MENCAPAI SHOLAT KHUSUK

You may also like...

104 Responses

  1. Wuryanano says:

    Bagus sekali mas Fadhil mau mengingatkan banyak orang mengenai bagaimana sholat khusyuk.

    Memang yang dinilai oleh Rasul SAW dari para sahabat, tidak ada yang bisa mengalahkan khusyuknya sholat Sayyidina Ali ra. Jadi kalo kita sebagai umat NYA bisa setingkat di bawah khusyuknya sholat para sahabat Rasul…ya sudah Alhamdulillah, itu tentu sangat bagus sekali.

    Kalo sholat khusyuk nya nggak bisa setingkat di bawah…ya bolehlah sepuluh tingkat di bawah khusyuk nya sholat para sahabat Rasul, apalagi Sayyidina Ali ra. Wah…hebat!

    Oiya…silakan jika Mas Fadhil mau meng-copy-paste tulisan saya untuk dimuat di blog ini. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

    Salam Luar Biasa Prima,
    Wuryanano

  2. Husnul Waizin says:

    Alhamdulillah… baru kali ini menemukan tulisan seperti ini, kr. sy telah lama mencari mtode shalat yg tepat. mudah2an dengan cara ini dapat meningkatkan kualitas shalat sy dan tmn2 yang lain
    Terima kasih yg sebesar2nya atas keikhlasan mas fadhil menyebarkan secara gratis (tidak seperti yg lain)
    wassalam
    Husnul Waizin

  3. kus andriadi says:

    persis sprti yang guru saya bilang,

    guru saya pernah bilang
    “kalau mau sholat kalian menjadi khusyu,,coba kita belajar membaca surat al-fatihah dan kita membayangkan tulisan dan artinya secara besamaan…itu sulit,bahkan saya pun masih belajar”

    loh,bahkan guru saya pun yang sudah ustadz mempunyai kendala,,

    apalagi saya yang masih belajar,,
    tulisan bapak yang tentang “efek berlawanan jika solat tidak khusyu itu benar adanya…itu kenyataan,itu semua benar2 terjadi oleh saya…

    saya juga ingin curhat sedikit kepada bapak…
    ketika saya melakukan kesalahan/dosa(seperti berbohong),,saya selalu merasa gak enak di hati..entah perasaan apa itu…
    lalu ketika saya meninggalkan/menunda sholat juga pasti selalu terkadang terbawa ke mimpi perasaan bersalah saya itu…saya merasa tidak enak sekali,,tapi ketika saya melakukan sholat dan banyak banyak beristighfar seketika hati saya menjadi tenang…padahal dalam sholat itu saya masih belum sepenuhnya khusyu…

    tapi ketika saya melihat teman2 saya,ada yang tidak sholat dan melakukan kesalahan mereka biasa – biasa saja menyikapinya..perasaan apa itu?

    pak, saya minta izin untuk meng-copy tulisan ini untuk saya paste di flash disk saya,saya ingin belajar lebih dalam…

    dan bolehkah saya mengcopy ke blog saya juga?

  4. Fadhil Z.A says:

    Ass wr wb

    Kus andriadi, Alhamdulillah jika muncul perasaan tidak enak tatkala berbuat kesalahan, itu adalah tanda tanda dari bimbingan Allah. Mintalah selalu bimbingan dariNya dalam mengarungi kehidupan ini, perhatikan betul ketika membaca :” Ihdinasshiroothol mustaqiimm…. tunjuki kami jalan yang lurus” dalam surat Al fatihah yang dibaca dalam sholat. Sebagian besar bacaan sholat berisi do’a. Apalagi do’a yang dibaca pada duduk iftirash sesudah bangun dari sujud pertama, sungguh hebat jika diucapkan dan diperhatikan dengan sungguh sungguh.

    Terus dilatih praktek sholat khusuknya, usahakan hafal seluruh bacaan sholat berikut terjemahannya. Jika adik Kus andriadi ingin mengcopy tulisan diblog ini ke flash disk silahkan. Kalau dicopy ke blog juga silahkan asal disebut sumbernya.

  5. Taufik says:

    Ass wr wb
    Mohon idzin untuk membaca dan mencoba mengamalkan nya…
    Mudah2an mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah….
    Amiin…

  6. tika says:

    Subhanallah….Maha suci Alloh. hanya kita saja manusia yg lalai ya pak, lha wong hidup sdh puluhan tahun, sholat kok ya blm khusyuk jg. semoga amal bapak atas tulisan ini, yg mgkn sdh mengembara kemana2x tulisan ini,mendapat pahala dan kebaikan yg tak pernah putus. salam hormat saya untuk bapak….Semoga Alloh melapangkan dan memudahkan orang2x yang melapngkan dan memudahkan urusan saudaranya, amin ya rabb…

    • Maike says:

      Assalamu’alaikum, ana sangat kagum deagnn Agama anti. semoga Alloh azza wa jalla menjadikan q’ta semua para pembela DINnya yang mulia (islam) deagnn ilmu & dan pedang. menjadikan q’ta istiqomah di atas sunnah NabiNya yang Mulia lagi di berkahi. af1 ana minta izin *copy paste artikel ini buat di blog ana. Jazakillah.

