fungsi ginjal (dua2nya) sudah kurang dr 5%. Skrg dia rutin cuci darah seminggu dua kali. Kluarganya sedang mengusahakan pengobatan alternatif dan ada mreka juga mempertimbangkan untuk cangkok ginjal..yang ingin saya tanyakan adalah resikonya bila dia cangkok ginjal dan dptkah dia memberi saya keturunan kalau saya jd menikah dgn dia. Mohon infonya.. Terimakasih, Wassalam.

    • hamba ALLAH:

      coba ikhtiar BU. Di Bu Alfiah jl sudimoro 36 rt 7 rw 7 mojolangi lowokwaru Malang telp 0341498843.g cocok di sana

  • ipul:

    semoga menjadi pelajaran hidup buat kita semua.

  • Yan:

    Saya merasa sedih hari ini karena besok Ibu saya akan diangkat ginjalnya, dan hari ini terbaring dirumah sakit. Saya ga tahu harus apa selain berdoa…

  • agam:

    alhamdulillah saya jga msh shat n bugar tnpa kndala sdkitpun dg ginjal ku yg tggl 1 ini.
    Sykur Allah mmbri q nyawa hngga umr16 ini^_^

  • vhe:

    assalamualaikum..
    saya langsung tertarik ketika membaca blog ini
    Kbtulan saya mempunyai seorang calon suami yg hanya memiliki 1buah ginjal
    Karna 2th yg lalu ia mendonorkan ginjal untuk ayah’y
    Pertanyaan saya:
    Dari penjlasan diatas seorang yg mempunyai 1buah ginjal saja harus menjaga pola makan yg sehat spt,hindari mkn/mnm berpengawet,berlemak dsb.
    Namum sekarang calon suami saya berada d’korea yg suhu’y sangat dingin dan makanan dsanapun sperti itu
    bgai mana ia mau menghindari makanan yg seharus’y d’hindari
    Apakah cuaca akan berpengaruh ya?
    Tolong bantuan’y terimakasiyh..
    Wassalam….

  • liza:

    saya bersyukur sebab terbaca luahan hati ini,saya baru disahkan mempunyai kanker ginjal disebelah kanan tapi ginjal kiri masih baik,saya mulai takut hidup dengan 1 ginjal,tetapi setelah terbaca semua ini saya jadi yakin,saya boleh sembuh,cuma kanker ini amat saya takuti…apa yang penting kita harus semangat,jangan mudah kalah,itulah obat segala penyakit..insyallah..semuanya Allah telah tentukan,redha dan tawakal…insyallah semuanya akan baik

  • bebe:

    w pengen jual ginjal..,,

    tapi gimana yah kehidupan dengan satu ginjal..,

    comen plizz….,,

  • rany:

    gimana kalau mempunyai 3 ginjal.
    apa pengaruhnya dalam kehidupan

  • Pacar saya divonis ginjalnya yg sblh kiri mulai rusak, dia bru 1bln ini mengalaminya, dia cucidarah tiap bbrp minggu smpe sat ini, dia sering sakit2an klo aq keliwat ngomong kasar, apa yg harus aku lakukan buat dia? apa sebaiknya diobatin bagaimana atau dicangkok atau diangkat, sungguh aq bingung…
    mohon doanya sodara2 seluruh duni, semoga ALLAH menyembuhkannya (cintaku ‘suci’), aq sgt mencintainya…

  • trizki:

    aku punya anak baru aja diangkat ginjal kanannya ,hal-hal apa yg harus dilakukan untuk menjaga biar tetap sehat ?

    • imam:

      banyak minum dan olahraga cukup , itu da memberikan ginjal kita tetap segar , hindari lakohol , rokok dan minuman bersoda ? dan jgn lupa kalo bisa kita sering donor darah demi mebantu sirkulasi darah , sekalian kalian semua amal juga ?

