PELATIHAN SHOLAT KHUSUK

Sholat adalah ibadah yang diwajibkan bagi umat Islam dan dilakukan pada waktu yang telah ditetapkan yaitu waktu Subuh, Dhuhur, Asar, Maghrib dan Isya. Diluar waktu tersebut ada lagi sholat sunah yang dianjurkan untuk mengerjakannya.

Sholat dapat mencegah manusia dari perbuatan keji dan munkar ( Al ankabut 48). Orang yang sholat adalah orang yang mendapat kemenangan ( Al Mukminun 1-2). Kalimat azan yang dikumandangkan memanggil orang mengerjakan sholat juga menyatakan demikian.. Hayya alassholaah… Hayya alal falah… mari dirikan sholat.. mari rebut kemenangan. Sholat merupakan sarana untuk mengingat Allah (Thaha 14), dengan mengingat Allah hati menjadi tentram dan nyaman (Ar Ra’d 28).

Dalam kehidupan sehari hari kita melihat banyak orang yang sholat, tapi tidak mendapatkan kehidupan seperti yang disebut diatas. Mereka sering mengerjakan pekerjaan keji dan munkar, hidupnya tertindas dan bergelimang kesulitan, selalu dirudung perasaan gelisah, resah dan tertekan jauh dari rasa aman, sejahtera, dan tentram. Mengapa demikian ?…. apakah yang salah..? padahal janji Allah adalah benar.

kabah.JPG

Banyak diantara umat Islam yang mengerjakan sholat, namun mereka tidak mendapatkan apa yang dijanjikan Allah bagi orang yang sholat seperti tersebut diatas. Diantara mereka ada yang berusaha mendapatkan ketenangan, rasa aman dan kesuksesan dengan mencari alternatif lain. Mereka mendatangi paranormal, dukun, memakai jimat dan melakukan perbuatan musyrik lainnya. untuk mendapat ketenangan, rasa aman dan kesejahteraan. Padahal semestinya apa yang mereka cari itu bisa mereka dapatkan dengan mengerjakan sholat yang benar dan khusuk……..  apakah yang salah?

Dari pengamatan kami ternyata sebagian besar umat Islam belum melakukan sholat dengan benar sesuai tuntunan Al Qur’an dan Rasulullah. Banyak umat Islam yang sholat namun tidak mengerti ayat atau bacaan yang dibaca dalam sholatnya, padahal Allah mengingatkan dalam S An Nisa ayat 43:

“ Hai orang yang beriman, janganlah kalian sholat sedang kamu dalam keadaan mabuk, hingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan…”.

Kalau ada orang yang tidak mengerti apa yang dibaca dan diucapkan dalam sholat tentu keadaannya tidak jauh berbeda dengan orang mabuk seperti disebutkan dalam S An Nisa’ ayat 43 tersebut.

Karena tidak mengerti dan paham apa yang diucapkan dalam sholat, maka tatkala mereka mengucapkan takbiratul ihram tanda dimulai sholat fikirannya mulai melantur kemana mana tak tentu arah. Dan anehnya selesai mengucapkan salam tanda selesai sholat fikiran yang melantur tak tentu arah itupun berhenti berkelana. Apakah ini yang dimaksud Allah dengan firmannya dalam S Al Maa’un ayat 4-5:

“ Maka kecelakaanlah bagi orang yang sholat, yaitu orang yang lalai dari sholatnya”

Sebagian besar orang yang saya jumpai banyak yang tidak mengerti bacaan yang dibaca dalam sholatnya. Mereka sudah sholat puluhan tahun, tapi tidak mengerti apa yang dibaca. Mereka hanya hafal dan bisa membaca bacaan sholat dalam bahasa Arab dengan baik namun tidak mengerti artinya. Akibatnya ketika sholat fikirannya melayang kemana mana. Ini adalah problem utama umat Islam di Indonesia dewasa ini. Untuk memperbaiki mutu kehidupan mereka, umat Islam perlu memperbaiki mutu sholatnya. Jika sholatnya sudah betul pasti kehidupannya juga menjadi baik, karena itulah yang dijanjikan Allah pada orang yang khusuk dalam sholatnya…… yaitu kemenangan didunia dan akhirat.

