KEKUATAN SHOLAT MALAM (2)

You may also like...

435 Responses

  1. rockarolla says:

    Subhanallah….Maha suci Alloh..pak kalo misalnya kita tidur agak sore trus bangun kira kira jam 11 atau 12 malam, kita tidak bisa tidur lagi atau ada kegiatan lain (mis: ronda)sampai jam 3 pagi, trus kita mau sholat. Apakah itu bisa di katakan sholat tahajjud?

    • fathur says:

      assalamualaikum pak ustadz. q mau berbagi kesedihan dalam hidup q. saya usianya udah cukup untuk menikah tpi usaha dan sholat malam gak pernah q tinggal kan tpi . saya harus bagai mana lgi. sukron ustadz. mohon jawabannya

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Buat Fathur coba periksa shalat ananda sudahkah mencapai tahap khusuk, sudahkah ananda memahamai setiap kalimat yang ananda baca dalam shalat. Jika sudah tetaplah tekun mengerjakan shalat malam dan berdoa , karena Allah tidak mengubah nasib seseorang dengan mudah seperti membalik telapak tangan. Butuh waktu, kesabaran dan tetap istiqomah dalam berdoa dan beribadah padaNya.

      Jika ananda tetap tekun dan Istioqomah insya Allah apa yang ananda inginkan akan dikabulkanNya. Namun ingat …ini bukanlah masalah sebulan atau dua bulan, tapi bisa mnembutuhkan waktu tahunan.

  2. Fadhil ZA says:

    Ass wr wb mengerjakan tahajud setelah tidur agak sore dan terbangun jam 11 atau jam 12 malam ……boleh saja, asalkan jangan tidur lagi menjelang subuh. Jika sekitar jam 1 atau jam 2 tidur lagi biasanya subuhnya kebablasan. Karena itu bagi yang ingin membiasakan diri mengerjakan tahajjud dianjurkan untuk bangun pada sepertiga malam terakhir sekitar jam 3.00. Selesai tahajud langsung bertemu dengan saat sholat subuh, sehingga subuhnya tidak kebablasan.

    • sri haryati says:

      Asslm p ustad.sy br aja ditinggal suami.kl d sholat tahajud apakah doa2 sy utk suami dkabulin allah.doa d alquran apa aja yg bs doakan b suami spy d ampuni dosa2nya.apakah bc alquran niat doa b orang tua dn suami akan sampai.mks p ustad waslm.

  3. ferdy says:

    subhanaAllah saya merasa takjub akan hal itu memang sangat dahsyat sholat tahajjud itu.

  4. halwani says:

    assalamualikum warohmatulloh wabarokatuh,subhanalloh……p’ustad fadhil ZA,sebelumnya saya takut sekali berutang,akan tetapi setelah berumah tangga,hati ini berontak utk tdk berhutang,skrg punya utang,untuk mengatasinya tentunya dengan usaha dan doa,kepada p ustad fadhil tlg minta doanya mudah2 terbebas dari berutang,doa sudah saya lakukan dari,ketika sujud terakhir,antara adzan dan iqomah,sholat fardu,solat dhuha,solat tahajud,ketika khotib naik mimbar,solat berjamah tidak ketinggalan,saya malu pada allah dan diri saya sendiri,kenapa saya berutang,pada masa muda takut sekali pada utang,saya berusaha utk mendekat pada mu ya….ALLAH SWT.ehhhhh….ehhhhh…..eh…eh…………..

    • Fadhil Z.A says:

      Ass wr wb

      Mintalah pada Allah dengan sepenuh hati , yakin bahwa Ia akan mengabulkan permohonan anda , jangan ada keraguan sedikitpun. Minta dengan meyebut Asmaulhusna ya Rozak (yg mengatur rezeki), ya Mughni (yang maha kaya) dst, sambil tetap berusaha secara lahiriah. Kemudian bersabarlah menunggu hasilnya . Insya Allah …Dia tidak pernah menolak do’a orang yang sungguh sungguh memohon padaNya.

  5. halwani says:

    syukron……….p ustadz fadhil Z.A.semoga menjadi do’a bagi kami,atas kesediaan p ustadz memberikan nasehatnya.amin……..amin………..amin…………….

  6. nurlela says:

    ass. wr wb pa ustad saya adalah seorang ibu yang berharap anaknya menjadi anak yg soleh d lulus dalam ujian.doa apa yang harus sy lakukan untuk keberhasilan anak, saya terima kasih .

  7. Fadhil Z.A says:

    Ass wr wb
    Ada baiknya ibu melakukan sholat malam , bangun jam 3.00 atau jam 3.30 kerjakan tahajud sesanggupnya kalau bisa ya penuh 2 rakaat x 4 ditambah witir 3 rakaat. Jika terasa berat ya cukup 2 rakat ditambah witir 1 rakaat atau 3 rakaat. Sesudah tahajud berdo’alah mohon agar anak anda menjadin anak yang sholeh, dicerdaskan otaknya dalam menerima pelajaran, dimudahkan menempuh ujian yang sedang dijalaninya. Berdoalah dalam bahasa yang ibu mengerti, boleh bahasa indonesia atau bahasa daertah ibu sendiri.

  8. Hery says:

    Assalammualaikum,

    Pak ustad, amalan apa yg harus saya kerjakan agar saya dipercepat oleh AALAH SWT untuk menemukan jodoh karena usia saya saat ini yang hampir 35 th. Alhamdulilah, Saya sudah melaksanakan sholat tahajud walaupun belum tiap hari tetapi dalam 1 minggu, Insya Allah bisa 5 hari. Ada perasaan gundah dan kosong dalam hati karena belum menemukan pendamping hidup. Mohon infromasi Pak Ustad.

    Wassalam

    • FadhilZA says:

      Terus saja istiqomah dengan sholat tahajudnya, Allah maha mendengar dan maha mengetahui , nanti Dia akan memilihkan jodoh yang sesuai buat anda. Ketika muda dulu saya mendapatkan istri setelah bertahajud selama 2 tahun. Setelah hidup bersama selama 28 tahun ia dipanggil Allah lebih dahulu pada tahun 2006 yang lalu. Saya memang biasa bertajahajud setiap hari alhamdulillah akhir tahun 2007 saya menikah lagi dengan istri saya yang sekarang. Dengan bertahajud semua urusan jadi mudah. Tapi jangan ditanya kok saya sudah bertahajud 3 bulan hasilnya belum ada?? jadikanlah tahajud sebagai ibadah seumur hidup. Insya allah hidup jadi mudah.

  9. nurlela says:

    ass wr wb
    terimakasih pa ustad,sy mau bertanya lagi, bagaimana cara meyakinkan dalam diri sy bahwa anak sy di dalam ujian 2010 ini lulus dengan baik.dan apa hukumnya puasa yg sy lakukan untuk keberhasilan anak sy.trimakasih

    • Fadhil Z.A says:

      Ass wr wb

      Jika berdo’a menginginkan suatu hajat pada Allah jangan diikuti prasangka buruk, apa mungkin?…bagaimana kalau tidak dikabulkan?…dst. Berdo’alah dengan penuh keyakinan, jangan ragur ragu….jika diikuti dengan perasan ragu, biasanya apa yang dikuatirkan atau diragukan itulah yang berlaku…..dalam hadist Qudsi disebutkan ….Allah telah berfirman bahwa Aku menurut persangkan hambaKu, jika mereka berpransangka buruk , demikianlah jadinya.

      Puasa itu baik, karena bisa meningkatkan rasa istikomah dan keyakinan pada Allah. Dalam surat Al Baqarah ayat 45 Allah mengatakan : Minta tolonglah dengan sabar dan sholat…..puasa adalah pernyataan atau latihan kesabaran bagi seseorang. Berdo’alah dengan penuh keyakinan, jangan diiringi dengan rasa ragu sedikitpun.

  10. Desy Putri R says:

    Assalammu’alaikum wr..wb..
    Pak ustad, saya siswi SMP kelas 3&alhamdulillah baru selesai UN.Pak ustad sy mempunyai masalah.begini, teman sekelas sy klw ujian2,ia selalu nyontek di buku&sy tdk berani lapor ke guru2. tp pernah tmn sy melapor, tp guru2 tak da yg percaya, memang karena ia jg pintar. sy sedikit kesal, hasil ujian nya bagus tp tdk hasil kerja keras nya. sy sudah pernah mengingatkan bahwa itu dosa, tp dia menjawab”apa urusannya? sy yg nyontek ini, sy yg dosa ini”, maaf pak ustad kt ia seperti itu.pak ustad, mhon apa yang harus sy lakukan u/mengingatkannya lg? Terimakasih pak.. wassalammu’alaikum

    • Fadhil Z.A says:

      Ass wr wb

      Kalau melihat penyimpangan dari orang lain , ingatkanlah, jika mereka membantah dan menolak , serahkan pada Allah bertawakallah. Kewajiban kita hanya mengingatkan bukan memberi petunjuk. Hidayah dan petunjuk itu adalah kewenangan Allah. Yang penting jaga diri untuk tidak mengikuti perbuatan yang tidak terpuji itu, Allah tidaqk akan minta pertanggungan jawab kita tentnag ulah dan perbuatan orang lain, namun Allah akan menanyakan dan minta pertanggungan jawab atas apa yang kita perbuat dan lakukan.

  11. Maryani says:

    Assalamualaikum, wr wb
    Pak saya seorang ibu rumah tangga berumur 30 tahun, saya sudah menikah selama 4 tahun, tapi sampai sekarang saya belum di karunia keturunan. Saya dan suami sudah beriktiar tapi sampai sekarang hasilnya nihil. Apa yang harus saya dan suami lakukan ya pak ustad? Udah 2 minggu ini saya allhamdulillah melaksanakan sholat tahajud. Mohon petunjuknya pak ustad. terimakasih

    • Fadhil Z.A says:

      Ass wr wb
      Teruskan saja memohon dengan sholat tahajud. Memohon dengan mengerjakan sholat tahajud ada yang dikabulkan dalam tempo satu atau dua minggu namun ada pula yang dikabulkan setelah tahajud beberapa tahun. Dahulu ketika ingin punya istri saya bertahajud selama lebih dari dua tahun. Saya ingin mendapat kehidupan yang layak , baru tercapai setelah tahajud selama tujuh tahun. Terus istiqomah dengan tahajudnya, jadikan tahajud sebagai rutinitas , Rasulullah tidak pernah meninggalkan tahajud seumur hidupnya.

      Kalau permintaan yang ringan mungkin dikabulkan setelah beberapa hari saja , seperti ketika anak saya sakit mata, ia sembuh setelah saya bertahajud selama 7 hari.

  12. djojosm says:

    assalamualaikum Pak Ustadz.
    Saya mau ikut sharing mengenai sholat tahajud ustadz. Saya seorang laki-laki umur 61 tahun, alhamdulillah telah istiqomah mendirikan qiyamullail. Alhamdilillah dalam usia ini saya dikaruniai hidup sehat, keluarga bahagia lahir dan bathin dalam iman islam. Ada satu cerita dari saya ustadz. Tahun 2000 yang lalu tabungan saya dan istri ( dua-duanya PNS ) telah mencapai 70 puluhan juta. Atas permintaan istri dan anak-anak saya membeli mobil baru dari showroom.
    Namun setelah membeli mobil, saya selalu menangis ketika melakukan sholat tahajud. Ya Allah kenapa kau lebih codong kepada dunia, padahal dengan uang itu saya bisa pergi menunaikan ibadah haji. Begitulah tiap malam saya mengadu dan mohon ampun atas kelemahan ini dan meminta kepada Allah aar diberi rejeki dan kesempatan untuk berhaji. Alamdulillah hanya dalam waktu 3 tahun kami berdua dengan istri dapat pergi haji dengan rejeki yang barokah. Padahal kalau dihitung secara matematis, sangat sulit untuk berhaji dengan sisa gaji kami sebagai PNS. Namun Allah Maha Kaya dan berkat do’a yang kami panjatkan dalam tahajud semuanya diijabah. Bahkan setelah kami pensiun kami diberi rejeki yang banyak melalui usaha kecil kami. Alhamdulillah kemarin kami baru pulang umroh dan berhasil mencium hajar aswad.
    Satu lagi ustadz. Kami alhamdulillah telah dapat istiqomah melaksanakan zakat penghasilan baik dari pensiunan maupun dari usaha kecil kami. Mohon maaf ustadz dan para pembaca sekalian saya tidak bermaksud riya dengan cerita di atas, namun semata mata ingin menunjukan banwa dengan melaksanakan yang wajib dan sunnah Rasulullah insyaallah kita akan mendapat rahmat yang tida putus putusnya. Demikian wasalammualaikum wrbb

    • Fadhil Z.A says:

      Ass wr wb

      Terima kasih pak Djojosm atas sharing pengalamannya mudah2an kisah ini bisa menambah semangat saudara kita yang lain untuk istiqomah dalam melakukan sholat tahajud. Rasulullah tidak pernah meninggalkan shalat tahajud sampai akhir hayatnya, beliau adalah teladan dan contoh bagi kita. Jangan menganggap sholat tahajud hanya sebagai sholat sunah…boleh dikerjakan boleh tidak. Bagi orang yang inging mendekatkan diri dan mendapat karunia Allah tahajud bukanlah sunah tapi sebuah kebutuhan, karena Rasulullah tidak pernah meninggalkan sholat tersebut.

      Perintah untuk mengerjakan tahajud atau sholat malam juga jelas didalam surat al Israak ayat 79. Allah berjanji akan mengangkat derajat orang yang mengerjakan sholat malam ketempat yang terpuji (mulia).

  13. ebud says:

    Ass wb wbb
    Ustad yabg terhormat,
    terus terang saya sudah hampir tiap malam mengerjkan sholat malam. biasanya saya bangun dari jam 3 malam langsung nanti nyambung sholat shubuh, aktifitas ini sudah berlangsung 2 bulan , yaa.. rasanya enak aja.dan tak merasa jadi beban walaupun aku lakukan terus selama ini.
    Kalu dulu waktu aku jarang melakukan sholat malam. pas pada saat aku lakukan sholat malam. saat berdoa kadang dadaku bergetar dan sempat keluar air mata. tetapi sekarang ini mah biasa biasa saja .
    Ustad.. saya cuma mau sharing…, ini terjadi apa karena aku sekarang terbiasa melakukan sholat malam ya..? sehingga sat berdoa biasa saja.

  14. fadhilza says:

    Ass wr wb

    Memang kalau kita sudah biasa mengerjakan sholat malam tidak ada lagi hal yang istimewa, semua terasa biasa saja. Jadikanlah sholat malam jalan untuk mendekatkan diri pada Allah. Keistimewaannya kalau sudah biasa mengerjakan sholat malam, kalau terjadi peristiwa yang membutuhkan pertolongan dari Allah, kita bisa langsung mengajukan dalam sholat malam tanpa harus merasa terbebani dengan sholat malam tersebut.

    Orang yang rajin sholat malam biasanya semua urusannya dimudahkan Allah, kalau ada orang yang mengganggu , mengancam atau membahayakannya , jika ia mengadu pada Allah maka Allah akan segera menolongnya. Dalam surat al kautsar dikatan : “Inna syaaniaka huwal abtar….orang yang membenci dan mengancamu akan musnah…”

    Saudara Ebud tekadkanlah untuk mengerjakan sholat malam ini semumur hidup, jarang orang yang mampu mengerjakan sholat malam setiap hari, itu adalah karunia Allah yang paling besar. Saya pernah mengerjakan tahajud selama 10 tahun kemudian berhenti selama 20 tahun dan sekarang alhamdulillah sudah mengerjakan tahajud lagi setiap hari sejak tahun 2001 yang lalu , mudah2an terus diberi kekuatan untuk bertahajud sampai akhir hayat.

  15. nurlela says:

    ass wr wb.
    pa ustad apa hukumnya mengadakan syuruan 100 hari kematian,dan apa makna tentang mimpi sy melihat ayah saya menanggis padahal ayah sy sdh meninggal dan amalan apa yg bisa membantu meringakan siska kuburnya terima kasih.

    • Fadhil Z.A says:

      Ass wr wb

      Acara peringatan 7 hari, 40 hari 100 hari ataupun 1000 hari wafatnya seseorang merupakan adat setempat, bukan dari ajaran Islam. Perintah untuk itu tidak ada dalam ajaran islam, jika peringatan itu bermanfaat dan tidak mengandung hal yang musyrik ya boleh saja, namun kadangkala pelaksanaannya sering sangat memaksakan sehingga memberatkan keluarga yang ditinggalkan.

      Untuk ayah anda yang telah mendahului anda banyaklah berdo’a untuknya, Rasululah mengatakan : ” Jika mati bani Adam maka terputuslah semua amalnya kecuali 3 perkara yaitu ilmu yang bermanfaat yang diajarkannya, harta jariah, atau anak sholeh yang mendo’akannya” . Anda melihat beliau menangis adalah isyarat beliau sangat mengharap kiriman dari putra putrinya, berdo’alah untuk beliau, do’a anak yang shaleh sangat bermanfaat bagi beliau

  16. agung says:

    Ass Ustadz, saya seorang PNS yang saat ini sedang mengalami kegundahan hati yang berat, karena dulu saya mengikuti teman – teman saya untuk meminjam uang di Bank yang langsung dipotong dari gaji dengan jumlah yang sangat besar, saat ini saya sudah menikah dan dikaruniai seorang anak perempuan,tetapi kehidupan kami selalu saja kekurangan karena gaji saya bisa dikatakan tidak cukup untuk membiayai kebutuhan kami dalam satu bulan karena potongan di bank sanagt besar, saat ini saya berusaha mencari usaha sampincan dengan bercocok tanam sayuran, tetapi hasilnya sangat minim sekali, saya mohon nasehatnya ya ustadz agar saya bisa keluar dari semua masalah ini dan bisa hidup berkecukupan untuk membiayai istri dan anak saya, atas perhatiannya saya ucapka terima kasih, wss

    • Fadhil Z.A says:

      Ass wr wb

      Kalau mengacu pada kondisi sekarang secara logika tentu anda sulit menemukan jalan keluar dari masalah ini. Kerjakanlah sholat tahajud, dan berdoa padaNya mohon diberi jalan keluar dari masalah yang anda hadapi. Insya Allah dengan pertolongannya anda akan menemui jalan keluar yang tidak terbayangkan pada saat ini.
      Baca penbgalaman saya di blog ini dibawah judul Tehnik Mental picture, atau baca tulisan saya dibawah kategori kekuatan fikiran, kekuatan dzikir dan do’a.

  17. Umar says:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    saya mau tanya sama bapak.
    pekerjaan saya adalah operator sebuah warnet 24 jam. dan saya kebagian shift malam (dari jam 11 malam – jam 7 pagi)
    jikalau sehabis isya’ saya tidur kemudian bangun jam 11 untuk bekerja, lalu jam 3.30 nya saya bertahajud. apakah tahajud saya dihitung sebagai 2/3 malam pak?

    terima kasih banyak

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  18. Fadhil Z.A says:

    Ass wr wb

    Insya Allah itu sudah masuk waktu 2/3 malam terakhir

  19. Andrew says:

    Assalamualaikum
    Sya punya pertanyaan…Pak ustadz..
    Sya bingung dengan witir di sholat tahajud…??
    witir 3 rokaatt itu dibuat 1 salam lngsung 3rokaat atau
    2rokaat 1 slam dn baru 1 rokaat 1salam??
    Tlong dibalas pak lewat email saya.
    Wasalamualaikum

  20. Fadhil Z.A says:

    Ass wr wb

    Witir bisa dilakukan satu rakaat , dengan satukali salam . Atau lasung 3 rakaat dengan satu kali salam .

  21. fadilah says:

    assalamualaikum..
    ustadd,,
    aqu mau tnyaa
    aquu mauu mnta solusii nni..
    aqu pny pacarr,, qta pcaran sudah 2 tahun, tpii orang tua pacar aku tiba” sikapnya brubah sama aku.dan lbih membela mantan pacar cwo aku. udah gtu aku dsangka melet cwo aku,, krena cwo aku sayang bgd sm aku dan ga mau khilangan aku,aku jdi bngung harus ky gmna. smentra kluarga aku yg dah tau sikap org tua pcar aku ky gtuu,, mreka juga jdi ga stuju aku pcran sm dy. ibu aku nyuruh kita ptus. tpi cwo aku ttp prthaninn aku.. apa yg hrus aqu lkukan tad? aqu bngungg.. ikutin kata hatii atau orang tua.. sdangkann aqu syang bgd sm pacar aku.tpi aku juga gga mau jd anak durhaka..
    tlongg solusinya ya tad.. syukron
    wass

  22. Nurul says:

    Ass wr wb
    Pa ustadz, saya seorang wanita berumur 38 tahun sampai saat ini belum menikah. Beberapa kali dekat dengan laki-laki selalu saja ada hal yang akhirnya membuat hubungan saya akhirnya putus ditengah jalan. Dulu saya pernah berdoa karena putus asa menganggur sebelum saya mendapat pekerjaan (sekarang PNS)bahwa saya rela tidak mendapat jodoh asalkan saya mendapatkan pekerjaan. Apakah doa saya tersebut ada hubungannya dengan keadaan saya sekarang. Apa yang harus saya lakukan pa ustazd, agar saya bisa dimudahkan mendapatkan jodoh

  23. Fadhil Z.A says:

    Ass wr wb

    Sesuatu yang terkesan kuat didalam hati dan fikiran sangat besar pengaruhnya dalam hidup seseorang. Dalam keadaan putus asa karena menganggur anda pernah berdo’a asalkan dapat kerja anda rela tidak dapat jodoh . Do’a yang anda panjatkan dengan sepenuh jiwa ini bisa saja menjelma jadi kenyataan, kondisi ini biasa disebut dengan mental blocking (hambatan yg menuncul secara mental).

    Untuk menghapus mental blocking ini mohon ampunlah pada Allah dengan setulus hati, mohon ampun atas keshilapan anda dalam berdo’a pada masa yg lalu , mohon pada Allah agar anda diberi jodoh yang membawa rohmat bagi kehidupan anda didunia dan akhirat.Hapalkan surat yasin ayat 36:

    subhanalladzii kholakol azwaaja kullaha mimmaa tumbitul ardhu wamin anfusihim wamim maa laa ya’lamuun.

    ” Maha Suci Tuhan yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui.”(yasin 36)

    Baca ayat tersebut setiap selesai sholat, Allah telah menjadikan segala sesuatu berpasang pasangan, mohon pada Allah agar Dia menjadikan bagi anda pasangan (jodoh) yang serasi.

    Lakukanlah sholat malam setengah jam sebelum masuk waktu subuh, mohon ampun pada Allah atas semua dosa dan kesilapan anda , mohon agar dipertemukan dengan jodoh yang serasi .Muda2an Allah menyampaikan hajat dan keinginan anda

  24. Aan says:

    Assalamualaikum

    Alhamdulillah bahwa pada saat ini masih ada tempat untuk bertanya kepada para alim ulama.
    sholawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepd Rasululloh SAW, kpd para kerabatnya,sahabat2nya serta umat2nya
    Bpk Ustad, sy seorang Pria berumur 29 tahun yg sudah bekerja pd perusahaan swasta di daerah Bekasi saat ini saya belum memiliki tempat tinggal (rumah) dan sekarang saya juga belum mendapatkan seorang istri/jodoh adapun saya telah berusaha untuk melamar pacar saya namun pacar saya mnolak dengan alasan bahwa dia sudah tidak mau lg melanjutkan hubungan dengan saya. oleh karena itu ia meninggalkan saya,setiap saat saya sll berusaha mendekatinya serta berdoa baik stlh sholat wajib maupun sunnah dan mencoba untuk sabar serta ikhlas,bahkan saat saya menjalani aktivitas pun saya sll berdoa utk kebaikan saya.
    orang tua saya sudah melakukan pendekatan dengan orang tuanya secara personal namun tetap saja hati mantan pacar saya tidak lunak. saya tau bahwa pacaran itu diharamkan namun yang saya inginkan bersamanya adalah hubungan yang dihalalkan oleh Allah, yg mau saya tanyakan pak ustad
    1. wajib atau makhruhkah dengan kondisi saya untuk bisa segera menikah dengan pasangan yang telah saya pilih.dimana secara mental, spiritual Insya Allah sudah siap.
    2. apakah ada hukumya apabila sesorang wanita / pria yang menolak suatu pinangan atau lamaran.
    3. apabila seseorang memiliki hati yang sangat keras, bagaimana hal trsebut secara Islam.

    terima kasih atas jawabany, semoga Amal ibadah pak ustad diridhoi oleh Allah dan selalu Istiqomah untuk perjuangany. amien.. wassalam

    • Fadhil Z.A says:

      Ass wr wb

      Dalam surat Al Baqarah 216 Allah berfirman:” Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” Allah mengingatkan boleh jadi kita mencintai sesuatu padahal itu tidak baik bagi kita, atau kita membenci sesuatu padahal itu sangat baik bagi kita. Mata , telinga, perasaan kita mungkin bisa salah, namun Allah tidak pernah salah dalam menetapkan pilihan atau memutuskan suatu perkara.

      Tetaplah istiqomah mengerjakan tahajud dan berdo’a pada Allah, minta kepastian pada Allah , apakah wanita idaman anda itu baik bagi dunia dan akhirat anda. Percayakan putusannya pada Allah. secara ajaib anda akan mendapat kepastian dari Allah, bisa saja dia berubah fikiran dan menyetujui lamaran anda. Atau sebaliknya dia tetap kukuh dengan pendiriannya menolak lamaran anda, namun entah bagaimanha tiba tiba perasaan anda padanya mulai luntur, dan secara menakjubkan anda mendapatkan pengganti yang lebih baik dari Allah.

      Tetaplah istiqomah dan sabar menanti jawaban dari Allah, pilihan Allah tidak pernah keliru. Jangan bersandar pada keinginan, dan kehendak diri sendiri, karena kemampuan kita sangat terbatas, penglihatan, pendengaran dan perasaan kita bisa saja salah dan keliru. Kita bisa saja mengambil keputusan yang salah yang berakibat kesulkitan pada kita dimasa yang akan datang.

  25. Zainal says:

    Assalmua’alaikum

    Pak Fadhil saya sedang dirundung masalah yaitu masalah jodoh, permasalahannya begini saya dulu dikenalkan sama seorang gadis oleh teman ayah saya, singkat singkat cerita dia udah suka sama saya tetapi saya waktu itu belum ada rasa sama dia kaluapun ada baru kecil sekali, (selama satu bulan itu saya cuek saja: tdk pernah telpon/sms atau menyapa dia namun setelah perkenalan dua bulan saya mulai ada rasa cinta yang sangat dalam pada dia saya berusaha kejar dia, namun dia sekarang malah berbalik tak mau melanjutkan hubungan kita kejenjang yang lebih lanjut(pernikahan)alasanya dia sudah istikhoroh tidak mantab lagi sama saya.Tiap hari saya do’a kepada Allah kalau dia baik bagiku dan bagi agamaku maka jodohkanlah kami, tetapi jika tidak tolong beri ganti saya dengan yang lebih baik dari dia.Padahal dalam hati saya hari ini masih punya rasa cinta yang sangat dalam sekali sama dia. Pertanyaanya adalah apakah rasa mantab yang ada dihatinya untuk menolak saya itu masaih mungkin berubah berganti dengan sikap menerima saya lagi jika diikhtiari dengan Sholat Tahajjud dan Do’a di sepertiga malam yang akhir? mohon dijawab kegundahan hati saya ini agar saya tenang dan terima kasih

    • Fadhil Z.A says:

      Ass wr wb

      Tetaplah istiqomah dalam berdo’a dan beribadah padaNya, dan bersabarlah menanti jawaban dan kepastian dariNya. Allah tidak pernah menyianyiakan orang yang istiqomah dan sabar dengan keputusanNya, Allah selalu memilihkan yang teerbaik bagi hambaNya. kalau gadis itu menurut Allah memang yang terbaik bagi anda, Allah dengan mudah merubah pendirian gadis tersebut.

      Umar bin Khatab yang begitu benci pada Islam akhirnya menjadi sahabat dan pembela Rasulullah , berkah do’a yang beliau panjatkan. Abu sofyan yang sangat benci pads Rasulullah bahkan istrinya Hindun pernah memakan jantung Hamzah paman Nabi dalam salah satu peperangan. Ketika penaklukan Makah akhirnya menyatakan keIslamannya. Tapi kalau Allah punya penilaian lain tentu keputusan Allahlah yang paling baik

  26. doprizer says:

    subhanalloh..sholat tahajjud..memang dapat membantu kita dalam menghadapi suatu masalah..insya allah, allah membantu kita..amin..

  27. aya says:

    Assalamualaykum wr.wb

    Pak Fadhil, saya seorang istri yang tidak tega melihat penderitaan suami yang disingkirkan teman2nya dikantornya. Masalahnya suami saya pernah melaporkan adanya korupsi yang dilakukan seorang kasir tapi tidak terbukti. Tapi kasir terlanjur tahu siapa pelapor itu dan karena kalah senior ahirnya semua teman dan atasan suami saya kena pengaruh sang kasir agar membenci suami saya. Saya minta saran bagaimana caranya agar keadaan ini bisa berakhir dan adakah dzikir tertentu untuk menguatkan do’a-do’a saya? sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    • Fadhil Z.A says:

      Ass wr wb
      Sholat dan do’a adalah senjata orang mukmin menghadapi berbagai masalah didunia ini. Wastaiinuu bisshobri wassholah…minta tolonglah dengan sabar dan sholat( Al-Baqarah 45) . Minta tolonglah dengan mengerjakan tahajud sepertiga malam terakhir, antara jam 3.00 sampai menjelang subuh. Jika dirasa berat minta tolonglah dengan mengerjakan sholat dhuha antara jam 7.00 s/d jam 8 pagi

      Insya Allah jika ibu istiqoma dan yakin Allah akan mendatangkan pertolongan dengan cara yang tidak terduga sebagaimana yang dijanjikan dalam surat tholaq ayat 2-3 :

      Barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan ke luar.3- Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki) Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. (Thalaq 2-3)

      Lakukan ini setiap hari sampai Allah memberi jalan keluar dari masalah yang ibu hadapi, kalau perlu ajak anak dan suami melakukan sholat dan do’a bersama. Dulu teman saya pernah terkena satu kasus hingga ia dipecat dari kantor, kemudian ia mengajukan keberatan ke tingkat yg lebih tinggi dan memohon pada Allah dengan mengerjakan tahajud sekeluarga , alhamdulillah ia batal di pecat dan tetap bekerja diperusahaannya.

      Surat thalaq 2-3 diatas biasa disebut juga ayat 1000 dinar , bisa saja mewiridkan membaca ayat diatas setiap selesai sholat sebanyak banyaknya.

  28. Gosip Artis says:

    kasus kaburnya putri indonesia 2009 makin menjelaskan kondisi artis sekarang, kalo udah terkenal dikit, merasa udah bisa idup tanpa ortu, padahal kemampuannya gak akan ada apa-apanya tanpa support ortu,,, qory cepat sadar deh…

  29. Roni says:

    P ustad kenapa saya sering cemas padahal saya sholat 5 waktu & juga sering sholat tahajud apakah ada yang salah pada di saya ….mohon petunjuk Pa ustad . Wassalam

    • marhabang says:

      assalamualiakum wr wb pak ustash.saya sudah 3 bulan lebih saya keluhkan sperma berdarah yang timbul tenggelam, pengobatan secata alternatif dan medis sudah saya lakukan dan sudah di nyatakan sembuh dari kanker prostat dan tidak ada penyakit lain, namun keluhan saya masih ada yg membuat saya selalu jadi pikiran.mohon petunjuk dari pak ustash agar keluhan saya bisa sembuh dan hilang..

  30. Roni says:

    P ustad saya tertarik dengan pelatihan yang bapak berikan kapan ada jadwal di Bandung ?

    • Fadhil Z.A says:

      Ass wr wb

      Insya Allah jika sholat sudah khusuk hal tersebut tidak terjadi. Kebanyakan orang tidak bisa khusuk karena tidak mengerti apa yang dibaca dalam sholat. Bagi orang yang sudah mengerti bacaan yang dibaca dalam sholat juga masih ada masalah yaitu sulitnya menyamakan antara ucapan, fikiran dan perasaan , ini butuh latihan .

      Pada pelatihan sholat khusuk anda akan dilatih bagaimana menyamakan ucapan, fikiran dan perasaan . Kami baru mengadakan pelatihan untuk wilayah jabodetabek, jadwalnya akan diumumkan diblog ini.

  31. Roni says:

    p ustad klw saya mau bertanya kepada kiyayi yg tahu ilmu hikmah dan mengevaluasi diri saya untuk perbaikan kemajuan diri saya , saya disuruh khalwat yaitu puasa 3 hari disertai bacaan wirid….mohon tanggapan benarkah apa yg saya lakukan atas perintah bapa kiyayi tsb …wassalam

    • Fadhil ZA says:

      Ass wr wb

      Sepanjang do’a dan wiridnya jelas dari Qur’an , hadist atau dalam bahasa Indonesia yang jelas maksudnya boleh saja. Puasa dimaksudkan untuk memperkuat niat dan do’a yang dipanjatkan. Ada 3 do’a yang cepat dikabulkan Allah yaitu do’a pemimpin yg adil, do’a orang yang teraniaya dan do’a orang yang berpuasa.

  32. yusuf says:

    asalamualaikum pak uztad
    uztad ketika saya melakukan puasa atau sholat malam itu saya slalu sembunyi2 agar tidak ada ang tau selain allah,dan ketika itu saya sedang melakukan puasa sunah saya gak di bolehin mama untuk puasa dulu karena saya agak sakit,tapi ketika itu saya bilang ma mama kalau saya tidak puasa.tapi sebenarnya saya puasa.yang saya tanyakan apakah puasa saya itu diterima uztad?makasi
    wasala mualaikum wr wb

    • Fadhil Z.A says:

      Ass wr wb

      Melakukan amal kebaikan tidak perlu sembunyi sembunyi lakukan secara wajar dan tidak ria atau mengharap sajungan dan pujian manusia. Alangkah baiknya jika bisa melakukan sholat malam dan puasa sunah seumur hidup semata mata mengharap ridho Allah. Kalau sedang sakit tentu saja lebih baik tidak berpuasa apalagi puasa sunah, puasa ramadhan yang diwajibkan Allah saja bisa ditunda dan diganti dengan hari lain jika sedang sakit. Diterima atau tidaknya ibadah kita sepenuhnya terserah pada Allah, kerjakanlah segala sesuatu yang ada ridho Allah padanya, hindarkan hal yang subhat dan meragukan. Apalagi hal yang tidak disukai Allah.

  33. Roni says:

    saya adalah seorang pedagang pa ustad tapi modal yg saya gunakan adalah kartu kredit terpaksa karena belum ada solusi lain bagaimana menurut pa ustad apakah saya termasuk riba ?

    • Fadhil Z.A says:

      Ass wr wb

      Jika anda meminjam uang dari seseorang (rentenir) kemudian anda harus mengembalikannya dengan jumlah lebih besar itu disebut riba. Meminjam uang dari bank atau dengan kartu kredit masih jadi masalah khilafiyah, sebagai solusinya sekarang berkembang bank syariah. Jika belum ada solusi tidak mengapa anda menggunakan kartu kredit, mintalah selalu pertolongan pada Allah agar anda menemukan solusi yang terbaik.

  34. diana says:

    Assalamu’alaikum wr wb semoga pak ustd slalu d rahmati Alloh, pak ustad saya mau bertanya apa hukumnya klw kta menolak lamaran nikah sampai 2 kali dari pria yg berbeda? Disebabkan karna pria 1 ortu g setuju tp pria yg ke 2 hati q blm mantap utk nikah bersamanya, tapi q benar2 yakin klw Alloh akan memberikan yg terbaik buat q ,Memang betul sholat tahajud benar2 mujarab utk mendapatkan jodoh

    • Fadhil ZA says:

      Ass wr wb

      Mantapkan hati untuk tetap istiqomah menmgerjakan sholat tahajud memohon pada Allah, Percayakan padaNya untuk memeilihkan jodoh yang terbaik. Pilihan Allah tidak pernah keliru. Jika Dia sudah menetapkan pilihan terbaik untuk anda , insya Allah semuanya akan berjalan dengan mulus dan mudah tidak ada pihak yang tidak setuju , semua berjalan dengan mudah.

  35. fiyansofyan says:

    Assalamu’alaikum wr wb
    pa’Ustadz, sy mohon sekali bimbinganya..,sy sdh nikah 5 th, punya 2 anak, dulu sy jarang sholat wajib…,tp sekarang alhamdulilah saya sering sholat wajib, tahajud dan zikir, dan isteri sy yg dulu sering sholat dan zikir..,tp saat ini dia jarang shalat dan zikir, sy sudah menasehatinya,tp selalu aja ada jawapan/alasanya….,itu membuat sy emosi…dan sy takut emosi sy jd berlebihan.
    Saya mohon bimbinganya….Terimakasih Pa’Ustadz

  36. Roni says:

    asswrwb p ustad sy skrg tinggal dengan mertua krn sy blm mampu utk berpisah bnyk mslh yg kami hadapi mulai dari urusan anak atau konplik antara sy & istri pasti mertua ikut campur perlu diketahui sy tinggal dgn mertua perempuan krn mertua laki udah alm yg sy sesalkan klw lg marah kata2 kasar keluar dr mulutnya sangat menyakitkan hati sy padahal beliau termasuk taat beibadah juga guru iqro sedikitnya tahu bgmn lisan itu dijaga yg sy tanyakan bgimn sy hrs bersikap padahal sy sdh berdoa & tahajud utk bs keluar dr kemelut ini ..

  37. Fadhil ZA says:

    Ass wr wb

    Untuk Fiyansofyan dan Roni

    Demikianlah Allah memguji manusia dengan kejadian yang buruk dan kejadian yang baik. Jika mendapat kebaikan biasanya manusia bergembira, bangga dan lupa pada Allah. Jika diuji dengan keburukan biasanya manusia berkeluh kesah dan putus asa. kecuali orang yang beriman dan yakin pada Allah. Orang yang bertakwa jika diuji dengan keburukan dia bersabar dan meningkatkan ibadahnya pada Allah, jika diuji dengan kebaikan dia banyak bersyukur poadaNya.

    Anda berdua saat ini sedang diuji dengan kejadian yang buruk, tetaplah istiqomah dan bersabar. Tingkatkan ibadah dzikir dengan memperbanyak tasbih, istioghfar dan tahmid. Berdo’alah dengan mengerjhakan tahajud mohon bimbingan agar diberi jalan keluar dari kemelut yang dihadapi. Insya Allah Dia tidak pernah menolak do’a yang dipanjatkan dengan sunguh sungguh.

  38. martias says:

    assalamulalaikum pk ustadz
    saya menikah tujuh tahun dengan pria bekebangsaan itali. Sebelum menikah ia menyatakan dirinya menjadi seorang muslim (mualaf). Selama menjalani bahtera rumah tangga ini, saya merasa sedih karena sulit sekali mengajak suami untuk melakukan sholat lima waktu, walaupun ia tahu sudah masuk waktu sholat.

    Terkadang saya merasa putus asa, walaupun tak putus dari berdoa kepada Allah SWT melalui sholat lima waktu atau sholat tahajud,supaya Allah senatiasa memberikan hidayahNya kepada suami saya.

    Pak ustadz, saya mau bertanya kepada bapak, usaha apa yang harus lakukan agar Allah mengabulkan permintaan saya, saya berharap mendapatkan masukan dari bapak, karena saya merasa sendiri mengatasai masalah ini…..

    • Fadhil ZA says:

      Ass wr wb

      Hidayah itu kepunyaan Allah Dia memberi hidayah dan petunjuk pada siapa yang dikehendakiNya, dan membiarkan sesat siapa yang dikendakiNya. Kita hanya bisa berusaha , keputusan ada di tangan Allah. Tetaplah mengajak suami anda dengan sabar , istiqomah dan selalu berserah diri (bertawakal ) pada Allah. Kita tidak bisa memaksakan kehendak kita pada Allah. Rasulullah sendiri betapa inginnya mengislamkan pamannya Abu Thalib, namun sampai akhir hayat beliau tetap tidak mau mengucapkan kalimat laa ilaaha illallah.

  39. choiria says:

    Ass Wr. Wb, pak Uztad
    saya mau tanya kalau kita sholat tahajud dua rakaat setelah selesai langsung dzikir dan do’a nggak witir lagi kira2 sah nggak pak.

    • Fadhil ZA says:

      Ass wr wb

      Sholatnya ya tetap sah, hanya saja sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah sebaiknya tetap ditutup dengan witir walau hanya satu rakaat saja.

  40. Nini Variza says:

    asmkm,wrwb..ustd..,saya sedang di landa kegelisahan..,saya tidak sengaja bertemu dg bapak2 dan bapak trsbut menerawang khdpan saya,,,dan apa yang di ktkan pd saya mengenai wtwk dan khdpn saya masa lalu smuanya benar,,,namun dy menerawang dr griz tangan saya,,dan dy bilang bahwa nanti kdpannya saya akan dimadu…,ini mmbuat saya resah ustd,,,apa yang hruz saya lakukan ustd…,apakah itu sdh trmsuk syirik??

