KEKUATAN SHOLAT MALAM (1)

Sudah banyak buku yang membahas tentang hikmah dan kekuatan sholat malam, berdasarkan dalil Qur’an, Hadist dan pendapat para ulama salaf. Pada tulisan ini saya ingin menyampaikan hikmah dan kekuatan sholat malam berdasarkan pengalaman saya mengerjakan sholat malam selama beberpa tahun kemudian berhenti selama beberapa tahun dan kembali mengerjakannya lagi .

Perintah mengerjakan sholat malam sangat banyak kita temui dalam Al Qur’an. Antara lain pada surat Al Israak ayat 78 dan 79 :

78- Dirikanlah salat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya salat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).

79- Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji. ( Al Israak 78-79)

Bisa juga kita temui pada S al Muzzammil ayat 1- 9, Al Insan 25-26, Az-Zumar 9 dan lain sebagainya. Rasulullah tidak pernah meninggalkan mengerjakan sholat malam selama hidupnya. Sholat malam adalah salah satu senjata utama orang mukmin dalam menghadapi berbagai masalah didunia ini. Namun sangat disayangkan sedikit sekali umat Islam yang sanggup mengerjakan nya secara rutin setiap hari sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah.

Saya mulai tertarik untuk mengerjakan sholat malam ini ketika masih duduk dikelas 2 STM tahun 1969. Tekanan hidup dan kesulitan ekonomi membawa saya untuk menekuni sholat malam, saya berharap Allah akan menolong saya mengatasi berbagai masalah yang saya hadapi. Saya mulai sholat malam dalam keadaan masih buta huruf Al Qur’an alias belum bisa baca qur’an. Hafalan saya hanya Al Fatihah dan 3 surat pendek Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nass. Saya lakukan sholat malam seperti melakukan sholat taraweh, yaitu 2 rakaat kali empat ditambah 3 Raka’at sholat witir.

Keadaan saya ketika itu sangat sulit, uang sekolah tidak pernah saya bayar tepat waktu. Saya selalu menunggak uang sekolah sampai 2 atau 3 bulan. Uang transport dan jajan yang diberikan ayah juga pas pasan bahkan kadangkala kurang dari cukup. Pernah satu ketika saya kehabisan ongkos hingga terpaksa pulang jalan kaki dari sekolah saya di Kampung Bali Tanah Abang kerumah saya di kampung Pecandran, kira kira dibelakang Wisma Mandala jalan Gatot Subroto sekarang.

Untuk menghemat biaya trasport saya menumpang dirumah teman sekelas saya Aliyusmardi di daerah Jatibunder sehingga bisa kesekolah dikampung Bali dengan jalan kaki. Disamping rumah teman saya ada sebuah Musholah. Orang tua teman saya bapak Murad memang sebagai pengurus Musholah itu. Tiap hari saya bangun sekitar jam 3.30 mengerjakan sholat malam, kemudian memompa air untuk keperluan musholah dan memasang tikar dimusholah untuk sholat subuh.

Saya sering menangis malam hari mengadukan keadaan saya pada Allah , saya cemas akan masa depan saya. Apalagi setamat STM pertengahan tahun 1970 saya tidak bisa langsung bekerja, Ijazah saya ditahan sekolah karena saya belum melunasi uang sekolah selama 6 bulan. Orang tua saya tidak mampu membayar uang sekolah sekaligus 6 bulan. Saya bingung, saya hanya mengadukan semua ini pada Allah dimalam hari.

Selama belum bekerja saya tetap tinggal dirumah teman saya, dan saya mulai belajar membaca Al Qur’an secara autodidak serta tanya sana sini dengan teman yang lebih pandai. Alhamdulilah dalam tempo 3 bulan saya sudah bisa membaca Al Qur’an. Disamping mengerjakan sholat malam saya sering mengerjakan puasa senin–kamis kadang kadang saya juga puasa nabi Daud, sehari puasa dan sehari berbuka. Sedihnya ketika mau berbuka saya tidak punya uang untuk membeli makanan, sehingga saya hanya minum air putih dan terus lapar sampai besok hari. Saya terus melakukan sholat malam dan mohon agar Allah memberi saya pekerjan yang sesuai. Ditengah kebuntuan dan rasa putus asa saya berdo’a: ”Ya Allah, jika Engkau betul betul Tuhan penguasa alam semesta yang menjadikan langit dan bumi yang Maha Kuat dan maha kaya, beri hamba pekerjaan yang sesuai sebagai sumber penghidupan bagi hamba”.

Untuk menambah pengetahuan agama saya perlu banyak membaca buku, namun saya tidak punya uang untuk membeli buku. Saya sering numpang membaca buku di toko buku LT 6 Gedung Sarinah. Sampai satu ketika saya diperkenalkan dengan teman ayah H Adam Yusuf pemilik toko buku Fa Yusri di pasar Mayestik. Ia mempersilahkan saya meminjam buku yang saya minati ditokonya asal dijaga baik baik. Setelah selesai membaca buku itu bisa dikembalikan lagi ketokonya.

Saya sering bertukar fikiran masalah agama dengan teman teman ayah saya seperti H Adam Yusuf (alm), H Marzali Ibrahim (alm) bapak Darsyaf Rahman (alm) dan lain lain. Saya sering bertukar fikiran dengan orang yang sebaya ayah saya. Saya ingin punya teman yang sebaya atau sedikit lebih tua dari saya. Naluri saya mengatakan bahwa saya akan mendapatkan teman seperti yang saya inginkan itu. Tahun 1971 saya bekernalan dengan Masjon 13 tahun lebih tua dari saya. Ia mempunyai satu ruang khusus yang penuh dengan buku. Saya diizinkan menetap dirumahnya. Semua buku yang dimiliki saya baca dengan antusias. Masjon juga meminta saya untuk mengajar Al Qur’an bagi adik adiknya.

Sejak itu saya mulai mengajar membaca Qur’an dan ceramah agama dari rumah kerumah pada beberapa keluarga orang Silungkang di Jakarta. Ekonomi saya mulai membaik, dari honor mengajar saya bisa mendapatkan sampai Rp 24.000 per bulan. Harga emas ketika itu Rp 500 pergram. Kalau dibandingkan dengan nilai uang sekarang bisa dibayangkan penghasilan saya ketika itu cukup besar setara dengan 48 gram emas perbulan. Demikianlah Allah telah menjawab do’a yang sering saya panjatkan setiap sholat malam. Allah memberi saya pekerjaan mengajar agama dari rumah kerumah dengan penghasilan yang cukup lumayan ketika itu.

Sejak tahun 1972 saya menetap dimasjid Al Falah pasar Bendungan Hilir sambil mengajar agama dari rumah kerumah saya ikut mengurus kegiatan di masjid Al Falah seperti kegiatan Kuliah subuh setiap hari, membantu mengurus Khatib Jum’at, mengurus pengajian bulan Ramadhan dan lain sebagainya. Selama tinggal di Masjid Al Falah saya juga tetap melakukan sholat malam setiap hari. Bangun jam 3.30 terus sholat malam 2 rakaat kali empat, tambah witir 3 raka’at total semuanya 11 Raka’at. Hafalan ayat Qur’an juga sudah bertambah banyak.