Menyambut bulan suci Ramadhan yang segera akan datang nanti insya Allah saya bermaksud akan mengadakan pelatihan sholat khusuk. Pelatihan dilakukan pada hari libur (Minggu) dari jam 9 pagi sampai jam 17.30 dan ditutup dengan berbuka bersama. Tempat , waktu dan biaya pelatihan sedang saya bicarakan dengan panitia pelaksana mengingat untuk pelatihan diperlukan makalah dan VCD bacaan murotal oleh Syekh Musyaari Rasyid berikut terjemaahan dalam bahasa Indonesia.

Dalam program pelatihan sholat khusuk ini kami ingin mengajak peserta untuk bersama sama memperbaiki mutu sholat yang telah dilaksanakan selama ini, agar tidak terkena perkara seperti yang disebutkan dalam surat An Nisa 43 dan Al Maa’uun ayat 4-5 tersebut diatas. Dengan mengerjakan sholat secara benar dan khusuk diharapkan peserta dapat memetik dan menikmati buah sholat itu dalam kehidupan sehari hari.

Hati dan fikiran menjadi nyaman, tentram, bahagia hidup selalu optimis terhindar dari perasaan duka, kecewa, cemas, jengkel, tertekan dan stress berkepanjangan. Itulah kondisi dan keadaan yang dicari oleh setiap orang, yang memaksa mereka menghabiskan uang tak terhitung banyaknya, dan kadangkala mendorong mereka untuk pergi ke paranormal, dukun , memakai jimat, susuk dan perbuatan musyrik lainnya.

Pelatihan sholat khusuk terdiri atas 4 materi pokok yaitu:

Materi 1 : Mengenal manusia

Peserta diperkenalkan pada 3 kekuatan utama manusia yaitu, fikiran sadar (Knowledge), fikiran bawah sadar ( Skill ) dan Hati ( Attitude ) yang dikenal dengan istilah KSA (Knowledge, Skill, Attitude). 3 Kekuatan ini ditunjang oleh kekuatan pendukung telinga dan mata. Peserta diajak untuk memahami fungsi masing masing kekuatan tersebut dan bagaimana menggunakan kekuatan tersebut secara maksimal dalam kehidupan sehari hari.

Peserta diajak untuk memahami fungsi fikiran sadar dan bawah sadar dalam kehidupan sehari hari. Fikiran sadar atau dikenal dengan istilah otak belahan kiri digunakan untuk menganalisa, menghitung, mengevaluasi dan memutuskan apa yang akan dilakukan. Fikiran bawah sadar dikenal juga dengan otak belahan kiri sebagai pusat kendali syaraf motorik, organ tubuh, keterampilan, menyimpan memory masa lalu, merasakan keindahan seni , pusat citra diri dan lain sebagainya.

Peserta diajak untuk mengenal Hati (Qalbu) sebagai sarana berkomukasi dengan Allah, peserta akan diperkenalkan dengan 4 ruang hati yang berisi kekuatan, penyakit, keinginan dan hal yang ditakuti. Peserta akan diperkenalkan dengan metode untuk mengendalikan hati dan fikiran untuk mendapatkan berbagai hal yang diinginkan. Peserta akan dikenalkan bagaimana hubungan antara sholat dengan pengendalian perasaan dan fikiran untuk mendapatkan sholat khusuk dan mendapatkan kehidupan ideal sebagaimana yang dijanjikan Allah

Materi 2 : Mengenal Hukum Tarik Menarik (Law Of Attraction )

Peserta akan diperkenalkan pada hukum tarik menarik yang berlaku pada hati dan fikiran manusia. Perasan dan fikiran negatif akan menarik kejadian negatif kepada diri kita. Demikian pula perasaan dan fikiran positip akan menarik kejadian positip pula. Apa yang dialami setiap orang adalah penjelmaan dari apa yang dirasakan dan difikirkan. Untuk meningkatkan mutu kehidupan kita harus mampu mengendalikan perasan dan fikiran agar tetap memancarkan getaran positip ke alam semesta.

Peserta akan diperkenalkan pada hukum ketertarikan menurut para pakar The Secret seperti Rhonda Byrne, Bob Poctor, Joe Vitale, dan lain lain. Apa kata al Qur’an tentang hukum ketertarikan, bagaiman pengalaman beberapa orang dalam memanfaatkan hukum ketertarikan dalam kehidupan sehari hari. Bagaimana hubungan antara sholat yang benar dan khusuk dengan hukum ketertarikan.