  41. Fadhil ZA says:

    Wa alaikum salam, apa yang terjadi pada diri kita adalah penjelmaan dari perasaan dan fikiran kita. Apa yang kita fikir dan rasakan cenderung untuk menjelma dalam kehidupan kita, Jika kita berfikiran dan perasaan buruk /negatif maka kejadian buruk dan negatif itu akan menjelma dalam kehidupan kita. Sebalikjnya jika kita berfikir dan perasaan baik maka semua kejadian baik akan datang dalam kehidupan kita.

    Orang tersebut telah menanamkan fikiran buruk pada diri anda jika anda percaya dan yakin , atau terpengaruh oleh sugesti tersebut , maka semua itu akan terjadi pada diri anda. Jika anda tidak percaya dan menolaknya dengan sepenuh fikiran dan pewrasaan maka semua itu tidak akan terjadi pada diri anda. Rasulullah mengatakan :”tidak ada yang bisa merubah takdir kecuali do’a” berdoa dan yakinlah bahwa pransangka buruk itu tidak akan terjadi.

    Rasulullah sudah melarang umatnya untuk mendatangi tukang ramal, tenung dan sihir….inilah salah satu efek buruk dari tukang ramal. hanya bikin resah dan gelisah. Dia bisa meraba masa lalau anda dengan mengikuti fiikiran dan perasan anda , namun tidak ada orang yang bisa tahu apa yang akan terjadi besok atau nanti. Manusia hanya menduga duga saja.

  42. kirana says:

    Ass…
    Bapak, saya seorang ibu dgn 2 putra yang amat sy sayangi..dan sy diberikan suami yg amat baik…
    Beberapa hari terakhir ini, saya selalu resah, gelisah, ketakutan tidak bs menemani anak2 saya sampai nantinya…
    Alhamdulilah saya bs Tahajud…mohon ampunan krn selama berumah tangga bnyak kesalahan yg saya buat p ustad..
    Mohon petunjuk Bapak , bacaan apa yg baik utk memohon diberikan ampunan dan kesehatan yang baik…
    Bapak saya seorang mualaf, disetiap shalat saya tidaklah selalu sempurna bacaannya, tp saya amat yakin Allah SWT Maha Mengetahui… saya berusaha meningkat ibadah2 saya…
    Air mata saya selalu mengalir bila mengingat semua dosa2 saya dan orang tua saya…
    Saya amat menyayangi dan menghormati orang tua saya.
    Mohon bantuan Bapak…untuk semua kegelisahan dan ketakutan di hati saya…
    Mksh bnyk bapak..
    Wss

  43. yayan says:

    ass.wr.wb
    ustad saya mau tanya apakah sholat tahajud bs dilakukan tanpa harus tidur dulu?

    • Fadhil Z.A says:

      Wa alaikum salam

      Pada dasarnya sholat malam boleh saja dilakukan sejak terbenam matahari sampai terbit Fajar . Waktu terbaik mengerjakan sholat malam adalah pada sepertiga malam terakhir,Rasulullah biasa melakukan pada saat itu , dimana setelah selesai sholat malam langsung bertemu dengan waktu sholat subuh. Karena dilakukan pada sepertiga malam terakhir , tentu saja lebih baik tidur lebih dahulu. Kalau kuatir tidak terbangun pada sepertiga malam terakhir boleh saja dikerjakan sebelum tidur. Kerjakanlah …seberapa bisa. 2, 4, ,6, atau 8 rakaat kemudian tutup dengan witir 1 atau 3 rakat.

  44. yuli says:

    assalamualaikum…..
    pak sya seorang mahasiswa di PTS,,,saya sdang di hadap kan dgn sbuah mslh yg mnrut sya sngt rumit

    saya pxa seorang pcar,,,dy orng jauh
    qt g satu suku
    qt mnjlin hub hmpir 8 bln,,,tp ortu dri pcar sya tdk setuju pak,,,bpak nya mnentang hub dgn sya di karenakan beda suku,,,tp dy mnentang hingga akhir nya dy minggat dan menuju krmh sya.
    smpai drmh sya ortua sya mnerima dng senang hati,,,,mlah di anggap kyk anak sndiri pakkk…..
    yg jd mslh pak,,,smua swdara quwww,,adik2 x ibu quw g da yg setuju sya hub dng dy…..
    smpai akhir x pcar sya pulang lg dan mgurusi surat2 intuk nikah
    pdhal di daerah nya bapak x mlrang keras untuk nikah dgn sya????
    sya hxa bisa berdoa pak dan sholat sunnah2 laen x/???
    mnurut bpak sya hrus bgaimna????

    • Fadhil Z.A says:

      Waalaikum salam
      Mintalah pertolongan pada Allah dengan sabar dan sholat. Jawaban Allah adakalanya cepat dan adakalanya lama sekali bisa berbilang tahun, karena itu butuh kesabaran. Pemikiran, pendapat dan tindakan kita bisa salah, namun keputusan Allahlah yang terbaik. Berusahalah untuk ridho dengan ketetapan Allah, walaupun terasa pahit. …..usahakan itiqomah dengan sholat tahajudnya , insya Allah ada jalan keluar dari masalah yang dihadapi.

  45. faizul anwar says:

    assalamua’alaikum

    pak kalo tnya tentang bab lain boleh ndak??

    anak remaja zaman sekarang sulit sekali di dekatkan dengan Islam

    mnurut bapak cra plg efesien itu gmn???

  46. ana mujiati says:

    ass pak???

  47. ana mujiati says:

    ass pak???
    Pk ana mau nanya apakah orang itu berkata benar apa slah makna terkandung dr surat yasin ayat 56 dan 57
    apakah bisa membuat benci eseseorang?
    dan dengan cara apa mengobati rasa sakit yang luar biasa?

    • Fadhil Z.A says:

      Wa alaikum salam

      56- Mereka dan istri-istri mereka berada dalam tempat yang teduh, bertelekan di atas dipan-dipan.57- Di surga itu mereka memperoleh buah-buahan dan memperoleh apa yang mereka minta. (yasin 56-57)

      Ayat tersebut menjelaskan bahwa penghuni syurga kelak bersenang senang didalam syurga beserta suami dan istri mereka, mereka mendapatkan buah2an dan apa saja yang mereka minta. Tidak ada kaitan dengan rasa benci atau menghilangkan rasa sakit. Jangan menggunakan ayat Qur’an untuk hal yang tidak tepat. Al-Qur’an itu nasihat untuk orang yang beriman.

      Kalau sakit …ya berobat, mohon kesembuhan pada Allah dan bersabar menunggu ketetapan dan keputusanNya.

  48. nie says:

    asskm..ustdz..
    sy ykin bhw jdh dan maut sdh ditentukan oleh ALLAH SWT..
    tp apakah boleh jika sy berdoa pd ALLAH agar orang yg sy cintai saat ini adalah jdh sy nanti..
    dan adakah amalan khusus untuk memohon masalah jodoh ini???

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Tidak seorangpun yang tahu apa yang akan terjadi besok atau dimasa yang akan datang, demikian pula kitapun tidak pernah tahu dengan pasti siapa yang akan menjadi jodoh kita dimasa yang akan datang. Allah telah menjadikan segala sesuatu berpasang pasangan. Mintalah pada Allah agar diberikan jodoh yang serasi membawa rahmat dan berkah dalam kehidupan dunia dan akhirat.

      Kalau sudah ada yang diinginkan berdoalah:”Ya Allah jika si…..(sebut namanya) baik untuk agama dan masa depan saya, jodohkanlah kami. Mudahkan semua urusan perjodohan kami. Namun jika dia tidak baik bagi agama dan masa depan saya , gantikanlah dengan yang sesuai menurut pilihan dan kehendakMu. Engkau maha tahu apa yang paling baik bagi diri hamba.”

      Kalau kita mengacu pada pilihan sendiri, mata sering salah lihat, telinga sering salah dengar, yang terlihat indah ternyata membawa sengsara. Dunia penuh dengan tipuan dan kebohongan. Pilihanh Allah adalah yang paling baik. Mintalah pada Allah dengan mengerjakan sholat malam.

  49. IIN says:

    as wr br..
    pak ustadz,
    gmana jika kita kerja sibuk, tp keinginan kita untuk bertahajud banyak, namun gk bisa bangun, karena terlalu capek kadang kerja…apa bisa kita gantikan, walaupun kita duduk bekerja tapi kita dalam hati zikir, berdoa, maupun baca2 amalan lainnya??

    • Fadhil Z.A says:

      Waalaikum salam

      Salah satu kendala untuk mengerjakan tahajud adalah , capek karena bekerja di siang hari. Dengan alasan yang sama saya pernah berhenti mengerjakan tahajud selama 20 tahun, namun dengan tekad yang kuat akhirnya saya sanggup mengerjakannya kembali sejak usia 50 tahun. Untuk sanggup mengerjakan tahajud memang dibutuhkan tekad yang kuat, insya Allah bekerja pada siang hari tidak akan menjadi kendala.

      Sementara ini kerjakan saja berapa sanggupnya, kalau nggak bisa bangun malam ya kerjakan saja sholat dhuha antara jam 7 s/d 8.30 bisa dirumah bisa juga dikantor. Berdzikir dan berdo’a serta membaca amalan lainnya diluar sholat wajib memang diperintahkan Allah dalam surat An Nisa 103:” Apabila kamu telah selesai sholat ingatlah Allah ketika berdiri, duduk dan berbaring..”

  50. indah says:

    As wr wb
    pak ustad, sy sdh 2 bln sakit dan sudah berikhtiar kemana mana tp belum ada kesembuhan.Sudah 5 hari ini sy rajin sholat tahajud mohon ampun dan kesembuhan kepada Allah Swt.Setiap hari saya selalu mengharapkan adanya perubahan pada diri saya.Mohon petunjuk pak ustad bagaimana sholat tahajud yang khusuk,karena kdg-kdg sempat mampir sekilas pikiran pikiran disela sela menjalankan sholat tahajud.Apakah sholat sy sudah dikatakan khusuk? terkadang sy sampai menangis pada saat mohon ampun dan kesembuhan

    • fadhilza says:

      wa alikum salam

      Bagi orang beriman sakit yang diderita merupakan ujian dan cobaan dari Allah. Teruslah bertahajud dan berusaha secara medis sampai Allah mendatangkan pertolonganNya. Bersabarlah selama menanti pertolongan dariNya. Sakit yang anda derita jika dihadapi dengan sabar merupakan tiket untuk memasuki taman syurga. Coba didownload seri tadabbur Qur’an (3) tentang tiket ke syurga yang ada diblog ini . Simak dan dengarkan setiap hari ikuti do’a yang dipanjatkan , kalau perlu tambahkan sendiri do’a minta kesembuhan dari Allah. Mudah2an Allah membukakan jalan kesembuhan bagi anda.

      Selanjutnya untuk membuka pintu rahmat download pula seri tadabbur Qur’an (4) dengar dan simak setiap hari , insya Allah anda akan merasakan rahmat dariNya.

  51. Sista says:

    Assalamualaikum,
    Pa ustad,,saya mau tanya ni,,sya punya masa lalu yang sangat pahit(perna berzina),,skarang saya sdah sadar sdikit tuk medekatkan diri pa allah,,sya mengerjakan sholat tahajud tpi tidak secara terus menerus,,saya berkeinginan tuk melupakan masa lalu saya,,kandang masa lalu itu selalu menhantui saya,,saya ingin ibadah saya tu sempurna dan bisa melupakan masa lalu saya yang sangat menyakitkan,apa ALLAH msi mengampuni dosa saya? atau ini hukuman bagi saya sehingga saya blum mendapatkan jodoh?

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Allah maha pengampun dan maha menerima taubat, jika kita bersungguh sunguh mohon ampun dan bertaubat , Ia pasti mengabulkannya. Berusahalah terus memperbaiki diri dengan tekun dan sabar, segala sesuatunya butuh waktu. Allah akan menguji kesabaran dan keteguhan kita dalam bertobat padaNya.

      Kejadian buruk pada masa lalu jangan selalu diingat dan dikenang, segera lupakan….tapi ingatlah selalu berbagai nikmat yang telah diberikan Allah pada kita , agar kita bisa bersyukur padaNya (lihat surat Fathir 2-3) .

      Allah tidak pernah menghukum dan mengazab orang yang beriman dan bertawakkal, namun Allah pasti menguji keimanan dan ketakwaan seseorang dengan berbagai cobaan, berupa ketakutan, kekecewaan, kemalangan dan lain sebagainya (lihat surat al ankabut 2-3, Albaqarah 214) dan Allah sangat mencintai orang yang sabar dan istiqomah menjalani semua cobaan itu.

  52. ocha says:

    assalamualaikum pa ustad saya ocha umur saya 19 saya mau tanya masalah jodoh saya pernah dapat mimpi setelah solat malam saya ditampakan wajah pria itu sudah lebih dari 5 kali ceritanya seperti ini.
    aku mencoba sholat istikhoroh seperti yang disebutkan oleh rosullulah saat kita bingung memilih suatu pilihan. Akupun mencoba solat tersebut dengan penuh harapan aku mendapatkan jawaban atas doa’ku selama ini. Setelah beberapa kali aku melaksanakan hal tersebut akupun sering sekali ditampakan wajah pria tersebut. Sedikit cerita aku meminta jodoh yang terbaik untuk ku heheheh J, sekitar 5 kali aku ditunjukan hal tersebut akupun merasa sedikit yakin akan sosok dia tetapi sekarang masalahnya kita terpisah jarak dan sulit untuk berkomunikasi apakah mungkin dia yang terbaik yang ditunjuk allah??
    Dan subhanalloh saat aku bermimpi bertemu dia, dia tidak berbicara sepatah katapun hanya tersenyum dan ada hal yang aneh di mimpi tersebut aku melihat banyak orang yang memanen buah alpukat…… itu mimpi pertama aku. Setelah itu akupun ditunjukan kembali wajah dia dan lagi-lagi aku melihat orang sedang memanen buah anggur yang warna’y ungu dan terlihat segar dan besar. Setelah itu mimpi ke 3 kalinya aku diberi sepasang cincin yang didalam cincin tersebut ada nama ku dan nama dia, aku memakai cincin yang bertuliskan nama dia, tetapi di jariku banyak sekai cincin yang melingkar aku lepaskan satu per satu cincin di tanganku dan hanya tersisa satu cincin yang bertuliskan nama’y. mimpi ku yang ke 4 aku bertemu dengan dia lagi dan sekarang dia membawa tanpa berbicara hanya tersenyum, hujan pun turun tapi kami tetap bersama sambil mengendarai mobil. Dan terakhir yang aku dapet mengenai mimpi bertemu dia adalah aku melihat dia sedang merakit sebuah komputer aku hanya bisa melihat dia dari jauh saja, saat aku bangun pagi-pagi aku biasa melihat FB hehehehe belum apa-apa udah online aja hahahah…. J aku melihat status dia yang bertuliskan “merakit kembali komputer yang telah lama tersimpan” itu sepenggal status dia yang aku lihat di pagi itu, padahal semalam aku baru memimpikan dia. Hatiku pun bertanya-tanya apa yang sedang terjadi saat ini apakah aku benar-benar ditunjukan akan dia adalah JODOHKU??
    Selain aku diberikan jawaban lewat mimpi aku pun bisa merasakan apa yang dia rasakan seperti saat aku makan siang bersama teman-teman ku tiba-tiba nasiku jatuh semua dan aku pun mempunyai firasat jelek tentang dia, dan ternyata saat aku lihat status dia di Facebook yap, hal itu terjadi dia jatuh dari motornya meski tidak apa-apa tapi kenapa aku bisa merasakan hal itu??.
    pertanyaan saya ustad apakah mimpi itu benar datang dari allah? jika benar apakah dia akan kembali pada sya mengingat sekarng saya tidak bersama dia lagi jarak kita jauh apakah kita akan bertemu kembali?
    selanjutnya jika bukan jodoh saya bagaimana solusinya agar saya bisa pasrah mohon dijawab ustad kirim email untuk jawabannya ke ch4_ly491@yahoo.com
    terimaksaih wassallam.

    • Fadhil Z.A says:

      Wa alaikum salam

      Ananda Ocha tetaplah istiqomah mengerjakan sholat malam, mohon pada Allah agar diberikan Jodoh yang sesuai dan membawa keberkahan dalam kehidupan didunia maupun akhirat.Jangan hiraukan gambaran yang muncul dalam mimpi,boleh jadi itu datangnya dari syetan. Bagi mereka yang istiqomah memohon pada Allah Jika Dia hendak mempertemukan seseorang dengan jodoh yang telah ditetapkannya biasanya sering tidak terduga. Tiba2 bertemu, langsung cocok dan semua urusan terlaksana dengan mudah tanpa mengalami banyak rintangan..

      Allah tidak pernah mengiming iming hambanya dengan gambaran dan hayalan, semuanya datang dihadapan kita dengan jelas dan mudah dijalani. Mimpi , harapan dan angan angan muluk biasanya datang dari bisikan dan gambaran syetan yang menimbulkan was was didalam hati.

  53. Irwan says:

    mikum p’ustd jujur aku baru menyadari agama itu penting dlam hidup, jjur aku sering melalaikaN perintah allah,,, saat ini aku seringkali tidak tenang hari entah tau kenapa aKu merasa hidupku tidak bErguna,,,,, aku bingung banget???

    • Fadhil Z.A says:

      Wa alaikum salam

      Usahakan lebih mendalami Islam dengan belajar dasri buku, mendatangi pengajian, mendengarkan tausiah di Televisi dan radio. Sudah banyak media dakwah yang bisa diikuti termasuk diinternet ini. Jika ada hal yang tidak jelas bertanyalah pada yang mengerti.

  54. Bunda says:

    Ass pak Ustad
    apakah dgn solat tahajud kita bisa meminta kpd Allah utk disatukan lg rumah tangga kita, setelah kita menyesali perbuatan dosa yg kita lakukan?…
    Wass…….

    • Fadhil Z.A says:

      Wa alaikum salam

      Kalau meminta dan berdo’a pada Allah boleh saja.Masalah dikabulkan atau tidak adalah sepenuhnya kewenangan Allah. Kita tidak bisa mendikte Allah harus begini dan begitu. Allah maha tahu apa yang paling baik buat kita.Dia akan memilih dan memberikan yang terbaik bagi hambaNya yang berdo’a dan memohon padaNya. Minta dan berdo’alah pada Allah. Apapun yang ditetapkan dan diputuskan Allah terimalah dengan ikhlas dan ridho, itulah yang paling baik bagi kita

  55. Assalamualaikum Wr.wb.

    Terimakasih atas penjelasan pak Ustadz mengenai makna shalat Tahajjud ini yang amat berkenaan di hati saya. Begitu mulianya ibadah ini dan bagi saya masih teramat sulit untuk mengamalkan dan melanggengkannya sebagai ibadah sehari-hari. Semoga Allah memberikan kepada saya dan yang lain-lain agar dapat mengamalkan ibadah ini dengan sebagi-baiknya sesuai anjuran pak Usrtadz.

    Saya haya mendoakan semoga Pak Ustadz Fadhil selalu diberkahi rahmat yang tidak terputus dari Allah SWT. Amin.

  56. Ir Taufik Gf says:

    Assalamualaikum Wr.wb.

    Terimakasih atas penjelasan pak Ustadz mengenai makna shalat Tahajjud ini yang amat berkenaan di hati saya. Begitu mulianya ibadah ini dan bagi saya masih teramat sulit untuk mengamalkan dan melanggengkannya sebagai ibadah sehari-hari. Semoga Allah memberikan kepada saya dan yang lain-lain agar dapat mengamalkan ibadah ini dengan sebagi-baiknya sesuai anjuran pak Usrtadz.

    Saya haya mendoakan semoga Pak Ustadz Fadhil selalu diberkahi rahmat yang tidak terputus dari Allah SWT. Amin.

  57. ayu says:

    assalamualikum pak ustadz.
    saya mau nanya udh bebrapa hari ini saya mengerjakan sholat tahajud dan dhuha memohon kepada allah agar saya d berikan jodoh yg terbaik buat saya dan masa depan saya yg lebih baik penghidupan dr segi ekonomi dr saya yg sekarang.apakah salah saya berdo’a seperti itu, terkadang saya yakin akan do’a akan terkabulkan tp d lain pihak ketidak yakinan itu muncul akan jodoh saya.
    pak ustadz bagaimana crnya agar keyakinan saya itu benar2 bisa kuat dan mantap d hati baik itu masalah jodh atau masalah yg lain.
    terima kasih.
    ASSALAMUALAIKUM PAK USTADZ.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Tetaplah istiqomah memohon pada Allah dengan mengerjakan tahajud, Saya dua kali mengalami masalah jodoh pertama ketika muda dahulu saya mengerjakan tahajud setiap malam mohon diberi jodoh yang sesuai, alhamdulillah setelah 2 tahun mengerjakan tahajud saya dipertemukan dengan istri yang setia menemani saya selama 28 tahun sampai ia dipanggil oleh sang pencipta.

      setelah istri saya wafat dan meninggal kan kami beserta 3 orang putra putri, saya memohon lagi pada Allah dengan mengerjakan tahajud , alhamdulillah setelah satu setengah tahun kemudian saya dipertemukan dengan istri yang mendapingi saya sampai sekarang.

      Masalah jodoh bukanlah masalah enteng , tidak cukup hanya mengerjakan tahajud satu atau dau hari , sebulan atau dua bulan saja. Mohonlah pada Allah walaupun sampai beberapa tahun. Yakinlah akan pertolongan Allah , jangan pernah ragu. Dia tidak pernah menolak do’a hambanya yg tetap istiqomah.

  58. muthmainna Nurjanna says:

    AssaLamuLaikUm Pak UsTAz..
    gNi PaK, SaYa pUnYa PaCaR TaPi TggaLX iTu dKaLimAnTaN sDaNgKaN SaYa TggaL dsuLaWeSi.
    SaYa sDaH 2 TaHuN LeBiH keNaL dNgaN dYa. SaYa pUn sDaH LUMaYaN aKRaB dnGaN kLuaRga BeSaRX. Baru2 iNi SaYa dTeLpOn Dari PaManX, kaTanYa pCaRQ iTu MaU dTaNg mELaMAR.TaPi mASaLAhNya SaYa BAru BeRuMur 18 TaHun,.!
    SuaTu WaKTu SaYa LaKUKaN shALat TaHajjud, miNTa pETuJJuk Sama ALLAH.
    saYa mENgaTaKaN bAhWa “kaLo MMg DIA iTu bZa mNjaDi iMam BaGi ZYa dduNia aKhiRaT pRkenaNkaNLah aGar kLuaRga qMi MaKin DeKaT,
    TeTapi kLO DIA TdaK bZa mNjadi IMAM sYa, Maka BaNtuLaH HaMbaMu iNi Agar KIRanya biSa meLuPaKan DIA.”
    TeTApi seTeLAh iTu, SeLaNg BeberApa WAKtu, mengaPa SaYa JuSTrU mNgiNgATnYa TrUs…???
    SaYA suSaH uNTuK mELuPaKANnya…
    Yg mNjadi PeRtanYYan saYa PAK UsTazD, MunGkiN KaH iTu PeTunJuK ALLAH, bahWasaNya DIA iTu sDaH mNjaDi JOdohQ aTaU bGaimAn uzTasD…..???
    mHoN BaNTuaNnYa.
    wasaLaM

  59. joko says:

    askum pk ustad saya mo nanya?dl kami kena mslh dilematis,yg intinya pihak ketiga ingin menyita mtr punya tmnku tp tmnku bilang itu motor punyaku tp pihak ketiga tidak percaya lalu aku disrh bersumpah sama pihak ketiga,klo mtr itu punyaku,dan sebelum di sumpah,tmnku telah mnghibahkn ke saya,pertanyaanya hukumnya gimana nie pak ustad apa sumpah itu khn mmbawa dmpak negatif pd saya..mohon bimbinganya..

  60. joko says:

    askum pk ustad saya mo nanya?dl kami kena mslh dilematis,yg intinya pihak ketiga ingin menyita mtr punya tmnku tp tmnku bilang itu motor punyaku tp pihak ketiga tidak percaya lalu aku disrh bersumpah sama pihak ketiga,klo mtr itu punyaku,dan sebelum di sumpah,tmnku telah mnghibahkn ke saya,pertanyaanya hukumnya gimana nie pak ustad apa sumpah itu khn mmbawa dmpak negatif pd saya..mohon bimbinganya..tolong kirim ke email saya terima kasih

  61. Fadhil ZA says:

    Wa alaikum salam

    Kalau motor itu memang bukan punya anda namun anda bersumpah dengan nama Allah bahwa motor itu adalah kepunyaan anda , itu adalah hal yang keliru, bertaubatlah pada Allah karena hal itu sudah terjadi.
    jangan bermain main dengan nama Allah, menyesal dan bertaubatlah , karena Allah maha pengampun dan menerima taubat hambaNya, namu jangan diulang lagi hal seperti itu. Jika anda bertaubat dengan sungguh sunguh niscaya Allah menerima taubat anda , dan ekses negatifnyapun akan hilang.

  62. arief says:

    assalamualaikum, pak ustadz
    saya ingin sekali sholat malam setiap hari, tapi susahnya minta ampun untuk bangun pada waktu jam 3 pagi.
    Mohon bagaimana trik nya untuk bisa bangun di waktu malam ?
    Trus untuk tidur sehari bisa berapa jam pak ustadz

    • Fadhil Z.A says:

      Wa alaikum salam
      Memang untuk mampu bangun pada malam hari mengerjaskan tahajud bukan pekerjaan yang mudah. Butuh motivasi yang super kuat untuk melakukannya. Tanpa motivasi yang kuat sulit sekali untuk rutin mengerjakan sholat malam. Cari dulu apa motivasi anda. Ingin sukses dunia atau akhirat? mau sukses, kaya hidup berkecukupan, jabatan, kemuliaan , disegani lawan dan kawan…..atau ingin dekat dengan Allah, selamat dari azab neraka, masuk syurga, sejahtera dunia dan akhirat.

      Ketika muda dulu saya punya motivasi duniawi ingin hidup sukses , berkecukupan…namun setelah didapat semangat saya mengerjakan tahajud jadi kendor. Sekarang dihari tua motivasi saya ingin dekat dengan Allah, selamat hidup didunia dan akhirat…ternyata motivasi ini jau lebih kuat daripada motivasi pertama…mungkin karena saya sudah masuk usia senja, sekarang hampir 60 th.

      Saya pernah mengerjakan tahajud selama 10 tahun , kemudian berhenti 20 tahun dan sekarang sudah menjalani kembali selama 10 tahun. Untuk memulai lagi bukan main beratnya. Namun dengan tekad yang kuat akhir nya saya bisa mulai tahajud lagi. Ketika masih kerja dulu saya tidur jam 22 dan bangun jam 3.00 , sholat subuh, baca Qur’an dan terus berangkat kerja jam 6.00 , barung pulang sdampai dirumah sekitar jam 19.00 . Insya Allah kuat tidak mengantuk waktu dikantor.

      kalau sekarang karena sudah pensiun ,masalah tidur tidak ada masalah , ya gampang diatur.

      Mudah mudahan informasi ini bermanfaat bagi yang ingin melakukan tahajud setiap hari.

  63. anas KT says:

    Assalamu’alikum Wr. Wb.
    Pak Ustad…Alhamdulilah saya sudah istiqomah sholat Tahajud, Hajad, Dhuha tanpa putus dan sholat wajib awal waktu serta subuh berjamaah, Shodakoh, baru 7 bulanan sih..Insya’Alloh saya komitmen seumur hidup saya..Ternyata faedahnya luar biasa..semua masalah teratasi.., hati tentram, terus kalu mau berbuat dosa ada aja halangannya..hanya satu yang belum diberi Gusti Alloh yaitu saya pengen pindah kerja..karena lingkungan kerjanya gak mendukung saya untuk leluasa beribadah….tapi saya tetep sabar…karena saya yakin ama janji gusti Alloh swt…..pertanyaanya pak ustad : dulu wektu pertama kali sholat tahajud ada perasaan deg2an, bulu kuduk berdiri, dll…tapi kok akhir2 ini biasa2 aja yah…dan setiap tahajud sekarang…di tengkuk sampe ke bawah terasa dingin terus ada angin2 sepoi gitu…padahal saya sholat diruang tertutup….mohon jawabannya pak ustad…
    Wassalamu’alikum Wr. Wb.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Bagi orang yang baru mulai tahajud, syetan akan berusaha sekuat tenaga menghalanginya dengan berbagai cara, seperti timbul rasa malas, takut, deg degan, dan lain sebagainya. Namun jika semua itu bisa diatasi dan yang bersangkutan tetap istikomah, setan menjadi lemah dan perasaan tersebut akan lenyap berganti dengan malaikat yang selalu mengingatkan waktu sholat malam. Kadang kala kita akan bangun sendiri pada waktunya walaupun sedang tidur lelap. Kita akan selalu bangun malam walaupun tanpa beker atau alarm. Suasana nyaman selama tahajud itulah sekumpulan malaikat yang senang dengan orang yang mengerjakan tahajud.

  64. irul says:

    ass.wr.wb. pa ustad saya mau tanya kalau kita habis melaksanakan sholat isya kita langsung sholat haja 4 rokaat denga 2 kali salam dgn membaca al iklas rokaat pertama 10kali rokaat 2 20 kali rokat 3 30 kali dan rokat 4 40 kali itu bagaimana ustad tapi ada yang menganjurkan dilaksanakan sholat hajat sekitar jam 1 pagi tlg penjelasan ya ustad lewat email saya ya chairul_ali33@yahoo.com

  65. martias says:

    Assalamu’alaikum pak ustadz. Tahun ini insyaAllah saya berniat untuk menunaikan ibadah haji. Saya ingin bertanya kepada bapak bagaimana menanamkan hati ini untuk mantap menjalankan ibadah itu, karena terkadang masih ada terbesit rasa keragu-raguan, takut, dan khawatir dalam menunaikan ibadah haji. Mohon tausiyah dari bapak. Terimakasih

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Memang Iman dan keyakinan pada Allah tidak tumbuh secara mendadak, namun butuh proses dan tahapan melalui waktu yang panjang. Rasa ragu, takut dan bimbang dapat dihilangkan dengan banyak membaca Qur’an berikut terjemahannya, mengikuti ceramah dan tausiah yang banyak disiarkan diradio maupun televisi, atau mengikuti pengajian dimanapun.

      Selesai sholat wajib maupun sunah biasakan berdo’a munajat pada Allah. Coba baca surat Al Fath ayat 1 – 4 berikut terjemahannya , tadabburi ayat tersebut dan berdoalah menurut apa yang dijanjikan Allah didalam ayat tersebut, yaitu kemenangan, diampuni segala dosa yg lalu dan yang akan datang, mendapat nikmat yang banyak, dibimbing menuju jalan yang lurus , ditolong Allah dengan kekuatan yang dahsyat, serta mendapat ketenangan dan kenyamanan dari sisiNya.

  66. chairul says:

    assalamualikum warohmatulloh wabarokatuh,subhanalloh……p’ustad fadhil ZA,yang dilindungi allah swt saya punya masalah dgn utang yang banyak sekali saya takut sekali kalau tdk ada umur tdk terlunasi. dan saya takut sama hukum allah ,untuk mengatasinya tentunya dengan usaha dan doa,kepada p ustad fadhil tlg minta doanya mudah2 saya terbebas dari mslh utang,doa sudah saya lakukan dari,ketika sujud terakhir,antara adzan dan iqomah,sholat fardu,solat dhuha,solat tahajud,ketika khotib naik mimbar,solat berjamah tidak ketinggalan,saya malu pada allah dan diri saya sendiri,kenapa saya berutang,pada masa muda takut sekali pada utang,saya berusaha utk mendekat pada mu ya….ALLAH SWT.saya mohon p’ustad fahil za memberi penjelasan dan doa nya

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Didalam sholat ketika bangun dari sujud pertama ada do’a yang sangat dahsyat, jika dikabulkan Allah niscaya tidak akan ditimpa berbagai kesulitan hidup. Sayang sebagian besar umat islam tidak memperhatikan do’a tersebut. Mereka membaca dengan tergesa gesa dan tidakl fokus, padahal do’a tersebut dibaca minimal 17 kali sehariu semalam.
      Doanya:” Robbighfirli…ya Allah ampuni aku, warhamni…rohmati aku, wajburni…tutupi semua keburukanku…warfa’ni…angkat derajatku, warzuqni…beri aku rezeki, wahdini…beri aku petunjuk,.wa’afini…maafkan aku, wa’fuanni …maafkan aku”, jika do’a ini dibaca dengan khusuk dan sungguh sungguh kemudia allah mengabulkannya, niscaya kita tidak akan ditimpa kesulitan hidup yang berkepanjangan.
      Barang siapa yang sholat dengan khusuk dan benar, bniscaya hidupnya sejahtera, silahkan baca penjelasannya pada artikel sholat khusuk di blog ini pada kategori “kekuatan dzikir dan sholat”

  67. chairul says:

    ass.wr.wb.terima kasih ustad atas pencerahannya muadah-muadahan bermanfaat bagi saya dan keluarga apa ada amalan selesai habis sholat tahajud ustad

    • Fadhil Z.A says:

      Wa alaikum salam

      selesai tahajud sebaiknya disisi dengan do’a dan dzikir. Mintalah apa saja yang dibutuhkan didunia maupun diakhirat. Berdzikirlah dengan kalimat dzikir yang standard seperti laa ilaha illallah, subhanallah, alhamdulillah, atau asmaulhusna.

  68. deybi says:

    alhamdullilah pak usztad, saya sudah melaksanakan sholat malam, dan hasilnya luar biasa… Allah maha mengetahui apa yang kita butuhkan,.

  69. chairul says:

    ass.wr.wb. terima kasih ustad atas masukan nya dan bimbingan nya saya insya allah akan saya jalani dengan istiqomah dan saya mau tanya selesai tahajud itu doa dulu apa zikir dulu ya ustad

  70. Tini Redho says:

    Assalamualaikum Pak Ustad, saya punya suami yang punya usaha dagang, tetapi sudah 5 tahun belum ada peningkatan. apa yang harus saya lakukan untuk menolongnya pak ustad. Terima kasih Wassalam

  71. Irmansyah says:

    Ass. Pak,,, mau tanya,,,saya mohon saran dari bapak, bagaimana sholat tahajjud yg benar, yg sesuai dg Rasulullah SAW. terus ,, gimana y pak caranya agar setiap mau melakukan S.tahajjud itu ikhlas dan semata-mata karena Alloh ta’ala,,bukan karena kadet AAL. Saya kadang berbicara dlm hati,, apabila tdk ada kadet AAL, mungkin saya tdk mau S.tahajud… nah itu pak yg menjadi beban pikiran… Mohon bimbingannya pak,,,agar sholat saya(baik fardhu/sunat) dpt dilakukan dg ikhlas dan lillahi ta’ala..Terma kasih..

  72. Irmansyah says:

    Ass.. maaf pak NB.. Pak, bpk kenal sama bpk NURHANA TIRTAAMIJAYA,,,? saya pernah konsultasi sama beliau tentang gigi saya yg untuk ompong..beliau menjawab”islam mengajarkan berpikir secara sehat” lalu saya dianjurkan untuk pergi ke dokter gigi. .membaca jwbn beliau , mental saya langsung down. biaya utk ke dokter gigi kan sgt mahal.tapi saya tdk akan putus asa,,sya yakin kekuasaan Alloh , tiada yang tidak mungkin bagiNya. mohon tanggapan dari bapak,, terima ksh Wass.Wr Wb

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam
      untuk mencapai tahap ikhlas itu butuh pembelajaran dan proses yang lama, ketika muda dulu saya mengerjakan tahajud selama 10 tahun untuk mendapat kehidupan yang layak , karena saya hidup dalam keadaan serba kekurangan (miskin). Setelah saya mendapat kehidupan yang baik saya tidak sanggup lagi mengerjakan tahajud dan berhenti selama 20 tahun, Alhamdulillah sekarang sudah bertahajud lagi sejak 10 tahun yang lalau tapi niatnya tul;us hanya untuk pengabdian pada Allah.

      Tidak mengapa jika untuk mencapai cita cita ananda mengerjakan tahajud, karena dalam surat Al Baqarah ayat 45 Allah mengatakan :” Minta tolonglah kamu dengan sabar dan sholat, sesungguhnya sholat itu amat berat kecuali bagi orang yang khusuk”. Minta lah pertolongan pada Allah untuk mendapatkan apa yang ananda inginkan dengan mengerjakan sholat tahajud. Mudah mudahan ananda mendapatkan apa yang ananda cita citakan.

  73. oq says:

    Ass , pak ustad , sy sedang sakit stroke sudah setahun lebih, pecah pembuluh darah di otak dan operasi , kondisi sekarang alhamdulillah bisa jalan tanpa tongkat , cuma tangan kiri belum bisa digerakan , sdh 3 bulan ini sy melakukan pengobatan , dengan melakukan qurban sukuran kambing dengan harga yg di tentukan walaupun sesuai kemampuan kita , insya Allah sembuh katanya , cuma sampai saat ini belum ada perkembangan apa 2 , bagaimana hukumnya dlm islam ? Mohon pencerahAnnya dr pak ustad agar sy bisa kembali beraktifitas normal , sy jg sdh menikah 5 thn setengah belum di karuniai keturunan , terima kasih , wass

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Saya ikut prihatin dengan keadaan ananda. Rasulullah mengatakan setiap penyakit ada obatnya , kecuali penyakit tua atau mati. Berobatlah dengan yang halal jauhi semua yang subhat dan haram. Pengobatan dengan tumbal kambing atau hewan lainnya tidak ada contohnya dari Rasulullah. Dikuatirkan malah jadi sesajen bagi golongan jin.

      Cobalah pengobatan alternatif yang tidak meragukan seperti pengobatan herbal, tusuk jarum, pijat refleksi, bekam dan lain sebagainya. Lakukan sholat hajat mohon pertolongan pada Allah agar disembuhkan dari penyakit ananda.

      Perbaiki mutu sholat ananda , didalam sholat ketika duduk iftirash ada do’a yang dahsyat, termasuk didalammnya do’a minta kesehatan.

  74. ning says:

    Ass. pak ustad sya sudah 4 th menderita kista dan sethn ini menderita urat syaraf terjepit,, sya sudah mencoba berobat ke dokter dan alternatif, disaping itu sapai saat ini saya punya maslah selalu gagal dalam menjalin hubungan dengan pria. Mohon petunjuk apa yg bs sya lakukan agar perasaan lebih tenang wlpun sya sudah berusaha sholat, berdoa dan bersedekah tapi hati ini selalu merasa gelisah meengingat usia yang sudah tidak muda lagi

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Rasululah mengatakan bahwa shalat adalah tiang agama, maksudnya shalat itu merupakan sandaran dan benteng kita dalam menghadapi berbagai masalah kehidupan. Tolong periksa kembali shalat yang ibu lakukan, apakah ibu sudah mengerjakan shalat dengan benar dan khusuk. Ibu bisa baca tulisan tentang shalat khusuk di blog ini pada kategori “Kekuatan shalat dan dzikir”

      Mintalah tolong pada Allah dengan mengerjakan shalat khusus untuk menghadapi masalah yang ibu hadapi misalnya dengan shalat malam, dhuha atau shalat sunah lainnya. Berdoa dan menangislah dihadapan Allah, bagi Allah tidak ada hal yang tidak mungkin. Insya Allah cepat atau lambat pertolongan itu akan datang, janji Allah pasti dipenuhi.

  75. hamba yg ingin tobat says:

    ass pak ustd
    saya seorang cow saya mempunyai masalahh
    saya bru adja putus dngan pacar saya
    saya masih sayang bnget ama dia
    setiap hari saya ingat sllu dngan pacar saya itu
    jdi klo mau kerja gtu jdi meles gtu
    krena dlanda rasa tdk tenang
    mau ngomongin isi hati kemantan cewe saya gg bsa pak masalahnya terpisah oleh jarak
    paling yg saya suruh ngomongin temen saya ke cewe itu lewat hp
    masalahnya disini pak q merasa jga pnya salah besar sma cewe itu dan sekalian mau ngomong dan minta maap tp cew itu kyaknya sudah tdk mau maapin ksalahan saya pak
    bagai mna pak cara biar cewe itu luluh dan mau maapin kesalahan yg sya buat smadia pak
    saya bener2 masih sayang bnget sama dia(walopun sebenarnya pacaran itu dilarang agama)
    sayya udah lakukan sholat hajat,sholat thajud tp bru sebentar saya lakukan pak
    ap lgi yg saya harus lakukan pak

    mohon petunjuknya pakk
    wass

    • Fadhil ZA says:

      wa alaikum salam wr wb

      Didunia kita akan selalu mengalami kejadian baik dan buruk. Kejadian baik dan menyenangkan serta kejadian buruk yang membuat kecewa jengkel dan sedih, akan selalu hadir dalam hidup kita silih berganti sepanjang masa.