  7. kus andriadi says:

    pak fadhil,assalamualaikum…

    sekarang saya sedang mencoba belajar mengamalkan arti di setiap bacaan2 solat…
    bacaan2 al fatihah,duduk diantara 2 sujud dll saya tulis arti surat2 tsb di Ms.word lalu saya print…lalu saya tempel di dinding…jadi ketika saya solat,saya berhadapan dengan tulisan saya tersebut…selagi saya membaca alfatihah atau yg lain saya sembari konsentrasi membaca sekaligus melafalkan artinya dan tentu saja didalam hati…apakah boleh seperti itu pak?? karena menurut saya,itu cara paling efektif untuk belajar menghapal arti dari surat2 agar saya bisa mencapai solat khusyu…

  8. Fadhil ZA says:

    Ass wr wb
    Untuk sementara boleh saja, sebaiknya tulisan tersebut ditempatkan ditempat sujud karena ketika sholat sebaiknya pandangan diarahkan ketempat sujud . Untuk mendapatkan sholat khusuk mulut (lisan), fikiran dan hati harus sejalan. Mulut mengucapkan bacaan sholat, fikiran menterjemahkan, dan hati merasakan. Misalnya ketika membaca Bismillahirrohmanirrohiim” , fikiran menterjemahkan “dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi penyayang” , hati merasakan betapa nikmat kasih sayang yang kita terima selama ini, nikmat sehat, Iman, hidup berkecukupan, dan banyak lagi.

    Kalau sudah hafal dan lancar tidak perlu lagi dikasih tulisan terjemahan didepan tempat sujud. Biasanya anak muda lebih mudah menghafal dibanding yang lebih tua. Insya Allah , mudah mudahan bisa mencapai sholat khusuk.

  9. yulius says:

    Terima kasih atas informasi bagaimana cara sholat yang khusuk. Sebenarnya saya sudah lama mencari informasi ini tapi baru hari ini saya dapatkan. semoga yang menulis dapat berkah dan rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa, Amin

  10. Bajing says:

    Masya Allah, Pa fadhil yang semoga selalu dirahmati Allah. Apa yang bapak tulis sama persis dengan apa yang pernah saya ikuti dalam pelatihan sholat yang dipandu oleh ust. Sambo dari Bogor. Dalam pelatihan 2 hari itu ust Sambo memberikan satu hal kunci yang sangat mendasar yaitu bahwa Sholat adalah sarana berkomunikasi kepada Allah SWT, beliau memberikan analogi ketika orang sedang menelpon (menggunakan HP) dimanapun berada dan dalam kondisi apapun (baik ramai maupun sepi) tetap bisa dilakukan tanpa terganggu oleh lingkungannya. Sama persis dengan analogi Pa fadhil ketika melihat orang di gedung MPR yang “ngomong sendiri” menggunakan handsfree. Terimakasih atas tulisan yang di buat Bapak shingga dapat menambah keyakinan saya bahwa memang khusyu itu tidaklah susah asal kita faham maknanya dan diucapkan secara jelas dan perlahan-lahan seperti kita sedang berbicara. Kalau bicara dengan orang saja kita harus sopan bagaimana mungkin kita “bicara” kepada Allah (Sang Pencipta) dengan asal-asalan. Wassalam

  11. umi Nisa says:

    Ass Wr Wb
    Alhamdullilahirobilalamin, saya bersyukur telah membaca artikel yang sangat bermanfaat bagi saya dan keluarga, mudah2an kami dapat mengamalkannya Ammiinn

  12. ardy says:

    Alhamdulillah saya telah menemukan blog ini, semoga dapat menambah pengetahuan saya tentang sholat khusyu

  13. Hafeizh says:

    Masya Allah, artikel yang sangat bagus sekali Mas Fadhil, semoga pengetahuannya ini selalu membawa syafaat bagi umat Islam, dan terus mengalirkan pahala bagi Mas Fadhil.
    Saya ingin bertanya juga Mas, apa ada cara lain untuk mencapai shalat yang khusuk tanpa mengartikan bacaan shalat? karena sbagaimana yg Mas bilang sendiri, tidak mengerti bahasa arab merupakan Problem yang serius dan besar bagi bangsa Indonesia. Karena itu, ada alternatif lain tidak bagi bangsa Indonesia yang tidak mengerti bahasa Arab ini? terima kasih. Jazzakumullah

  14. Fadhil Z.A says:

    Ass wr wb
    Allah telah menjadikan manusia dengan berbagai macam suku dan bahasa yang berbeda agar saling mengenal satu sama lain. Bagi orang yang mau tidak ada kesulitan untuk mempelajari dan mengerti bahasa dari suku dan bangsa yang lain. Karena itu agar bagi teman yang tidak mengerti bahasa arab pada artikel ini saya tuliskan bacaan sholat beserta terjemaahannya agar dihapal diresapi dan dipahami . Untuk bacaan ayat Qur’an lainnya silahkan dicari dan pelajari terjemahannya dari tafsir Qur’an yang banyak didapat dipasaran.

    Bagi orang yang mau belajar, hal tersebut bukan suatu kesulitan. Belajar berbagai bahasa asing pada era globalisasi ini adalah hal biasa. Kita tidak akan bisa berkomunikasi dengan suku atau bangsa lain kalau tidak mengerti bahasanya. Allah telah mensyaratkan kepada kita untuk berkomunikasi dengan-Nya dalam sholat menggunakan bahasa Arab (Qur’an). Kita tidak perlu belajar bahasa arab secara menyeluruh cukup pelajari dan hapal ayat yang biasa dibaca dalam sholat. Insya Allah komunikasi dengan Allah bisa berjalan lancar.