Materi 3 : Kekuatan Imajinasi dan Visualisasi

Peserta akan diperkenalkan pada kekuatan Imajinasi dan Visualisasi dalam mengendalikan perasaan dan fikiran . Imajinasi dan Visualisasi dapat digunakan untuk membentuk citra diri positip. Imajinasi juga dapat digunakan untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Imajinasi dan Visualisai adalah tulang punggung dari setiap do’a yang dipanjatkan. Do’a tidak ada artinya jika tidak diikuti dengan Visualisasi.

Peserta akan dilatih menggunakan Visualisasi dalam memahami bacaan Al- Qur’an dan bacaan Sholat. Visualisasi dapat membantu mengendalikan fikiran sesuai dengan kalimat yang dibaca dalam sholat, hingga tidak melantur kemana mana. Peserta akan dilatih menggunakan tehnik visualisasi untuk memahami bacaan Al Qur’an murotal juz 30 yang dibawakan oleh syekh Musya’ari Rasyid dan telah diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia.

Peserta akan dituntun mendengarkan lantunan ayat Qur’an juz 30 tersebut, kemudian membayangkan apa yang dimaksud ayat tersebut dalam fikkiran (visualisasi), misalnya peristiwa kiamat, api neraka yang membakar, indahnya taman syurga dan lain lain. Selanjutnya peserta juga akan dituntun memvisualisasikan ayat bacaan sholat yang sudah dihafal dan dimengerti.

Materi 4 : Pelatihan Sholat Khusuk

Setelah memahami 3 materi tersebut diatas peserta akan dilatih mengerjakan sholat dengan memadukan kekuatan Hati, Fikiran , Hukum ketertarikan, dan tehnik Visualisasi untuk mendapatkan sholat khusuk. Peserta akan dilatih mengendalikan fikiran dan perasaan mengikuti setiap kalimat yang dibaca dalam sholat. Peserta akan dituntun melakukan gerakan dan pengaturan nafas yang betul dalam sholat. Insya Allah akan didapat sholat khusuk yang berbekas dalam kehidupan sehari hari.

Pelatihan sehari ini hanya merupakan pemicu agar peserta menyadari dan mengetahui bagaimana mengerjakan sholat yang tepat dan benar.. Untuk mencapai sholat khusuk dan ideal perlu latihan terus menerus. Tidak mudah merubah kebiasaan yang telah berlaku selama ini. Peserta harus hafal dan mengerti seluruh bacaan yang diucapkan dalam sholat, itu adalah persyaratan mutlak yang tidak bisa ditawar. Menghafal bukanlah perkara mudah, tidak bisa didapat dalam sehari saja. Perlu tekad dan kemauan yang kuat untuk mendapatkan semua itu Mustahil mencapai sholat Khusuk jika anda tidak mengerti dan paham apa yang anda ucapkan dan baca dalam sholat. Fikiran anda pasti akan melantur dan mengembara kemana mana tidak tentu arah selama mengerjakan sholat. Untuk penyampaian materi 1 s/d 3 dibutuhkan waktu masing masing 1,5 jam dan khusus materi 4 sekitar 2,5 jam sehingga dibutuhkan total waktu sekitar 7 jam.

Tujuan dan Harapan

Setelah mengikuti pelatihan sholat khusus dan memperaktekannya dalam pelaksanaan sholat sehari-hari diharapkan peserta dapat merasakan perubahan yang nyata dalam kehidupan sehari hari. Sholat khusuk akan membentuk karakter dan pribadi yang baru, berbeda dengan keadaan sebelumnya. Hasil nyata yang didapat jika sholat dilaksanakan dengan benar dan khusuk antara lain :

  1. Perasaan (hati) dan fikiran selalu merasa nyaman, tentram, bahagia, sejahtera, optimis dan berkecukupan jauh dari rasa duka, kecewa,jengkel, tertekan dan stress berkepanjangan.