      Itu adalah ujian dari Allah. Orang beriman ketika mengalami hal baik dan menyenangkan bersyukur dan sujud pada Allah, ketika mengalami hal buruk dan tidak menyenangkan bersabar dan mohon pertolongan pada Allah untuk mengatasi masalah yang dihadapi.

      Sesuatu yang kita suka belum tentu baik bagi kita demikian pula hal yang kita benci belum tentu buruk bagi kita, Allahlah yang paling tahu apa yang paling baik bagi kita.

      Tetaplah istiqomah meminta petunjuk dan pertolongan pada Allah dengan mengerjakan tahajud. Tentu saja tidak cukup hanya tahajud beberapa hari atau minggu saja . Lakukan shalat tahajud sampai ada jawaban dan kepastian dari Allah. Jika dia baik untuk agama dan masa depan ananda tentu ia akan kembali pada ananda, namun jika dia tidak baik bagi agama dan masa depan ananda tentu ia akan menjauh. Percayakanlah putusannya pada Allah.

  76. hamba yg ingin tobat says:

    ass
    pak ustad saya mohon
    gmna caranya saya biar sholat ku khusukk

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam wr wb

      Umumnya ketika shalat antara ucapan (bacaan) fikiran dan hati tidak sinkron. Kondisi khusuk baru bisa dicapai jika antara ucapan, fikiran dan hati sudah sinkron. Kondisi ini umum bisa didapat ketika sedang berbicara melalui HP atau telepon. Karena itu untuk mencapai kondisi khusuk dalam shalat perlu latihan yang sungguh sungguh.

      Syarat utama untuk mendapatkan kondisi khusuk dalam shalat harus mengerti semua bacaan yang dibaca dalam shalat

      Yang kedua ketika shalat fikiran dan perasaan harus fokus pada apa yang dibaca dalam shalat. Silahkan baca artikel tentang shalat khusuk pada kategori“KEKUATAN SHALAT DAN DZIKIR” diblog ini

  77. yuli nugroho says:

    Assalamualaykum wr.wb

    Pak ustad,

    Saya berumah tangga sejak 23 juni 2007, namun sampai sekarang belum dikasih momongan, istri saya hamil yang pertama umur 3 bulan diluar kandungan karena saluran ke sel telur menyempit jadi harus dipotong, dan kehamilan yang kedua sama seperti yang pertama, dan vonis dokter harus bayi tabung tau operasi mikro kalo mau punya anak, saya kasihan istri saya biaya belum ada dan kalo operasi harus dibedah lagi, saya sudah berusaha kemana2 tapi belum ada hasil dan mulai sekarang saya sudah mulai sholat tahaud lagi.

    Mohon saranya apa yang harus saya lakukan lagi , terima kasih.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Apapun yang terjadi dengan kita didunia ini berupa kejadian yang menyenangkan maupun tidak menyenangkan adalah ujian dari Allah. Setiap orang yang telah menyatakan dirinya beriman pasti akan diuji oleh Allah (Al Ankabut ayat 2-3). Teruslah berusaha mengatasi masalah yang ada dengan sabar dan mohon pertolongan padaNya dengan mengerjakan shalat tahajud atau shalat sunah lainnya. Serahkan putusan akhir pada Allah, bertawakallah padaNya. Pilihan Allah adalah yang paling baik.

      Mungkin saja Allah menetapkan hal yang tidak menyenangkan bagi kita, namun Allah telah mengingatkan bahwa boleh jadi kita menyukai sesuatu padahal ia tidak baik bagi kita. Atau kita sangat membenci sesuatu padahal dia membawa kebaikan bagi kita. Karena itu mintalah pertolongan pada-Nya dan bersabarlah menunggu putusan dari Nya.

  78. rio says:

    Pak Ustadz, apa kabar ?

    Saya sdh berumah tangga hampir 7 tahun, dan Alhamdulillah sdh mempunyai 2 anak. Istri saya sangat keras hatinya, dia pernah bilang bahwa dia sudah mencintai saya lagi dan sering membangkang, pergi tidak tanpa izin dari suami dll. Bagaimana caranya supaya istri mencintai saya kembali dan menjadi istri yang sholehah yang taat kepada suami.

    Terima kasih

    • Fadhil ZA says:

      Assalamu alaikum wr wb

      kalau kita merujuk pada surat al-Baqarah ayat 153 maka shalat merupakan solusi bagi berbagai masalah yang kita hadapi. Kerjakanlah shalat malam atau tahajud , do’akan istri anda . Allah berfirman dalam surat Al Mumin ayat 60 :” Mintalah padaKu akan aku beri”. Allah tidak pernah menolak do’a seorang hamba yang dipanjatkan dengan khusuk dan sungguh sungguh. Dan Dia selalu memberi solusi terbaik bagi hambaNya yang bersungguh sungguh memophonh padaNya.

  79. anas kristiawan says:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb

    salam jumpa Pak Fadhil….apa kabar

    Begini pak…bukan maksud saya riya..tapi ini harus saya sampekan biar jelas nanti jawabannya..soalnya saya harpkan banget jawaban dari bapak untuk menguatkan iman saya.bulan ini genap 1 tahun saya istiqomah…Tahajud, hajad, witir, dzukha, sholat wajid di masjid minimal Magrib, Isya, Subuh….dan sedekah…ada satu permintaan setiap 3/4 malam saya yang belum terjawab…ingin pindah kerja yang lebih baik tentunya…karena ditempat kerja saya 1 tahun terakhir (sy dah kerja 10 thn) nggak nyaman..karena banyak sekali penjilat….dan pem-fitnah…akhirnya yang saya takutnya jadi kenyataan..saya difitnah melakukan kesalahan yang nggak pernah saya lakukan…dan saya tau orang tersebut yang justru gak bisa kerja….sekarang saya lagi ada ancaman pemecatan sepihak….ya Alloh ya Robbi….saya sedih melihat ke2 anak saya yang masih kecil2 pak….saat ini saya hampir putus asa atas cobaan ini pak…apa yang harus saya lakukan ??..sampek saat ini saya masih tetep istiqomah….saya mohon jawaban dari bapak…saya hampir putus asa…

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Alhamdulillah ananda sudah mengerjakan shalat tahajud, dan sunah lainnya selama satu tahun . Kemenangan selalu berpihak pada orang yang khusuk dalam shalatnya. jika keinginan ananda belum terkabul tentu banyak penyebabnya, coba cari kemungkinan penyebab doa belum terkabul. Jika ananda tidak menemukan kelainan atau hal yang mungkin jadi penyebabnya , mungkin itu ujian dari Allah , tetaplah istiqomah. Allah selalu memberi jalan keluar dari berbagai kesulitan bagi orang yang bertakwa dan mendatangkan pertolongan dari tempat yang tidak pernah disangka sebelumnya.

      Coba ananda periksa shalat ananda, sudahkah ananda mengerti semua kalimat yang ananda baca dalam shalat. hati dan fikiran harus sungguh sungguh fokus pada kalimat yang dibaca ketika shalat dan berdoa padaNya. Sampaikan semua keluhan ananda pada Allah ketika duduk diantara dua shalat tahajud (shalat tahajud 2 rakaat x 4 atau kurang dari itu). Usahakan berdialogh dengan Allah setiap selesai shalat tahajud, biasanya solusi dan saran atau langkah yang harus dikerjakan akan muncul ketika berdialogh tersebut.

      Ketika berdialogh rasakan seolah olah ananda sangat dekat dan sedang berhadapan dengan Allah. Dia akan memberikan jawaban atas berbagai pertanyaan ananda didalam hati dan fikiran ananda . Insya Allah Dia akan menunjukan ananda jalan keluar dari kesulitan yang sedang ananda hadapi. Sampaikan curhat ananda padaNya ….tidak mengapa jika ananda sampai mencucurkan air mata dihadapanNya.

      Secara duniawinya tentu ananda harus sudah mulai mencari pekerjaan ditempat lain , dengan melamar atau mengumpulkan informasi kemungkinan tempat yang bisa ananda tuju.

  80. anas kristiawan says:

    Assalamu’alakum Wr. Wb.

    Terima Kasih ya Pak Fadhil….kata2 dan advise bapak menyejukkan dan sangat menolong saya….mudah2 bapak panjang umur dan berkah…amin…sekaliyan minta maaf yah menjelang Ramadhan…..

    anas

  81. YOSA PUTRA.YL says:

    assalamualaikum wr. wb.
    semoga kita selalu dilimpahkan rahmat dan hidayah dari ALLAH SWT,

    apa yang saya harus lakukan pak apabila saya dicaci, dihina, yang pada intinya saya di tengah masyarakat, kantor seperti tidak ada harganya lagi…
    Sholat sudah saya lakukan, sabar saya insya allah sudah bisa mengendalikan tetapi kadang- kadang ada persaan kesal jg pak..
    mohon bantu saya pak agar tidak berputusa asa..
    terima kasih…wasalamualikum wr. wb

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam
      jangan terlalu dihiraukan berbagai hinaan dan cercaan dari orang disekitar anda,perbanyak dzikir, istighfar dan tasbih didalam hati. Orang yang beriman itu hatinya menjadi tenang dengan mengingat Allah. Insya Allah jika anda tetap istiqomah suasana akan berubah dengan sendirinya

      Rasulullah juga selalu mendapat hinaan, cercaan dan ancaman dari orang Qurays namun beliau tetap sabar istiqomah, sampai pada akhirnya Allah mendatangkan kemenangan pada beliau.

  82. userfirendly says:

    Ass. alhamduLILLAH,sholALLOH ‘ala Muhammad sholALLOH ‘alaihi wasallim, sebelum dan sesudahnya saya mhoon maaf atas ketidak sopananya. Kenalkan saya untung. Maaf jika pertanyaan saya salah. Pertanyaan saya: Harus bagaimanakah saya, terkadang disaat saya melaksanakan sholat sunnah / fardlu, ada perasaan aku penuh dengan dosa apakah sholatku,permohonanku, belajar islamku ini di terima. Pertanyaan ke 2: saya tidak mau memaksa ALLOH dengan hajat saya, jadi dalam permohonan kpd ALLOH aku didalam berdoa begini: YAA ALLOH aku punya rencana rencana ku untuk mengabdi kepadamu melalui rencana ini, jika rencana ini baik untuk poengabdianku kepadaMU maka berikanlah dan hilangkanlah rintanganya, jika rencanaku tidak baik maka hilangkan dari kehidupanku dan gantikanlah dengan yang baik. Bolehkah itu untuk berdoa untuk hajat saya pak ustadz??? sebab ALLOH kan maha tahu mana yang baik dan mana yang buruk, mungkin hajatku bagiku baik tapi bagi ALLOH tidak baik. dan aku kan blm tahu hal ini di hadapan ALLOH. apakah aku juga harus yakin bahwa doa ku ini di kabulkan?? apakah permohonan seperti itu tergolong orang yang ragu?? terimakasih atas respawnya pak ust.. ku akhiri dengan silatturrahiim dengan bapak ustadz wassalam

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Seorang hamba yang mukmin selalu berada diantara harap dan takut pada Allah, sangat berharap dengan rahmat dan karuniaNya dan takut akan ditimpa azab dan murkaNya. Dalam surat Al Mukmin ayat 60 Allah memerintahkan kita untuk berdoa padaNya :
      60. Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku[1326] akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.”

      Kalau berdoa jangan ragu , namun berdoa mohon dipilihkan hal yang terbaik seperti yang ananda lakukan ya boleh saja. Doa seperti itu biasa dibaca sesudah shalat istikhoroh mohon petunjuk dalam menghadapi dua pilihan yang meragukan. Berharaplah selalu pada Allah , berharap itu diperintahkan allah dalam surat Alam Nasyrah ayat 8
      8. dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.

      Masalah kesalahan dan dosa , tidak seorangpun mampu menghindar dari perbuatan salah dan dosa karena itu Allah memerintahkan kita untuk banyak beristighfar mohon ampun padaNya. Dalam surat Hud ayat 3 Allah memerintahkan agar kita banyak mohon ampun dan bertaubat padaNya

      Insya allah istighfar yang dilakukan dengan tulus akan menghapus semua catatan dosa yang telah ditulis oleh malaikat pencatat amal yang ada dikiri kanan kita. Sehingga dihari berhisab nanti akan mendapat keringanan dari Allah.

      Rasulullah juga mengingatkan bahwa sholat juga dapat menghapuskan dosa yang dilakukan pada waktu diantara dua shalat (misalnya antara shalat subuh dan dhuhur) . Orang yang shalat lima waktu diumpakan seperti orang yang mandi 5 kali sehari semalam , insya Allah badannya akan bersih dari berbagai kotoran.

      Demikianlah mudah mudahan bisa jadi pencerahan

  83. koko says:

    ass,..
    segala puji bagi alloh swt,.
    pak,sholat tahajjud itu salah satu manfaatnya bisa menempatkan seseorang ke tempat terpuji ya?keistimewaanya di dunia dan di akhirat?
    pak.kalau sebelum sholat tahajud sholat hajat dulu akan lebih baik ya??..terima kasih .wassalam

    • Fadhil ZA says:

      Wa aalikum salam

      Usahakanlah bisa megerjakan shalat tahajud terus menerus seumur hidup, karena Rasulullah tidak pernmah berhenti mengerjakan tahajud samapi akhir hayatnya. Shalat hajat adalah shalat yang dilakukan karena ada sesuatu yang diinginkan, waktunya bisa kapan saja boleh siang atau malam hari sesudah atau sebelum shalat wajib.

      Shalat tahajud dilakukan sepertiga malam terakhir sekitar jam 3.00 sampai menjelang subuh. Kalau sudah biasa megerjakan tahajud doa atau hajat yang diinginkan bisa disampaikan pada saat tahajud tersebut, jadi tidak perlu khusus melakukan shalat hajat.

  84. andy wg says:

    Asallamualaikum Wr Wb.
    Pak Ustad Yth.
    Saat Ini saya punya persoalan dengan istri, tpatnya dimulai tgl. 11 juni 2011, saat malam 10 Juni 2011 saya telp dia untuk tanya kabarnya, dia jawab dengan lembut dan mesra, tapi pd tgl.11062011 ada sms dari dia yang mengajak u/ bercerai, ternyata pada tgl 10062011 dia diketahui asyik berbincang dengan seseorang yang bukan muhrimnya, kebetulan saya bekerja diluar kota , tapi masih satu perusahaan,kelakuannya berubah 180 derajat, dari tadinya yang jilbab sederhana saat ini menjadi jilbab gaul yg menonjolkan lekuk tubuh, dan dulu dia kalau dengan lawan jenis selalu tidak terlalu akrab, sekrg, jadi gunjingan orang dikantor dia, perbedaan umur kami memang 7 thun saya 1976 isri 1983,awal-awalnya dia tidak begitu pak ustad, saat ini saya baru bisa u/sholat hajat karena saya tidak bisa tidur (tidur saya slalu menjelang pagi, saya ingin sholat istikoroh dan tahajud, tetapi katanya saya harus tidur dahulu, apakah ini ujian bagi saya ataukah istri lagi puber ke 2, mohon pencerahannya pak. Terima Kasih

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam
      Memang Allah menjadikan istri dan anak sebagai cobaan bagi kita. Tidak sepenuhnya kita bisa menguasai atau mengendalikan istri dan anak kita . Bahkan para Nabi sendiripun cukup dipusingkan oleh perilaku anak dan istri mereka. Nabi Luth gagal membina istrinya akhirnya istrinya dihukum dan dihancurkan bersama pengikut Luth yang durhaka. Nabi Nuh juga gagal membina anaknya akhirnya anaknya itu ditenggelamkan Allah bersama orang yang kafir.

      Butuh kesabaran mendidik istri, Rasulullah mengumpamakan istri itu bagaikan tulang rusuk yang bengkok, jika dibiarkan ia tetap bengkok, ia harus diluruskan dengan perlahan dan bijaksana, jika dikerasi dia akan patah. Nasihati dia dengan cara yang bijak, doakan dia dengan melakukan sholat sunah hajat, waktunya bisa kapan saja , sebaiknya diakhir malam. Hadapilah ujian ini dengan sabar dan banyak mohon pertolongan Allah, mudah mudahan Allah memberi bimbingan pada istri ananda.

  85. tina arianti says:

    Assalamu’alaikum Wr.wb
    Pa ustad Yth.
    Saat ini saya punya persoalan dalam rumah tangga saya, saya sudah menikah selama kurang lebih 6 tahun, namun saya belum diberi keturunan.saya sdh berihtiyar kemna-mana. namun belum diberi juga.saya sempat depresi dan saya merasa diri kurang sempurna sebagai istri.saat itu ada sepupu saya katanya ada seorang by yg ditinggalkan oleh org tuanya kpd bidan,dan sepupu saya menawarkan apakah saya bersedia mengasuh dan merawatnya. setelah kami memikirkan suami saya mulai terbuka hatinya ingin mengasuhnya, tp masih ada halangan yaitu ibu mertua kami.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Allah meningatkan pada kita dalam surat Al Baqarah ayat 45 :”Wastainu bisshobri wassholah…..minta tolonglah kamu pada Allah dengan sabar dan sholat”. Cobalah ananda minta tolong pada Allah dengan mengerjakan shalat dan bersabar menunggu ketetapan dan putusan dari Nya. Lakukan shalat tahajud diakhir malam mohon agar ananda diberikan keturunan anak yang shaleh.

      Tentang mengambil anak angkat juga sampaikan pada Allah lakukan sahlat istikharah mohon petunjuk , jika baik bagi ananda agar dimudahkan oleh Allah prosesnya. Namun jika tidak baik bagi ananda dan masa depan ananda mohon dicegah melakukannya. Serahkan semua putusan pada Allah, hanya pada Allahlah orang beriman bertawakikal dan berserah diri.

  86. koko says:

    ass…
    maaf,cuma nambahin saja,.
    buat mbak arianti…
    banyak kejadian2 yang seperti mbak alami,..
    selain sholat fardlu,tahajud dan berdo’a ada satu lagi,..yaitu sedekah.
    coba mbak arianti sesering mungkin sedekah,.setiap sedekah minta di do’akan atau di niatkan agar alloh swt memberi keturunan…SESERING MUNGKIN…INSYA ALLOH MUDAH2HAN ALLOH SWT MEMBERI KETURUNAN YANG SHOLEH ATAU SHOLIHAH..AMIIN

    TRIMS…

  87. ewin says:

    Pak ustadz, saya ada sedikit permasalahan. Saya punya mantan pacar. Dia memutuskan saya karena dia ternyata mempunyai pacar lain lebih dulu sblm saya. Usia saya dan mantan pacar saya itu 29 tahun, sedangkan usia pacarnya yang pertama itu 26 tahun. Dia mendua karena mencari kepastian tentang pernikahan dari saya. Sbg catatan, saya mempunyai sedikit usaha sedangkan pacarnya yg pertama itu masih skripsi. Awal saya kenal dgn dia, saya memang menawarkan pernikahan dgnnya. Awalnya saya berencana menikahinya sebelum ramadhan tahun depan. Tetapi saya percepat ke bulan februari. Dia blm yakin dgn saya karena proses dekatnya kami hanya 2 bln.
    Saya yg mengetahui duluan ttg perselingkuhannya. Dia blg ke saya, bhw dlm komitmen pacaran dia dgn pacarnya yg pertama itu ada kesepakatan yg membolehkan perempuan ini utk mencari laki2 lain apabila laki2 tsb dpt menanggung jawabi perempuan ini dan si perempuan sdh yakin. Kami berencana membicarakan terlebih dahulu permasalahan antara saya dgn si perempuan barulah kami bertemu bertiga buat mengenalkan saya sbg lelaki yg dia pilih yg bertanggung jawab kpd nya.
    Tetapi saya yg tidak sabar menghubungi lelaki itu duluan dan memberitahukan bhw saya jg berpacaran dgn perempuan itu.
    Akibatnya si perempuan diputuskan pacar pertamanya dan dia pun memutuskan saya karena dia anggap saya balas dendam dgn menceritakan hbgn nya dgn saya terburu2 ke pacar pertamanya. Saya jg menghubungi sahabatnya minta tlg agar diberi kesempatan meyakinkan dia bhw saya benar2 serius dengannya. Tp dia sepertinya terlanjur membenci saya krn jg bercerita masalah ini ke sahabatnya.
    Padahal kami sudah merencanakan detail pernikahan kami.
    Bolehkah saya terus berusaha mendapatkan cintanya kembali, pak? Bolehkah saya berusaha mendapatkan cintanya sampai sebatas kemampuan saya?
    Saya sudah shalat istikharah dan tahajjud dan yakin dia perempuan yg baik buat saya.
    Bagaimana pendapat islam ttg hal ini, pak?

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Bagi mereka yang percaya dan yakin pada kearifan dan kebijaksanaan Allah, baiklah masalah jodoh ini diserahkan saja kepada Allah. Dunia ini penuh tipu daya , hal yang kita sangka baik belum tentu baik, demikian pula hal yang kita sangka buruk belum tentu buruk disisi Allah. Mata kita sering salah lihat, telinga sering salah mendengar, fikiran sering salah tafsir . Allah tidak pernah salah dan keliru dalam menetapkan segala sesuatu, Dia maha mengetahui segala galanya.

      Tetaplah mohon pertolongan pada Allah dalam memilih jodoh dengan mengerjakan shalat tahajud ataupun istikhoroh. Bersabar dan istiqomah menunggu putusan terbaik dari sisiNya , segala galanya butuh proses dan waktu. Jangan tergesa gesa atau ingin cepat, jika tiba waktunya Ia akan mempertemukan ananda dengan jodoh yang cocok. Apakah perempuan tersebut cocok dan baik bagi ananda….serahkan saja putusannya pada Allah. Allah akan memilihkan yang terbaik bagi ananda.

  88. ewin says:

    Oo ya… Saya lupa asalamu alaikum. Jadi malu. Terimakasih atas nasehatnya, Pak Ustadz.

    • ewin says:

      1 lagi, Pak Ustadz. Bagaimana kalau saya terus berikhtiar mendekati gadis itu, disertai dengan tahajjud dan istikharah? Apa saya boleh melakukannya?

    • Fadhil ZA says:

      Tidak ada masalah, silahkan saja PDKT hasil akhirnya serahkan saja pada Allah. Untuk mendapatkan sesuatu memang kkita harus melakukan usaha fisik dan usaha batin. PDKT adalah usaha fisik, shalat dan doa adalah usaha batin.

  89. anas kristiawan says:

    Assalmu’alaikum wr. wb
    Pak…tolong minta jawaban yang cepet ya Pak tapi ini diluar topik…ananda jum’at depan ke bali pesawat dari jkt jam 9.30 kalau gak delay sampek bali kira2 jam 12.30 wit….ananda bingung gimana yah sholat jum’atnya…maturnuwun ya Pak….
    Wassalmu’alaikum wr wb

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Bagi orang yang dalam perjalanan (musyafir) tidak diwajibkan mengerjakan shalat jum’at. Lakukan saja shalat dhuhur seperti biasa.

  90. kemal says:

    assalamualaikum wr. wb

    Pak, yang mana duluan terkabul do’a tanpa usaha atau usaha tanpa do’a?

    pak, diantara do’a ini mana yang lebih bagus?
    a. Ya Allah ya rahman ya rahim jadikan si AG jodoh saya, jadikan dia jodoh yang serasi dengan saya, dan baik untuk saya , amin ya rabbal alamin

    b.Ya Allah ya rahman ya rahim berikan saya jodoh yang serasi dan baik untuk saya , amin ya rabbal alamin

    terimakasih
    wass

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      lakukan kegiatan berdoa dan usaha secara bersamaan, dalam surat Alam nasyrah disebutkan : Fa idza farokhta fanshob wa ila robbika farghob…..apabila kamu telah selesai mengerjakan suatu pekerjaan segera kerjakan pekerjaan berikutnya (usaha fisik) , dan pada Tuhanmu berharaplah ( usaha rohani, doa )

      Kedua doa tersebut cukup baik, silahkan baca yang mana saja yang dirasa cocok, dan pasrahkan pada Allah keputusannya. Dia maha tahu apa yang paling baik buat ananda.

  91. yudhi says:

    assalamualaikum..
    pak ustadd,,
    saya mau tanya

    Apa yg harus saya lakukan, bila saya di ejek dengan teman, kalau saya di bilang tidak suka dengan wanita. Mungkin mereka mengejek saya karena sampai sekarang saya belum seorang pacar. Sebenarnya saya ingin sekali punya seorang pacar, tetapi saya bimbang dengan ibu dan adik saya, karena kalau nanti saya punya pacar, yg ada di dalam pikiran saya cuma ada rasa takut akan lupa dan berkurangnya rasa perhatian saya terhadap ibu dan adik saya.

    terima kasih banyak
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  92. ass,
    pak ustad aku mau tanya

    q mau berbagai kesedihan kepada pak ustad pak ustad q baru aja dioperasi dan menurut dokter q kena kanker,setelah operasi 3 bulan kok beskas operasiku bengkak seperti bisul merah dan panas,q mulai takut akan tumor tumbuh lagi setiap mengerjakan sholat 5 waktu aku sllu memintah untuk disembuhkan sama ALLAH,TAK LUPA JUGA AKU MENGERJKAN SHOLAT HAJAT DAN TAHAJUUD.NAMUN SAMPAI SAAT INI PENYAKITKU BELUM SEMBUH MALAHAN TAMBAH BENGKAK DAN MERAH AKUPUN MULAI MALU TUK KELUAR RUMAH,TP AKU TAK PATAH SEMANGAT DAN SELALU BERDOA KARNA AKU YAKIN TUHAN PASTI MEMBERIKANKU KESEMBUHAN NANTINYA BILA TIBA SAATNYA.

    PAK USTAD APA YANG HARUS AKU LAKUKAN SAAT INI?????

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam
      Tetaplah istiqomah mengerjakan tahajud ,mintalah kesembuhan pada Allah. Namun walaupun demikian sembuh atau tidaknya penyakit tersebut serahkan sepenuhnya pada kehendak dan putusan Allah. Dia pasti memberikan yang terbaik buat ananda. Penyakit itu adalah ujian keimanan bagi ananda. Kalau Allah mau Ia bisa menyembuhkanNya hanya dalam sekejap mata. Namun Dia ingin melihat kesungguhan ananda dalam berdoa dan beribadah padaNya. Ikhla dan ridholah pada apa yang ditetapkan Allah pada ananda. Dia akan memberi ananda sesuatu yang lebih baik dari apa yang telah ada sekarang ini.

    • priyo says:

      ass.wr.wb……………
      saya turut prihatin dengan cobaan yg mbak friska alami.saya disini sekedar ingin membantu pengobatan mbak friska. kalau boleh, saya ingin memberi info bahwa dalam terapi penyakit kanker ada alternatif pengobatan melalui herbal. nah salah satunya adalah tanaman keladi tikus. cukup susah mencarinya di jakarta, tapi alhamdullillah sudah ada bentuk kapsul siap minum. dan mbak friska bisa dapatkan obat tersebut di alamat perumahan harapan indah bekasi ,duta bumi sektor 3 jl. duta permai 7 blok 3i no 12. kalo mbak bingung tanya aja tukang ojek ato tukang becak yg biasa mangkal. sekalian no telponnya dengan jamilah :02132868232 atau aisyah : 081315649339. mudah-mudahan dengan doa tahajjud plus ikhtiar tanpa henti semoga ALLAH SWT memberi kesembuhan untuk mbak friska………..

  93. anas kristiawan says:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Sudah sekian kali ananda nulis disini pak ustad…Alhamdulilah ananda sudah jalan tahun kedua sholat Tahajud (dah gak pake weker lagi), sedekah ke orantua dan mertua, sedekah ke yang membutuhkan, sholat sunat dan sholat berjamaah terutama magrib,isya,subuh…sekrang dah nambah puasa senin kemis dan 3hari tgl 13,14,15..karena baru baca kalau puasa itu pahalanya hanya untuk Alloh…(saya juga gak pernah Zina)…. Pak ustad…tapi kenapa kok sampe sekarang belum ada tanda2 doa saya dikabulkan…??ananda pengin pindah kerja karena yang sekarang banyak orang ndolim (sudah sering test..tapi gagal terus) Ananda takut kepercayaan ananda berkurang pada janji Alloh…tapi Alhamdulilah juga pak ustad…baru aja baca catatannya ustad yusuf mansyur yang di facebook yang isinya begini :
    Ada seseorang yang rajin berdoa, minta sesuatu sama Allah. Orangnya sholeh. Ibadahnya baik. Tapi doa tak kunjung terkabul. Sebulan menunggu masih belum terkabul juga. Tetap dia berdoa. Tiga bulan juga belum. Tetap dia berdoa. Hingga hampir satu tahun doa yang ia panjatkan, belum terkabul juga. Dia melihat teman kantornya. Orangnya biasa saja. Tak istimewa. Sholat masih bolong-bolong.
    Kelakuannya juga sering nggak beres, sering tipu-tipu, bohong sana-sini. Tapi anehnya, apa yang dia doain, semuanya dipenuhi. Orang sholeh ini pun heran. Akhirnya, dia pun dateng ke seorang ustadz. Ceritalah dia permasalahan yang sedang dihadapi. Tentang doanya yang sulit terkabul padahal dia taat, sedangkan temannya yang bandel, malah dapat apa yang dia inginkan.
    Tersenyumlah ustadz ini. Bertanyalah si ustadz ke orang ini. Kalau Anda lagi duduk di warung, kemudian datang pengamen, tampilannya urakan, maen musiknya gak bener, suaranya fals, bagaimana? Orang sholeh tadi menjawab, segera saya kasih pak ustadz, gak nahan ngeliat dan ndengerin dia lama-lama di situ, sambil nyanyi pula.
    Kalau pengamennya yang dateng rapi, main musiknya enak, suaranya empuk, bawain lagu yang kamu suka, bagaimana? Wah, kalo gitu, saya dengerin ustadz. Saya biarin dia nyanyi sampai habis. Lama pun nggak masalah. Kalau perlu saya suruh nyanyi lagi. Nyanyi sampai sealbum pun saya rela. Kalau pengamen tadi saya kasih 500, yang ini 10.000 juga berani, ustadz.
    Pak ustadz pun tersenyum. begitulah nak. Allah ketika melihat engkau, yang sholeh, datang menghadap-Nya, Allah betah ndengerin doamu. Melihat kamu. Dan Allah pengen sering ketemu kamu dalam waktu yang lama. Buat Allah, ngasih apa yang kamu mau itu gampang betul. Tapi Dia pengen nahan kamu biar khusyuk, biar deket sama Dia. Coba bayangin, kalo doamu cepet dikabulin, apa kamu bakal sedeket ini? Dan di penghujung nanti, apa yang kamu dapatkan kemungkinan besar jauh lebih besar dari apa yang kamu minta.
    Beda sama temenmu itu. Allah gak mau kayaknya, dia deket-deket sama Allah. Udah dibiarin biar bergelimang dosa aja dia ini. Makanya Allah buru-buru kasih aja. Udah. Jatahnya ya segitu doang. Gak nambah lagi.
    Dan yakinlah, kata pak ustadz, kalaupun apa yang kamu minta ternyata gak Allah kasih sampai akhir hidupmu, masih ada akhirat, nak. Sebaik-baik pembalasan adalah jatah surga buat kita. Nggak bakal ngerasa kurang kita di situ.
    Itulah catatannya….ya Alloh Astaghfirullohal’adzim……..Ampunilah dosa2 hamba…dan berilah hamba kesabaran dan keikhlasan serta sayangilah hamba….amin….
    Wassalamu’alaikum W.r Wb.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Memang demikian, perubahan dalam hidup bukan datang secara mendadak dan tiba tiba, butuh proses dan waktu. Janganlah shalat malam hanya digunakan untuk keperluan sesaat. Niatkanlah untuk mengerjakan shalat malam seumur hidup . Insya Allah Dia akan membimbing ananda menuju kehidupan yang lebih baik.

      Alhamdulillah saya sudah mempraktekan shalat malam ketika masih mudah dahulu, secara bertahap kehidupan saya menjadi semakin baik dengan mengerjakan shalat malam selama 10 tahun. Sayang setelah itu saya tidak rutin lagi mengerjakan shalat malam. Namun setelah berhenti selama 20 tahun sekarang saya sudah mengerjakan shalat malam lagi selama lebih dari 10 tahun.

  94. karsidi mustofa says:

    aslmualaikum pak ustadz

    saya ingin searing pada pak ustadz bahwa dulu saya sering melakukan sholat tahajjud setiap malam meskipun dalam bekerja bayak rintangan musuh namun entah kenapa semuai itu serba di mudahkan dan sering mendapat rezki dari yang ga di sangka sangka namun kini terasa berat dalam menjalani hidup sekarng tak pernah sholat tahajjud lagi meski kalo di bandingkan dari segi pendapatn jauh lebih banyak akan tetapi terasa gersang dan berat dalam menyelesaikan permasalahan yang begitu banyak …jadi menurut pak ustadz apa yang harus aku lakukan agar bisa lancar dan sehat dalam menjalani hidup ini .

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Dalam Surat Al Israk 79 Allah menmerintakan kita untuk mengerjakan shalat tahajud insya Allah ia akan mengangkat kita ketempat yang mulia. Rasulullah seumur hidup tidak pernah meninggalkan shalat malam. Para sahabat, orang sholih para aulia Allah tidak pernahy meninggalkan shalat malam.

      Berbagai masalah dan problem yang hadir dalam hidup kita tidak akan bisa kita hindari, itu tandanya kita hidup. Ada orang yang mampu menghadapi berbagai persoalan dengan mudah dan banyak pula orang yang tidak mampu menghadapinya . Persoalan semakin menumpuk, hidup tambah kusut, akirnya putus asa dan bunuh diri. Orang yang rutin mengerjakan shalat malam diberi kemampuan dan kemudahan dalam menghadapi berbagai masalah yang datang,

      Usahakanlah kembali mengerjakan shalat malam. saya pernah mengalami seperti yang ananda alamai itu. Saya mengerjakan tahajud selama 10 tahun dan merasakan berbagai kemudahan dalam hidup saya. Kemudian berhenti selama 20 tahun menghadapi berbagai masalah, stres dan lain sebagainya. Alhamdulillah sekarang saya sudah kembali mengerjakan shalat malam sejak 10 tahun yang lalu.

  95. koko says:

    ass…
    buat mbak friska ariani,,,
    yang sabar ya dlm menghadapi cobaan,.sungguh di dalam sakit itu ada pengampunan dosa’.,
    “berobatlah dengan sedekah,sholat tahajud,hajat dan puasa senin-kamis,,”
    di daerah saya ada yang mau operasi hari seninnya…tapi sebelumnya di hari sabtunya keluarga orang ini bersedekah datang ke panti asuhan minta di do’akan kpd ALLOH SWT agar operasinya lancar tanpa kendala…namun apa yang terjadi ketika hari senin berangkat operasi ternyata penyakit yang mau di opersi sudah ga ada,akhirnya si keluarga orang ini tadi datang lagi ke panti asuhan dengan bersedekah 2 juta sebagai ungkapan syukur kepada ALLOH SWT,,ALLOH SWT lah yang maha memyembuhkan..
    Tiada tuhan selain ALLOH,yang maha agung,yang maha penyantun,
    Tiada tuhan selain ALLOH,tuhan pemilik arsy.
    Tiada tuhan selain ALLOH,tuhan pemilik langit dan bumi.
    sayyidina muhammad utusan dan hamba alloh.
    semoga sholawat dan salam selalu tercurahkan kepada beliau muhammad saw rosulullah,sang pembawa berita kebahagiaan.amiin

  96. ira says:

    Assalamualaikum pak Ustadz

    Pak ustadz, saya mempunyai suami yang suka berbohong, amalan / dzikir apa yg harus diamalkan ketika mengerjakan sholat tahajud ?? Terima Kasih

    Wassalam

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum sdalam

      Selesai mengerjakan tahajut coba baca tadabbur surat Al Fatihah, Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nass seperti contoh yang saya kirimkan via email ananda.

  97. noviriyanti says:

    assalammualaikum Wr Wb

    saya mau tanya pak ustad amalan apa yang harus saya baca pada saat sholat tahajud, karna udh 3 (tiga) tahun saya menikah belum juga dikarunia i anak, Padahal saya dan suami selalu memimpikan tangisan seorang bayi di dalam rumah, saya mohon bantuan dan penjelasan doa nya pak. makasih. wassalam

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Coba ananda membaca surat Maryam ayat 1 sampai 11 yang mengkisahkan kesedihan Nabi Zakaria karena belum dikaruniai seorang anak sedang usianya sudah lanjut. Nabi Zakaria berdoa dan bermunajat pada Allah hingga ia dikarunia seorang putra bernama Yahya.

      Kalau biasa ananda berdua menghafalkan surat tersebut dan selalu membacanya dalam setiap shalat. Selesai shalat berdoalah sebagaimana telah dicontohkan oleh nabi Zakaria. Kemudia bertawakkal dan berserah diri pada Allah. Lakukan amalan ini dengan istiqomah. Serahkan keputusannya pada Allah, usahakan ikhlkas dan ridho denga apa yang ditetapkan Allah.

  98. iwan says:

    assalammualaikum Wr Wb
    pak ustad saya boleh bertnya sama bapak ustad saya setiap malam selalu mengerjakan sholat hajat, yang sya tanyakan lebih baik mana sholat tahajjut dengan sholat hajat agar permohonan saya cepat terkabulkan oleh Allah SWT?
    terima kasih !!!

  99. Fadhil ZA says:

    Wa alaikum salam

    Shalat hajat dilakukan jika ada maksud atau sesuatu yang diinginkan , dilakukan hanya secara insidentil tidak terus menerus. Sedangkan shalat tahajud Rasulullah melakukannya secara rutin terus menerus selama hidupnya, untuk mencari karunia dan mendekatkan diri pada Allah.

    Jika ananda sanggup melaksanakannya tentu saja shalat tahajud lebih baik dari shalat hajat yang hanya sewaktu waktu jika diperlukan saja. Orang yang sudah biasa mengerjakan shalat tahajud selalu diberi jalan keluar dari berbagai masalah yang dihadapinya.

  100. nandar says:

    pak ustaz,boleh tdk setelah shalat tahajud mendoakan org yg tdk mencintai kita agar dia bisa mencintai kita,,,,

    • Fadhil ZA says:

      Insya Allah boleh, Rasulullah berdoa meminta agar Islam dikuatkan dengan salah satu dari Umar yang amat sangat memusuhi Islam. Akhirnya Umar bin Khatab masuk kedalam Islam dan menjadi sahabat yang membela Rasulullah.

  101. Yasa says:

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh,

    Pak Ustadz.. saya baru-baru saja mempraktekkan sholat tahajud dan Sholat Dhuha… dan mulai belajar Puasa.
    Pak Ustadz.. bolehkah dalam doa-doa saya memohon dikaruniai anak kembar laki2 yang sehat dan soleh…
    saya dari latar belakang non muslim – menjadi muslim karena cinta suami, bukan karena hidayah, tetapi sekarang sudah Insyaf dan diberi hidayah oleh Allah… saya ingin sekali doa-doa saya dijawab, sebagai pembuktian dari kepercayaan saya terhadap kekuatan doa, sholat dan puasa, dan pembuktian untuk keluarga saya…- apakah boleh saya memiliki keyakinan seperti ini pak Ustadz… terima kasih
    Wassalam
    Yasa

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Mintalah apa saja yang ananda inginkan padaNya, Dia maha kuat untuk mengabulkan doa ananda. Namun demikian Allah lebih tahu apa yang paling baik bagi diri ananada . Yang ananada sangka baik belum tentu baik disisi Allah, demikian pula yang ananda sangka buruk belum tentau buruk disisi Allah.

      Setelah berdoa serahkan segala keputusannya pada Allah, Dia akan memilihkan yang terbaik bagi ananda. Apa yang ditetapkan dan diputuskan Allah iytulah yang paling baik bagi ananda.

  102. Yasa says:

    Terima kasih pak Ustadz.. jawaban yang menentramkan isi hati..
    Wasallam.

  103. hamba allah says:

    “assalaamualaikum, pa ustad saya mau tanya, apakah betul bangsa jin itu bisa mengambil ruh manusia? terimakasih wassalam

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Hidup mati seseorang ditentukan hanya oleh Allah. Namun seseorang bisa saja diperbudak oleh golongan Jin jika dia mau tunduk patuh dan mengabdi padanya.

      Manusia ada yang mengabdi dan berbakti hanya pada Allah semata. namun banyak pula manusia yang mengabdikan seluruh kehidupannya hanya untuk memenuhi hajat nafsu dan syahwat semata. Dia lebih mengutamakan kehidupan dunia daripada akhirat. Kelompok inilah yang jiwanya telah disandra oleh golongan Jin dan menjadi budaknya didunia dan akhirat.