  15. mas mr says:

    Ass wr wb;
    Mohon izin copy, akan saya usahakan semaksimal mungkin, mudah-mudahan kita yang mempraktekan sholat khusuk ini mendapat ridho Allah Swt, Amin Ya Rabbal Alamin.

  16. Sjaiful Alam says:

    Untyuk mencapai khusuk pertma adalah Niat yang bersih, mulai dari sejak wudlu, konsentrasi kita hanya kepada Allah.Karena itulah pertma kita harus mengenal Allah Dulu , sebagaimana hadist Awwaludini Marifatullah. awal mula beragama mengenal Allah, kalau sudah kenal maka kita akan mudah untuk konsentrasi pada Dzat yang mahamulia itu. Tata cara dan pernafasan sama seperti tersebut diatas cukup baik. Laksanakan sholat 7 titik , wassallam

  17. betrizon says:

    Subhanallah….bagus sekali artikelnya mas. Semoga Allah SWT membalas dengan pahala yang setimpal dan bagi kita yang membacanya Allah mudahkan untuk selalu bisa khusuk dalam sholatnya. Amin

  18. achmad hartono says:

    Alhamdulillah terimakasih tulisannya untuk menambah kekhusuan saya pribadi saat miraaj dengan Allah swt amien.

  19. achmad hartono says:

    Alhamdulilah ,artikel cukup bermanfaat untuk memberikan masukan agar sholat sya pribadi lebih khusuk saat mirraj dengan sang perncipta Allah swt ,amien.

    Achmad Hartono

  20. Riyko says:

    Alhamdulilah, artikel yg sangat bermanfaat,sholat adalah hal yg sangat fundamental dalam islam. Dengan artikel ini tujuan sholat lebih jelas dan tidak abstrak lagi bagi saya pribadi.

  21. Suryadi says:

    Subhanallah..
    Ketika saya praktekkan pertama kali saya sampai menangis waktu itu

  22. Hadis Nabi
    “Assolatu Mi’rojul mu’min” Solat adalah mi’rojnya orang beriman” Solat juga bisa dima’nai terhubungnya ruhaniah manusia kepada sang Maha Ruh” araja ya’ruju mi’rojan (gelombang atau frekwensi) jadi solat itu silatun artinya nyambung,jadi solat itu ya menyambungkan dengan frekwnsi ketuhanan” bukankah Tuhan termat dekat dengan kita ” innaloha ma’ana, Ia bersamamu dimana kamu berada” dimana kau hadapkan wajahmu disitu ada wajah Allah” Aku sangat dekat bahkan lebih dekat dari urat leher”

    “Dirikanlah solat untuk mengingatku ” ingat/eling/zikir itu hanya dapat dilakukan bagi orang yang sudah menyaksikan Allah” musyahadah/ syahadah/mukasyafah/terbuka tirai mata qolbunya” bukan sekedar mengucapkan kalimah sahadah, kalo menucapkan anak paud juga bisa”

    Kata Imam Ali R.A

    Raitu Robbi Birobbi
    Raitu Robbi Bi’uyunil Qolbi…
    Lasyaka anta anta
    Wafi Fan’ai wajadtu Anta…

  23. ridwan says:

    “Dirikanlah solat untuk mengingatku ” ingat/eling/zikir itu hanya dapat dilakukan bagi orang yang sudah menyaksikan Allah” musyahadah/ syahadah/mukasyafah/terbuka tirai mata qolbunya” bukan sekedar mengucapkan kalimah sahadah, kalo menucapkan anak paud juga bisa”

  24. aji says:

    alhamdulillah dapat referensi tambahan
    maklum selama ini saya khawatir salah mengerjakan shalat dibarengi dengan pengaturan nafas. terus terang sesekali saya dah mencoba terinspirasi setelah mengikuti senam pernapasan.
    Terima kasih ust Fadzil.

  25. cool kid says:

    ass ustadz, ketika shalat boleh ga kita tutup mata? kok rasanya lbh konsen ya.trus saya msh bingung ttg pengaturan napas dlm shalat itu ustadz. misalnya saat takbir sambil mengangkat kedua tangan sambil menarik napas, berarti takbirnya dlm hati?kn kalau diucapkan dg mulut kita ga bisa ngomong sambil narik napas, kalo kt lg ngomong kn tahan napas, gmn itu ustdz?terima kasih atas jawabannya ustadz

  26. Fadhil Z.A says:

    Ass wr wb
    Memejamkan mata saat sholat itu makruh, sebaiknya tidak dilakukan. Pandangan mata sebaiknya tunduk dan ditujukan ke tempat sujud. Ucapan takbir tidak dilakukan bersamaan dengan tarikan nafas , tapi diucapkan setelah menarik nafas dan paru paru penuh .