  1. Ada perasaan nikmat, tenang dan bahagia selama mengerjakan sholat, sehingga ingin tetap berlama lama dalam sholat.

  1. Ada perasaan nyaman dan segar disekujur tubuh ketika sedang mengerjakan sholat. Gerakan sholat dan pengaturan nafas yang betul akan meningkatkan kadar oxigen dalam darah, serta melancarkan metabolisme tubuh.

Perasaan tersebut diatas adalah kondisi ideal yang diinginkan oleh setiap orang. Banyak orang menyangka perasaan ideal tersebut bisa didapat dengan banyak uang, jabatan, banyak teman, terkenal. Banyak juga orang yang mendatangi paranormal, dukun, memasang jimat, dengan biaya yang tidak sedikit untuk mendapatkan semua itu. Kondisi ideal tersebut hanya dimiliki oleh orang yang dapat melakukan sholat dengan khusuk dan benar.

Jika anda belum merasakan perasaan dan kondisi ideal sebagaimana yang disebutkan diatas, itu merupakan indikator bahwa anda belum menjalankan sholat dengan tepat dan benar, anda harus berusaha memperbaiki dan meningkatkan mutu sholat anda.

Teruslah berlatih dan tingkatkan mutu sholat anda. Untuk mencapai kesempurnaan sholat memerlukan latihan yang tekun. Merubah kebiasaan buruk yang telah berlaku selama ini bukan perkara mudah. Butuh waktu, kesabaran dan ketekunan.

Hal umum yang dirasakan oleh orang yang belum tepat dan benar mengerjakan sholatnya antara lain:

  1. Perasaan (hati) dan fikiran sering dirongsong rasa gelisah, kawatir, kecewa, sedih, jengkel, tertekan dan stress berkepanjangan.

  1. Tidak mengerti apa yang diucapkan dalam sholat, mengakibatkan fikiran jadi melayang melantur kemana mana tak tentu arah selama mengerjakan sholat.

  1. Ingin segera cepat selesai dari mengerjakan sholat, karena sholat hanya terasa sebagai beban dan merupakan pekerjaan yang meletihkan dan membuang – buang waktu.

Demikianlah mudah mudahan pelatihan sholat khusuk tersebut dapat membawa manfaat yang nyata dalam kehidupan kita sehari hari. Insya Allah….

Popularity: 4% [?]

15 Responses to “PELATIHAN SHOLAT KHUSUK”

  • sahdan:

    Assalamualaikum,

    Pak. numpang nanya nih….

    maslah jawaban solat istikhorah itu sebenar nya giman sih pak?

    saya tanya sama ustadz di rumah bahwa habis solat istikhoroh langsung ambil quran dan buka sembarang aja, dan diantara ayat2 tersebut apabila ada kata walaa,laaa itu berarti pilihan kamu tidak di restui oleh Allah. tp klo ada kata shood itu Allah meridhoi pilihan kamu, tapi pikran saya semua ayat2 quran pasti ada kata walaa,laa itu berati kata larangan, dan ada lagi saya baca artikel bahwa jawaban istikhrorah itu lewat penalaran dan keyakinan yg ada di dalam hati 100% itu baru jawaban yg hakiki. saya jadi bingung pak mana yg benar dan apa dalil nya ada di dlm quran atw hadist, mohon pencerahaann ya pak, terimakasih
    wassallam,

  • Ass wr wb

    Sesuai tuntunan Rasulullah Sholat istikharah itu dilakukan untuk menetapkan pilihan apakah sesuatu perkara baik atau buruk bagi kita. Kalau selesai sholat kemudian kita buka Qur’an jika ada kata laa berarti tidak baik, jika ada huruf Shood berarti baik , itukan sama saja dengan mengundi nasib, seperti ngitung kancing atau ngitung suara tokek…boleh…tidak…boleh…tidak…

    Berdo’alah sungguh sungguh pada Allah selesai shalat istikharah, satukan lisan, fikiran dan hati: Ya Allah jika usaha ini..(sebutkan yang anda kehendaki misalnya jodoh, pekerjaan, tempat tinggal…)baik bagi agama dan masa depan hamba tetapkan hati dan fikiran hamba, mudahkan dan bukakan jalan bagi hamba untuk mendapatkannya. Namun jika hal tersebut (sebutkan seperti diatas) tidak baik bagi agama dan masa depan hamba, enggankan hati hamba, rintangi dan jauhkan hamba dari perkara ini. Ya Allah hamba mohon putusan yang terbaik dari sisiMu. engkau maha mengetahui apa yang dihadapan dan dibelakang hamba. Perkenankan permohonan kami ini ya Allah.