  104. cia says:

    ass pak ustad ,
    Nma sya cia , sy seorg istri dgn st orng ank laki laki , kmi sdah 9 thn br rmh tngga , smuany trlihat baek” saja .. Tnpa sy sdri trnyta suami sya selingkuh dgn adik ipar saya yaitu istri dr adik kandng sy ,, subbhana allah , rsany dunia q brhenti pak , it kjdaian 1 thun lalu , tp aq ttp memaafkn suami q krn q sangt menyayangi ny , stlah sthun lbih brlalu tw ny mrk kmbli berselingkuh bhkan skr lbh trng trngan sang ipar q mengatakn ny ,, sungguh kl tk ingat bunuh dri adlah dosa bsr mgkn sdh q lkukan perbuatan it ,, tp ap kmi ttp memaafkn mrk krn q tw suami q msh menyanyangi q , skr aq prgi menjauh dr kota q, km tgl d kmpung suami q ,, pak ustad yg ingin q tnya kan slh kh aq yg memaaf kan ny dn msh ingin mencb membina rmh tangga km kmbli , krn suami q jg tlh brjnj tk akn mengulng perbuatan it lg , dia bhkan smpe ingin nyntren u menengkan dan membrshkan dri ny ,,, slh kah aq yg ttp menyanyangi ny ,, bisa dgn tahajud aq melupakan smua byangan bruk it ….. Skr dsni km mencb membgun dr awl pondsi rmh tgga km ,,, ap yg hrs sya lkukan pakustad? Sya bri izin kah dia u nyantren bbrpa bln ?trmaksh

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Iblis dan balatentaranya tidak pernah berhenti dan putus asa untuk memporak porandakan anak cucu Adam. Ia telah bersumpah dihadapan Allah akan menghancurkan dan menyesatkan anank cucu Adam semua kecuali sedikit yaitu orang yang Ikhlas dan selalu beribadah pada Allah.

      Ajaklah suami ananda untuk mulai lembaran baru kehidupan dibawah naungan rahmat Allah, tingkatkan mutu shalat ananda berdua dengan memahami setiap kalimat dan ayat yang ananda baca dalam shalat. Jika ananda berdua sudah melakukan shalat dengan khusuk dan benar, insya Allah akan muncul rahmat dan kasih sayang Allah dalam rumah tangga ananda. Perhatikan bacaan Al fatiha yang ananda baca dalam shalat dengan sungguh sungguh. Hayati surat al Fatihah yang ananda berdua baca dalam shalat . Demikian pula doa yang dibaca ketika duduk iftiras didalamnya ada doa yang dahsyat, baca dengan perlahan dan sungguh sungguh. Pelajari Panduan Shalat Khusuk yang ads diblog ini.

      Selesai shalat minimal shalat magrib dan subuh atau pada saat selesai subuh atau magrib saja, lakukan tadabbur Al fatihah seperti yang saya kirim pada lampiran email ananda , untuk meningkatkan kasih sayang dalam rumah tangga ananda.

      Sebaiknya ananda tetap hidup berdampingan selalu jangan berpisah dalam waktu yang lama . Shalat yang dilakukan dengan benar dan khusuk serta tadabbur Al fatihah yanag ananda lakukan apalagi jika berdua insya Allah akan merekatkan hati ananda berdua.

  105. Danar Anggara says:

    Asalamualaikum wrb

    Pak Ustad saya sudah berkeluarga alhamdulilah saya mempunyai 3 orang anak perempuan yang pintar dan rajin Shalat .

    akan tetapi anak2 saya selalu curiga terhadap Ibunya ( Istri saya )masalahnya
    istri saya itu mempunyai Hati yang sangat keras dan susah sekali menghilangkan sifat bohongnya dari hal yang spele aja misalnya Pembayaran iuran sampah ,masih bisa berbohong saya sudah mencoba menasehati dan saya juga coba belikan buku tentang dosa-dosa wanita ,sampai saat ini belum ada perubahan. setiap habis shalat Pardu maupun shalat sunah saya selalu memohon ampunan untuk anak dan istri saya dan minta untuk diberikan cahaya untuk istri saya supaya prilaku yang jelek-jeleknya ditinggalkan.

    mohon sarannya pak ustad apabila punya amalan atau wirid mungkin bisa saya lakukan atau saya amalkan, mohon pencerahaanya

    sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih

    Semoga allah memberikan jalan terbaik untuk saya dan keluarga.

    Wasalam

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Istri dan anak anak adalah ujian bagi iman, kesabaran dan ketakwaan kita. Rasulullah mengingatkan bahwa wanita itu diumpamakan seperti tulang rusuk yang bengkok. Jika dibiarkan ia akan tetap bengkok, jika diluruskan dengan kuat ia akan patah, kita harus meluruskannya dengan cara yang arif.

      Tetaplah berdoa untuknya setiap selesai shalat, mudah mudahan Allah memberi hidayah dan petunjuk padanya. Serahkan pada Allah segalanya , karena memberi petunjuk dan hidayah sepenuhnya kewenangan Allah, kewajiban kita hanya berusaha. Coba tadabburi surat Al Fatihan sesudah selesai shalat Maghrib atau subuh seperti yang saya kirim lewat lampiran email anda.

  106. cia says:

    ass , pak ustad , trmaksh skli ats saran dan petunjuk bpak ,,
    Pak kmi brdua akn ber upaya melakukn shlt khusuk spr yg bpk kt kan ,
    Oy pak nanda n suami ingin skli menamalkan tadabbur alftihah yg bpk brikan , tp dr email sy tdk bs d lihat , sya mint tlg se x dgn pak ustd krm saja k no hp sy melalui sms , krn km ingin skli mencb mengamal kan ny … Agar rmh tngga km sll di ridhoi Allah swt … Dan sll brda djln yg benar , ini pak ustad no hp sya 087790713447. Nanda mhon pertolongan bpk u mengirim tadabbur alfatihah ny ksni aj , oy pak nanda jg mw menanyakan ada tdk amalan laen u suami saya agar dia bs lp dgn prasaan ny it n akn sll menyayangi km pak ,, jg amalan u nanda , krn kdang nanda sll trngat akn smua ny dan membuat nanda menangis,, tlg pak ustad , petunjuk ny ,
    Wassallm .trmakasih

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Sulit bagi saya mengirimnya via sms karena tadabburnya cukup panjang. Tadabbur Al Fatihah tersebut juga ada pada artikel tentang “Panduan Tadabbur Qur’an “ di blog ini. Disitu juga ada tadabbur denga ayat Qur’an lainnya yang dapat menyejukkan hati , ada juga contoh VCDnya yang bisa di down load. Coba saja ka warnet untuk membuka dan mengcopynya.

  107. UCHI says:

    Assalamualaikum pak ustad,,,
    nama saya uchi,dengan shalat malam saya dulu pernah meminta pada allah tentang jodoh dan alhamdulilah allah mengabulkannya tetapi saya menyia-nyiakannya hingga akhirnya dia pergi meninggalkan saya.

    sekarang saya sangat menyesal dan malu sekali pada Allah karena tidak mensyukuri nikmat yang Dia beri…
    Dan sekarang saya sangat depresi berat, apa yang seharusnya saya lakukan??

    mohon bantuannya pak ustad, terima kasih…
    wasalamualaikum…..

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Demikianlah sifat manusia secara umum , sering lupa mensyukuri apa nikmat yang telah diberikan Allah padanya. Bertaubatlah pada Allah atas segala dosa dan kesalahan yang pernah dilakukan pada masa lalu, baca istighfar sebanyak banyaknya sesudah shalat. Dalam surat Hud ayat 3 Allah mengingatkan agar kita bertaubat dan minta ampun padaNya niscaya ia akan meberi kehidupan yang baik bagi kita hingga datangnya ajal.

      Atas semua itu ananda tidak perlu depresi , lakukan perbaikan mohon ampun dan berharaplah padaNya Dia maha luas rahmatNya. Mintalah padaNya apa yang ananda inginkan Dia maha mengabulkan doa. Jangan berputus asa dari rahmatnya. Lakukan kembali shalat malam seperti dahulu. Saya juga pernah meninggalkan shalat malam selama 20 tahun tapi sekarang alhamdulillah sudah mengerjakan kembali sejak 11 tahun yang lalu .

  108. indrawatidarwis@yahoo.com says:

    assalamu alaikum wr wb… ustasds… sy seorang wanita brusia 27 thn. sy menjalin hubungan dengan seorang pria sekitar setahun yang lalu, dan dia pun sempat memperkenalkan sy kepada kedua orang tua dan keluargax beberapa bulan yang lalu, dan mereka baik skali trhadap sy. namun masalahnya kini ustads ketika kekasih sy itu sekitar 2 bulan yg lalu menyampaikan niatx kpda ayahandax untuk melamar sy, tiba2 saja ayahandax tidak mengizinkannya, karna beliau ingin anakx menikah dengan sanak keluargax saja. saya sedih sekali ustads… kekasih saya itu bahkan memilih memutuskan hubunganx dengan sy daripada mempetahankan saya, dengan alasan takut mengecewakan sy.
    1 bulan ini sy rutin melaksanakan shalat tahajud, shalat dhuha, dn shalat sunah rawatib, sy jga kadang berpuasa pda hari senin atau kamis. tujuanx mencapai ketenangan, kesabaran, keikhlasan, dn kekuatan menghadapi cobaan ini. sambil sy berdoa Allah Azza Wajalla meridhai hubungan kami, begitu pun orang tua kekasih sy agar membuka pintu hatix untuk sy. masalahx ustads sy merasa baxak berdoa tapi tdk ada usaha nyata yg bisa sy lakukan untuk mewujudkan doa2 itu,krna saat ini kami tdk lagi menjalin komunikasi. sedangkan bukankah Allah menyuruh kita berusaha sambil berdoa. pertaxaan sy ustads usaha nyata apa yg harus sy lakukan??? ataukah sy berdoa saja terus menunggu keajaiban doa sy di ijjabah…??? terimakasih ustads sbelumxa…. wassalam alaikum wr wb….

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Dalam surat Al Baqarah ayat 45 dan 153 Allah mengingatkan jika kita mengalami kesulitan atau masalah agar meminta tolong pada Allah dengan sabar dan mengerjakan shalat. Apa yang ananda lakukan sudah benar memohon pada Allah dengan mengerjakan shalat malam, tahajud dan sunah rawatib. Masalah jodoh, maut dan rezeki hanya Allah yang tahu, kita tidak pernah tahu siapa jodoh kita , kapan ajal kita dan bagaiman rezeki kita.

      Berapa banyak orang yang pacaran sampai bertahun tahun tiba tiba putus begitu saja, dan berapa banyak orang yang kenalan hanya beberapa bulan langsung jadian dan awet berumah tangga sampai akhir hayat. Kita hanya berusaha ketetapannya serahkan pada Allah. Saya termasuk orang yang sempit pergaulannya dan sulit berkomunikasi , alhamdulillah dengan mengerjakan shalat dimudahkan mendapat jodoh, hanya 3 bulan langsung jadian silahkan baca pengalaman saya di blog ini dengan judul “Kiat mencari jodoh yang serasi “ mudah mudahan dapat membangkitkan semangat ananda.

      Jika ananda masih berminat dengan pacar ananda teruskan amalan yang sudah ananda kerjakan , kemudian baca surat al Fatihah berikut tadabburnya seperti yang saya kirimkan pada lampiran email ananda dengan sungguh sungguh dan penuh penghayatan setiap selesai shalat malam dan dhuha serta shalat lainnya. Perhatikan isyarat yang diberikan Allah apakah ia menjauh atau mendekat. Jika ternyata ia semakin menjauh tetaplah istiqomah berarti dia bukan jodoh ananda . Allah pasti akan mendatangkan yang lebih baik. Lakukan semua amalan itu dengan penuh keyakinan dan istiqomah.

      Semua kegiatan yang ananda lakukan ini sudah termasuk kedalam kegiatan usaha mendapat jodoh bukan suatu perbuatan yang sia sia. Karena tidak banyak orang yang sanggup melaksanakannya.

  109. indrawatidarwis@yahoo.com says:

    terimakasih baxak ustads…. atas petunjuk2xa… Insya Allah sy akan tetap beristiqamah… dan mempercayakan segala urusan ini kepada Allah Azza Wajalla…. sekali lgi terimakasih ustads…

  110. azis says:

    pa ustad gimana supaya semangat untuk bangun malam? terima kasih sebelumnya

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Memang bukan perkara mudah untuk bisa memngerjakan shalat malam setiap hari secara rutin. Dibutuhkan tekad dan kemauan yang amat kuat. Pahami seluk beluk shalat malam secara menyeluruh, jika sudah faham manfaat dan kegunaannya insya Allah akan muncul semangat dan tekad untuk mengerjakannya.

  111. irwan says:

    ass pak ustad apa kah bacaan alhumajalni mahbuban fikulibil ……. fabisryni wabil ghono alamin atin wa bisryna sanaa falhum koirun hafisa wahuwa ya arman irohim bisa mem pegrahui hati wanita pujaan saya mohon penjelas nya pak ustad wassalm

  112. irwan says:

    ass pak ustad apa kah bacaan alhumajalni mahbuban fikulibil ……. fabisryni wabil ghoni
    alamin atin wa bisryna sanaa falhum koirun hafisa wahuwa ya arman irohim bisa mem pegrahui hati wanita pujaan saya mohon penjelas nya pak ustad wassalm

  113. irwan says:

    ass pak ustad apa kah bacaan alhumajalni mahbuban fikulibil ……. fabisryni wabil ghoni
    alamin atin wa bisryna sanaa falhum koirun hafisa wahuwa ya aroman rohimin
    bisa mem pegrahui hati wanita pujaan saya mohon penjelas nya pak ustad wassalm

  114. irwan says:

    ass pak ustad apa kah bacaan alhumajalni mahbuban fikulibil ……. fabisryni wabil ghoni
    alamin atin wa bisryna sanaa falhum koirun hafisa wahuwa ya aroman rohmin bisa mempengaruhi hati wanita pujaan saya sementara ini wanita tersbut tidak menaru hati kepada saya maf pak saya ustad saya mohon penjelasan nya wass

  115. riris says:

    Assalamuallaikum,
    Pak Ustad, sy menikah dgn suami sy sdh 10th. Mertua perempuan ikut kami sekitar 9 th an. Sy dan suami baik2 saja, kami kerja bersama dgn jatuh bangun-alhamdullillah sampai skrang bisa membiayai ketiga anak kami.

    Masalahnya, mertua sy selalu tidak puas dgn apa yang ada. Selalu membuat kami tidak bisa tenang. Sering kali mengadu dgn suami sy, tentang sy yg sy tidak pernah lakukan. Membicarakan ke kerabatnya bahwa sy orang yg malas, tidak ada aturan, menjajah suami, bahkan sering mempertanyakan knp anaknya memperistri saya. Dia sering bercerita bahwa dia dipekerjakan sy, padahal di rumah ada pembantu 2. walaupun pembantu juga keluar masuk krn tidak betah dgn omongan dia. Suami sy pun sering dijelek-jelekkan di semua kerabatnya. Sampai mereka terheran-heran. Anak kami, jg tidak dekat dgn dia, kata mereka sering dibentak2 bahkan sering dipukul kepalanya.
    Pak Ustad, sering suami ataupun sy menasehati mertua. Tetapi sering salah paham, bahkan sering pergi tanpa ijin. Tp akhirnya kembali lagi (sekitar 4x). Apa yg harus kami lakukan? bgmanapun dia adalah orang tua, tetapi kami juga punya keinginan supaya keluarga tenang.

    Mohon nasehatnya. Terima kasih
    Wassalamu alaikum

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Mungkin itu memang sudah waktaknya, sikapilah semua itu dengan sabar dan meminta pertoloingan pada Allah dengan meengerjakan shalat hajat diwaktu dhuha antara jam 6 sampai jam 9 pagi. Selesai shalat hajat baca surat Al Fatihah berikut tadabburnya untuk ketentraman dan kedamaian dalam rumah tangga sebagaimana yang saya kirim pada lampiran email ananda.

      Tadabbur Al Fatihah tersebut juga boleh dibaca setiap selesai shalat maghrib dan subuh. Lakukan semua itu secara rutuin setiap hari dengan tekun dan istiqomah. Mudah mudahan Allah memberi pertolongan pada ananda sekeluarga.

  116. martias says:

    asssalamualaikum pak ustadz..Alhamdulillah selama 4 tahun pernikahan, akhirnya Allah memberikan karunia yang terbesar kepada kami, saat ini saya sedang mengandung dengan usia kandungan 24 minggu. hanya saja perasaan gundah gulana dan khawatir akan keadaan dan kesehatan bayi ini semakin hari semakin kuat, selama ini saya tetap mencoba untuk meredakan kekhawatiran saya dengan membaca quran dan sholat lima waktu, tetapi sepertinya masih saja kekhawatiran itu ada…

    Pak ustadz yang terhormat saya mohon nasehat bapak tentang amalan apa saja yang harus saya lakukan selama kehamilan ini…agar saya dapat menjalankan kehamilan ini dengan baik.. saya berharap anak yang ada dalam kandungan saya menjadi anak yang cerdas, alim, sholeh, etc…

    terimakasih atas perhatian bapak, saya sangat berharap bapak sudi memberikan beberap nasehatnya pada saya, mengingat saat ini saya hidup jauh dari keluarga.

    saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Coba baca tadabbur al fatihah untuk menghilangkan rasa was was dan cemas seperti yang saya kirim pada lampiran email ananda setiap selesai shalat wajib. Atau minimal setelah selesai shalat maghrib dan subuh. Mudah mudahan Allah memberi ketenangan pada hati ananda

  117. Ahmad says:

    Ass ustadz,sya mengalami sebuah keluhan atau penyakt pria dwasa sya dahulu serng melakukan kebiasaan buruk tpi skrng tdk pernah lg sy benar2 menyesal dg kelakuan sya ini tpi sya terma sjalah mgkin ini akbat dr it smua dn hkuman dri allah sya benar2 ingn merubah dn berjanji tdk pernah mengungalangi lg berbgai usha dg berobat sdah sy lakukan tp mash sja penyakt/keluhan tsb tak kunjung sembuh sya benar2 tdk snggup menjalankan kehdupan sperti ini akbt yg dtimbulkan dri ini berpenparuh dlm segi apapun dikehupan sya,sya mw bertanya apkah yg hrus dilakukan untk meminta kesembuhan dari allah apkah dgn melakukan sholat tahajut stiap malam? Trmakash pak ustadz

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Kebiasaan buruk yang anands lakukan adalah akibat pengaruh syetan dan iblis yang merasuki fikiran dan hati ananda. Karena itu dalam surat An Nur ayat 21 Allah mengingatkan agar kita jangan mengikuti bisikan dan bujuk rayu syetan yang muncul didalam hati dan fikiran kita, syetan hanya mengajak kita untuk melakukan berbagai perbuatan maksiat dan tercela.

      Kalau bukan karena karunia Allah tidak seorang manusiapun yang slamat dari kotoran dan kekejian syetan. Namun allah mensucikan siapa yang dikehendakiNya. Mintalah pertolongan pada Allah agar Ia membersikhkan diri ananda dari pengaruh keburukan dan tipu daya syetan didalam hati dan fikiran ananda. Kerjakan shalat hajat pada akhir malam atau pada waktu dhuha sebanyak dua rakaat atau lebih.

      Selesai shalat hajat baca surat Al fatihah berikut tadabburnya untuk menghilangkan berbagai sifat buruk , seperti yang saya kirim lewat lampiran email ananda . lakukan semua itu setiap hari dengan tekun dan istiqomah . Insya Allah Dia akan membersihkan hati dan fikiran ananda dari berbagai sifat buruk dan tercela.

  118. diana says:

    assalamualaikum wr. wb.
    pak ustd suami saya jarang sholat, padahal saya sudah sering sekali menasehatinya, menyuruhnya agar selalu sholat, tapi dia malah marah-marah dan selalu bicara kasar yang membuat saya sakit hati dan sedih, saya selalu berdoa agar allah memberikan hidayah kepada suami saya, kita sudah punya anak, dan saya takut jika anak kami nanti ikut ayahnya tidak mau melakukan sholat, apa yang harus saya lakukan pak ustadz? terima kasih.
    wassalamu’alaikum wr.wb.

  119. Nandang says:

    assalamualaikum wr. wb.
    saya mau tanya pak, apa benar pada sepertiga malam kekuatan LOA bisa lebih maksimal? contohnya dalam pengucapan kata2 atau do’a akan lebih cepat terkabul.
    wassalamu’alaikum wr.wb.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Didalam surat Al Muzammil ayat 6 Allah menjelaskan bahwa bangun dan shalat diakhir malam itu lebih tepat dan khusuk bacaannya. Karena itu Allah menganjurkan kita untuk mengerjakan shalat diakhir malam.

      Ketika tidur gelombang fikiran manusia yang memenuhi angkasa jauh berkurang dari biasanya, sehingga jika kita memanjatkan doa pada waktu itu tidak terkena gangguan gelombang fikiran yang beraneka macam ragamnya.

      Pada siang hari angkasa dipenuhi oleh gelombang fikiran yang beraneka macam ragamnya, sehingga sulit bagi doa yang kita pancarkan menembus semua rintangan yang muncul itu. Doa jadi tidak khusuk dan sering melantur.

      Doa yang dipanjatkan diakhir malam lebi besar kemungkinan terkabulnya daripada yang dipanjatkan pada siang hari. Karena shalat dan berdoa diakhir malam lebih khuhysuk daripada siang hari.

  120. Anas Kt says:

    Assalamualaikum wr. wb.

    Ananda datang lagi Ustad….Alhamdulilah dah hampir 2 tahun ananda istiqomah Tahajud, ndukha, sedekah, sholat jamaaah di masjid,..dlll….ananda mau tanya….setiap tahajud saya selalu mendoakan sahabat2 saya..bahkam saya sebut namanya satu-persatu…..tapi kenapa yang lebih sering saya sebut namanya kok malah tega (terlalu banget) sama ananda yah…padahal dia bisa sukses salah satunya dulu saya yang ngajarin (bahasa pemrograman komputer)…bahkan aplikasi yang dijual dia sekarang dulu buatnya dengan saya….padahal dia tahu saya dalam keadaan kesulitan???….kenapa bisa begitu yan stad…???? sampek detik ini saya masih mendoakan dia….mohon jabawannya ya Tad…..terimakasi….maturnuwun
    Wassalamualaikum wr. wb.

  121. Fadhil ZA says:

    Wa alaikum salam

    Semua itu adalah ujian bagi keikhlasan dan ketakwaan ananda. Dalam surat Al Ankabut ayat 2 Allah mengingatkan bahwa ia tidak akan membiarkan seseorang mengatakan bahwa dirinya telah beriman sebelum ia mengujinya dengan berbagai kejadian baik maupun buruk. Doakanlah siapa yang ingin ananda doakan dengan ikhlas tanpa mengharapkan balasan satu apapun dari yang bersangkutan, cukuplah balasannya dari Allah saja.

    Kerjakanlah tahajud dan amalan lainnya seumur hidup semata mata ikhlas karena Allah, insya Allah Dia akan mengangkat ananda ketempat yang mulia sebagaimana janjiNya dalam surat Al Israak ayat 79.

  122. AINUL says:

    assalamualaikum wr. wb.
    pak ustat…sy seorang wanita.bln 2/2012 sy btengkar dg pacar sy.2 minggu kemudian di melamar seorang wanita lain yg dikenalnya memalui FB.kesannya terburu2.sy dg pacar sy telah menodai sy(zina),pacar sy dari bln 2011 janji u melamar sy smpai bicara ke ortu kl dlm wkt dekat akan melamar.sy dan kluarga sy dibuat malu pak ustat.pak ustat kini sdh 2 bln sy tahajjud dan bertaubat(bukan u/ ria tp mohon petunjuknya pak ustat).stiap solat taubat,tahajjud,witir sy nangis ingat dosa sy.insaallah bln 6 sy umroh ustat.skrg sy sdh iklas dan tenang.pak ustat apa benar untuk membalas sakit hati pd org yg zalim pd kita itu didoakan yg baik2.trus bagaiman adab bdoa agar allah membalas atas rasa sakit hati pd org yg zalim pda diri kita.bukankah salah satu doa yg didengar allah adalah doa org teraniaya.
    wassalamu alaikum wr.wb.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Ada 4 hal utama yang dianjurkan dalam surat Ar Rad ayat 22 untuk dilaksanakan oleh orang yang menginginkan kehidupan yang baik diakhirat kelak yaitu :

      1. Tetap sabar dan istiqomah menghadapkan hati dan fikirannya hanya pada Allah
      2. Tetap istiqomah mendirikan shalat
      3. Menafkahkan sebagian rezeki yang diberikan Allah padanya dijalan kebaiakan secara sembunyi dan terang terangan
      4. Membalas kejahatan orang lain dengan kebaikan.

      Kerjakakanlah 4 hal utama itu sebagai tanda taubat ananda pada Allah. Minta tolong pada Allah agar ananda dipilihkan jodoh yang lebih baik dari yang telah meninggalkan ananda itu dengan mengerjakan shalat dan bersabar. Agar shalat ananda bermutu dan memiliki keampuhan yang dahsyat perbaiki mutu shalat ananda dengan berusaha mengerti dan paham setiap kalimat yang dibaca dalam shalat. Pelajari bimbingan shalat khusuk pada ebook yang saya kirim pada lampiran email ananda.

      Kerjakan shalat hajat setiap pagi pada waktu dhuha antara jam 6 sampai jam 9 pagi sebanyak dua rakaat. Selesai shalat hajat baca tadabbur alfatihah untuk mendapatkan jodoh sebagaimana yang saya sampaikan pada lampiran email ini.
      Lupakan orang yang telah menyakiti hati ananda , berpedoman pada butir 4 diatas , serahkan semua urusan pada Allah. Dan jangan lupa untuk memperbanyak sedekah. Semoga allah membukakan jalan bagi ananda.

  123. AINUL says:

    ass.alaikumwr.wb
    pak ustat sekedar tambahan.alhamdulillah sy sdh memakai jilbab jg.sy anggap ini adalah sebuah ujian buat sy agar sy bertaqwa kp allah.dan sy bersyukur pula akan hidayah yg diberikan allah buat sy.atas perbuatan sy yg lalu sy bertaubat n betul2 ingin bertaubat.dan ingin memperbaki hidup dan ahklak aku pak ustat…wassalam.

  124. AINUL says:

    MOHON MAAF BILA ADA KATA YG TIDAK BERKENAN ATAU AINUL SALAH DALAM MENULIS KATA.MOHON MAAF YANG SEBESAR-BESARNYA.

  125. AINUL says:

    ass.alkum wr.wb
    TERIMAKASI BANYAK PAK USTAT…PAK USTAT ADALAH SUMBER INSPIRASI SAYA UNTUK LEBIH KUAT DALAM MENJALANI HIDUP INI.ALHAMDULILLAH SETELAH SY MENJALANI SOLAT MALAM YG RUTIN HIDUP LEBIH TENANG,IKLAS DAN DAMAI.INSYAALLAH PAK USTAT MASUK SURGA….TERIMAKASI BANYAK YG TAK TERHINGGA.WASSALAM

  126. titin says:

    assalamualaikum wr. wb
    pak Ustadz Mohon saya diberi ketegasan dan penjelasan yang benar benar membuat saya faham agar tidak salah mengartikan dalan menjalankan dalam berdoa.
    begini…saya membaca jawaban2 dari pak Ustadz buat sahabat2 yg bertanya seperti ini kutipannya :
    Jika berdo’a menginginkan suatu hajat pada Allah jangan diikuti prasangka buruk, apa mungkin?…bagaimana kalau tidak dikabulkan?…dst. Berdo’alah dengan penuh keyakinan, jangan ragur ragu….jika diikuti dengan perasan ragu, biasanya apa yang dikuatirkan atau diragukan itulah yang berlaku…..dalam hadist Qudsi disebutkan ….Allah telah berfirman bahwa Aku menurut persangkan hambaKu, jika mereka berpransangka buruk , demikianlah jadinya.
    jadi yang sangat ingin saya tanyakan pada ustadz bagaimana membedakan antara keraguan dengan meyakini kuasa dan ketentuan allah?maksud saya begini…:
    dalam doa yang saya panjatkan saya selalu berusaha untuk tidak ragu seperi yg pak ustadz anjurkan untuk yakin agar terkabulnya doa kita….tapi diujung doa saya selalu pasrah….jika allah berkehendak lain ( karna yang saya tau ada 3 ketentuan allah yg tidak bisa di ganggu gugat seperti : 1jodoh 2.maut.3.rizki /maaf kalau salah ).apakah itu masuk katagori saya ragu? padahal karena ingin di kabulkan saya berusaha seyakin mungkin untuk YAKIN kalau doa saya akan di kabulkan,tapi mengingat ketentuan yang 3 tadi maka di penghujung doa selalu saya pasrah.jika seseorang itu ternyata bukan jodoh saya.mohon pencerahan nya pak Ustadz.terimakasih .

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Dalam berdoa atau memohon sesuatu pada Allah berdoalah dengan sungguh sungguh dan penuh harapan bahwa permohonan itu akan dikabulkan, jangan diiringi dengan keraguan apa mungkin….bagaimana kalau tidak dikabulkan…dst.

      Selesai berdoa serahkan keputusannya ditangan Allah, apapun keputusan Allah terimalah dengan ikhlas. Kita tidak bisa memaksakan kehendak pada Allah. Bisa saja hasil doa tersebut bertolak belakang dengan yang kita mohonkan. Kita mau kebarat ternyata sampainya ditimur.

      Sesuatu yang kita sangka baik belum tentu baik menurut Allah, demikian pula sesuatu yang kita sangka buruk belum tentu buruk menurut Allah. Karena itu serahkan semua keputusan doa itu sepenuhnya pada pada Allah. Ikhtiar, usaha dan doa wajib kita lakukan, keputusan ada ditangan Allah. Dan orang yang bertawakkal selalu ikhlas dan ridho pada putusan Allah tersebut.

  127. fitri says:

    Asalamuaikum pak ust.pak saya ingin btanya,sy berniat shlt tahajjud slm 1bln, namun baru 2minggu slt sy terputus 1malam. Yg sy tanyakan bagaimana cara mengganti malam yg terléwat tersrbut pak ust.? Apakah dpt saya ganti dg Shalat duha di ke esokan pagi hari nya?
    Trimakasih pak ust. Asalamualaikum.

  128. Fadhil ZA says:

    Wa alaikum salam

    Kalau niat tahajud selama satu bulan bukan nazar tapi hanya niat tanpa maksud lain , itu tidak masalah. Yang sudah tertinggal yah sudah tidak bisa dan tidak perlu digantikan lagi.

    Tapi jika itu Nazar maka harus diulang dari semula walaupun kegagalan itu setelah melakukan 28 hari. Harus diulang dari awal lagi. Saya pernah melakukan hal seperti itu berniat puasa selama 40 hari dalam rangka menguatkan diri untuk bertahajud. Saya niatkan jika saya gagal satu hari walaupun setelah 39 hari saya harus mengulang dari awal. Alhamdulillah Allah mengiizinkan saya dan bisa melakukannya selam 40 hari secara penuh.

    Shalat tahajud dan dhuha adalah shalat sunah yang dianjurkan Rasulullah, Kalau semalam gagal tahajud yah boleh saja paginya dhuha tapi bukan sebagai pengganti tahajud.

  129. Anas Kt says:

    Assalamu’alaikum Ustadz…..
    Dulu ananda kalu romadhon pasti tahajud….nggak lama pasti yang saya mohon terkabul Ustadz…padahal banyak sekali kelakuan yang belum bener…tapi mengapa sekarang ananda dah bisa istiqomah tahajud, dhukha, sedekah, sholat wajib di mesjid (baru mau 2 tahun seh) dan kelakuan ada peningkatan ke bener…kok malah permohonan ananda belum juga terkabul ya ustadz….terimakasih Ustadz…

    Wassalamu’alikum

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Itu adalah ujian Allah bagi ananda , apakah ananda sudah betul betul beribadah dengan istiqomah. Semakin dekat seseorang pada Allah maka ujiannyapun akan semakin berat pula.

      tetaplah istiqomah dengan amal ibadah ananda , kita tidak tahu nikmat apa yang disembunyikan Allah bagi kita dimasa yang akan datang sebagaimana disebutkannya dalam surat as sajdah ayat 17

  130. Rini says:

    Assalamuailaikum WRWB Pak Ustadz,

    Belakangan ini saya mengetahui suami selingkuh dengan rekan kerja, saya mohon doa apa yang bisa saya amalkan agar suami saya setia dan rumah tangga kami selalu rukun. selama ini setelah sholat saya selalu membaca dzikir Ya-Rahman & Ya-Rahim sebanyak 100 kali, jika ada doa dan sholat sunnah lain yg bisa diamalkan mohon dibantu saranya Pak Ustadz agar rumah tangga kami rukun selalu & kami saling mencintai dan setia satu sama lain. saya harapkan dengan sangat balasan dari Pak Ustadz.Sebelumnya saya haturkan Terimakasih.

    wassalamualaikum WrWb,
    Rini

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Minta tolonglah pada Allah dengan mengerjakan shalat dan bersabar. Agar shalat ananda memiliki kekuatan dan mampu melindungi rumah tangga ananda dari berbagai gangguan, tingkatkan mutu shalat ananda dengan berusaha mengerti dan paham setiap kalimat yang dibaca dalam shalat.

      Pelajari tata cara shalat khusuk pada artikel yang ada pada kategori “Tuntunan Shalat Khusuk” di blog ini. Lakukan shalat hajat pada waktu dhuha atau tahajud sebanyak dua rakaat atau lebih . Selesai shalat baca tadabbur alfatihah untuk kerukunan rumah tangga dan menghilangkan gangguan pihak ketiga , seperti yang saya kirim pada lampiran email ananda.

      Lakukan semua itu dengan tekun dan istikomah setiap hari . Tadabbur alfatihah ini juga dianjurkan dibaca setiap selesai shalat maghrib dan subuh. Semoga Allah melimpahkan rahmatnya bagi rumah tangga ananda

  131. irel says:

    assalamu’alaikum uztad..
    bolehkah sya mendoakan jelek orang yg telah menyakiti sy,awalnya sy ikhlaas memaafkn dlm hati dn doa sy,tp mlihat dia tdk brubah dn mrasa tk bersalah ma sy mmbuat sy tk ikhlas mmaafknnya..dia dulu sahabat sy,tp trnyata di blkang sy dia menggoda suami sy dg menjelek2 sy dn mngiming2i zina yg luar biasa,krn mang dia usianya jauh di atas kami..kapala 4an..yg menyakitkan rumah dia dpan rumah sy..sebagai hmba ALLOH sy dh mncoba BISMILLAH..sy maafkn dia,sy srahkn smua ma ALLOH dg sholat wajib n sunnah appn (insyaalloh )..tp kyake di mlh anggkuh dn tk sadar klo sy tlh mngetahui smua kbsukannya,ingin sy adukan ma suaminya yg skarang lg di rumah,krn suaminya pulange 4 blan skli..tp sy naik turunkn pikran sy,apapn sy tk mau buat suami sy benjut d tonjok suaminya..jd sy tahan sndiri mski jujur suaaakiiittt rasae..tp bkankh marah dn mmberi hukuman bukan hak sy..tp knpa ALLOH sprti diam sj mlihat ksedihan sy??? sy adalh seorang ibu dlm masa pertobatan atas smua dosa2..sy jg bru merasakn menemukan ALLOH setahun ni,suami sy juaauuhhh dr kata imam rumh tangga,mkae sy sulit tobat,tp dengn tekad dn ksadaran ALHAMDULILLAH ALLOH mmberi ksemptan sy menyebut namaNYA,jatuh cinta padaNYA (insyaalloh)mski tak sempurna,krn ksempurnaan hnya MILIKNYeri ptunjuk, krn takut khilanganaNYA tulah yg mmbuat sy diam,mngalah,dn memaafkan sumnyakitami..sekarang sy lg mncoba mndirikan sholat istikharoh..mnta ptnjuk takdir rumah tangga sy dn suami..sy tak mau balas dndam to mnuruti nafsu tanp ridhoNYA(insyaalloh),tp kmbali lg..sy hnya manusia biasa,kdang pngn lari dr knyataan ni yg tiap hri hrus mlihat orang2 yg mnyakiti sy..rumah tgga sy dah brjalan 15 thn,putri sy 1..sy bnar2 bingung,tiap hari cma nangis dlm sholat tobat sy…mhon solusinya uztad..mga ALLOH mmberi jwban dn petunjukNYA melalui solusi yg anda berikan..insyaaloh..aminnn..

    wassalamu’alaikum..
    ibunya irel.

    • irel says:

      maaf uztad, tulisan sy di atas agak kacau..nulisnya jg pas galau…mohon maklum ya…mkasih.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Mintalah pertolongan pada Allah untuk mengatasi masalah ini sebagaimana yang diperintahkanNya pada surat Al Baqarah ayat 45 dan 153. Jika Allah menolong kita maka tidak ada satu kekuatanpun yang dapat mengalahkan kita. (Ali Imran 160) dan allagh pasti memberikan pertolongan pada orang yang meminta tolong padaNya. Dia maha kuat untuk melaksanakan kehendakNya.

      Minta tolonglah dengan mengerjakan shalat malam (Tahajud) atau dhuha sebanyak dua rakaat atau lebih. Setelah selesai shalat bacalah tadabbur al fatihah untuk membina kerukunan rumah tangga dan menghilangkan gangguan dari pihak ketiga sebagaimana yang saya kirim pada lampiran email ibu.

      Lakukan semua itu dengan tekun dan istiqomah setiap hari, insya Allah Dia akan memberikan pertolongan pada ibu. Ingat ikrar yang selalu kita ucapkan setiap shalat “…iyyakana’budu wa iyyakanastaiin….hanya padaMu kami menyembah dan hanya padaMu kami minta tolong”

  132. mita says:

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Doa minta jodoh paling afdal dan manjur apa pak ustat..saat ini saya rajin baca yang ini:Robbilatasarni fardan wa anta haerul waarisiin…(maaf kl salah penulisan ustat)..>>>>>ustat apa ada tambahan dzikir lain ustat biar doa kita mudah dikabulkan.makasi sebelumnya pak ustat.
    wassalam,

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Masalah jodoh sepenuhnya ada ditangan Allah. Mintalah jodoh yang serasi untuk kebahagiaan hidup dunia dan akhirat. Mintalah pada Allah dengan sungguh sungguh, kerjakan shalat tahajud diakhir malam ataub shalat dhuha diwaktu pagi hari sebanyak dua rakaat atau lebih. Setelah itu bacalah tadabbur alfatihah untuk mendapatkan jodoh yang serasi sebagaimana yang saya kirimkan pada lampiran email ananda.

      Doa yang ananda sebutkan diatas apakah ananda mengerti maksud dan artinya ? Sebaik baik doa adalah yang kita paham dan mengerti maksudnya

  133. dina says:

    ass…
    pak ustadz mf sblmnya kalau sya tdk sopan,sya mau bertanya,,,
    sya mempunyai pcar dan sdah 7 tahun kmi mnjalani hubungan,pacar saya sangat siruus sma sya dan berniat ingin menjadikan saya istrinya.sampai akhirnya dia berjanji dia akan menunggu sya sampai tahun 2012 tapi kalau lewat dari tahun 2012 katanya jangan salakan sya jika sya memilih wanita lain. Masalahnya skrg tahun 2012 belum berakhir tapi pacar sya memutuskan saya dengan alasan katanya saya hanya mempermainkan dia saja, padahal saya serius dgn dia hanya saja sekarang saya mau menyelesaikan skripsi dlu baru jwb dia. Skaang dia sudah mempunyai cewek baru, wktu sya hubungi dia dan bcra klau msih ada ksempatan sya mau kembali padanya dan ingin menjawab dy slesai skrpsi sya tpi dia blang tidak ada lagi ksempatan dan dy sdah bhagia dgn cwek baruny……..

    saya sngat mencintainya dan bnr2 mau jadi istrinya, yang saya tanyakan apakah mungkin dg sya brsbar dan melakukan solat thajjud dy akan kembali lagi pada sya.trima ksih pak ustadz……….

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Kita tidak tahu dengan pasti siapa yang akan menjadi jodoh kita, masalah jodoh sepenuhnya ada ditangan Allah. Banyak orang yang pacaran bertahun tahun kadang kala putus oleh sebab yang tidak jelas kadang kala hanya oleh masalah sepele , dan akhirnya malah jadian dengan orang yang baru dikenalnya hanya beberapa bulan saja.

      Lama pacaran tidak menjamin bahwa ia akan menjadi jodoh kita. Yang jelas Allah menjadikan segala sesuatu berpasang pasangan. Allah telah menyiapkan jodoh yang sesuai bagi kita namun kita saat ini tidak mengetahuinya dengan pasti. Mintalah pada Allah agar ia mempertemukan ananda dengan jodoh yang telah ditetapkannya dan membawa kebahagiaan dunia dan akhirat.

      Kerjakan shalat malam atau tahajud diakhir malam atau shalat dhuha diwaktu pagi hari sebanyak dua rakaat atau lebih. Selesai sahalt baca tadabbur alfatihah untuk mendapatkan jodoh yang serasi, sebagaimana yang saya kirim pada lampiran email ananda, mudah mudahanh Allah mempertemukan ananda dengan jodoh yang telah ditetapkannya.