Namun demikian tetap ada hal yang mengganjal dihati saya. Apakah saya bisa hidup layak seperti orang lain, punya rumah, kendaraan sendiri, berkeluarga punya istri dan anak anak. Dengan pekerjaan hanya mengajar mengaji seperti ini kiranya hal itu tidak mungkin saya dapat. Apalagi saya tidak memiliki dasar pendidikan formal dibidang agama, ilmu saya terbatas . Saya harus bekerja sesuai pendidikan formal saya yaitu STM Elektro. Saya tidak tahu bagaimana bisa mendapat pekerjaan yang lebih baik. Ijazah STM saya sudah saya tebus dengan melunasi uang sekolah yang tertunggak selama 6 bulan. Akhir Tahun 1973 saya mulai melamar kerja kesana kemari dengan modal ijazah STM jurusan elektro yang saya miliki. Sampai akhirnya saya diterima bekerja di PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang pada tahun 1974. Saya ditugaskan di PLN Cabang Gambir di bagian perencanaan.

Selama tinggal di Masjid Al Falah Jl Bendungan Hilir dan bekerja di PLN saya tetap rutin mengerjakan sholat malam. Hingga saya berumah tangga tahun 1978 dan keluar dari masjid Al Falah mengontrak rumah sendiri di gg Taqwa Tanah Abang. Tahun 1979 saya ditugaskan melanjutkan pendidikan di LPPU-ITB Bandung selama 3,5 tahun. Setelah saya kembali ke Jakarta pada tahun 1982 saya mulai sibuk dengan tugas rutin di PLN. Saya tidak sanggup lagi mengerjakan sholat malam secara rutin.

Tahun 1982 saya sudah punya rumah sendiri di perumahan Bintara III kelurahan Bintara Jaya bekasi barat . Sholat malam sudah jarang saya lakukan. Kalau saya lakukan sholat malam, siangnya dikantor jadi ngantuk. Sejak itu saya hanya sholat malam kalau ada kasus atau masalah yang perlu saya atasi dengan segera. Apa yang saya inginkan dengan sholat malam secara rutin sudah saya dapatkan. Istri, anak anak, rumah sendiri, kendaraan, penghasilan bulanan yang cukup dan lain sebagainya.

Tahun 2001 memasuki usia 50 tahun timbul rasa prihatin yang mendalam dalam diri saya, sudah 20 tahun lamanya saya meninggalkan sholat malam yang dahulu ketika masih muda saya lakukan secara rutin setiap hari. Beberapa kali saya coba mengerjakan sholat malam itu , namun baru melakukan 2 atau 3 hari sudah putus lagi untuk beberapa lama. Perlu motivasi yang kuat untuk sanggup melakukan sholat malam setiap hari. Ketika masih muda dahulu tekanan ekonomi dan kesulitan hidup mendorong saya untuk mengerjakan sholat malam setiap hari dengan harapan untuk dapat memperbaiki taraf hidup dan ekonomi. Lebih 10 tahun saya melakukan sholat malam setiap hari, namun setelah apa yang saya inginkan saya dapat, semangat saya untuk melakukan sholat malam mulai luntur. Saya jarang melakukan sholat malam. Saya hanya melakukan sholat malam untuk mengatasi kasus atau masalah yang saya hadapi.

Saya perlu memiliki motivasi yang kuat yang mampu mendorong saya untuk melakukan sholat malam setiap hari. Tahun 2001 saya merenung, usia saya sudah memasuki 50 tahun, 6 tahun lagi memasuki masa pensiun. Saya tidak tahu berapa tahun lagi saya hidup didunia ini. Saya ingin membawa bekal yang cukup untuk perjalan hidup di alam barzakh dan akhirat kelak. Ketika muda dahulu saya sanggup mengerjakan sholat malam setiap hari, mengapa dihari tua , disaat sudah dekat liang kubur justru saya meninggalkan sholat malam? Saya betul betul prihatin. Keprihatinan ini menjadi pendorong yang kuat bagi saya untuk kembali melakukan sholat malam.

April 2001 saya bertekad untuk mulai mengerjakan sholat malam lagi. Saya harus mengerjakan sholat malam setiap hari selama 40 hari tidak boleh terputus seharipun. Jika pada hari ke 38 terputus maka saya harus mengulang kembali dari awal. Kalau selama ini baru mengerjakan 3 atau 4 hari saya sudah terputus, maka kali ini Alhamdulillah saya dapat menyelesaikan selama 40 hari berturut turut. Demikian terus saya lakukan hingga 3 kali 40 hari. Alhamdulillah saya bisa melakukan 120 hari berturut turut tanpa terputus. Anehnya rasa kantuk pada siang hari yang dulu pernah menjadi penghalang bagi saya untuk melakukan sholat malam sekarang tidak muncul lagi. Saya bangun setiap hari jam 3.30, terus melakukan sholat malam, setelah azan subuh terus ke masjid melakukan sholat subuh berjama’ah. Pulang dari masjid membaca Qur’an, nonton berita TV, senam aerobik , istirahat, mandi dan jam 7.00 berangkat kerja. Alhamdulillah kegiatan tersebut bisa terus saya lakukan sampai saya memasuki masa pensiun tahun 2006.

Demikianlah saya pernah melakukan sholat malam selama 10 tahun kemudian berhenti selama 20 tahun dan sekarang saya sudah melakukannya kembali sejak 7 tahun yang lalu. Mudah mudahan saya tetap bisa melaksanakan sholat malam sampai akhir hayat, sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah. Perlu motivasi yang kuat untuk sanggup mengerjakan sholat malam secara rutin. Motivasi kebutuhan dunia ternyata tidak cukup kuat untuk mendorong kita melakukan sholat malam secara rutin. Motivasi kehidupan akhirat dan keinginan untuk dekat dengan Allah , itulah motivasi yang paling kuat. Lakukanlah sholat malam karena ingin mencari keredhaan Allah dan selalu dekat dengan –Nya.

Dari pengalaman saya mengerjakan sholat malam selama sekian tahun ada beberpa keuntungan yang dimiliki orang yang sanggup mengerjakan sholat malam setiap hari secara rutin antara lain:

  1. Memiliki intuisi atau firasat yang tajam
  2. Mendapat kemudahan dalam menghadapi berbagai masalah dan problem
  3. Optimis menghadapi berbagai masalah yang menghadang
  4. Sholat diakhir malam menimbulkan rasa nyaman dan aman
  5. Merasa selalu dekat dengan Allah
  6. Terhindar dari perasaan tertekan dan stres berkepanjangan
  7. Mendapat bimbingan dan petunjuk menghadapi berbagai masalah, yang biasanya muncul ketika sedang duduk istirahat dan berdo’a disela sela sholat malam
  8. Dicukupkan Allah semua hajat kebutuhannya dan mendapat rezeki yang tidak pernah terputus
  9. Mendapat pertolongan dan kemudahan dari tempat yang tidak pernah diduga
  10. Meningkatkan kecerdasan spiritual

Dan banyak lagi keuntungan lain yang tentunya tidak sama pada setiap orang, tergantung kekhasan masing masing.

Popularity: 13% [?]

83 Responses to “KEKUATAN SHOLAT MALAM (1)”

  • mr. lid:

    thanks pengalamannya, semoga Allah memberi rahmatNya kepada kita, amin

  • ario:

    jazakallahu khairan atas sharing pengalaman hidup bapak kepada kami generasi muda, semoga kami dapat meneladani dan melaksanakan sunnah rasul SAW.

  • Bimo:

    Bagus banget , baru kali ini saya baca tentang tahajjud lain dari yang lain.Salut

  • isur:

    Semoga saya memiliki semangat dan motivasi yang sama kuatnya dengan bapak untuk bangun dan melawan kantuk pada tengah malam, untuk bersujud dan berserah kepada-NYA….amin….

  • Subahanallah..pengalaman bapak dalam hidup, memotivasi saya untuk terus berusaha menjalankan sholat malam. banyak hal yang saya rasakan ketika saya menjalankannya sejauh ini, dengan dibarengi dengan mengamalkan puasa daud. segala permasalahan hidup dapat dilewati dengan lebih bijaksana dan sabar.
    setiap detik hari terasa sangat bermakna..