    Ketika berdo’a rasakan kenikmatan dan kesejukan berhadapan dengan Allah disekujur tubuh anda. Selanjutnya bertawakal padanya. Perhatikan rasa hati anda bertambah kuat atau jadi enggan dan malas. Perhatikan keadaan yang mendukung ,bertambah kuat untuk terlaksananya hal yang anda inginkan itu atau menjadi bertambah sulit dan merintangin anda untuk mendapatkannya. Allah pasti menjawab do’a anda. Jika anda berserah diri pada Allah maka bisikan hati anda adalah yang benar, karena itu datangnya darin Allah. Insya Allah demikian…

  • Kus andriadi:

    susah pak….saya tidak bisa sholat khusyu,,

    pikiran saya selalu melantur kemana2 klo sholat,,saya sampe terkadang waktu berdoa sampai ingin menangis karena tidak bisa berubah….saya selalu ingin berubah tapi saya tidak tahu harus mulai dari mana…

    saya bisa agak khusyu tapi dengan mata dipejamkan,,

    apa itu boleh pak?

    oiya,umur saya masih 18 tahun,

  • Ass wr wb

    Insya Allah jika adik Kus Andriadi mau , tidak susah mendapatkan sholat khusuk. Pada dasarnya sholat khusuk itu adalah satunya antara kata, fikiran dan hati. Kondisi ini bisa didapat oleh orang yang lagi asyik ngobrol dengan teman atau pacar yang nun jauh disana…mungkin diluar kota atau diluar negeri melalui HP atau Telepon interlokal. Orang itu juga sedang berbicara dengan sesuatu yang tidak dilihat secara langsung, namun suaranya terdengar jelas.

    Satunya antara ucapan, fikiran dan hati hanya bisa dicapai kalau kita mengerti dan paham apa yang kita ucapkan, karena itu mengerti ucapan atau bacaan sholat jadi syarat mutlak. Ini juga berdasarkan firman Allah dalam surat An Nisa ayat 43 : “Hai orang yang beraman jaganlah kalian mengerjakan sholat ketika sedang mabuk hingga kalian mengerti apa yang kalian ucapkan” .

    Sebaiknya adik membaca juga artikel berjudul ” Mencapai sholat khusuk” diblog ini , disana adik bisa menghafal bacaan standar dalam sholat berikut terjemahannya. Coba hafalkan bacaan standar tersebut, seperti surat Alfatihah, do’a iftitah, do’a ketika duduk iftirosh dan seterusnya berikut terjemahannya. Umumnya kita di Indonesia sudah hafal bacaan standard tersebut, namun sebagian besar tidak hafal terjemahannya. Apa lagi adik masih mudah , tentu tidak akan mengalami kesulitan untuk menghafalnya.

    Untuk latihan konsentrasi boleh saja sambil memejamkan mata, namun jika sudah lancar sebaiknya tidak dilakukan seperti itu, tujukan pandangan hanya ketempat sujud. Jika sudah bisa khusuk , sangat membantu meningkatkan kemampuan berfikir fokus pada apa saja yang sedang dihadapi.

    Sholat adalah meditasi tertinggi umat Islam, menyehatkan tubuh dan meningkatkan kemampuan berfikir dan merasa. Insya Allah selamat mencoba.

  • wiwiek:

    Assalamu;alaikum Wr.Wb.
    Pak Fadhil yg berbahagia…
    pelatihan sholat khusyu’nya sdh diselenggarakan Ramadhan kemarin atau gimana?
    kalau sudah, ada kemungkinan diadakan lagi tidak, saya baru tahu pak, jadi kalau memang sudah lewat berarti ketinggalan ya.
    Mdh2n akan diselenggarakan lagi dalam wkt dekat.
    Jazakallah Pak.
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb

  • AA' Ghoen:

    Asslm,
    Memang kalau sudah bisa merasakan sholat khusuk… nggak terasa kalau sholat yang kita lakukan sudah hampir 1 jam lamanya… Kami merasakan ini.. sejak dibimbing oleh ustat Abu Sangkan diawal tahun 1999… saat berguru bersama-sama di Banyuwangi ( bpk Kyai Slamet Oetomo), & Alhamdulillah kondisi khusyu’ ini masih terus kami usahakan setiap hari…sampai sekarang..
    Mintalah pertolongan Alloh dengan sabar & sholat, yang demikian ini sungguh berat…kecuali orang2 yang khusu’ dalam solatnya..