  27. Mochamad rusa'an says:

    Assalamu alaikum wr.wb

    Terima kasih saya sampaikan, atas tulisan yang sangat berharga bagi saya dan ini bekal saya untuk saya sampaikan dg keluarga saya.selama ini memang sholat merupakan suatu kebutuhan saja, sehingga saya hanya memenuhi kebutuhan, padahal hikmah yang terkandung didalamnya begitu dahsyatnya.Alhamdulillah saya ucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya atas tulisan bapak sehingga saya tergugah untuk lebih memaknai sholat saya insya Allah mulai detik ini akan saya praktekkan dan mudah-mudah allah membuka hati kami sekeluarga dan bapak juga menerima pahalanya. Amin yaa Robbal “alamin.Wassalam

  28. yales says:

    Assalmualikum wr.wb

    Mas Fadhil, Surat apakah yang didalamnya banyak mengucapkan kalimat/kata “Robbana”

    Terimakasih Pak

    Wassalam

  29. hafiz says:

    assalamualaikum………..

    ustadz saya mau tanya,bagaimana menerapkan gerakan dan pengaturan nafas dalam sholat klo kita dalam sholat berjamah??????sedangkan kia harus mengikuti imim.

  30. Fadhil Z.A says:

    Kalau imamnya sholat dengan benar dan khusuk tidak ada masalah, tapi kalau imamnya sholat dengan tergesa gesa cara ini nmemang tidak bisa dilakukan. Makanya pilihlah imam yang tepat. Gerakannya tenang , tu’maninah, khusuk dan bacaannya tartil…tidak terburu buru seperti ayam berebut makanan.

  31. Wiki says:

    bagus ya…………….
    :)

  32. heru says:

    Mohon ijin print ustadz buat oleh-oleh keluarga dirumah..

  33. eliza says:

    Assalamualaikuum….

    alhamdulillahirobbil’alamiin, saya bersyukur bisa membaca artikel ini, selama ini saya belum pernah bisa melakukan sholat khusuk, mungkin krn pengetahuan saya yang kurang ttg mslh ini, bbrp hari sebelum menemukan artikel ini saya sudah mencoba melakukan sholat dengan tehnik pernafasan, dan hal itu terlintas begitu saja dlm pikiran saya, hingga saya tergerak untuk mencoba melakukannya dan benar adanya walaupun kurang sempurna tapi Alhamdulillah ada perbedaan antara sholat yang saya lakukan dengan pengaturan nafas dengan sholat2 sebelumnya. Subhanallah… Allah telah memberi lg petunjuk yang kpd saya melalui artikel ini pengetahuan ttg bgmn melakukan sholat dgn khusuk. Alhamdulillah Ya Allah…, Terima kasih Ustad.

  34. RAHMAT says:

    mohon izin copi

  35. Sumarso says:

    Mohon ijin untuk copy

  36. yanayulianti says:

    mohon izin copy unt keluaga di rumah terima kasih ustd

  37. afat says:

    SUBHANALLAH TANPA TERASA AIR MATA SAYA MENETES SETELAH MEMBACA ARTIKEL INI

  38. aguswiro says:

    Artikel yg sangat bagus, sudah lama saya menginginkan sholat khusyuk.

  39. Anto Tianto says:

    its great solution

  40. Subhannalloh YA ALLOH betapa hinanya hambamu ini,YA ALLOH ampuni hambamu yang hina dan kufur terhadap nikmat yang telah ALLOH berikan,Astagfirulloh Ya Alloh lindungi aku di hari kelak nanti dan jangan lah istri dan anak – anakku menghisabku dalam kejelekan dan kekurangan ku,YA ALLOH berikan kepada hambamu ini hidayaMu Ya ALLOH.amin

  41. HERI KODOY says:

    makasih banyak mas . . . .
    semoga saya bisa peraktekkannya .. . . . .

    Semoga Allah membalas semuanya . . . amin. . .

  42. winda says:

    saya akan mencoba lebih khusyu dalam sholat…
    terima kasih atas infonya.
    doakan saya ya…

  43. winda says:

    assalamualikum wr.wb

    saya akan mencoba lebih khusyu dalam sholat…
    terima kasih atas infonya.
    doakan saya ya…

  44. boed says:

    sebuah ilmu yang luar biasa. terima kasih ustadz…

  45. Rudes TD says:

    Mohon keikhlasan bapak buat saya utk mencopy paste tulisan bapak tersebut, semoga Allah memberikan balasan berlipatkan ganda pada bapak, amin..

  46. Farhan says:

    Mohon ijin dan keikhlasan bapak buat saya copy paste, semoga Allah memberikan balasan berlipat ganda kepada Bapak dan keluarga, amin

  47. Fadhil ZA says:

    Silahkan di copy paste dan disebar luaskan , semoga jadi amal ibadah bagi kita semua. Amin

  48. hamba al-faqir says:

    bukannya sholat itu untuk mengingat-ngingat Allah (dzat yang wajib wujud-Nya yang mengenalkan diri dengan nama Allah)”dirikanlah sholat untuk mengingat-ngingat aku (Allah)”, “bertanyalah kamu kepada ahli dzikir jika kamu tidak tahu”.

    • Fadhil ZA says:

      Assalamu alaikum wr wb

      Dalam surat Thaha ayat 14 Allah mengingatkan “….wa aqimisholata lidzikri…dirikanlah shalat untuk mengingatKU”. Shalat adalah salah satu kegiatan dzikir yang diperintahkan Allah. Kegiatan dzikir itu banyak macamnya, dzikir bisa dilakukan ketika berdiri, duduk dan berbaring , seorang diri atau berjamaah , dengan disuarakan atau didalam hati. Nah shalat merupakan salah satu dari kegiatan dzikir tersebut.