  • Firdaus:

    Saya bernama Firdaus bernaksud untuk menjual Ginjal saya dengan alasan Ekonomi dan menutup biaya usaha saya tidak mematok harga tinggi tinggi bahkan dibawah harga pasaranpun saya bersedia

    Umur : 27th
    Jenis kelamin : Laki – Laki
    Gol Darah : AB
    TInggi : 170cm
    berat : 70Kg

    Mohon kepada siapa saja yang mungkin berminar bisa menghubungi saya

    CP : 08112512220
    Terima Kasih

  • purwoko:

    alhamdulillah…..selama 37 tahun baru aku ketahui bahwa aku mempunyai satu ginjal,ya allah terimakasih atas nikmatMU,mohon semua baca memberi motivasi agar aku bisa bertahan dgn semua ini,atas bantuan semua rekan teman atau siapapun kuucapkan terimakasih.

  • si manis:

    alhamdulillah…sekarang saya lega setelah membaca pengalaman2 rekan semua yang hidup dengan 1 ginjal. saya adalah seorang kakak yang sangat sayang dengan adik perempuan yang semata wayang, apalagi setelah beberapa cobaan beruntun menerpa kehidupan kami, mulai ditinggal meninggal oleh ibu krn kecelakaan yang hrs op kepala, ayah yang mengalami pendarahan kepala juga, sekarang adik saya mengalami kecelakaan motor dgn tailer hingga hrs diambil salah satu ginjalnya, hati saya sangat remuk dan was2 dengan keadaan adik saya,sekarang saya sudah lega stlh membaca pengalaman rekan semua dengan satu ginjal dan tidak mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Alhamdulillah ya Allah.., semua pasti ada hikmahnya…

  • Ega:

    Saya Ega,dengan segala kondisi di sekeliling saya, saya bermaksud untuk mejual Ginjal saya.

    umur :23th
    jenis kelamin :laki-laki
    gol darah :AB
    Tinggi :172cm

    urgent untuk siapa saja yang berminat bisa hubungi

    telp :085316720254

    • permanent:

      Anda menjual ginjal itu melanggar hukum dan bisa kena pidana.
      di indonesia hanya memperbolehkan donor secara sukarela dan dari donor yg masih hidup… bukan dari donor jenazah.

  • Amrun:

    Terima kasih atas tulisan & komentarnya yg tlah memberikan tambahan informasi yg sgt berharga.
    Sy Amrun, ingin berbagi nikmat kesehatan dgn mendonorkan salah satu ginjal sy (gol. darah O). Bagi yg membutuhkan dpt menghubungi melalui e-mail : amrun_kasim@yahoo.com atau HP. 0819 3565 7761.

  • Sischa:

    Terima kasih. tidak terasa air mata ini menetes membaca tulisan n sharing teman2. saya wanita 22 th, sudah 1 bulan ini ginjal kiri saya diangkat karena tumor yg merusak fungsi ginjal kiri tsb. Alhamdulillah Allah masih memberikan satu ginjal kanan yg bisa berfungsi dengan baik. Semula saya berfikir umur saya pasti tdk lama, tp membaca artikel pak Fadhil saya menjadi semangat hidup. Hidup ini masih berlanjut. Sabar, ikhlas dan semangat adalah sifat yg paling bijak untuk menghadapi semua ini. Semangat ya teman2.

  • liguna:

    nama saya : tomy
    saya masih kuliah dan saya berniat menjual ginjal saya buat biaya kuliah saya karena saya dari keluarga yang kurang mampu dan butuh banyak biaya..
    mohon bantuan dan saling membantu.

    kalo berminat segera hubungi saya di 087871555527

  • mamaurow:

    ikutn tanya dunk, qwe hidup dengan 1 ginjal selama 5 thn…. dri semua coment d atas mungkin hanya q yg putus asa dengan ke adaan ni, q mersa slalu di beda-beda kan dengn yg lainx, mulai dari pertrn mkan sampai berat x kegiatan. skarang klo d tanya mau gag kayak orang itu, ya mesti jwbnx ia mau, tp apha keadaan qta yg gakn dukung kita mnjadi sprty mereka, mau jauh drai kgiatan itu rasa nya sulit krna d sekelilingku adalah kumpulan orang2 yang NORMAL

    • Secara medis kemampuan orang yang punya ginjal satu atau dua sama saja. Orang yang hidup dengan satu ginjal bisa hidup normal seperti orang yang punya ginjal dua. Nyatanya saya sudah 24 tahun hidup dengan satu gnjal tidak ada masalah. Apa yang anda alami lebih banyak merupakan hambatan psykologis. Anda merasa memiliki kekurangan dan membatasi gerak anda sedemikian rupa. Anda merasa tidak seperti orang lain yang hidup normal. Ini lebih pada masalah psykologis bukan masalah medis.