    • Rusdy:

      Subhanallah….terimakasih banyak Pak atas supportnya…semoga Allah SWT snantiasa merahmati qta semua, Aamiin……………

  • susanto:

    insyaalloh semoga saya bisa melaksanakan sholat malam yang seperti bapak lakukan, dan puasa – puasa sunahnya amien.

  • Pengalaman Bapak sangat berarti bagi kami, semoga Bapak selalu mendapatkan bimbingan dari Allah swt. dan semoga kelak Bapak akan mendapatkan husnul khotimah. Seluarga Bapak dijadikan keluarga yang Sakinah Mawadah warrahmah, keturunan Bapak dijadikan keturunan yang bertaqwa, sholeh dan sholeha. Amien ya Robbal alamin.

  • acmad suradi:

    boleh saya bercerita pengalaman hidup saya yg unik

  • acmad suradi:

    mulaya saya nikah berjalan lancar dalam arti biasa biasa saja sampai mempuyai anak 3 laki semua namun tiap kali waktu solat tiba anak anak saya suruh sholat selalu menjawab ibu saya tidak sholat ,ini berjalan kurnglebih 13 tahun tiap sehabis sholat saya berdoa untuk mereka semua mau menjalani ibadah manun belum ada kemajan sampai pada achirya saya sering menjalankan sholat malam dan saya ber doa bagai mana rasaya punya istri berjilbab dan mau menjalankan ibadah ,doa itu terkabul sampai berjalan kurang lebih lima tahun saya jalani dengan orang lain ,sauatu saat istri saya tahu masalah ini namun saya mejawab saya hanya solat berjamaah bersama lama2 saya sadari saya minimbun dosa yang begitu banyak ,lalu saya lakukan sholat malam lagi dan mohon ampun pada allah supaya di berikan ada jalan keluar yang baik ,doa saya terkabul dan saat ini saya masih menjalankan rutin sholat malam ,

  • mudah² an dengan melakukannya kita mendapat ampunan dari allah Swt…

    amin….. makasih artikelnya bagus banget dan memberi manfaat bagi kita semua….oh ya bro saya copast ke blog saya ya…moga moga bisa juga di baca oleh teman teman saya….makasih sebelumnya….

  • mudah² an dengan melakukannya kita mendapat ampunan dari allah Swt…

    amin….. makasih artikelnya bagus banget dan memberi manfaat bagi kita semua….oh ya pak saya copast ke blog saya ya…moga moga bisa juga di baca oleh teman teman saya….makasih sebelumnya….

  • zul:

    iyya kanakbudu wa iyya kanasta’iin..

  • rida:

    Allahu akbar…
    Cerita di atas memotivasi saya untuk lebih rutin menjalankan sholat tahajut…
    Mudah-mudahan kita semua selalu dalam lindungan-Nya

  • arif:

    subhananallah….

    setiap orang mempunyai masalah……….
    sholat malam mampu mendekatkan kita dengan pencipta kita…Allah S.W.T….
    berat ringannya masalah yang ada …dengan sholat malam Insya Allah akan diberikan jalan keluar…….

    fainnam’al ‘usyri yusro…..
    sungguh bersama kesukaran itu ada kemudahan….amin

  • Adi R:

    Alhamdulillah…

    Segala puji bagi Allah SWT..bahwasannnya Allah SWT Maha Kaya..Maha Tahu dan Maha Segalanya..

    Sungguh kisah yang sangat saya sukai dari realita hidup yang sangat menggugah hati dan kita menjadi taqqarub ( dekat ) dengan Allah. Dan pernah aku alami kisah tersebut.. ternyata dengan sholat tahhajud aku dapat bertahan..dan yakin Allah telah mengatur dan mendengar doa bila kita bersungguh-sungguh memohon hanya kepada-Nya dan satu yakin bahwa yang diberikan kita adalah yang terbaik…hanya Dia yang Tahu…perbanyaklah sholat tahajjud semua masalah akan dapat diselesaikan dengan izin Allah SWT. jangan lupa Ikhtiyar..

    Salam,,,,

    Adi R

    Salam

  • rio:

    Alhamdulillah…terima kasih pak atas pengalaman nya……

    pengalaman bapak membuat saya menyadari betapa penting

    nya sholat malam….

  • ela thamrin:

    Subhanallah..crita bpk membuat sy ingin selalu sholat malam..trimakasih pak atas artikel bapak sy benar2 sngat menyukainya

  • sholat malamlah untuk menemukan jadi dirimu
    dengan sholat kamu akan slalu bersama dengan Tuhanmu.
    ingatlah dirimu niscaya kamu juga akan mengingat Tuhanmu
    amiiiinnnnn////

    • dona:

      Terimakash atas pengalamannya pak, saya juga merasakan banyak perbedaan shalat tahajut dengan tidak, hati kita lebih tenang dan penyabar dg shalat tahajut setiap malam

  • sherlock:

    bguz jgag pengalmn u tu bza jd motivasi wadh q…thanx da maw bgi” ma q…insyaAllah q jgag kan lbh rjin agy wadh choladh tahajudh

  • manoy:

    gmna cich doany sesudah choladh tahajudh da gag doa iang diajrkn oleh Rasulullah………krm ke e-mail q each…pleasee…

    • Ass wr wb
      Do’a yang dibaca Rasulullah dalam tahajud sangat banyak macamnya, terlalu berat bagi kita jika harus menghafal do’a dalam bahasa arab. Bagi kita yang orang ajam ini (non arab) cukuplah bacaan sholat saja yang jadi beban kita dalam bahasa arab. Untuk do’a diluar sholat cukup dalam bahasa Indonesia, jika ingin yang bahasa arab cukuplah do’a yang ada di dalam Qur’an saja. Seperti surat Al Baqarah 286 atau Ali Imran 192-194.

      Jika terlalu berat menghapal kuatir nanti jadi malas tahajudnya. Sholatnya juga baca saja apa yang hafal walaupun hanya tiga surat pendek misalnya Al-Falaq, Al-Ikhlas, atau An Nass atau Al Kautsar. Mulailah tahajud sekuat yang bisa dilakukan……butuh perjuangan dan keuletan.

  • maya:

    Subhanallah..
    benar-benar pengalaman yang menakjubkan
    sungguh saya juga ingin bisa seperti itu.

  • amira:

    subhanalloh walhamdulillah wala illa haillalloh… saya menemukan obat utk jiwa saya setelah saya baca artikel bapak.. sungguh mulia kehidupan bapak.. dunia akhirat insya alloh bapak mendapatkan syafaat nya mohon doakan saya.. agar bisa mengikuti jejak bapak amiieen…

  • Fajar Nashrullah Tresna:

    Subhanallah …

    semoga semua umat muslim bs seperti itu …

    contoh yg baek adalah da’wah jg …

    smoga Allah SWT mmberikan kemudahan bagi orang-orang yang ingin berbuat sperti itu …

    Amien !!!

  • subhanalloh…emg Allohlah yg paling faham kebutuhan makhluknya

  • wawan:

    subhanalloh
    terima kasih pak,atas sharing pengalaman bapak
    sungguh terharu saya membaca kisah bapak
    semoga pengalaman bapak dapat memotifasi saya untuk terus bermunajat
    kepadaNya setiap malam tanpa putus… amiiin

  • anot:

    mudah-mudahan saya biza melawan rasa malaz!!!