      Pada dasarnya shalat merupakan sarana komunikasi antara seorang hamba dengan Tuhannya. Sebagian besar kalimat yang diucapkan dalam shalat merupakan dialogh seorang hamba dengan Allah, karena itu harus dilakukan dengan khusuk dan sungguh sungguh , tidak main main atau fikiran dan hatinya melantur kemana mana.

      Kita bicara dengan manusia saja bisa khusuk, walaupun lawan bicara kita tidak kelihatan , bahkan jauh dibelahan dunia sebelah sana (bicara lewat HP , atau telepon). Apalagi berbicara dengan Allah yang keberadannya lebih dekat dari urat leher kita sendiri. Dia selalu bersama kita dimanapun kita berada, hanya saja Dia tidak bisa dilihat dengan mata dhohir.

  49. chamey says:

    terima kasih yach,untuk share-nya…sangat berguna sekali buat saya yang sedang belajar sholat khusuk.

  50. joeny says:

    Assalamu`alaikum
    Alhamdulilah bisa mampir disini…
    dapat tambahan ilmu jadinya….
    hehee..
    makasih,,, makasih…..

    mo nanya juga ne,,, kalo buat Sholat berjamaah, cara khusuknya gmana ya ustad??
    kan banyak tu kadang2 imamnya kecepatan bawain sholatnya,, jf gk keburu buat hayatin bacaan2 sholatnya…..

    maklum,,, masih belajar… heheheh makasih

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Tidak mudah untuk menjadi Imam shalat, ia bertanggung jawab terhadap Allah dan jamaah yang dipimpinnya. seharusnya seorang Imam shalat dengan bacaan tartil dan tu’maninah yang betul, sehingga bisa memberikan kekhusuan pada jamaah yang mengikutinya.

      namun kadang kala kita terpaksa shalat dibelakan Imam yang tidak benar shalatnya, ia shalat dengan bacaan dan gerakan yang tergesa gesa. Walaupun bagaimana sembagai makmun kita tetap harus ikut Imam, walau terkadang kita selalu ketinggalan bacaan. Hindarilah Imam yang shalat seperti ini.

      Untuk menutupi kekuarangan shalat wajib kita perbanyaklah shalat sunah yang dilakukan dengan tepat dan benar.

  51. veno says:

    Assalammmualikum wr wb

    Subhanallah..terima kasih banyak p Ustadz. insya allah saya dan keluarga bisa lebih dekat dengan sang pencipta “Allah SWT”..amin..

    salam

  52. erni sudirman says:

    trima ksih ats infox…stelah membaca artikel ini rasax langsung menghapal semua arti dari bacaan shalat….jujur selama ini shlat saya msi jauh dri yg nmax kekhusuan……sekali lgi syukran katsiran.ini akn sngat membantu bgi perbaikan selanjutx..barakallahu laka..amiiinnn

  53. Syaiful says:

    Alhamdulillah.. terima kasih banyak atas masukan yg sangat bermanfaat ini, Alhamdulillah saya sudah mulai menjalankannya walaupun masih terus disempurnakan lagi, saya mohon arahan dari Bapak karena begitu mendalamnya dan menjiwai apa yg saya baca kadang saya sering terpejam mata beberapa saat, dan jika sedikit terganggu dgn suara sekitar saya sering sedikit menyaringkan bacaan yang saya baca, apakah 2 hal ini juga akan mengurangi keKhusyu’an dalam Sholat, atas arahan dan petunjuknya diucapkan banyak terima kasih,

  54. Fadhil ZA says:

    Assalamu alikum wr wb

    Untuk meningkatkan konsentrasi dalam usaha memahami makna ayat yang dibaca hal tersebut boleh saja dilakukan. Hanya saja menjaharkan suara hanya dibolehkan pada dua rakaat pertama pada shalat Magrib, dan Isya atau shalat subuh.

    • Syaiful says:

      Terima Kasih atas Pencerahannya, mohon arahan dan petunjuk mengenai DOA, saya sdh sangat terbiasa di salah satu Sholat dalam 5 waktu, setelah sholat Zhuhur atau Ashar pasti berdoa dgn bacaan doa yang panjang sekali bisa sampai 6-8 menit bahkan bisa Lebih, mulai dari Miminta Ampun, bersyukur, meminta dan memohon segala sesuatu, meminta agar selalu dilindungi/dihindarkan dari hal yg buruk, juga berdoa untuk orang tua, keluarga, anak istri, pekerjaan dan kehidupan dunia akhirat dan sholawat kepada nabi, Apakah Doa Panjang tersebut diperbolehkan atau bisa bemasalah jika selalu dan selalu dipanjatkan, terima kasih atas arahan dan petunjuknya,

  55. muslim says:

    mohon izin untuk mengcopy……..terima kasih atas ilmunya…trima kasih ustad…semoga kita dapat sholat dengan khusyu….dan istiqomah di jalan alloh Swt sampai akhir hayat.aamiin

  56. www.aksescepat.com says:

    Setting Mikrotik dan Proxy

  57. idijuna says:

    terima kasih pak,,,mdh2n brmnfaat buat saya dan org2 disekitar saya

  58. amala says:

    Thanks 4 the article. Ternyata sholat adalah sebuah kegiatan yang logis untuk diberdirikan. Maha suci Engkau ya Allah, yang memberikan sebuah cara / jalan untuk hambanya untuk mendekati-Nya sekaligus mendapatkan pertolongan-Nya. Benar-benar LOGIS. Bukan hanya sekedar kewajiban dan ritual.