    Kami setuju…tanda2 orang yang bertaqwa itu adalah orang2 yang khusyu’ dalam sholatnya…
    semoga kita semua termasuk orang2 yang dicintai Alloh…yaitu orang2 yang khusyu’ dalam sholatnya, amien

    AA’ Ghoen

  • doddi imanuddin:

    saya sangat tertarik dengan pelatihan sholat khusuk ini mohon informasi mengenai tanggal, dan pemateri serta tempat lengkapnya. Terima kasih

  • saya juga tertarik membaca artikel Bapak, dulu mungkin saya hapal surat2 pendek terus do’a iftitah do’a qunut sekarang sedikit2 sudah lupa paling klau baca surat setelah baca patihah cuman surat al ikhlas sama annas karena ga mau yang panjang2 biar cepet solatnya. saya jadi ingin sholat yang khusuk

  • bagus:

    Assalamualaikum,
    pak saya tertarik niy.. pelatihannya ada dimana? dan kapan yah?

  • Ass Wr Wb.
    Saya sangat tertarik dengan adanya pelatihan/pelajaran sholat khusuk.
    Bisakah saya dikirimi artikel-2 dan lain sebagainya tentang hal-hal mengenai sholat khusuk tsb

    Wass. wr wb.

    Samsul Huda

  • Ass wr wb

    Pelaksanaan detail sholat khusuk bisa di baca pada artikel berjudul “Mencapai sholat khusuk” di blok ini

  • Saya sangat menyambut baik membahas soa shalat khusu’ ini. Kita memang sebaiknya menyebarluaskan istilah sholat khusu’ ini agar ada pengaruh positif pada kita secara bersama sama, mungkin sekarang tidak terlalu booming,. Dilain kesempatan kita doa kan kiranya makin banyak orang yanag cinta dan rindu melaksanakan sholat dengan penuh kesadaran.
    Semoga
    wassalam

  • Abuhidayah:

    Solat kita maukan Allah atau khusyuk?
    Khusyuk adalah anugerahNya.

  • assalam mualaikum pak ustad nama saya mawardi
    saya sangat tertarik dengan pelajaran sholat khusuk selama ini saya sudah mencoba mempraktekanya dengan petunjuk web set yang ustad buat namun saya belum mengikuti pelatihan, sekarang ini saya tinggal di kota jambi dan untuk mengikuti pelatihan saya terkendala pada kurangnya info untuk jadwal pelatihan dan jarak tempuh, kalau bisa saya minta tolong di kirimin VCD pelatihan sholat khusuk yang di maksud ke JL lingkar Selatan I RT 26 Kampung talang Gulo Kel kenali Asam Bawah Kec Kota baru Kota Jambi kode Pos 36128 atau Hp 081366613500 mengenai biaya nanti bapak informasikan melalui No HP di atas
    Atas Nama Mawardi (ketua RT setempat )dan juga info mengenai jadwal pelatihannya ya terima kasih
    wasalam mualiakim wr. wb

    • Wa alaikum salam, saya belum membuat VCD untuk pelatihan sholat khusuk. Saya baru membuat rekaman video untuk tadabbur Qur’an yang bisa di down load dari youtube melalui blog ini.

Leave a Reply

*

Fashion Stores
Translate This Page
Pondok Tadabbur
Infak, Sodaqoh Anda untuk Pondok Tadabbur bisa disampaikan melalui :

Rek Bank Mandiri
123.0097166435
a/n Fadhil Zainal Abidin.
0811151412 - fadhil_za@yahoo.co.id
PELATIHAN
facebook page

Jadwal Pelatihan Shalat Khusuk dan Tadabbur Qur'an wilayah Jabodetabek dan Sekitarnya.

Klik disini untuk keterangan lebih lanjut

HP : 0811151412

Archives
Sejak 20 Feb 2008