  • aSM.sya pria yang mau donor ginjal,siapa saja yang membutuhkan, hub ke no ,089676718198

  • dani:

    saya ingin mendonorkan ginjal saya, dengan kompensasi untuk membantu ekonomi keluarga, saya berdomisili di malang, usia 33 thn, tidak merokok dan minuman keras, gol darah O, hasil laboratorium normal, hp; 081 333 851 444

  • ass…. sebelumnya perkenalkan sya dodik yg hanya punya satu ginjal krna kecelakaan saat balap motor,dan ginjal saya sebelah kanan harus di angkat krn udah pecah ,sya ingin menjelaskan bhwa sistem ginjal manusia itu adA DUA DLM kondisi ginjal normal yang bekerja hnyalah satu ginjal saja,dan jika ada kerusakan pd ginjal satunya mka scr otomatis ginjal 1 lgi akan memungsikan dg sendirinya!!jd yg pnya ginjal dua tp tdk fungsi satu jngan khawatir,krn ginjal 1 anda itu adalah serepnya,dan yg fungsi tetap 1 aj,tdk bs dua duanya!!!

  • imam:

    ane juga hidup dengan 1 ginjal da selama 3 tahun ini , alhamdulilah baik semua , dan semoga di berikan allah panjang umur ? jangan pernah berfikir apa tentang kondisi badan kita , sukujrin aja setiap kita bangun tidur kalo allah masi memberikan nikmat hidup dan sehat ? dan bisa menghirup oksigen gratis ? bayangkan kita bangun ada selang di hidung apa kita ga di suruh bayar ? kalo allah masi memberikan nikmat hidup dan panjang umur insya allah walaupun kita hidup dengan 1 ginjal insya allah find2 aja , tapi hanya stamina aja yg aga kurang ga seperti waktu kita masi mempunyai 2 ginjal itu aja sob keluhan kita ?

  • diskon:

    saya juga takut kalau salah satu ginjal saya diambil, tapi yang saya takutkan adalah masalah uang, bukan yang lain seperti pengecut

  • Fari:

    salam hormat pak fadhil :)
    saya mau nanya pak, katanya kalo orang single kidney cepat lelah,tidak boleh angkat beban yang terlalu berat dan apakah benar bahwa badan yang gemuk berbahaya bagi para single kidney ? terimaksih mohon batuanya dari semua … salam kenal :)

    • Wa alaikum salam

      Kenyataannya saya sudah 26 tahun dengan satu ginjal tidak cepat lelah seperti itu. Kelebihan berat badan tidak hanya berbahaya bagi single kydney tapi juga bagi yang ginjalnya normal./

  • neney harrison:

    Blog ini. Benar benar membuka fikiran saya, saya baru mendonorkan ginjal saya kepada saudara. Sebulan yang lalu.

  • Putri:

    Assalamualaikum Pak, saya tanggal 9 Juli kemarin baru ketahuan ada tumor di ginjal sebelah kanan saya. Dan harus diangkat. Saya sempat khawatir untuk pengangkatan operasi apa akan menyakitkan atau tidak dan khawatir hidup dengan satu ginjal. Tapi setelah membaca artikel ini saya merasa semangat dan hilang ketidakpercayaan diri saya. Insyaallah saya berserah pada Allah berprasangka baik dan percaya Allah akan memberikan yg terbaik. Dan kekhawatirannya saya utk pengangkatan akan hilang.

  • Hamba Allah:

    Saya seorang perempuan berusia 26 tahun, masih single. alhamdulillah sehat walafiat, saya bermaksud untuk menjual ginjal saya karena alasan ekonomi saya, saya yatim piatu,dan sedang butuh biaya besar untuk operasi adik saya.

    golongan darah saya: B
    contact person: 085722144308

    trimakasih, wassalamualaikum.

