KOREKSI AL QUR’AN TERHADAP THE SECRET (1)

You may also like...

18 Responses

  1. Farid says:

    Dear Writer,
    Good analysis, bravo!
    di buku ini ditulis mengenai pentingnya bersyukur, dan fil Quran disebutkan bahwa jika kita bersyukur maka Allah akan menambahkannya…d concept seems similar right? dan dlm sebuah hadits qudsi Allah berfirman “AKU adalah sesuai dengan dzon (prasangka) hambaku”, more similarity. namun saya agak bingung tentang konsep ‘meminta’ (1st step), kepada semesta atau “Pemilik Semesta” kah kita seharusnya meminta?.
    Thanks in advance

  2. Ujang Kusnandar says:

    Maha suci Allah, banyak non muslim tapi cara hidupnya sudah sesuai dengan ajaran Islam, andai kan saja setiap muslim mau berfikir tentang semua ajaran islam, tentu saya kita akan menjadi Khalifah fil ard, dalam the secret memang kita disuruh meminta ke alam, tapi sebagai seorang muslim tentu saja kita meminta kepada pencipta alam yang telah membuat hukum yang luar biasa yaitu Allah SWT, karena dengan meminta kepada Allah SWT otomatis alam akan meresponnya.

  3. Fadhil Z.A says:

    Ass wr wb

    Dalam the Secret kita meminta kepada kekuatan alam yang tak terbatas, kemudian alam akan meresponnya. Dari penelitian dan pengalaman kalau kita meminta kemanapun , kepada batu, patung, pohon kramat, arwah orang mati kita lakukan dengan sungguh sunguh maka alam juga akan meresponya. Namun Al Qur’an mengajarkan dalam S al Fatihah ” Iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’iin” Hanya kepada engkau ya Allah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami meminta. Ini hal prinsip dalam Iman pada Allah. Kemanapun kita meminta pada dasarnya yang mengabulkan adalah Allah yang Maha Cerdas, maha hidup berkuasa penuh diseluruh alam semesta.

    Semoga kita semua mendapat pencerahan dan bimbingan-Nya dalam segala hal.
    wassalam

  4. ninjafar says:

    asw,,
    salam bahagia,,
    memang beginilah seharusnya,,seorang muslim sejati
    sebelumnya saya senang bisa membaca artikel ini, salam kenal./

    umat islam jika benar2 memahami dan memprkatekkkan apa yang diajarkan oleh nabi kita Muhammad saw insyaALLah bangsa ini pun akan iokut maju.
    maka barangsiapa yg memegang 2 hal yg diwasiatkan nabi niscaya tidak akan sesat selamanya yaitu sunnah dan qur’an.

    karena didalamnya terdapat semua ajaran dan rahasia kehidupan. bahkan seperti the secret yg baru muncul beberapa tahun terakhir.

    subhanallah
    semoga qta selalu dirahmati allah.

  5. asswrwb…

    Saya sudah beli dan baca buku The Secret, karena tertarik tulisan bapak tentang The Secret…

    Ulasan/komentar bapak tentang The Secret bagus sekali, saya sangat kagum dan setuju…

    Saya juga merasakan adanya bahaya salah penafsiran dan implementasi dari beberapa kesimpulan buku The Secret, karena sama sekali tidak membahas peran Tuhan Allah sebagai Prima Causa, Penyebab Awal, Pencipta Alam Semesta…

    Betul sekali, bagi penganut agama Islam, Quran jauh lebih lengkap, sehingga buku The Secret justru hanya sebagai pembuktian bahwa apa yang ditulis didalam The Secret tahun 2007, Quran sudah menulis dan membahasnya secara detil dan rinci sekitar 1400 tahun yang lalu….Jadi siapa yang membuat Al Quran itu…?.Tuhan Allah

    Sedangkan buku Yhe Secret hanya seorang manusia yang merangkum pendapat beberapa pakar Rahasia Kehidupan Manusia

    Kalau The Secret mengajarkan kita meminta kepada Semesta, Quran mengajarkan kita meminta kepada pencipta Alam Semesta, lebih tinggi lagi dan secara logika lebih tepat….