  • Nur Ma'ruffin,ST:

    Alhamdulillah …. banyak belajar dari cerita nyata Bapak. Insya Alloh niat amal dan sampaikan … Amin

  • joni hidayat:

    setuju dengan pendapat bapak mengenai niat sholat malam, sunggulah merugi jika kita hanya meminta dunia sedangkan akhirat/tempat setelah kehidupan dunia yang lebih kekal malah dikesampingkan (jika kita minta dunia makan diberikanlah dunia, jika kita meminta akhirat maka dunia akhirat akan diberikan oleh ALLAH SWT) begitulah yang bisa saya tangkap pada pesan bapak……… Allahuakbar, semoga kita semua bisa melaksanakan sholat malam sebagaimana dicontohkan Rasullullah…..amin amin ya robbal alamin

  • Adika Perdana:

    Saya yakin benar, apa yang diceritakan bapak memang benar sungguh terjadi ! Alhamdulillah, ternyata dgn sholat tahajud mempunyai dampak hikmah yang luar biasa dalam kehidupan. Saya yakin benar …..karena sayapun pernah mempunyai suatu pengalaman yang aneh (dalam versi lainnya).

    Cerita pengalaman-ku, begini : (mohon maaf agak panjang dikit ya ! …boleh dilanjutkan baca or tidak koq ! ini sekedar “kisah pengalaman nyata-ku”)

    Dulu ketika aku masih muda, ya .. terus terang saja aku waktu itu memang bukan seorang pemuda yang rajin beribadah, sholat wajib dalam seminggu bisa dihitung dengan jari (seingatku mungkin cuma magrib doang) dan jum’atan ? jangan tanya, pasti terlewat, karena terus terang pengetahuan agama-ku waktu itu minim sekali. Waktu itu aku sudah berkeluarga, punya anak dua dan menjadi pegawai kantoran.

    Nah suatu saat aku kena penyakit kulit disekitar paha kiri hanya selingkaran kecil, tapi masya-Allah gatalnya luar biasa dibalik kulit yang gatal seperti ada binatang kecil yang muter-muter dan saat berhenti menggigit yang luar biasa sakit dan gatalnya dan ini berjalan selama 10 hari dan anehnya setelah sepuluh hari penyakit itu hilang (tanpa abstain) tapi ganti dengan gatal-
    gatal diseluruh badan dengan benyolan besar-besar yang tidak kalah gatalnya dengan penyakit yang pertama.

    Terus terang aku sudah ke dokter spesialist kulit termasuk ke dukun segala takut diguna-guna sama orang (maklum pengetahuan agama-ku waktu itu tipis banget), tapi anehnya lagi setelah penyakit yang kedua (selama 10 hari juga) hilang (tanpa abstain) muncul penyakit berikutnya yaitu bintik-bintik kecil diseluruh badan dengan gatal yang tidak kalah dengan yang pertama dan kedua. Sampai-sampai aku pergi ke tempat orang ahli kulit dengan pengobatan pakai pasir, tapi tetap tidak ada perubahan dan ketika aku tanyakan kepada dokter specialist kulit katanya ini jenis yang ketiga (entah lupa lagi nama jenis penyakitnya menurut ilmu kedokteran).

    Penyakit yang ketiga berjalan selama kurang/lebih 10 hari juga, terus-terang aku waktu itu sangat tidak tahan dengan gatalnya yang luar biasa, sampai-sampai karena sangat ingin hilang gatalnya, aku ambil air mendidih digelas dan berulang-ulang ditempelkan kebadan…ces cesss bbusyett ternyata panas tidak terasa dibanding gatal.

    Hampir sebulan aku mengalami 3 jenis penyakit berbeda berturut-turut tanpa abstain seharipun… Nah suatu hari aku terbangun malam (seingat-ku waktu itu jam 01.30 tengah malam),bangun bukan karena ingin tahajud tapi terbangun karena saking gatalnya tidak tertahankan. Terus terang malam itu aku putus asa, tidak tahu apa yang harus diperbuat, tidak tahan dengan gatal diseluruh tubuh …teringat akan anti biotik, terpikir kalau diminum tapiii tidak lama gatal akan muncul lagi, ingat terhadap obat dengan pasir, terpikir aaahh gak ngaruh, ingat gelas diisi air mendidih, terpikir aakhh terbayang panasnya gak tahan…bingung …putus asa …buntu ! Namun dalam keadaan nelangsa tersebut tiba-tiba saja aku teringat petuah nenek-ku (alm) “naakk ! kamu kalau ada apa2, tahajud”.

    Selintas terpikir, tahajud ? sholat wajib saja aku langgar, apalagi yang sunnah ? bingung ?… Tapi entah dorongan apa yang waktu itu mendorong aku melangkah ke kamar mandi, wudhu ! Ya tiba2 saja aku mengambil air wudhu…
    setelah wudhu aku menghadap kiblat dengan niat tahajud (ibadah yang waktu itu sangat langka bagiku). Aku masih ingat betul, saat memulai tahajud dengan mengangkat tangan “Allahu Akbar”, badan terasa luar biasa gatalnya ..tapi mungkin karena sangat kuat perasaan ingin sembuh, entah secara tidak sadar aku shalatnya sepertinya sangat khusyu (menurut perasaanku, karena bacaannya/tajwid saja sepertinya serasa benar padahal waktu itu aku baca Qur’an saja masih nol besar), mungkin karena sangat khusyu-nya (menurut perasaanku) aku seolah-olah mengawang-awang!(sadar-tidak sadar dalam melaksa
    nakan sholat)sampai-sampai tahajud memakan waktu satu setengah jam.

    Tahajud aku laksanakan 8 raka’at dan witir 3 raka’at, nah … Suatu hal kejadian yang kontradiktif terjadi anehnya ketika memulai tahajud saat mengangkat tangan Allahu Akbar, gatal tidak tertahankan di sekujur badan (termasuk selama melaksanakan tahajud). Tapii …pada saat salam……..
    “assalamualaikum..” kekanan lalu kekiri. Alhamdudulillah tiba-tiba suatu kejadian yang tidak terduga aku alami sekujur tubuh menjadi dingin !
    (Allahu Akbar) luar biasa !, ya waktu itu aku jadi tambah bingung, termanggu .. koq aneh ya ? koq bisa ya ? Padahal aku bukan ahli ibadah, aneh, bingung, berkecamuk … sampai besoknya aku ke kantor masih bingung atas kejadian semalam sehingga walaupun kurang tidur sama-sekali tidak mengantuk karena sangat bingungnya !

    Tiga jenis penyakit berturut-turut selama hampir sebulan diobati dengan berbagai macam jenis obat sama sekali tidak mempan, tapi dengan tahajud ‘luar biasa’ ternyata bisa dalam sekejap hilang. Setelah kejadian itu, aku beberapa lama masih selalu bertanya-tanya dalam hati .. kenapa koq bisa ? ..kenapa koq aneh ? Sehingga suatu saat aku bertemu dengan seorang kiyai…menjelaskan bahwa ternyata apa yang aku baca itu sudah merupakan obat (dalam bacaan Al Fatihah saja sudah merupakan obat) Alhamdulillah aku baru mengerti..ternyata ISLAM itu luar biasa ..TAHAJUD itu luar biasa. (Wassalam)

  • Ass wr wb

    Subhanallah…apa yang ada ceritakan adalah hal yang benar dan haq mudah2an bisa menjadi motivasi bagi rekan lainnya yang sedang dirudung masalah. Dengan mengerjakan tahajud dan memohon pada Allah tidak nada masalah yang tidak bisa diselesaikan.

  • Budi Santoso:

    Assww Pak Fadhil ZA
    Subhanallah, Membaca pengalaman hidup bapak yang luar biasa, semoga rahmat dan karunia Nya senantiasa Allah Swt limpahkan untuk bapak dan keluarga .
    salam
    budi santoso PLN DKI/1982-1992

  • Alwis:

    terima kasih pak,,,

    anda telah memberikan pengetahuan kpd saya tentang shalat malam.