  • abdullah:

    subhanallah..terimakasih kepada semua yang telah sharing sesama single kidney, dengan membaca pengalaman-pengalamannya semangat saya bertambah dalam menjalani hidup. 4 bulan lalu (Maret) setelah pengangkatan ginjal kiri yang terinfeksi oleh tumor, semangat saya otomatis berkurang dan itu berpengaruh pada psikologis juga, tapi alhamdulillah.. setelah mengetahui pengalaman bapak Fadhil dan teman-teman, insyaallah..saya optimis melangkah kedepan. Jazaakallah..khaerun jazaa…

  • maswie:

    Saya Maswi dari kebumen.
    Saya mau tanya,bagaimana kehidupan seks orang yang
    hanya hidup dengan satu ginjal?
    Terima kasih.

  • hamba allah:

    Saya wanita berusia 29 tahun sudah operasi pengangkatan ginjal sejak smp krn alasan medis, sekarang sedang mengandung 7 minggu insyaallah…masih dalam pantauan dokter, semoga berjalan lancar, amin..

  • Fitri:

    Apa hidup dengan hanya 1 ginjal bisa mengakibatkan kematian???
    Ini dialami oleh pasangan saya..
    Saya takut akan kondisi dia skrg
    Pak, Apa bisa dia tetap hidup walau hanya satu ginjal??
    dia sekarang sangat ketakutan..
    Ya allah..jagakan dia untukku..
    q mohon..

    • Wa alaikum salam

      Datangnya kematian bukan karena ginjal satu atau menderita penyakit tertentu. Ajal itu sudah ditetapkan Allah, jika datang waktunya tidak bisa diundur atau dimajukan. Nikmatilah hidup ini walau hanya dengan satu ginjal, saya sendiri sudah 26 tahun hidup hanya dengan ginjal satu . Alhamdulillah sapai saat ini masih sehat dan bisa menikmati hidup ini.

  • Abu Zamrah:

    Membaca tulisan dan kisah-ksah di atas, saya merasa mendapat kekuatan dan sejumlah teman yg bernasib sama. Sesuai rencana, tidak lama lg para dr akan mengangkat ginjal saya yg sebelah kiri. Dengan demikian ginjal saya akan tersisa satu. Yang ada di dalam pikiran saya saat ini adalah:
    1. Mungkin akan ada, bahkan besar manfaatnya apabila dibentuk semacam organisasi atau Komunitas Manusia Satu Ginjal. Nantinya Komunitas ini akan dapat melakukan banyak hal, terutama yg berkaitan dg masalah hidup dg satu ginjal dan kesadaran untuk

  • Abu Zamrah:

    Membaca tulisan dan kisah-ksah di atas, saya merasa mendapat kekuatan dan sejumlah teman yg bernasib sama. Sesuai rencana, tidak lama lg para dr akan mengangkat ginjal saya yg sebelah kiri. Dengan demikian ginjal saya akan tersisa satu. Yang ada di dalam pikiran saya saat ini adalah:
    1. Mungkin akan ada, bahkan besar manfaatnya apabila dibentuk semacam organisasi atau Komunitas Manusia Satu Ginjal. Nantinya Komunitas ini akan dapat melakukan banyak hal, terutama yg berkaitan dg masalah hidup dg satu ginjal dan donor ginjal di Indonesia
    2. Komunitas

  • Abu Zamrah:

    Membaca tulisan dan kisah-ksah di atas, saya merasa mendapat kekuatan dan sejumlah teman yg bernasib sama. Sesuai rencana, tidak lama lg para dr akan mengangkat ginjal saya yg sebelah kiri. Dengan demikian ginjal saya akan tersisa satu. Yang ada di dalam pikiran saya saat ini adalah:
    1. Mungkin akan ada, bahkan besar manfaatnya apabila dibentuk semacam organisasi atau Komunitas Manusia Satu Ginjal. Nantinya Komunitas ini akan dapat melakukan banyak hal, terutama yg berkaitan dg masalah hidup dg satu ginjal dan donor ginjal di Indonesia
    2.Organisai atau Komunitas ini nanti akan dapat jg mendorng pemerintah untuk memberikan perhatian kepada penyandang satu ginjal, donor ginjal seperti di China, dan mereka yg mengalami gagal ginjal, dlm kaitannya dg program pemerintah yg terkait dg jaminan kesehatan terhadap warga negara