      Lakukan semua itu dengan sabar dan istiqomah, jika pacar ananda itu memang merupakan jodoh ananda tentu dia akan kembali. Namun jika dia bukan jodoh ananda niscaya dia akan semakin jauh, dan Allah akan segera menggantinya dengan yang lebih baik dari itu.

      Pilihan Allah adalah yang paling baik. Kita sering salah lihat, salah dengar dan salah analisa. Yang kita sangka baik belum tentu baik disisi Allah . Yang kita sangka buruk belum tentu buruk disisi Allah. Percayakanlah jodoh ananda pada Allah . Dia pasti akan memilihkan yang terbaik bagi ananda.

  134. Afni says:

    Assalamu’alaikum Bpk dan pembaca yg budiman. Saya Afni 22 Thn, Alkhamdulillah saya mengamalkan Tahajjud sejak kelas 2 SMA dan Asmaul Khusna sejak SMP dan ibadah sunnah lainnya. Dari sini saya mendapatkan pengalaman yg smpe skrg membuat saya msh bertanya2; wktu sy kecelakaan naik motor dan pingsan, di saat pingsan itulah ada suara yg membisiki saya “heh, kalau mau mati itu baca Laa Ilaaha Illallaah” dan seperti ada yg menuntun saya utk membaca itu meski sulit utk d lafalkan. ketika saya berhasil membaca itu, saya lgsung sadar. Dan jg suara itu yg sering membangunkan saya utk bertahajjud. Pengalaman lainnya adalah 2x saya mimpi bertemu Nabi Muhammad, tp sayangnya tdk bs melihat wajahnya. hanya punggungnya. Selain itu, terkadang saya mempunyai firasat seseorang akn meninggal. padahal jls2 TIDAK ADA SEORANGPUN yg tau akn kematian. Yg saya tanyakan: Sebenarnya suara siapa dr crita d atas? apakah ada makhluk ghaib yg menjagaku?, dan mengapa ketika mimpi Rasul saya tdk mampu melihat wajah beliau? dan yg terakhir, sy takut dosa, takut setan akn menyesatkan saya karena Hanya Allah yg tau akn kematian… Saya tdk mau Kufur karena mengamalkan amalan ini.
    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih. Maaf disini sy tdk ada niat utk riya’,,,sekedar berbagi cerita utk memecahkan masalah ini.
    Wassalamu’alaikum…….

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Orang yang membiasakan diri berdzikir dan mengerjakan berbagai amalan sunah memang diberi kemampuan lebih oleh Allah. Karena itu Rasulullah pernah mengingatkan berhati hatilah dengan firasat orang mukmin karena mereka melihat dengan penglihatan Tuhannya.

      Banyak hadist yang menyatakan hal ini antara lain hadist Qudsi bahwa Allah amat menyukai seseorang yang mendekatkan diri padanya dengan amalan sunah, jika Allah telah mencintainya maka ia akan melihat dengan penglihatan Allah, mendengar dengan pendengaran Allah, jika orang memusuhinya maka Allah memaklumkan perang padanya.

      Semua ini diharapkan bisa memotivasi setiap mukmin untuk meningkatkan ibadahnya pada Allah

  135. Yuni Sri Lestari says:

    Assalamualaikum Wr.Wb.
    Saya mau tanya kalau setelah sholat tahajud itu kembali tidur lg gmn ya?

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Jika tidak kuatir subuhnya bakal kesiangan boleh saja tidur lagi setelah tahajud. Jika kuatir akan kesiangan subuhnya sebaiknya lakukan diakhir malam, ketika sudah dekat subuh , sehingga selesai tahajud bisa dilanjutkan dengan shalat subuh dimasjid atau dirumah.

  136. Zainuddin Taher says:

    Assalamuallaikum wr wb..semoga Allah s.w.t selalu mencurahkan rahmatNya utk Bapak sekeluarga.Saya minta izin kpd Bapak utk mengcopy artikel2 ini,utk dibagikan kpd saudara2 muslim lain.yg kebetulan blm paham internet..Salam hormat selalu dari Bumi Allah yg paling timur.kaimana.Papua Barat

  137. lia says:

    askum…
    pak uztad sya mau bertanya, saya punya pacar n maaf sebelumnya pcar sya itu sudah menodai saya 1 bulan yang lalu saya mengetahui bahwa dia punya pacar lagi…berhubung keluarga kami sudah dekat akhirnya saya mau ngajak dia nikah tapi dia malah menolak niat baik saya dengan alasan katanya kita dulu sudah usaha tapi belum juga kesampaian…pacar saya sempat marah2 sama keluarganya waktu dia marah dia bilang kalau saya mau mempermainkannya…satu minggu yang lalu pacar saya minta saya menemuinya dia bilang dia minta maaf kalau bulan ini belum siap untuk nikah tapi insya allah bulan 9 nanti kalau saya pnya uang saya siap…tapi yang jadi masalah setiap saya sms dia untuk menasehati dia agar jangan mudah emosi dia malah marah sama saya dan dia juga bilang saya gak akan pernah pilih kamu menjadi istri saya walaupun kita nikah apa kamu saya tidak menggauli kamu cs katanya kita tidak akan pernah berjodoh….saya sabar mendengar kata2 itu tapi yang membuat saya dipermainkan ada nomor hp yang tidak saya kenal dia selalu sms sya dan bilang bersabarlah setiap masalah pasti akan ada jalan keluarnya, kamu harus banyak berzikir2 dan yakinlah saya tidak akan pernah ingkar sama janji saya….padahal yang tau masalah inti hubungan kami hanya kami berdua…

    sekarang sya pun tidak dendam atau marah mndengar kata2 kasarnya…sya pun mulai bertaubat mengerjakan solat lima wkt n berpuasa…dikalah malam hari sya sering melakukan solat hajat tapi ketika tidur saya selalu bermimpi tentang dia…waktu itu sekitar pukul 2.30 wib saya bangun dari tdur saya bermimpi kalau pacar saya itu menangis kesakitan kakinya dalam mimpi sya tidak ada seorangpun yang mau menolongnya dan sya punya niat untuk menolongnya tapi teman2 sya malah menarik badan saya agar saya jangan menolong dia akhirnya karena sya kasihan sya tlong dia n memberi dia minyak kayu putih…slesai itu sya pergi tapi dia mlah menunggu sya…..

    sya tau mimpi itu kadang bunga tidur atau khayalan sja tapi yg jdi pertanyaan knp sya sring kalau bermimpi ktmu dy…tlong sarannya ya pak uztad…sebelumnya terima kasih……

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Waspadalah dalam menjalani hidup ini, syetan sebagai musuh abadi kita selalu mengintai saat kita lengah dan silap. Mereka dengan gigih berusaha menjerumuskan kita kedalam lembah neraka jahanam agar kelak menjadi teman mereka di neraka jahannam. Bertaubatlah pada Allah atas apa yang telah ananda lakukan berdua . Jika ananda patuh dan menurut bisikan dan bujuk rayu syetan , ananda akan dirongrong kesulitanterus menerus samapi akhir hayat. Didunia sengsara dan akhirat lebih terpuruk lagi.

      Bertaubatlah dengan memperbanyak istighfar dan mintalah pertolongan pada Allah agar diberikan jodoh yang membawa rahmat dan berkah dalam kehidupan dunia dan akhirat. Kerjakan shalat tahajud atau dhuha sebanyak dua rakaat atau lebih. Selesai shalat baca tadabbur alfatihah untuk mendapatkan jodoh yang serasi sebagaimana yang saya kirim pada lampiran email ananda. Disamping itu perbanyak membaca asmaulhusna ya rahman dan ya rahim didalam hati dimanapun ananda berada. Harapkan kasih sayang dan ramhmat dari Allah.

      Kerjakan semua itu dengan tekun dan sabar. Insya Allah jika pemuda itu memang baik bagi ananda ia akan dekat dan serius pada ananda. Namun jika dia tidak baik bagi agama dan masa depan ananda maka ia akan bertambah jauh dari ananda , dan insya Allah …Dia Allah akan menggantikannya dengan yang lebih baik dari laki laki tersebut. Masalah mimpi yang muncul jangan terlalu dihiraukan. Parcayakan hidup ananda pada Allah bukan pada mimpi yang tidak jelas.

  138. yono says:

    aslmualaikum pak ustad maaf saya mau nanya..

    saya kan tiap mlam sholat tahajud dan doa saya setiap mlam hnya mhon biar bsa mndpatkan cwek yg sngat saya kagumi…apakah ALLAH akan mngabulkan doa saya nanti nya…..tlong ksih tau jawaban nya….

    terimakasih…

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Masalah jodoh sepenuhnya ada ditangan Allah. Kita tiak pernah tau dengan pasti siapa yang akan menjadi jodoh kita kelak. Orang yang pacaran sampai bertahu tahun juga tidak jaminan akan menjadi jodohnya kelak. Berdoalah pada Allah agar diberikan jodoh yang serasi…jang pernah berhenti dan putus asa dalam berdoa. Memang adakalanya butuh waktu sampai beberapa tahun baru mendapatkan jodoh yang sesuai , karena itu dibutuhkan kesabaran dalamberdoa.

      Bacalah tadabbu alfatihah untuk menjaga dan mendapatkan jodoh sesuai yang saya kirimkan pada lampiran email ananda, setiap selesai shalat tahajud atau dhuha. Lakukan semua itu denga sabar dan tekun, nsya Allah ananda akan mendapatka jodoh yang sesuai.

  139. kasmir says:

    Alhamdulillah..
    info yang sangat bermanfaat…

    nambah pengetahuan tentang shalat malam terima kasih..

  140. WHYA says:

    ass. pak ustads saya mau bertanya bangaimana cara kita agar ketika shalat tengah malam ataupun shalat 5 waktu bisa khusuk..??

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Syarat utama untuk bisa shalatdengan khusuk adalah ananda mengerti dan paham setiap kalimat dan ayat yang ananda ucapkan dalam shalat. Kalau ingin bisa khusuk usahakanlah agar bisa mengerti dan paham semua ayat dan kalimat yang dibaca dalam shalat. Ananda tidak mungkin khusuk jika ananda tidak mengerti dan paham apa yang ananda ucapkan dan baca dalam shalat.

      Silahkan pelajari tata cara shalat khusuk pada ebook yang saya kirim melalui email ananda.

  141. arihadi says:

    assalamu alaikum ustadz..
    1.mengenai tata cara doa tahajud apa sudah baku dan wajib dihafal sebab saya belum hafal doanya ustadz. apa boleh saya doa tidak sesuai dengan doa tahajud sebab kalau uda niat sholat tapi gara-gara belum hafal doanya malah gak sholat-sholat ustadz…???

    2.terus doanya itu apa setelah rakaat yg terakhir atau di tiap-tiap salam dan apakah langsung doa tanpa dzikir-dzikir dulu..???

    mohon pencerahaannya ustadz…

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Untuk doa sesudah tahajud baca saja doa yang ada dalam Qur’an seperti surat Al Baqarah 284-286, surat al falaq dan lain sebagainya. Jika tidak hafal baca saja dalam bahasa indonesia , sampaikan semua hajat kebutuhan dan apa yang diinginkan dalam bahasa indonesia.

      Tata cara membaca doa dalam bahasa Indonesia adalah sebagai berikut , lakukan shalat tahajud 2 rakaat. Setelah salam baca istighfar sebanyak banyaknya… kemudian dilanjutkan dengan doa dalam bahasa indonesia. Selanjutnya lanjutkan shalat dua rakaat lagi , selesai salam baca istighfar seperti yang pertama dan dilanjutkan dengan doa. Demikian seterusnya bisa dilakukan sebanyak dua rakaat kali empat. Kemudian ditutup dengan shalat witir sebanyak satu rakaat atau tiga rakaat.

      Doa dalam bahasa Indonesia hanya boleh dibaca diluar shalat,dan tidak boleh dibaca didalam shalat. Doa didalam shalat hanya boleh diambil dari ayat Qur’an yang merupakan doa seperti surat Al Baqarah 284-286 , ali Imran 191-192 dst.

  142. afis says:

    assalamualaikum…
    saya mau taya.kenapa ya setiap ada yg melamar saya selalu menolaknya dan hati saya selalu diliputi amarah,teringat mantan yg pernah sy sakiti,dan amarah kpd laki2 yg dl pernh mau djodohkn dgn saya tp tdk tersambung krn dia mengingkari kata2y sendiri dan memilih pacar sie cowok yg d jodohkn dgn saya…yg saya mau taya knp d saat saya tenangpikirn+batin slalu tersirat penyesalan krn menolak setiap cowok yg dtang melamar saya knp bs begitu ya pak…mohon blsn y dkirim d alamat email saya…

    • Fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Hal tersebut bisa saja terjadi akibat adanya gangguan sihir atau jin pada diri ananda. Bersihkan diri ananda dari berbagai energi negatif yang mungkin ada pada diri ananda dengan mengerjakan shalat secara benar dan khusuk. Tingkatkan mutu shalat ananda dengan berusaha untuk mengerti dan paham setiap ayat dan kalimat yang dibaca dalam shalat.

      Shalat yang dilakukan dengan benar dan khusuk akan membangkitkan energi positip pada diri ananda yang dapat memusnahkan kekuatan dan energi negatif yang melingkupi diri ananda. Shalat yang dilakukan secara asal asalan tidak memiliki energi dan kekuatan yang dapat menghilangkan berbagai energi negatif yang mengganggu. Pelajari tatacara shalat khusuk pada artikel dengan kategori “Tuntunan shalat khusuk” diblog ini atau pada ebook yang saya kirim pada email ananda.

      Untuk ,menghilangkan gangguan sihir dan jin tersebut biasakan membaca tadabbur surat al falaq seperti yang dicontohkan pada artikel “Khasiat dan manfaat surat al falaq” diblog ini , setiap selesai shalat maghrib dan subuh.

      Untuk mendapatkan jodoh yang serasi dan membawa berkah serta rahmat bagi ananda , bacalah tadabbur alfatihah untuk memelihara dan mendapatkan jodoh seperti yang saya sampaikan pada lampiran email ananda setiap selesai shalat atau menimal setelah shalat magrib dan subuh bisa juga dilakukan selesai shalat malam atau dhuha. Lakukan semua itu dengan tekun dan istiqomah, semoga Allah memberikan jodoh yang serasi bagi ananda.

  143. Listyowati says:

    Assalamu’alaikum pak Ustadz..
    Sy ingin curhat kpd pak Ustadz utk mohon solusinya,sy ibu rumah tangga 38 th,sy baru kehilangan putri ke-2 tgl 29 jan 2012 yg lalu krn sakit jantung,kini anak sy tinggal yg sulung,umur 10 th dengan mempunyai kekurangan yaitu menderita osteogenetik Impervecta/tulang rapuh.Sy menyadari sy pernah melalukan dosa dan kesalahan di masa muda sehingga Allah memberi cobaan seperti ini terhadap saya,namun sy sdh bertobat dan mohon ampun disetiap doa dan sholat sy,Sy berusaha menjalankan sholat dengan baik,mencoba untuk sholat sunah Dhuha dan Tahajud,namun sy mmg menyadari sy belum bisa kontinyu menjalani sholat sunah tersebut,dalam sholat sy, sy memohon agar Allah sayang dengan sy,keluarga sy dan anak sy sehingga sy dan keluarga diberi kesehatan dan umur yg panjang. Ustadz..sy msh merasa sedih krn ditinggalkan anak kedua kami,ditambah lagi kondisi anak pertama kami yg gampang sakit karena daya tahan tubuhnya lemah. Ustadz amalan apakah yang bisa sy lakukan, bisakah anak sy sembuh…sy selalu memohon kpd Allah agar anak bisa sembuh,tidak gampang sakit,sembuh dari Osteogenetik Impervecta, namun bisakah itu ustadz….tidak hanya itu saja saya juga dibelit masalah ekonomi yg sy berharap Allah memberikan rezki yg lebih baik dari sekarang karena gaji suami hanya bisa memenuhi kbthn pokok saja,shg sy tdk punya tabungan,dan masih ditopang mertua…Ustadz sy mohon solusinya…
    Trimakasih,Wasssalamu’alaikum Wr.Wb.

    • Fadhilza says:

      Wa alaikum salam
      Hidup memang tidak pernah sepi dari ujian dan cobaan, dalam surat al ankabut ayat 2 dan 3 Allah mengingatkan :

      2. Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi? 3. Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.

      Allah tidak akan membiarkan begitu saja seseorang mengatakan bahwa ia telah beriman , sebelum mengujinya terlebih dahulu. Allah telah menguji orang dahulu dengan berbagai cobaan yang berat sehingga jelas siapa yang benar imannya dan siapa yang dusta. Demikian pula kita, Allah pasti menguji kita dengan berbagai cobaan. Hadapilah semua ujian itu dengan sabar dan ikhlas padaNya.

      Sholat merupakan benteng yang kokoh dan kuat dalam menghadapi berbagai cobaan yang datang. Tingkatkan mutu shalat ananda dengan berusaha untuk mengerti dan paham setiap ayat dan kalimat yang dibaca dalam shalat. Shalat yang dilakukan secara asal asalan tidak mempunyai arti dan kekuatan untuk menyelamatkan para pelakunya dari berbagai masalah dan kesulitan. Shalat itu merupakan tiang utama kehidupan, sebagaimana dikatakan Rasulullah…ashalutu imaduddin…shalat itub tiangnya agama. Rumah yang tiangnya lemah pasti mudah ambruk diterpa badai, demikian pula orang yang shalatnya lemah , pasti akan ambruk menghadapi badai dan cobaan hidup.

      Shalat yang dilakukan dengan benar dan khusuk akan memberi kekuatan pada para pelakunya dalam menghadapi berbagai masalah kehidupan. Ia akan selalu mendapat jalan keluar dari masalah yang dihadapinya dengan memohon pertolongan pada Allah ketika mengerjakan shalat. Didalam shalat banyak doa yang berisi proteksi diri dari berbagai masalah yang dapat membebani kehidupan. Contohnya doa yang dibaca dalam duduk ifthirash , jika dibaca dengan khusuk dan sungguh sungguh insya Allah hidup akan sejahtera. Sayangnya kebanyakan orang membaca doa ini secara asal asalan dan tergesa gesa , tanpa mengerti maknanya. Pelajari tatacara shalat khusuk pada artikel dalam kategori “Tuntunan shalat khusuk ” diblog ini atau pada ebook yang saya kirim pada email ananda.

      Untuk memperbaiki mutu kehidupan ananda minta tolonglah pada Allah dengan mengerjakan shalat malam atau dhuha sebanyak dua rakaat atau lebih. Selesai shalat bacalah tadabbur surat alfath ayat 1-4 seperti yang saya contohkan dalam artikel “Khasiat dan manfaat surat alfath 1-4” diblog ini. Tadabbur ini boleh juga dibaca sesudah shalat maghrib atau subuh.

      Lakukan semua itu dengan tekun dan istiqomah, insya Allah ada jalan keluar bagi masalah ananda. Dalam surat at thalaq ayat 2-3 Allah mengingatkan bahwa jika kita bertakwa dan bertawakkal Allah akan memberi jalan keluar dari setiap kesulitan dan memberi rezeki dari tempat yang tidak pernah diduga duga.

  144. Rara says:

    Saya telah berkeluarga, pernah main hati dan berselingkuh dengan teman pria kuliah saya dulu, sekarang berteman baik dan masih komunikasi via sms. Saya masih sangat mencintai dia (yang telah beristri) namun saya kini ingin membantu dia memiliki anak dengan dukungan pengobatan dan doa tulus dari saya. Saya berharap dengan doa sholat 5 waktu, tahajud dan puasa selama dia melakukan pengobatan (kadang puasa senin-kamis) bisa mengabulkan permohonan saya. Hanya ini satu-satu jalan iklas yang bisa saya lakukan untuk dia untuk membuktikan rasa cinta saya yang besar tanpa harus memilikinya. Bolehkan saya melakukan ini dan apakah Tuhan mengabulkannya?

    • Fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Jika ananda sudah berkeluarga sebaiknya lupakanlah lelaki lain yang bukan suami ananda, walaupun ananda mencintainya. Rasa cinta dan sayang ananda pada mantan kekasih ananda itu hanya tipu daya syetan untuk menyesatkan ananda. Syetan memperlihatkan indah dan bagus apa yang ananda kerjakan. Semua itu adalah fatamorgana dan kesenangan palsu yang ditiupkan syetan kedalam hati ananda.

      Berlindunglah pada Allah dari tipu daya syetan, tingkatkan mutu shalat ananda agar shalat ananda dapat melindungi ananda dari tipu daya syetan yang menyesatkan. Lakukan shalat dengan benar dan khusuk. Usahakan mengerti setiap ayat dan kalimat yang ananda baca dalam shalat. Shalat yang dilakukian secara asal asalan tidak akan mampu menyelamatkan ananda dari tipu daya syetan yang menyesatkan. Pelajari tata cara shalat khusuk pada ebook yang saya kirim melalui email ananda.

      Alihkan rasa cinta ananda pada lelalki itu menjadi mencintai Allah dengan sepenuh hati dan jiwa. Berpisah dengan yang dicintai amat sakit. Kita pasti berpisah dengan dunia ini dan segala isinya, jangan mencintai segala yang ada didunia ini secara belebih lebihan, karena berpisah dengan yang dicintai akan menimbulkan derita berkepanjangan. .Karena itu cintailah sesuatu yang abadi dan tidak akan pernah berpisah dari kita yaitu Allah. Beribadahlah padaNya dengan tulus. Perbanyak dzikir dan membaca tasbih subhanallah didalam hati dimana pun ananda berada baik ketika berdiri duduk dan berbaring, untuk membersihkan hati ananda dari was was dan tiou daya syetan yang dapat mencelakakan ananda.

  145. bambang says:

    assalamu’alaikum pak ustadz….saya ingin bertanya pak ustadz,”suatu malam saya pernah mendapatkan bisikan dalam tidur saya pak ustadz,,yaitu saya disuruh untuk berpuasa slama 7 hari,,yang ingin saya tanyakan apa maksut dan tujuan dalam bisikan itu ya pak ustadz…trima kasih pak ustadz sbelum dan sesudahnya…wassalamu’alaikum…

    • Fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Kerjakanlah amal ibadah seperti shalat, dzikir dan puasa sesuai sunah yang dianjurkan Rasulullah. Puasa sunah yang dianjurkan sesudah bulan ramadhan adalah puasa setiap hari senin dan kamis, puasa hari mutih yaitu setiap tgl 13,14,15 bulan purnama, puasa berganti hari sehari puasa dan sehari tidak seperti nabi Dawud, Puasa membayar kifarat akibat melakukan hubungan suami istri pada bulan ramadhan yang dilakukan selama 2 bulan berturut turut dst.

      Jangan lakukan suatu ibadah berdasarkan bisikan yang tidak jelas, karena syetan punya kemampuan membisikan was was kedalam hati manusia, karena itu kita selalu diminta berlindung pada Allah dari bisikan seperti itu dengan membaca taawudz (audubillahi minassyaithonirrojim) . Beribadahlah semata mata mencari didho Allah, bukan karena adanya bisikan ghaib yang tidak jelas asalnya

  146. Anas Kt says:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb. pak ustadz…..Alhamdulilah ananda sholat Tahajud dah memasuki tahun ke 3 neh pak….dulu waktu pertama2 kali sholat tahajud kok rasanya heboh banget yah….deg2an…ada angin semilirlah….terharulah….tapi sekarang kok biasa aja yah pak….rasanya sudah seperti sholat wajib….mengapa begitu pak..????

    terimakasih….wassalamu’alaikum Wr. Wb
    Ananda Anas Kristiawan

    • Fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Bagi orang yang baru mulai mengerjakan tahajud memang adakalanya muncul eforia dan banyak hal menakjubkan. Demikianlah cara Allah membujuk dan memberi kegembiraan bagi para pemula. Namun setelah berjalan bertahun tahun semua itu akan hilang dan menjadi hal biasa. Orang yang tidak istiqoma akan berhenti ditengah jalan, mereka yang istiqomah akan terus berlanjut ibadahnya sampai akhir hayat.

      Saya sudah mengalami hal ini, saya mengerjakan tahajud selam 10 tahun banyak hal duniawi yang saya dapat dengan mudah. Kemudian timbul rasa bosan , cape, malas dan berhenti tahajud selama 20 tahun. Sekarang alhamdulillah saya sudah mengerjakan tahajud kembali sejak 11 tahun yang lalu mudah mudahan ini terus berlanjut sampai akhir hayat.

  147. fia says:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb

    Pak ustad.. alhamdulillah saya mendapatkan nasihat dari teman kuliah saya tentang takjubnya shalt malam, pdahal teman sya sudah berkali2 menasehati saya, tapi baru sekarang hati ini tergerak untuk melaksanakan shlt malam.. saya menyesal sekali diusia saya yg sekarang 24th baru kali ini sadar akan nikmatnya shlt tahajud..dan mudah2n saya istiqomah menjalankannya,,aamiin

    Saya ini pegawai swasta yang juga merangkap sebagai mahasiswi malam,. kadang pulang dari kuliah jam setengah 10 malam,. ingin skali bisa lngsung tidur agar shalat tahajud tidak ketinggalan, tapi tetap saja saya tidur diatas jam 11 malam, dan bangun jam 03.30 lngsung menunggu shubuh.. tapi ditempat kerja saya diserang kantuk skali, dan bawaanya kerja saya jd malas.. gimana ya pak ustad cara mengatur waktu agar saya bisa cepat tertidur di jam sore, sehingga tidak mngganggu aktifitas siang saya?? terimakasih

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Untuk tetap istiqomah mengerjakan tahajud dibutuhkan semangat dan kemauan yang kuat. Agar tidak mengantuk pada waktu siang hari usahakan badan tetap fit dan segar dengan sering melakukan senam dan olah raga ringan. Salah satu alasan tidak mengerjakan tahajud bagi para pekerja /karyawan adalah mengantuk pada siang hari.

      Saya pernah berpendapat seperti ini sehingga berhenti tahajud selama 20 tahun, ketika usia 51 tahun saya berusaha mengalahkan mitos ini dan alhmadulillah berhasil. Saya bangun jam 3.30 tahajud, shalat subuh , membaca Qur’an , mandi dan langsung berangkat kerja jam 6.00. sampai dirumah kembali jam 8 atau jam 9 malam . ternyata kuat tanpa tidur siang . itu saya lakukan sampai masuk pensiun pada umur 56 tahun. Ternyata saya bisa melakukan shalat malam gtanpa merasa mengantuk ketika bekerja. Kuncinya adalah kemauan dan tekad yang kuat.

  148. fia says:

    Terimakasih pak ustad, atas jawabanny.. Mudah2n sya termasuk orang yang tetap istiqomah mnjalankan shlat malam..
    Aamiin..

    Pak’ustd,. apakah ada cara mendekatkan diri kepada Allah SWT sebagai pengganti shalat malam ketika seorang wanita sedang haidt ??

    • Fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Berdzikirlah dengan menyebut kalimat tasbih subhanallah atau istighfar astaghfirullahal adzim sebanyak banyaknya didalam hati, dimanapun ananda berada baik ketika berdiri, duduk atau berbaring. Berdzikir didalam hati tidak terhalang oleh hadast besar atau kecil

  149. yanti says:

    Assalamualaikum pak Ustadz
    langsung saja, saya sudah menjalin hubungan dengan seseorang selama 3 thn.kekasih saya berusia 28th. kami selisih 6th. kami sdh saling mengenal satu sama lain dan mengerti akan kelebihan dan kekurangan. namun sampai saat ini kekasih saya tak datang juga untuk melamar saya pak. terus terang saya juga malu dengan keluarga saya sendiri. dan teman2 saya pak, krna sbgian teman saya sudah bnyak yg menikah. seolah2 kekasih saya tidak serius menjalani hubungan.
    padahal kekasih saya ini sudah ada niat menuju pelaminan pak ustad. ada saja alasanny krna biaya atau saya masih kuliah. saya tidak mau menjalani hubungan trll lama krna takut akan brdampak buruk nntinya. saya bingung pak knpa sampai saat ini msh seperti ini. seolah2 tak ada kepastian.
    mohon solusinya pak Ustadz. terimakasih

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Kita tidak pernah tahu siapa yang akan menjadi jodoh kita sebenarnya. Pacaran bertahun tahun belum tentu akan berlanjut ke pelaminan. Banyak orang yang baru kenal beberapa bulan saja langsung jadian. Kita hanya menduga duga mungkin si A atau si B yang akan menjadi jodoh kita, namun kepastiannya ada pada Allah. Fakta menunjukan banyak orang yang pacaran sampai 3 atau 5 tahun tiba tiba putus dan jadian dengan orang yang baru dikenalnya hanya beberap bulan saja.

      Masalah pacar ananda yang sudah berjalan selama 3 tahun itu serahkanlah putusannya pada Allah. Mintalah kepastian pada Allah dengan mengerjakan shalat malam atau dhuha sebanyak dua rakaat atau lebih. Selesai shalat bacalah tadabbur alfatihah untuk memelihara dan mendapatkan jodoh seperti yang saya kirimkan pada email ananda.

      Lakukan semua itu dengan tekun dan istiqomah. Insya Allah jika dia memang jodoh ananda dia akan segera melamar ananda. Namun jika dia bukan jodoh ananda maka ia akan bertambah jauh dari ananda dan insya Allah, Dia akan mendatangkan pengganti yang lebih baik bagi ananda.

  150. Bunga says:

    Assalamu’alaikum wr.wb , Maaf Pak Ustad ada beberapa pertanyaan yang ingin saya tanyakan. Mohon di bals di email ya pak.
    1. Boleh tidak jika saya memohon kepada Allah agar jodohku adalah pria yang sudah memiliki istri dan anak, *karena menurut saya lelakikan boleh menikah lebih dari satu x.
    2. Saya tahu itu tentu menyakitkan istri pertamanya, tapi saya sendiri sangat berharap lelaki itu bis amenjadi suami saya, sebab saya sudah suka dia sepuluh tahun lebih, dan tampa sebab apa2 lelaki yang saya suka ketahuan telah bertunangan, itupun gara-2 sms dari tunangannya yg marah2 dengan saya, sdgkan sya tdk tau apa2, krn lelakinya tidak jujur.
    3. Saya membuat keyakina ini, karena pada dasarnay lelaki yg saya suka adlah lelaki yang bertanggung jawab dgn keluarga dan memang lelaki baik2, saya sanagt yakin karena saya sudah bgt mengenal karakter dia, susah2 gampang dan susah di tebaik isi hatinya.
    4. menurut ustad gimana, soalnay saya tanya lelaki tiu via tlp klo sampe kam nikah lagi gmn? ya mau aja, cuma resikonya istri minta cerai dan tidka di ijinkan melihat anak-anak?

    Pak apa ya solusinya, karena saya sebenarnya belum pernah bertemu, tapi begitu yakin , dengan perasaan saya selama ini, meski sudha saya coba melupakanya. sudah lama banget pak, gimana dunk pak? JUjur skrg saya tidka mau kehilangan dia lagi, meski hub. kami hanya jarak jauh.

    Saya tunggu replynya ya Pak Ustad,
    Maaf pertanyaan yg aneh ini
    wassalam
    Bunga

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Dalam surat Al Hadit ayat 20 Allah mengingatkan agar hati hati menjalani kehidupan didunia ini, kehidupan dunia penuh dengan tipu daya dan kesenangan yang menipu. Hal yang sama juga diingatkan Allah dalam surat fathir ayat 5 . Mata sering salah lihat, telinga sering salah dengar, sesuatu yang kkita sangka baik belum tentu baik menurut Allah, sebaliknya sesuatu yang kita sangka buruk beluk tentu buruk menurut Allah. Hati hatilah dengan fatamorgana dan kepalsuan dunia.

      Sebaiknya ananda merubah niat ananda untuk mendapatkan seorang pria yang telah beristri itu, banyak masalah dan kesulitan yang menghadang ananda didepan sana. Hati hati dengan tipu daya syetan yang memperlihatkan indah hal yang buruk pada ananda, dan memperlihatkan buruk hal yang indah. Ia membalik penglihatan ananda.

      Mintalah pada Allah seorang suami yang bertanggung jawab dan membawa keberkahan bagi ananda dalam kehidupan dunia dan akhirat. Mintalah pertolongan pada Allah dengan mengerjakan shalat malam atau dhuha sebanyak dua rakaat. Selesai shalat bacalah tadabbur alfatihah untuk mendapatkan jodoh seperti yang saya kirim pada lampiran email ananda.

      Lakukan semua itu dengan sabar dan istiqomah, percayakan masalah jodoh ananda pada pilihan Allah. Insya Allah Dia akan memilihkan jodoh yang terbaik bagi ananda.

  151. anton says:

    Assalamualaikum pak Ustadz
    saya punya hajat supaya anak saya lekas bicara karena umurnya sudah 2,5 tahun tapi ngomongnya masih jarang dan saya coba untuk melaksanakan sholat tahajud..,karena saya sering melaksanakan di tempat kerja sekalian jaga malam dan kebetulan ada mushala ketika saya mau wudhu sepertinya ada yang mengamati saya tapi saya coba untuk cuek aja.. tapi kadang membuat saya kurang khusuk dlm melaksanakan sholat..,apakah ada tips supaya saya bisa dengan khusuk melaksanakannya dan mohon doa tambahan supaya hajat saya dikabulkan oleh allah SWT.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Coba anak ananda sering diajak ngomong dan bercanda. Disamping mengerjakan shalat malam perbanyaklah membaca kalimat tasbih subhanallah (maha suci Allah) didalam hati dimanapun ananda berada baik ketika berdiri duduk dan berbaring. Ketika mengajak anak ananda bercanda dan gobrol tetaplah sambil bertasbih didalam hati.

      Disamping itu tingkatkan mutu shalat ananda dengan berusaha untuk mengerti setiap ayat dan kalimat yang dibaca dalam shalat. Pelajari tatacara shalat khusukpada ebook yang saya kirim melalui email ananda.

  152. andy says:

    pak ustad umur saya udah 27 tahun saya buka usaha tapi usaha saya masi sepi pembeli,dan jodoh belum ada pak ,mohon nasehat nya pak ustad,wassalam

    • Fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Kalau ananda ingin meningkatkan mutu kehidupan ananda tingkatkanlah mutu shalat ananda hingga secara otomatis kehidupan anandapun akan ikut meningkat pula . Shalat itu adalah tiang utama kehidupan manusia. Barang siapa yang beres shalatnya maka beres pula hidupnya. Barang siapa yang kacau shalatnya maka hidupnya juga akan menjadi kacau pula. Pelajari tatacara shalat khusuk pada ebook yang saya kirim pada email ananda. Dalam shalat ada doa yang dibaca pada waktu duduk ifthiras….baca doa itu dengan perlahan dan penuh penghayatan. robighfirli….warhamni….wajjburni ….dst. jika doa itu dikabulak Allah niscaya hidup ananda tidak seperti yang ananda keluhkan itu. Doa tersebut dibaca 17 x sehari semalam….baca dengan sungguh sungguh niscaya hidup ananda akan berubah.

      Selanjutnya kerjakan shalat malam setiap hari, bangun jam 3,30 kerjakan tahajud sebanyak dua rakaat atau lebih. Selesai tahajud bacalah tadabbur alfatihah untuk membuka pintu rezeki seperti yang saya sampaikan pada email ananda. lakukan semua itu dengan sabar dan tekun , insya allah kehidupan ananda akan menjadi lebih baik.

  153. demas haka jaya wardhana says:

    asalamu”alaikum pak ustad

    saya sedang mau mencari pintu tobat pak ustad,dan saya bertanya apakah dosa saya terampuni,dosa saya banyak pak ustad.sehabis kluar pondok,keinginan tauku tambah banyak pak ustad,sampai saya pernah mencuri dan berbuat zina,dan sampai2 saya mau memperkosa ibu saya tanpa sepengetahuan ibu saya pak ustad,tpi alhamdulilah klo yang itu saya masi bisa mencegah,dan masi berfikir klo itu dosa besar,dan alhamdulilah sekarang saya bantu2 ibu saya,sbagai penebus dosa aq pak ustad,yang saya tanyakan,apakah masi pantas saya bertobat pak ustad???,,,sampai sekarang saya bimbang,dan mohon penjelasan dari pak ustad,dan sebelumnya saya minta mf klo kata2 saya ada yang kurang sopan

    dan saya tunggu jawabannya y pak ustad karna saya pengen menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya,uda si saya bertobat dan sudah g mengulangi kesalahan yang sama,tpi hati saya masi ragu pak ustad,mohon bantuannya pak ustad

    • demas haka jaya wardhana says:

      ragunya hati saya pak ustad,karna saya takut dosa saya terlalu besar,dan mohon maaf banget pak ustad saya ceritain masalah pribadi saya

    • Fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Minta ampun dan bertaubatlah pada Allah dengan sebenar benar taubat, dengan pengertian meyesali semua perbuatan buruk yang dilakukan dimasa lalu kemudian bertekad untuk tidak mengulangi lagi. Allah maha pengasih dan maha pengampun. Ia mengampuni dan menghapuskan dosa orang yang bertaubat dengan sungguh sungguh.

      Sahabat Nabi Umar bin khatab ra ketika masa jahiliyah menhyembah berhala, dan pernah menguburkan putrinya hidup hidup….namun Allah memgampuni semua dosanya setelah ia bertaubat dan masuk Islam. Jangan ada keraguan atas sifat Allah yang maha pengampun.

      Mulailah lembaran hidup baru dengan memperbanyak ibadah dan mengerjakan amal shaleh. Tingkagtkan mutu shalat ananda dengan berusaha untuk mengerti dan paham setiap ayat dan kalimat yang dibaca dan diucapkan dalam shalat. Pelajari tatacara shalat khusuk pada ebook yang saya kmirim pada lampiran email ananda.

      Shalat yang dilakukan dengan benar dan khusuk akan menghapuskan semua dosa dimasa lalu, dan memnghapuskan dosa antara dua shalat. Shalat dhuhur menghapuskan dosa sejak shalat subuh hingga dhuhur……shalat asar menghapuskan dosa sejak dhuhur hingga asar …dan demikian seterusnya.

  154. andy says:

    assalamualaikum.w.w

    pak ustad apa yang harus saya lakukan ,umur sudah 27 tahun ,buka usaha sepi jarang pembeli ,jodoh belum ada dan saya merasa dosa seperti buih di lautan ,mohon nasehat nya pak ustad ,,

    wassalam

  155. Harzil says:

    ass pak ustadz mohon kiranya pak ustadz bisa mengirimkan saya ebook tata cara shalat khusuk kepada saya,mungkin selama ini saya melaksanakan shalat kurang sempurna,mudah mudahan kedepan nanti saya bisa melaksanakan shalat lebih sempurna sesuai dengan bimbingan pak ustadz.terimakasih pak ustadz sebelumnya wassalam harzil

  156. andy says:

    assalamualaikum ww pak ustad bagai mana cara menghafal alquran 30 juzz mohon petunjuk nya dan saran juga

    • Fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Untuk menghafal Qur’an dibutuhkan tekad dan kemauan yang kuat, caranya silahkan dibaca di internet dengan kata kunci ” cara mudah menghafal Qur’an”

  157. cika says:

    ass,,,pa’ustaz…
    apa kah tuhan msh mengampuniku?
    waktu aq kuliah,,,aq sangat terjerumus…
    sy srng berhungn n prn aborsi pa’ustaz. aq sngt bnc sm laki2 itu n ingin bls dendam rasaya…

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Berapapun besar dosa yang diakukan seseorang dimasa kelam hidupnya (jahiliyah ), Allah akan mengampuninya asalkan ia betul betul bertaubat dan bertekad tidak akan mengulangi perbuatan itu lagi. Selanjutnya dia berusaha bersungguh sungguh untuk mendekatkan diri pada Allah. Allah itu maha pengampun dan maha penyayang terhadap hamba hambaNya. Allah menegaskan hal ini dalam surat Az Zumar ayat 53 :

      53. Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa[1314] semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Az Zumar 53)

  158. dina h hasanah says:

    assallamualaikum pa ustad ,, sy mw tanya, sy punya pacar & kt udh pacarn slma 1 tahun slama itu hubungan kita baik2 ajja tpi setelah dia abis kontrak kerja & pulang kampung sikap dia berubah banget sama aku, kaya orang udah pengen putus sm sya ,skrng kt pacaran jarak jauh tp hubungan kt malah renggang, gimana caranya agar hbungan sy bisa langgeng smpai nikah pa krn sy sayang sm dia ??? mohon dijawab ya pa . terima kasih
    assallamualaikum wr.wb

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Mintalah pertolongan pada Allah dengan sabar dan mengerjakan shalat sebagaimana yang dianjurkan dalam surat albaqarah ayat 45 dan 153. Kerjakan shalat malam atau shalat dhuha sebanyak duya rakaat atau lebih setiap hari, kemudian selesai shalat bacalah tadabbur al fatihah untuk merawat dan mendapatkan jodoh seperti yang saya sampaikan pada lampiran email ananda.Kerjakan semua itu dengan sabar dan istiqomah.