  • teuku m.husein:

    asalamaualaikum..saya terharu…subhanalloh bahwa kekuatan sholat tahajjut itu
    sangatlah dasyat…mau sehat tahajjut mau aman tahjjut..mau kaya tahhjud..dan tahajjud tahhjud….harus di ingat bahwa maunusia diciptakan itu hanya menyembah…..salam rindu dari seorang muslim

  • andy rachmansyah:

    mudah2 saya punya kekuatan untuk menjalakan sholat tahajud

  • andy rachmansyah:

    terima kasih

  • ghufron syamsudin:

    Pak, luar biasa sekali pengalaman bapak. saat ini saya sedang sangai ingin bisa istiqomah sholat tahajjud. semoga bapak berkenan mendoakan saya bisa menjalani sholat malam dengan istiqomah.amin

  • terima kasih banyak om, membaca pengalaman om membuat saya semangat dan mencoba untuk sholat malam, mungkin selagi saya masih muda inilah saya belajar dan ingin selalu dekat dengan Allah SWT, saya akan berusaha untuk menghilangkan sikap malas yang ada pada diri saya ini, memanglah betul yang om bicarakan, harus ada motivasi ternyata, masalah lah yang menggajak saya untuk belajar sholat malam, makasi banyak om kisahnya,, insyallah saya akan sanggup,,

  • amir husin:

    gimana ya cara agar bisa istiqomah untuk sholat malam…..??

    • Ass wr wb

      Agar sanggup mengerjakan sholat malam terus menerus dibutuhkan tekad dan kemauan yang kuat. Ketika muda dulu saya kuat sholat malam karena ingin memperbaiki mutu kehidupan. Sayang setelah kehidupan membaik semangat untuk sholat malam jadi kendor. Setelah sempat berhenti selama 20 tahun sekarang saya coba lagi untuk bertahajud…..sungguh berat untuk mulai lagi. Alhamdulillah dengan tekad dan perjuangan berat saya sudah mulai bertahajud kembali sejak 9 tahun yang lalu. Dihari tua ini motivasinya hanya untuk bekal menghadap Allah kelak di alam kubur dan padang Mahsyar, ternyata motivasi ini lebih kuat dan awet daripada motivasi duniawi.

  • martin darmawan:

    Pak Fadil, terima kasih atas pengalamannya, sekarang saya jd makin paham, makin berusaha kita taqwa, makin banyak ujiaannya, namun makin mudah juga Allah membantu kita kalau kita ikhlas + niat ibadah, sekali terima kasih Pak.
    mudah2xhan di usia saya yg masih muda, pengalaman dr bapak, tambah jd contoh lain untuk saya
    wassalamwalaikum

  • Fandy:

    Assalamualaikum WrWb…
    Terima kasih kepada Pak Fadhil, sungguh Allah telah memberi cahaya dalam kehidupan anda, dengan berbagi ilmu dan pengalaman, Allah pula telah memberikan kami cahaya iman melalui anda, sekali lagi terima kasih ^_^

  • priyo:

    sungguh suatu pengalaman yang luarrrrrr biasa ……………..
    jujur saya terharu mendengar kisah bapak , mudah-mudahan bisa saya tiru untuk kebaikan hidup saya………

  • amin ya robbal ‘alamin

  • ands:

    amin.. terima kasih atas pengalaman bpk…
    saya termutivasi untuk sholat malam trus

  • GUN:

    terimakasih atas pengalamnnya,saya juga pernah mengalami hal yg sama yang intinya kalau tiap malam kita sanggup melaksanakan sholat Tahajud dg ikhlas dan Istiqomah insyaAlloh kemudahan2 akan selalu kita dapatkan .Yang sulit adalah Istiqomahnya.Tapi kalau kita kalau mau tidur niat terus insyaAlloh kita akan selalu bisa melaksanakan.AMIN.

  • This is the right blog for anyone who wants to find out about this topic. You realize so much its almost hard to argue with you (not that I actually would want…HaHa). You definitely put a new spin on a topic thats been written about for years. Great stuff, just great!

  • suprapto:

    Terimakasih atas sHaring BaPaK…Alhamdulillah berkaca-kaca mata saya seakan mau menangis atas kebesaran Allah yang di berikan kepada Bapak seperti juga yang di berikan kepada saya dulu, saat saya mengundurkan diri dari perusahaan saya terombang ambil melamar kerja ke mana-mana susah, ada kerjaan pun hanya sebagai kuli, akhirnya saya berpasrah kepada Allah atas semua..seiring berjalannya waktu tiba2 ada teman mengajak join bisnis dan Alhamdulillah hasil nya sungguh merupakan berkah karunia Allah yang luar biasa yang saya nikmati Sampai saat ini, namun begitulah manusia kalau sudah merasa enak lupa akan masa susahnya dahulu…semoga tulisan bapak menjadi semangat untuk saya melakukan shaLat malam dan senantiasa ber-taqorrub kepada-Nya…Amien

  • kenti:

    Alhamdulillah, membaca tulisan ini,mudah-mudahan Allah menambahkan rahmat kepada kami untuk lebih tekun beribadah malam hari

  • ade erdi:

    subhanallah, semoga dapat terbangun motifasi yang kuat tuk menjalani Nya

  • Im:

    Sungguh mempunyai power inspirasi ….

  • ardi kusumawan:

    saya ingin juga sholat tahajud yang penting konsisten dan ikhlas bukan banyaknya rakaat

  • abu Ahsan:

    Subhanallah, sebuah pengalaman hidup yang sangat baik dijadikan sebagai Ibrah dalam menghadapi segala kesulitan. Semoga Pak Ustadz Allah berikan keberkahan hidup dunia dan akhirat agar senantiasa memberikan bimbingannya.

  • agus ilham:

    terasa kasih atas pengalamannya,semoga apa yang ada dalam hidupku bisa membangkitkan motivasi untuk melakukanshlat malam,karna aku suda hampr putus asa dengan masalah rumah anggaku yang tidak bisa ku bangun.

  • Subhanallah. Sungguh sebuah cerita perjalanan hidup yang sangat inspiratif. Janji Allah pasti benar, siapa yang menjalankan perintah-Nya, Insya Allah akan dikabulkan keinginnya. Cerita Bapak pasti akan menggugah pembaca semua untuk melakukan refleksi diri untuk tetap semangat dengan sholar malam sebagai media mendekati Yang Kuasa.

  • ana:

    Subhanallah …..sungguh suatu pengalaman yang sangat berharga dan patut dicontoh bagi semua orang. Saya terinspirasi sekali, apalagi saya baru saja memulai untuk rutin sholat malam. Sayangnya bagi wanita seperti saya tidak bisa terus-menerus melakukannya karena ada waktu berhalangan …..
    tapi saya akan bersemangat untuk mengerjakan sholat malam. Insyaallah’

  • Mohamad Muncul:

    Assalamu’alaikum pak ustad, juga pembaca semua yang di rahmati Allah… mohon do’anya semoga Allah menolong saya dengan mengangkat kesulitan hidup saya, dan memberikan karunia, rezeki dan di lindungi saya dan keluarga saya dari segala keburukan dan bencana.
    Pak ustad, ketika saya merasa tidak nyaman dalam pekerjaan saya, saya bertekad tahajud selama 40 hari tanpa putus u/ memohon pada Allah supaya di karuniai pekerjaan yang lebih baik. sebelumnya saya juga terbiasa tahajud walau kadang terputus.
    pada saat tahajud saya berjalan sekitar 2 minggu, saya malah di pecat oleh perusahaan tanpa tau apa kesalahan saya. saya terus bertahajud sampai hari ke 40, saya juga belum ada pekerjaan. saya sudah maksimal mungkin dalam mendekatkan diri pada Allah, sholat fardhu jika tidak ada halangan selalu berjamaah, shubuh selalu ke masjid jika tidak ada halangan, zakat, shodaqoh, tahajud, istigfar dll.
    pada saat saya sedih, stress saya protes pada Allah… saya sudah berusaha betaubat,bertaqwa, beribadah, selalu berusaha mendekatkan diri pada Allah kenapa justru keburukan yang saya dapat….? dimana Allah…? betul tidak Allah itu Tuhan yang selama ini saya sembah..? Tuhan yang Maha Pengasih, Maha Penyayang , Maha Penolong…? beberapa kali hal itu menghinggapi hati dan fikiran saya.
    pak Ustad, saat saya tulis REPLY ini tahajud saya sudah jalan 85 hari tanpa putus, Alhamdulillah… Mohon Do’anya pak ustad, semoga Allah cepat kasih saya pekerjaan….Amiiinnnnn
    Pak ustad, bagaimana pendapat dan saran bapak terhadap sikap saya yang protes pada Allah, sedih dan marah menghadapi masalah ini, tapi saya masih tetap berkomitmen dalam ibadah dan meningkatkan ibadah serta selalu berusaha mendekatkan diri pada Allah…?
    Mohon saran di email juga ke email saya, Jadzakullah….

    • Wa alaikum salam

      Apa yang ananda alami adalah sebuah proses untuk mendapat kehidupan yang lebih baik. Saya juga pernah menghalami hal seperti itu ketika muda dulu . Saya bisa merasakan perasaan ananda. Memang begitulah proses yang harus kita lalui dalam usaha mendekatkan diri pada Allah. Janganlah putus asa . Tetaplah istiqomah mengerjakan tahajud. Tiba waktunya nanti Allah akan membukakan rezeki dan keberkahan yang berlimpah bagi ananda.

      Saya sampaikan ini bukan dongeng atau harapan kosong. Saya sudah pernah mengalami kondisi seperti ananda , bahkan lebih parah dari itu. Namun dengan istiqomah menjalani shalat malam akhirnya Allah memberi kehidupan yang baik pada saya sampai saat ini usia saya sudah 61 tahun. Saya mengalami kondisi terpuruk sejak masa kanak kanak dan mulai tahajud umur 19 tahun dan mendapat pekerjaan di PLN pada usia 23 tahun. Bekerja selama 32 tahun sampai pensiun 6 tahun yang lalu.

      Pertanyaan yang anda ajukan seperti diatas , tidak menjadi dosa bagi ananda . Itu sebuah proses minta pembuktian. Ketika muda dulu saya berseru pada Allah….Ya Allah jika Engkau betul Allah yang menjadikan langit dan bumi ini , beri saya pekerjaan….alhamdulillah Allah memberi saya pekerjaan jadi guru ngaji, dengan penghasilan yang cukup besar ketika itu 24.000 sebulan , harga emas ketika itu Rp 500 satu gram. Kalau dibandingkan sekarang silahkan hitung sendiri penghasilan perbulan setara dengan 48 gram emas. Kejadian ini sekitar tahun 1970 smapai akhirnya saya berhenti jadi guru ngaji dan bekerja di PLN tahun 1974.

      Tetaplah istiqomah dengan shalat malam ananda , bantulah dengan mendengar dan membaca tadabbur ayat Qur’an untuk meraih sukses dan kemenangan seperti yang saya sampaikan pada lampiran email ananda ini.

  • Mohamad Muncul:

    Assalamu’alaikum Pak Ustad….

    Terima kasih atas saran dan motifasi yang Pak Ustad berikan, juga email balasan dari Pak ustad ke email saya. semoga Allah membalas Pak Ustad jauuuhhh lebih baik dari apa yang Pak Ustad berikan pada saya.Ammiinnn….

    Pak ustad,hari Jum’at tanggal 1 Februari kemarin saya ditelpon temen lama, mantan anak buah saya waktu bekerja di cikarang, sudah 6 tahun lebih kami tidak ada komunikasi dengan kawan tadi.kawan saya tadi ngasih tau besok hari senin tanggal 4 februari 2013 saya akan dipertemukan dengan seorang Bos perusahaan.saya syukuri saja kabar dan kesempatan ini, tetapi saya tidak terlalu berharap akan diterima bekerja takutnya nanti tidak di terima dan saya semakin kecewa.jadi saya terima dengan biasa saja kesempatan ini, karena sya hanya berfikir, kuncinya adalah kehendak dan ridho Allah. Jika Allah meridhoi saya diterima kerja, ya pasti saya akan dapat kerja. minggu malam senin sepulang magrib saya baca qur’an surah Al-waqi’ah di tambah bacaan lainya sampai menjelang Isyak. dalam tahajud saya mohon agar urusan saya di permudah saat bertemu dengan bos nanti dan saya diterima bekerja. selesai shubuh saya baca istigfar 1000 kali lalu berdo’a agar urusan saya bertemu bos nanti dipermudah. begitu juga dalam dhuha saya panjatkan do’a yang sama.Pak ustad, saya hanya bisa melakukan apa yang bisa saya lakukan untuk mendekatkan diri pada Zat Yang Maha Memberi rezeki, saya mohon keridhoan Allah….

    Pak Ustad, setelah dhuha tadi, sebelum saya berangkat menemui bos, saya buka internet dan email saya, ternyata pak Ustad langsung balas reply saya semalam, juga ke email saya pak ustad kirim tadabur Qur’an. saya sudah baca semua pak ustad. setelah saya baca tausiah Pak Ustad, saya kembali bersemangat, optimis, yakin walau apapun hasilnya nanti saya akan tetap syukuri. saya seperti menemukan kembali keyakinan saya.

    Pak Ustad, setelah saya tiba di tempat bos yang akan saya temui, kok sepertinya saya sudah merasa di terima kerja, padahal belum bertemu orangnya. saat akan masuk ruangan bos, saya berdo’a Robbysrohli sodri…. dan ketika saya bertemu dengan bos tadi,Alhamdulillah, Allahu Akbar, Subhanallah… pertemuan lancar dan cepat, setelah ada pembicaraan pembuka, bos tadi langsung menawari saya mau tidak bergabung dengan team saya? saya jawab dgn semangat “Siap pak…” Alhamdulillah Pak Ustad, saya sudah diterima kerja lagi, hari Rabu tgl 6 Feb 2013 besok saya sudah mulai kerja lagi. bukan cuma itu Pak Ustad, ada hal-hal yang di luar dugaan saya. Bos tadi menawarkan gaji diluar yang saya bayangkan, juga memberikan saya status karyawan permanen dan yang membuat saya kaget lagi, bos tadi memperkenalkan saya pada staffnya, bahwa saya adalah wakil beliau, jika bos tidak ada di tempat maka urusan pekerjaan diserahkan ke saya. Subhanallah….. sepanjang perjalan pulang saya tak henti-hentinya bersyukur pada Allah….

    Pak Ustad… terima kasih atas do’a dan motivasinya. juga pembaca yang dirahmati Allah, jika diantara pembaca mengalami hal sama dengan saya, atau masalah apapun, jangan pernah berhenti beribadah dan berdo’a, lakukan terus tahajud dan ibadah lainya semampu kita. INSYA ALLAH…KITA AKAN MEMETIK HASIL YANG INDAH DAN DI LUAR YANG KITA BAYANGKAN….

    wassalam….