  59. Alice Sholihah Binti Hidayat says:

    Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh…
    Saya adalah salah satu orang yang paling susah sekali mendapatkan kekhusyukan dalam mengerjakan sholat !!!!

    Astagfirullah.. Sungguh saya merasa menjadi orang yang paling merugi didunia ini..

  60. omrianto says:

    setelah membaca artikel bapak saya berusaha untuk memcobanya karna saya selama ini kurang ksuk dalam sholat

  61. zahar says:

    ass…izin cofy pa.

  62. zahar says:

    ass,,,,,

  63. dedy says:

    bapak orang NU ya?

  64. bastomi says:

    subhanallah…… ustadz mohon do’anya, setelah membaca artikel ustadz saya berusaha untuk shalat yang lebih khusuk

  65. bastomi says:

    mohon izin untuk mengcopy……
    syukran katsir ustadz fadhil za atas ilmunya…
    semoga kami dapat shalat dengan khusyu…
    dan tentunya istiqomah di jalan allah Swt, amin

  66. Lani Radine says:

    Alhamdulillah tulisan ini bermnfaat bngt bg sy,subhanallah bnyk ilmu pngtahuan yg bs sy ptik,sdh lama sy cri yg sprti ini.kekhusyukan dlm shalat
    thank’s
    wassalam…

  67. chiko ganda says:

    alhamdulillah,,, saya bersyukur sekali dengan tips/artikel sholat khusyuk ini, saat saya menulis komentar ini, saya belum selesai membaca tapi saya merasa bahagia banget mendengarnya. sudah 12 tahun lebih saya ingin melaksanakan sholat lima waktu dengan khusyuk,dengan cara berkonsultasi atau sharing kepada ustadz dan teman namun belum juga tercapai. dan saya melakukan sholat tahajud dibulan suci romadhon full satu bulan namun juga belum mencapai khusyuk, saya punya keinginan untuk melihat lailatul qodar tapi sampai saat ini saya belum bertemu. mungkin sholat saya belum khusyuk,,, emang susah dech…!!!
    termakasih atas semua, semoga mendapat balasan yang lebih dari kebaikan yang berikan Allah SWT. Amiiin.

  68. Nik says:

    Assalamualaikum WBT,
    Saya amat-amat bersyukur dan berterima kasih di atas apa yang ditunjukkan oleh tuan tentang pernafasa dalam solat. Sebelum ini saya terkena penyakit waswas ketika takbiratul ihram, setelah amalkan teknik pernafasan saya sudah boleh takbir dengan mudah. Alhamdulillah.
    Jutaan terima kasih.
    Nik
    Terengganu Malaysia.

  69. M.Makmun says:

    Subhanallah…Smoga Allah memberikan RahmatNYA untuk p Ustadz beserta kluarganya
    Mohon ijin copy…
    syukran katsir ustadz fadhil za atas ilmunya

  70. deha denada says:

    subhanaallah,,, Blogg artikel yang sangat bagus,baru kali ini saya temukan,yang sebagian banyak tak jauh MAHAR DAN TRANSFER untuk mengetahuinya,,semoga bermanfaat bagi semua umat.Aminnn.
    terina kasih

  71. deha denada says:

    terima kasih
    Mohon ijin untuk mengcopynya sebagai bahan pembelajaran dari ketidak sempurnaan pengethuan saya

  72. zainal says:

    Alhamdulillah, Allah telah memberikan ilmu baru kpd hamba melalui artikel ini.
    Mohon izin untuk dicopy pak ustad

  73. sahat tanjung says:

    assalamualaikum wr.wb
    terimah kasih atas ilmu yang bapak berikan
    memang membiasa kn yg blum kita biasa kn,sulit rasa nya
    jujur adja baru akhir2 ini lagi saya melaksanakan sholat 5 waktu itu
    slama ini saya kebanyakan bermain
    kalo bapak ada waktu hbungi lah dulu saya pak
    saya butuh guru tuk mengajari saya ilmu agama islam ini
    karna saya smpat bermimpi tentang ayat al-qur’an
    ini nomor saya pak 085358128730,087891313558
    terimah kasih iya allah,trimah ksih iya pak

    • Fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Agar bisa mencapai shalat khusuk memang dibutuhkan latihan. Syarat utama untuk khusuk adalah mengerti dan paham setiap ayat dan kalimat yang dibaca dalam shalat. Yang dimaksud dengan khusuk adalah antara ucapan, fikiran dan hati (perasaan) berada dalam keadaan yang sama. Hal seperti itu umum terjadi ketika kita sedang menelpon seseorang. Namun ketika shalat hal tersebut tidak terjadi. Mulut mengatakan A fikiran membayangkan B dan hati merasakan C. Pelajari tatacara shalat khusuk pada ebook yang saya kirim pada lampiran email ananda. Jika ada hal yang ingin ditanyakan ananda bisa mengubungi saya langsung pada hp 0811151412

  74. toni dms says:

    alhamdulila Allah tlah mberi petunjuk .

    Trimaksi pak

  75. Alfaroby says:

    Assalamualaikum, alhamdulillah Allah SWT telah memberikan petunjuk. Terima kasih telah mengirimkan panduan sholat khusuknya. Semoga Allah SWT membalas semua amal dan meridloi bapak.
    Wassalamualaikum…Jazakallah

  76. Yulio says:

    maaf apa saya juga bisa dikirimi ebook tentang tata cara shalat khusyu’ ke email saya?
    sangat berterima kasih bila saya dikirimi ebook tersebut.