      Jika dia memang jodoh ananda insya Alllah dia akan kembali pada ananda dan semua urusannya jadi mudah, namun jika dia bukan jodoh yang baik bagi ananda niscaya dia akan menjauh. Dan Allah akan mendatangkan bagi ananda jodoh yang lebih baik dan sesuai bagi ananda.

  159. demas says:

    asalamu’alaikum pak ustad?

    saya kan islam nu,dan saya dekat sama cewe agama islam ldii,dan q disarankn untuk masuk islam ldii,p bole saya masuk islam ldii?pdahal kluarga besar nu mohon jawabannya pak ustad

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Apakah kamu sudah mempelajari betul apakah islam LDII itu ? dahulu kelompok ini disebut kelompok islam jamaah, yang menganggap najis orang islam diluar kelompoknya. Mereka menganggap orang yang tidak berbaiat dengan imam mereka adalah penghuni neraka. Dan mereka yakin hanya kelompok merekalah yang bakal masuk syurga. Pelajari apakah mereka masih menganut paham itu yang dianggap sesat oleh MUI. Kelompok LDII sekarang mengatakan bahwa mereka sudah berubah, Kalau mereka sudah berubah seharusnya mereka tidak memaksakan ananda untuk masuk LDII.

      Berhati hatilah terhadap ajaran yang menyimpang dari Al Qur’an dan Sunah Rasul jangan jual akidah untuk mendapatkan kepuasan dunia.

  160. sri says:

    Ass.Wr.Wb,
    Pak Ustad saya memiliki masalah blm mendapatkan jodoh walaupun sdh berumur 50 tahun beberapa kali gagal apabila mau menikah. Saya membaca artikel terhambat jodoh krn sihir apakah terjadi seperti ituSaat ini saya membina hubungan dgn duda kami ingin menikah tetapi anaknya tidak mengizinkan bpk menikah. Saya melaksanakan sholat tahajud dan hajat. Apa yg harus saya lakukan agar dapat menikah dengan segera.terima kasih.
    Wasalamualaikum

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Untuk mengetahui apakah anda terkena sihir atau tidak coba lakukan deteksi mandiri seperti yang saya sampaikan pada artikel “ Cara mendeteksi gangguan jin pada diri sendiri” di fadhilza.com ini. Jika terasa ada kelainan seperti rasa mual, pusing, ada sesuatu yang bergerak ditubuh atau merasa panas, berarti anda terkena gangguan sihir. Cari tempat rukyah yang syar i ditempat anda atau lakukan rukyah mandiri seperti yang saya contohkan pada artikel tersebut , hingga dirasakan gangguan sihir itu hilang.

      Mintalah pertolongan pada Allah untuk mengatasi masalah anda dengan sabar dan shalat sebagaimana dianjurkan Allah dalam surat al baqarah ayat 45 dan 153. Lakukan shalat malam atau dhuha sebanyak dua rakaat atau lebih. Selesai shalat baca tadabbur alfatihah untuk memelihara dan mendapatkan jodoh seperti yang saya sampaikan pada lampiran email ini. Lakukan semua itu secara rutin setiap hari dengan sabar dan istiqomah.

      Disamping itu agar shalat anda betul betul memberi manfaat dan mempunyai kekuatan untuk mengatasi segala masalah yang anda hadapi tingkatkanlah mutu shalat anda dengan berusaha untuk mengerti setiap ayat dan kalimat yang anda baca dan ucapkan dalam shalat. Pelajari tatacara shalat khusuk pada ebook yang saya kirim pada lampiran email ini. Shalat yang dilakukan secara asal asalan tidak memiliki kekuatan untuk menyelamatkan dan menyelesaikan berbagai masalah yang anda hadapi.

  161. Mama ani says:

    Asslamuaikum ustaz, dpt sekiranya ustaz kirimkan ebook ttg tata cara solat khusuk, alhamdullilah sy ketemu blog ustaz sgt2 utk baiki solat sy, tolong ustaz boleh email kpd sy rohani.rs@gmail.com terima ksh.
    Selangor Malaysia

  162. rinto says:

    asalamu’alaikum pak ustad
    Sebelumnya saya minta maaf pak bila ada salah tulis disini. Pak saya mau tanya jika sholat malamnya sekitar jam 11 malam (karena terbangunnya jam segitu), apkah setelah itu tidak boleh tidur lagi? atau jika digunakan untuk dzikir apakah boleh diselingi dengan minum (mengingat waktu subuh masih lama gak kuat kalau dzikir terus menerus)? Sebelumnya terimakasih atas jawabannya

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Jika bangun jam 11 kemudian mengerjakan tahajud, karena waktu subuh masih jauh kemudian tidur lagi , ya boleh saja asalkan subuhnya tidak kesiangan. Juga tidak ada larangan untuk minum air disela sela dzikir karena waktu subuhnya masih jauh.

  163. jahidin budiono says:

    Assalamu’alaikum Pa Ustad
    Sebelumnya saya minta maaf pak bila ada salah tulis disini, saya minta petunjuk Pa ustad anak saya usia 12 th Kelas 1 SMP tapi IQ nya sangat lemah saya sudah coba berikhtiar lewat medis dan psikiater tapi belum ada perubahan,karna pada saat proses kelhiran anak saya ada sedikit masalah sehingga keluar dari rahim istri saya pun di paksa dg menggunakan alat, ahirnya anak saya setelah lahir badan nya berwarna biru di bagian kepala dan setelah saya scan ternyata ada syaraf yang terjepit, saya mohon dengan kerendahan hati saya agar sekiranya pa Ustad dapat memberikan solusi buat keluarga saya, jujur saya seorang mualaf dan belum lama menjadi seorang Muslim, baca wirid apa yang harus saya baca ketika saya selesai solat sunat Tahajud.
    Sekian dari saya dan besar harapan saya akan mendapatkan petunjuk dari Alloh dengan perantara Pa Ustad.

    Wassalam.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Dalam surat Al Ankabut ayat 2-3 Allah menjelaskan bahwa Dia tidak akan membiarkan seseorang mengatakan bahwa ia telah beriman sebelum Ia menguji orang itu dengan berbagai cobaan sebagaimana yang diberikan pada orang orang sebelum kita, sehingga jelas bagi Allah siapa yang sungguh sungguh beriman dan siapa yang dusta , atau tidak sungguh sungguh.

      Allah akan menguji kita dengan kejadian yang buruk dan yang baik sebagaimana disebutkan dalam surat al Anbiya ayat 35. Orang beriman jika diuji dengan keburukan mereka akan bersabar, dan jika diuji dengan kebaikan mereka akan bersyukur.
      Dalam surat At Thur ayat 48 Allah mengingatkan :
      48. Dan bersabarlah dalam menunggu ketetapan Tuhanmu, maka sesungguhnya kamu berada dalam penglihatan Kami, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika kamu bangun berdiri

      Agar kita bersabar dalam menjalani ketetapan dan ketentuan Allah, sabar atas berbagai ujian dan cobaanNya. Pada dasarnya tidak ada satu bencana dan musibahpun yang datang pada diri kita melainkan dengan izin dan kehendak Allah, sebagiaman Allah sebutkan dalam surat sat Taubah ayat 51. Pada ayat diatas Allah mengingatkan bahwa kita selalu berada dalam pengawasan dan pemeliharaan Allah. Untuk menenangkan dan menentramkan hati kita dalam menghadapi berbagai ujiannya agar kita selalu bertasbih mensucikan namaNya dimanapun kita berada baik ketika berdiri , duduk dan berbaring. Ucapkanlah subhanallah (maha suci Allah ) didalam hati sebanyak banyaknya.

      Disamping pengobatan secara medis bantulah dengan berdoa dan meminta pertolongan pada Allah dengan mengerjakan shalat malam atau dhuha sebanyak dua rakaat atau lebih. Selesai shalat bacalah tadabbur alfatihah untuk menghilangkan penyakit seperti yang saya sampaikan pada lampiran email bapak.
      Lakukan semua itu dengan sabar dan istiqomah semoga Allah menyembuhkan sakit putra bapak.

    • jahidin budiono says:

      Assalamu’alaikum Pa Ustadz
      ALHAMDULILLAH . . . . e-mail dari Bapak sudah saya terima semoga ALLOH senantiasa melimpahkan Rahmat serta Hidayahnya atas Budi baik Bapak kepada keluarga kami dan apa yang telah Bapak berikan kepada Kami sekeluarga mudah mudahan ALLOH akan mengabulkan doa kami yang begitu besar berharap kepada ALLOH SUBHANNAHU WATA’ALA atas kesembuhan anak kami, saya ucapkan beribu terimakasih kepada Bapak atas petunjuk yang telah Bapak berikan kepada saya semoga ALLOH membalas Kebaikan Bapak kepada Keluarga kami. Amiiiinnnn Ya Robbal’alamin.

      Wassalam.

  164. sunarti says:

    Assalamu alaikum…wr….wb…
    saya tidak tau pak usatad harus memulainya dari mana, tetapi pak ustad yang ingin saya tanyakan adalah mengenai jodoh, jodoh untuk saya pribadi dan juga untuk saudara perempuan saya, nama saya, sulastri kahi ata djawa sedangkan saudara perempuan saya / kakak saya sunarti pindi njola,,karena selain ALLAh,, tiada siapa-siapa lagi tempat agar kami bisa berbagi tentang risalah hati kami,karena kami yatim piyatu ustad, apakah di tahun 2013 nanti saya ataukah saudara perempuan saya yang akan menikah..??
    Dan juga apakah saya ( sulastri kahi ata djawa ) akan berjodoh dengan ( akbar imansyah ) saya tidak tau ustad , apakah dia ( akbar ) juga merasakan hal yang sama yamg seperti saya rasakan ? Dan saya juga tidak tau apakah cinta saya bersambut / hanya bertepuk sebelah tangan dan saya juga tidak tahu tepatnya kapan saya mulai mencintai dia tapi yang jelas bukan karena uang /pun tampangnya,melainkan Ketaqwaannya yang utama dan juga kedewasaannya serta sopan santunnya.. mohon bantuannya ustad …

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Allah telah menjadikan segala sesuaitu berpasang pasangan sebagaimana disebutkan Allah dalam surat An Naba’ ayat 8. Bagi setiap lelaki atau wanita tentu ada pasangannya masing masing. Karena itu mintalah pada Allah agar Ia memberikan bagi ananda jodoh yang sesuai dan membawa keberkahan bagi kehidupan ananda didunia maupun akhirat.

      Kerjakanlah shalat malam atau dhuha sebanyak dua rakaat atau lebih, kemudian setelah shalat bacalah tadabbur alfatihah untuk mendapatkan jodoh sebagaimana yang saya sampaikan apada lampiran email ananda.

      Insya Allah jika lelaki yang ananda idamkan memang jodoh yang baik bagi ananda dia akan bertambah dekat pada ananda dan semua urusan untuk menuju pelaminan menjadi musah. Namun jika dia bukan jodoh ananda atau tidak baik bagi ananda maka ia akanb bertambah jauh dan sulit bagi ananda untuk melnjutkan ke pelaminan. Berserah diri dan bertawakkallah pada Allah. Lakukanlah kegiatan shalat malam atau dhuha diatas secara rutin setiap hari dengan sabar dan istiqomah. Semoga Allah mengabulkan keinginan ananda.

  165. Mohamad Muncul says:

    Assalamu’alaikum..wr..wb
    Pak Ustad… beberapa tahun terakhir ini saya sudah berusaha semaksimal mungkin bertaubat/bertaqwa/beribadah pada Allah. menjaga sholat fardhu di masjid, shubuh selalu di masjid jika tidak ada halangan, zakat, shodaqoh, sholat sunnah rowatib, baca Qur’an, ikut ta’lim dan tahajud tiap malam, walau kadang terputus dan tidak sampai 11 rokaat…(mohon ma’af…tidak ada maksud untuk riya’)
    Pak Ustad… di tempat kerja, saya mulai merasakan perubahan suasana yang negatif, saya mulai stress dan tidak betah. Dan saya selalu berdo’a semoga Allah memberikan saya pekerjaan lain yang lebih baik. Pertengahan bulan November 2012, saya mengajak istri saya untuk meningkatkan do’a dan bertahajud selama 40 hari tanpa putus dan full 11 rokaat, dengan harapan Allah mengabulkan do’a kami yang serius dan istiqomah (tahajud istri terputus juga karena kewanitaan)
    Pak Ustad…di akhir November 2012, di saat tahajud kami berjalan sekitar dua minggu,saya di panggil oleh manegemen perusahaan. Apa yang saya dapat Pak Ustad…? saya di pecat oleh perusahaan secara mendadak dan sampai sekarang saya tidak tahu kesalahan saya apa. waktu itu saya hanya bisa bilang “Innalillahi wa innalillahi rojiun….” inikah buah tahajud saya….? padahal saya memohon pada Allah agar saya di beri pekerjaan yang lebih baik kok malah saya kehilangan pekerjaan saya. sampai kisah ini saya tulis, tahajud saya sudah berjalan 65 hari belum juga Allah memberikan saya pekerjaan. Pak Ustad… saya mulai stress, bingung dan keimanan saya mulai terganggu.
    Pak Ustad…dalam kondisi bingung dan stress (karena saya masih belum dapat pekerjaan juga)saya mulai mempertanyakan tentang Allah, tentang taqwa, ibadah, shodaqoh, tahajud dan lain sebagainya… bukankah Allah akan mengangkat kemuliaan dan derajad dunia akhirat bagi hamba yang rajin tahajud, kenapa kok pekerjaan saya malah hilang…? dan masih banyak lagi sebenarnya yang ingin saya tulis…
    Pak Ustad… mohon saran, karena keimanan saya mulai terganggu. walau demikian saya masih berusaha menjaga ibadah saya, berusaha meyakini tentang Allah……
    Pak Ustad… mohon do’anya juga pembaca sekalian yang di rahmati Allah, semoga Allah segera memberikan pertolongan/rezeki/pekerjaan buat saya agar saya bisa menafkahi dan membahagiakan keluarga saya dan mengembalikan keimanan saya…. Amin… (Pak Ustad… mohon saran dan tausyiahnya diemail juga ke email saya, Jadzakullah…)

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Sebaiknya ananda melakukan introspeksi diri kembali, coba periksa apakah shalat ananda sudah dilakukan dengan tepat dan benar . Orang yang melakukan shalat dengan benar dan khusuk selalu diberi jalan keluar dari berbagai kesulitan. Mereka tidak akan merasakan kemelaratan, kepapaan, dan penderitaan yang berkepanjangaan. Karena didalam shalat ada doa utama yang dibaca minimal 17 kali sehari semalam. Yaitu doa yang dibaca ketika duduk iftirash: ….Robighfirli (ya Allah ampuni aku)…..warhamni(rahmati aku)….wajburni (tutupi semua keburukanku)…..warfa’ni (angkat derajatku)….warzukni(beri aku rzeki)….wahdini(beri aku hidayah ) …. wa afini (sehatkan aku)…..wa’fu anni (maafkan aku)…..sebagian besar umat islam membaca doa ini dengan tergesa gesa dan amat cepat, itupun kalau ditanya artinya mereka tidak tahu. Bagaimana Allah akan mengabulkan doa mereka , kalau membacanya seperti itu?

      Rasulullah telah mengingatkan dalam hadistnya berapa banyak orang yang shalat tidak mendapatkan apa apa selalin cape dan lelah. Coba tingkatkan mutu shalat ananda dengan berusaha untuk mengerti dan paham setiap ayat dan kalimat yang ananda baca dalam shalat. Pelajari tatacara shalat khusuk pada ebook yang saya kirim pada email ananda.

      Awasi juga fikiran dan perasaan ananda . fikiran dan perasaan cenderung untuk menjelma jadi kenyataan. Jika fikiran dan perasaan ananda dipenihi dengan hal buruk dan negatif ,,,,maka semua yang ada fikir dan rasakan itu akan menjelma jadi kenytaan dalam kehidupan ananda. Anananda harus selalu merasa nyaman, bahagia, optimis, penuh harapan. ……jangan merasa pesimis, serba kekurangan, diliputi hutang, gelisah, tidak ada harapan.

      Jika ananda selalu berfikir dan merasa positip maka berbagai keberuntungan akan mendatangi kehidupan ananda.

  166. Mohamad Muncul says:

    Mohon ma’af ada kesalahan dalam penulisan email saya (Mohamad Muncul)
    alamat email ralat ini yang benar, terima kasih….

  167. Mohamad Muncul says:

    Assalamu’alaikum…..

    Mohon ma’af… ada kesalahan dalam penulisan email saya.
    Email koreksi ini yang benar…

    Terima kasih….. jadzakullah….

    Wassalamualaikum…..

  168. Musi says:

    Assalamu’alaikum
    Pak mau tanya, sudah hampir jalan 3 bulan ini saya berusaha untuk istiqomah shalat tahajud.. tp suatu ketika, yaitu hari Jum’at tgl. 18 Januari 2013 saya malah tidak bangun malam dan akhirnya tidak shalat malam (bangun2 sudah adzan Subuh. bagaimana itu pak? apakah ibadah saya masih dihitung istiqomah (bolong 1 malam itu)?. Terimakasih atas jawabannya.
    Wassalamu’alaikum

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Berpedomanlah pada surat Al Muzzamil ayat 20, Allah memaklumi jika sekali sekali kita gagal melakukan shlat malam karena letih atau kecapean disiang hari.

      20. Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sembahyang) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. Dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran. Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit dan orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah; dan orang-orang yang lain lagi berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Al Muzzammil 20)

      Lakukan sebisanya, yang penting sudah pasang niat untuk mengerjakan tiap hari, jika karena sesuatu hal berhalangan , Allah maha tahu.

  169. Anas Kt says:

    Assalamu’alikum Wr. Wb…..
    Pak Ustad…..alhamdulilah ananda sudah jalan 3 tahun istikomah tahajud…walupun kadang jga bolong…..ananda minta dikirimi ebook….sholat khusuk ke ke email saya anastianmei@yahoo.com…ato anaskt69@gmail.com…..
    terimakaksih ya pak….
    Wassalamu’alikum Wr. Wb.

    ananda anas ktistiawan

  170. anas krist says:

    Assalamu’alikum pak…ananda minta dikirimi ebook sholat khusuk….ke anastianmei@yahoo.com atau…..anaskt69@gmail.com…..saya baru istiqomah tahajud jalan tahun ke 3 pak…..ananda terus berusaha untuk lebih khusuk…..terimakasih ananda ucapkan….

    anas krist.

  171. dina h hasanah says:

    assallamualaikum pa ustad
    sya mau brtnya & crt,
    sy pnya psangan kt mnjlin hubungan sdh 1thn namun akhir2 ni sikap dia brubah sm sy sprti orang udah ga syang/krn ada cwe lain. trs bnyk brt2 dri adiknya klo dia selingkuh sama mantannya nah mantannya itu udah punya suami & anak,trs jg ktnya semnjak cowo sy selingkuh sm mantannya itu rezeki dikeluarganya seret/apes gtu.keluarganya udah menyetujui hubungan kt b2 mlah disuruh menikah tp yg jadi kendala adalah cwe ni yg mengganggu hubungan kita, aku jg brhrap hubungan kami b2 bisa baik2 ky dulu gada nmnya selingkuh2an ,

    yg sy mau tanyakan bagaimana sy menyikapi smw masalah ini, apa hukumannya bg mereka yg selingkuh dengan seseorang yg sudah berumah tangga ,apa hukumanya jg seorang istri yg selingkuh,apa doa nya supaya hubungannya awet tnpa dihancurkan oleh orang ke 3?????

    • fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Seperti itulah kehidupan dunia penuh dengan godaaan dan tipu daya. Jangankan masih dalam masa pacaran, orang yang sudah terikat tali perkawinan saja masih bisa berpaling dan selingkuh. Kita tidak pernah tahu siapa jodoh kita yang sebenarnya. Berapa banyak orang yang berpacaran sudah bertahun tahun tiba tiba hubungannya putus dan akhirnya jadian dengan orang yang baru dikenal hanya beberapa bulan saja.

      Hadapi semua ini dengan sabar dan bertawakkal pada Allah, kerjakanlah sha;lat malam atau dhuha sebanayk dua rakaat atau lebih. Selesai shalat dengarkan dan bacalah tadabbur alfatihah untuk memelihara dan mendapatkan jodoh sep[erti yang saya sampaikan pada lampiran email ananda.

      Lakukan semua itu dengan sabar dan istiqomah jika dia memang jodoh yang baik bagi agama dan masa depan ananda insya Allah dia akan kembali pada ananda dan urusannya jadi mudah. Namunj jika dia memang tidak baik bagi ananda , niscaya dia akan bertambah jauh dan sulitvuntuk dihubungi, namun demikan insya Allah Dia (Allah) akan menggantikannya dengan yang lebih baik bagiu ananda. Percayakan semua urusan jodoh ananda hanya pada Allah.

      Kita sering salah lihat, slah dengar dan salah mengambil putusan. Apa yang tampaknya baik belum tenbtu baik bagi kita dan apa yang tampaknya buruk belum tentu buruk bagi kita. Hanya Allah yang tahu kondisi sebenarnya. Karena itu bertawakkallah hanya padaNya saja.

  172. dina h hasanah says:

    assallamualaikum pa ustad
    sya mau brtnya & crt,
    sy pnya psangan kt mnjlin hubungan sdh 1thn namun akhir2 ni sikap dia brubah sm sy sprti orang udah ga syang/krn ada cwe lain. trs bnyk brt2 dri adiknya klo dia selingkuh sama mantannya nah mantannya itu udah punya suami & anak,trs jg ktnya semnjak cowo sy selingkuh sm mantannya itu rezeki dikeluarganya seret/apes gtu.keluarganya udah menyetujui hubungan kt b2 mlah disuruh menikah tp yg jadi kendala adalah cwe ni yg mengganggu hubungan kita, aku jg brhrap hubungan kami b2 bisa baik2 ky dulu gada nmnya selingkuh2an ,

  173. dede says:

    assalamualaikum pa ustad

    saya baru saja putus dgn pacar saya, pdhl kami sudah mempunyai niat utk menikah di tahun depan, sejak saya membaca artikel ini byk sekali faedahny, saya jd termotivasi, alhamdulillah sholat tahajud dan dhuha saya lancar, mudah2an tidak putus ibadah ini saya lakukan seumur hidup, setiap selesai sholat saya berdoa semoga di thn ini segera mendapat jodoh dan menikah, apakah boleh saya meminta kpd Allah utk mendekatkan kami lg? sedangkan saat ini dia sudah menyukai wanita lain.

    • fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Tidak ada larangan bagi kita mengharap sesuatu dari Allah. Jika ananda berharap dia kembali pada ananda itu sah sah saja. Namun keputusannya serahkanlah sepenuhnya pada Allah. Selesai shalat sunah atau shalat subuh dan maghrib bacalah tadabbur Al Fatihah untuk memelihara dan mendapatkan jodoh seperti yang saya sampaikan pada lampiran email ananda.

      Insya Allah jika dia memang baik bagi ananda Allah akan mendekatkan dia pada ananda. Namun jika dia tidak baik bagi ananda ia akan semakin jauh dan sulit dihubungi, namun demikian insya Allah Dia akan mengantinya dengan yang lebih baik bagi ananda. Percayakan semua itu pada Allah.

  174. fani says:

    Assalamualaikum pa ustad

    saya mempunyai kisah yg hmpir mirip dgn mba dede,mohon bimbingannnya pak ustad

    • fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Lakukanlah seperti apa yang sara anjurkan pada mbak Dede, Kerjakanlah shalat tahajud atau dhuha sebanyak dua rakaat atau lebih. Selesai shalat bacalah tadabbur Al fatihah untuk memelihara dan mendapatkan jodoh seperti yang saya sampaikan pada lampiran email ananda. Percayakan masalah jodoh ananda pada Allah, Dia akan memilihkan yang terbaik bagi ananda.

  175. fani says:

    Assalamualaikum pak ustad

    Saya mempunyai kisah yg hmpir mirip dgn mba dede,mohon bimbingannnya pak ustad,maaf td sy salah kasih email, bolehkah sy di kirimkan lampiran tadabbur Al Fatihah

  176. teti suarni says:

    Assalamu Alaikum Wr.Wb

    Pak saya punya anak perempuan umur 24 thn kenalan sama anak band yang umurnya lebih 46 tahun. kenalan ini berlanjut melalui fb ngak berapa bulan kemudian anak saya tergila-gila dgn laki2 ini dan sy coba hub laki2 tsb dia malah nentang saya dia bilang dia serius dgn anak saya dan sy jawab tlglah jgn diganggu juga anak sy masih kecil dan lagian dia masih kuliah. tapi malahan anak saya tergila-gila sama dia sampai sekarang pak mohon bantu bp tuk bisa melepaskan anak sy dgn laki-laki tua itu pak terima kasih wassalam

  177. diah says:

    Assalmualaikum pak ustad

    Seperti bbrpa cerita di atas saya jg mengalami hal yg sama pak ustad, putus dgn pacar, belakangan ini keresahan mulai menghinggapi,hampir smua teman saya sudah berumah tangga,setiap malam saya usahakan bangun utk sholat tahajud meminta kpda Allah agar di dekatkan dgn jodoh,sampai skrg komunikasi dgn mantan msh terjalin krn kami ingin tetap menjaga silturahmi bahkan sebenarnya saya msh berharap utk bisa memperbaiki hubungan kami,mohon di bantu pak ustad,terima kasih

    • fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Tetaplah istiqomah mengerjakan shalat tahajud setiap malam, kemudian selesai shalat tahajud bacalah tadabbur alfatihah untuk memelihara dan mendapatkan jodoh seperti yang saya sampaikan pada lampiran email ananda.

      Kerjakan semua itu dengan tekun dan istiqomah, percaya dan yakinlah bahwa Allah akan menolong ananda

  178. somi fadila says:

    assalamualaikum pak ustad…
    Pak saya punya anak perempuan berusia 24 thn kenalan sama anak band yang umurnya lebih 46 tahun. kenalan ini berlanjut melalui fb,bbm,twiter dll,setelah berapa bulan kemudian anak saya tergila-gila dgn laki2 ini dan berani menentang smua kluarga. sy sudah coba hub laki2 tsb dia malah nentang saya, dia bilang dia serius dgn anak saya dan sy jawab tlglah jgn diganggu juga anak sy masih kecil dan lagian dia masih kuliah. tapi malahan anak saya tergila-gila sama dia sampai sekarang pak mohon bantu bp tuk bisa melepaskan anak sy dgn laki-laki tua itu pak
    terima kasih.
    wassalam

  179. anton says:

    assalamualaikum pak ustad…
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih ats nasehat bapak, akhirnya anak saya sudah mulai bisa berbicara walaupun tidak begitu jelas tapi saya sangat bersyukur karena allah memberikan petunjuk kepada klg kami melalui pak ustad.. dan alhamdulillah sholat tahajut saya sudah khusyuk dan setiap malam saya seperti rindu ingin segera melaksanakan tahajud.. kalau boleh saya mohon diberikan bacaan doa setelah tahajud supaya anak saya semakin fasih dalam berbicara..,,
    semoga Allah membalas kebaikan pak ustad dengan rezeki yang berlimpah amin…

    • fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Sesudah tahajud dengarkan ayat tematik surat Al Ahqaaf ayat 15 berikut terjemahan nya seperti yang saya sampaikan pada lampiran email ini berulang ulang , hayati dan resapi maknanya. Setelah mendengarkan ayat tersebut tadabburi dengan membaca kalimat tadabbur yang saya sampaikan secara putis dan penuh penghhayatan. Perhatikan doa yang dipanjatkan dengan sungguh sungguh.

      Ayat tematik tersebut bisa didengarkan atau dibaca langsung , kalau bisa hafalkan ayat terebut berikut tedabburnya . Ayat tersebut boleh dipakai untuk shalat. Kalau sudah hafal bisa dilakukan tadabbur kapan saja sesudah shalat wajib. Insya Allah akan membawa keberkahan dalam rumah tangga.

  180. Ahmad says:

    Assalamu alaikum ustadz mohon bimbingannya.. sy titipkan jg email sy..
    Semoga Allah merahmati ustadz

  181. Tri says:

    Assalamualaikum pak Ustad…

    Awal nikah suami saya ga pernah sholat,sudah saya ingatkan tp tetap belum mau sholat,saking kesalnya saya sampai berdoa agar suami saya diberi sakit agar bisa menjalankan perintah Allah, dan akhirnya suami saya benar-benar sakit dan suami saya juga benar-benar menjalankan perintah Allah, malah bisa dikatakan berubah 180 derajat,suami saya lebih mementingkan akhirat drpd dunia, saya bersyukur atas perubahan perilakunya, tp sudah 4 tahun ini penyakitnya (sinusitis) belum sembuh juga, saya juga selalu minta ampun pada Allah, klu saya pernah berdoa yang ga baik seperti itu, mohon nasehat pak Ustad, Terimakasih

    Wassalamualaikum…

    • fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Coba mohon pada Allah untuk menyembuhkan penyakit itu dengan mendengarkan dan mentadabburi ayat ayat rukyah seperti yang saya sampaikan pada email ananda. Lakukan kegiatan mendengar dan mentadabburi ayat tersebut setiap hari hingga Alah menyembuhkan penyakitnya. Ikuti petunjuk pada artikel yang saya sampaikan pada lampiran email ini.

  182. Rana says:

    assalamualaikum..pa ustadz

    dalam 3 tahun terakhir banyak pengalaman berat yang mengarahkan saya untuk benar benar bersujud kepada Allah. selama ini saya memperdalam ibadah, menggali arti2 doa, menggali waktu2 yg bagus untuk beribadah dan hal tentang ibadah lainnya lewat internet, buku, applikasi di smartphone. dan saya pagi ini membaca blog ini.
    saya ingin lebih memperdalam dan mempertebal keimanan saya tentang ibadah, ikhlas, sabar dan taubat. apabila berkenan saya ingin berkonsultasi dengan pa ustadz. saya titip email saya. terima kasih banyak, blog bapak ini sangat bermanfaat bagi saya. wassalam.

    • fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Silahkan dipelajari artikel yang ada diblog ini, jika ada hal yang ingin ditanyakan bisa langsung ditanyakan pada kolom tanya jawab yang ada di artikel tersebut, atau kirim email pada saya.

  183. asep af says:

    assalmualaikum ww pak ustadz.

    saya berumah tangga hampir 15 tahun , saya mempunyai permasalahan bahwa istri saya dengan keluarga saya ( adik 2 , bibi , paman ) selalu antipati dengan mereka , saya tidak tahu penyebabnya , setiap saya selalu sedang dengan keluarga saya saya selalu bertengkar dengan istri saya , apa yang harus saya lakukan terisma kasih

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Nasihati dia dengan cara yang baik dan tidak menyinggung perasaannya. Orang seperti itu biasanya kalau dinasehati mudah tersinggung dan mudah emosi, karena ia berada dalam kendali syetan terkutuk. Mintalah pada Allah agar Dia membersihkan berbagai energi negatif dan pengaruh buruk syetan yang bersarang didalam hati dan fikirannya.

      Kerjakan shalat malam atau dhuha sebanyak dua rakaat Atau lebih, selesai shalat bacalah tadabbur alfatihah untuk menghilangkan watak dan sifat buruk pada diri seseorang, seperti yang saya sampaikan pada lampiran email ananda.

      Bisa juga dilakukan dengan meminumkan air rukyah padanya sesuai petunjuk pada email yang saya kirimkan.

  184. muhammad.faesal says:

    assalla muallaikum ,,,ustaz…tyang maunayak ustaz tenatang bagai mana sih supaya kita cepet paham dalam pelajaran itu dan tidak cepet hilang dari kepala padahal saya selalu tekun memperhatikan di dalam kelas saat guru menjelas kan tapi kok sulit baget meyeraf dikepala saya, malahan cepet lupa dan hilang di kepeala saya dan sering say ulang tapi kok tidak ada bekas y di kepeala saya , apak ah ad solusi dari ustaz,,,,

    • fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Coba baca tadabbur alfatihah untuk meningkatkan mutu kehidupan seperti yang saya sampaikan pada lampiran email ananda setiap selesai shalat wajib, atau minimal dibaca setiap selesai shalat subuh dan maghrib. Lakukan itu setiap hari insya Allah Dia akan meningkatkan kemampuan ananda dalam berfikir, memahami pelajaran dan meningkatkan kecerdasan ananda.

      Lebih baik lagi jika dibaca selesai mengherjakan shalat malam.

  185. dina h hasanah says:

    assallamualaikum pa sy mau tanya lg,
    sy punya temen yg sdah tidak perawan lg tp dia msih jadian sm si cwonya krn katanya si cowonya mau bertanggung jawab , tp mereka belum menikah,, tp tmn sy tkut kalau mereka ga jodoh karena klo dia menikah sm cowo lain pasti dia sudah mengecewakan calon suaminya karena sudah tidk perawan lg .. apa yg harus temen sy lakuin pa ???

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikjum salam

      Sebaiknya wanita itu segera bertaubat dan memperbaiki kekeliruannya dengan segera menikah, kalau dia masih tetap pacaran dengan pemuda itu besar kemungkinan perbuatan terlarang itu akan terus terulang. Jika lelaki itu tidak mau segera menikah berarti dia tidak bertanggung jawab , sebaiknya jauhi lelaki itu. Bertaubatlah pada Allah. Mohon pada Allah agar diberikan jodoh yang baik dengan mengerjakan shalat malam , insya Allah Dia akan mendatangkan jodoh yang lebih baik baginya kalau dia tegas dan mau hijrah kejalan yang benar.

  186. dina h hasanah says:

    sy juga mau tanya lagi bapak sy bru ajja kena musibah dia terkena struk ringan sampai sekarang biacara & jalannya belum lancar , mamah sy berfikiran tkutnya ini dikerjain orang , doa apa & apa yg harus dlakukan supaya berangsur2 pulih & terhindar dri orang2 yang mau menjahati keluarga saya .

    • Fadhil ZA says:

      wa alaikum salam

      Obati saja penyakit itu secara medis dengan benar, struk ringan butuh penanganan yang telaten dan sabar. Jaga pola makan dan olah raga ringan serta istirahat yang cukup. Suruh ayah ananda mendengarkan surat Ar Rahman, Al Waqiah, Al Hadit dan surat Al Mulk berikut terjemahannya yang saya kirim pada lampiran email ini setiap hari . Hayati dan resapi makna ayat tersebut . Insya Allah ayah ananda akan bertambah sehat dan segar .

      Agar bisa khusuk sebaiknya surat tersebut di dengarkan menggunakan earphone, keempat surat itu dalam format mp 3 jadi bisa dipindahkan ke HP dia bisa mendengarkannya setiap hari menggunakan headphone.

  187. yuli ainurrohmah says:

    aslmualaikum pak ustad maaf saya mau nanya..

    pak ustad saya seorang perempuan umur 27 tahun yang sangat menginginkan segera berjodoh dan menikah,saat ini saya mengenal seorang pria baik yang penuh tanggung jawab terhadap keluarganya,sangat berbakti pada org tua dan menyayangi saudaranya,saya kagum padanya
    gak beda dg yang yono tanyakan saya berdoa setiap mlam hnya mhon biar bsa mndpatkan cwok yg sngat saya kagumi itu…apakah ALLAH akan mngabulkan doa saya nanti nya…..tlong ksih tau jawaban nya….

    terimakasih…

  188. mujix says:

    Assalamualaikum Wr.Wb.
    Pak Ustad, mohon petunjuknya…

    Suami saya ketahuan selingkuh dan bertahun2 menyakiti mental kami (saya & anak2, dengan sholat & sholat malam saya bersabar hati dg menahan tekanan batin.

    Sekarang, suami sudah kembali ditengah2 keluarga, dan tangan terbuka kami terima dg penuh kasih sayang. Tapi kenapa suami saya jadi pemalas (menganggur), tidak pernah mau sholat, dan sering merasa sakit badannya..Ya Allah ujian ini belum selesai….

    Pak Ustad, yang saya inginkan, suami mau jadi imam dalam beribadah kami, bersemangat lagi ditengah2 kami, mohon amalannya yaa pak ustad…

    Terima Ksih

    • fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Mintalah pertolongan pada Allah dengan sabar dan shalat. Selama suami ananda jauh dari agama dan malas shalat ia akan tetap dalam keadaan seperti itu. Bantulah dia dengan mendoakannya setiap selesai shalat bacalah tadabbur alfatihah untuk menghilangkan sifat buruk pada seseorang seperti yang saya sampaikan pada lampiran email ini.

      Sabarkan hati ananda menghadapi ujian dan coabaan ini dengarkan ayat rukyah yang saya sampaikan pada lam,piran emaal ini tiap pagi dan sore hari , mudah mudahan Allah memberi hidayah dan petunjuk pada ananda . Usahakan suami ananda biasa ikut mendengarkan ayat Qur’an tersebut semoga hatinya terswntuh dan mendapat hidayah dari Allah.

  189. Assalamualaikum,

    Sesudah kita mengetahui kekuatan sholat malam, ada baiknya teman2 menggunakan Mukena Cantik Meidiani sebagai sahabat ibadah Anda.

    Semoga bermanfaat. Salam…

  190. shuda says:

    assalamualaikum pak ustad.
    saya mau bertanya, saya udah pacaran dengan orang yg saya cintai udah sekitar 2 tahun. orang tua kami pun udah saling merestui dan april ini akan bertunangan dan orang tua kami sudah membicarakanya.
    tapi masalahnya tiba2 pacar saya jadi berubah sifatnya,sepertinya dia gak mau nglanjutin pertunangan. saya sudah mencoba berdoa tiap hari,sholat tahajjud,sholat dhuha,puasa senin kamis, bahkan sholat hajat juga saya lakukan agar dia bisa kembali seperti dulu lagi.
    tapi sampe sekarang dia masih gak mau ditemuin. padahal pertunanganya tinggal beberapa hari.
    minta penjelasan, apakah ada ibadah yg lain lagi yg belum saya lakukan.
    terimakasih.

    wassalamualaikum

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Minta tolonglah pada Allah dengan mengerjakan shalat malam atau dhuha setiap hari sebanyak dua rakaat atau lebih, selesai shalat bacalah tadabbur alfatihah untuk menjaga dan mendapatkan jodoh seperti yang saya sampaikan pada lampiran email ananda. Jika dia memang jodoh ananda insya Allah semua berjalan lancar tanpa rintangan.
      Untuk menguatkan jiwa ananda menghadapi cobaan ini dengarkan lah ayat Qur’an tentang menghadapi ujian dan cobaan Allah seperti yang saya sampaikan pada lampiran email ananda. Terdiri atas :

      SURAT AL FATIHAH, FATHIR 1-5, AL ANKABUT 2-3,AL HADIT 22-23, AL BAQARAH 214, AT TAUBAH 51, ALI IMRAN 160, AR RUM 5-6, FUSHILAT 30-32, AL BAQARAH 286, AT THUR 48-49

      Dengarkan baik baik, resapi dan hayati maknanya , mudah mudahan Allah memberi bimbingan pada ananda. Dengarkan minimal setiap pagi dan sore hari . Ananda bisa meng upload ayat tersebut kedalam HP ananda sehingga bisa didengarkan kapan saja ananda mau.

  191. shuda says:

    ok.
    trimakasih atas nasehatnya ustad,semoga alloh mengabulkan permintaan hambanya ini.
    dan saya juga minta pada kedua orangtua saya juga buat doain.
    saya juga minta doanya ustad,semoga pertunangan saya april ini lancar. amiin

  192. fitri says:

    sukron pak ustadz, atas informasiny sangat bermanfaat sekali…
    mengenai kesabaran itu apakah harus ditanamkan dalam diri kita atau memang harus dilatih ya pak ustadz,

    • fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Kesabaran itu memang harus ditanamkan dan dilatih, sifat sabar akan muncul melalui latihan dan pengalaman yang dialami selama hidup.

  193. Agung says:

    Assalamualaikum pak ustadz mohon pencerahannya.
    Saya Agung umur 34 th sudah berkeluarga anak 1 insyaalloh mau bertamabah lagi alhamdulillah istri hamil. Kita hidup berempat (saya,istri, ibu dan1 anak saya 2,5 th)

    Mau sedikit cerita ne pak, Setahun yg lalu hampir setiap hari rumah kita didatangi orang menagih hutang, ibu saya punya hutang dimana mana. Melihat itu, Ibu saya ajak rembug pak, sebenarnya ibu punya hutang brp dll. Akhirnya stlh berdiskusi dg istri kita sepakat ambil pinjaman di bank untuk melunasi hutang ibu yg cukup banyak. Krn kita yakin kl kita niatnya baik pasti akan ada jalan untuk mebayar tagihan bank tiap bulannya.

    Yg jadi pertanyaan kenapa sampe sekarang jalan pintu rizki belom terbuka ya pak. Tiap malam kita tahajud, pagi dhuha, kita dawamin waqiah, yasin fadhilah. Sholawatan setiap pulang dan pergi kekantor.

