MANUSIA MERENCANA, ALLAH MEMUTUSKAN

You may also like...

5 Responses

  1. kemal says:

    ass. wr. wb.

    “Dan tidaklah mereka mengetahui bahwa Allah melapangkan rezeki dan menyempitkannya bagi siapa yang dikehendaki-Nya? Sesungguhnya, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang beriman. Katakanlah, ‘Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya, Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya, Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi).’” (QS. Az Zumar, 39: 52-54)

    saya pernah bertaubat tapi melakukan dosa lagi dan lagi. sekarang saya sudah bertobat lagi dan tapi hidup saya tetap menderita. saya terus mendapat musibah dan musibah. apakah saya mendapat azab dan sudah tidak dapat di tolong lagi seperti yg tertera pada az zumar?

    wass..
    kemal..

    • Fadhil Z.A says:

      Ass wr wb

      Selama kita masih hidup dan bernafas , tidak ada kata final. Kondisi final dan tidak dapat ditolong lagi terjadi ketika kita sudah wafat. Apabila datang kematian tertutuplah pintu taubat, dan kondisinya tidak bisa diperbaiki lagi, penyesalan disaat itu tidak ada gunanya lagi.

      Orang beriman yang yakin dan percaya serta bertawakal pada Allah, tidak pernah mengenal istilah menderita. Allah akan menguji kita dengan kejadian buruk dan baik. Penderitaan, musibah , kebahagiaan, keberuntungan….bagi orang mukmin semua itu sama saja. Allah akan menilai sikap kita terhadap dua kejadian tersebut. Orang beriman apabila mendapat nikmat dia bersyukur, apabila mendapat musibah dia bersabar.

      Semua orang juga ingin mendapat ketentraman, kebahagiaan, kesuksesan, namun semua itu tidak akan datang dengan tiba2…ada proses yang harus dijalani. Nabi Yusuf sebelum menjadi pejabat Mesir bertahun tahun menderita, dibuang kedalam sumur, dijual sebagai budak, masuk penjara sampai beberapa tahun, namun berkat kesabaran dan sifat tawakkalnya akhirnya Allah mengangkatnya sebagai bendahara di kerajaan Mesir.

      Penderitaan, kegagalan, musibah, sakit ….adalah proses menuju sukses, asalkan sabar dan ulet menghadapinya. Yang paling penting bekerjalah selalu bersama Allah, selalu libatkan Allah dalam segala urusan. Jangan merasa kuat, pintar, cerdas sendiri tanpa peduli dengan Allah.

  2. kusfandiari abu nidhat says:

    Sebagai penganut paham serba takdir, judul “MANUSIA MERENCANA, ALLAH MEMUTUSKAN” saya ejawantahkan “ALLAH MEMBERI HIDAYAH DAN KEKUATAN UNTUK MERENCANA, DAN ALLAHLAH YANG MEMUTUSKAN”. Laa haula wa laa quwwata illa billaahil-’aliyyil-adhiim, wa laa tamuutuna illa wa antum muslimun.
    Mohon maaf.
    Asyahadu an laa ilaaha illa anta, astaghfiruka, wa atubu ilaika, ya Arhama Rahiimin.

  3. Yunus says:

    Alloh kok punya rencana? Tauhidnya kemana nih ustad? Belajar lagi aja ya. Rencana itu adalah rancangan yg akan dilaksanakan untuk masa depan dengan pemikiran2. Emang Alloh mikir? Emang Alloh pake otak? Ga beda dong sama manusia. Di Al Quran ga ada tuh Alloh merencanakan sesuatu, tapi menetapkan atau ketetapanNya ( ketentuanNya) yg pasti terjadinya. Jgn niru niru orang yahudi atau nasrani yg suka ngucap begitu ya mas ustd. Belajar lagi ya sebelum ngajarin hal yg salah pd khalayak ramai.

    • Fadhil ZA says:

      Rencana Allah itu amat kuat ….lihat beberapa ayat Qur’an sebagai berikut ini

      183. Dan Aku memberi tangguh kepada mereka. Sesungguhnya rencana-Ku amat teguh (Al A’Raaf 183)

      45. dan Aku memberi tangguh kepada mereka. Sesungguhnya rencana-Ku amat tangguh. (Al Qolam 45)

      16. Dan Akupun membuat rencana (pula) dengan sebenar-benarnya. ( At Thariq 16)

      Salah satu nama Allah Al Baari artinya yang maha merencanakan (Surat Al Hasyr 24). Pelajari lagi Al Qur’an Allah itu sebaik baik yang merancang dan merencanakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>