    2. Komunitas

  • Arlany S. Wulan:

    Subhanallah ,seperti mendapat kekuatan baru, Alhamdulillah sdh 1 thn 1 bulan ginjal saya diangkat, dan sekarang sayapun hidup hanya dngn 1 ginjal..memang ada sedikit perubhan, tubuh ini lebih cepat lelah dan seperti mati rasa..tp mungkin itu hanya perasaan saya saja..dan alhamdulillah saya masih bisa beraktivitas seperti biasa, dengan memasang alarm pada diri sendiri ,jika tubuh ini sudah mulai sedikit lelah, langsung istirahat, tidak terlalu memaksakan diri..

  • henry:

    Umur : 26 thn
    Tinggal : jakarta
    Golongan Darah : O
    Nope : 083806066203 Tidak perna mengidap sakit yg parah, Tidak perna mengkonsumsi obat-obatan dan Keterangan lebih lanjut jika ada yang berminat …
    Jika ada yg berminat dan yg membutuhkan donor GINJAL silakan menghubungi saya 081386262982 semoga saya siap untuk mendonorkan GINJAL saya …
    SEMOGA saya ini bisa membatu anda dan juga anda SEMOGA anda juga bisa membantu saya …
    TERIMAKASIH ….
    Assalamualaikum …

  • Darmawan:

    Istri saya akan mendonorkan ginjalnya ke saudaranya bulan depan, jika tidak ada aral melintang.
    Kira2 apa resikonya ya ? mengingat dia suka melakukan aktivitas pekerjaan rumah dan harus merawat anak yang masih umur 2 thn.
    Terima kasih.

  • jamaludi rusdiandi:

    asslm.
    saya mau menjual ginjal saya, saya benar” lagi membutuhkan uang secepatnya, bagi siapa saja yang sudi membatu saya dan mau membeli ginjal saya tolong hubungi ke nomer ini pin : 228CDA22 atau di nomer 083818465585

  • Sari:

    Saya mempunyai teman, dan teman saya itu mengalami sakit batu ginjal , sebenernya dia sudah disuruh operasi sejak lama tapi dia takut dan mengurungkan niatnya untuk operasi. dan sekarang penyakitnya itu tambah parah sampai-sampai kalau dia sedang buang air kecil, pasti slalu keluar darahnya. Dan kata dokternya , batu yang ada diginjal sebelah kanannya itu beda dengan batu lainnya, maksudnya batu itu agak runcing. Sekarang dia mau buat dioperasi untuk diangkat ginjal kanannya 1, karena kebanyakan katanya setelah mempunyai 1 ginjal, hidupnya tidak akan lama.

    • Wa alaikum salam

      Tidak usah takut untuk operasi ginjal, dengan ginjal satu tidak akan mengurangi kwalitas hidup. Saya sudah lebih 27 tahun hidup hanya dengan satu ginjal sekarang usia saya sudah 63 tahun.

  • Latief:

    Asslm. Saya operasi pengangakatan ginjal pada bulan Juli 2013. Alhamdulillah sehat2 saja. Sebenarnya berapa kadar kreatin bagi yang punya ginjal satu?. Kalau dari jurnal asing, kadar kreatinin normal masih dianggap normal kalau sd 1,9.