  77. Roihana says:

    terimakasih….
    Semoga setelah membaca artikel ini saya bisa lebih mendekatkan diri dan khusus dalm sholat kepada Allah. Sehingga dapat menjalani misi di dunia ini.

  78. Kamsiah says:

    Assalamualaikum Ustaz,
    saya sangatlah bersyukur kehadrat Allah SWT kerana diberikan hidayah ini setelah lama mencari ilmu penafasan bagi mendapat solat yg khusuk. Sebelum ini pernah mengikuti kelas anjuran Pak Abu Sangkan, Pak Yusdeka dan Pensyarah Setiyo Purwanto dido Malaysia.Banyak dipelajari daripada mereka tentang solat khusuk alhamdullilah syukurlah solat saya dirasakan banyak peningkatannya dari segi gerakan yang betul seperti ruku Dan sujud .Memandangkan saya di Kuala Lumpur Malaysia agak sukar untuk ikut Latihan yg kebanyakan di buat di Indonesia.Harapan saya dengan ilmu penafasan ini saya sedang mencuba untuk amalkan insya Allah dengan izinNya jua mendapat apa yang selama ini saya cari. tidak lupa saya ucapkan agar Allah memberi rahmat keatas Ustaz atas pengkongsian ilmu ini. Mohon izin untuk sebar kepada yang sama sama mencari ilmu ini

  79. Heru says:

    ALHAMDULILLAH…MOHON IZIN UNTUK MENG COPY, INSYA ALLAH INI BERMANFAAT BAGI SAYA DAN KELUARGA JUGA BAGI PARA PEMBACA YANG LAIN. TERIMAKASIH YANG TAK TERHINGGA KEPADA PENULIS, SEMOGA ALLAH SWT MELIMPAHKAN RAHMAT DAN BAROKAHNYA BUAT PENULIS DAN KITA SEMUA…AMIN

  80. Agsol says:

    Ass..
    Artikel yang bapak tulis sangat bermanfaat bagi umat islam..
    dan Ucapan terima kasih banyak atas informasi dari artikel ini..
    kalau boleh saya minta belajar sholat khusus yang lebih detail dan mengena dan mohon dikirimkan ke email (pahangga@yahoo.com) untuk saya pelajari sehingga sayapun Insya Allah dapat belajar khusyu..
    atas bantuannya saya mengucapkan terima kasih..

  81. hasan says:

    Mohon izin untuk mengcopy artikel Ɣªήğ Bapak tulis,mudah-mudahan Allah slalu senantiasa meridoi niat baik kita semu. آمِيّنْ آمِّيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ.

  82. darwis basir says:

    Assalamu alaikum wr wb.
    Ustadz terima kasih info ilmux, mohon izin dan ridho mengkopi ilmux, semoga bermanfaat untuk diri saya

  83. budi S says:

    trims, tulisan ini sangat bermanfaat, semoga menjadi amal dengan pahala yang berlimpah, selamat

  84. ilham says:

    Artikel yang sangat bermanfaat bagi umat islam..
    dan Ucapan terima kasih banyak atas informasi dari artikel ini..
    kalau boleh saya minta belajar sholat khusus yang lebih detail dan mohon dikirimkan ke email : ilo.ceile@gmail.com

    untuk saya pelajari sehingga sayapun Insya Allah dapat belajar khusyu..
    atas bantuannya saya mengucapkan terima kasih..

  85. Aris Ilyas says:

    Alhamdu Lillah ya Rob, Engkau telah membimbingku tuk menemukan artikel ini.
    Semoga ini sebuah petunjuk untukku, untuk keluargaqu dan untuk semua ummat yg engkau kehendaki tuk Masuk dalam syurgamu yg abadi.
    Baru saja semalam saya mencoba untuk sholat sambil olah nafas atas inisiatif sendiri dengan tujuan mendapatkan rasa Khusuk…tapi ada rasa khawatir yg terlintas dibenak jika salah dalam prakteknya….namun Alhandu Lillah Enkau telah membimbingqu menemukan artikel ini….Ya Rob, Semoga Engkau tidak henti hentinya membimbingqu untuk menemukan apa yg saya butuhkan untuk mendapatkan/merasakan nikmatnya Sholat.

    Pak Uztad, Saya ucapkan banyak terima kasih atas bimbingan nya dalam artikel ini.

  86. yogi says:

    assalamu’alaikum…
    pak uztad fadhil ZA… bleh ga kalo sya jga mnta dikirimi E-BOOK nya ??
    teruz terang saya masih 0 (nol) kalo tentang sholat..
    tapi sya bnar-bnar ingin belajar pak..
    maka dari itu saya mohon bimbinganya…
    .
    terima kasih.
    .
    (yogi.cs100@gmail.com)

  87. Kusdiyantoro says:

    Assalamu alaikum wr wb

    Terima kasih Bapak atas ilmunya.

    Salam Hormat Saya.