    Sekali lagi saya suka tulisan bapak.. lanjutkan…

  6. Farid says:

    Salam’alaykum,

    Kalo boleh saya tarik kesimpulan, sebenarnya koreksi utama Al-Quran (spt yang ditulis disini) adalah pada masalah efektifitas Law of Attraction bukan hanya di dunia namun juga di akhirat…so far saya setuju, namun saya pikir ada baiknya jika ini dikembangkan ke arah konsep ‘Ketuhanan’ shg The Secret bisa menjadi stimulan dan muslimin tidak alergi thd informasi baru dan bukan hanya memiliki keyakinan tanpa dasar.
    The Secret sempat membahas teori kekekalan energi (daya) by Einstein dan teori ini secara mutlak dapat diterima oleh semua kalangan ilmiah, korelasinya adalah Allah adalah dzat yg Awwalal awwaliin wa aakhiral akhirin shg yg sebenar2nya kekal hanyalah DzatNya…cukup membingungkan memang, manakah yg kekal??? apakah energi dan Tuhan dapat kekal berdampingan atau Tuhan adalah ‘energi’ sebenarnya? atau mungkin ini adalah apa yg dimaksud ‘Laa hawla wa laa quwwata illa billah’???
    Bagaimanapun juga, cukup ironis memang jika kita hanya bisa mengklaim bahwa Quran sudah mengajarkannya ato memberitahukannya namun hal ini dikala orang yg notabene non muslim sudah berhasil mengaplikasikan dan memplubikasikan pdhl yg diperintah berdakwah kan kita…
    Intelektual muslim ayo dooong, jangan cuma jadi komentator dan tukang klaim…gali dan dakwahkan Quran secara lebih ilmiah, saya yakin Quran bisa menjelaskan secara sangat ilmiah setiap hal yg ingin kita tahu.

    Sebelumnya saya mohon ma’af n thanks…

  7. sedang bingung says:

    .., jadi jika kita menangis ketika mengingat dosa-dosa masa lalu, apakah kelak kita akan berbuat lagi yang difikirkan tersebut?? (fikiran kita menarik apa yang kita fikirkan)

    kita yakin bahwa Allah saja yang dapat mengabulkan doa,
    namun mengapa tuhan mereka (alam semesta dll.) juga mampu??(terlihat dari keajaiban-keajaiban yang terjadi di filmnya)

    bolehkah kita mengaplikasikan the secret?? (ada yang bilang nanti jadi syirik dll)

    ketika kita berdoa “jauhkan kami dari siksa neraka”.., bukankah yang semakin terwujud adalah nerakanya??? (menurut the secret)

    trims…

  8. Fadhil.ZA says:

    Ass wr wb
    Buat Mas Farid dan saudaraku yang sedang bingung The Secret adalah hasil pemikiran dan perenungan manusia berdasarkan kenyataan dan fenomena alam yang terjadi. Manusia membuat patokan patokan , dan dugaan dugaan (hukum2)untuk memahami fenomena yang terjadi. Patokan atau dugaan itu diantaranya ada yang sesuai dan ada yang tidak sesuai dengan al Qur’an. Sedangkan al Qur’an adalah wahyu Ilahi yang menjelaskan berbagai aturan alam semesta sejak awal hingga waktu yang tak terhingga (kehidupan dunia dan akhirat). Jika dugaan yang dibuat manusia itu sesuai dengan Al Qur’an yaa… ambillah, namun jika tidak yaa… tinggalkan saja. Memahami The Secret butuh waktu lama , perlu dibuktikan dengan pengalaman hidup masing masing. Keadaannya seperti Nabi Ibrahim mencari Tuhan mula mula dia menganggap bintang sebagi Tuhan, kemudian bulan, matahari dan barulah dia menemukan Tuhan yang sebenarnya. Soal kepada siapa kita meminta baca juga tulisan saya tentang Koreksi Qur’an terhadap The secret (2). Kemana saja kita meminta kepada batu, gunung, berhala jika kita minta dengan sungguh2 dan yakin sepenuh hati dan fikiran pasti terjadi….nah inilah kejadian yang bisa merusak akidah. Walaupun kita berdo’a kepada Allah jika dilakukan tidak serius , sambil main2, dan penuh keraguan…tentu saja tidak akan terkabul…kejadian seperti ini juga bisa merusak akidah.
    Demikanlah mudah mudahan teman semua selalu mendapat bimbingan Allah, karena tanpa bimbingan Allah sangat sulit bagi kita memahami berbagai fenomena Alam yang terjadi…salah salah jatuh pada perbuatan musyrik. Amin.