    • Wa alaikum salam

      Sungguh sebuah pengalaman yang luar biasa, pada beberapa hari yang lalau ananda sudah putus asa. Sudah bertahajud selama 40 hari malah dipecat dari pekerjaan, sekarang sudah bertahajud selama 85 hari tidak ada tanda tanda akan mendapat pekerjaan. Keadaaan ananda persis seperti yang disebutkan dalam surat Al Baqarah ayat 214 :

      214. Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk syurga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: “Bilakah datangnya pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat.

      Namun beberapa hari yang lalu tiba tiba datang pertolongan Allah secara tidak terduga, tiba tiba ananda dapat pekerjaan dengan posisi yang menarik dan penghasilan diluar dugaan . Itulah janji Allah seperti yang disebutkan dalam surat Talak ayat 3…..siapa yang bertakwa pada Allah , Dia akan memberi jalan keluar dari kesulitan dan memberi rezeki dari tempat yang tidak disangka sangka . Mudah mudahan pengalaman ananda ini bisa jadi pelajaran dan contoh bagi saudara kita yanag mengalami nasib seperti ananda. .

  • rezza:

    Subhanallah

  • diah:

    Assalmualaikum pak ustad

    Seperti bbrpa cerita di atas saya jg mengalami hal yg sama pak ustad, putus dgn pacar, belakangan ini keresahan mulai menghinggapi,hampir smua teman saya sudah berumah tangga,setiap malam saya usahakan bangun utk sholat tahajud meminta kpda Allah agar di dekatkan dgn jodoh,sampai skrg komunikasi dgn mantan msh terjalin krn kami ingin tetap menjaga silturahmi bahkan sebenarnya saya msh berharap utk bisa memperbaiki hubungan kami,mohon di bantu pak ustad,terima kasih

  • novian:

    Subhanallah kisah bapak Muhammad Muncul. Sungguh mengingatkan saya terhadap hal yg saya alami sekarang.

    Assalamualaikum ustad,
    Sebenarnya hati nurani saya menuntun saya utk bekerja sbg wirausaha,namun org tua saya tidak menyetujui. Akhirnya saya terpaksa berhenti dr usaha dan demi menyenangkan org tua saya terpaksa mnjadi pegawai. Dan tdk sedikit org yg meremehkan usaha saya krn saya kembali mnjadi pegawai, sampai2 saya dianggap pengusaha yg gagal, pdhl niat sy bekerja sbg pegawai hanya ingin menyenangkan hati ortu saya. Namun seiring perjalanan, lama2 saya merasa suasana kerja sdh tidak nyaman, lalu saya tahajud, puasa senin-kamis dan mohon petujuk pd Allah. Tp tetap saja hati nurani saya ttap merasa nyaman jika berwirausaha. Shg pd awal 2012 saya memutuskan berhenti bekerja dan saya tekadkan kemauan saya utk berwirausaha, walaupun saat itu saya masih punya cicilan motor.Namun saya ttap bertekad kluar kerja dan mengikuti hati nurani saya utk berwirausaha stlh saya melakukan tahajud. Walaupun org tua saya tetap tdk setuju dgn pilihan saya. Alhamdulillah pilihan saya ini membuahkan hasil, usaha saya mulai berkembang dan lama kelamaan cicilan motor saya bs lunas, hingga kali ini saya mulai mengontrak toko untuk mengembangkan usaha saya. Saya akui dulu sholat saya sering bolong dan tahajud jg jika ada masalah saja. Hingga suatu saat, saya ada saingan usaha, dekat d samping toko saya berdiri juga sbuah toko baru dan lebih besar yg dagangannya persis seperti usaha saya dan toko tsb lebih laris. Lama kelamaan toko saya smakin sedikit pembeli bahkan kadang sehari pun hampir tidak ada pembeli, pdhl saya selalu jujur dlm berusaha, dan toko baru tsb justru memberikan promosi palsu agar org tertarik utk mampir.
    Saya sdh memperbaiki sholat saya, berusaha sholat tepat waktu, duha dan tahajud tiap malam, mohon ampunan dan memaafkan org2 yg pernah mendzalimi saya, dzikir, mengaji, dan sampai2 saya niatkan sedekah sebagian besar uang yg tersisa agar rejeki saya lancar.
    Namun sdh hampir 2 minggu ini blm juga doa saya diijabah Allah, bahkan cobaan saya semakin besar, bahkan perbuatan org yg pernah menyakiti saya dan saya maafkan di dlm shlt tahajud saya malah ia kembali hadirr dan kembali mendzolimi saya dgn mencela dan memfitnah saya bahkan mendoakan yg tdk baik ttg usaha saya, bbrp org lainnya bahkan menyuruh saya menjadi PNS mungkin krn mereka merasa usaha saya ini lbh sepi dibandingkan toko sebelah, bahkan ada yg mnyarankan utk ttap mengganti usaha lainnya saja krn sudah ada pesaing yg lebih rame dagangannya, sungguh hati saya sebenarnya merasa sakit krn hanya secuil org yg mendukung usaha saya ini, namun saya ttap menjalankan usaha saya walaupun masih saja sepi.
    Apakah usaha saya ini tdk lancar krn tdk adaa ridho dr org tua?Pdhl di dlm sholat malam saya, hati saya ttap diyakinkan utk ttap mmbuka usaha, dan saya harus bs membuktikan bahwa dgn berwirausaha pun saya bisa lbh membahagiakan ortu saya, ttapi itu semua blm diijabah Allah.
    Stlh membaca kisah bpk Muhammad Muncul yg berikhtiar tanpa hnti slama 85hari, saya merasa malu sekali. Pdhl ikhtiar saya utk memperbaiki diri dlm ibadah blm sampai 2 minggu namun saya sdh merasa putus asa hingga pernah sehari putus sholat dan tahajud, namun stlh itu saya sadar dan mohon ampun pd Allah krn tlh meragukanNya. Saya kembali kuatkan iman saya bahwa mungkin Allah masih menginginkan keikhlasan dan kekuatan hati saya utk selalu memujaNya. Semoga Allah segera memberikan mukjizatNya.
    Mohon saran dan petunjuk ustad agar harapan saya segera bisa diijabah Allah, juga mohon dikirimkan ke email saya, trmksh.
    Wassalamualaikum.

    • Wa alaikum salam

      Jika ananda bekerja jadi pegawai pada suatu perusahaan , ananda bekerja untuk perusahaan dan orang lain. Jika perusahaan itu besar dan dapat menjamin kehidupan ananda sampai memasuki usia pensiun (PNS) tidak mengapa jadi pegawai. Kalau hanya bekerja pada perusahaan orang lain dengan gaji ala kadarnya sekedar bisa hidup , lebih baik ananda berwirausaha saja. Perusahaan itu satu waktu bisa bangkrut dan ananda akan pusing lagi cari kerja.

      Jika ananda berwirausaha, ananda bekerja untuk diri ananda sendiri bukan untuk perusahaan atau orang lain. Jika ananda sukses dan berhasil ananda bisa menyiapkan segala macam bekal untuk kehidupan hari tua , dan berinfak , sedekah untuk jaminan kehidupan akhirat. Jatuh bangun dalam wira usaha hal biasa. Jangan takut dan kuatir , bergantunglah pada Allah Dialah yang mengatur rezeki mahlukNya.

      Tetaplah istiqomah mengerjakan shalat malam, jadikan shalat malam sebagai senjata menjalani kehidupan ini. Usahakan mengerjakan shalat malam secara rutin , bukan hanya kalau ada masalah. Shalat malam merupakan benteng dan senjata orang mukmin dalam menghadapi berbagai masalah.

      Selesai shalat malam bacalah tadabbur qur’an untuk meraih sukses dan kemenangan sebagaimana yang saya sampaikan pada lampiran email ini. Tadabbur itu juga boleh dibaca setipa selesai shalat subuh dan menjelang tidur.