    Belom lama usaha saya tutup pak. Ini gaji bulanan sy dan istri nggak cukup buat kehidupan sehari² dan bayar tagihan bank. Saya hanya ingin melihat ibu saya bahagia pak, skrg melihat kondisi ibu kasian. Mungkin dlm hati ibu sy sedih melihat anaknya yg kesusahan.
    Mohon pencerahannya pak ustadz. Nuwun

    • fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Tetaplah istiqomah dalam memohon pada Allah. Dalam surat Al ankabut ayat 2-3 Allah mengingatkan bahwa Ia tidak akan membiarkan seseorang begitu saja mengatakan bahwa ia telah beriman sebelum dia menguji dengan berbagai ujian sebagaimana Ia telah menguji orang orang dahulu, sehingga jelas bagi Allah siapa yang benar Imannya dan siapa yang dusta.

      Belum terkabulnya doia ananda adalah ujud dari ujian Allah, apakah ananda istiqomah atau tidak. Jika ananda tetap istiqomah insya Allah adakan datang pertolongan Allah dari tempat yang tidak disangka sangka. Orang yang tidak kuat dengan ujian itu aka berpaling dari Allah , dia akan mengambil jalan pintas mendatangi dukun, paranormal atau melakukan perbuatan tercela seperti mencuri, menipu, merampok dan lain sebagainya.

      Disamping shalat malam dan dhuha dengarkan dan baca tadabbur Qur’an untuk membuka pintu rezeki dan rahmat seperti yang saya sampaikan pada artikel “Ayata Qur’an untuk membuka pintu rezeki dan pintu rahmat “ di blog fadhilza.com. Silahkan di down ayat ayat tersebut dengarkan dan baca tadabburnya setiap hari sesudah shalat malam, dhuha atau shalat subuh dan isya. Ikuti petunjuk pada artikel tersebut. Mudah mudahan Allah mengeluarkan ananda dari semua kesulitan itu.

  194. Sri Haryati says:

    Assalamualaikum Pak Ustadz, saya baru saja ditingggal suami karena meninggal dunia. Di dalam salat tahajud apabila saya berdoa untuknya maka apakah doa saya akan dikabulkan oleh Allah? Di dalam Al Quran, doa2 apa saja baik untuk saya doakan almarhum suami. Wasalam.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Insya Allah doa istri pada suaminya yang sudah meninggal diterima oleh Allah. Doakan agar diampuni dosanya, diterima amal ibadahnya dan dilindungi dari azab dan siksa kubur.

  195. kamila says:

    pak ustad, saya punya permasalahan.. saya(wanita) dulu berpacaran dengan seorang katolik, lalu bulan februari dia memutuskan saya, saya pun paham alasan dia memutuskan saya, tetapi hati saya sampai saat ini masih belum bisa menerimanya, saya selalu mengharapkan ia kembali pada saya dan menjadi jodoh saya tentunya dengan menjadi seorang muslim.. apakah hajat saya ini terlalu besar pak ustad? saya sedang mencoba sholat malam dan sodaqoh, apa yang harus saya lakukan pak ustad.. mohon jawabanya

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Hati hati dunia ini penuh jebakan dan tipuan, yang kita sangka baik belum tentu baik menurut Allah. Sebaliknya yang kita sangka buruk belum tentu buruk menurut Allah. Mata sering saah lihat, telinga sering salah dengar dan kitapun sering salah mengambil keputusan. Percayakanlah pada Allah untuk memilihkan jodoh bagi ananda.

      Mintalah pertolongan pada Allah, kerjakan shalat malam atau shalat dhuha sebanyak dua rakaat atau lebih setiap hari. Kerjakan mana saja yang bisa ananda kerjakan . Selesai shalat bacalah tadabbur alfatihah untuk memelihara dan mendapatkan jodoh seperti yang saya sampaikan pada email ananda. Jika ia baik dan mau masuk islam tentu Allah akan mendatangkannya pada ananda. Namun jika tidak tentu ia akan menjauh dari ananda dan insya Allah akan diberikan gantinya oleh Allah dengan yang lebih baik dari itu .

  196. M.Rizky Rahmadani says:

    As. wb.
    pa ustad… saya ini kurang tau tata cara sholat MALAM.. saya sering terbangun sendiri saat.. tengah malam.. jadi saya gk ada kerjaan sama sekali jadi saya ingin belajar tata cara shalat witir,iftitah,tahajud d.l.l
    dengan usia saya saat ini (14 thun) saya ingin mempelajari shalat MALAM tersebut… saya ini anak piatu (ibu saya meninggal sdh 2 thun yg lalu karena kecelakaan) jadi saya ingin mengirim kn HADIAH buat Ibu saya yg ada di akhirat.
    Segali Ibu saya Hidup saya Tdk bisa membahagiakn Ia… Jdi saya Ingin Sekali membahagia Kn kedua ortu saya,,..
    Itu saja Yg Ingin Sya Sampai Kn
    Wassalamualaikum wb.

    • Fadhil ZA says:

      Wassalamualaikum wb.

      Shalat tahajud biasanya dilakukan pada sepertiga malam terakhir sekitar jam 3 pagi. Dilakukan dua rakaat sebanyak 4 kali ditambah witir sebanyak 3 rakaat jadi total semua 11 rakaat. Diantara shalat tahajud yang satu dengan lainnya baca doa apa saja yang sesuai kebutuhan anandsa. Cukup dalam bahasa indonesia.

  197. عامر المتقين says:

    Assalamualaikum wr wb
    Pak Ustadz,,
    usia saya 16thun, dengan usia remaja ini mungkin wajar bagi saya untuk suka dengan lawan jenis.
    ada seseorang yang saya sukai, bahkan Allah mendekatkan kami dengan menyatukan kami dlam sebuah organisasi islam, karna kita berdua bersekolah dilingkungan pon pes, jadi pacaran adlah larangan kami.
    tapi terkadang kita juga saling ketemuan dan menghibur satu sama lain ketika ada masalah.
    saya suka sama dy, bahakan ingin sekali memilikinya, karna dengan datangnya hidup dy dalam kehidupan saya membuat saya semangat dalam hal ibadah (sholat yang mulanya keterpaksaan karna kewajiban kini menjadi keinginan).
    tak terasa setengah tahun berlalu dy smakin baik ke saya, tapi setelah saya tanya ternyata dy tdk punya perasaan apa apa kepada saya, setelah itu dy smakin jauh dan menjauh.
    saya tidak ingin kehilangan dy, mengetahui dikota saya perempuan zaman sekarang semakin rusak & jarang pula saya temui perempuan sholehah seperti dy, membuat saya tidak ikhlas kehilangan dy

    1) upaya saya lakukan adalah saya selalu sholat hajat tengah malam.. upaya apa lagi yang harus saya lakukan ? adakah amalan” yang dapat membantu masalah saya ?

    2) apa perbedaan antara sholat tahajud, sholat hajat, sama sholat istikharah ? (karna saya lihat di internet 3 sholat tersebut sama sama di anjurkan ketika mendapati masalah seperti saya)

    sekian dulu pak ustadz,,
    maaf curhat sedikit,,

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Shalat hajat dilakuan jika kita mengingnkan sesuatu misalnya ingin lulus ujian, mendapatkan jodoh, mohon rezeki dll. Waktunya bisa dilakukian kapan saja, dilakukan sebanyak dua rakaat atau lebih.

      Shalat Istkharah dilakukan untuk memilih satu dari dua perkara , manakah yang lebih baik. Misalnya bekerja sebagai buruh pabrik atau berdagang sendiri. Shalat dilakukan sebanyak dua rakaat atau lebih. Bisa dilakukan kapan saja.

      Shalat tahajud dilakukan sepertiga malam terakhir biasanya diatas jam 3 pagi. Dilakukan setelah tidur lebih dahulu. Dilakukan sebanyak dua rakaat atau lebih kemudian ditutup dengan witir satu atau tiga rakaat. Shalat tahajud biasanya dilakukan seumur hidup sebagai tambahan bagi berbagai kekurangan dalam shlat kita. Diantara dua rakaat shalat tahajud kita bisa memohon apa saja, termasuk yang biasa kita minta pada shalat hajat dan istikharah. Shalat tahajud dilakukan mengacu pada firman Allah dalam surat al israk ayat 79

      79. Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji (Al Israak 79)

  198. noerlailah says:

    Assalamualaikum wr wb
    Pak Ustadz,,
    Usia saya 24 Tahun. Dan sudah berkeluarga kurang lebih 3 tahun. anak pertama saya keguguran. alhamdulillah saya hamil lagi, usia kehamilan saya sampai hari ini sudah menginjak dua tahun, anak yang saya kandung dan yang keguguran slalu datang di mimpi saya, seakan akan dia membingbing saya. saya sudah cek usg ke dokter spesialis kandungan, kata doktek.. dinding rahim ibu terlalu tebal dan pekembangan janin ibu lambat. Pak Ustadz,, Semenjak saya berkeluarga, saya dan suami saya slalu di musuhi ma orang tua saya sendiri dam mertua dan saudara suami saya, bahkan saya sering bermimpi yg aneh2, bahkan yang sering datang ke mimpi saya.. seorang laki2 ingin mengambil anak saya. Pak Ustadz,, mertua saya sering bilang ke orang2, bahwa anak yang saya kandung tidak akan lahir karna sudah di kunci. Pak Ustadz,, apakah allah akan mengabulkan doa orang tua yg meminta anaknya untuk bercerai sama suaminya. mohon bimbingannya, apa yang harus saya lakukan dan Terima kasih atas jawabannya..

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Sihir untuk memisahkan suami dari istri memang diakui keberadaaannya didlam surat albaqarah ayat 102. Untuk mengatisipasi adanya gangguan sihir sebaiknya ananda membiasakan membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq , An nzass dan ayat kursi setiap mau tidur.

      Untuk menjaga keutuihan rumah tangga ananda bacalah tadabbur qur’an untuk klerukunan nrumah tangga seperti yang saya sampaikan pada lampiran email ananda setiap selesai shalat subuh dan maghrib. Lakukan semua itu setiap hari dengan tekun dan istiqomah. Semoga Allah menjaga keutuhan rumah tangga ananda.

  199. afif says:

    assalamualaikum ustadz.? mohon petunjuk dan pencerahannya..
    curhat ustadz, sy punya pacar yg berhubungan hampir 3thn. maaf ustadz,smoga allah mengampuni dosa2 sy, selama pacarn hubungan kami layakx suami istri sampai 2 kali hamil tapi di gu2rkn, tadix sy mau bertanggung jwb namun krn kultur dan budaya kami yg berbeda dan rasa takut sma ortux dia tdk mau nanggung resikox. untuk menebus dosa2ku dan mau pertanggung jwbkn pebuatanku dan menunjukan keseriusanku, saya datang melamar namun karna budaya yg mengharuskan sy untuk membawa uang yg begitu berat bagi sy untuk penuhi itu, lamaranku pun di tolak. yg lebih menyakitkn lagi pacar sy yg hampir 3 thun berhubungan secepat itu jalan dgn pria lain dan tidak mau kembali dan tdk mau nikah lagi sama sy ustadz, sementara saya walaupn dia jln ma laki2 lain tpi sy masih mengharapkn dia untuk kembali.
    apa yg harus sy lakukan ustadz.? agar dia bisa kembali sama sy. dan bgmn carax untuk menghilangkn rasa sakit hati saya ustadz.. mohon petunjukx ustadz.? mohon di bls di email saya ustadz.
    trimakasih sebelumnya atas jawabannya..

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Apa yang ananda lakukan berdua adalah perbuatan yang amat dimurkai Allah, tebusannya adalah dihukum cambuk sebanyak 100 kali. Sebaiknya ananda bertaubatlah pada Allah mohon ampun atas kekeliruan yang telah ananda buat. Apakah wanita itu berjodoh atau tidak dengan ananda serahkan saja pada Allah.

      Yang penting bagi ananda lakukan taubatan nasuha tidak mengulangi lagi perbuatan yang telah ananda lakukan itu. Berusahalah untuk memperbaiki diri dengan meningkatkan mutu shalat ananda. Usahakan mengerti setiap ayat dan kalimat yang ananda baca dalam shalat. Pelajari tatacara shalat khusuk pada ebook yang saya kirim pada lampiran email ananda.

      Mintalah jodoh yang membawa rahmat dan berkah bagi ananda dalam kehidupan dunia dan akhirat, carilah pasangan wanita sholeha yang pandai menjaga aurat dan kehormatannya. Minta tolonga pada Allah untuk mendapatkan jodoh yang serasi dengan membaca tadabbur alfatihah untuk mendapatkan jodoh setiap selesai shalat subuh dan isya. Bisa juga dilakukan sesudah mengerjakan shalat malam. Jika wanita itu memang jodoh ananda dan ia sudah berniat baik untuk bertaubat dan memperbaiki diri tentu Allah akan mempertemukan ananda. Namun jika tidak , tentu Allah akan menggantinya dengan yang lebih baik lagi.

  200. hendro hari says:

    Assalamualaikum wr wb
    Pak Ustadz,, Saya dulu orang yg lupa dengan agama kerjaan saya hanya senang2 dan meng hambur2 kan uang saja, tp setelah th 2010 ibu saya meninggal saya agak berkurang nakal ny,pada th 2013 bualn 4 saya tersadarkan diri inggin kembali ke jalan allah, akan tetapi saya tidak banyak hafal niat sholat dan bacaan2 doa, sya berusaha mengghafal tetapi sulit, apakah di saat sholat saya sambil membaca surat2 nya boleh, karna saya inggin meminta ampun kepada allah, ingin minta jalan yg terang, slama ini saya merasa banyak masalah,dan rezeki nya sulit, mohon sekali solusi nya di blz di email saya trimakasih pak ustad wasalmm.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Bertaubatlah pada Allah dengan melakukan shalat secara benar dan khusuk. Usahakan untuk mengerti setiap ayat dan kalimat yang dibaca dalam shalat. Jika ananda sudah melaksanakan shalat dengan benar dan khusuk insya Allah pintu rezeki ananda akan terbuka lebar. Didalam shalat ada doa utama yang dibaca ketika duduk iftirash.

      Robbigfili (ya allah ampuni aku)….warhamni(rahmati aku0 ….wajjburni(tutupi semua kesalahan dan keburukanku)….warfa’ni (angkat derajatku)…..warzukni(beri akui rezeki)….wahdini(beri aku petunjuk) …..wa’afini(sehatkan aku)…wa’ fu anni (maafkan aku)

      Baca doa itu dengan sungguh sungguh dan penuh penghayatan, jikia dikabulkan Allah niscaya ananda tidak akan susah, sengsara, papa dan dirudung berbagai kesulitan. Doa ini dibaca 17 kali sehari semalam , jika dibaca dengan benar Allah tidak akan menolaknya.

      Pelajari tatacara shalat khusuk pada ebook yang saya kirim pada lampiran email ananda.

  201. Madina says:

    Ass, saya ingin menanyakan sesuatu. Kirakira supaya dikabulkan permintaan kita itu harus mengerjakan seberapa banyak sholat malam ya? Karena saya mempunyai cerita saya kehilangan seseorang dan seseorang itu bilang kepada saya tidak akan pernah kembali, tp saya menyesal atas perbuatan saya maka menjadi seperti ini. Jadi saya harus bagaimana supaya dia kembali dengan cara sholat malamkah saya bisa berdoa langsung kepada Allah agar dikabulkan,? Terimakasih wassalam

  202. hendro hari says:

    trimakaih pak ustad,saya selallu meminta doa kepada allah,,akan tetapi saya kurang hafal bacaan2 sholat malam,,apakah saya boleh sholat sambil membaca surat2 nya pak ustad? trimakasih

  203. VENDRA says:

    Kalau gw sdh beberapa thn rajin tahajud tp nasib tambah buruk. semakin susah dpt jdoh dan rejeki. gw nganggur 10 thn. gw umur nya 35 blm pernah pacaran. gw kalau nyari jodoh dan rejeki sering dijahati org. wiraswasta sering gagal tdk ada hasil nya. lbh parah lg, skrng gw kena penyakit vertigo, kepala gampang pusing shg tdk mampu bekerja.

  204. VENDRA says:

    Gw berusaha sabar dan ikhlas. tp yg bkin gw tdk kuat krn gw kasihan dg ortu gw. ayah gw sdh tdk krja krn sdh tua. ortu gw pngn beli odol dan sabun saja susah. pngn beli beras saja hrs ngutang tetangga. pngn bayar listrik hrs jual barang barang dulu. pdhl ortu gw sngt rajin ibadah tp nasib nya tdk baik. gw pngn bantu mrk tp tdk mampu.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Orang yang melakukan shalat dengan benar dan khusuk tidak akan mengalami hal seperti itu. Coba periksa shalat ananda apakah sudah dilakukanndengan benar dan khusuk. Orang yang melakukan shalat dengan benar dan khusuk dijamin oleh Allah hidupnya penuh kemudahan dan keberuntungan.

      Tingkatkan nmutu shalat ananda dengan berusaha untuk mengerti dan paham setiap ayat dan kalimat yang ananda baca dalam shalat. Pelajari tatacara shalat khusuk pada ebook yang saya kirim pada lampiran email ananda.

  205. moh fadly says:

    Ass, pak ustadz saya ini bekerja mandiri pada awalnya usaha lancar tetapi akhir2 ini banyak yang iri baik dari orang lain mamupun keluarga sendiri sehingga menurun drastis bahkan saya banyak berutang ke orang lain, saya tidak mau menuduh atau berprasangka buruk tetapi akhir2 ini saya merasa ada yang ganjil (seperti disantet atau sejenisnya), tetapi sadari mungkin ini adalah cobaan Allah atau teguran Allah karena selama ini saya tidak pernah sujud dan menuruti perintahNya, tetapi setelah saya kembali kejalan yang diridhoi Allah kok saya terasa makin hari makin jauh saja dariNya sebab ada2 saja cobaan/masalah/kesulitan, satu hal pak ustadz saya akhir2 ini juga sempat down dan tergoda apalagi urusan2 syirik untuk dapat melunasi utang2 saya. Mohon petunjuk mungkin ada doa atau tata cara sholat yang baik pada malam hari, terima kasih atas waktunya dan sarannya, wassalam……

    • fadhilza says:

      Wa alaikum salam
      Allahlah yang melapangkan dan meyempitkan rezeki bagi siapa yang dikehendakinya. Menurunya usaha bisnis kamu adalah peringatan Allah pada kamu agar kamu lebih mendekatkan diri padaNya. Allah memberi peringatan ini karena Allah sayang pada kamu. Jika Allah tidak menyangi kamu Dia akan membiarkan kamu bergelimang harta dan hidup sukses dari segi materi walaupun kamu tidak taat dan kenal pada Allah.
      Banyak orang yang seperti itu, dibiarkan Allah bergelimang harta, dan berbuat maksiat sampai akhir hayatnya, dan kelak diakhirat dijebloskan kedalam neraka jahanam.

      Alhamdulillah Allah telah mengingatkan kamu, kembalilah padanya. Mintalah pertolongan pada Allah untuk menghadapi masalah kamu. Tingkatkan mutu shalat kamu dengan berusaha untuk mengerti dannpaham setiap ayat dan kalimat yang kamu bagca dalam shalat. Pelajari tatacara shalat khusuk pada ebook yang saya kirim pada email kamu.

      Bacalah tadabbur Qur’an untuk membuka pintu rezeki dan rahmat seperti yang saya sampaikan pada artikel “Ayat Qur’an untuk membuka pintu rezeki dan rahmat” pada blog ini, setiap selesai shalat subuh maghrib , shalat malam dan shalat dhuha.

  206. eny says:

    Assalamualaikum wr wb
    Pak Ustad, saya sedang kena musibah. Saya sebagai perantara hutang antara si A dan si B dimana mereka ada kesepakatan si A memberi bunga pd si B 5% perbulan, niat saya hanya menolong dan saya tidak mengambil sepersenpun dr bunga maupun uang utang piutang itu, tp si A ingkar janji dan tidak mau melunasinya hingga telah berjalan setahun. Sekarang si B marah dan mau mengambil semua harta saya utk menutup utang si A. Saya seperti orang terdzalimi Ustad. Saat dapat bunga si B diam saja, saat semua macet si B minta saya bertanggungjawab. Si A Juga selalu berdalih gak punya uang. Akhirnya saya stress sendiri, daripada di kejar2 bingung niat saya mau saya kasihkan semua harta say baik rumah maupun mobil kpd si B. Tp saya seperti tidak iklas, lalu saya tiap jam 12 malam selalu keluar di halaman menatap langit memeohon sama Tuhan minta keadilan, setelah itu masuk rumah lalu sholat hajat, disambung sholat tahajud, ini sudah saya jalani selama sebulan. tapi semakin kesini saya semakin di teror si B, hingga ga doyan makan dan minum. Saya bingung ustad, apa yang ahrus saya laukan. terima kasih. Wassalam

    • eny says:

      Ustad Mohon jawaban di share juga ke email saya, biar saya bisa langsung tahu ketika Ustad sudah kasih jawaban. Mohon maaf Ustad bisakah saya berkonsultasi via HP Ustad?

    • fadhilza says:

      Wa alaikum salam

      Mintalah perlindungan dan pertolongan pada Allah untuk mengatasi masalah ini dengan mengerjakan shalat malam atau dhuha sebanyak dua rakaat atau lebih. Selesai shalat mintalah perlindungan pada Allah dari ancaman dan kejahatan orang yang meneror anda dengan membaca dan mendengarkan tadabbur surat al ikhlas, alfalaq dan an nass seperti yang saya sampaikan pada artikel di link ini.

      Selanjutnya perbanyaklah membaca tasbih unhtuk menenagkan hati dan melindungi diri dari ancaman dan kejahatan orang lain seperti yang dicontohkan pada artikel di link ini .

  207. latifa; says:

    asalamual’aikum pak ustad,tolong bantu sya pak beri nasihat gimana caranya menyadarkan suami untuk berbuat baik, jujur, dan sholat. saya sudah menikah 5th kesabaran tuk menunggu suami sadar tak ada hasil padahal sya sudah menasihatinya tapi tak pernah di dengar dan malah sering di tgl tidur saat sya menasihatinya.. sudah di beri cobaan sampai kehilangan rumah karena ulahnya sendiripun tak sadar juga. sya ingin suami bisa seutuhnya sebagai imam yang baik bgi keluargaku terutama sebagai contoh anak2 saya nanti.ingin sekali sya slolat berjamaah dengan suami pak ustad…

  208. dewi says:

    Assalamualaikum ustad, saya dewi umur 23 tahun saya sudah menikah 8 bulan yang lalu,tapi saya menikah dengan laki laki yg tdk jelas agamanya,di ktp sih islam ibu suami saya kristen katholik tapi sudah meninggal.saya kira dengan cara menikah saya bisa merubah perilaku suami saya yg tidak tau tentang agama islam,sholat pun gag pernah pokoknya tentang agama islam dia gag tau sama sekali.saya sudah mencoba menasihatinya tp tetep gag bisa ustad,saya sedih melihat suami saya buta terhadap agama islam..ustad apa yang harus saya lakukan???mohon bantuanya.trimakasih

  209. rangga says:

    ass pak ustad nama sy rangga sy sdh penah dioperasi hernia 2x dan usus buntu 1x akan tetapi hernia sy skr kambuh lg dan turu lg mgk dg ini pk ustad pny solusi ttg penyakit sy

  210. rangga says:

    ass pak ustad mhon dg ini pak ustad memberikan solusi utk penyakit sy yg sdh 3x dioperasi agar sy bs hidup normal lg krn sy merasa krn sakit hernia ini sy tersika

  211. poppi says:

    assalamualaikum pak ustadz,saya mau tanya,pak saya mau mencari sekolah untuk kulih tapi saya bingung,ingin saya de universitas negeri tapi waktu tes saya gagal,saya sudah berdoa agar saya di beri petunjuk,tapi rupanya Allah SWT,belum menunjukkan petunjuknya,lalu apa tang harus saya lakukan sekarang?????????mohon nasehatnya…wassalam

  212. susilo says:

    assalamu’alaikum pk ustad
    sudikah kiranya pk ustad sdkit memberi bimbingan agar bs melapangkan gundah hati sya
    bgni pak ustad, 5bln yg lalu sya menikah dgn perempuan yg bkrja ditaiwan sbg tkw, sya kenal dia lwat media sosial.. selama 2th prkenalan hub kmi baek2 aja dn akhirnya sya ykin melamar ke ortu dia atas permintaan dia wlpun dya msh tgl ditaiwan, tp stlh sya lamar dn hri ksepakatan dya pulang untk menikah ada perubahan sikap pd dri nya yg acuh kpd sya, akhir nya sya melakukan sholat tahajud dn istikaroh memohon petunjukNya, dn stlh itu diluar dugaan sya tnpa dya sadari akhirnya dya keceplosan ngomong ditaiwan dya pny pacar dn smp melakukan perzinaan.. krna takut mengecewakan ortu yg dh trlnjur blg2 ttga akhirnya sya nikahi dya tnpa blg kejadian yg sbnrnya pda keluarga sya.. yg sya tnyakan apakah smua ke tdk sengajaan dya mengaku pnya pacar dn brzina itu jwban dr sholat tahajud dn istikaroh sya pak, krn jujur skrg ini sya mrasakan tdk bahagia hdup brsanding dgn nya, apalgi kalo tringat perbuatan dya yg seolah olah sudah mempermainkan hdup sya krna sya sudah lamar dya tp knyataannya di bohongi sya, mohon pencerahannya pak ustad biar bs membuat lega hati dn pikiran sya..
    trma ksh sblumnya pak..
    wassalamua’alaikum wr wb..

  213. ahmad says:

    Ya Ustadz, alhamdullilah saya dapat menemukan website fadhilza ini. Saya ingin berkonsultasi pada ustadz, saya adalah seorang PNS biasa dan selama ini kehidupan secara ekonomi alhamdullillah diberi kecukupan. Namun seiring dengan jalannya waktu dan mendapatkan amanah jabatan yang lebih meningkat, saya merasa lebih takut dan sangat takut saat ini dengan pengahasilan serta kinerja yang saya hasilkan, sehingga terdapat kegelisahan dari diri saya hingga saat ini. Saya senantiasa menjauhi dari praktik-praktik yang nyata-nyata bersifat korupsi dan maksiat sejak awal masuk kerja hingga kini, dan alhamdullilah karena dari insentif yang disahkan oleh negara saja, Insya Allah hingga saat ini saya ushakan masih dapat mencukupi kebutuhan keluarga secara sederhana. Yang menjadi kegelisahan adalah saya merasa bahwa kinerja saya masih belum sesuai dalam melayani masyarakat, sehingga saya merasa bahwa anggaran tersebut hanya habis untuk sesuatu yang bersifat rutinitas administratif semata, sementara untuk hal yang membangun kemaslahatan, saya merasa masih sangat jauh.

    Saya tidak pernah menilai bagaimana kinerja rekan-rekan lain, namun saya sendiri sudah berusaha untuk mengembangkan sistem kerja yang insya allah dapat membuat maslahat bagi masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung. Namun saya juga terbatas dengan kewenangan yang diberikan, karena saya sendiri masih berada dalam sistem yang lebih besar. Dan ketika kita mencoba untuk mengajukan beberapa perbaikan, ternyata saya tidak dapat melawan sistem yang ada. TERUS TERANG PAK USTADZ, saya SANGAT TAKUT bahwa sebagian dari pendapatan yang saya dapatkan tanpa kita sadari atau saat kita lalai, telah tercampur antara yang halal dan haram atau dari kinerja kita yang sebenarnya kurang optimal di mata ALLAH SWT, hal tersebut akan dipertanggung jawabkan pada hari akhir nanti, serta akan menjadi halangan bagi dikabulkannya permohonan doa dan tubat Saya.

    Hingga beberapa saat yang lalu ketika bulan Ramadhan saya jadi terpikir untuk Hijrah sementara untuk bekerja pada institusi lain di luar negeri sambil mengambil studi lanjutan, dengan harapan ketika telah beres mengambil studi tersebut, maka Isya Allah kondisi di dalam negeri akan lebih baik lagi denga komunitas yang lebih amanah. Pada kesempatan ini saya mohon pencerahan dari pak Ustadz, selain shalat malam apa saja yang ibadah lainnya yang perlu dilakukan? sehingga; pertama, diberikan petnjuk oleh ALLAH SWT bahwa pilihan saya ini adalah yang terbaik, dan kedua agar dapat dikabulkan dan dilancarkan, serta diberi petunjuk oleh Allah SWT. Satu hal lagi Pak Ustadz, bagaimana doa untuk dimudahkan dalam mencari ilmu dan dimudahkan dalam memahami akan sesuatu hal sehingga dapat maslahat bagi di Dunia dan di Akhirat.
    Terima kasih Sebelumnya Pak Ustadz,
    Wasslamualaikum wr. wb

    PS: Apabila tidak keberatan dan tidak akan mengganggu, mohon lewat email saja Pak Ustadz jawabannya.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Dalam Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 286 Allah telah mengingatkan bahwa Allah tidak membebani seseorang melainkan sekedar kesanggupannya. Bekerjalah sesuai kemampuan kamu , hal yang diluar kemampuan dan kewenangan kamu serahkan pada Allah. Kamu tidak akan dituntut pertanggungan jawab untuk hal yang diluar batas kemampauan kamu. Kalau bisa kamu hafalkan surat albaqarah 286 tersebut dan kamu baca dalam setiap shalat sebagai nasihat bagi kamu.

      Kerjakanlah shalatmalam secara rutin setiap hari, Allah menjajikan orang yang mengerjakan shalat malam akan ditempatkan pada tempat yang terhormat (al israak 79). Bagaimana caranya itu adalah urusan Allah, yang penting kerjakan secara rutin , nanti kamu akan mendapatkan hasil yang menakjubkan.

      Selesai shalat malam coba kamu selingi dengan membaca tadabbur surat al fath sepertri yang saya sampaikan pada artikel “Khasiat surat al fath 1-4” di blog fadhilza.com. Mudah mudahan Allah menunjuki kamu jalan menuju sukses dan kemenangan.

  214. novi says:

    assalamualaikum pak ustad,

    saat ini ibunda saya sedang sakit, menurut ilmu kedokteran beliau mengalami sakit pembengkakan jantung.
    selain kedokter saya mencoba ke beberapa ustad, menurut beliau2 ibunda saya juga terkena guna2.
    sungguh sangat miris dan memelas hati saya pak ustad melihat ibunda yang merintih sakit tapi saya kurang bisa bebuat banyak, karna pendapatan saya juga yang terbatas.
    disisi lain saya mengalami kegagalan dalam menjalin hubungan dengan seorang laki2, yang meninggalkan saya, karna tidak dapat restu dari ayahandanya, dan sekarang iya sudah punya wanita lain yang disetujui oleh orang tuanya.
    pak ustad, mohon saya dibimbing untuk solat dan doa guna kesembuhan ibunda, kelapangan rizki, dan kemudahan jodoh saya.

    Terimakasih sebelumnya pak ustad.

    Wasallamualikum,,

  215. novi says:

    assalamualaikum pak ustad,
    saat ini ibunda saya sedang sakit, menurut ilmu kedokteran beliau mengalami sakit pembengkakan jantung. selain kedokter saya mencoba ke beberapa ustad, menurut beliau2 ibunda saya juga terkena guna2. sungguh sangat miris dan memelas hati saya pak ustad melihat ibunda yang merintih sakit tapi saya kurang bisa bebuat banyak, karna pendapatan saya juga yang terbatas. disisi lain saya mengalami kegagalan dalam menjalin hubungan dengan seorang laki2, yang meninggalkan saya, karna tidak dapat restu dari ayahandanya. pak ustad, mohon saya dibimbing untuk solat dan doa guna kesembuhan ibunda, kelapangan rizki, dan kemudahan jodoh saya.Terimakasih sebelumnya pak ustad.
    Wasallamualikum,,

  216. dean says:

    assalamualaikum
    ustad,saya perempuan sudah lulus kuliah n masih cai kerja,alhamdulillah saya sudah kerja meskipun d perusahaan rumahan n bukan bank atau perush yg sesuai dgn jurusan saya,,gmn caranya supaya doa saya d jabah,apa sholat malam n sedekah sudah cukup?saya juga punya masalah,banyak orang yg suka ikut campur dalam diri saya,padahal saya sudah dewasa,umur sya hampir 23tahun,tentu semua yg saya lakukan insya allah saya pertanggung jawabkan,tapi knapa saya d perlakukan seperti anak kecil,keluar rumahpun jg sulit,,
    bagaimana caranya biar orang g bisa baca pikiran saya,karena mereka sok bisa baca n liat aktivitas saya dari jauh,,bukanx saya g mau d nasehati,tetapi saya g suka orang ikut campur n nasehati lewat keluarga saya,

  217. r.e pratiwi says:

    Assalammualaikum pa ustad,,,suami saya insya اَللَّهُ akan menunaikan ibadah haji th ini tepatnya di bul okteber.tp kepergian beliau dg saya(istri) pertanyaan saya,menjelang keberangkatan yg sdh di pelupuk mata,hati saya cemas,gelisah & takut.maklum saja saya dan suami slama hampir 3th terakhir saya tdk pernah di tinggal sedetik & sedikit pun dari beliau. Karna kami memiliki usaha yang kami jalani berdua.saya & suami memiliki usaha kantin di sekolah. Saya & suami tdk memiliki karyawan hanya kami berdua yg berada di kantin.saya yg memasak suami yg belanja,& kami melayani anak” sekolah.pertanyaan nya bagaimana dg menghilangkan rasa cemas, gelisah & takut akan di tggl suami ke tanah suci dlm waktu yg cukup lama pa.. الْحَمْدُ لِلَّهِ smpi saat ini saya tdk meninggalkan tahajud yg sdh menjd kewajiban saya dlm beribadah. Mohon pencerahannya pa.waasalam

  218. novi says:

    assalamuaikum,

    pak ustad mohon pencerahannya lagi,
    bagaimana dengan jiarah ke makam kyai atau ke para sunan, bagaimana hukumnya ?
    diperbolehkan kah kita berdoa memohon hajat qta ditempat tersebut (tentu saja memohon pada Allah swt)

    Terimakasih pak,,,

  219. geugeut says:

    Assalamualaikum pak ustad,

    mohon pencerahan mengenai puasa sunah yang paling disukai Allah

    saya pernah baca artiket seperti ini pak (saya copy paste), sbb:
    Dari Abdullah bin Amru bin Al Ash radhiyallahu ‘anhuma berkata : Rasulullah shallallahu ‘laihi wa sallam bersabda :” Sesungguhnya puasa yang paling dicintai oleh Allah adalah puasa Dawud. Dan shalat yang paling disukai Allah adalah shalatnya Dawud, dia tidur disetengah malam lalu bangun disepertiga malam dan tidur lagi di seperenam malam. Dia berpuasa pada satu hari dan berbuka pada hari berikutnya.” [HR. Bukhari dan Muslim].

    1.mohon penjelasannya mengenai puasa dawud secara hbahasa sehari2 ?
    (puasa dari subuh sampai magrib kah yang dimaksudkan)

    2.sholat yang dimaksudkan samakah dengan sholat tahajut ?

    ditunggu pencerahnnya untuk saya yang awam ini pak ustad,

    terimakasih, wassalamualikum…

  220. atika says:

    assalamualaikum ustad, saya sedang mengalami masalah yg rumit ust. saya sudah memutuskan hubungan dengan pacar saya sejak setahun lalu, karena saya menganggap semua lebih banyak mudoratnya, tapi sampai hari ini saya dan keluarga masih terus di teror karena mantan pacar saya tidak menerima keputusan saya,saya selalu berdoa pada allah agar diberi jalan terbaik, agar dia dapat menerima dengan ikhlas, saya sudah tidak sanggup ust. di fitnah, dicaci maki, keluarga saya di teror. saya mungkin hanya manusia biasa yg pernah berputus asa terhadap allah, apa lagi yg harus saya perbuat ust. mohon bantuannya.

  221. bella says:

    Assalamualaikum pak ustadz. Saya sedang memiliki masalah dgn pcr saya. Kami pernah berkomitmen untuk menikah dan dia akan berpindah ke agama islam, namun dikarenakn sbuah mslh besar ia memutuskn untk tidak jdi pindah dan brkata bhw slama ini hnya ia hny mmberikn janji palsu. Namun kami tetap bersama hingga skrg. Saya tetap berdoa kpd Allah swt smoga kelak Ia membukakan pintu hidayah nya untk pcr saya. Apa saya boleh berkeyakinan suatu saat nnti hati pcr saya terbuka dan memeluk islam dgn keyakinannya sndri tnp paksaan siapapun? Dan amalan apa yg hrus saya lakukan? Terimakasih sebelumnya dan mhon bantuannya.

  222. rossa says:

    Aalamualaikum pak uztad… nama saya rossa…
    Saya sudah pcaran dngan pcar saya hampir 4thn .keluarga sudah saling kenal.. dan kami akan menikah. tp dy selingkuh sdah hmpir 3 blan ini…. kemudian saya masih bisa memaafkannya… tp pcar saya malah memutuskan hub. Dngan saya dan memilih kepada selingkuhan.nya yg 3 blan itu pak…
    Saya masih sangat mencintainya pak ustadz… saya masih bisa menerimanya walaupun dia sudah sangat menyakiti saya, tp pcar saya tdak mau kembali
    pada saya pak…
    Bagaimana cara menyadarkan pacar saya pak, dan kembali kepada saya pak ustadz…. ?Mohon bantuan.nya pak… saya jga sudah sholat malam… tp pcar saya malah mengumbar kemesraan dngan pcar bru.nya…..
    Terima kasih sebelumnya pak ustadz…..

  223. sari says:

    assalamualaikum wr.wb.
    pak ustad saya mw tanya,,saya sudah banyak melakukan dosa kepada allah, sekarang saya mulai sadar akan dosa2 saya, saya perlahan mulai kembali menuju jalnnya, setiap mlam saya terbangun dan melakukan sholat tahajud, adapun doa saya adalah saya ingin mantan pacar saya kembali menyayangi saya seperti dlu lgi, dia kembali mencintai saya seperti dlu lgi, dan saya ingin dia mempertanggung jwabkan perbuatannya terhadap saya dan keluarga saya,tpi sya bingung kenapa doa saya tidak dikabulakan allah, apakah cra saya berdoa salah, ataw allah tidak mw mengampuni dosa saya pak ustad? saya ingin mantan pacar saya tersebut kembali sutuhynya kepada saya pak ustad,dan mempertanggunjawabkan perbuatannya dengan menikahi saya pak ustad saya malu apabila berkenalan dengan laki-laki lain, krna saya sudah hina,, maaf sebelumnya ya pak ustad sya memang bukan wanita sempurna, tp saya ingin menjdi wanita sempurna…mohon berikan saya solusi untuk berdo’a pak ustad, saya hampir putus asa pak ustad, dengan apa yg saya hadapi sekarang pak ustad,,tolong di bntu saya pak ustad,,kirim ke email saya ya pak ustad,, terimaksih banyak pak ustad..

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam
      Jika kamu sudah menyadari dosa kamu dan mohon ampun pada Allah dengan sungguh sungguh niscarya allah mengampuninya. Untuk masalah jodoh sebaiknya kamu jangan terpaku pada mantan pacar kamu, mintalah jodoh yang serasi dan membawa kebahagiaan bagi kamu didunia dan akhirat. Apa yang kamu anggap baik belum tentu baik menurut Allah demikian pula sebaliknya apa yang kamu anggap buruk belum tentu buruk menurut Allah.

      Hidup didunia penuh tipuan kita sering salah dengar, salah lihat, salah mengambil keputusan, namun Allah tidak pernah salah dalam meliohat, mendengar dan mengambil keputusan. Kerjakanlah shalat malam atau tahajud secara rutin dan istiqomah, baca tadabbur alfatihah untuk mendapatkan jodoh seperti yang saya sa,paikan pada lampiran email kamu.

      Sampai sekarang keinginan kamu untuk berhubungan kembali dengan mantan pacar kamu tidak kunjung tercapai bisa saja menurut Alah dia itu tidak baik bagi kamu , karena itu serahkanlah masalah jodoh kamu pada Allah. Minta agar Dia memilihkan jodoh yang serasi buat kamu.

  224. herlina says:

    Assslkum wr wb pak ustdz…
    Sy seorang istri yg d tinggal suami sy kerja di jepang…hati sy sllu gelisah dan sll kwatir kpd suami sy…sy kwatir suami sy slingkuh..tkt suami sy terbawa pergaulan jlek..doa dan amaln apa yg hrus sy lkukan…mohon blsan ny…terimksh pak ustdz. Wassslmmm

  225. asari says:

    assaqlamualaikum…ustad

    saya mau bertanya ustad, saya sudah sholat bahkan 2 tahun nan ini berusaha menjaga sholat jamaah slalu di masjid, juga rutin tahajud dan nduha serta mentadabburi al Quran tapi hati saya masih gelisah..sholat saya juga sering tidak bisa khusuk.

    pertama tolong kasih nasehatnya…sehubunggan dg gelisah saya

    ke dua bagai mana saya bisa khusuk dlm sholat.

    trimakasih wassalamualaikum…

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Orang yang mengerjakan shalat dengan benar dan khusuk dijamin Allah tidak pernah gelisah dan cemas, sebagaimana disebutkan Allah dalam surat ar Ra’d ayat 28. jika ananda masih merasa gelisah dan cemas berarti shalat ananda belum dilakukan dengan benar dan khusuk.