  9. Jika prinsip utama ajaran The Secret adl menjaga pikiran selalu positif, maka itu tidak lantas sejalan dg Islam. Islam mengajarkan kita tetap memelihara sifat harap dan takut kpd Allah. Dalam membuat target pencapaian, memang berfikir positif amat diperlukan, harus malah. Namun dalam perjalanan, berfikir ttg keburukan sebenarnya bisa jadi pendorong seseorang utk tetap bisa mengevaluasi diri dan tahu diri, tentang dosa & khilafnya, tentang perolehan ridho Allah, dan konsekuensi buruk yg bisa jadi dia terima skr dan nanti. Meski ada rasa optimis yg besar, tetap kita ndak boleh merasa aman dari makarnya Allah.

    Kemudian, saya merasa kurang nyaman dg pernyataan “Al Qur’an sangat mendukung hukum ketertarikan ( Law of Attraction)”. Sepengetahuan saya Al Quran tidak dibuat utk mendukung hukum temuan manapun yg dicetuskan manusia. Al Quran justru menciptakan hukum2 itu. Sepakat dg Nurhana di atas, sbnernya lebih pantas dibilang klo LoA (cukup, bukan amat) mendukung gagasan dalam Al Qur’an. Mohon maaf, memang terkesan perihal redaksional. Namun sptnya ngefek pd entitas manakah yg lebih dimuliakan/dipentingkan.

  10. suci says:

    assalamu’alikum,,
    salam saya suci,,

    subhanallah,,,

    great,,, menambah pengetahuan saya ttg the secret”Rahasia kehidupan”

    salam165

  11. Fadhil.ZA says:

    Ass wr wb

    Trima kasih Mas Guntar atas atas kritikannya. Memang al Qur’an adalah ummul kitab….induk dari seluruh kitab yang ada dibumi ini, siapapun penulisnya baik dari kalangan yang percaya atau tidak percaya pada Allah.

    Kenyataan membuktikan bahwa apasaja temuan muktahir yang didapat manusia saat ini ternyata hanya memperkuat kebenaran dari Al Qur’an.Misalnya Ayat tentang kekuatan besi dalam S.Al Hadit ayat 25 dibuktikan dengan adanya temuan energi listrik yang berasal dari besi. Tanpa listrik aktifitas didunia modern saat ini akan lumpuh total. Padahal ketika Qur’an turun listrik belum dikenal menusia.

    Dalam S.Yasin ayat 41-42 Allah menyatakan bahwa dijadikan bahtera untuk mengangkut manusia dilautan, dan Ia akan menciptakan kendaraan lain yang seperti itu. Kenyataan membuktikan kemajuan transportasi telah melahirkan kendaraan lain yang mirip bahtera tersebut, seperti pesawat terbang, Kapal laut dengan berbagai ukuran yang menakjubkan, kereta api , mobil, motor dan lain lain. Dan banyak lagi kemajuan tekhnologi yang mendukung kebenaran Qur’an.