      Untuk menguatkan jiwa ananda dengarkan surat Al Hadit, Al Waqiah , dan Ar Rohman yang saya kirim pada lampiran email ananda . Dengarkan setiap hari tiap pagi dan petang hari , sebaiknya dengarkan menggunakan headphone. Silahkan di upload ke HP ananda.

      Mohonlah doa restu orang tua ananda , jelaskan padanya kenanpa ananda memilih jadi wiraswasta daripada jadi pegawai . Kalau ananda berpendidikan tinggi tidak mengapa jadi pegawai pada perusahaan besar dengan gaji tinggi . kalau pendidikan tidak mendukung hingga hanya jadi pegawai diperusahaan recehan, lebih baik ananda berwirausaha saja.

  • ulan:

    Assalamua’laikum..pak ustdz sy mw tnya alhamndulillah beberapa bulan terkhir ini(semoga Allah melindungiq dari riya)..mulai feb-skrng alhamndulillah z istiqomah dngn sholt thajud,puasa senin-kamis and dhuha..tpi beberapa hari ini sy merasa tdk menikmatinya seperti awal-awal sy lakukakn..apa yg hrus z lakukan ustdz…klw awal2 z sering nangis..eh skrang malaah terkesan biasa aja.,apa ada yg salah?makasih atas jawabanya…

  • Wa alaikum salam

    Shalat malam kalau sudah jadi rutinitas sepanjang hari memang hanya terasa biasa saja, tidak seperti diawalnya dimana kita sedang semangat karena adanya suatu kebutuhan.

    Rasulullah tidak pernah meninggalkan shalat malam seumur hidupnya. Contohlah beliau . Gunakan shalat malam sebagai ajang dialogh dan komunikasi dengan Allah, sehingga terasa lebih hidup dan mengasikan . Shalat amalam akan terasa nikmat jika ananda mengerti semua ayat yang ananda baca. Hafalkan ayat ayat yang terasa menyejukan dan memotivasi diri ananda. Coba hafalkan surat surat pendek pada Juz amma berikut terjemahannya. Hayati ayat yang ananda baca…insya Allah asyik.

    • ulan:

      makasih..pak uztdz baru dngar bacaan alfatihnya saja air mataq da mulai jatuh..minta doanya pak ustadz..moga Allah memudahkn jodohq soalnya z da melamar seorang wanita sholeha insyaAllah..tp ibunya tdk merestui pada hal semua saudara2 wanita itu termasuk bapaknya sangat suka ma sya…pak ustdz adakah doa khusus biar Allah membuka hati ibunya dan merestui hubungi kami..maskih bnyak pak ustadz…semoga Allah mmbals semua kebaiknya pak ustdz..

    • Wa alaikum salam

      Tetaplah istiqomah dengan amalan yang pernah saya berikan,disamping itu untuk menguatkan dan meneguhkan pendirian ananda dengarkanlah surat al hadit dan Ar Rahman yang saya kirimkan pada lampiran email ananda setiap pagi dan sore hari. Semoga Allah meneguhkan pendirian ananda

  • ulan:

    Assalamua’alikum..pak ustadz alhamndulillah skrng z masi tetap istiqomah dgn sholat lail,puasa senin-kamis dan dhuha dan sellu berjamah dimasjdid,dan sedekah juga,tp pak pak ustadz kok malah sy sakit suda skitar 2 minggu..(flu dan batuk2..oh pak ustdz terkait dengn wanita yg sy lamar,sy mimpi ketemu ayah dan ibunya lalu ayahnya bilang sy jgn putus asa, dan ibunya juga bilang gimanami nanti klw sy putus asa dan sy juga mimpi diberikan sapi betina yg bunting dan punya anak oleh sepupu sy untukq sama ibu..apa maksud dr k2 mimpi tersebt yah pak ustdz..mkasih sblmnya…apaka klw mimpi sapi itu artinya akan ada rezki yg Allah datangkan ato gimana pak ustdz?

    • Wa alaikum salam

      Tetaplah istiqomah dengan amalan ibadah ananda . Allah akan menguji keteguhan keyakinan ananda dengan kejadian yang tidak menyenangkan seperti sakit , atau malah berlawanan dengan yang ananda inginkan. Orang yang kurang kuat keyakinannya akan cepat down dan putus asa kemudian meninggalkan amalannyang sudah dikerjakan itu.

      Orang yng teguh dan yakin akan tetap istiqomah dengan amalannya sampai Allah memenuhi semua keinginnannya. jangan hiraukan segala macam mimpi atau tanda tanda, itu hanya godaan agar hati ananda berpaling . Percaya saja pada Allah dan bertawakkallah padaNya.

  • ulan:

    amin…makasih bnyak pak ustadz…doakn sy moga tetap istiqomah hingga akhir hayatq sellu dlm kebaikan…sy da azamkan dlm hatiq dengn amaln tersebut insyaAllah..smoga Allah sellu memberikan kebaikan kepada pak ustadz dan keluarganya….

  • rachma:

    Assalamu alaikum…. P ustad… doakan sy supaya istiqomah dlm melakukan sholat tahajut tiap mlm p ustad…. doa apa ygm Di baca jika hati merasa kadang malas ….. makasih sbolmx p ustad

  • miss:

    Assalammualaikum ustaz..boleh bagi email ustaz? Sy mahu berbicara sama ustaz dan agak peribadi utk di sharing di sini

  • Dedi:

    Subhanallah…….pengalaman berharga dan contoh tauladan bagi kami generasi muda. Mohon do’a kan kami Pak saat ini sedang mengikuti program 40 hari tahajud dan shalat subuh berjamaah tanpa / tidak boleh putus satu hari pun…..semoga hari berikutnya menjadi kegiatan yang dapat kami rutin kan setiap hari. Pengalaman pertama terasa berat sekali menjalaninya ( mungkin setan gak berkenan ya Pak ) tapi dengan niat ingin dicinta dan dikasihi Allah, ya Alhamdulillah sudah berjalan 20 hari dan hidup terasa ringan dan enjoooooyyy dalam menjalani nya. Terima kasih Pak atas artikel yang sangat inspiratif ini. Jazzakallahu khoir

  • Goez-Right:

    P saya mau tanya, kalau pas bulan puasa kan ada shalat taraweh , bagaimana cara melakukan shalat tahajud , yg biasa teman saya lakukan :
    tidak shalat taraweh tp bangun jam 2:30 langsung shalat tahajud ,trus sahur di lanjutkan shalat subuh berjamaah di masjid , menurut bapak hal ini benar tidak untuk dilakasanakan…
    terimakasih

  • […] Kekuatan sholat malam | pondok tadabbur […]

  • Sholat Tahajjud memang luar biasa apalagi sambil memahami alquran saat melakukannya. Insya Allah masalah akan teratasi walaupun semuanya pasti membutuhkan waktu yang terkadang cepat atau lama. Terima kasih pada pak Ustadz yang sudah berbagi pengalaman hidupnya yang penuh liku kehidupan tetapi dibarengi dengan tahajjud yang konsisten.

    Salam

Leave a Reply

*

Fashion Stores
Translate This Page
Pondok Tadabbur
Infak, Sodaqoh Anda untuk Pondok Tadabbur bisa disampaikan melalui :

Rek Bank Mandiri
123.0097166435
a/n Fadhil Zainal Abidin.
0811151412 - fadhil_za@yahoo.co.id
PELATIHAN
facebook page

Jadwal Pelatihan Shalat Khusuk dan Tadabbur Qur'an wilayah Jabodetabek dan Sekitarnya.

Klik disini untuk keterangan lebih lanjut

HP : 0811151412

Archives
Sejak 20 Feb 2008