  • Tyas:

    Assalamu‘alaikum…bisa minta share donk apa yg jadi pantangan buat pemilik single kidney…cz mamaq baru operasi batu ginjal dan ternyata kami baru tahu kalo mama hanya punya satu ginjal.
    Makasih atas bantuannya…

  • ela darnila:

    assalamu’alaikum Wr.Wb
    Puji syukur kupanjatkan Kehadirat Illahi Rabbi yang telah memberikan kesempatan
    kepadaku untuk menjalani hidup,walaupun dengan satu ginjal. Pada bulan oktober tahun 2012 tahun yang lalu aku harus menjalani empat kali operasi, secar,angkat rahim, masalah pada usus, terakhir angkat ginjal sebelar kiri, aku sempat koma,harapan hidup menurut dokter menunggu keajaiban, Alhamdulillah Allah memberikan menunjukkan kuasaNya aku samapi sekarang masih menjalani rutinitas, salah satu semangat hidupku adalah aku sering membaca Pondok Tadabur ini, aku selalu berharap aku tetap kuat, walaupun perasaan was-was sering menghatuiku,aku yakin walaupun aku sudah tidah sempurna, kesempurnaan milik Allah, aku berharap bertahan, makasih atas artikel tadabur ….sukses bagi orang-oarang yang senasib, ini memang jalan yang sudah digariskan kepada kita, kita hanya berharap semoga kita tetap bersabar..sehingga ini semua menjalani salah satu jalan mendapat ridloNya amiin…!!!
    Wassalam…..

  • dian:

    assalamualaikum pa… adik sy gagal ginjal. sejujurnya sy ga tegamelihat penderitaannya. sy berniat untuk mendonorkan ginjal sy. sy memikirkan nasib anak2 sy yg masi kecil. sy masi dilemma hrs bagaimana. satu sisi sy memikirkanmasa depan adik sy, namun sy jg hrs memikirkan masadepan anak2 sy. mohon sarannya pa. terimakasih. wassalam

  • MARDANI AMRI:

    saya mempunyai hutang 80 jt gara2 4 orang rentenir yg selalu menagih bunganya terus n slama ini saya bekerja bukan untuk anak dan istri melainkan untuk memberi rentenis2 itu aku rela melakukan apapun asalkan hutangku lunas walaupun menyakitkan diri ku sendiri asal tidak menyakitkan n mengganggu orang lain waktu yang diberikan tinggal 1 minggu lagi,aku rela menjual salah satu organ tubuhku asal hutangku bisa lunas agar rumah tanggaku tentram yang slama ini slalu suram dan penuh kesengsaraan terus aku tak tega melihat istri n ketiga anakku aku mohon bagi para dermawan yang ingin membantu atau membeli salah satu organ tubuhku langsung sms aku dulu baru telp, karna kalau langsung telp aku takut yang telp itu para rentenir2 yang slalu mengeluarkan cacai maki aku muak dan tak sanggup lagi, aku amri tinggal daerah sumatra utara golonngan darah ku [O ] DAN TIDAK PERNAH MENYENTUIH YANG NAMANYA NARKOBA BAGI DERMAWAN YANG BERSEDIA DAN IKLAS AKU MOHON….085361213244

  • selvi:

    Saya seorang istri umur 22th.suami saya sudah cuci darah dari januari kemarin,saya berniat untuk mendonorkan ginjal saya,apakah nanti kami bisa punya anak dg sama2 memiliki 1 ginjal.apakah suami saya yg biasa minum 600ml/hari bisa normal 2L/hari…mohon infonya

  • hajrah:

    Assalamualaikum … saya wanita berumur 36 tahun sejak lahir saya mempunyai hanya 1 ginjal di sebelah kiri … alhamdulillah sampai sekarang saya baik baik saja … walaupun kadang ada rasa sakit yang luar biasa tapi dengan kuasa allah dan menjaga pola makan dan memperbanyak minum air putih …. wassalam

Leave a Reply

*

Fashion Stores
Translate This Page
Pondok Tadabbur
Infak, Sodaqoh Anda untuk Pondok Tadabbur bisa disampaikan melalui :

Rek Bank Mandiri
123.0097166435
a/n Fadhil Zainal Abidin.
0811151412 - fadhil_za@yahoo.co.id
PELATIHAN
facebook page

Jadwal Pelatihan Shalat Khusuk dan Tadabbur Qur'an wilayah Jabodetabek dan Sekitarnya.

Klik disini untuk keterangan lebih lanjut

HP : 0811151412

Archives
Sejak 20 Feb 2008