    Ini tantangan buat umat islam …..jangan sampai jika ada satu temuan yang menakjubkan kita hanya bisa berucap: ” itukan sudah ada dalam Qur’an…”. Ayo generasi muda islam bangkitlah …gali ilmu Qur’an yang begitu luas jangan sampai keduluan oleh orang non muslim.

  12. Fadhil.ZA says:

    Oh ya sampe lupa, salam kenal 165 juga buat dek Suci. Terima kasih sudah berkunjung ke pondok saya. Saya sudah baca dialog dek Suci di blognya pak Nurhana , slamat belajar smoga sukses.

  13. Anonymous says:

    kalo harus terus berpikir positif tanpa memikirkan kesalahan2 kita di masa lalu mah naif atuh. kesalahan itu boleh dijadikan motivasi biar kita lebih baik, yg ga boleh kan merenungkannya.

    the secret tuh udah diembel2in macem2 sebenernya,,..

    aku malah aneh liat dvd the secret yg mengagungkan bgt kekuatan nature universe, ga ngebahas peran tuhan bngt di dalemnya.
    dari situ aja aku udh kurang sreg.

    kalo aja disinggung disitu ttg peran tuhan, pasti lebih rasional tuh..

    heheheheeh..

    GBU

    • Fadhil Z.A says:

      Ass wr wb

      Betul sekali mas Anonymous, harus hati2 dengan buku the secret yang terlalu mengagungkan the Universe, ada baiknya mas baca tulisan saya yang terakhir tentang hukum tarik menarik dan tolak menolak dialam semesta pada blog ini.

    • abbas says:

      Yah kayak pelajaran I.P.A di SD dulu, bahwa semua benda yang dilempar keatas akan jatuh kebawah karena ditarik oleh gaya gravitasi (magnet) bumi bahkan seluruh planet berputar mengelilingi matahari pada garis edarnya (tidak keluar jalur)karena ditarik oleh gaya gravitasi matahari , di situ juga nggak di cantumin peran Tuhan babar blas, tapi kok nggak ada yang protes ya , kenapa baru sekarang setelah ada the secret?

  14. m.ikhwan says:

    Assalamuakaikum wr wb
    Alhamdulillah dgn adanya web ini pengetahuan kita bertambah, mohon ijin untuk di bagikan lagi/copy ulang, kalau tidak sah pak admin ayat ini untuk artikel the secret termasuk juga kan?
    Dan Dia menundukkan malam dan siang, matahari dan bulan untukmu. Dan bintang-bintang itu ditundukkan (untukmu) dengan perintah-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memahami (nya), (QS.16:12 )
    Wassalam…

  15. m.ikhwan says:

    ralat kalau tidak sah pak =SALAH

  16. Wisnu says:

    Diambil dari http://www.islampos.com/konsep-kabbalah-dalam-secret-dan-law-attraction-84865/

    …. Namun demikian, adakah yang salah dari konsep The Secret dan Law of Attraction ini? Sebagian orang, apalagi yang gandrung dengan spiritualitas ala New Age mungkin akan menolak mentah-mentah jika ada anggapan miring tentang konsep yang satu ini. Maklum, The Secret dan LoA seakan sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari keyakinan spiritual mereka.

    Setidaknya, ada beberapa hal yang menjadi titik kritis bagi keimanan seorang muslim berkaitan dengan konsep The Secret dan Law of Attraction ini.

    1. Mempertuhankan Keinginan Manusia

    Ada kesan kuat bahwa The Secret dan Law of Attraction mengajak penganutnya untuk mempertuhankan keinginan-keinginan mereka. Padahal Al Qur’an sudah dengan tegas mengatakan bahwa tidak semua yagn kita inginkan baik bagi kita. “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.” (Al-Baqarah: 216). Itulah yang tidak ada dalam The Secret ini, karena sudah terlanjur digeneralisir bahwa semua yang kita inginkan itu pasti baik adanya.

    Lebih lanjut, klik link di atas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>