  88. fat says:

    sesungguhnya yang dimaksud dengan sholat yaitu ingat,Mengapa nabi muhammad menciptakan sholat 5 waktu karena didalam sholat 5 waktu mengandung arti yang apabila arti tersebut dikerjakan maka kita akan terhindar dari perbuatan keji dan mungkar, saya akan menjabarkan arti dari sholat 5 waktu :
    tadi saya sudah mengartikan bahwa yang di maksud dengan sholat adalah ingat kepada Allah SWT.
    1. ISYA :arti dari Isya yaitu jalan, Niat sholat Isya artinya kurang lebih : Ya Allah saya niat ingat engkau diwaktu (Isya) jalan yang maksudya adalah diwaktu Jalan jalan, duduk, atau dalam keadaan apapun akan selalu ingat kepada engkau ya Allah, ternyata sebagian orang setelah sholat Isya dalam keadaan duduk atau berdiri mengingkari janjinya untuk menengingat Allah.
    2. SUBUH : Arti dari Subuh adalah terbit fajar : Ya Allah Saya niat ingat kepada engkau diwaktu fajar sampai tergelincirnya mathari ya Allah, ternyata sebagian orang setelah sholat subuh mengingkari janjinya untuk menengingat Allah.
    3.DHUHUR : Arti dari dhuhur adalah Tergelincincirnya matahari : Ya Allah Saya niat ingat kepada engkau diwaktu tergelincirnya matahari sampai terbenamnya matahari ya Allah, ternyata sebagian orang setelah sholat dhuhur mengingkari janjinya untuk menengingat Allah.
    4. ASHAR :arti dari Ashar yaitu waktu : Ya Allah Saya niat ingat kepada engkau diwaktu kapan saja ya Allah, ternyata sebagian orang setelah sholat Ashar diwaktu kapan saja mengingkari janjinya untuk menengingat Allah.
    5. Magrib arinya barat :Ya Allah Saya niat ingat kepada engkau di barat timur utara maupun selatan ya Allah, ternyata sebagian orang setelah sholat Ashar mengingkari janjinya untuk menengingat Allah.
    Artinya : maka apaila kita melaksanakan sholat lima waktu dan mengingkari janji kepada Allah maka Allah mengancam dalam Al-qur’an fawaylun lilmushalliina, alladziina hum ‘an shalaatihim saahuuna, : Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya
    - setelah itu kita artikan gerakan sholat :
    1. Takbirotul ikram : artinya tegak maksudnya adalah tegakanlah keadilan dirikanlah kebenaran jujur sabar dan tawakal
    2. Ruku : Kepada dan Bokong sama artinya tidak ada didunia ini orang yang paling hebat tidak ada kesombongan dalam diri manusia Hanya Allah yang maha besar
    3. Sujud : saling menghormati diantara semua manusia dan saling menyayangi semua mahluk hidup
    4. tumaninah : tidak boleh menggunjing orang
    5. salam : Tengok kanan dan kiri, apabila ada orang yang kesusahan wajib kita bantu
    demikian apabila kita bisa melaksanakan yang ada dalam gerakan sholat maka sudah bisa dikatan mendirikan sholat dan insya Allah pasti terhindar dari perbuatan keji dan mungkar dan intinya kita harus ingat kepada Allah 24 Jam.

  89. hadi waluyo says:

    terima kasih banyak pak ustad atas tulisannya untuk sekiranya ada buku panduan atau ebook yg yg lebih mendatail mohon infonya karena saya sholat tp blm bs mengetahui nikmatnya sholat, jika ustad berkenan tolong diinfokan ke email saya( hwa4665@yahoo.com). sebelumnya saya ucapkan beribu terima kasih dan semoga ustad mendapatkan pahala yg berlipat2 selama ilmu yg ustad berikan masih kami gunakan dan semoga ustad dan semua umat mukmin mendapat tempat disurga Allah, amin.

  90. terimakasih atas infonya . selamat untuk mencoba

  91. Dewi says:

    Benar sekali apa yang bapak tulis mengenai Shalat khusuk di atas .. Alahamdulillah saya sudah lama melakukan sama sperti shalat yg bapak tulis diatas .. dan saya juga merasakan ketenangan yg bapak sebut kan itu .. Alhamdulillah semoga Sholat shalat saya di terima oleh Allah SAW.. bahkan mungkin sakin khusuk nya saya membaca sambil menghayati arti dan makna dr bacaan shalat itu .. sampai suasana ribut atau suara orang lain di sekelilingnya pun tidak terdengar ..bahkan saya sering menggeleng2 kan kepala dengan spontan pada setiap saya membaca ..qhoiril mqhdubi alaihim ..walaqdholliiin .. yg arti nya Ya Allah jangan jadi kan kami termasuk dlm golongan orang2 yg sesat dan tidak pula dlm golongan org2 yg Engkau murkai .. saat itu kepala saya sering menggeleng dengan sendiri nya .. Subhanallah .. semoga Allah menerima Sholat dan ibadah saya ..Amin..

  92. ADEL says:

    Assalamualaikum, memang benar Tidak mudah mengendalikan fikiran untuk selalu memancarkan gelombang positif. Gerakan shalat yang dilakukan dengan perlahan dan tu’maninah akan menimbulkan perasaan relaks, nyaman dan tentram pada hati dan fikiran. semoga kita semua akan selalu bisa belajar dari setiap kesalahan yang ada dan semakin bisa menjadi orang yang lebih baik lagi

  1. June 27, 2012

    [...] MENCAPAI SHOLAT KHUSUK [...]

  2. July 24, 2016

    […] kita saja manusia yg lalai ya pak, lha wong hidup sdh puluhan tahun, sholat kok ya blm … Download MENCAPAI SHOLAT KHUSUK | Pondok Tadabbur […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>