      Perbnaiki mutu shalat kamu dengan berusaha untuk mengerti dan paham setiap ayat dan kalmimat yang kamu ucapkan dalam shalat. Pelajari tatacara shalat khusuk pada artikel “Panduan shalat khusuk” di blog ini .

  226. Fiani says:

    Assalamualaikum pak ustadz,saya mau minta bimbingannya
    saya sekarang sedang menyelesaikan skipsi bapak,setiap kali saya berusaha untuk mengetik selalu tidak bisa berkonsentrasi, kesulitan mendapatkan ide.
    saya selalu berdzikir setiap kali selesai sholat fardhu,,berharap semoga Allah memberikan hidayah.ada seorang guru saya mengatakan agar membaca surat Al insyirah sebanyak 12x setelah sholat fardhu ataupun sholat dhuha supaya diberi kelancaran dan kemudahan dalam melakukan bimbingan dengan dosen, itu juga sudah saya lakukan,tapi saya masih merasa saya belum bisa fokus dengan skripsi saya.
    terimakasih sebelumnya pak jika bapak berkenan membalas…
    wassalamualaikum.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Agar kamu bisa lebih tenang dan fokus menyelesaikan tugas kamu, perbanyaklah dzikir mengingat Allah didalam hati. Biarkan fikiran bekerja menyelesaiakn masalah kamu, namun hati kamu harus berdzikir memuji Allah setiap saat dimabnapun kamu berada. Insya Allah hati kamu jadi tenang dan Allah akan membimbing kamu menyelesaiakn semua pekerjaan kamu. Pelajari tatacara berdzikir didalam hati pada artikel ” Aktivitas dzikir didalam hati” di blog ini

  227. khamid says:

    assalamu’alaikum,,
    ,ustadz sya mau tanya stelah sholat tahajut hati sya tenang..tp di siang hari hati saya gundah??knpa y??
    Syukron

  228. fit says:

    Assalamualaikum ustad..
    senang sekali saya menemukan blog ini..

    ustad, saya sedang mengalami kegundahan hati sejak setahun yg lalu ketika orang tua dari pria yg saya sayangi menyuruh kami untuk mengakhiri hubungan kami karena alasan yg tidak masuk akal, kami memang sangat berbeda dari segi status sosial, dia merupakan anak seorang pejabat yg sekarang sudah pensiun, dan saya hanya anak dari ayah dan ibu pns, kami sudah berpacaran lebih dari 5 tahun, dia pun sampai sekarang masih menghubingi saya dan menyayangi saya…
    saya mengatakan memang kamu harus lebih memilih ibumu..karena bagaimanapun ibumu yg berhak atasmu…

    kemudian saya mencoba dekat dengan laki-laki lain yang menyatakan ingin lebih mengenal saya…ternyata hati tidak pernah bohong saya tidak bisa menerima lelaki lain itu karena tidak ada rasa nyaman dan orang tua saya tidak sreg dengannya…saya selalu meminta maaf kepada laki-laki yg mendekati saya itu agar tidak mendoakan jelek-jelek kepada saya karena saya menolak mereka

    sekarang usia saya menjelang usia siap menikah 24 tahun, saya ingin sekali mendapatkan jodoh yang “sreg” dihati saya dan tentunya kedua orang tua saya…
    Akhir-akhir ini saya sudah fokus berdoa untuk urusan jodoh dan rejeki saya karena kebetulan saya baru saja menyelesaikan studi saya…diantaranya saya melakukan sholat tahajud meskipun jam stgh 4 pagi, kemudian solat rawatib, duha, dan puasa senin kamis…

    Adakah amalan-amalan dan doa yg harus saya amalkan ustad untuk mendapatkan jodoh yg sesuai dengan keinginan saya dan orang tua saya…dan jika pria yg saya sayangi jodoh saya, saya ingin sekali kedua orang tuanya terutama ibunya menyayangi saya sepenuh hati, bukan menyakiti saya lagi spti dulu…saya juga tau kalau segala sesuatu yg terjadi pada diri saya ini terjadi atas kehendak Allah pasti ada hikmah dibalik semua kejadian ini…saya tahu bahwa baik menurut Allah pasti baik pula untuk saya…

    dan juga adakah tadabbur yg hrs saya lakukan agar dibukakan pintu rezeki saya agar saya segera mendapatkan kerja dan segera bisa menyenangkan kedua orang tua saya….

    trimakasih banyak ustad sebelumnya

    Barakallahu fik :)

  229. erfan says:

    Asslmualaikum pakustad saya merasa hidup in hampa saya tidak bisa merasakan apapun sedih senang marah takut,saya suka merasa bingung dikvepala seperti ada yang ditekan hati tak merasakan apapun ketika mendengar nasihat hati tak bergetar sedikit pun maaf saya hidup tapi merasa tidak hidup saya sudah berikhtiar kedokter hasilnya nihil tidak di temukan apapun penyebab masalahnya bahkan saya sudah kepsikater katanya baik baik saja…..apakah Allah sedang menguji saya atau ini adalh kesalahan saya dimasa lalu hingga Allah mengunci mati hti saya mohon petunjuknya pak ustad saya sudah merasa putus asa hari hri saya terasa monoton bahkan hidup saya terasa sangat sempit

  230. Peri Kenandi says:

    assalammualaikum.. wr.wb. bapak Ustadz Semoga bapak selalu di Rahmati oleh Allah S.W.T saya sangat terima kasih karena bapak sudah mau meluangkan waktu untuk memberi pengarahan dan pencerahan tentang arah masa depan kehidupan saya, terima kasih banyak ya bapak. saya boleh mtk dikirim tentang bagaimana Rukya mandiri, e-book sholat khusuk, cara sholat tahajut yang benar dan tuntunan yang lainnya.

  231. Siti Aisha says:

    Assalammualikum Pak. Ustad, ini pertama kali nya buat saya untuk menulis dan menanyakan kehidupan melalui media internet. Saya sedang dilanda banyak masalah Pak. Ustad, alhamdulillah saya setelah pulang umroh januari 2014 ini saya lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Pak. Ustad saya sudah menjalankan hubungan ( pacaran) dengan non muslim selama 4 tahun Pak. Ustad, alhamdulillah 2 belah pihak keluarga kami menerima kami. Namun mama saya bilang ke saya ” mama akan lebih ridho lagi kalau dia masuk muslim “, entah ini jawaban dari doa2 yang saya panjatkan Pak. Ustad, saya meyakini bahwa calon saya ini inshaallah akan mualaf, saya yakin Pak. Ustad, saya pun sudah melakukan hajat, tahajud bahkan istikoroh Pak. Ustad, tapi hati dan bathin saya seperti harus sabar saja Pak. Ustad. Walaupun saya sekarang benar benar sedang di uji Pak. Ustad. Ujian datang dari mana saja Pak. Ustad. Tapi ada kebingungan disini Pak. Ustad. Pada saat saya hendak kembali ke tanah air, di pesawat saya antara tertidur dan kebangun, saya diperlihatkan Pak. Ustad, muka dia dan dia pun bilang ” saya akan nikahin kamu secara muslim “. Jujur saya bingung, takut dan senang Pak. Ustad, saya hanya bisa menangis mengucap allahuakbar dan alhamdulillah Pak. Ustad. Tapi setibanya saya di jakarta hingga hari ini pun, saya justru mendapatkan ujian yg luar biasa Pak. Ustad. Semakin saya mendekatkan diri kepada Allah SWT semakin ujian datang Pak. Ustad.dan iya Pak. Ustad, dia pun sekarang mulai kembali ke gereja, namun saya yakin Pak. Ustad, ini ujian buat saya Pak. Terima kasih banyak Pak. Ustad sebelumnya. Waalikumsalam

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Tetaplah kamu istiqomah berdoa pada Allah. Setiap orang yang mencoba mendekatkan diri padaNya akan diuji kesungguhannya apakah ia sungguh sungguh atau tidak. Allah telah mengingatkan hal ini ndidala surat albaqarah ayat 124

      Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk syurga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: “Bilakah datangnya pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat. (Al Baqarah 214).

  232. ida says:

    Assalammualikum Pak Ustad,
    gimana ya biar lekas dapat jodoh, saya sudah berusaha tuk selalu menjalankan sholat sunah tahajud dan dhuha, koq belum di pertemukan dengan jodoh saya yang mau menikahi saya,sudah beberapa kali coba menjalani hubungan dengan seorang pria, tapi selalu ada halangannya tuk mencapai ke jenjang pelaminan,selalu aja pria tersebut dapat godaan dari cewek lain, mohn solusinya
    terima kasih

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Mintalah pertolongan pada allah dengan sabar dan tetap istiqomah, terus berdoa dan mengerjakan shalat malam, jangan putus asa. Dulu ketika remaja untuk mendapatkan istri saya shalat malam setiap hari selam dua tahun. Kamu nbisa ikuti kisahnya pada artikel ” KIAT MENDAPATKAN JODOH YANG SERASI” diblog ini. Kamu juga bisa praktekan tadabbur alfatihah untuki mendapatkan jodoh seperti pada artikel itu.

  233. Oktavia says:

    Assalamuallaikum,

    Pak ustad sya ingin menanyakan perihal waktu untuk melaksanakan shalat istikharah baiknya pada pukul berapa ya?? dan apakah boleh bangun untuk shalat istikharah menggunakan jam alarm??.

    Terima Kasih

  234. Maya says:

    Saya seorang istri sudah menjalin rumah tangga selama 15 tahun, tapi sebenarnya saya masih mendambakan orang yang benar-benar saya cintai untuk menjadi pendampingku. Jujur saya menikah dengan suamiku ini tidak mencintai, karena orang yang saya cintai telah menikah meninggalkan saya. Bolehkah saya berdo’a di solat malamku semoga saya bisa diberi jodoh dengan orang yang dicintai tersebut, itu sudah kulakukan bertahun-tahun.

  235. Khairati zaini says:

    Ass, pak ustadz…..
    Pada bln 11 tahun 2011 kemaren saya menikah dengan suami. Dengan proses taaruf selama 3 bln. Namun sejak menikah banyak goncangan yang terjadi, kami sering bertengkar dan kadang pisah. Namun keluarga selalu berusaha mendamaikan. Saya seorang pns. Dan suami tidak bekerja. Agar suami memiliki pekerjaan saya berinisiatif meminjam uang ke bank. Namun saya berbohong pada suami mengenai jumlah pinjaman. Selama 1,5 tahun meski terjadi banyak masalah tapi kami masih tetap hidup bersama. Tapi pada tahun 2013 kemaren saya punya masalah hutang terhadap teman saya. Teman saya menagih ke suami karna saya gak sanggup membayar. Dan di sinilah awal perceraian saya. Otomatis suami kaget karna dia gak tau masalah hutang saya dan dia juga gak punya uang untuk membayar utang tersebut. Dia bicarakan masalah tersebut kepada ibu saya karna ayah saya sedang di luar negri. Ibu saya gak mau membantu. Akhirnya suami menjual barang warnet usahanya yang dibangun dari uang pinjaman saya ke bank untuk melunasi hutang tersebut. Kemudian suami pamit untuk mencari pekerjaan di kota lain. Setelah kepergiaannya saya masuk rumah sakit. Kami menghubunginya dan keluarganya tapi tidak ada respon sama sekali. Akhirnya setelah pulang dari rumah sakit saya mencoba menghubunginya dan berhasil tapi saat itu saya sudah sangat emosi dan meminta diceraikan. Akhirnya suami mengajukan permohonan cerainya setelah sebulan meninggalkan saya. Dengan alasan tidak pernah melakukan hubungan suami istri, sering bertengkar dan saya memiliki banyak hutang. Dua minggu Sebelum surat panggilan itu datang saya di rukyah oleh seorang ustadz yang kebetulan datang ke rumah. Dia melihat foto keluarga di dinding rumah dan mengatakan kalo saya kurang sehat. Dengan sarannya akhirnya saya di rukyah. Dan memang saya terkena gangguan jin yang sudah berlangsung lama. Selama itu juga saya sering bermasalah dengan hutang. Setelah rukyah alhamdulillah saya sudah merasa sehat. Melihat panggilan dari pengadilan agama saya merasa kalo saya harus mengikhlaskan bercerai dengan susmi. Gak sampai 1 bulan sidang perceraian saya selesai tanpa pernah saya hadiri. Sekarang sudah hampir 2 tahun saya dan suami bercerai dan putus hubungan silaturrahmi. Saya mencoba menjalin hubungan dengan orang lain dan suami juga. Beberapa hari belakangan saya sadar sudah sangat banyak dosa yang saya perbuat. Akhirnya saya memutuskan untuk lebih dekat dengan allah. Saya mulai dengan sholat taubat dan mencoba menjalin silaturrahmi kembali dengan cara meminta maaf kepada mantan suami dan keluarganya melalui surat. Semula mantan suami memaafkan saya, akan tetapi setelah mantan suami tahu saya mengirimi ibunya permintaan maaf dia marah ke saya. Katanya, jangan ganggu keluargaku, cukup kamu meminta maaf denganku jangan sampai mengirimi surat pada ibuku. Memaafkan kesalahanmu sudah kulakukan, tetapi tidak akan pernah ku maafkan banyaknya biaya yang dikeluarkan keluargaku untuk meminangmu. Selama ini aku merasa ibarat membeli kucing dalam karung’. Hatiku sakit banget saat membaca smsnya. Dan mencoba menjelaskan niat baikku meminta maaf. Tp mantan suami acuh dan melarangku menghubunginya lagi. Aq dengar dia akan menikah dan hatiku bertambah sakit. Sekarang aku baru sadar kalo aku sangat mencintainya.
    Pak ustadz…. masih mungkinkah aku berjodoh kembali dengan mantan suami? Aku ingin menebus semua kesalahanku padanya. Bolehkah aku merayu allah agar menjodohkan kami kembali? Aoa yang harus kulakukan ustadz? Sudah sangat banyak dosa yang sudah kulakukan
    Mohon bantuannya ta pak….
    Wassalamu ‘alaikum w.w

  236. moch says:

    Sungguh begitu banyak makna dalam AI Qur’an

  237. sarah says:

    Asslmkum pak ustad fadhil.
    Saya mau bertanya perihal mimpi. Saya tadi malam bangung kemudian shalat hajat 2 rakat dan shalat tahajud 2 rakaat kemudian dilanjutkan dengan shalat witir 3rakaat, apakah diperbolehkan? . Adapun maksud saya shalat hajat saya mempunyai meminta kepada alloh swt agar saya dapat lulus ujian masuk universitas negeri. Kemudian setelah shalat witir saya menyisipkan doa agar keluarga saya diberikan kesehatan, kebahagiaan, ketentraman, serta terhindar dari fitnah dunia dan juga menyipkan doa perihal jodoh. Setelah melaksanakan shalat saya kemudian tidur, saat tidur saya bermimpi kehilangan barang, kemudian bertemu dengan guru saya saat smp dan bertemu berbincang-bincang dalam jarak yang begitu dekat dengan pria yang saya sukai. Padahal saya mengenal pria tersebut beberapa tahun lalu dan jarang sekali bertemu ataupun bertegur sapa dengan pria tersebut, selain itu saat ini sebenarnya yang lebih banyak saya pikirkan bukan pria tersebut tapi pria lain yang menjadi mantan pacar saya, yang tiba-tiba menghubungi saya kembali. Yang saya tanyakan apakah mimpi saya itu, berhubungan dengan doa dan sholat yang saya lakukan ? Apakah ini petunjuk dari Alloh swt atau hanya mimpi biasa ?
    Sebelumnya terimakasih pak ustad, mohon bantuannya.

  238. noname says:

    pak ustad saya ingin bertanya bagaimana caranya meminta maaf pada teman sebangku yg sedang merajuk pada saya, saya bingung pak dikelas seakan-akan saya tidak punya teman lagi.

  239. edo says:

    pak ustad, saya mau tanya ???
    berapakah rakaatkah baiknya tahajud menurut ajaran rasul,,,
    bolehkah bila 3 rakaat

  240. ega says:

    assalamu’alaikum pak.. saya juga pernah melaksanakan sholat tahajjud dan di lanjut ayat kursi setelah sholat (saya ingin tidur kembali).. karena ketika itu saya sedang risau.. apakah naik kelas atau tidak.. hingga ketika saya tertidur setelah selesai tahajjud dan baca ayat kursi saya bermimpi di datangi kakek2 dengan pakaian serba putih.. mengatakan bahwa saya jangan risau.. krn nilai saya bagus.. dan kakek itu memberikan saya buku yang besar dan tebal.. apakah itu golongan mimpi yang baik pak ?

  241. Afsheen myeshani says:

    assalamualaikum ustad… saya baru saja menikah dan sekarang lagi hamil tapi saya berantem sama suami karna suami menuduh saya berzina tp saya tidak pernah melakukan maksit , akhirnya saya bicara kasar sama suami dan dia pergi tanpa kabar sampai sekarang… yg jd pertanyaan apa yang saya lakukan semoga suami saya pulang krn dia tidak pernah memberi nafkah untuk saya…

  242. Lepidoptera Atins says:

    Assalamuálaikum…
    pak ustadz izin bertanya.. bagaimana caranya agar kita bisa bangun disepertiga malam? saya hidup diasrama dan tidak diperbolehkan membawa alarm. saya ingin bangun sendiri pak ustadz…
    terimakasih pak ustadz..
    jazakallah khairan katsiran
    wassalamuálaikum..

  243. anonim says:

    ustadz, bisa online? saya ingin konsultasi secara langsung.

  244. Thanks for a marvelous posting! I quite enjoyed reading it,
    you happen to be a great author.I will be sure to bookmark your blog and will often come back in the foreseeable future.
    I want to encourage yourself to continue your great job, have a nice holiday weekend!

  245. samratul says:

    assalamualaikum ustadz..
    saya ingin shering …
    saya mempunyai masalah yg sangat berat. saya bertunangan dengan pasangan saya sdh cukup lama yaitu 6 th dr mulai awal saya tunangan alhamdulillah tunangan saya dan keluarganya sangat baik kpd saya namun disaat ada satu masalah itu mertua saya menginginkan saya dan tinangan saya untu memustuskan hubungan kami namun setelah saya berpisah hmpir 5bulan kami menjalain lagi dengan restu mertua saya setelah terjadi masalah lagi saya dipisain lg hingga detik ini..
    saya mau bertanya ustad saya alhamdulillah setiap hari tidak pernah meninggalkan sholat tahajud saya yakin akan kuasa allah pertanyaan saya apakah taqdir jodoh iti bisa dirubah dengan doa saya setiap sholat tahajud?
    terimakasih ustad..
    wassalamualaikum wr wb

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Masa tunangan selama 6 tahun itu sudah terlalu lama bagi kamu, kalau memang serius seharusnya segera kamu lanjutkan ke pernikahan. Hubungan yang baik dan diridhoi Allah tunangan hanya dalam hitungan bulan, dan perkawinan awet sampai akhir hayat.

      Banyak orang yang bertunangan sampai beberapa tahun ketika nikah hanya berumur beberapa bulan atau tahun saja.

      Sebaiknya masalah jodoh kamu serahkan sepenuhnya pada Allah, apakah betul dia itu jodoh kamu atau bukan serahkan pada putusan Allah. Sebaiknya jika ada kesempatan segeralah nikah jangan tunggu sampai muncul masalah lagi. Mintalah pertolongan pada Allah dengan mengerjakan shalat tahajud setiap hari, bacalah doa tadabbur alfatihah untuk memelihara dan mendapatkan jodoh yang serasi seperti yang dicontohkan pada artikel KIAT MENCARI JODOH YANG SERASI diblog ini.

      jika dia memang jodoh kamu tentu semuanya akan berjalan dengan lancar dan mudah, namun jika dia bukan jodoh kamu maka dia akan menjauh dari kamu, dan insya Allah akan diganti oleh Allah dengan yang lebih baik lagi.

  246. febry fernando says:

    assalam ustd..saya kena tipu jual beli online. barang sudah saya kirim tapi orang itu gak mau bayar..adakah amalan untuk menagih hak saya itu….blas emai saya febryfernando60@yahoo.com

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Dalam jual beli online yang umum uang diterima dulu , baru barang dikirim. Kalau barang dikirim dulu resiko seperti yang kamu alami sangat besar kemungkinannya unutk terjadi.

  247. Angela says:

    Assalamualiaikum Wr Wb

    Bapak Ustadz saat ini saya menderita salah satu penyakit Autoimun yaitu Myasthenia Gravis , Penyakit kronis yang langka , saat badan saya lelah maka otot syaraf saya menjadi lemah , penglihatan ganda, kelopak mata saya turun dan lidah menjadi kaku sehingaa bicara saya menjadi cadel , padahal saya bekerja sebagai Marketing yang mengharuskan saya bicara banyak dan bekerja di depan computer membuat mata cepat lelah, saya sudah menjalani berbagai pengobatan dan obat yg saat ini saya minum setiap hari dari Dokter adalah obat untuk memperlancar kerja otot syaraf saya dan bukan untuk menyembuhkan , di saat Dokter mengatakan bahwa penyakit saya belum di temukan obatnya saya percaya obatnya hanya pada Allah swt, Apa saja yang harus saya lakukan pak ustadz ??

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Mintalah pertolongan pada Allah dengan mengerjakan shalat tahajud atau dhuha setiap hari secara rutin. Kalau bisa dalam shalat baca ayat ayat penyembuhan yang tertera pada artikel AYAT PENYEMBUH BERBAGAI PENYAKIT DALAM QUR’AN diblog ini. Kalau belum hafal dengarkan ayat ayat itu secara rutin dan hayati maknanya, yakinlah bahwa dengan izin dan kehendak Allah kamu bisa sembuh.

      Penyakit seperti itu bisa saja terjadi oleh hal non medis untuk itu itu coba kamu minum air putih yang sudah dirukyah setiap pagi dan sore hari setiap hari, cara membuat air rukyah bisa kamu ikuti sesuai petunjuk pada artikel AIR PUTIH MEMUSNAHKAN KEKUATAN SIHIR DAN JIN FASIK di blog ini. Lakukan sampai beberapa hari atau minggu , coba amati ada perubahan atau tidak.

  248. mila says:

    pak ustad, saya memiliki seseorang yg spesial dalam hidup saya, dulu kami sempat putus karena beda agama, tapi saya masih mencintainya dan saya selalu berdoa dalam shalat tahajud untuk kembali bersamanya, setelah 7 bulan Allah mengabulkan doa saya, tapi sampai saat ini dia masih belum mau pindah agama, menurut pak ustad saya harus memutuskan hubungan ini atas saya terus mendawamkan shalat tahajud agar dia mau pindah agama? karena jujur saja saya ingin menikah tapi kalau masih berbeda agama tidak bisa pak.. mohon di balas.. terima kasih

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Islam melarang kita nikah dengan orang yang berbeda keyakinan (non muslim). Sebaiknya kamu jangan terlalu memaksakan kehendak kamu pada Allah, apakah kamu yakin lelaki itu akan memberi kebahagiaan pada kamu? Hanya Allah yang bisa menjamin kamu.

      Mintalah pada Allah agar Dia memberi jodoh yang serasi dan membawa rahmat bagi kehidupan kamu didunia dan akhirat. Kamu tidak perlu menetapkan Allah harus menjodohkan kamu dengan seseorang . Serahkan putusannya pada Allah.

      Kerjakan shalat malam atau tahajud setiap hari, kemudian baca tadabbur alfatihah unutk mendapatkan jodoh seperti yang saya contohkan pada artikel KIAT MENCARI JODOH YANG SERASI diblog ini.

  249. aldy says:

    Assalamualaikum,
    Ustadz saya ingin bertanya, keluarga saya terlilit hutang karena di tipu org, sampai2 rmh dan kendaraan kami akan di sita, tetapi pihak bank msh memberi keringanan, 10 tahun yg lalu saya ingin menunaikan ibadah haji tetapi blm tercapai, sejak 5 bln terahir ini saya berdagang, saya dpt mengumpulkan uang saya sendiri krn saya ingin umroh, tetapi uang nya tidak cukup jika pergi dengan suami, apakah boleh saya pergi umroh tanpa suami dan keadaan kami sedang dalam keadaan terlilit hutang dan semua aset akan disita ?
    Mohon bantuan dan solusi nya ustadz

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Sebaiknya kamu tidak memaksakan diri untuk berumrah dalam kondisi seperti itu. Ibadah umrah bukanlah ibadah wajib yang harus dilakukan setiap orang. Melunasi hutang lebih wajib dan utama daripada berumrah itu.

      Mintalah pertolongan pada Allah agar Dia memperbaiki mutu kehidupan kamu dengan mengerjakan shalat tahajud setiap malam. Ikuti bimbingan shalat tahajud pada artikel KHASIAT DAN MANFAAT SHALAT MALAM DAN TAHAJUD diblog ini.

      Perbaiki juga mutu shalat kamu dengan berusaha unutk mengerti dan paham setiap ayat dan kalimat yang kamu baca dalam shalat . Pelajari tatacara shalat khusuk pada artikel PANDUAN SHALAT KHUSUK diblog ini. Orang yang shalat denga n benar dan khusuk tidak akan ditimpa kemiskinan, kemelaratan dan kepayahan hidup

      Untuk membuka rezeki ikuti juga panduan pada artikel MEMBEBASKAN DIRI DARI KESULITAN DAN KESUKARAN HIDUP di blog ini

  250. nuta says:

    Assalamu alaikum Ustadz, sya ingin bercerita sekaligus mohon info solusi apa yng sebaiknya sya ambil. Sya seorang perempuan sdh hampir 4 tahun menjalin hub baik (pacaran) dgn laki2 sholeh dan sdh mapan. Usia sya 26 tahun, dan dia 35 tahun saat ini. Kami berencana menikah di tahun 2013, kemudian dia menunda lagi tahun 2014, kemudian ditunda lagi tahun 2014, dan skrng tahun 2015, dia blm dapat memberikan sya dan klrga sya kepastian apakah jdi menikahi sya ataukah tidak. Awalnya dia selalu menunda menikah dikarenakan ibunya yang sakit parah (diabetes). Dan selama bertahun2 itu sejak tahun 2012 hingga saat ini, sya msh bersedia menunggunya. Tahun ini ibunya sdh jauh lebih baik kondisinya (sdh dpt berjalan& beraktifitas). Akan tetapi skrg, yng mjd mslahnya adalah ibunya mengharuskan dia, jika dia menikah hrs tinggal di rumah orangtuanya dia. Smntara dia, takut dan tidak mau jika sya tggal satu rumah dgn ibunya jika nanti kami menikah, dikarenakan ibunya sngat mnyakitkan hati jika berbicara tdk pandang bulu gn siapa berbicara. Tdk ada org yng bsa cocok dgn ibunya (anak dan menantunya tdk ada yng dicocoki).Syapun sdh bersedia utk tggal satu rumah dgn orgtuanya jika kami menikah, walaupun setiap hari sya akan dimarahi terus, sya terima, yng ptg hub kami jelas dan halal. Semua klrganya (kakak2nya dan ayahnya sdh menyetujui hub kami bhkan mereka ingin kami segera menikah). Bagaimana sikap yng harus sya ambil Pak Ustad, dan apa yng harus dia perbuat?Wassalamu alaikum wr wb.terima kasih.

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Dalam menjalani hidup didunia ini pasti akan selalu ada tantangan , halangan dan rintangan , berlindunglah pada Allah dari berbagai efek buruk segala sesuatu yang kita alami. Orang yang yakin pada Allah dan selalu bertawakal padanya , mala Allah akan selalu melindunginya dan memberinya jalan keluar dari berbagai maslah yang dihadapinya sebagaimana firman Allah dalam surat At Thalaq ayat 2-3

      2……… Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. 3. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.

      tinggal serumah dengan ibu mertua kamu merupakan tantangan yang belum tentu seperti yang kamu duga, jalani dan berlindunglah pada Allah. Tingkatkan mutu shalat kamu dengan berusaha unutk mengerti dan paham setiapmayat dan kalimat yang kamu baca dalam shalat. Pelajari tatacara shalat khusuk pada artikel PANDUAN SHALAT KHUSUK diblog ini

      Minta tolonglah pada Allah agar suasana rumah tangga kamu aman nyaman dan tentram dengan melakukan shalat tahajud setiap hari . Doakan ibu mertua kamu itu agar berlaku lembut pada kamu dan hilang semua sifat buruknya dengan membaca doa tadabbur alfatihah seperti yang di contohkan pada artikel TADABBUR ALFATIHAH UNTUK MENGATASI BERBAGAI MASALAH diblog ini.

      lakukan shalat malam atau tahajud sesuai panduan pada artikel KHASIAT DAN MANFAAT SHALAT MALAM DAN TAHAJUD diblog ini

  251. Fatia Adnani says:

    Assalamualaikum ustadz.. Bagaimana caranya agar bisa ringan mengerjakan qiyamul lail. Setiap malam saya sudah niat untuk bangun qiyamul lail. Dan selalu bangun tapi rasanya sangat berat untuk sholat lail. Mohon nasehat nya. Terima kasih

  252. Heniafandi says:

    Ustad mohon petunjuk sy umur 36 suami 36. suami sy ketahuan selingkuh 2 minggu yg lalu dg gadis umur 24 th. Dia sdh mengakuinya dan mohon maaf katanya semua berjalan cepat begitu saja sdh 3 bln. Kami nikah sdh 14 th blm punya anak. Tapi katanya dia melakukan itu bkn krn anak. Dia minta waktu ke saya untuk membereskan semua itu 1 bln. Skrng dia malah tinggal dg selingkuhannya. Sy bingung ustad sy sdh mencoba bertahan dan sholat tp tdk bisa khusuk

  253. Heniafandi says:

    Selama 14 th begitu setia ustad br kali ini dia begitu sy sdh coba tadabur al fatihah untuk kerukunan rumah tangga

  254. Ayu Nanda says:

    Assalamualaikum pak ustadz. Sy mau tanya, saya setiap hari melakukan sholat tahajud keculai jika sdg berhalangan. Di bulan puasa ini saya sholat tahajud jam 2 tapi setelah itu terkadang sy tidur lagi, sambil menunggu sahur bersama keluarga. Yg sy ingin tanyakan, saya sholat tahajud 2rakaat kadang 4rakaat itu tidak saya akhiri sholat witir. Karna sy belum tau, skrg saya tau klo sholat tahajud harus diakhiri sholat wtir. Nha kan klo puasa saat solat trawih ada solat witir, bagaimana pak ? Apa sy harus tidak melakukan solat witir di akhir soat trawih ? Dn hukumnya apa jika tdk melakukan solat witri seusai solat thajud . Mhon jwbannya pak ustadz. Terimakasih..

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Kalau kamu sudah melakukan witir pada waktu shalat taraweh maka shalat tahajud yang kamu lakukan menjelang saur tidak perlu diakhiri dengan witir lagi.

      Sesudah puasa nanti lakukanlah shalat tahajud menjelang subuh sebanyak 8 rakaat (2 rakaat x 4) ditutup dengan witir 3 rakaat , lakukan sekitar jam 3 dan berakhir menjelang subuh . sehingga selesai witir langsung masuk waktu subuh. kalau kamu lakukan jam 2 dikuatirkan kamu tertidur dan waktu subuhnya terlewatkan. Ikuti panduan shalat tahjud seperti pada artikel KHASIAT DAN MANFAAT SHALAT MALAM ATAU TAHAJUD diblog ini

  255. Ayu Nanda says:

    Terimakasih pak Ustadz, saya mu bertanya lagi , sy rutin sholat tetapi sy tdak tau makna tiap doa yang sy bacakan. Saya tau sholat sy belum dikatakan sholat yg khusyuk.. bagaumana ustadz agar sholat sy lebih khusyuj lagi. Dn doa apa sja yg dibaca saat selesai solat tahajud.. Mohon kirimkan tatacaranya di alamat email saya ustadz. Terimakasih sebelumya ..

  256. Ayu Nanda says:

    Terimakasih pak Ustadz, saya mu bertanya lagi , sy rutin sholat tetapi sy tdak tau makna tiap doa yang sy bacakan. Saya tau sholat sy belum dikatakan sholat yg khusyuk.. bagaumana ustadz agar sholat sy lebih khusyuk lagi. Dn doa apa sja yg dibaca saat selesai solat tahajud.. Mohon kirimkan tatacaranya di alamat email saya ustadz. Terimakasih sebelumya ..

  257. Nur laila says:

    Asaalamualaikum..
    Pak saya sedikit curhat ya.. sebulan yg lalu saya sempat ada konflik dg bapak saya .. ketika itu saya mohon ampun kepada Alloh lewat sholat tahajud.. alkhmdulilah sekarang bapak saya sudah mau berbicara dengan saya.. tadinya melihat wajahkupun beliau gak mau…
    Dan sekarang keinginanku dalam sholat tahajud aku ubah yaitu agar orang tua hamba merestui hubungan hamba dengan lelaki yang saya cintai.. apkah boleh pak aku meminta doa seperti itu.. karena sebelumnya orang tua saya terutama bapak saya belum merestui hubungan kami.. karena faktor saya belum lulus kuliah.. selain itu beliau juga marah karena sempat memergoki saya dan lelaki yang saya cintai sedang berjalan jalan bersama..

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Tidak ada salahnya kamu memohon seperti itu didalam shalat tahajud, karena kita memang disuruh berdoa memohon apa yang kita inginkan padaNya. namun masalah dikabulkan atau tidaknya itu adalah sepenuhnya kewenangan Allah, serahkan keputusannya pada Allah .Karena hanya Dialah yang paling tahu mana yang paling baik bagi kita.

  258. M. Eli Fauzi says:

    Asalamualaikum. Pak ustad alhamdulliah saya hati saya sudah terbuka utuk rajin beribadah ke pada allah dengan salat 5 waktu. dan solat sunah seperti solat tahajud. subhanaalah hati saya tersa lebih tenang yg tadinya penuh dengan rasa cemas dan waswas juga takut. semua perasaan itu karena saya mempunya tanggung jawab berat yaitu hutang sy yg cukup banyak dan besar, disamping itu sy sudah memiliki istri dan satu anak dan sekarang istri saya mengandung lagi 8 bulan. pak ustad sy mohon mita amalan untuk sy amal, yg saya tujukan meminta kepada allah. yg tujuannya untuk kecukupan rejeki. terimakasih, semoga pak ustad selalu diridhoi allah swt.

  259. agung says:

    assalamualikum wr. wb. p’ustad Fadhil ZA,yang di rahmati Allah SWT saya punya masalah dgn utang yang banyak sekali, saya fikir itu tidak mampu untuk saya bayar. Kalau saya sendiri lagi merenung rasanya takut sekali kalau tdk ada umur sehingga tdk terlunasi. dan ketakutan lagi sama hukum Allah, untuk mengatasinya tentunya dengan usaha dan doa, usaha yang saya lakukan dengan meminjam dan ini menjadikan hutang semakin besar. sekarang tidak meminjam lagi tetapi saya tidak sanggup membayar angsuran. saya sudah lakukan doa agar terbebas dari mslh utang selesai sholat, doa sudah saya lakukan dari,ketika sujud terakhir, antara adzan dan iqomah, solat tahajud, ketika khotib naik mimbar, solat berjamah jarang saya lakukan karena malu bertemu dengan tetangga. ada perasaan hutang belum mampu membayar padahal hutangnya bukan sama tetangga, tetapi hal itu membuat malas untuk sholat berjamaah di masjid. Saya malu pada diri saya sendiri, keluarga, dan sama Allah, kenapa saya berutang sampai tidak sanggup membayarnya, padahal ketika masa muda saya takut untuk berhutang, saya berusaha utk mendekat pada mu ya….ALLAH SWT. rasanya jauh sekali dari pertolongan. saya mohon p’ustad Fadhil ZA memberi petunjuk dan doa lewat email saya. teriring doa untuk p’ustad Fadhil ZA dan keluarga semoga selalu dilindungi Allah. terima kasih wassalam wr.wb.

  260. heni says:

    Assalamualaikum WrWb Pa Ustad,
    Saya sudah 4 bulan ini terkena sakit mata yang menurut kedokteran tidak ada obat nya, hal ini disebabkan oleh minus mata saya yang tinggi. Alhamdulilah sakit ini menggiring saya untuk melaksanakan sholat tahajud dan melunakkan hari saya yang keras. Dalam tiap sholat tahajud saya memohon untuk disembuhkan mata saya dan diberi kesahatan. sampai sekarang saya melakikan pengobatan altenatif dengan totok mata dan minum jus untuk mata. Walau masih belum ada perubahan signifikan tapi saya tetap yakin Alloh yang Maha Baik akan menolong saya. Mohon kiranya Pa Ustad memberikan nasihat kepada saya agar saya semakin mantap dan yakin benar akan adanya mukjizat untuk kesembuhan mata dan keberkahan untuk kehidupan saya dan saya pun sedang menanti di karunia keturuna yang masih belum kunjung datang. Terima kasih Wasalamualaikum Wr Wb

  261. Maya says:

    Pak ustadz, saya baru saja hampir meninggalkan suami saya karena saya takut dengan sifat-sifat yang sudah 4 bulan ini diluar kendali pikiran sehat. Saya pergi dari rumah karena rasa takut saya dengan suami. Setelah 2 malam pergi saya kembali pulang dengan harapan suami akan berubah. Namun yang saya dapatkan suami saya memiliki gangguan jiwa. Sekarang suami sudah dapat penanganan medis. Seumur hidup saya 25 tahun baru 3x melaksanakan sholat tahajud. Dan sekarang saya berniat lagi untuk melakukannya karena terketuk hati saya bahwa Allah telah menegur saya atas kelalaian saya beribadah kepada-Nya. Sekarang saya hanya bisa berdoa demi kesembuhan suami saya dan setelah saya melakukan sholat tahajud (lagi) saya ikhlas menjalani hidup saya. Dan saya akan pertahankan pernikahan saya dalam keadaan bagaimanapun suami saya. Saya berharap saya tetap istiqomah di jalan-Nya.

  262. sri utami says:

    Assalammualaikum..sy mulai mengerjakan sholat mlm 5bln terakhir ini dan dsambung zikir hingga wktu subuh,walau ada bbrp hr yg absen..stlh itu,mengapa tiba2..sy bsa meredakan penyakit2 yg d derita tmn,saudara bhkan ibu sy,dg cara memegang pakai telapak tngan kiri sy dg hny membaca sholawat 3x dan lahawla walla quata illa billah aliyil azhiim 3x..mengapa ya pak ustadz..mhon pencerahannya,apakah ini suatu mukzizat? Pdhal rmh tngg sy jg sdng berantakan krn terkena sihir perceraian,kami sdh bpisah 10bln namun blm cerai,dan suami sdh mnikah sirri dg slingkuhannya

  263. Devina says:

    Asallamuallaikum pak ustadz saya ingin bertanya saya ingin bertobat karna umur tidak ada yang tahu,saya takut akan siksaan neraka dan saya bingung memulai darimana saya berharap mendapat hidayah..dan berusaha tidak melakukan kesalaha lagi.pertanyaannya bolehkah saya membaca alquran lagi karna sebagian sudah lupa lalu ketika bertobat kepada allah swt bagaimana cara agar pikiran dan hati tidak kemana-mana melainkan khusyuk meminta ampunan kepada yang maha kuasa.
    Mohon jawabannya pak ustadz yang terhormat..terima kasih

    • Fadhil ZA says:

      Wa alaikum salam

      Pernyataan taubat tidak cukup hanya dengan mengucapkan istighfar beberapa kali saja, tapi harus dinyatakan dengan mulai mengerjakan apa yang diperintah dan menjauhi apa yang dilarang Allah.

      Mulailah membaca Qur’an secara rutin setiap hari beserta terjmahannya walaupun dengan ter bata bata. Perbaiki mutu shalat kamu dengan berusaha untuk mengerti dan paham setiap ayat dan kalimat yang kamu baca didalam shalat, sehingga fikiran kamu fokus pada apa yang kamu baca dan tidak mmelayang ke mana mana memikirkan hal yang tidak ada hubungannya dengan shalat kamu. Pelajari tatacara shalat khusuk pada artikel PANDUAN SHALAT KHUSUK di blog ini

  1. December 5, 2012

    [...] Sumber Ref: http://www.fadhilza.com/2008/06/tadabbur/kekuatan-sholat-malam-2.html [...]

  2. February 17, 2013

    [...] Sumber Ref: http://www.fadhilza.com/2008/06/tadabbur/kekuatan-sholat-malam-2.html [...]

  3. April 24, 2014

    […] Kekuatan shalat malam (2) […]

  4. January 21, 2015

    […] Kekuatan sholat malam (2) | pondok tadabbur […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>